Three Days Happiness Afterword

Afterword

Banyak yang bilang orang bodoh tidak akan bisa disembuhkan hingga mati.
Tapi aku ingin mengambil pandangan yang lebih optimistis dari sini. Lebih ke “orang bodoh bisa disembuhkan saat dia mati.”
Meskipun kita menyebut mereka semua bodoh (atau sinonimnya), sebenarnya ada banyak jenis berbeda dari kebodohan. Kebodohan yang kubicarakan disini adalah orang bodoh yang membuat nerakanya sendiri.
Apa karakteristik dari orang bodoh ini, pertama, dia benar-benar percaya dia tidak akan pernah bahagia. Dan yang membuatnya lebih parah, keyakinanya melebar dan menjadi “Aku tidak bisa bahagia,: dan akhirnya sampai di titik “Aku tidak ingin bahagia,”, suatu kesalahpahaman yang benar-benar berbahaya.
Saat sampai di titik ini, tidak ada yang perlu ditakuti. Orang-orang bodoh seperti mereka menjadi terbiasa dengan ketidakpuasan, dan tidak peduli betapa menyenangkan lingkungan mereka, mereka akan menemukan jalan keluar untuk menghindari kebahagiaan.
Karena semua ini tidak disadari, mereka percaya kalau dunia ini adalah neraka – dimana sebenarnya, mereka membuat neraka itu sendiri dengan setiap langkah yang mereka buat.
Aku sendiri adalah salah satu pembuat neraka itu, dan itulah kenapa aku percaya itu, tapi orang bodoh seperti ini tidak bisa disembuhkan dengan mudah. Untuk seseorang yang sudah mengubah bagian rasa sengsara/tidak bahagia/menderita sebagai bagian dari identitas mereka, mereka akan merasa jika mereka bahagia itu berarti mereka kehilangan diri mereka. Rasa mengasihani diri sendiri yang biasa mereka gunakan untuk menahan ketidakbahagiaan mereka pada akhirnya akan menjadi satu-satunya  yang mereka nikmati, dan mereka akan selalu mencari ketidakbahagiaan untuk itu.
Tapi, seperti yang kusebutkan sebelumnya, aku percaya mereka yang seperti itu bisa disembuhkan saat mereka mati. Lebih tepatnya, pikiranku adalah “Sebelum mereka mati, aku yakin mereka akan sembuh.” Mereka yang beruntung mungkin mendapatkan kesempatan untuk sembuh sebelum itu terjadi, tapi yang tidak beruntung akan menyadari ketika maut sudah mendekat dan mereka dibebaskan dari belenggu “harus hidup di dunia ini” – dan saat itu, akhirnya, apa mereka juga tidak dibebaskan dari kebodohan mereka sendiri?
Aku menyebut pandangan ini optimistis, tapi melihatnya dengan seksama, pandangan ini bisa dibilang juga pesimistis.
Saat pertama dia mencintai dunia ini adalah saat kematianya sudah pasti.
Tapi, aku mempertimbangkan melalui mata dari “si bodoh yang sudah sembuh, tapi terlambat,” semuanya benar-benar sangat indah.
Rasa kecewa yang lebih dalam dan penyesalan seperti “Ternyata aku hidup di dunia seindah ini,” atau “Sekarang aku sudah bisa menerima semua dan hidup,” dunia akan semakin menjadi begitu kejam indahya sebagai gantinya.
Aku selalu berpikir ingin menulis keindahan seperti itu.
Dan setidaknya disini di “Three Days Happiness,” meskipun sepertinya aku menggunakan cerita untuk mengungkapkan nilai hidup, kekuatan cinta dan sejenisnya… sebenarnya, itu bukan maksudku menulis ini.


– Sugaru Miaki




Sedikit Ocehan Admin:
Akhirnya project terjemahan ini selesai juga, walaupun banyak kendala, tapi selesai juga. sedikit curhatan aja, mimin ngga tahu kalau project ini udah ada yang garap, soalnya pernah nyari tapi ngga ada, jadi mikirnya ngga ada yang nge-translate ini, tapi pas upload chapter 1 ada yang ngingetin klo ini project udah diambil orang, yah apalah dayaku -,- maju kena mundur kena. jadi, mimin putuskan saja deh project nya. 
Versi PDF bisa di cek ke Daftar isinya~
See you next Time

Cupio Omnia
Admin_Kai

Sebelumnya   Daftar Isi                       
close

3 Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

  1. Saya suka sekali dengan terjemahannya. Sangat mudah dipahami, tidak seperti terjemahan yang lain. Jadi saya pikir ini tidak sia-sia. Dengan terjemahan yang mudah, memahami ceritanya juga menjadi menyenangkan. Terima kasih sudah menulis projek ini. Satu lagi, saat saya ingin mengunduh pdf nya, saya tidak bisa. Bolehkah saya minta versi pdf nya?

    BalasHapus
  2. Maksud saya, saya tidak bisa mndownloadnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link-nya sudah diperbaiki, silahkan cek lagi ke daftar isi. Karena ini project pertama mimin jadi lupa kalo pernah dikasih shortlink buat PDF-nya.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama