Gimai Seikatsu Jilid 10 Bab 9 Bahasa Indonesia

 

Bab 9 — 3 Agustus (Selasa) Asamura Yuuta

 

 

Pada saat ujian simulasi pada hari kedua, kegelisahan mulai muncul dalam diriku.

Menurut jadwal, ujian simulasi disiapkan untuk memeriksa materi yang telah dipelajari dengan interval dua hari sekali. Ujian hari ini adalah ujian matematika.

Saat melihat lembar ujian yang diberikan, aku menyadari tingkat kesulitan dari pembelajaran intensif musim panas ini.

Hanya dengan sekilas melihatnya saja, soal-soal terlihat lumayan sulit. Aku tidak yakin apakah aku bisa menjawab semuanya meskipun seluruh waktu ujian digunakan sepenuhnya.

Sebenarnya, masalah pemahaman dan kemampuan menjawab itu berbeda.

Saat aku sedang menghadapi masalah ketiga seperti ini.

[Tentukan batas dari barisan angka berikutnya.]

Aku menatap simbol [n ] yang tertulis dalam rumus. Ini sebenarnya berarti, kita menggantikan nilai n dengan angka sembarang, dan ketika kita terus membesarkannya hingga ke titik tertentu, kita akan mendekati nilai apa. Aku yakin aku sudah mempelajari materi ini sebelumnya. Bahkan itu ada dalam buku referensi yang baru saja aku buka.

Guru matematika yang memberikan materi pelajaran kemarin sangat tidak konvensional, dan dia langsung mengatakan, “Matematika ujian masuk adalah yang paling mudah di antara semua mata pelajaran matematika sehingga membosankan.” Menurut kata-kata guru tersebut, “Karena hanya soal-soal dengan jawaban pasti saja yang diberikan.”

Saat para murid bergumam bahwa itu merupakan hal yang wajar, ia menyebutkan beberapa masalah tak terpecahkan yang disebut sebagai “Masalah Hadiah Milenium” dan mengatakan bahwa kita dapat membuat masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan mudah (yaitu, kita dapat membuat masalah yang tidak akan pernah bisa dipecahkan) dengan cara yang sembarangan. Dengan kata lain, soal ujian dibuat dengan cermat agar murid dapat menjawabnya. Kita pasti bisa menjawab soal tersebut.

“Jadi, kalian bisa menghadapi ujian dengan santai,” katanya.

Mungkin maksudnya agar kita tidak terlalu tegang dalam menjawab soal.

Dan sekarang, ada soal pertanyaan di depan mataku.

Memang benar, karena baru saja dipelajari, aku masih mengingat cara untuk mencari jawabannya. Aku yakin jika yang harus kulakukan hanyalah mengubah persamaan dan menyelesaikannya. Namun, di tengah-tengah itu, aku menyadari sesuatu.

Ternyata, orang-orang di sekitarku jelas lebih cepat dalam menyelesaikan soal.

Aku menulis satu baris dan mulai memikirkannya, tapi suara pensil mereka yang meluncur di atas kertas terus berderak. Rasanya seolah-olah mereka sudah menghafal jalur menuju jawaban karena telah melakukannya berkali-kali.

Aku tidak melihat wajah mereka yang sedang mengerjakan soal, tapi dalam pikiranku, aku bisa melihat mereka dengan tenang menjalankan pensil mereka dengan lancar.

Gawat. Apakah orang-orang seperti ini adalah pesaingku?

Saat aku menyadari hal itu, kegelisahan tiba-tiba muncul di dalam hatiku.

Setelah ujian selesai, lembar jawaban dan penjelasannya dibagikan sehingga kita bisa melakukan penilaian sendiri. Setelah menyelesaikan kursus hari itu, aku kembali ke kamarku dan melihat jawaban yang benar.

Aku bisa memahami sebagian besar jawabannya. Bahkan, jika ada waktu lebih, aku yakin bisa menjawab semua soal pertanyaannya.

Itupun jika ada waktu lebih.

Ada perbedaan besar antara pemahaman tentang bagaimana menjawab dan kemampuan untuk menjawab.

Aku hampir tidak bisa menyentuh tiga soal terakhir yang merupakan soal penerapan lanjutan. Aku membutuhkan waktu yang lama untuk mencari cara penyelesaiannya. Jelas sekali kalau aku kurang berlatih. Aku sama sekali tidak mendapatkan poin untuk tiga soal terakhir ini. Hal tersebut pasti membuat nilaiku jauh lebih rendah daripada orang lain.

Aku hampir tidak ingat apa yang aku makan malam itu. Bahkan saat aku menyantap makanan, aku terus memikirkan bagaimana cara mengejar ketertinggalanku.

Saat aku berdiri dan kembali ke kamar, aku bertemu dengan Fujinami-san.

“Oh, cepat sekali ya. Apa kamu sudah selesai makan?”

“Yeah, uh... Selamat malam.”

Tanpa melakukan banyak percakapan, aku bergegas menuju ke dalam lift.

Ketika aku kembali ke kamar, waktu untuk mematikan lampu telah tiba. Meskipun cahaya di kamar telah dimatikan, aku terus membaca materi pelajaran besok secara berulang-ulang dengan cahaya lampu di samping tempat tidur. Meskipun waktu tidurku terpotong, tapi aku hanya mempunyai waktu satu minggu lagi. Aku harus mengejarnya sekarang.

Selain panggilan bangun pagi dari hotel, aku juga mengatur alarm di ponsel untuk berbunyi 30 menit lebih awal dari waktu bangun. Aku mengatur agar alarm berbunyi setiap 5 menit.

Aku merasa sudah memberikan usaha yang maksimal, namun jika aku melihat orang-orang di sekelilingku, aku merasa bahwa dengan tingkat belajarku yang sekarang, aku merasa tidak akan bisa bersaing dengan mereka.

Aku memutuskan untuk mengakhiri percakapan dengan Ayase-san melalui LINE lebih awal karena besok akan sangat sibuk.

Karena dia mengucapkan ‘Yang semangat belajarnya, ya’, aku merasa harus berusaha lebih keras.

Ayase-san belajar sendiri tanpa mengikuti sekolah bimbel dan berhasil mencapai hasil yang setara atau bahkan lebih baik dariku. Jika aku ingin mendapatkan nilai yang pantas sebagai pacar seorang gadis yang bekerja keras seperti dirinya, aku harus bekerja lebih keras.

Demi Ayase-san yang selalu mendukungku.

Aku harus mendapatkan nilai yang tidak kalah dengan teman-teman sekursusku.

Waktu tidur di pelatihan kursus ini dijadwalkan pukul 10 malam, tapi aku sama sekali tidak bisa tidur dan akhirnya aku baru tertidur sekitar pukul 3 dini hari.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama