Gimai Seikatsu Vol.4 Ekstra

Ekstra — Keseharian Membaca Buku Digital Dan Yomiuri Shiori


Di balik kaca terbentang kegelapan malam. Lampu neon dari langit-langit menyinari ruangan. Karena sekarang sudah memasuki pertengahan September, matahari terbenam paling cepat jam setengah 5 sore. Pada saat jam pelajaranku berakhir dan aku berjalan ke toko buku tempatku bekerja, matahari sudah terbenam, dan pada saat kami diberi istirahat, di luar sudah gelap gulita. Di dalam ruangan sempit yang remang-remang ini, suara seorang wanita muda bisa terdengar.

“Ahhh… Gaaaah… Guuuuuh…”

Suara tersebut telah berlangsung setidaknya selama sepuluh menit sekarang.

“Yomiuri-senpai, bisa tidak kamu berhenti mengerang seperti zombie anggaran?”

Meski mengetahui Yomiuri-senpai karena kecerdikan dan kecerdasannya, aku sekarang mempertanyakan apakah orang yang membenamkan wajahnya di lengannya saat bersandar di meja di ruang istirahat benar-benar orang yang sama yang telah kukenal. Rambut hitam panjang dan mengkilapnya menutupi meja, dikombinasikan dengan kegelapan kuat yang berada di dalam ruangan, ditambah dengan suara-suara tidak menyenangkan yang dia keluarkan, rasanya seperti aku masuk ke dalam adegan film horor. Aku hanya bisa berharap semoga orang-orang di luar tidak bisa mendengarnya.

“Kouhai-kuuuuun!”

Rahangnya masih bertumpu di atas meja saat mengarahkan tatapannya ke arahku dengan gerakan kepala yang tidak menyenangkan. Bisa enggak kamu berhenti? Kamu benar-benar membuat orang kena serangan jantung, tau. Ini terlihat hampir seperti kepala yang terpenggal sedang duduk di atas meja!

“Apa yang sebenarnya terjadi?”

“Aku bisa melupakannya selama jam kerjaku, tapi saat istirahat begini, semua penyesalan kelamku jadi muncul lagi. Elektronik adalah iblis!”

“…Hah?”

“Hanya dengan satu ketukan, saldo di rekening bank-mu mulai menjerit ketakutan karena Kamu tidak merasa bersalah sama sekali, tahu?”

“Apa kamu sedang membicarakan tentang pembayaran digital? Belanja daring?”

Yomiuri-senpai dengan samar menggelengkan kepalanya. Kurasa aku salah. Tapi apa lagi yang bisa dia bicarakan…? Tunggu sebentar. Dia bahkan lebih maniak buku ketimbang aku,’kan?

“…Apa kamu berbicara tentang buku digital?”

“Ada penjualan poin yang terjadi. Untungnya aku bisa mengembalikan setengah dari poin sebelum nambah lagi.”

“Benar.”

Kami telah mencapai titik waktu di mana membaca buku secara digital cukup lumrah. Sebagai seseorang yang bekerja di toko buku, itu saja merupakan bahaya besar bagi bisnis kami, tetapi melihat situasi di Jepang dan lokasinya, pembelian buku secara digital hanya akan meningkat mulai sekarang. Akibatnya, perusahaan mengandalkan penjualan titik tersebut untuk membuat lebih banyak orang membeli, menciptakan insentif yang membuatmu merasa harus membeli sesuatu sekarang atau tidak sama sekali.

“Ini pada pada dasarnya penjualan beli satu gratis satu!”

“Jadi jika kamu membeli dua buku, kamu masih akan mendapatkan apa yang semula kamu beli, ‘kan?”

“Apa kamu benar-benar melihat harga saat membeli buku?”

Kali ini, aku menggelengkan kepalaku. Aku membeli buku karena aku ingin membacanya, bukan karena harganya.

“Pada akhirnya, harga hanyalah pemecah gelombang terakhir.”

“Hehe, pada akhirnya, kamu berada di sisi sini.”

“Apa ini, upaya buruk dari organisasi jahat untuk memenangkan seorang pahlawan?”

Yomiuri-senpai adalah seorang mahasiswi yang bekerja paruh waktu. Dia memiliki jadwal kerja yang lebih lama dariku, jadi dia seharusnya memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan…

“Aku dikalahkan~”

“Apa kamu membeli banyak buku?”

“Seluruh seri dengan volume tebal yang cukup berat untuk digunakan sebagai senjata pembunuhan.”

Begitu rupanya. Aku bisa memikirkan satu novel misteri yang cocok dengan deskripsi itu.

“Menurutmu apa kelebihan dari era digital kita?”

Bertemu dengan pertanyaan kuis dadakan ini, aku memiringkan kepalaku. Kamu dapat mengubah ukuran huruf, membaca apapun yang kamu inginkan di mana saja, dan…

“Membaca di ponselmu, mungkin? Jika versi digital, buku-buku itu praktis tidak ada artinya.”

“Ding ding ding! Itu sebabnya aku merasa lebih baik semakin besar dan tebal buku-buku itu!”

“Tapi kamu kehilangan sensasi kesenangan memegangnya di tanganmu.”

“Kalau begitu aku tinggal membeli beberapa salinan fisik jika aku mau!”

“Ah, benar. Tapi, jangan bilang…”

“Aku membeli semuanya.”

“Kamu melakukannya dengan habis-habisan, ya?”

Yomiuri-senpai mengerang dalam kekalahan, tapi—

“Bukannya kamu pernah bilang kalau kamu lebih suka menyesal membeli sesuatu daripada tidak membelinya?”

“Aku sudah selesai membaca semuanyaaaaaaaaaaa!”

Ah, sekarang aku jadi tahu apa masalahnya ...

 

 

 

Sebelumnya  ||  Daftar isi  ||  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama