Gimai Seikatsu Vol.6 Kisah Pendek 1

Cerita Pendek 1 — Ayase-san Di Negeri Cermin

 

Dalam perjalanan pulang dari minimarket, aku kebetulan melihat seseorang yang akrab dan memanggilnya.

“Mau pulang?”

Berbalik, gadis dengan rambut berwarna cerah tersenyum padaku.

“Kamu juga, Asamura-kun? Tumbennya.”

Ketika dia berkata begitu, langit di atas kepala kami sudah menjadi berwarna sephia. Mungkin waktunya sudah lewat jam 4 sore.

“Aku mampir ke toko buku dulu. Dan jarang-jarang melihatmu keluar selarut ini. Apa kamu keluar buat berbelanja? ”

Ada kode yang bermaksud “Aku bisa membawanya untukmu” dengan apa yang aku katakan, yang sepertinya dipahami oleh Ayase-san.

“Aku tidak membeli apapun, jadi jangan khawatir. Aku baru saja mengunjungi tempat Maaya.”

“Ohh.”

Maaya adalah teman Ayase-san—Narasaka Maaya-san.

“Oh ya, ada sesuatu yang ingin kutanyakan padamu, Asamura-kun.”

“Hmm?”

“Ada sesuatu yang disebut Negri Cermin, kan?”

“Ah, maksudmu karangan Lewis Carroll?”

“Lewis… apa itu? Aku belum mendengarnya.”

Kurasa aku salah. Juga, Ayase-san bahkan tidak tahu “Alice di negeri dongeng”? Ini adalah kisah yang diceritakan oleh Lewis Carroll, nama aslinya Charles Lutwidge Dodgson, pada suatu suatu sore pada tanggal 4 Juli 1864. Kelanjutannya berjudul “Melalui Kaca yang Terlihat, dan Apa yang Ditemukan Alice di Sana”, atau disingkat “Negeri Cermin”.

“Apa kamu memikirkan novel lagi?”

“Ah maaf. Tapi, Negeri Cermin apa yang kamu bicarakan, kalau begitu?”

“Ini lebih merupakan konsep daripada tempat atau objek yang sebenarnya. Cermin memantulkan semua yang ditunjukkan kepada mereka, tetapi terbalik, bukan? Jadi jika kamu pergi ke dunia di dalam cermin, kamu akan menemukan dunia di mana semuanya terbalik.”

“Seperti dunia terbalik?”

“Kamu benar-benar tahu beberapa istilah yang rumit, Asamura-kun. Walaupun kurang lebih memang seperti itu. Jika dunia yang seperti itu ada, lantas aku akan menjadi orang seperti apa? Itulah yang Maaya dan aku bicarakan.” Ayase-san memutar-mutar tangannya.

“Terbalik, ya? Yah, itu tergantung pada bagian mana yang terbaliknya.”

“Tapi karena itu dunia di dalam cermin, kita masih terlihat cukup mirip, bukan?”

“Jadi sekarang kamu tetap dekat dengan pengaturan aslinya ...”

“Misalnya, kami takkan tiba-tiba berganti jenis kelamin. Itu akan aneh.”

Sepertinya Ayase-san cukup ketat dalam hal fiksi ilmiah dan plot hole. Meski begitu, cerita seperti itu memang ada, tapi sekarang itu terlalu tidak penting. Kami hanya akan menuruti pengaturan yang dia dan Narasaka-san buat.

“Lalu mungkin kepribadian kita yang terbalik?”

“Tepat. Menurutmu, Ayase Saki macam apa yang berada di dalam Negeri Cermin?” Dia bertanya sambil menunjuk dirinya sendiri.

“Ayase-san di Negeri Cermin, ya?”

“Ya.”

“Hm… Itu cukup sulit. Sebagai referensi, Asamura Yuuta seperti apa yang akan kamu bayangkan seperti di Dunia Cermin ini?”

“Yah…seseorang yang arogan dan suka memerintah? Tidak pengertian dan egois…mungkin?”

“Sungguh karakter yang mengerikan.”

“Yah, itu versi dirimu yang terbalik, jadi kupikir itu saja.”

Dengan kata lain, dia melihatku sebagai seseorang yang pendiam dan perhatian, seseorang yang memikirkan orang lain… Itu pujian yang cukup tinggi. Dan aku pikir aku biasanya cukup lugas, dan terkadang mencoba untuk pamer ... Yang mana itu cukup memalukan.

“Ngomong-ngomong, Ayase-san di Negeri Cermin, ya?”

Aku melihat Ayase-san sebagai panutan dalam hal menyangkal stereotip. Dia manis tapi juga pintar. Bijaksana tapi tetap terampil dengan riasannya… Dia adalah gadis yang tidak terlalu bergantung pada orang lain. Dia tidak membiarkan dirinya terikat oleh prinsip dan pandangan orang lain. Dan jika aku membalikkan semua itu, maka …

“Seseorang yang berpikiran lemah, seseorang yang mudah terseret arus dan terlibat ke dalam berbagai hal, dan seseorang yang tidak terlalu memikirkan berbagai hal?”

“Begitu ya, aku mengerti. Jadi kamu melihatku sebagai seseorang yang berkemauan keras, seseorang yang tidak membiarkan orang lain menentukan pilihannya, dan seseorang yang selalu memikirkan langkah selanjutnya… Yah, jika itu masalahnya, maka aku akan senang, tapi… rasanya cukup memalukan. Sepertinya kami hanya saling memuji saja.”

“Kurasa begitu…”

Yah, aku sendiri cukup senang.

“Ngomong-ngomong… Jenis Ayase-san macam apa yang Narasaka-san sebutkan ketika memberi pengandaian di Negeri Cermin?”

“Jujur, aku tidak tahu. Dia cuma bilang kalau aku akan membosankan. Apa yang dia maksud dengan itu?”

 

 

Sebelumnya || Daftar isi || Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama