Tatoe mou Aenakutemo Bab 6 Bahasa Indonesia

 

Penerjemah: Maomao

BAB 6 — Masa Kini, di Bulan Juli: Kompetisi Renang

 

 

Akhirnya, hari pertandingan renang tiba. Pertandingan ini diadakan dengan menghabiskan dua jam pelajaran di pagi hari.

Bagi mereka yang bukan peserta, ini berarti waktu untuk menonton relay, jadi banyak yang merasa beruntung karena bisa melihat tanpa harus berpartisipasi.

Namun, ketika mereka melihat teman sekelas mereka yang mewakili berenang dengan sungguh-sungguh, semangat untuk memberi dukungan pun muncul dengan sendirinya.

Tahun lalu pun, gadis-gadis yang awalnya mengeluh Merepotkan Sekaliberubah menjadi sangat bersemangat dan memberikan dukungan yang keras.

Sekolah kami memiliki delapan kelas di setiap tingkat, dan karena kolam renang juga hanya memiliki delapan lintasan, relay dilakukan berturut-turut mulai dari kelas satu, dua, hingga tiga.

Setelah semua kelas selesai berenang, peringkat ditentukan berdasarkan waktu.

Teman-teman sekelas yang bukan peserta biasanya datang ke pinggir kolam hanya saat tahun mereka berenang untuk memberi dukungan.

Kolam renang cukup besar, jadi satu angkatan bisa masuk semua tanpa masalah.

Dan para peserta diberi waktu untuk pemanasan dan latihan terakhir sebelum pertandingan dimulai.

Sekarang ini waktu para peserta sedang berganti pakaian di ruang ganti, tepat setelah kelas satu selesai dan kelas dua mulai masuk.

Aku yang bertugas sibuk dengan persiapan pertandingan...

Aku sudah selesai berganti ke pakaian renang dan sedang membantu Mizuno-kun yang juga sudah siap, membawa kursi dan meja untuk tempat duduk para pencatat waktu.

Hari sebelumnya, di kamarku, aku telah mengungkapkan perasaan yang selama ini aku simpan sendiri pada Mizuno-kun dan menangis tersedu-sedu. Dan karena ini adalah kali kedua aku menangis di depannya.

Setelah itu, aku merasa sangat malu saat kembali sadar, tapi Mizuno-kun tetap santai dan tenang seperti biasa.

“Kalau ingin menangis, bilang saja kapanpun. Aku sudah terbiasa melihat Yoshizaki-san menangis.”

Dia mengatakan hal itu dengan senyum yang bebas dari beban.

Kata-katanya membuatku merasa nyaman.

Tidak hanya kata-katanya saja.

Keberadaan Mizuno-kun itu sendiri.

Sudah menjadi penopang hatiku.

Dan setelah itu, Mizuno-kun bersikap seperti biasanya, yang membuatku merasa nyaman.

Mungkin dia sengaja berperilaku seperti itu karena khawatir tentangku.

“Akhirnya tiba juga ya.”

“Iya. Kemarin waktunya sudah bagus, mari kita serius menargetkan kemenangan.”

Kami berdua berbicara seperti itu sambil membawa kursi dan meja.

Selama periode latihan, semua orang benar-benar berusaha keras, jadi aku berharap hasilnya akan baik.

Khususnya Mizuno-kun, yang telah membantu sebagai pengurus dan juga sebagai atlet.

--Bahkan dia sudah menggerakkan hatiku yang sempat terhenti.

Semoga Mizuno-kun bisa mendapatkan hasil yang membuatnya senang.

Sambil menyiapkan meja dan kursi di tempat yang ditentukan, aku sesekali melirik wajah tampan Mizuno-kun, dan dengan diam-diam berharap seperti itu.

--Dan saat pekerjaan hampir selesai dan kami sempat beristirahat, tiba-tiba.

“Ai! Mizuno-kun! Ada masalah besar!”

Miyu berlari sambil berteriak dengan wajah pucat.

Dia dihentikan oleh guru olahraga yang berkata “Jangan berlari di sisi kolam!” tapi dia tetap berjalan cepat menuju kami.

“Apa yang terjadi, Miyu? Kenapa kamu terburu-buru begitu?”

“Ada apa?”

Sambil menatap kami yang bertanya, Miyu yang terburu-buru mendekat menarik napasnya yang terengah-engah untuk menenangkan diri.

Lalu Miyu memberitahu kami sebuah fakta yang mengejutkan.

 

“Sakashita-san terkilir. Sepertinya dia tidak bisa ikut relay.”

Dokter sekolah melihat kaki Sakashita-san yang terkilir dan mengerutkan kening.

Pergelangan kakinya bengkak dan memerah. Bahkan bagi orang awam, jelas bahwa ini bukan masalah sepele.

“Ini sakit?”

“Ah...! Iya, sakit.”

Wajah Sakashita-san meringis kesakitan saat dokter sekolah menekan pergelangan kakinya.

“Meskipun tidak patah, tapi ini terkilir cukup parah.”

“Tapi... aku adalah salah satu atlet untuk pertandingan renang. Apa tidak bisa melakukan sesuatu?”

“Aku bisa saja memasang taping, tapi jika tidak diistirahatkan segera, cedera bisa bertambah parah. Dengan kaki seperti ini, kamu tidak akan bisa berenang dengan cepat, dan sakitnya mungkin akan bertahan lama. Saranku, lebih baik kamu minta seseorang untuk menggantikanmu.”

“............”

Di hadapan kata-kata dokter sekolah yang tanpa belas kasihan itu, Sakashita-san menunduk lesu.

Aku dan semua perwakilan kelas merasa tidak tahu harus berbuat apa dengan situasi mendadak ini, jadi kami semua berkerumun di ruang kesehatan.

Setelah Sakashita-san mendapatkan penanganan untuk terkilirnya dari dokter sekolah, kami keluar ke koridor.

Sakashita-san tampak kesulitan berjalan, sehingga Naito-kun memberi bahu untuknya bersandar.

“Pasti ini ulah para senpai.”

Mikami-san, dengan mata yang menyala penuh kemarahan, berbicara dengan suara yang tertahan.

-Menurut cerita Mikami-san, Sakashita-san selalu menggunakan loker di pojok ruang ganti, tapi entah mengapa hari ini lantainya sangat licin sehingga dia terjatuh.

Sepertinya ada semacam minyak yang ditumpahkan di lantai.

Mikami-san menduga bahwa para senpai yang tahu posisi loker Sakashita-san sudah memasang jebakan.

“Senpai” yang dia maksud tentu saja adalah dua gadis yang beberapa hari lalu mengatakan, “Dasar kelas dua sombong.”

“Pasti mereka! Aku baru saja melihatnya! Saat Sakashita-san terluka dan keluar dari ruang ganti, mereka berdua tersenyum sinis dan melihat ke sini!”

“Serius?”

Kata-kata Miyu membuat Nitta-kun juga mengeluarkan suara yang tenang tetapi penuh amarah.

Mungkin bagi Nitta-kun yang selalu berusaha keras dalam sepak bola, tindakan curang seperti ini tidak bisa diterima.

Dan itu pasti sama untuk Mikami-san yang dengan sungguh-sungguh berlatih voli.

“Mereka sialan...! Sungguh tidak bisa diampuni! Aku akan pergi mengadu ke guru!”

Mikami-san berbalik hendak berlari, tapi...

“Tunggu!”

Sakashita-san, yang tadinya tertunduk, bersuara. Mikami-san menghentikan langkahnya.

“Kita tidak punya bukti yang pasti, dan bahkan jika Mai-chan pergi memarahi mereka, mungkin hanya akan diabaikan. Jangan lakukan itu.”

“Tapi...!”

“Ya, aku juga berpikir itu pasti ulah para senvpai itu, mungkin. Tapi jangan lakukan itu. Karena Mai-chan mungkin akan dianggap sebagai orang jahat.”

Sakashita-san berkata dengan senyum lemah, dan Mikami-san menghela nafas panjang.

Karena dihentikan oleh Sakashita-san yang merupakan korban, sepertinya Mikami-san menyerah untuk pergi menumpahkan kemarahannya pada senpai itu.

“Tapi, bagaimana dengan relay nya?”

Pertanyaan Naito-kun membuat semua orang terdiam.

Sakashita-san tidak bisa berpartisipasi di pertandingan. Satu-satunya cara adalah menemukan pengganti.

Mungkin ada seseorang di kelas yang mau berenang jika diminta.

Tapi...

Hal itu akan membuat semua latihan yang telah dilakukan menjadi sia-sia.

Kiat-kiat estafet yang telah dipraktikkan bersama tanpa sia-sia dan bentuk berenang yang telah disempurnakan mungkin tidak akan berjalan dengan baik jika ada perubahan anggota dadakan.

Tanpa seseorang yang berpartisipasi dalam latihan setiap hari selama tiga minggu, semua usaha mereka tidak akan terbayar.

--Seseorang yang berpartisipasi dalam latihan setiap hari.

Aku tersadar.

Ada seseorang. Meskipun tidak masuk ke dalam kolam, tapi dia mengamati latihan semua orang setiap hari, mengetahui kiat dan poin-poin penting dalam berenang.

--Tapi.

Aku sudah lebih dari enam tahun tidak memakai baju renang. Meskipun dulu aku adalah perenang tingkat nasional, apakah aku yang memiliki jeda sepanjang itu bisa bersaing dengan siswa-siswa SMA sekarang?

“Apa yang terjadi, Yoshizaki-san?”

Mungkin karena aku terlihat sedang sangat serius dalam berpikir, Mizuno-kun tampak bingung.

--Mizuno-kun. Kesungguhan dan keceriaannya. Sikapnya yang tidak peduli dengan kesulitan dan selalu berjalan dengan iramanya sendiri.

Dan dia juga orang yang mengajarkanku betapa penting dan tak terlupakannya kenangan tentang ayah dan ibuku.

Baru saja aku berpikir, semoga hasilnya bisa membuat dia bahagia.

Dan untuk itu...

“Aku yang akan berpartisipasi.”

Aku menatap wajah Mizuno-kun dan dengan suara rendah tapi jelas aku mengatakannya. Mizuno-kun terlihat terkejut seolah-olah dia baru saja tertembak meriam kacang.

“Eh, Yoshizaki-san yang akan maju?”

“Kamu tidak alergi klorin?”

Nitta-kun dan Naito-kun juga terlihat terkejut.

Oh iya, aku memang mengaku alergi klorin. Aku lupa karena terburu-buru.

“Te-tes terakhir yang kulakukan menunjukkan bahwa aku sudah sembuh!”

Aku menjawab dengan tergesa-gesa. Mikami-san mengerutkan keningnya dengan rasa curiga, tapi tidak mengatakan apa-apa. Syukurlah.

“Kalau begitu? Aku lebih suka Yoshizaki-san yang maju daripada meminta orang lain.”

Sambil didukung oleh Naito-kun, Sakashita-san tampak senang mengatakannya.

“Iya, setuju. Kamu kan selalu menonton latihan.”

“Sepertinya orang seperti kamu akan lebih cocok dengan kami.”

Nitta-kun dan Naito-kun juga setuju dengan Sakashita-san. Dalam hati, aku merasa lega.

“Aku juga setuju dengan Yoshizaki-san, tapi kapan terakhir kali kamu berenang? Apa kamu yakin bisa berenang?”

Mizuno-kun bertanya sambil melihat ke wajahku.

“A-aku kadang berenang di laut dekat rumah, jadi tidak apa-apa!”

Aku pikir mereka mungkin akan menolak jika aku bilang sudah enam tahun tidak berenang, jadi aku dengan cepat mengarang jawabanku.

“Oke. Semoga beruntung, Yoshizaki-san.”

Mizuno-kun melihatku dengan senyum yang tampaknya penuh makna. Sepertinya dia terlihat sangat percaya diri. Aku mengangguk dengan serius sebagai respon.

Lalu Miyu, yang tahu semua alasan mengapa aku berhenti berenang dan fakta bahwa aku sudah enam tahun tidak berenang, tersenyum licik.

“Ayo! Cepat ganti baju! Aku punya baju renang cadangan, jadi bisa kamu pakai!”

“Benarkah? Terima kasih, Miyu!”

“Kalau kamu cepat ganti sekarang, masih ada waktu untuk berlatih! Ayolah cepat!”

Aku berlari ke arah kolam renang, ditarik oleh Miyu.

Paha yang terbuka, garis tubuh yang tak kenal ampun tergambar jelas.

Aku heran bagaimana dulu aku bisa memakai pakaian seperti ini tanpa rasa malu... Setelah enam tahun, berenang kembali membuatku merasakan hal itu.

Karena tinggi badanku sekitar sama dengan Miyu, untungnya baju renang yang dipinjamkannya cocok.

--Meskipun Miyu memiliki dada yang lebih besar dan pinggang yang lebih ramping. Sungguh hal yang menyedihkan.

Yah, berkat bahan yang elastis, akhirnya pas juga.

“Terima kasih, Miyu. Karena sudah meminjamkan baju renangnya.”

Setelah selesai berganti di ruang ganti, aku berterima kasih pada Miyu yang berdiri di samping.

Miyu, entah kenapa, tampak sedikit sedih... tapi seolah-olah mengenang sesuatu dengan senyum manis.

“Kamu ingat tidak? Waktu kita masih SD, kamu selalu melindungiku.”

“Eh...?”

Terkejut dengan pembicaraan yang tiba-tiba itu, aku bingung.

Namun, Miyu terus berbicara tanpa peduli.

“Waktu itu, aku masih kecil dan lebih penakut dari sekarang. Sering diejek sama anak laki-laki sampai menangis.”

“....Itu karena Miyu imut, jadi mereka suka mengganggu. Sekarang aku berpikir begitu.”

Kata-kata Miyu perlahan membawa kembali kenangan masa itu kepadaku.

“Ahaha. Wanita yang berdosa banget ya, aku ini.”

“Mau dulu atau sekarang sama saja.”

“Ah, tapi itu tidak penting. Jadi, kamu selalu melawan anak laki-laki yang menggangguku, kan? Kamu bilang, Jangan ganggu Miyu!Meskipun saat itu tidak peduli laki-laki atau perempuan, kamu biasanya menang melawan mereka.”

“Aku dulu memang nakal sih.”

Aku sering terlibat dalam perkelahian fisik. Kalau sampai Mizuno-kun tahu, mungkin dia akan terkejut. Lebih baik aku diam saja.

“Tapi ingat tidak, suatu kali ada anak laki-laki yang membawa kakaknya yang satu tahun lebih tua? Ingat?”

“Apakah itu pernah terjadi?”

Aku mencoba mengingat, tapi karena aku sering berkelahi dengan banyak anak laki-laki, aku tidak memiliki ingatan itu.

“Saat itu aku pikir ini akan berbahaya. Tahu kan, kalau beda satu tahun saja di masa kecil, perbedaan fisik dan kekuatan itu sangat besar, kan? Anak yang lebih tua itu seperti eksistensi yang tidak mungkin dikalahkan. Tapi Ai sama sekali tidak takut dan menjadi tamengku. Dan akhirnya pertarungan itu berakhir tanpa ada yang benar-benar menang.”

“Hidup SD yang cukup brutal ya.”

Aku bertanya-tanya apa yang aku lakukan saat SD. Aku tidak ingat sama sekali.

“Benar-benar deh, waktu itu aku selalu berkelahi. Tapi aku mendengar hal ini dan sangat penasaran. ‘Kenapa kamu selalu melindungiku?’ Dan apa yang kamu katakan, Ai?”

“Aku bilang apa ya...?”

“Kamu bilang begini, Karena Miyu adalah sahabatku yang penting.”

Miyu menatapku dengan tatapan yang masih sedikit sedih tapi penuh dengan rasa rindu.

Aku tidak ingat tentang hal itu...

Mungkin buatku saat itu, itu bukanlah sesuatu yang spesial.

Bagiku, Miyu adalah sahabat, itu sudah menjadi hal yang wajar. Aku hanya mengatakan sesuatu yang wajar bagiku. Itulah mengapa aku tidak ingat.

--Tentu saja, bahkan sekarang Miyu masih sahabatku.

“Saat itu, aku memutuskan. ‘Aah, aku akan mengikuti Ai seumur hidupku. Apapun yang terjadi nanti.”

Mata Miyu sedikit berkaca-kaca.

“Ai sangat pandai berenang, selalu berada di sisiku... benar-benar seseorang yang bisa diandalkan.”

Aku merasa bersalah. Aku telah menjadi seseorang yang bisa diandalkan bagi Miyu, tapi setelah kecelakaan itu aku menjadi orang yang sangat berbeda.

“Maaf...”

Aku berbicara dengan suara kecil. Miyu langsung menggeleng tanpa jeda.

“Walaupun sudah terjadi hal seperti itu. Malah aku pikir Ai hebat. Dari orang yang tidak terlalu tahu tentang Ai, terlihat seolah-olah Ai sudah mengatasi kesedihan dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan normal.”

--Dari orang yang tidak terlalu tahu tentangku.

Artinya, dari sudut pandang Miyu yang sangat tahu tentangku, aku tidak terlihat normal sama sekali.

“Akhir-akhir ini, ekspresimu terlihat lebih bersemangat. Ai mungkin bilang tidak, tapi mungkin itu karena kamu berhubungan dengan Mizuno-kun. Dan tadi, saat Aoi bilang, ‘Aku yang akan maju.’ wajahmu... itu seperti wajah Ai yang dulu. Aku merasa kamu bisa diandalkan. Ah, rindu sekali... itu...”

Kata-katanya bergetar di akhir kalimat. Miyu mengusap air mata yang menetes dari matanya.

Aku tidak tahan lagi dan memeluknya.

“Maaf... Karena sudah membuatmu menunggu lama. Maaf karena selalu berada di dekatku yang sekarang ini lemah.”

“Aku yang minta maaf... tidak bisa melakukan apa-apa, tidak bisa mengatakan apa-apa... tidak bisa mengubahmu seperti Mizuno-kun.”

Aku menggelengkan kepala.

Berapa banyak aku diselamatkan oleh Miyu yang selalu bersikap ceria dan tidak berubah.

Daripada bersamaku yang membawa kegelapan yang merepotkan, pasti lebih menyenangkan baginya untuk bergaul dengan teman-teman lainnya.

Namun, Miyu selalu berada di sisiku, bercanda ringan seperti “Kapan ya aku bisa punya pacar.” dan tertawa bersamaku.

“Aku akan berusaha keras hari ini. Ayo, kita harus pergi sebentar lagi. Kalau tidak, waktunya untuk latihan akan habis.”

“Iya...”

Sambil mendorong Miyu yang masih menggigil, aku berusaha keluar dari ruang ganti.

Miyu mengusap matanya sebentar dan kemudian mengikutiku dengan wajah tenang seolah tidak ada yang terjadi.

Memang benar, berenang setelah enam tahun tidak seperti yang kubayangkan.

Waktu latihan yang diberikan sebelum pertunjukan sangat singkat, dan kami hanya berlatih relay sebanyak dua kali.

“Memang, aku lebih lambat daripada Sakashita-san.”

Total, aku berenang tiga detik lebih lambat dari waktu dia berenang.

“Eh, tapi bisa berenang sebaik ini tanpa persiapan itu sudah hebat lho!”

“Cara berenangmu juga sangat indah.”

“Yoshizaki-san, dulu berenang ya?”

“Eh... haha.”

Semua orang kecuali Miyu dan Mikami-san, yang tahu situasiku, memuji-muji tapi aku hanya tersenyum samar-samar untuk mengalihkan.

“Tidak apa-apa kalau tidak cepat. Sudah hebat bisa berenang sejauh ini dalam situasi mendadak.”

“Iya.”

Aku berbicara seperti itu dengan Mizuno-kun di dalam kolam. Para atlet lainnya sudah naik dari kolam dan tampaknya sedang berdiskusi.

Para teman sekelas dari kelas 2-2 itu memperhatikanku.

Karena sebentar lagi pertunjukan akan dimulai, teman-teman sekelas yang bukan peserta pun berkumpul di sisi kolam untuk memberikan dukungan.

Dari antara mereka, aku bisa mendengar suara yang merdu.

“Eh, Yoshizaki-san akan berenang menggantikan Sakashita-san?”

“Hei, tapi bukannya dia punya alergi klorin dan selalu absen dari pelajaran renang?”

“Mungkin itu hanya alasan untuk membolos. Sekarang karena Sakashita-san cedera, mungkin dia merasa harus berpartisipasi?”

Itu suara Katou-san dan teman-temannya.

Ya, alergi klorin itu memang bohong, dan aku memang menggunakannya sebagai alasan untuk membolos.

Aku sedikit terganggu, tapi aku pura-pura tidak mendengar.

Mizuno-kun yang berada di sampingku tampaknya juga mendengarnya dan dia membuat wajah masam.

“Yoshizaki-san sudah bersedia untuk ikut, dan mereka malah berkata seperti itu... Aku akan bicara dengan mereka.”

Dengan wajah muram, Mizuno-kun hendak keluar dari kolam. Aku hampir menghentikannya, tapi... pada saat itu.

Mikami-san, yang lebih dulu naik ke sisi kolam, mendekati Katou-san dan teman-temannya.

Dan....

“Woi kalian.”

“Eh?”

“Jangan bicara sembarangan kalau kalian tidak tahu situasinya.”

Dengan suara yang keras dan tatapan yang tajam, Mikami-san menegur mereka. Aku terkejut dengan tindakan tak terduga dari Mikami-san.

Mikami-san sendiri awalnya meragukan alergiku, dan aku pikir dia memiliki dendam pribadi kepadaku...

Namun, kenapa dia malah membelaku?

“Ma-maaf.”

Katou-san dan teman-temannya tampak tertekan oleh kekuatan Mikami-san dan wajah mereka terlihat menyedihkan.

Mikami-san tidak mengatakan apa-apa lagi dan berbalik dari mereka, lalu berjalan mendekati tempatku berada.

Lalu...

“Yoshizaki-san, semoga acaranya berjalan lancar... Aku akan keluar sebentar untuk menghirup udara segar.”

Mikami-san tanpa menatapku, seolah berbisik, dia berjalan cepat menuju pintu keluar kolam.

Entah kenapa aku mengikutinya keluar, tapi dia terus berjalan cepat menuju belakang bangunan kolam renang.

--Mikami-san. Seharusnya dia pasti tidak suka melihatku berenang. Apakah dia mengakuiku sebagai anggota tim?

“Padahal aku yang ingin bicara tegas pada mereka. Mikami-san malah mendahuluiku.” suara Mizuno-kun terdengar dari belakangku, berbicara dengan nada bercanda.

Ternyata dia mengikutiku tanpa aku sadari.

“Eh, kalau Mizuno-kun yang bicara malah bisa bikin masalah tambah rumit, jadi baguslah Mikami-san yang melakukannya.”

“Masalah tambah rumit? Kenapa?”

“Kalau cowok keren seperti Mizuno-kun membelaku, cewek-cewek lain bisa jadi cemburu loh. Kamu ini kurang peka, ya.”

Aku tertawa seolah tak percaya dan berkata, membuat Mizuno-kun tiba-tiba memerah.

“Lagi-lagi. Jangan terus terang bilang aku keren. Itu curang tahu?”

“Curang...?”

Kenapa itu curang? Memangnya bukan pujian kah itu? Aku bingung dan hanya bisa menggelengkan kepala.

Lalu, Mizuno-kun batuk sekali dan melanjutkan.

“Yah, kalau kamu tidak mengerti tidak apa-apa.”

“Hm?”

“Daripada itu, mari kita coba lagi cari cara untuk berenang lebih cepat, atau kita periksa ulang aturan.”

“Aturan?”

“Ya. Aturan bilang, urutan berenang itu bebas kan. Bagaimana kalau kita ubah itu?”

“Hmm... tapi aku pikir urutan sekarang sudah yang terbaik.”

Pada umumnya, kelas-kelas lain akan bergantian antara perempuan dan laki-laki, dan yang paling cepat biasanya menjadi punggawa.

Kelas kami juga, sesuai dengan kebiasaan, bergantian antara perempuan dan laki-laki, dan aku adalah perenang kelima.

Perenang keenam, yang menjadi punggawa, adalah Mizuno-kun yang memiliki waktu tercepat.

Mizuno-kun cocok untuk menjadi punggawa, dan aku tidak berpikir mengubah urutan lainnya akan mempengaruhi waktu.

“Kalau begitu, bagaimana dengan... aturan yang mengatakan gaya berenang itu bebas. Bagaimana dengan itu?”

“Hmm...”

Aku merenungkan kata-kata Mizuno-kun.

Namun demikian, gaya berenang hampir selalu terlihat adalah gaya bebas, yang bisa dibilang paling cepat bagi kebanyakan orang.

Di kelas kami, semua orang berenang gaya bebas, dan aku belum pernah melihat orang dari kelas lain yang berenang dengan gaya selain bebas. Tidak perlu dipikirkan lagi.

Keadaan saat ini sudah merupakan yang terbaik. Aku bertanya-tanya apakah ada cara lain untuk mempercepat waktu kami... saat aku sedang berpikir.

“Selanjutnya adalah relay untuk siswa tahun kedua.”

Suara pengumuman itu terdengar hingga ke luar melalui pengeras suara yang digunakan di dalam kolam renang.

Tanpa menemukan solusi, tiba-tiba sudah saatnya untuk relay. Mizuno-kun dan aku bergegas kembali ke dalam kolam renang.

Di depan blok start, aku bersama dengan Miyu dan Mikami-san, yang akan berenang dengan nomor urut ganjil.

Aku bisa melihat dari kejauhan anggota tim laki-laki dengan nomor genap berada di sisi lain kolam.

“Aku akan berusaha keras!”

Dengan wajah sedikit tegang, Miyu berkata dan kemudian memasang kacamata renang dan berdiri di atas blok start.

“Kamu pasti bisa, Miyu. Kamu sudah berlatih keras.”

Aku mengirimkan kata-kata semangat ke arah punggung Miyu.

Lalu...

“Iya, kamu sudah jauh lebih cepat dari sebelumnya, jadi percaya dirilah.”

Mikami-san segera menyetujui kata-kataku dan memberikan dukungan kepada Miyu.

--Mikami-san yang memberikan dukungan untuk Miyu. Mungkin itu hal yang wajar mengingat mereka telah menjadi dekat selama latihan untuk kompetisi.

 

Tapi dia baru saja membelaku dan sekarang dia bergabung denganku untuk mendukung Miyu.

Aku merasa senang.

“Benar! Ayo, aku akan melakukannya!”

Segera setelah Miyu berkata itu, panitia menyalakan suara pistol dan relay untuk siswa tahun kedua pun dimulai.

Sesuai prediksiku dan Mikami-san, Miyu dalam kondisi prima dan menunjukkan kekuatan seperti saat latihan, dan pada saat dia menyerahkan estafet ke Naito-kun di posisi kedua, kelas kami berada di peringkat ketiga dari delapan kelas.

Kemudian Naito-kun yang berenang kedua, Mikami-san yang ketiga, juga menunjukkan kemampuan renang yang sesuai dengan kekuatan mereka.

Ketika Nitta-kun yang keempat menerima estafet, kelas kami telah melompat ke posisi terdepan.

Nitta-kun pasti akan datang ke posisiku dengan mempertahankan tempat pertama. Bahkan, dia mungkin bisa memperlebar jarak lebih jauh lagi.

Namun, dengan cara berenangku sekarang, kemungkinan besar aku akan disalip.

Sampai saat itu, perbedaan waktu antara kelas kami dengan kelas lain tidak terlalu besar, dan dalam estafet di mana setiap orang hanya berenang 25 meter, tidak mungkin untuk membuat selisih waktu yang signifikan meskipun Nitta-kun berusaha keras.

Dengan perasaan penuh kecemasan seperti itu, saat aku berdiri di blok start, aku merasa anehnya tenang.

--Ini perasaan yang sudah lama tidak kurasakan. Saat aku sangat menyukai renang, berdiri di sini selalu membuatku bersemangat.

Ayo, aku akan berenang. Aku akan menang. Aku dulu hidup untuk berenang lebih cepat, dan itu sangat menyenangkan.

Ya. Dan dengan semangat yang tinggi, aku melompat ke dalam kolam dan berenang dengan emosi yang tinggi sampai akhir.

Mengayuh air dengan gerakan S dan meluncur dengan dolphin kick yang lincah...

Dolphin kick...?

Di situ aku tiba-tiba teringat kata-kata Mizuno-kun tadi.

--“Ada aturan yang mengatakan gaya berenang itu bebas kan?”

Benar. Kenapa aku lupa? Gaya berenang yang paling aku kuasai. Sebelum kecelakaan, aku mendapatkan posisi kedua di kejuaraan nasional dalam nomor ini.

Bukan gaya bebas.

Saat Nitta-kun yang menjadi perenang keempat mendekat dengan cepat, aku melirik Mizuno-kun yang bersiap di sisi kolam yang berlawanan.

--Aku akan mencobanya, Mizuno-kun.

Dan saat Nitta-kun menyentuh dinding kolam, aku melompat dengan kuat ke dalam air. Tanpa ragu, aku mulai berenang gaya kupu-kupu.

Saat mengambil napas, aku merasa ada suara terkejut dari pinggir kolam, “Kupu-kupu!?”

--Betapa lancarnya aku berenang. Seolah-olah jeda enam tahun yang kurasakan saat berenang gaya bebas tadi adalah bohong belaka.

Tubuhku, hatiku, ingat bagaimana caranya berenang kupu-kupu.

Aku berenang seolah bersatu dengan air, seolah membuatnya menjadi sekutuku, dan aku menyelesaikan 25 meter itu. Lalu, segera di atas kepalaku, Mizuno-kun melompat masuk.

Aku tetap di dalam kolam, berusaha menenangkan napas yang menjadi kasar.

Memang, berenang gaya kupu-kupu dengan seluruh kekuatan setelah enam tahun benar-benar membuatku kehabisan napas. Aku tidak punya energi untuk segera merangkak ke sisi kolam.

--Apakah aku berenang dengan baik? Apakah aku berhasil memberikan estafet pada Mizuno-kun di posisi pertama?

Sambil memikirkan itu, aku mendengar sorak-sorai dari sisi lain. Rupanya kelas yang berada di posisi pertama telah mencapai garis finish.

Akhirnya, setelah napasku mulai teratur, aku berhasil naik ke sisi kolam.

“Pemenangnya adalah kelas 2-2! Kecepatan yang luar biasa!”

Suara pengumuman dari pengeras suara bergema. --- Kelas 2-2... kelas kami...?

Apakah kami menang...?

Gabungan rasa lelah karena berenang dengan seluruh kekuatan dan ketidakpercayaan bahwa kami berhasil menjadi yang pertama membuatku berdiri terpaku di sisi kolam.

“Yoshizaki-san! Luar biasa!”

Mizuno-kun berlari dari sisi seberang.

“Keren banget! Gaya kupu-kupu! Kamu berenang sangat bagus! Mungkin kamu lebih cepat daripada aku!?”

“Tidak... tentu saja tidak...”

Masih belum bisa percaya bahwa kami menjadi yang pertama di antara siswa tahun kedua, aku menjawab dengan perasaan yang entah kenapa sangat tenang.

Lalu, para atlet lainnya dan teman-teman sekelas juga mulai berlari ke arahku, dan aku dikerumuni oleh mereka semua.

“Yoshizaki-san keren sekali!”

“Gaya kupu-kupumu itu luar biasa!”

“Siapa sangka kita punya senjata rahasia seperti kamu di kelas kita!”

“Kamu benar-benar keren!”

“Gayamu sangat luar biasa!”

“Tidak... haha. Terima kasih.”

Aku tersenyum dengan canggung saat dipuji oleh Sakashita-san, Nitta-kun, Naito-kun, dan bahkan orang-orang yang biasanya tidak aku ajak bicara.

Dari kejauhan, Miyu menonton dan saat mata kami bertemu, dia tersenyum penuh arti dan mengedipkan mata.

--Aku tahu kamu bisa melakukannya, Aoi.

Perasaan Miyu itu seolah-olah sampai padaku.

Lalu, Kato-san mendekati dengan hati-hati dan melihatku dengan gugup.

“Yoshizaki-san...”

“Maaf ya tadi aku bilang sesuatu yang aneh. Aku benar-benar minta maaf...”

Dia terlihat benar-benar menyesal. Aku tidak terlalu mempermasalahkannya, dan lagi pula alergiku itu memang bohong, jadi aku hanya tersenyum lepas.

“Tidak apa-apa kok, aku tidak mempermasalahkannya.”

“...Syukurlah! Kamu tahu, Yoshizaki-san, kamu keren banget!”

Katou-san bersinar matanya dengan senang memujiku.

Meskipun awalnya aku tidak terlalu punya kesan baik tentang Katou-san, aku sejujurnya merasa senang.

Pasti, Katou-san juga bukan anak yang buruk.

“Yaa, gaya kupu-kupu itu benar-benar legendaris.”

“Semua orang berenang gaya bebas, tapi kamu terlihat hebat dan keren~”

“Anak-anak dari kelas lain juga terkejut, kan!”

Untuk beberapa waktu, aku dipuji oleh teman-teman sekelasku dan mendengarkan cerita mereka sambil tersipu malu.

Dari celah antara teman-teman sekelas, aku sesekali melihat sosok Mizuno-kun yang berdiri agak jauh.

Mizuno-kun menatapku dan tersenyum. Terlihat puas... eh, tidak.

Entah kenapa, senyumannya itu tampak sangat percaya diri. Seolah-olah dia ingin mengatakan bahwa semuanya berjalan dengan baik, sesuai dengan yang dia harapkan.

―”Ada aturan bahwa gaya renang itu bebas.”

Kata-kata Mizuno-kun sebelum pertandingan itu tiba-tiba terlintas di pikiranku.

Sekarang, aku bahkan mulai berpikir seolah-olah dia mengatakan bahwa aku akan lebih cepat jika berenang dengan gaya yang berbeda, seolah-olah dia tahu bahwa aku pandai gaya kupu-kupu?

Untuk sesaat aku berpikir begitu, tapi tidak mungkin.

Kami tidak saling mengenal, bahkan tidak tahu nama masing-masing sampai kami berada di kelas yang sama di tahun kedua.

Dan setelah estafet tahun ketiga selesai, hasilnya diumumkan.

Kelas kami, kelas dua tahun kedua, mendapatkan posisi kedua di seluruh sekolah, juara kedua.

Yang menang bukan kelas dengan gadis-gadis tahun ketiga yang dikira menyiapkan perangkap itu.

Kelas mereka kalah tipis dari kami dan berakhir di posisi ketiga.

―Aku harus jujur, aku merasa sangat lega. Mungkin semua orang juga merasakan hal yang sama.

Meskipun kami tidak memenangkan kejuaraan, juara kedua yang kami raih dengan bersatu padu sangatlah menyenangkan.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama