Roshidere Jilid 7 Kata Penutup

 KATA PENUTUP

 

Halo, kembali lagi bersama aku SansanSun. Setelah Volume 4 dan 5, aku tidak mendapatkan banyak halaman kata penutup sama sekali, dan tanpa memikirkan apa yang terjadi, aku menambahkan 16 halaman seminggu sebelum batas waktu, dan merasa tercengang.

Mengapa tidak ada lagi halaman yang tersisa dengan cara yang lebih baik? Jika masih tersisa 3 hingga 8 halaman, aku  mungkin bisa berbuat lebih banyak. Tidak, ini sepenuhnya salahku sendiri karena tidak mengelola halaman itu sendiri.

Aku tidak punya apa pun untuk ditulis lagi. Kamu bisa mengetahuinya dengan melihat komentar di sampul depannya, bukan? Pengembaraan seperti itu. Aku bahkan tidak tahu apa yang aku tulis. Orang-orang dengan latar belakang sains mungkin akan terkejut dengan angka tersebut, namun orang-orang dengan latar belakang seni liberal mungkin akan sedikit bingung. Meskipun kamu bukan jurusan seni liberal, kamu pasti akan mengernyitkan dahi.

Selain itu, meskipun aku menggunakan nama pena ini dan mengeditnya sendiri, sebenarnya aku tidak suka angka 3. Angka favoritku adalah 24. Berikutnya adalah angka 12

Angka 24 terdengar sangat keren dan memiliki tampilan yang bagus. Selain itu, angka ini dapat dibagi dengan semua angka kecuali 5, 7, dan 9, yang membuatnya terlihat indah. Angka 12 juga bagus karena sering muncul di berbagai tempat seperti, Dua Belas Dewa, dua belas zodiak, 12 dan sebagainya. Menurutku angka ini memiliki keindahan yang unik. Angka 13 juga bagus karena terlihat keren. Angka 14 juga menarik karena alasan yang sama. Namun, aku tidak merasakan romansa apa pun dari angka 15. Itu hanya sebuah angka biasa.

Jika kita berbicara tentang daya tarik seorang chuunibyou, kita tidak boleh lupa dengan angka 0. Meskipun ada perdebatan apakah 0 harus dianggap sebagai angka atau tidak, tetap saja angka ini terlihat keren. Jika seseorang tidak merasakan daya tarik ini, maka dia bukanlah seorang chuunibyou. Jika kamu merasa bukan chhunibyou, mulailah dari awal! Meskipun jika kamu memulai dari 1, kamu tidak akan pernah mencapai 0! Hahaha!

….Oh ya, aku berbicara tentang hal-hal yang bahkan orang ilmu pengetahuan pun mungkin tidak mengerti. Apa? Kamu ingin aku bercerita lebih banyak lagi?

Apa boleh buat, deh! Sekarang mari kita bicara tentang angka tiga digit, tetapi sebagai Chuunibyou (yang berikut ini dihilangkan).

 

Sekarang kita sudah membahas hingga enam digit, mari kita lanjutkan ke topik berikutnya. Aku merasa telah membocorkan kode sandi ponselku di bagian akhir tadi, tapi mungkin itu hanya imajinasiku saja. Apa yang ingin kita bicarakan selanjutnya ya... Oh ya, ada satu hal lagi yang harus aku ceritakan.

Ini tentang kata penutup dari volume sebelumnya. Aku mengatakan bahwa hampir pasti kalau aku menjadi orang yang pertama dalam sejarah novel ringan untuk memasukkan SS sebagai pengganti catatan akhir ... Namun, seorang teman penulis mengatakan, “Eh? Penulis lain juga melakukan hal yang sama lho?”

…Aku merasa sangat malu. Inilah dampak dari kurangnya membaca novel ringan. Ya, memang, sebenarnya, aku, sebagai penulis novel ringan, tidak terlalu banyak membaca novel ringan. Aku juga menyebutkan hal itu di catatan akhir volume 5, tetapi bagiku, memulai sesuatu yang baru membutuhkan banyak usaha ... Aku merasa sangat malas untuk mencoba karya baru, baik itu novel ringan, manga, atau anime. Rasanya jadi semakin sulit jika karya tersebut memiliki banyak volume. Karena kepribadianku yang seperti itu, aku hanya membaca sekitar sepuluh novel ringan sebelum debutku…. Dan hanya dua di antaranya adalah komedi romantis. Itu pun hanya sampai SMA, setelah itu aku beralih ke novel web yang lebih mudah dibaca dan memungkinkanku untuk mencoba karya baru dengan mudah. Jadi, aku semakin jauh dari novel ringan ... Lah, tapi cerita seperti itu tidak terlalu penting.

Aku merasa telah melakukan sesuatu yang inovatif saat menggunakan SS sebagai pengganti kata penutup, tetapi ternyata ada orang yang sudah melakukannya sebelumnya. Namun, ini mungkin pertama kalinya dalam industri novel ringan kata penutupnya diapit di antara SS, jadi menurutku itu tidak sepenuhnya salah.

 

Kali ini juga, aku menggunakan SS untuk menambah kata-kata. Setelah mencoba kemudahan itu, aku tidak bisa membayangkan mengisi semua halaman kata penutup dengan kata-kata lagi. Meskipun jumlah halamannya sama, jumlah kata-kata jauh berbeda. Dalam SS, bahkan satu baris dialog pendek dapat mengisi satu baris teks dan kamu dapat dengan mudah menggunakan spasi kosong untuk memisahkan paragraf. Namun, karena aku terlalu bersemangat saat menulis SS kali lalu, aku jadi kekurangan halaman dan harus memotong kalimat atau menghapus beberapa bagian. Aku terlalu asyik menulis SS untuk Slit-paisen. ......

Oh iya, ngomong-ngomong tentang Slit Paisen, meskipun dia belum muncul di novel ringan (dan tidak berencana untuk muncul sejauh ini), dia sudah muncul di adaptasi manga. Saat aku sedang menulis naskah volume 6, adaptasi manga sedang mengadaptasi cerita masa lalu dari volume 1 (episode festival sekolah SMP). Ketika aku melihat anggota klub kerajinan tangan muncul di sketsa, aku berpikir “Ini bagus untuk Slit Paisen” dan aku mengusulkannya kepada Tenamachi Saho-sensei, yang bertanggung jawab atas adaptasi buku komik, dan berkata, “Bagaimana kalau kita jadikan dia menjadi Slit-paisen?” Tenamachi-sensei setuju denganku, dan begitulah hasilnya.

Yang menarik adalah, ketika episode di mana Slit-paisen muncul diperbarui di Magapoke, volume 6 dari novel ringan belum dirilis. Jadi, ada risiko bahwa pembaca yang mengikuti adaptasi manga akan melewatkan kemunculan Slit-paisen. Namun, volume 2 dari adaptasi manga, yang berisi episode tersebut, dirilis setelah volume 6 dari novel ringan, dan Tenamachi-sensei juga menyebutkan tentang Slit Paisen di catatan akhirnya. Jadi, jika pembaca mengikuti setiap pembaruan adaptasi manga, mereka pasti akan memperhatikan kemunculan Slit-paisen dalam novel ringan. Tapi tentu saja, jika mereka membeli buku cetak novel ringan, mereka pasti sudah menyadari hal itu. Benar ‘kan?!

 

Ehem, Jadi yang ingin aku sampaikan adalah, semuanya! Belilah buku komiknya juga, ya! Itulah yang kukatakan. Jika kalian membelinya, kalian bisa membaca kata penutupku yang sangat detail. Ketika aku diminta untuk membuat kata penutup penulis asli satu halaman, aku berkata, “Oh, begitu, jadi bisa muat dalam satu halaman saja?”. Kupikir itu adalah kesalahan mereka karena tidak menentukan batas atas dalam hal jumlah kata, bukan jumlah halaman. Kalau tidak dilarang, berarti boleh saja.. Tidak ada gunanya mengatakan hal-hal seperti, “Jika kamu memikirkannya dengan akal sehat,kamua akan mengerti.” Ada banyak orang seperti diriku di dunia ini yang melakukan hal-hal yang tidak terpikirkan oleh akal sehat.

Ketika seseorang mengatakan hal seperti itu, kamu mungkin berpikir, “Mengapa dia begitu sombong padahal dia tahu kalau dia melakukan hal yang tidak masuk akal?” Padahal sebenarnya, sebaliknya. Karena mereka menyadari bahwa mereka melakukan hal yang tidak masuk akal, mereka berperilaku sombong untuk menakuti orang lain agar tidak menunjukkan kekurangan mereka. Jadi, jika kamu melihat seseorang seperti itu, lihatlah mereka dengan pandangan kasihan dan pikirkan, “Oh, dia adalah makhluk yang tidak dapat hidup tanpa bersikap sombong.” Tentu saja, ada juga orang-orang yang tidak menyadari bahwa mereka tidak masuk akal dan tetap bersikap sombong. Jika kamu melihat seseorang seperti itu, lihatlah mereka dengan pandangan kasihan dan pikirkan, “Oh, dia adalah monster yang tidak bahagia karena lingkungannya.”Lihatlah mereka dengan pandangan kasihan dan menghabisinya dengan gaya gulat german suplez.  Jangan memutuskan untuk melakukan German Suplex. Jika kamu melakukannya, lakukan hanya di kepalamu. Hm? Apa-apaan dengan tatapan mata itu? Ah, ya. Kamu juga bisa sekalian membaca cerita SS yang baru saja aku tulis, loh. Jika kamu membeli buku komiknya. Jadi, ayo beli bukunya. Baiklah, iklan yang diminta sudah selesai!!!

 

Oke, sekarang kita sudah mengiklankan versi komiknya, mari kita bicara tentang membuatnya menjadi anime?

......Tidak, mungkin tidak ada yang perlu dibicarakan. Aku juga tidak tahu sampai sejauh mana aku boleh berbicara. Oh ya, proyek ini terus berjalan dengan lancar, tahu? Alasan mengapa kali ini jarak antar rilisnya menjadi lima bulan karena ada pekerjaan komikalisasi dan adaptasi ke dalam bentuk animasi. Ini adalah batas dari seorang penulis paruh waktu. Meskipun begitu, pada akhirnya aku selalu terburu-buru menyelesaikan naskah mendekati batas waktu, seperti anak sekolah yang tergesa-gesa menyelesaikan tugas musim panas mereka. Aku merasa bahwa jika aku memaksakan diri sendiri, aku bisa tetap mempertahankan kecepatan empat bulan per rilis, tapi tidak bisa dipastikan. Apa yang sebenarnya terjadi? Aku sendiri juga tidak begitu mengerti.

Nah, karena kita tidak bisa membicarakan tentang anime... bagaimana kalau kita membicarakan teori kreatif untuk menarik minat orang-orang dari bidang seni liberal? Tapi sebenarnya, aku tidak ingin membicarakannya. Rasanya agak tidak nyaman membicarakan teori kreatif. Seperti terlalu berlebihan dengan kesadaran diri. Bukan karena aku tidak suka melihat orang lain melakukannya, tapi ketika aku sendiri yang melakukannya sendiri, “Hei, hei, hanya karena menerbitkan satu karya buku saja, apa kamu berpikir kamu bisa mulai bicara tentang hal-hal ini?” Setan kecil di dalam pikiranku akan mulai mengolok-olok. Selain itu, siapa yang akan mengambil referensi dari seseorang yang menulis dengan cara yang aneh seperti menulis paralel episode pertama, ketiga, keenam, dan kedelapan? Ya, sebenarnya, ketika aku menulis “Roshidere”, aku tidak menulis secara berurutan dari prolog. Aku biasanya menulis beberapa episode secara bersamaan. Pada saat yang parah, aku bahkan menulis semua episode secara paralel.

Yah, sama seperti setiap orang punya caranya masing-masing dalam menulis novel, begitu pula teori penciptaan tiap orang berbeda-beda, jadi sebaiknya jangan dianggap serius. Aku pikir kalian hanya perlu mendengarkan sekitar sepertiga dari apa yang dikatakan. Aku sendiri sering berpikir “Apa iya?” ketika mendengar teori kreatif dari penulis profesional. Sebenarnya, aku lebih jarang berpikir “Kurasa itu benar”. Oleh karena itu, kupikir daripada belajar cara menulis novel, lebih baik membaca karya yang disukai dan dianggap bagus secara mendalam, dan mempraktikkan “pencurian melalui membaca” daripada “pencurian melalui menonton”. Meskipun mengatakan “pencurian”, tapi jangan sampai melakukan plagiarism, ya.

Jika kamu ingin mengambil masukan dari orang lain, kupikir kamu bisa bergabung dengan kelompok penulis, terutama di tempat-tempat di mana ada penulis dengan berbagai jenis tulisan. Di sana tentu saja akan ada banyak pendapat yang berbeda, tetapi harusnya kamu bisa mendapatkan pendapat yang sama dari beberapa orang tentang hal-hal yang harus diperbaiki. Jika kamu memperbaikinya, aku pikir kamu akan bisa menulis di atas standar dalam waktu yang singkat. Nah, ini juga merupakan teori kreatif dalam arti yang lebih luas, jadi kamu tidak perlu terlalu percaya. Mendengarkan sepertiga dari apa yang dikatakan sudah cukup. Kamu tidak perlu terlalu percaya pada apa yang dikatakan oleh orang yang menulis artikel acak sepertiku. Sepersembilan sudah cukup. Oh iya, mengenai oran sains (dihilangkan)

Baiklah, aku sudah cukup bahas angka-angka sekarang, jadi sekarang aku akan beralih pada ucapan terima kasih karena halaman ini hampir penuh..

Kali ini juga, aku ingin meminta maaf kepada editor Miyagawa-sama yang telah sangat direpotkan karena kemajuannya yang lambat. Aku selalu berada di tenggat batas waktu ... bahkan melebihi batas waktu, dan aku sangat menyesal. Aku merasa menyesal. Mungkin hanya merasa menyesal. Aku sangat berterima kasih atas kemurahan hatimu yang memaafkanku, dan pendapat dari sudut pandang netral Miyagawa sangat membantuku. Terima kasih banyak selalu.

Selanjutnya, saya ingin berterima kasih kepada Momoco-sense yang telah menggambar banyak ilustrasi yang luar biasa kali ini juga. Meskipun pasti sangat sibuk, ia menyediakan ilustrasi berkualitas dewa setiap kali tanpa mengurangi jumlahnya, dan saya aku berterima kasih atas itu. Terutama kali ini, ia menggambar banyak ilustrasi dengan beberapa karakter baru ... terima kasih banyak.

Dan dalam versi komiknya, Tenamachi-sensei telah menggambar Alya, Masha, dan bahkan Yuki dalam mode adik perempuan dengan sangat indah dan imut. Terima kasih atas kualitas komikalisasi yang indah setiap kali. Aku melakukan promosi komikalisasi yang diminta di Twitter dengan benar. Kamu mungkin bercanda ketika memintanya, haha, kamu memilih lawan yang salah. Yah, pendapat tentang apakah itu promosi atau tidak mungkin akan terbagi!

Terakhir, aku ingin mengirimkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua orang yang terlibat dalam produksi Roshidere, termasuk Suzuki-san yang baru saja menjadi editor baru untuk komikalisasi terkait, dan kepada semua pembaca Roshidere. Terima kasih banyak! Sebelum kita memasuki volume berikutnya ... mari kita bertemu di akhiran volume 3 dari versi komiknya. Ya!!

 


 

 Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya 

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama