Otonari no Tenshi-sama Jilid 6 Bab 7 Bahasa Indonesia

Bab 7 — Tenshi-sama dan Festival Musim Panas

 

Liburan musim panas akan segera berakhir; sisa waktunya tinggal seminggu lagi. Chitose tiba-tiba berkunjung ke rumah Amane sebelum tengah hari dan bertanya kepadanya, “Tau enggak kalau hari ini ada festival musim panas di lingkungan sini?”

“… Sebenarnya, aku sudah tahu.”

“Oh, kamu sudah berencana pergi dengan Mahirun? Aku mengundang Ikkun untuk ikut denganku.”

“Kami berencana untuk pergi ke sana bersama, atau sebenarnya, aku akan mengundang Mahiru nanti.”

Amane mengetahui jadwal bebas Mahiru untuk hari itu, jadi dirinya berencana mengundangnya keluar bersamanya sebagai kejutan. Untuk menutupi semua kebutuhan, Amane telah meminta ibunya untuk mengirimkan sepasang yukata yang pas untuk mereka berdua, dan  memastikan untuk meninjau terlebih dahulu metode yang benar untuk memakainya, sehingga mereka bisa pergi bersama tanpa hambatan.

Kembali setelah menuangkan teh, Mahiru mengeluarkan “Hah?” dan menatapnya dengan ekspresi kosong.

“Aku ingin pergi ke festival musim panas, jadi aku melakukan riset tentang itu,” Amane membalas, dan Mahiru berkedip beberapa kali berulang kali.

“… Mungkin aku mengganggu kalian berdua di sini?”

“Tidak juga. Rasanya memang menyenangkan untuk pergi berdua saja, tapi kupikir sebaiknya kita melihat-lihat sebagai kelompok saat kita melakukannya. Lagi pula, kita sudah berkumpul di sini.”

Amane dan teman-temannya sudah menginjak bangku kelas 2 SMA. Begitu akhir liburan musim panas tiba, kelas mereka akan mulai lebih fokus dalam mempersiapkan ujian masuk mendatang.

Di sekolah tempat mereka belajar, siswa harus menyelesaikan keseluruhan waktu belajar tiga tahun mereka dalam dua tahun pertama. Tahun yang tersisa kemudian digunakan untuk setiap siswa untuk mengikuti kursus pilihan mereka sebagai persiapan untuk jalur karir ideal mereka, menghasilkan kelas yang bergerak cukup cepat.

Oleh karena itu, mereka tidak diberi kebebasan untuk bisa nongkrong terlalu sering, dan mereka tidak diberi banyak kesempatan untuk bermalas-malasan tanpa banyak pikiran. Dan tentu saja, begitu mereka naik ke kelas 3, mereka akan lebih sering belajar di rumah, mungkin menghadiri sekolah persiapan, sekolah bimbel, atau bahkan mengikuti les privat, sehingga akan ada lebih sedikit kesempatan bagi mereka untuk berkumpul.

Amane selalu bisa meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu sendirian dengan Mahiru, tetapi menyesuaikan jadwal semua orang sekali lagi akan menjadi tantangan yang sulit.

“… Apa kamu pendapat lain, Mahiru?”

“Aku akan sangat senang jika kita semua bisa pergi bersama. Tetap saja, aku lebih menyukai kalau kamu menghubungi kami sebelum berkunjung, Chitose-san.”

“Sudah kubilang aku minta maaf. Kupikir aku sudah melakukan yang terbaik dengan itu, tau?”

“Tapi itu hanya sepuluh menit sebelum kamu tiba…”

Mahiru tersenyum masam saat dia terus menyajikan teh barley dingin kepada Chitose, memperlihatkan apa yang telah dia lakukan.

Dalam keadaan tercengan, Mahiru tiba-tiba memberi tahu, “Chitose-san akan datang ke sini,” dan Amane secara alami juga terkejut dengan kunjungan mendadaknya, mengesampingkan undangan mereka sebelumnya. Itsuki juga tiba-tiba masuk ke rumah temannya sebelumnya, tapi dia tidak pernah menduga Chitose akan melakukan hal yang sama.

Dia menerobos masuk karena dia yakin kalau mereka ada di rumah, tapi selain itu, Amane berharap setidaknya dia memberitahu mereka lebih awal. Amane menghela nafas pada Chitose, yang sedang menikmati teh barley dinginnya, sebelum melirik Mahiru. Dia sepertinya tidak menentang pergi ke festival.

Amane menyadari penurunan halus antusiasme Mahiru akhir-akhir ini, dan kemungkinan itu adalah efek dari insiden dengan ayahnya, jadi dirinya bermaksud untuk mengajaknya keluar sebagai pengalih perhatian. Dia mungkin akan melakukan kontak dengan ayahnya lagi, tapi meski hanya sesaat, Amane berharap ia bisa membiarkan Mahiru melupakan keberadaannya.

“Yah, ada bagusnya juga kita memutuskan untuk pergi bersama, tapi apa yang akan kamu lakukan, Mahiru? Mau pakai yukata?”

“Hah? Tidak, sayangnya, aku tidak punya yukata yang bisa dipakau.”

“Yah, erm… Sebenarnya ada. Di sini, sebenarnya. Dan itu sangat cocok dengan ukuranmu.”

“Hah, kok bisa?”

“Aku memintanya pada ibu.”

Begitu Amane menyebutkan keterlibatan Shihoko, “Ahh…” Mahiru buru-buru setuju. Amane yakin bahwa dalam benak Mahiru, ibunya adalah seseorang yang, entah kenapa, memiliki banyak koleksi pakaian seukurannya. Sulit baginya untuk menertawakan fakta bahwa dia juga tidak salah.

Amane lah yang meminta bantuannya kali ini, jadi dirinya tidak bisa berkomentar, tapi Amane penasaran mengapa Ibunya bisa memiliki pakaian dalam untuk ukuran gadis muda. Terlepas dari kenyataan bahwa Shihoko bekerja di industri mode, jelas-jelas bahwa dia mempersiapkannya secara khusus untuk digunakan oleh Mahiru.

“Hah? Kamu akan memakai yukata, Mahirun? Aku ingin melihatnya!”

“Apa kamu tidak memakainya?”

“Tidak mau. Pakai Yukata memang kelihatan manis, tapi sulit untuk bergerak, dan aku tidak bisa makan sampai kenyang dengan selempang di sekitarku.”

“Kamu yakin kalau kamu bukan hanya rakus?”

“Sembarangan saja kalau ngomong.”

Sebagai seseorang yang lebih memilih untuk tidak berpakaian ketat, tapi Chitose juga makan sesuka hatinya dan menikmati menggerakkan tubuhnya dengan bebas, jadi mengenakan pakaian yang akan dikenakan seseorang untuk menunjukkan keanggunan seperti yukata tidak cocok untuknya.

Pakaian semacam itu akan sulit untuk digrakkan—terlalu sempit untuk Chitose yang terlalu aktif.

“Kalau dipikir-pikir, apa yang sedang dilakukan Itsuki?”

“Kita seharusnya bertemu di sana, sih.”

“Kamu sudah memutuskan banyak hal sebelum mengundang kami, bukan? Hampir seolah-olah kamu sudah menduga kalau kami akan pergi dari awal…?”

“Hehe, kupikir kalian berdua tidak akan menolak jika kalian punya waktu luang.”

“Kamu benar-benar harus lebih khawatir tentang itu.”

“Maaf, maaf.”

Amane menyipitkan matanya pada Chitose, yang sepertinya tidak memikirkan tindakannya, tapi mau bagaimana lagi.

Karena Amane telah mengirim pesan kepada Itsuki tentang adanya jadwal kosong selama beberapa hari terakhir, kemungkinan itulah alasan undangannya. Tentu saja, Amane ingin dia mengundang mereka dari jauh-jauh hari, tetapi perubahan kecepatan itu penting, jadi kali ini dirinya berterima kasih meskipun mereka mengajaknya di menit-menit terakhir.

“Jadi, bagaimana, Mahiru? Ingin memakai yukata?”

“… Bukannya itu berarti hanya aku saja satu-satunya yang memakai yukata?”

“Aku berencana memakainya juga sih...”

“Hah? Kamu juga akan memakainya?”

“Yah, erm, ini acara khusus, dan kupikir aku akan mencobanya juga agar terbiasa.”

“Amane-kun dengan yukata-nya…”

Mahiru tiba-tiba mulai tampak tersipu saat menyebutkan penampilan yukata-nya, dan Amane bergumam, “Tapi menurutku rasanya takkan menarik untuk melihat yukata pria…”

Amane tidak mencoba untuk memuaskan siapa pun, tetapi ia meyakini kalau yukata memiliki bakat tertentu ketika dikenakan oleh seorang wanita dan bukan oleh seorang pria. Meskipun itu menciptakan suasana khusus, yukata seorang pria tidak layak diapresiasi—begitulah pandangan Amane.

Namun, seolah dia benar-benar ingin melihatnya, Mahiru terus menatapnya dengan tatapan penuh harap. Itu adalah keinginan pacarnya yang imut, jadi penampilan yukata Amane sekarang sudah dipastikan. Amane pikir dirinya akan terlihat lebih baik jika memakainya juga karena ia akan berjalan bersama Mahiru.

“Yah, jika kamu ingin melihatnya, Mahiru, aku dengan senang hati akan memakainya.”

“A-Aku ingin melihatnya.”

“Responmu terlalu cepat. Aku tidak masalah sih, tapi jangan terlalu berharap terlalu banyak. Punyaku hanya yukata biasa.”

Itu adalah warna biru tua yang sederhana dan simpel dengan selempang berwarna kacang merah, jadi itu tidak menonjol atau terlihat mewah. Meski demikian, Mahiru menatapnya dengan penuh har, jadi Amane tersenyum kecut dan menepuk kepalanya, berkata, “Baiklah, aku akan mencoba menyesuaikannya sebaik mungkin.”

 

   

 

Satu setengah jam sebelum festival dimulai, Amane dan Mahiru memulai persiapan mereka. Mahiru kembali ke unit apartemennya sambil membawa yukata di tangannya, begitu pula Chitose, sementara Amane bersiap-siap mengenakan yukata sendiri dengan kesepiannya. Seseorang membutuhkan pengetahuan tentang cara memakai yukata dengan benar, tetapi ia tidak mengkhawatirkan Mahiru dalam hal itu. Karena Mahiru pernah mengenakan kimono sebelumnya, jadi mengenakan yukata akan sangat mudah baginya.

Masalah sebenarnya adalah dirinya sendiri, Amane merasa cemas apa dirinya sudah memakainya dengan benar atau tidak. Ia jarang memiliki kesempatan untuk memakainya sebelumnya, meskipun Shihoko telah memberikan pengetahuan yang tepat padanya di masa lalu.

Amane memeriksa penampilan dirinya sendiri di cermin ketika selesai memakainya, dan itu dibentuk dengan rapi; setidaknya itu tidak berantakan. Warna biru tua yang polos, dan dengan selempang kacang merah. Kimono Amane tidak memiliki pola mewah, tampilan yang sangat dihargainya mengingat seleranya. Amane memperhatikan bahwa tinggi badannya membantu menciptakan suasana khusus saat melihat ke cermin, yang merupakan keuntungan tambahan. Dalam artian yang baik atau buruk, dirinya memiliki wajah yang tenang, jadi dirinya memberikan kesan kalem dan dewasa yang mungkin cocok untuknya dengan baik mengingat kesempatan itu.

Amane memutuskan untuk membaca penilaian orang lain tentang dirinya sebagai dasar apakah dirinya cocok untuk berjalan di sisi Mahiru. Walaupun ia juga ingin tahu tentang tatapan dan pendapat orang yang lewat, tapi yang paling penting adalah perasaannya sendiri, dan perasaan Mahiru.

Setelah selesai berdandan dan menata rambutnya, Amane lalu duduk di sofa dan dengan santai menghabiskan sisa waktunya menunggu. Butuh waktu lama bagi wanita untuk bersiap-siap. Amane menyadari hal ini dan mempersiapkan banyak waktu sebelumnya, jadi tidak ada masalah apapun.

Selain itu, ketika berkaitan dengan cara memakai, yukata akan lebih merepotkan untuk dipakai daripada pakaian biasa, dan Mahiru kemungkinan akan mengikat rambutnya setelah diganti, jadi Amane memperkirakan akan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Karena Mahiru mungkin akan merias wajahnya setelah semua langkah tersebut, Amane sangat menghormati upaya para gadis dan menganggapnya luar biasa.

(Mahiru sudah terlihat imut bahkan saat dia tidak mengenakan apa pun, tapi gadis-gadis terlihat lebih bersinar cerah saat mereka berdandan, itu luar biasa.)

Amane menghabiskan waktunya untuk bersantai dan merasa kalau senyuman mulai menyebar di wajahnya saat ia menghargai usaha Mahiru yang menawan untuk menunjukkan bagian dirinya yang paling menggemaskan dan merasakan perasaan bahagia yang tak terlukiskan muncul di hatinya.

Kemudian, Amane mendengar pintunya dibuka, dan Mahiru tampaknya sudah selesai dengan persiapannya. Amane menahan diri untuk tidak menghadap ke arahnya dan menunggunya untuk mendekatinya, mengantisipasi kecantikannya. “Amane-kun,” panggil Mahiru dengan lembut, dan menepuk pundaknya.

Pada saat itulah Amane akhirnya berbalik — dan tersenyum.

“Kamu kelihatan lucu. Itu sangat cocok untukmu.”

“…A-Apa semudah itu menilai?”

“Pasti, tidak diragukan lagi. Aku bisa langsung tahu hanya dengan melihatnya sekilas.”

Mahiru sedikit keberatan karena berpikir bahwa kata-kata pujiannya sudah disiapkan sebelumnya, tapi mau bagaimana lagi. Bagaimanapun juga, itulah yang benar-benar dipercaya Amane.

Sekali lagi, Amane merasa kagum pada wawasan ibunya dan merasa benar-benar terkesan.

Mungkin karena pertimbangan bahwa Mahiru akan berdiri di samping Amane, yukata yang dipakai Mahiru memancarkan kesan cerah meskipun desainnya agak tenang. Itu menggambarkan pola bunga Hydrangea yang kontras dengan kain putih yang mengelilinginya. Hydrangea berwarna biru tua, memancarkan aura kedewasaan yang membuatnya tampak sopan dan sopan.

Meskipun Amane tidak dapat menyangkal bahwa itu sedikit berlebihan untuk musim ini, tapi yukata tersebut sangat cocok untuknya. Mahiru memakai selempang ungu cerah yang melengkapi desain sederhana yukata miliknya. Gesper obi dihiasi dengan manik-manik capung, menambah suasana menyegarkan.

Amane tersenyum seraya menatap sosok Mahiru dengan tegas, penampilannya tampak seperti perwujudan dari kecantikan yang murni dan pantas.

“Kamu biasnaya terlihat imut. Tapi hari ini, kamu terlihat lugu dan menawan. Haruskah aku menyebutnya pesona lembut? Aku bilang kalau itu imut, dan itu benar, tetapi jika aku harus mengatakannya, aku akan mengatakan kalau kamu terlihat lebih cantik daripada imut. Itu pasti cocok untukmu.”

“I-Ini terlalu…”

Setelah mendengar betapa seriusnya pendapat Amane, seketika itu juga pipi Mahiru langsung merah merona, seolah-olah dia tidak bisa tenang; tangannya memainkan ujung rambutnya. Melihat reaksinya yang begitu, Amane hanya bisa tertawa.

Sanggul rambut Mahiru sepertinya ditahan dengan jepit rambut, dan jepit rambut peraknya bergoyang lembut saat dia bergerak. Jepit rambut itu didekorasi dengan manik-manik kaca berwarna biru tua dengan gaya yang sama dengan ikat pinggangnya, dan suasana yang ditimbulkannya mirip dengan yukata Amane.

“Mahirun, Mahirun,” kata Chitose. “Ia jelas tidak berpura-pura.”

“Aku tahu, aku sudah mengalami ini berkali-kali.”

“… Apa sekarang kamu menyalahkanku?”

“Sebenarnya itu pujian, tapi juga sanggahan, mungkin?” Chitose mengklarifikasi, meskipun tidak dapat mengambil keputusan.

“Apa-Apaan itu maksudnya?”

Amane bingung dengan jawaban Chitose dan menyipitkan matanya curiga. Chitose tidak mengatakan apa-apa lagi dan terus tersenyum.

Namun, sikap Mahiru sepertinya tidak menolaknya, jadi Amane menduga itu bukanlah hal yang buruk.

“…A-Aku pikir pakaianmu sangat cocok untukmu, Amane-kun.”

“Benarkah? Terima kasih. Aku senang jika kamu berpikir demikian.”

Menurut Amane pakaian itu memang terlihat cukup cocok, tapi sekarang dengan penegasan Mahiru, dirinya menjadi lebih puas. Meskipun Amane tahu dia memiliki filter cinta, tetap rasanyna masih menyenangkan untuk dipuji. Amane mencoba untuk menerima pujian Mahiru secara terbuka, tapi entah kenapa, mata Mahiru menunjukkan sedikit ekspresi kesal.

“…Apa aku melakukan sesuatu yang salah?”

“Karena cuma dia satu-satunya yang merasa malu, jadi menurutnya itu tidak adil~”

"Chi-Chitose-san!”

Mendengar komentar Chitose, Mahiru langsung kesal. Reaksinya membuktikan bahwa Chitose benar. Sepertinya Mahiru juga ingin membuat Amane merasa malu, tapi Amane takkan malu dengan hal sekecil itu. Ia merasa senang dan memang sedikit malu, tapi tidak semalu Mahiru.

Melihat Mahiru jelas-jelas terguncang, Chitose tersenyum senang dan berkata, “Kamu sangat imut~”, sambil menekan dan menyentuhnya. Ketika melihat kontak Chitose, pikiran Amane agak campur aduk. Dirinya tidak tahu apakah harus mengaguminya karena bisa menghindari mengacak-acak rambut dan pakaiannya saat menggoda Mahiru, atau berdebat bahwa hanya dia yang bisa menyentuhnya.

Mahiru terlihat sangat malu sampai-sampai pipinya memerah. Karena reaksi Mahiru sangat imut, mari biarkan mereka saling bercanda, Amane memutuskan untuk membiarkan Chitose menyentuh Mahiru dan melihat mereka salinng bermain-main dengan ekspresi hangat.

 

   

 

Ketika mereka tiba di stasiun terdekat dengan tempat diadakannya festival, Itsuki sudah menunggu mereka di sana. Ia sepertinya tidak menyangka Amane dan Mahiru memakai yukata, jadi ketika melihat mereka, ia menatap mereka dengan kagum, “Whoaa, yukata!”

“Aku sudah memilikinya selama beberapa hari. Dua set yukata ini dikirim oleh ibuku.”

“Oh wow, selera Shihoko-san sangat bagus; Kamu berdua terlihat sangat serasi satu sama lain.”

“Ibuku memiliki selera yang sangat bagus dengan barang-barang semacam ini.”

Mereka berdua tampak seperti sepasang, dan pakaian mereka dipilih dengan memikirkan mereka berdua berdiri bersama. Jika ada yang melihat mereka, mau tak mau pasti akan mengagumi mereka.

Amane memutuskan untuk mengirimkan foto Mahiru dengan balutan yukata kepada ibunya sebagai hadiah terima kasih. Ia kemudian menatap Itsuki. Dia mengenakan pakaian kasual, tapi jeans dan kemeja yang dikenakannya cocok untuknya. Punya wajah tampan memang dosa, pikir Amane dalam hati.

Chitose akan terlihat menawan jika dia mau memakai yukata. Tapi Amane tahu dia tidak ingin memakainya, jadi ia menyingkirkan pikiran itu.

"Yah, gadis cantik yang memakai yukata emang sangat memanjakan mata.”

“Ah, Ikkun, bagaimana denganku~?”

“Kamu sangat imut, Chi. Kapanpun dan dimanapun.”

“… Tapi kamu mengolok-olokku ketika kamu melihatku memakai masker wajah.”

“Kamu juga imut seperti itu.”

“Kamu jelas-jelas tertawa hanya dengan memikirkannya!”

Chitose meneak-nepak pundak Itsuki beberapa kali, tapi ia tetap tidak terpengaruh oleh getaran dan cibiran itu. Melihat tingkah laku mereka berdua, Mahiru tersenyum pahit.

Adapun Amane, dirinya juga pernah melihat Mahiru menggunakan masker saat kunjungan terakhirnya ke kampung halamannya, tapi ia tidak menganggapnya lucu atau menarik, Amane hanya berpikir pasti sulit untuk menjaga kecantikan dan mengagumi Mahiru karena ketekunannya. Saat itu, Amane hampir diminta untuk menggunakan sendiri, tapi pada akhirnya ia menolak. Begitu banyak kerja keras untuk menjaga wajah yang menarik, pikir Amane, sambil dengan lembut membelai wajah Mahiru dengan punggung jarinya, berhati-hati agar riasannya tidak luntur. Gerakannya itu membuat Mahiru merasa geli, dan dia tersenyum lembut.

Hanya dengan melihatnya, dia membuat orang-orang di depan Amane terkesiap.

“Memiliki pacar yang imut adalah cara yang sangat mudah untuk menonjol.”

Melihat reaksi orang-orang yang lewat, Amane sekali lagi mengakui bahwa pacarnya itu sangat cantik.

“Bukan itu saja—hanya fakta bahwa mereka berdua berdiri bersama membuat mereka menonjol, kau tahu..."

“Sejujurnya, saat ini hanya sedikit orang yang mengenakan yukata ke festival, bahkan selama musim panas. Jadi tidak mengherankan kalau mereka menonjol.”

“Kamu tidak salah, tapi bukan itu maksudku… Ah sudahlah; lupakan saja."

Amane tidak peduli dengan reaksinya dan menarik Mahiru dengan lembut. Alasan dia melakukan ini adalah untuk menekankan kepada orang-orang di sekitar mereka bahwa Mahiru adalah miliknya. Pada awalnya, Mahiru berkedip kaget, tapi kemudian dia menyadari arti dibalik tindakannya, dan pipinya sedikit memerah. Dia bersandar di lengan Amane dengan eksrpesi bahagia.

Ketika mereka melihat reaksi Mahiru, baik Chitose maupun Amane mengangkat sudut mulut mereka dan tersenyum. Tapi Mahiru tidak peduli, dan terus menempel pada Amane.

“Kita tidak boleh ketinggalan. Lihat kami!”

“Wahahaha, ayolah.”

Amane tersenyum pahit saat melihat Itsuki dan Chitose bersandar satu sama lain dengan menantang. Kemudian, ia melihat ke arah Mahiru yang sedang bersandar padanya. Mahiru sedikit menundukkan kepalanya dan menatap Amane, matanya penuh kepercayaan.

“Kalau begitu mari kita mulai berbelanja. Kita tidak bisa berdiri diam di sini terus.”

“Ya! Dengan demikian, festival kita dimulai sekarang! Aku harus makan sebanyak yang aku bisa~”

Chitose melingkarkan lengannya di sekitar tangan Itsuki dan mengangkat tangannya dengan semangat saat dia mengatakannya. Dia tampaknya lebih peduli untuk memuaskan nafsu makannya daripada pesona kewanitaannya. Melihat tingkah lakunya yang seperti ini, Amane pun tersenyum, berbalik menghadap tempat festival, dan mengambil langkah.

Ia menatap Mahiru lagi, tersenyum padanya, dan kemudian memegang tangannya saat mengikuti di belakang mereka.

 

   

 

Mereka berempat lalu tiba di tempat festival, dan tempat sudah ramai dengan kerumunan orang. Daerah itu biasanya tidak begitu ramai, tapi hari ini penuh sesak—jauh berbeda dari kesan biasanya. Tidak ada festival lain yang diadakan di dekat sini dalam satu atau dua minggu terakhir, jadi kemungkinan itulah alasan utamanya.

Sekilas, sepertinya tidak banyak orang yang datang mengenakan yukata, dan berjalan-jalan dengan yukata akan sangat menarik perhatian. Namun, alasan utama ketertarikan itu adalah kecantikan Mahiru.

“Di sini ramai banget, ya,” komentar Chitose.

“Memang. Kita harus berhati-hati agar tidak terpisah.” jawab Amane.

“Mahirun, jangan lepaskan Amane, oke?”

“… Aku takkan melepaskannya.”

Mahiru menempel dengan lengket ke tubuh Amane dan memegang tangannya dengan erat. Amane juga mengatupkan jarinya dan bersumpah dalam hatinya bahwa ia tidak akan pernah melepaskannya. Jika dirinya melepaskannya, pasti akan ada orang jahat yang mencoba untuk merayunya.

Dia adalah gadis yang sangat cantik; cowok mana yang tdiak ingin mencoba merayunya? Itsuki bersiul dan menatap Amane dengan pandangan penuh arti, Lihat kamu masih berpegangan tangan dengannya, lalu lihat penjual dan kios yang berjejer di festival.

“Mahiru, apa ada yang ingin kamu lihat? Atau apa pun yang ingin kamu makan?”

“Aku tidak yakin. Aku baru pertama kali mengunjungi tempat seperti ini…”

“Jadi begitu. Kalau begitu mari kita makan sesuatu dulu.”

Hati Amane sedikit sedih mengingat Mahiru hampir tidak pernah pergi bersama keluarganya. Untuk mengangkat semangatnya, Amane tersenyum padanya, dan dia balas tersenyum.

“Ah, aku ingin makan permen kapas~”

“Bukannya nanti kamu akan cepat kenyang jika kamu membeli itu?”

Amane tidak yakin apa itu akan bermasalah, tapi Chitose adalah pemakan yang cepat dan akan dengan mudah menghabiskan permennya dengan cepat. Namun, sebelum makan yang manis-manis, makan yang lain akan lebih tepat.

Amane ingin memulai dengan yakisoba atau takoyaki, seperti tradisi. Tapi karena mereka memakai yukata, jadi mereka harus berhati-hati agar tidak menumpahkan saus apapun. Namun bagi Amane, pendapat Mahiru adalah yang paling penting.

“… Jenis makanan apa sajayang ada di festival?”

“Biasanya ada yakisoba, takoyaki, ikayaki, dan sosis. Mereka lebih mudah dimakan dan membuatmu kenyang.”

“… Bisakah kita berpikir sambil berjalan?”

“Jika kamu menghendaki. Itulah bagian yang menyenangkan tentang pergi ke festival.”

Kamu bisa memutuskan apa yang ingin dimakan sebelum memulai, tetapi mencari hal-hal yang kamu sukai saat berkeliling mempunyai kesenangan tersendiri. Lebih baik menikmati festival seperti itu. Amane meminta pendapat Itsuki dan Chitose. Mereka menganggukkan kepala dan setuju dengan rencana itu. Jadi Amane memutuskan untuk berkeliling, dan mengawal Mahiru melewati kerumunan.

Kelompok mereka berkeliling dengan santai dan membeli beberapa makanan dari penjual. Kemudian, mereka melihat kios untuk menembak sasaran, permainan umum yang biasa di festival. Amane berpikir bahwa menembak target adalah hal yang unik di festival. Ia berencana mengajak Mahiru untuk memainkan game ini jika ada kesempatan. Tapi jika Mahiru tidak tertarik, Amane akan melewatkannya begitu saja. Mahiru berpegangan tangan dengannya, melihat sekeliling ke semua kios terdekat; tatapan matanya bersinar, tampak seperti dia menikmati dirinya sendiri. Kemudian dia melihat mata Amane melihat ke arah stan tertentu, jadi Mahiru menoleh ke arah tersebut  dan bertanya.

“Amane-kun, itu apaan?”

“Ahhh, itu adalah game menembak target. Kamu menembak gabus menggunakan pistol mainan, dan jika tembakanmu mengenai hadiah dan menjatuhkannya, kamu bisa membawanya pulang. Kamu ingin mencobanya?”

Amane merasa bahwa mereka harus mengalami sebanyak yang mereka bisa, jadi ia mengeluarkan dompetnya dan mengocoknya beberapa kali.

Melihat Mahiru setuju, Amane langsung membayar pemilik stan. Ia mengambil pistol mainan dan lima butir amunisinya, memasukkan gabus ke dalam pistol untuk digunakan Mahiru. Orang tuanya sering membawanya ke festival ketika masih kecil, dan berkat itu, Amane bisa memuat amunisinya sendiri tanpa perlu meminta pemilik stan.

“Sudah terisi, ini dia. Yang mana yang kamu mau?”

“… Menurutku yang itu lucu.”

Mahiru menunjuk ke kotak plastik sambil berkata begitu. Kotak itu berisi jepit rambut. Ada hiasan bunga hydrangea yang cocok dengan yukata Mahiru, dan memiliki desain yang agak lucu.

Amane sudah sering memainkan game semacam ini, dan menurut pengalamannya, hadiahnya sengaja ditempatkan di posisi yang sulit ditembak. Hal tersebut membuat game tidak adil untuk pemula. Namun, ia ingin menghormati keinginan Mahiru, jadi ia tidak menyuarakan kekhawatirannya. Amane mengajari Mahiru cara menggunakannya bersama dengan posisi yang tepat, dan membiarkannya membidik apa yang diinginkannya sendiri.

Meskipun itu hanya pistol mainan, cara dia memegangnya sangat menarik, pikir Amane pada dirinya sendiri sambil menatapnya setelah melangkah mundur. Setelah terdengar suara ringan, peluru itu terbang keluar… dan mengenai tirai yang tergantung di belakang hadiah.

“Ini sulit.” kata Mahiru.

“Sejujurnya, untuk pemain pemula, rasanya memang sulit untuk membidik secara akurat.”

Meskipun jarak posisi mendembak dengan hadiahnya tidak jauh, tidak ada gunanya meremehkan kesulitan permainan. Kamu harus menyesuaikan sudut sesuai dengan kekuatan senjata dan kecepatan gabus, dan pegangan yang kuat diperlukan untuk menghindari guncangan. Keadaan setiap senjata tidak sama, dan jika kamu tidak bisa menguasai kendali atas semua variabel, pelurunya tidak akan pernah mengenai hadiahnya.

Ini adalah permainan yang sangat canggih. Pikir Amane, dan pada saat yang sama, mengingat keterampilan dan pengetahuan yang tidak terlalu diperlukan yang diajarkan orang tuanya di masa lalu, dirinya hanya bisa tertawa kering. Mahiru terus memasukkan peluru dan menembak seperti yang baru saja diajarkan Amane padanya. Semua tembakannya meleset, dan Mahiru kehilangan keinginannya untuk melanjutkan dan mendesah.

Sebagai hadiah karena sudah berpartisipasi, pemilik stan memberinya beberapa makanan ringan sbagai hadiah bonus.

“Semuanya meleset…”

“Ini pertama kalinya kamu bermain, jadi mau bagaimana lagi.”

“Itu benar. Ini selalu terjadi pertama kali. Aku yakin Amane akan menghilangkan semua penyesalanmu, pergi dan tunjukkan sisi kerenmu!”

“Jangan anggap remeh karena kamu cuma jadi penonton.”

Amane berencana menantangnya sendiri jika Mahiru meleset, karena dia sepertinya sangat menginginkan jepit rambut. Tapi karena Chitose mengatakan itu sangat mudah, rasanya akan memalukan jika ia tidak berhasil mendapatkannya.

“…Aku mau itu.”  Mahiru menatap jepit dengan enggan dan menatap Amane.

“… Jika kamu berkata begitu, aku harus memberikan yang terbaik.”

Mahiru bergumam dengan kepala sedikit menunduk dan pandangannya mengarah ke atas. Amane yakin bahwa Chitose telah mengajarinya cara cemberut yang lucu. “Sekarang aku tidak bisa menembak meleset.” Amane berkata dengan senyum pahit, lalumembayar pemilik stan seperti sebelumnya dan mengambil pistol beserta peluru gabusnya.

Sudah lama sekali sejak Amane terakhir bermain. Ia dengan hati-hati memeriksa rasa senjatanya, mengingatkan dirinya untuk tidak terlalu stres, dan menarik pelatuknya. Amane menembak dengan gerakan halus, dan peluru gabus terbang lurus ke arah kotak plastik berisi jepit rambut, menyapu tepi kotak. Kotak itu bergetar sedikit tetapi tidak roboh.

“Ah, sayang sekali.” kata Mahiru.

“Jangan khawatir, santai saja. Aku hanya mencoba merasakannya dan memastikan kondisi senjatanya.”

Sejak awal, Amane tidak bermaksud menjatuhkannya dalam satu tembakan. Tembakan pertama hanyalah upaya percobaan, dan ia berhasil mengenai hadiah. Namun, dari sensasi senjatanya, tembakannya, dan perasaan peluru yang menyentuh hadiahnya, Amane menilai bahwa senjata stan ini seharusnya bisa mengenai itu. Sering kali sebuah senjata gagal mencapai hadiah karena sejumlah faktor, tetapi kali ini senjata itu tampaknya cukup berguna. Selama dirinya membidik dengan benar dan mencapai tempat yang tepat, ia bisa menjatuhkan hadiah apa pun yang diinginkan. Amane merasa lega bahwa ia tidak kehilangan akal sehatnya untuk game tersebut. Amane mengisi ulang dan membidik sekali lagi.

Selama itu untuk Mahiru, Amane bersedia menantang hadiah apa pun di stan ini, termasuk hadiah terbesar dari semuanya, mainan besar. Tapi karena Mahiru menginginkan jepit rambut, jadi ia hanya mengincar hadiah itu.

(…perasaan yang nostalgia sekali)

Ketika Amane duduk di bangku SD dan SMP, orang tuanya sering mengajaknya ke berbagai festival. Sambil mengingat kenangan ini, Amane diam-diam menarik pelatuknya. Kali ini, peluru mengenai bagian atas kotak, tepat di tengah. Bahkan jika tembakannya mencapai tengah, hadiahnya mungkin tidak akan jatuh. Oleh karena itu, Amane fokus menjatuhkan hadiah menggunakan pusat gravitasinya. Akibatnya, kotak itu bergetar seperti yang diharapkannya dan akhirnya terjatuh. Ada kegemparan di sekitar Amane, seolah-olah pelanggan lain menyaksikan dirinya menembak.

Rasanya sangat memalukan jika aku meleset, pikir Amane sambil mengambil beberapa hadiah makanan ringan dan menembakkan peluru yang tersisa. Ketika Amane berhasil mendapatkan hadiah, pemilik stan masih tersenyum, tetapi ekspresinya sedikit berkedut karena kaku.

Mengambil terlalu banyak hadiah akan mengganggu bisnisnya.

Ketika mengenang Ibunya yang pernah ditolak oleh para pemilik kios karena dia memenangkan terlalu banyak hadiah sekaligus, Amane mengangkat bahu dan berkata “Maaf,” sambil menerima hadiah yang dia menangkan. Amane berbalik dan mengambil jepit rambut yang ia menangkan dan menunjukkannya pada Mahiru, “Kamu menginginkan ini, bukan?”

“…Te-Terima kasih banyak,” Mahiru mengucapkan terima kasih, sedikit terkejut. “Tidak kusangka itu benar-benar jatuh…”

“Bagaimana kamu bisa mendapatkannya dengan begitu mudah?” tanya Chitose.

“Bisa dibilang aku cukup jago dalam permainan seperti ini.”

“Wuaahh, energi pria tampan.” seru Chitose. “Agak membuatku frustasi.”

“Kenapa malah begitu…?”

Terlihat jelas Chitose mengajak Amane untuk bermain, namun nyatanya setelah mendapatkan hadiah, Amane merasa reaksinya tidak masuk akal.

“Yah, Amane cukup bagus dalam game semacam ini. Saat kami pergi ke arcade bersama, dia selalu berhasil dalam permainan menembak.”

“Karena keluargaku berfokus pada pendidikan yang tidak perlu seperti ini… orang tuaku mengatakan bahwa hal-hal seperti ini membuat hidup lebih menyenangkan.”

“Yah, berkat itu, kamu bisa mendapatkan apa yang diinginkan Shiina-san, jadi itu sangat berguna.”

“Benar sekali.”

Memang benar Amane bisa mendapatkan jepit rambut yang diinginkan Mahiru, jadi ia berterima kasih kepada orang tuanya.

“Aku penasaran apa yang begini bisa disebut keahlianku,” kata Amane sambil mengeluarkan jepit rambut dari kotak plastik. Dirinya dengan lembut menyisir rambut Mahiru dan memasang jepit rambut. Meskipun jepit rambutnya, secara kebetulan, dihiasi dengan hydrangea seperti yukata-nya, itu terlihat sangat pas dan cocok dengan pakaiannya.

“Yup, jepit rambutnya kelihatan cocok untukmu. Gayanya sederhana dan imut, jadi cocok dengan itu,” Amane berbicara, dan pipi Mahiru berubah semerah mawar sebelum dengan lembut menjawab, “Te-Terima kasih.”

Ketika Amane merasa bahwa dia merasa cukup menggemaskan, Itsuki berkomentar begitu saja, “Kamu langsung mulai bertingkah seperti ini dengan Shiina-san,” dan Amane memberinya perlakuan diam saat dia dengan lembut membelai kepala Mahiru. Mahiru dipenuhi dengan rasa malu, namun wajahnya terlihat tetap gembira.

“Mahirun dalam suasana hati yang baik ~”

Sambil Mengenakan jepit rambut yang Amane menangkan, Mahiru terlihat sangat bersemangat. Seolah-olah ada bunga yang beterbangan dari belakangnya, bahkan Chitose terpaksa menunjukkannya. Namun, bukan hanya bunganya, tetapi juga senyum manis lebar yang menghiasinya. Jika dia melakukan gerakan ceroboh, dia mungkin bahkan akan menembus hati orang-orang yang lewat, yang mana itu akan menjadi pemandangan yang menakutkan.

Penampilannya  sudah mirip seperti bidadari, memikat pria-pria di sekitarnya, tapi bahkan senyumnya memiliki aura ilahi tertentu di sekitarnya. Bahkan Itsuki belum pernah melihat Mahiru dalam suasana hati sebaik itu sebelumnya, tersandung dan terlihat malu. Amane juga, yang sudah membangun tingkat toleransi tertentu, tidak bisa menekan jantungnya yang berdetak kencang.

“Hei, Amane. Kita harus menghentikan ini, bung.” seru Itsuki.

“Aku setuju. Dia terlalu imut, tapi kita akan memiliki korban yang menumpuk tak lama lagi.” Chitose menambahkan.

Setelah mendengar pendapat mereka, Amane mulai menyuarakan pikirannya, “Aku senang kamu sangat bahagia, Mahiru, tapi kamu tidak boleh menunjukkan wajah seperti itu kepada orang-orang. Orang jahat mungkin membawamu pergi. Di samping itu…”

“Di samping itu?”

“Aku tidak suka kalau kamu menunjukkan wajah imut itu padaku saat kita tidak sendirian. Aku ingin itu menjadi milikku, dan milikku saja.”

Amane berbisik dengan suara yang hanya bisa didengar oleh Mahiru, “Itulah sebabnya aku tidak ingin kamu memamerkannya,” dan wajah Mahiru memerah seperti membuat suara poof.

Kejujuran, kesungguhan, dan kelucuannya tersampaikan saat Mahiru dengan sepenuh hati menggelengkan kepalanya dari satu sisi ke sisi lain, tetapi jepit rambut yang dia pakai sebelumnya telah terlepas. Amane menghentikannya dan dengan lembut memposisikan lagi sebelum membelai pipinya.

Kali ini, Mahiru menegang. Dia kemudian dengan ringan menyandarkan dahinya ke lengan atas Amane untuk menyembunyikan wajahnya. Amane menyadari wajah Mahiru memerah saat ia membelai telapak tangannya dengan ujung jarinya, dan dia bereaksi dengan benar, jadi sepertinya dia tidak terlalu kepanasan.

“Ada bagusnya kalau kalian berdua berhenti bermesraan, tapi kali ini pemandangan tersebut menjadi racun bagi kami.”

“Mau bagaimana lagi, karena Mahiru terlalu imut.”

“Aku yakin kali ini salahmu, dan kamulah penyebabnya, Amane-kun… aku ingin menunjukkan kepada gadis-gadis yang biasa memanggilmu ‘suram’ untuk melihat kebangkitanmu.”

“Kenapa kamu mendadak mengungkit itu?”

“Mahirun terlalu lemah melawanmu sekarang, Amane. Semua tentangmu terlalu berdampak buat hatinya.”

“Hanya apa yang membuatku terbangun?” Ia melihat ke arah Mahiru, yang menyodoknya dengan putus asa, dan untuk beberapa alasan, Mahiru memelototinya secara halus dengan mata menengadah.

“Amane-kun, aku akan mengembalikan kalimat itu padamu.”

“Y-Ya?”

“Aku pasti akan membalas.”

Amane menganggukkan kepalanya, lalu Mahiru menekan lengannya dengan dahinya, sedikit lega. Dia benar-benar suka kontak fisik semacam ini, renung Amane saat membiarkan Mahiru melakukan apa yang disukainya, dan melihat Chitose menyeringai padanya.

“Daya tarik seksual alami Mahirun tidak pernah berubah, bukan?”

“Daya tarik seksual? Hey…”

“Kurasa kamu belum kenyang, Mahirun, jadi aku tidak akan menghentikanmu. Yang lebih penting lagi, aku lapar, jadi bagaimana kalau kita membeli ikayaki di sana? Rasanya terlalu manis, aku ingin makan sesuatu yang asin.”

“Kamu ‘kan belum makan sesuatu yang manis ...”

“Aku tidak berbicara tentang makanan… tapi tentang kalian berdua! Baiklah, ayo pergi, demi orang-orang di sekitar kita juga.”

Saat Chitose mengatakan itu, Amane melirik ke arah orang yang lewat, dan matanya bertemu dengan mereka yang tersipu. Baik pria maupun wanita menerima kerusakan kritis dari tampilan malu-malu Mahiru yang menggemaskan. Memang begitulah adanya, karena Amane menerima tatapan dingin dan cemburu dari para pria.

Penuh kejelasan, Amane menyesalinya. Berpikir bahwa ia seharusnya tidak membuat Mahiru malu di tempat dengan begitu banyak orang, Amane menerima saran Chitose, menarik tangan Mahiru, dan mulai berjalan menuju kios ikayaki.

 

   

 

“Makanan festival rasanya sangat berbeda. Mungkin karena suasananya?”

Chitose yang sudah memakan yakisoba dan karaage sebelumnya, terlihat sangat senang saat memakan ikayaki dengan ekspresi santai di wajahnya.

(Yah, baik Mahiru maupun Chitose adalah tipe cewek yang berbeda, tapi mereka sama-sama cantik)

Kecantikan Mahiru adalah perwujudan dari kecantikan yang lugu dan polos, dan pesona Chitose adalah kelincahannya dan sifat bebasnya yang seperti gadis tomboy. Secara alami, mereka berdua menarik perhatian.

Chitose sedang memberi makan ikayakinya kepada Mahiru, saat dia melihatnya dengan penuh minat. Jika mereka berdua, yang sama-sama menggemaskan dan ramah, saling bercanda ria, sudan pasti pandangan mata orang-orang yang lewat akan tertarik ke arah mereka. Mahiru hanya tersenyum tipis, mungkin karena menurutnya itu enak, dan Amane melihat seorang pria mendesah terpesona, jadi itu pasti sangat indah.

“Mereka berdua terlihat sangat lucu ketika bersama,” kata Itsuki.

“Mereka imut, tapi mereka menggoda satu sama lain, bukan dengan kita,” jawab Amane.

“Kenapa kamu malah cemburu?”

“Aku tidak cemburu ketika para gadis tampak dekat satu sama lain.”

“Ucapan yang bagus, bung. Sekarang mari kita duduk dan menonton. Kurasa ini bisa menyegarkan mata.” Itsuki melanjutkan, “Melihat gadis-gadis cantik bermain satu sama lain sungguh menyenangkan,” walaupun ucapannya terdengar sedikit vulgar, tapi Amane bisa mengerti bagaimana perasaannya.

Amane merasa seperti dirinya akan dianggap sebagai orang cabul jika menyetujuinya dengan keras, jadi ia menelan kata-katanya, dan saat melihat mereka berdua tertawa satu sama lain seperti teman dekat, Amane mendengar suara dari dekat.

“Hah? Jangan-jangan itu Shiina-san?”

Ketika dirinya berbalik, Amane melihat beberapa teman laki-laki sekelasnya melihat ke arah mereka. Mereka mengenakan topeng dari kios dan memegang bungkus permen kapas di tangan mereka, keadaan itu menunjukkan kalau mereka menikmati festival.

Yang pertama merespon adalah Itsuki, yang mendekati mereka dengan senyum ramah dan segar serta lambaian tangannya, seperti biasa.

“Oh, kalian datang ke festival juga?”

“Shirakawa-san ada di sini, begitu juga Itsuki. Itu berarti Fujimiya juga ada di sini.”

“Sebelah sini.”

Amane mengangkat tangannya dengan ringan, meski ia tidak melambaikannya seperti yang dilakukan Itsuki, dan gumaman pecah di antara kelompok itu.

“Eh? Pakai yukata?”

“Memangnya ada yang salah dengan yukata?”

Amane tersenyum kecut mendengar suara cowok itu, yang menyampaikan keterkejutannya.

“Tidak, aku hanya berpikir itu sangat cocok untukmu…”

“Aku hanya memakainya secara normal, kau tahu.”

Kecuali fakta bahwa mereka mengenakan yukata, mereka tidak melakukan sesuatu yang istimewa, dan bertingkah normal. Tapi dari sudut pandang orang lain, memakai yukata sepertinya memberikan atmosfir yang agak spesial.

Mereka menatapnya dengan wajah serius, dan Amane merasakan sensasi geli dan tidak nyaman yang tak terlukiskan. Wajahnya berubah cemberut, tapi ia santai saat melihat Mahiru berjalan ke arahnya secara alami.

“Oh. Sudah lama enggak bertemu… atau mungkin belum, tapi aku belum pernah melihatmu sejak upacara penutupan. Aku senang kalian semua terlihat baik-baik saja.”

“Oh… Shiina-san dengan yukata…”

"Shiina-san, kamu terlihat sangat bagus dalam balutan yukata.”

“Terima kasih, aku senang kamu mengatakannya.”

Mungkin dia hanya merasa malu dengan pujian yang diberikan oleh Amane, karena Mahiru menerima pujian mereka dengan senyum yang indah namun sopan.

“Apa kamu memakainya sendiri?"

“Ya. Walaupun yukatanya disiapkan oleh ibu Amane-kun, sih…”

“Kamu tidak perlu khawatir tentang yukata. Ibu akan melakukan apa saja untuk membuatmu bahagia, Mahiru, secara relatif.”

Kemungkinan besar, dia juga akan mempersiapkan kimono tahun depan. Keluarga Amane memiliki sejumlah kimono di rumah, dan ada lebih banyak lagi di rumah kakek nenek dari pihak ibunya, jadi Amane yakin dia akan senang menemukannya.

Adapun Amane, dirinya hanya bisa berharap untuk melihat pacarnya dalam balutan kimono lain tahun depan.

“Tapi ... aku merasa tidak enak karenanya.”

“Kamu tidak perlu khawatir. Rumah kami adalah rumahmu juga sekarang, Mahiru.”

Orang tuanya sendiri yang mengatakan kepada Mahiru bahwa dia bisa menganggapnya sebagai rumah keluarganya, dan yang ada justru dia selalu diterima, jadi sangat disayangkan jika Mahiru merasa sungkan. Amane mengawasi mereka dengan perasaan bahagia yang lembut saat Mahiru, merasakan ini, menganggukkan kepalanya dan mencengkeram dadanya sebelum melirik kembali ke teman sekelas yang telah berbicara dengannya.

Amane tiba-tiba teringat bahwa salah satu anak laki-laki di depannya adalah orang yang mencoba menghalangi mereka selama festival olahraga, tapi itu tidak masalah. Tidak peduli apa yang mereka coba lakukan, mereka hanyalah orang asing bagi Mahiru. Tidak ada ruang bagi mereka untuk ikut campur. Amane merasa tidak enak dengan perasaan superioritasnya atas teman sekelasnya itu. Amane tersenyum kecut pada dirinya sendiri, bertanya-tanya apakah itu membuatnya menjadi orang jahat, tapi dirinya masih tidak berniat menyerah.

“Kalau begitu, aku tidak ingin mengganggumu saat kalian sedang bersenang-senang, tapi ayo pergi.”

Sambil dengan santai menarik pinggul Mahiru lebih dekat, Amane menoleh ke arah mereka dengan senyumnya sendiri. Mahiru tampak terkejut, tetapi rasa malunya diwarnai dengan kegembiraan yang pasti, dan dia menempel pada Amane sendiri.

“Ya. Lalu, sampai jumpa setelah liburan musim panas.”

“Ah, y-ya. Sampai jumpa lagi.”

Setelah Mahiru mengatakan itu sambil tersenyum, teman sekelas mereka tidak bisa mengejarnya lebih jauh, jadi mereka melihat Amane dan yang lainnya pergi dengan ekspresi tak terlukiskan terpampang di tampang mereka.

Saat mereka mulai berjalan menjauh dari mereka, menuju jalan yang dipenuhi kios lagi, Itsuki berdiri di seberang jalan dari Mahiru dan mendekatkan wajahnya sedikit ke Amane.

“Amane, kamu sengaja melakukannya, ‘kan?”

Itsuki bertanya dengan suara pelan, mungkin mencoba supaya tidak kedengaran oleh Mahiru di tengah hiruk pikuk musik festival.

“Apa yang kamu bicarakan?”

“Jangan berpura-pura, deh... kamu sengaja memperjelas posisimu, dan membahas urusan rumah orang tuamu segala.”

Itsuki adalah orang yang peka dan intuitif. Ia tampaknya memiliki pemahaman yang baik tentang tekad dan desakan Amane sendiri.

“Yah, entahlah?”

“… Kamu benar-benar sudah menjadi tangguh, ya?”

Dirinya tidak tahu apakah itu penghinaan atau pujian, jadi Amane memutuskan untuk menganggapnya sebagai pujian dan tersenyum penuh arti.

 

   

 

“Selanjutnya ayo makan es serut!”

Mereka berempat kembali berjalan-jalan, tapi pernyataan Chitose membuat mereka berhenti lagi. Mereka sudah melewati warung es serut. Mungkin ada satu lagi yang lebih jauh, tetapi mereka tidak tahu di mana itu, jadi akan lebih cepat bagi mereka untuk mundur sedikit. Daripada merasa merepotkan, Amane justru lebih merasa bingung bagaimana dia masih bisa makan.

“Seriusan, kamu itu mempunyai perut seperti apa, sih…?”

“Perut yang seperti perutku~”

Chitose menepuk perutnya, tapi itu hanya menunjukkan bahwa dia kurus seperti Mahiru. Mengejutkan bahwa perutnya bisa menampung begitu banyak yakisoba, karaage, dan ikayaki. Kemana perginya semua makanan yang dia makan tadi…? Amane menatap perutnya dengan wajah datar, dan Mahiru tersenyum kecut, seolah-olah dia memikirkan hal yang sama.

“Kamu tidak pernah menjadi gemuk, ‘kan, Chitose-san? Kamu kelihatan sangat kurus, aku jadi merasa iri padamu.”

“Chitose cukup sehat meski mempunyai badan yang kurus. Menurutku leebih di sisi kencang, sih. ”Amane menimpali.

“Hehe, terus puji aku~”

“Chi sangat kurus… terutama saat aku menggendongnya.”

Karena Itsuki sering begitu dekat dengan Chitose, dia pasti sangat menyadari kerampingannya. Dia tidak terlalu gemuk, tetapi dia memiliki tubuh sedang dan tinggi sedang. Namun saat mereka berdekatan, badan ramping Chitose cenderung menonjol. Namun, upaya Chitose dapat dilihat dari fakta bahwa dia mempertahankan fisik yang indah dengan sedikit otot sambil menghindari kegemukan.

“Dia makan banyak, tapi berat badannya tidak banyak bertambah.”

“Dia memiliki metabolisme yang baik.”

“Yah, dia sepertinya tidak akan menambah berat badan karena konstitusinya. Dan itulah mengapa semua daging itu juga tidak masuk ke bagian lain dari tubuhnya.”

“… Ikkun, ayo ke sini ngobrol sebentar.”

Itsuki langsung menyadari kalau dirinya sudah menginjak ranjau darat, kemungkinan besar karena Chitose mengangkat suaranya tanpa infleksi dengan wajah tersenyum. Bahkan, Amane mengira dia lebih marah karena Itsuki adalah pacarnya.

“Aku minta maaf; Aku hanya bercanda, jadi tolong berhenti menendang tulang keringku.”

“Aku tahu kamu terus mengatakan itu, tetapi kamu tidak perlu mengatakan sepatah kata pun, kamu tahu? Mari kita mengobrol sebentar di sana.”

“Jika burung tidak berkicau, mereka tidak akan tertembak.”

“Kamu bilang apaan tadi?”

“Bukan apa-apa.”

Amane tidak ingin mengipasi masalah, jadi ia segera menyangkalnya dan sengaja tersenyum pada Mahiru, yang berdiri di belakangnya merasa bermasalah, untuk mendapatkan permintaan bantuannya.

“Yang mana yang kamu suka?”

“Erm... yang rasa susu strawberry?”

“Oke. Ayo membelinya, kalau begitu. Chitose, aku akan membeli es serut dulu, jadi silakan mengobrol sepuasnya di sana!”

“Yeeee~”

 

   

 

Ketika mereka kembali setelah membeli es serut, ceramah Chitose masih belum selesai.

Amane mengernyitkan bahunya saat melihat mereka di kejauhan, berdiskusi dengan damai agak jauh dari jalan, dan kemudian menatap Mahiru, yang tersenyum pahit saat dia berpegangan pada lengan Amane.

“Mereka masih melakukannya, ya.”

“Mereka terlihat dekat sekali, ‘kan?”

“Yah, mereka bermesraan dengan cara mereka sendiri. Tapi Chitose terlihat sedikit marah padanya.”

“Ahaha…”

Amane tahu kalau dia tidak benar-benar marah, jadi Amane tidak menghentikannya, dan malah menyerahkan cangkir es serut yang dia pegang ke Mahiru.

“Ini, Mahiru.”

“Terima kasih. Rasa yang kamu pilih… agak jadul.”

“Aku sangat menginginkan rasa matcha, tetapi aku tidak dapat menemukannya di warung.”

Amane memilih rasa teh hijau matcha. Jika tersedia, ia akan memilih versi yang atasnya dengan pasta kacang merah, tapi agak sulit untuk meminta pasta kacang merah dan putih dari kios festival.

“Jadi kamu juga bisa makan yang manis-manis seperti ini. Kamu tidak terlalu sering memakannya, bukan?

“Aku bukannya tidak suka makanan manis, mereka bukan seleraku. Aku suka pasta kacang merah, terutama yang digiling.”

Amane tidak menikmati makanan manis atas keinginannya sendiri, tapi Amane memakannya saat ditawarkan oleh orang lain. Satu-satunya pengecualian untuk itu adalah custard. Tetapi karena ia tidak makan banyak, sulit untuk membayangkan bahwa ia menyukai hal-hal yang manis.

Amane menyukai pasta kacang merah karena rasanya sangat cocok dengan matcha dan teh hijau. Rasa manis dan pahit saling melengkapi dengan sangat baik, jadi ia lumayan menikmatinya.

“Jadi begitu… menurutku membuat pasta kacang merah itu tidak mudah, pasti butuh banyak usaha untuk menyiapkannya.”

“Mahiru, rasanya sungguh luar biasa karena kamu langsung mulai berpikir tentang cara memasak pasta dari awal. Kamu bisa menggunakan yang ada di pasaran … ”

Biasanya, seseorang tidak ingin memulai dengan menyiapkan kacang sendiri. Ada paket instan yang sudah disiapkan sebelumnya yang tersedia untuk dibeli, dan mengingat waktu dan tenaga yang dibutuhkan, kebanyakan orang akan memilih untuk membelinya.

Namun, bagi Mahiru, membuatnya di rumah sepertinya menjadi prioritas.

“Aku berpikir bahwa aku ingin memberi makan orang yang aku cintai dengan makanan enak. Dengan produk instan, kamu tidak dapat menyesuaikan rasa manis sebanyak yang aku inginkan, dan banyak dari produk tersebut tidak mempertahankan tekstur biji-bijiannya.”

Mahiru tersenyum padanya seakan menyiratkan jika Amane akan memakannya, dia ingin dia berpikir rasanya enak. Amane merasa kasihan padanya, tapi juga tersentuh dengan ketekunannya. Dirinya merasa sangat dicintai.

“… Kalau begitu aku ingin puding matcha dengan pasta kacang merah. Dan makanan penutup yang dibuat dengan itu.”

“Fufu. Ya~ Serahkan saja padaku.”

Mahiru menanggapinya begitu, tapi itu tidak berlebihan. Amane dipenuhi dengan rasa malu yang tak terkatakan, jadi untuk menyembunyikannya, ia mulai memakan esnya.

“Puding matcha~? Kedengarannya enak!”

Saat mereka berdua sedang makan es serut, Chitose menghampiri dan berteriak iri. Sepertinya, saat dia berbicara dengan Itsuki dengan cara yang ramah, dia juga memperhatikan pembicaraan mereka.

“Apa hukuman Itsuki sudah berakhir?”

“Tentu saja. Dasar pria yang kurang ajar~”

Jawab Chitose dengan mengacungkan jempol. Amane dan Mahiru tertawa getir pada saat yang sama dan melihat ke arah dimana seharusnya Itsuki berada... tapi mereka tidak melihat siapapun.

“Lah, Itsuki kemana?”

“Ikkun pergi membeli es serut dan pisang cokelat.”

“Kamu masih belum kenyang juga…”

“Ia harus kembali padaku, sebagaimana mestinya!”

Chitose berkata begitu dan memalingkan muka darinya. Meskipun ia sedikit mengkhawatirkan dompet Itsuki, itu adalah kesalahannya sendiri, dan Amane tidak bersimpati padanya.

Itsuki telah menyinggung Chitose berkali-kali, namun ia sama sekali tidak pernah kapok. Namun, seperti halnya kontak fisik atau komunikasi, ini bisa menjadi cara mereka berkomunikasi. Namun, tidak disarankan untuk berkomunikasi dengan cara yang akan memprovokasi orang lain. Apalagi dalam hal ini, Chitose masih sedikit cemberut, seolah masih marah.

“Bukannya aku ingin sekecil ini~ Lagi pula, laki-laki menyukai ukuran sebesar Mahirun, ‘kan~”

“J-Jangan katakan seperti itu…”

Mahiru segera menutupi dadanya. Dibandingkan dengan Chitose, aset Mahiru lebih banyak berisi dan cukup besar. Ukurannya sudah pasti di atas rata-rata, tapi jika Chitose terlalu mengungkitnya, itu akan membuat Mahiru merasa malu, jadi Amane selalu berusaha untuk tidak melihat bagian itu.

“Aku tidak cemburu padamu, hanya sedikit iri. Kamu cantik dan memiliki tubuh yang bagus, kamu pandai dalam olahraga, membaca, dan pekerjaan rumah tangga, dan kamu gadis yang sangat baik. …Kamu adalah wanita yang ideal untuk pria mana pun.”

“Mana ada hal yang seperti itu…”

“Tapi memang begitu kenyataannya ~ Jika Daiki-san melihatmu, Mahirun, dia akan memberi tahu Ikkun bahwa pacarnya harus perempuan sepertimu.”

Amane mendengar hal ini, dan melihat senyumnya yang layu, ia menebak alasan mengapa Chitose datang menemuinya dan Mahiru sendirian di awal hari.

“Apa Daiki-san mengatakan sesuatu padamu?”

“Hm, tidak juga. Hanya saja matanya tidak ramah.”

Daiki adalah ayah Itsuki. Ia tidak menyetujui hubungan Itsuki yang berpacaran dengan Chitose.

Saat Amane berkunjung ke rumah Itsuki, ia sempat berbincang dengan ayahnya. Ayah Itsuki sepertinya tidak menyukai kepribadian Chitose, dan menginginkan Itsuki memilih wanita yang baik sebagai pasangannya. Beliau berpikir kalau Chitose bukan wanita yang tepat untuknya. Daripada tidak menyukai Chitose sendiri, Ayah Itsuki percaya bahwa putranya harus memilih gadis yang berbeda.

“Daiki-san tidak membencimu.”

“Tapi jika kamu menunjukkan Mahirun ke Daiki-san, ia pasti akan memilihnya.”

“I-Itu benar…”

Chitose memiliki pesonanya sendiri, beberapa di antaranya bahkan tidak dimiliki oleh Mahiru. Dia adalah gadis cerdas sekaligus ramah yang memahami tempatnya dan dapat membaca suasana dengan baik. Meskipun dia kadang-kadang berbicara di luar karakter dengan sengaja, dia mempunyai sifat sedikit dewasa yang kadang-kadang melihat sesuatu dari sudut pandang orang luar, menjadikannya seseorang yang takkan pernah terlalu berhati-hati.

Setelah memahami kedua aspek Chitose tersebut, orang akan tahu bahwa dia bukan hanya sekedar orang yang penuh senyuman. Namun, dia bukan tipe orang yang dicari Daiki. Dia menginginkan seorang Yamato Nadeshiko, seperti Mahiru, seorang gadis yang mewujudkan nilai-nilai perempuan tradisional Jepang, dan Chitose tidak cocok dengan gambaran itu. Bukan karena Chitose adalah gadis yang nakal, atau dia telah melakukan kesalahan. Itu hanya karena Chitose tidak cocok dengan kesukaannya dan tidak memenuhi standarnya. Fakta bahwa Daiki tidak menyukainya tampaknya mengganggu Chitose, dan dia menghela napas dalam-dalam.

“Tapi menjadi seperti Mahirun… adalah sesuatu yang tidak bisa kulakukan. Meskipun Ikkun mengatakan kepadaku untuk jangan memedulikannya, aku masih ingin menjadi menantu perempuannya di masa depan jika bisa. Tentu saja, aku ingin menjalin hubungan yang sukses.”

“… Ini benar-benar sulit dan bukan masalah yang bisa diselesaikan dengan segera.”

“Yah, itu pasti akan memakan waktu beberapa tahun. Aku akan mencoba yang terbaik, tetapi sulit untuk melakukan apa pun. Lagipula, masalah kecocokan itu masih ada.”

“Kalau saja aku bisa direstui seperti kalian berdua, rasanya pasti begitu indahnya.” imbuh Chitose, dengan senyum bermasalah, saat dia menempel di dekat Mahiru dan memintanya untuk berbagi es serutnya.

Amane tidak tahu harus berkata apa padanya, dan Mahiru sepertinya tidak tahu bagaimana harus bereaksi dengan benar, jadi dia membelai Chitose dengan lembut. Chitose pun menempel padanya dan terus meminta es serut lagi. Ketika mereka melakukan itu, sosok Itsuki muncul di celah antara kerumunan, memegang makanan yang diminta Chitose dengan kedua tangannya dan berjalan ke arah mereka.

“Aku tidak tertekan tentang itu, jadi tolong jangan beri tahu Ikkun.”

Sebelum Itsuki kembali, Chitose menyatakan hal itu kepada Amane dan Mahiru, lalu, dengan senyumnya yang biasa, dia berjalan menuju Itsuki. Melihat keadaannya yang seperti itu, Amane dan Mahiru tidak tahu harus berkata apa; mereka hanya bisa menatapnya dengan ekspresi yang tak terlukiskan.

 

   

 

Setelah menyelsaikan tugas mendapatkan makanan untuk Chitose, Itsuki akhirnya kembali menemui mereka bertiga. Dan begitu mereka selesai makan makanan yang mereka beli, mereka lanjut berjalan-jalan dengan orang banyak, melihat ke semua kios.

“Astagaaa, di sana sangat ramai banget,” seru Itsuki.

“Pasti karena ini satu-satunya festival di daerah ini. Skalanya cukup besar, dan ada banyak kios. Tidak heran kita bisa bertemu dengan teman sekelas kita.” Jawab Amane.

“Yah, walaupun secara praktis kamu sudah mengusir mereka,” tambah Itsuki sambil tersenyum.

Amane sadar betul kalau ia sebenarnya telah mengusir mereka, tapi ia tidak berkomentar apa-apa dan mengangkat bahunya. Mahiru sedang mendengarkan, tapi matanya terbuka lebar, dan dia terlihat seperti tidak mengerti. Sepertinya, Mahiru masih belum memahami apa yang dimaksud dengan mengusir mereka.

Ketimbang tidak memperhatikan, Mahiru sama sekali tidak memberi perhatian orang-orang itu. Ada sedikit perasaan superior melintas di hati Amane saat ia memikirkannya.

(Aku tidak ingin Mahiru melihat siapa pun... Jadi ini yang mereka sebut keinginan untuk memonopoli seseorang untuk dirimu sendiri.)

Dari cara Mahiru berperilaku di sekolah, para siswa seharusnya tahu bahwa perhatian Mahiru hanya tertuju pada Amane. Tapi sepertinya anak laki-laki itu masih tidak bisa menyerah. Namun, bukan berarti Amane tidak bisa memahami perasaan mereka.

Mahiru merupakan gadis lugu dan menggemaskan, tipe gadis yang menjadi idaman pria. Sulit bagi orang-orang itu untuk diyakinkan bahwa gadis seperti itu ada di dekatnya namun dibawa pergi oleh seorang pria yang datang entah dari mana. Namun, cara Mahiru memperlakukan Amane sangat berbeda dari caranya memperlakukan orang lain sehingga Amane berharap setidaknya mereka bisa memahami fakta itu.

(… Dia sangat mencintaiku.)

Secara alami, Amane memahaminya dengan sangat baik, tetapi akhir-akhir ini, ia semakin menyadari fakta bahwa dirinya sangat dihargai dan disayang oleh Mahiru. Amane berpikir bahwa perasaannya pada Mahiru tidak akan kalah dengannya. Namun, ketika berpikir dirinya sangat dicintai begini, Amane masih merasa malu tapi bangga, dan sedikit geli.

“… Amane, kamu sangat menyayangi Mahirun. Itu tertulis di seluruh wajahmu.”

“Hah?”

“Kamu  juga jauh lebih ramah dari sebelumnya. Dan sekarang ekspresi dan matamu sangat lembut… jadi, yah, agak sulit untuk mengatakannya, tapi kamu benar-benar menjadi manja.”

“…Kupikir aku menjadi lebih penyayang, tapi aku tidak berpikir kalau aku menjadi manja.”

Jika perubahan Amane mengacu pada sikap dan cara bicaranya, itu bisa dimengerti. Tapi, jika dibilang tatapan mata dan ekspresinya terlihat begitu manja, Amane tidak bisa mengatakan kalau ia memahaminya. Amane tahu bahwa dia adalah orang yang jarang tersenyum, dan bahkan menyebut dirinya penyendiri. Jika orang lain mengatakan bahwa dirinya terlihat manja, ia akan kebingungan.

“Mahiru, apa aku benar-benar terlihat manja begitu?”

“Eh? Y-Yah, erm… Ya, benar.”

“Kamu pikir begitu? Meski demikiran, aku penasaran apa kamu bisa mengetahuinya hanya dari mata seseorang. ”

“Aku akan memotretnya lain kali, jadi bersiaplah untuk menggeliat dan mengerang kesakitan.”

“Kamu akan terkejut,” katanya, dan Amane berpikir bahwa akan lebih baik untuk tidak terlalu memanjakan Mahiru di depan orang lain. Namun, dirinya tidak yakin ia bisa menahan diri di hadapan kelucuannya yang tidak pernah berhenti.

Pipi Mahiru memerah saat melirik ke arahnya. Untuk saat ini, Amane membelai pipinya dengan jari-jarinya dan memutuskan untuk memberikan sedikit kekuatan pada otot-otot wajahnya.

“… Namun, tidak ada gunanya bagimu untuk mengencangkan wajahmu sekarang.”

“Jangan cerewet.”

“Aku yakin Mahirun lebih suka kamu sedikit manja.”

“Eh? I-Itu... erm, tidak peduli seperti apa Amane-kun itu, aku akan menyukainya. Tak peduli apa itu terlihat tajam dan teguh, manis, atau menunjukkan ekspresi seksi…”

“Oh~? Kamu telah melihat ekspresi seksinya~”

Chitose mencibir dan menatap Amane, tapi ia tidak melakukan kesalahan apapun. Meski dirinya tidak panik, tapi Amane memasang ekspresi cemberut di wajahnya. Sudah dua bulan sejak Amane dan Mahiru mulai berpacaran. Mereka sudah lama mencapai tahap ciuman, tapi hubungan mereka belum melangkah ke tangga selanjutnya.

Amane tidak ingin melangkah lebih jauh ketika mereka baru saja berpacaran untuk waktu yang singkat. Itu akan membuat mereka merasa seolah-olah mereka hanya berpacaran demi mengincar tubuh satu sama lain saja. Selain itu juga, melangkah ke tahap itu akan menjadi beban besar bagi Mahiru, jadi Amane tidak bisa melakukannya begitu saja. Jika Mahiru benar-benar menginginkannya, Amane tidak takut untuk mempertimbangkannya, tapi dari suasana saat ini di antara mereka, mereka seharusnya belum memiliki hubungan seperti itu.

“Itu bukan seperti yang kamu bayangkan.”

“Kamu benar-benar disiplin untuk bisa mengatakan hal-hal seperti itu dengan wajah lurus. Mungkin aku harus menyebutnya cinta murni?”

“Tapi kalian masih berciuman, kan?”

“… Itu tidak ada hubungannya dengan kalian.”

Amane meraih tangan Mahiru lagi dan dengan lembut meremasnya beberapa kali untuk menunjukkan ketidaksetujuannya. Amane tidak bisa mengeluh, karena Mahiru mungkin mengatakannya saat melakukan pembicaraan antar gadis, tapi ketika ditunjukkan seperti ini, itu membuatnya merasa malu.

“Kalian berdua sangat polos. Kupikir Amane terlalu pengecut.”

Chitose menyuarakan perasaannya dengan penuh emosi. Amane mendengarkan dan mengerutkan kening.

“… Itu tidak masalah. Kami memiliki tempo kami sendiri.”

“Yah, syukurlah kalau memang begitu. Tetapi jika kamu membuat seorang gadis menunggu terlalu lama, dia juga akan cemas. Kamu harus menghindari itu.”

“Chi-Chitose-san…”

“Mahirun, kupikir kamu juga harus berterus terang. Misalnya, jika Amane tidak menciummu, ketimbang curhat denganku, kamu harus—”

Aaahhhhhhhh—! Jangan! Kamu tidak boleh berbicara tentang itu!”

Mahiru langsung kelihatan panik dan berusaha menutup mulut Chitose. Kelopak mata Amane melebar karena terkejut. Chitose menghindari Mahiru dan menatapnya dengan tatapan penuh perhatian. Tidak peduli seberapa atletis Mahiru, Chitose lebih baik dalam olahraga ketimbang dirinya, dan dia juga mengenakan pakaian dengan gaya yang berbeda dari Mahiru; Pakaian Chitose sudah lengkap dengan celana, jadi Mahiru tidak bisa mengejarnya.

“Hehe, Mahirun jadi malu-malu, tapi aku melakukannya karena menurutku kamu manis. Tapi aku benar-benar takjub melihat betapa pemalunya dirimu, Amane.”

“…Ji-Jika kamu mengatakannya lagi, aku tidak akan membantumu menyelesaikan PR musim panasmu, Chitose-san.”

“Itu sih membuatku jadi dilema. Izinkan aku menutup mulutku.”

Menanggapi ancaman lucu Mahiru, Chitose tertawa lebih keras dan membuat gerakan cepat dengan satu tangan di depan mulutnya.

Seluruh tubuh Mahiru gemetaran karena malu, dan Amane hanya bisa menatap sosoknya. Begitu dia melihat pandangan mata Amane, Mahiru semakin tersipu dan mencoba melarikan diri, tetapi Amane menghentikannya. Ia membawa Mahiru ke dalam pelukannya dan dengan lembut menepuk punggungnya untuk menenangkannya.

“Kamu akan mendapat masalah jika berpisah, dan kamu akan ditabrak. Jangan tinggalkan sisiku.”

“…Uuu~”

“Aku takkan melihatmu sekarang, oke?”

Mata Amane tidak menatap langsung ke arah Mahiru, tapi ia bisa merasakannya gemetar karena malu di pelukannya. Amane dengan sabar membujuknya, jadi Mahiru juga berusaha menenangkan diri dan perlahan mengayunkan tubuhnya dari dalam pelukannya.

Dia manis sekali kalau jujur seperti ini, pikir Amane. Baik Itsuki dan Chitose memandangnya dengan mata tak berdaya.

“Ekspresimu benar-benar manja.”

“Dan itu dilakukan tanpa disadari juga. Entah kenapa rasanya jadi menyebalkan~”

Ituski dan Chitose sama-sama menimpali. Pipi Amane berkedut kaku saat mereka berdua mulai bertingkah sembunyi-sembunyi dengan cara yang jenaka, dengan sengaja mengatakan cukup keras sehingga Amane bisa mendengarnya. Namun, karena ia masih merangkul Mahiru di tangannya, ia tidak bisa menghentikan mereka, jadi Amane hanya bisa menunjukkan ketidaksenangannya di wajahnya.

 

   

 

Setelah menjelajahi semua kios, Chitose mengelus perutnya dengan puas dan senyum lebar di wajahnya, “Fiuh, rasanya sangat memuaskan sekali~” Perutnya hanya tampak sedikit lebih besar daripada sebelum dia berkeliling di sekitar kios, tapi dia masih sangat kurus. Amane tidak tahu apakah harus khawatir atau mengagumi berapa banyak yang bisa dia makan.

“Setelah melahap banyak makanan, di mana kamu memasukkan semuanya …?”

“Mmfh, makanan di festival terasa berbeda.”

“Yah, tidak apa-apa jika kamu puas … tapi berhati-hatilah untuk tidak makan terlalu banyak.”

“Aku biasanya tidak makan sebanyak ini. Aku terus menjaga badanku~”

Nyatanya, bentuk tubuh Chitose selalu sangat langsing, jadi jika dia mengatakannya, Amane harus mempercayainya. Namun, dirinya masih berpikir bahwa Chitose benar-benar makan terlalu banyak. Tetapi karena orang tersebut tidak memiliki masalah dengan itu, jadi ia tidak berkomentar apa-apa lagi.

“Ngomong-ngomong, Amane, apa kamu sudah cukup makan? Aku merasa seperti kamu tidak makan sama sekali.”

“Yah… aku akan makan lagi saat aku pulang. Mahiru sudah menyiapkan kaldu dan mendinginkannya, jadi kupikir aku akan menggunakannya dengan nasi dingin untuk membuat chazuke.”

“Apa-apaan itu? Kedengarannya enak.”

“Jadi kamu masih punya nafsu untuk makan lagi…”

Meskipun makan makanan dari kios festival juga enak, Amane tetap memilih untuk mengakhiri hari dengan masakan Mahiru, dan berencana menggunakan persediaannya untuk membuat chazuke. Jadi ia tidak berniat makan banyak di festival. Namun, Amane tidak menyangka kalau Chitose masih memiliki nafsu makan seperti itu.

“Tolong tunggu sampai waktu berikutnya.” Chitose masih terlihat seperti belum kenyang, jadi Mahiru tersenyum pahit dan berkata begitu.

Dari apa yang sudah mereka lalui hari ini, Chitose sudah mencoba makan yakisoba, karaage, sosis, salah satu takoyaki Mahiru, pisang coklat, dan sebagai tambahan, beberapa es serut. Itu sudah cukup untuk membuat seorang anak laki-laki benar-benar kenyang. Oleh karena itu, Mahiru mengatakannya demi perut Chitose.

Kemana perginya semua makanan itu? Amane melihat pinggang ramping Chitose dan dibuat penasaran. Chitose yang menyadari tatapannya, langsung berkata, “Hyaannn—! Dasar cabul~” dengan bercanda dan menggeliatkan tubuhnya, jadi Amane menatapnya dengan dingin.

“Yah, kita hanya perlu mengawasi berapa banyak yang bisa diambil perutmu.”

“Wow, kamu sangat acuh banget.”

“Apa yang harus kita lakukan sekarang? Mau pulang sekarang?”

Mereka hampir selesai berjalan-jalan, dan suasana di sekitar sudah menjadi gelap gulita, meskipun matahari terbenam lambat selama musim panas. Waktu sekarang sudah menunjukkan hampir pukul 8:30 malam. Amane dan Mahiru tinggal jauh dari tempat festival, jadi mungkin sudah waktunya bagi mereka untuk pulang, mengingat waktu perjalanan.

Hal yang sama juga berlaku untuk Chitose. Meskipun dia bersama Itsuki, tidak bagus baginya untuk tetap berada di luar terlalu larut.

“Hmm, aku tidak keberatan pulang, tapi aku tinggal di tempat Mahirun, oke?”

“Hah?”

“Aku membawa koperku ke rumah Mahirun sebelumnya, dan aku sudah diberi izin, tahu~?”

Chitose tersenyum pada Mahiru dan berseru, “Iya, ‘kan~?”, dan Mahiru mengangguk dengan senyum pahit sebagai jawaban. Meskipun itu adalah senyum pahit, ekspresinya bukanlah penolakan, karena itu Amane tidak terlalu khawatir. Tetapi jika memungkinkan, dia lebih suka mereka mengatakan kepada dirinya dulu. Karena Amane yang membeli bahan, sekarang jumlahnya ada 3 orang, jadi ia harus membeli cukup untuk tiga orang.

Saat Chitose menyeringai, Itsuki tampak menyesal, berkata, “Aku juga harus meminta untuk menginap di rumah Amane.” Amane merasa kasihan kepadanya karena ia pulang sendirian, tapi karena Itsuki tidak punya baju ganti, jadi ia hanya bisa pasrah.

“… Yah, jika Mahiru tidak keberatan, kurasa tidak apa-apa.”

“Oya, apa ini, Amane-kun? Apakah kamu sedang dalam suasana hati yang buruk sekarang karena Mahirun telah dicuri darimu?”

“Kenapa aku harus cemburu pada seorang gadis? Aku sudah tahu Mahiru milikku, jadi tidak masalah.”

Amane tidak cemburu dengan keterikatan konstan Chitose dengan Mahiru. Jika ia harus mengatakannya, dirinya lebih cemburu pada kenyataan bahwa Chitose bisa datang dan pergi dari rumah Mahiru sesuka hatinya karena mereka berdua sama-sama perempuan.

Walaupun Mahiru sudah berjanji untuk membiarkan Amane tinggal di rumahnya, itu adalah sesuatu yang harus diberanikan diri. Jadi Amane sedikit iri pada Chitose, yang bisa masuk kapan pun dia mau. Karena itu, Amane mengangkat bahunya dan berkata, “Aku tidak cemburu pada Chitose sekarang,” tapi Mahiru tersipu dan mulai melarikan diri.

“… Chitose-san, lihat, inilah yang kumaksud. Amane-kun bertingkah seperti ini akhir-akhir ini…”

“Begitu ya~ Sepertinya kamu juga mengalami kesulitan, Mahirun.”

“Apa-apaan dengan ekspresi kalian itu?”

“Bukan apa-apa~”

“Benar banget ya, Mahirun?” Dengan senyum nakal Chitose, yang benar-benar berbeda dari yang dia tujukan pada Mahiru, Mahiru mengangguk diam-diam dan menempel di dekatnya, sambil menatap Amane dengan malu-malu.

 

 

“Amane~ Ayo mampir kemari dan bermain~”

“Sekarang sudah waktunya tidur, jadi ada apa…”

Setelah kembali dari festival, karena Chitose pergi ke rumah Mahiru untuk menginap, Amane menghabiskan sisa malamnya di rumah sendirian.

Tapi saat hendak tidur, Chitose memulai panggilan video, dan ia mengerutkan kening. Bukannya ia tidak ingin berbicara dengannya, tetapi Amane baru saja akan tidur dan terganggu oleh teleponnya. Walaupun merasa sedikit kesal, tapi bukannya berarti dirinya sudah sangat mengantuk.

Wajah Chitose sangat dekat dengan kamera, dan sudut mulutnya terangkat, tersenyum puas. Amane segera melakukan sebaliknya, menjauhkan ponselnya dan menyimpannya di bantalnya.

“Asal kamu tahu saja … aku baru saja akan tidur, tau.”

“Yah, aku tahu itu. Kamu berpakaian seolah-olah sudah siap untuk tidur.”

“Sekarang setelah kamu tahu, aku bisa menutup telepon sekarang, ‘kan?”

“Jangan dulu~… setidaknya tunggu sampai Mahirun kembali…”

“Ngomong-ngomong soal dia, apa yang sedang dilakukan Mahiru?”

“Dia sedang mandi ~ Dia tidak akan mandi denganku hari ini.”

Chitose mengatakannya dengan tatapan menyesal. Tapi pilihan Mahiru tepat.

Jika dia mandi dengan Chitose, dia tidak akan bisa bersantai, jadi lebih baik dia mandi sendiri.

“Mahirun sedikit murung sejak dia sadar dia belum sempat mengucapkan selamat malam padamu. Itu sebabnya aku menyeretmu seperti ini~ jadi jangan tutup dulu.”

“… Mana mungkin aku menutup telepon sekarang setelah kamu mengatakan itu.”

“Maksudmu jika aku tidak mengatakannya, kamu akan menutup telepon? Dasar cowok yang kasar~”

Chitose tersenyum nakal sesaat, lalu tiba-tiba menarik kembali ekspresinya dan menatap Amane melalui layar. Tampang jahil Chitose saat digoda tadi kini sudah hilang. Ekspresinya tampak tenang dan kalem, bahkan sedikit optimis. Perubahan itu begitu mendadak sehingga Amane bingung.

“Amane, boleh aku bertanya sesuatu?”

“Mau tanya apa?”

Melihat ekspresi Chitose berubah seperti ini, Amane tahu bahwa pertanyaan yang akan dia tanyakan itu serius. Oleh karena itu, Amane tidak menanggapinya dengan sembarangan, melainkan dengan cara yang positif. Tatapan Chitose tertuju padanya.

“Amane, seberapa besar kamu menyukai Mahirun?”

“Seberapa besar…?”

“Kamu sangat menyayanginya, Amane, jadi aku ingin tahu seberapa besar kamu menyukainya.”

Pertanyaannya sangat sulit dijawab, jadi Amane hanya bisa menegangkan wajahnya. Namun, ekspresi Chitose tetap sama.

“…Aku tidak yakin apa itu prasangkaku atau, erm, hanya pandangan umum, tapi berpacaran di sekolah SMA sebagian besar dilihat sebagai hal yang sementara, ‘kan? Seperti mereka tidak menjalin hubungan dengan serius; mereka hanya melakukannya untuk bersenang-senang.

“Apa Daiki-san mengatakan itu padamu?”

“Ya ampun~ Kamu benar-benar peka banget, ya~”

Setelah itu, Chitose menunjukkan ekspresi kurang ajar, tapi kurang antusias, dan dia terlihat lesu.

Dia berbaring di tempat tidur dan mendesah lembut sambil masih memegang ponsel.

“…Aku tidak menganggapnya dengan enteng, seperti semacam permainan atau kesenangan sesaat. Tapi aku selalu bertingkah jenaka dan kurang ajar, jadi mungkin itu sebabnya aku tidak dianggap serius. Jadi itu sebabnya… Aku penasaran seberapa banyak orang yang benar-benar melihat ke depan dan memikirkan masa depan? Itu membuatku penasaran.”

Baru saja, ketika berjalan-jalan di sekitar festival, Amane bisa merasakan masalah Chitose, kemungkinan terkait dengan ketegangan yang dia alami dengan Daiki-san, ayah Itsuki. Ibu Itsuki, di sisi lain, tampaknya sama sekali tidak tertarik, jadi Daiki-san adalah rintangan terakhir yang tersisa di jalan Chitose.

Amane perlahan membuka mulutnya untuk menjawab pertanyaan Chitose.

Jawabannya—bahkan tanpa perlu berpikir, Amane sudah tahu.

“…Mari kita lihat. Sulit untuk mengungkapkan seberapa besar aku menyukainya… tapi, aku akan memastikan bahwa dia tetap di sampingku, selamanya tersenyum.”

Jika ditanya seberapa besar ia menyukainya, Amane tidak bisa mengungkapkannya. Dirinyaa tidak bisa menggambarkannya, dan tidak bisa memberikan contoh yang akurat. Yang dirinya tahu hanyalah, dalam pikirannya, Amane pasti akan membuat Mahiru bahagia. Ia akan menyayanginya selamanya, menjaga senyumnya saat tinggal di sisinya selama sisa hidupnya, itulah yang diinginkan Amane. Hatinya penuh dengan keinginan seperti itu.

“Jadi begitu ya.”

“Apa kamu tidak berpikir begitu, Chitose?”

“Itu tidak benar. Tentu saja, aku pasti akan memastikan Ikkun bisa tersenyum selamanya bersamaku.”

“Nm. Kalau begitu, itu bagus. Jika kamu berkata demikian, maka itulah kebenarannya. Tidak peduli apa kata orang, itu adalah fakta yang tidak akan berubah.”

Amane tersenyum menanggapi balasannya yang sedikit kesal, dan Chitose meringis di sisi lain ponselnya.

“… Kamu telah menjadi orang baik, dan bahkan lebih menjengkelkan,” balas Chitose dengan bercanda.

“Karena aku pacar dari gadis yang begitu cantik, jadi tentu saja aku ingin menjadi pria yang baik.”

“Wow, kamu mengatakan itu dengan mudah… itu sangat membuatku frustrasi…”

Chitose bergumam begitu, dan terdengar sangat tidak puas. Jika mereka berada di ruangan yang sama, dia akan menampar punggungnya… Tidak juga. Sebaliknya, dia tampak agak bahagia. “Mahirun benar-benar dicintai, bukan begitu~?” dia menambahkan, lalu tertawa.

Dan kemudian, dia berbalik.

“Apa yang sedang kamu bicarakan?”

Suara yang akrab datang dari layar dan bertanya. Itu pasti suara Mahiru yang baru selesai mandi. Tampak melalui video tersebut sosok Mahiru yang berdiri di belakang Chitose berbalut daster dengan eksposur minim. Amane baru saja melihat penampilan Chitose dengan piyamanya, jadi meskipun menurutnya itu tidak terlalu meyakinkan, Amane tidak berpikir dia harus menatap wanita dengan piyama. Jadi ia dengan halus mengalihkan pandangannya dan mendengarkan dengan cermat.

Mahiru mendekati Chitose, dan rambut pirangnya bergoyang di sudut layar.

“Hm? Tidak, aku hanya mengatakan bahwa kamu punya pacar yang sangat baik, Mahirun.”

“Apa yang kamu bicarakan dengan Amane-kun?”

“Aku berkonsultasi dengannya untuk nasihat hidup.”

“Nasihat hidup…”

“Ya, ya.”

Chitose menyebutnya begitu, tapi dia tidak salah. Pada saat itu, Mahiru mendesah pelan saat sosoknya terpapar melalui video. Sepertinya dia sedikit kesal, dan Chitose bingung. Kemudian, Mahiru duduk di sebelahnya.

“… Kamu tidak mau berkonsultasi denganku?”

Mahiru bergumam dengan nada yang terdengar sedikit kesal. Chitose membeku sesaat, dan saat berikutnya, dia melempar smartphone-nya ke samping.

Video di smartphone-nya berputar, dan, “Kyaa,” Amane mendengar Mahiru berteriak pelan tak lama kemudian, jadi Chitose mungkin mengaktifkan gerakan spesialnya—skinship.

 “… Mahirun, kamu sangat imut! Tentu saja aku ingin berbicara denganmu!”

“Chitose-san… jangan menerkamku; itu terlalu berbahaya.”

Mahiru terdengar agak senang meski ditegur, jadi dia pasti senang.

“Hehehehe~” jawab Chitose. Kameranya diarahkan ke tempat tidur, jadi Amane hanya bisa melihat layar yang gelap; namun, mudah untuk membayangkan bahwa Chitose terpaku pada Mahiru pada saat itu.

“Aku paling suka Mahirun~”

“Aku juga menyukaimu.”

“Aku berhasil mencuri cinta Mahirun dari Amane~”

“Erm, ini… Amane-kun! K-Kamu spesial…!”

Mahiru mengangkat telepon dan menjelaskan dengan cemas dan putus asa. Melihat reaksinya yang seperti ini, Amane tersenyum tipis.

“Tentu saja, aku tahu sebanyak itu.”

“Ughhhhhh…”

“Dasar baka-couple generasi kedua.”

“Cerewet luh, dasar generasi pertama.”

Mengetahui betapa Chitose mencintai Itsuki, Amane berpikir dia tidak berhak mengatakan itu tentang dirinya dan Mahiru.

“Ayo, nikmati malam perempuan lebih awal dan tidurlah. Tidur larut malam tidak baik untuk kulitmu, bukan?”

Melihat percakapan itu akan berakhir dengan baik, Amane melihat jam dan menyarankan hal itu. Sudah lewat jam 11 malam. Mahiru biasanya tidak tidur selarut ini, jadi dia pasti sudah merasa mengantuk. Dia berjalan-jalan dengan yukata hari ini, yang tidak biasa dia lakukan; rasa kelelahannya pasti sudah menyusulnya.

Nyatanya, pipi Mahiru sedikit memerah. Dia terlihat sedikit mengantuk, jadi bukan ide bagus untuk membuat mereka berbicara terlalu lama.

“Aku tidak pernah menyangka akan mendengar kata-kata itu darimu suatu hari ~ Tapi kamu benar. Aku akan menutup telepon sekarang. … Ini, Mahirun, tidak apa-apa?”

Saat Chitose menanyakan itu, Mahiru menyadari alasan mengapa Chitose memanggil Amane, dan matanya membelalak kaget. Kemudian dia menatap Amane dan tersenyum lembut.

“Eh…? S-Selamat malam, Amane-kun. Sampai jumpa besok.”

“Nm, selamat malam. Sampai jumpa besok.”

Jika di sini ada Mahiru, aku akan mengelus kepalanya sekarang juga, pikir Amane, tapi ia juga berharap Mahiru bisa berbicara dengan Chitose hari ini tanpa diganggu. Bagaimanapun, Mahiru tampaknya senang berbicara dengannya, dan mereka menginap bersama semalaman. Amane tidak menunjukkan sedikitpun penyesalan dan tersenyum padanya dengan cara yang sama.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

  

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama