Tatoe mou Aenakutemo Bab 7 Bahasa Indonesia

Penerjemah: Maomao

BAB 7 — Masa Kini, di Bulan Juli: Diriku yang Berubah

 

 

“““Bersulang~~!”””

Semua orang mengangkat gelas berisi jus mereka tinggi-tinggi. Ekspresi mereka seragam, penuh dengan senyum kepuasan dan pencapaian.

Setelah sekolah, kami yang tergabung dalam tim renang berkumpul di sudut makan di toko Nat-chan, menikmati pizza hangat, tart, dan pai daging sambil menikmati rasanya.

Setelah kompetisi, ketika aku mengusulkan untuk mengadakan pesta di rumahku, semua orang tampak senang dan menyetujuinya.

Yah, aku memang mengira bahwa anggota tim laki-laki, Miyu, dan Sakashita-san akan datang dengan semangat, tapi yang tidak terduga adalah Mikami-san juga langsung setuju tanpa berpikir dua kali.

“Semuanya enak banget!”

“Kan sudah kubilang! Semua yang dibuat bibi Ai itu lezat!”

“Iya, roti kari juga enak.”

Nitta-kun yang mata berbinar sambil memakan pizzanya dengan lahap, diikuti oleh Miyu dan Mizuno-kun yang tampak bangga.

Naito-kun tampak sibuk dengan makanannya, sejak tadi dia hanya diam dan terus mengunyah tanpa berkata apa-apa.

Oh iya, Mikami-san duduk di kursi yang jauh dari tempatku, sesekali berbicara dengan Sakashita-san di sebelahnya sambil menikmati makanannya.

“Tapi, bolehkah kami menerima semua ini...?”

“Itu tidak masalah! Semuanya sudah bekerja keras sejak latihan, kan? Ini adalah hadiahnya!”

Sakashita-san yang tampak merasa bersalah itu dijawab oleh Nat-chan dengan senyum lebar sambil membawa roti kari yang baru dipanggang.

“Terima kasih banyak, Nat-chan.”

“――Sungguh tidak masalah. Yang paling membuatku senang adalah melihat Ai berusaha keras bersama teman-temannya.”

Sebagai respon atas ucapan terima kasihku, Nat-chan menunjukkan sedikit kesedihan di matanya. Di dalam hatiku, aku secara diam-diam menambahkan “Maaf untuk selama ini.”

“Ngomong-ngomong, MVP hari ini pasti Yoshizaki-san. Gaya kupu-kupunya keren banget.”

“Aku sampai merinding loh.”

“Eh, ah...”

Saat Nitta-kun dan Naito-kun memujiku dengan berlebihan, aku bingung harus berbuat apa dan mulai menggaruk pipiku.

“Iya, iya! Mungkin cederaku malah jadi hal yang baik!?”

“Itu tidak mungkin!”

Aku buru-buru menggelengkan kepala sebagai respon pada lelucon Sakashita-san.

Sebenarnya, waktu yang aku catat memang sedikit lebih lambat daripada saat Sakashita-san yang berenang. Sakashita-san tertawa, “Ahaha. Benarkah?”

“Tapi meskipun begitu, ini pertama kalinya aku melihat seseorang berenang gaya kupu-kupu sebagus itu. Yoshizaki-san, apakah kamu pernah berenang sebelumnya?”

Mizuno-kun menatapku dengan tatapan yang agak berarti, seolah-olah dia tahu aku pandai berenang.

Tapi bagaimanapun juga, aku pikir itu tidak mungkin.

Namun, aku mulai merasa bersalah karena telah berbohong kepada semua anggota tim ini bahwa aku alergi klorin.

Tapi, aku khawatir mereka akan kecewa jika aku mengungkapkan kebenaran sekarang.

Tiba-tiba, mataku bertemu dengan Miyu. Dia tersenyum tenang dan perlahan mengangguk.

―Kamu pasti baik-baik saja.

Seolah-olah dia mengerti kecemasanku, aku bisa merasakan bahwa itulah yang ingin dia katakan dengan pandangannya.

Aku mengambil napas dalam-dalam dan mulai berbicara dengan hati-hati.

“Sebenarnya, mungkin kalian sudah mulai menyadarinya...”

Ketika aku mulai berbicara dengan nada serius, semua yang sedang bercanda merasakan suasana dan langsung memusatkan perhatian mereka padaku.

“Alergi klorin itu adalah bohong. Mentalku sebenarnya merasa berat untuk berenang, jadi aku berpura-pura seperti itu.”

 

“Itu karena kecelakaan enam tahun yang lalu itu?”

Mikami-san, yang langsung menangkap poinnya dari kata-kataku, aku mengangguk.

“Iya. Aku dulu pernah berenang, dan saat pulang dari kompetisi nasional di Osaka... aku mengalami kecelakaan itu.”

Suasana seketika menjadi hening. Nat-chan yang sedikit terpisah dari kami menatapku dengan wajah serius. Di mata yang lain, ada semburat kesedihan.

“Maaf. Karena aku yang cedera, kalian jadi harus berenang dengan terpaksa.”

Sakashita-san yang mulai menangis, sepertinya dia merasa bertanggung jawab karena berpikir aku berenang sambil membawa trauma.

Dengan tergesa-gesa, aku menggelengkan kepala.

“Tidak, aku tidak berenang dengan terpaksa. Belakangan ini, aku merasa tidak ingin menjadi diriku yang sekarang. Jadi aku berterima kasih atas kesempatan yang kalian berikan. Sungguh, aku bersyukur pada Sakashita-san... pada semua orang. Dan maaf telah menipu kalian.”

“Yoshizaki-san...”

Sakashita-san, meski matanya tergenang air mata, tersenyum. Aku menjawab dengan senyumku.

“Meskipun kamu bilang telah menipu... Kami, sebenarnya, tidak...”

“Benar. Justru, meskipun kamu dalam keadaan seperti itu tapi kamu masih mau berenang di pertandingan dadakan, kami bersyukur.”

Nitta-kun dan Naito-kun mengatakannya dengan nada yang santai.

“Kalian berdua, terima kasih.”

Aku benar-benar merasa bersyukur. Bisa mengungkapkan semuanya dan diterima oleh mereka semua.

Mikami-san tidak memberikan reaksi khusus, hanya bermain-main dengan tartnya dengan wajah tanpa ekspresi, tapi sikap tenangnya itu juga terasa seperti kebaikan hati.

Kemudian―

“Uwaaaaaa! Ai... Ai!”

Nat-chan tiba-tiba berteriak dan mulai menangis seperti anak kecil, membuatku kaget.

“Na-Nat-chan...? Ada apa?”

“Ka-karena... Ai! Aku senang karena kamu bisa menjadi positif lagi! Uwaaaaaaa!”

Melihat Nat-chan yang menangis tersedu-sedu, aku merasa bersalah karena telah membuatnya khawatir, tapi caranya menangis itu lucu sehingga aku tak bisa menahan senyum kaku.

“O-Oba-san! Tenang, tenang!”

“Miyu-chaaaan! Terima kasih―!”

“Wa-walaupun aku mengerti perasaanmu! Tenanglah!”

“Uwaaaaan! Ai!”

Miyu yang sudah lama kenal dengan Nat-chan tampaknya tidak tahan melihat keadaannya yang hancur dan segera mendekat untuk menenangkannya.

Yang lainnya terkejut melihat Nat-chan begitu, hanya bisa terdiam dengan wajah bingung.

Lalu, Mizuno-kun yang duduk di sebelahku memalingkan kepalanya ke arahku dan berkata.

“Kamu benar-benar dirawat dengan baik oleh oba-san, Yoshizaki-san.”

Dia berkata sambil tersenyum lembut.

“Iya.”

Aku tersenyum malu-malu sambil mengangguk.

Benar. Aku diadopsi oleh Nat-chan yang selalu membuat roti enak dan hidup bahagia.

Aku juga pernah bahagia saat ayah dan ibuku masih ada, tetapi sekarang juga, aku diperlakukan dengan sangat baik oleh orang-orang di sekitarku.

Aku bisa merasakan kebahagiaan dari kata-kata Mizuno-kun. Namun, ada sedikit bayangan kesedihan dalam senyum Mizuno-kun, dan itu sedikit mengganggu pikiranku.

“Ah! Itu dia! Ini ini!”

Nitta-kun mengeluarkan sebuah kantong besar dari minimarket dan mulai mengeluarkan isinya.

“Wah! Kembang api!”

Ya, itu adalah kembang api pegangan tangan, kembang api kecil yang ditembakkan, roket kembang api, dan kembang api tikus, berbagai jenis kembang api.

“Setelah kita selesai makan, aku pikir kita bisa bermain kembang api di depan toko di laut, jadi aku pergi membelinya dengan Souta dan Ryota tadi~”

“Ayo, mainkan, mainkan!”

Sakashita-san bersinar matanya.

―Kapan terakhir kali aku bermain kembang api? Sepertinya sejak aku kecil, bermain dengan ayah dan ibu.

Kenangan yang indah dan hangat. Ketika aku mengingat mereka berdua, kesedihan memang muncul, tapi itu adalah sesuatu yang tidak boleh aku lupakan.

―Aku ada di sini sekarang berkat mereka berdua.

Setelah menikmati makan malam bersama, kami menuju ke laut di senja hari.

“Hei, Ryota! Jangan arahkan roket kembang api ke sini!”

“......? Bukankah itu dimainkan dengan menembakkannya ke arah orang?”

“Ah, benarkah. Kalau begitu aku juga akan menembakkannya ke arah Hiroki.”

“Haah!? Berhenti!”

Mizuno-kun dan Naito-kun dengan roket kembang api di tangan mereka mengejar Nitta-kun. Meskipun kasihan pada Nitta-kun, aku tidak bisa menahan tawa melihat adegan itu.

“Wah, cantiknya.”

“Iya, iya. Aku bermain kembang api sejak kecil, tapi ini benar-benar menyenangkan, ya.”

Miyu dan Sakashita-san dengan tenang menikmati warna-warni cahaya dari kembang api pegangan tangan. Mikami-san juga tampak serius menatap cahaya yang fana dari kembang api stik.

Aku duduk di dekat mereka bertiga, menatap keadaan mereka semua.

Baru saja matahari terbenam, laut malam yang gelap dan bintang-bintang kadang-kadang berkelap-kelip di langit malam. Itu adalah pemandangan yang indah dengan kembang api yang terlihat jelas.

“Ah, kembang apinya sampai penuh di ember ya.”

Miyu memperhatikan ember yang digunakan untuk memadamkan api.

Sepertinya ada terlalu banyak kembang api, dan ember yang diisi air itu sudah penuh dengan kembang api yang sudah digunakan.

“Kalau begitu, aku akan membawa ember baru.”

Aku berdiri sambil berkata begitu dan mendengar suara Miyu yang berkata, “Tolong ya.”

Lalu, aku pergi ke toko untuk meminta ember kepada Nat-chan dan mulai mengisi air dari keran di luar.

Aku bisa melihat dari kejauhan mereka semua menikmati kembang api. Suara mereka yang ceria terdengar jelas. ――Tiba-tiba.

“Yoshizaki-san.”

Saat air hampir cukup terkumpul, tiba-tiba ada yang memanggil dan aku terkejut.

Setelah menutup keran, aku menoleh dan di sana ada―

“―Mikami-san.”

Dia sudah berdiri di belakangku tanpa aku sadari, dan di kegelapan malam, ekspresinya sulit untuk dibaca, emosinya sama sekali tidak terlihat.

Apa maksudnya―

Sebelumnya, sikap Mikami-san terhadapku terlihat lebih lembut, tapi kami hampir tidak pernah berbicara kecuali yang sangat penting.

Itu juga hanya karena ada orang lain di sekitar, seolah-olah Mikami-san terpaksa berbicara denganku.

Ini pertama kalinya kami berbicara berdua sejak dia berkata ada dendam pribadi.

“Aku, sebenarnya sudah cukup lama tahu banyak tentang Yoshizaki-san.”

Ketika aku tidak berkata apa-apa, Mikami-san mulai berbicara seperti itu.

“Eh... kamu tahu banyak tentangku... maksudmu apa?”

“Setelah kecelakaan itu, Yoshizaki-san, kamu cukup sering muncul di berbagai media, kan? Karena...”

“’Satu-satunya yang selamat, gadis ajaib itu?”

Aku berkata itu dengan nada sedikit mengejek diri sendiri.

“――Ya. Itu. Aku melihat semua berita tentang kecelakaan itu, artikel di internet dan koran, secara menyeluruh.”

“Mengapa...?”

“Karena salah satu sahabatku juga menjadi korban dalam kecelakaan itu.”

Setelah Mikami-san berkata begitu, dia duduk di sampingku yang sedang jongkok di depan keran air. Di wajahnya terlihat senyum yang penuh kesedihan.

Aku tidak bisa mengatakan apa-apa. Suara anak-anak laki-laki yang riang bermain kembang api dan suara ombak datang dan pergi mengisi keheningan.

Korban meninggal dalam kecelakaan itu ada tujuh ratus orang. Tidak mengherankan jika ada kenalan korban yang berada di dekatku.

“Aku ingin tahu mengapa temanku harus mati secara mendadak, jadi aku ingin mengetahui secara detail tentang penyebab kecelakaan dan situasi penyelamatannya. Makanya, aku mengecek segala hal yang berkaitan dengan kecelakaan itu, dari program televisi, artikel koran, hingga postingan di papan diskusi internet, aku yang masih anak-anak waktu itu mencari tahu semuanya.”

“Begitu ya? Kalau begitu, wajar saja kamu jadi tahu banyak tentangku.”

Karena aku adalah seseorang yang tak terhindarkan untuk dibicarakan dalam konteks kecelakaan itu. Bahkan sekarang pun, kadang-kadang masih ada orang yang tampak seperti wartawan datang ke toko Nat-chan.

“Iya. Aku tahu kalau Yoshizaki-san adalah anak tunggal. Orangtuamu yang ikut dalam perjalanan itu meninggal. Kamu diadopsi oleh bibimu yang menjalankan toko roti. Bahkan sebelum kecelakaan itu, kamu adalah atlet renang junior yang menjanjikan.”

“…………”

Makanya, saat aku diminta untuk menjadi peserta di kompetisi renang, kamu meragukan tentang alergi klorinku.

Tapi, aku masih belum mengerti mengapa kamu berkata memiliki dendam pribadi padaku.

“Setelah itu, aku mulai tertarik dengan Yoshizaki-san yang selamat itu. Kita seumuran, kan? Aku penasaran, bagaimana anak yang mengalami kecelakaan seperti itu, tiba-tiba kehilangan orangtuanya, dan bagaimana caranya dia hidup. Bukan simpati loh. Hanya rasa penasaran yang sederhana.”

“Iya.”

“Lalu, aku mulai berpikir bahwa anak yang selamat menggantikan temanku pasti hidup dengan gigih dan berpandangan positif. Media juga memompa cerita seperti itu, kan? Orang-orang suka dengan cerita yang menginspirasi seperti itu, kan?”

“Itu, benar.”

Setiap tahun aku menghadiri pertemuan peringatan, aku menjadi mangsa media. ‘Gadis ajaib itu sekarang menjadi siswa SMP, sekarang menjadi siswa SMA’, dan seterusnya.

Meskipun belakangan ini mereka tidak lagi mengganggu kehidupan sehari-hariku, jujur saja, aku tidak suka menjadi pusat perhatian.

―Aku tidak hidup seperti yang diharapkan semua orang.

“Jadi, tahun ini ketika aku berada di kelas yang sama dengan Yoshizaki-san, aku merasa kecewa. Kamu selalu tampak tak peduli dengan apa pun, berlaku tanpa emosi. Itu seolah-olah kamu berkata, Aku tidak selamat karena aku ingin selamat. Padahal kamu selamat menggantikan temanku, tapi kenapa sikapmu seperti itu?”

“…………”

“Teman baikku pasti akan hidup lebih ceria. Aku juga pasti akan lebih senang jika itu terjadi.”

Mikami-san mengatakannya dengan wajah yang tampak tegang. Suaranya terdengar sedikit bergetar.

“Aku tahu ini kedengarannya egois. Aku tahu itu di kepala. Memaksa seseorang yang telah mengalami hal seperti itu untuk hidup dengan ceria itu sudah gila. Tapi setiap kali aku melihat wajah Yoshizaki-san, aku tidak bisa tidak teringat kematian sahabatku. Mengapa sahabatku yang baik hati dan ceria itu harus mati, sementara Yoshizaki-san yang selalu tampak acuh itu selamat. ―Itu sebabnya aku membenci Yoshizaki-san.”

“Jadi... itu alasannya?”

Aku adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan itu. Tidak mengherankan jika keluarga korban dan orang-orang yang terkait memiliki perasaan yang rumit terhadapku.

―Mengapa keluargaku harus mati, sementara anak itu selamat.

“Maaf ya, selama ini, Yoshizaki-san tidak bersalah. Sungguh, seperti yang aku katakan sebelumnya, itu hanya dendam pribadiku.”

“Iya. Terima kasih sudah mengatakannya.”

Aku benar-benar ingin tahu mengapa Mikami-san membenciku, jadi aku sangat berterima kasih.

Mikami-san juga korban dari kecelakaan itu. Aku bahkan merasa senang dia telah berbagi perasaannya denganku.

“Tapi, kenapa kalau kamu begitu membenciku sampai sebelumnya, sekarang kamu bisa minta maaf seperti ini?”

Sikap Mikami-san saat ini tidak terasa tajam seperti saat dia meminta aku menjadi peserta di kompetisi renang. Aku penasaran.

Lalu Mikami-san tersenyum dengan lembut.

“Karena Yoshizaki-san, kamu berubah.”

“Berubah?”

“Ya. Kamu jelas menjadi lebih ceria dan positif sejak sebelum menjadi panitia kompetisi renang, aku pikir ekspresimu juga menjadi lebih hidup. Saat Sakashita-san cedera dan kamu mengatakan akan menggantikannya sebagai peserta, matamu bersinar dan aku terkejut. Melihatmu seperti itu, perasaan burukku terhadap Yoshizaki-san perlahan hilang tanpa aku sadari.”

“Berubah... aku...”

Baru-baru ini banyak orang mengatakan hal serupa kepadaku. Nat-chan, Miyu juga.

Memang, aku sendiri merasa hari-hari ini lebih menyenangkan dibanding sebelumnya. Aku tidak lagi berpikir, “Toh, mungkin suatu saat aku akan kehilangan segalanya.”

――Aku bisa berubah, ya, Ayah, Ibu.

“Mungkin ini semua berkat Mizuno-kun, ya.”

Saat aku tengah mengenang orangtuaku, tiba-tiba Mikami-san berkata sesuatu yang tak terduga dengan nada bercanda, membuatku kaget.

“Eh!? Kenapa tiba-tiba Mizuno-kun yang disebut?”

“Haah? Kamu suka dia, kan? Kamu jadi positif karena jatuh cinta pada Mizuno-kun, kan?”

“Kenapa kamu berpikir begitu!?”

“Kalau dilihat, jelas banget kok.”

Kalau dilihat... Padahal aku sendiri tidak merasa seperti itu, bagaimana bisa aku menunjukkan sikap seperti itu pada dia.

“Tapi itu tidak benar!”

Aku berusaha keras untuk menyangkalnya. Tidak mungkin aku mengakui sesuatu yang belum aku sadari sendiri.

“Eh, kalau begitu aku akan merebut Mizuno-kun, ya.”

Mikami-san tiba-tiba berkata dengan wajah serius, mengucapkan sesuatu yang kejam.

“Eh!?”

Sebelum aku sempat berpikir, mulutku langsung bereaksi. Saat aku terkejut, Mikami-san tersenyum licik.

“Lihat, kan kamu memang suka Mizuno-kun.”

“Uh...”

Aku menundukkan kepala sambil memegangi kepalaku.

“Tapi, tenang saja. Aku bercanda kok soal merebut Mizuno-kun. Aku lebih suka orang yang lebih tua. Siswa sekelas terasa terlalu kekanak-kanakan bagiku.”

Dengan santainya Mikami-san berkata demikian. Orang ini, melontarkan perangkap... pikirku dalam hati sambil meracuni pikiranku sendiri.

Namun, saat aku membayangkan Mikami-san menjadi kekasih Mizuno-kun, hatiku terasa sangat sakit. Aku benar-benar tidak menyukainya.

―Jadi, ini yang disebut suka ya? Aku belum pernah benar-benar jatuh cinta pada lawan jenis, jadi aku tidak menyadarinya.

Satu-satunya pengalaman yang bisa aku kaitkan dengan cinta adalah ketika di SMP, ada seorang anak laki-laki yang tidak terlalu aku kenal mengungkapkan perasaannya padaku.

Tapi karena aku masih terpaku pada kecelakaan itu, aku sama sekali tidak memikirkan tentang berpacaran, apalagi dengan seseorang yang tidak aku kenal baik, jadi aku menolaknya.

Dan sampai sekarang, aku belum pernah benar-benar menyukai seseorang. Aku tidak punya ruang untuk itu, dan aku bahkan tidak pernah membayangkan diriku bisa memiliki perasaan cinta terhadap seseorang.

Tapi sekarang―

“Iya. Sepertinya aku menyukai Mizuno-kun.”

Ketika aku mengakuinya dengan jujur, Mikami-san hanya tersenyum lembut tanpa berkata apa-apa.

Mizuno-kun sekarang sedang sibuk mengejar Nitta-kun dengan kembang api pegangan tangan. Itu berbahaya. Itu tindakan yang tidak seharusnya ditiru oleh anak-anak yang baik.

―Aku menyukai Souta Mizuno. Aku menyadari itu saat melihatnya bersenang-senang seperti anak kecil.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama