Tatoe mou Aenakutemo Bab 5 Bahasa Indonesia

 

Penerjemah: Maomao

BAB 5 — Masa Kini, di Bulan Juni: Kenangan yang Tidak Memudar

 

Terinspirasi oleh Mizuno-kun, aku mulai mempersiapkan lomba renang dengan perasaan yang lebih positif daripada sebelumnya.

―Meskipun aku merasa belum bisa melakukannya dengan baik. Orang lain mungkin tidak melihat adanya perubahan apa pun.

Dan pada suatu pagi, ketika lomba renang tinggal seminggu lagi, aku menikmati sarapan ala Jepang yang Nat-chan persiapkan bersama.

Mungkin karena dia memiliki toko roti, Nat-chan sering membuat masakan Jepang di rumah. Menu hari ini adalah sup miso, ikan panggang, dan bayam dengan saus wijen.

Tentu saja itu lezat dan sarapan yang seimbang secara nutrisi.

Saat aku hampir selesai makan, Nat-chan berdiri dan membawa sesuatu dari dapur.

“Ai, bawa ini ke semua orang di latihan renang hari ini.”

“Hm?”

Apa yang Nat-chan tunjukkan adalah kantong berisi brownies, scone, macaron, dan kue-kue panggang lainnya.

Warna-warni dan menggoda, meski aku baru saja selesai makan, aku ingin langsung menyantapnya.

“Ini...?”

“Yap, pasti kamu lapar setelah berenang, kan? Aku yakin ini akan enak.”

Nat-chan berkata dengan senyum lebar. Aku membayangkan Mizuno-kun makan dengan nikmat dan tanpa sadar tersenyum.

“Terima kasih! Semua orang pasti akan senang.”

“Iya. Eh Ai, bukannya kamu terlihat lebih bersemangat akhir-akhir ini?”

“Eh?”

Senyum Nat-chan tetap sama, tapi ada sedikit kesedihan yang aku tangkap dari nada suaranya, dan aku menatapnya dengan serius.

“Beberapa hari terakhir ini, kamu terlihat... bagaimana ya, sangat bersemangat, hidup dan berenergi... sulit dijelaskan gitu?”

“......Benarkah?”

Mungkin sejak percakapan aku dengan Mizuno-kun di gudang beberapa hari lalu.

Sejak itu, aku bertekad untuk sepenuh hati mendukung semua orang yang berlatih dengan serius setiap hari.

Aku masih merasa belum melakukannya dengan baik, dan terkadang pemikiran negatif datang kembali secara tiba-tiba.

“Setelah kecelakaan itu, ini pertama kalinya aku melihat Ai seperti ini. Aku sangat senang.”

Nat-chan berkata sambil menahan air mata.

―Sekarang aku berpikir, jika Mizuno-kun yang baru bertemu aku bisa menyadari bahwa aku adalah orang kosong di dalam, tentu saja Nat-chan juga telah menyadari hal itu.

Aku pikir aku sudah berakting dengan baik, tapi ternyata aku tidak punya kemampuan akting yang baik.

Tapi Nat-chan tidak pernah mengatakan apapun tentang itu.

Mungkin dia selalu ingin melihatku dengan sabar.

Untuk aku bisa hidup dengan ritme aku sendiri.

Mizuno-kun yang dengan tegas mengatakan “aku khawatir” dan Nat-chan yang menunggu dengan diam-diam.

―Keduanya, betapa baiknya mereka.

Aku dikelilingi oleh orang-orang baik...

Dan aku sangat senang mendengar bahwa aku telah berubah menjadi lebih positif dari perspektif Nat-chan.

Aku merasa seolah telah bisa lepas dari keadaan kosongku.

“Nat-chan, terima kasih banyak. Untuk saat ini, aku akan mencoba yang terbaik sebagai panitia lomba renang.”

“Semangat ya. Apa Ai bersemangat karena Mizuno-kun ya?”

Nat-chan bertanya dengan senyum nakal.

Ya, tentu saja, jika dikatakan itu berkat Mizuno-kun, itu benar.

Namun, aku merasa ada maksud lain di balik kata-kata Nat-chan, dan aku menjadi malu dan menggelengkan kepala.

“N-Nat-chan, tidak ada yang kamu harapkan bakalan terjadi, kok!”

“Eh? Benarkah? Tapi Mizuno-kun itu tampan, kan?”

“Iya, memang sih, tapi...”

“Hmm? Apa kamu tidak merasakan apa-apa?”

“Tidak sama sekali! Sudahlah, aku mau pergi!”

Aku tidak tahan lagi, aku meraih tas kue yang Nat-chan berikan, dan bergegas keluar dari ruang tamu.

―Tidak merasa apa-apa, ya?

Aku yang sedang berusaha mengubah diri dari keadaan kosong, merasa terlalu dini untuk jatuh cinta pada seseorang.

Terlebih lagi pada seseorang yang begitu bersinar dan tampan, aku bahkan merasa itu terlalu berani.

 

☆☆☆

 

“Keren! Kamu sepuluh detik lebih cepat dari sebelumnya!”

Aku melompat kegirangan dan mengangkat stopwatch tinggi-tinggi.

Semua orang kecuali Mikami-san berlari mendekat, dan Mizuno-kun yang menjadi penutup estafet, mengangkat kacamatanya ke dahi dan tampak terkejut melihatku.

“Wow! Kita semakin cepat, kan!”

Nitta-kun berkata dengan senyum bahagia di sampingku.

“Aku tidak menjadi beban bagi kalian lagi, kan? Aku baik-baik saja, kan?”

“Iya, tentu saja.”

“―Kamu benar-benar berusaha keras.”

Miyu yang terlihat sangat bersemangat itu diangguki dengan lembut oleh Sakashita-san, dan Naito-kun yang setuju dengannya.

Mikami-san tampak tidak ingin mendekat, berdiri agak jauh, tapi ketika aku melirik ke arahnya, sepertinya dia terlihat puas.

“Kita mungkin benar-benar bisa menang, kan?”

Mizuno-kun keluar dari kolam dan berkata dengan senyum cerah khasnya di sampingku.

Memang benar, dengan waktu seperti ini, kami mungkin benar-benar bisa mengejar kemenangan. Aku merasakan kebahagiaan yang tulus. Senyumku terlihat secara alami.

Sudah berapa lama ya sejak aku terakhir kali merasa senangdari lubuk hati?

“Kita sudah berada di tahun terakhir di lomba renang, tapi tidak mungkin lah kelas bawah menang.”

“Perilakunya tidak pantas banget untuk orang yang lebih tua, ya.”

Kedua senior itu tidak sengaja menoleh ke arah kami, namun dengan suara keras mereka dengan jelas menunjukkan ketidakpuasan mereka.

“――Eh, apa itu... rasanya tidak enak ya.”

Miyu berbisik dengan suara rendah.

Miyu tipe orang yang akan langsung menyuarakan jika ada sesuatu yang tidak dia sukai, tapi sepertinya dia merasa itu sia-sia untuk bertengkar tentang hal sepele seperti ini.

“Lebih baik kita tidak mempedulikan mereka. Ayo, kita berhenti hari ini. Kita sudah mendapatkan waktu yang bagus, jadi sebaiknya kita selesai di sini.”

Mizuno-kun mengatakan dengan sikap yang tenang.

“Iya, ayo pulang.”

“Ayo semangat lagi besok.”

“......Aku mau pulang dan tidur.”

Sakashita-san, Nitta-kun, dan Naito-kun juga setuju dengan Mizuno-kun dan mulai mengeringkan diri mereka dengan handuk yang diletakkan di samping kolam tanpa menunjukkan reaksi apa pun.

Mungkin karena kami tidak terganggu oleh mereka, para senior itu menjadi semakin jengkel.

“Apa itu! Sok tahu!”

“Normalnya mereka lebih berhati-hati, benar-benar tidak masuk akal.”

Apa yang harus kami perhatikan?

Pertama-tama, kami hanya berusaha keras dalam acara sekolah, dan kami tidak melakukan apa pun yang layak dikeluhkan.

Mereka yang salah sejak awal.

Aku yang mulai merasa jengkel, berpikir untuk mengatakan sesuatu kepada senior itu.

Mungkin itu akan membuat masalah menjadi lebih buruk, tapi aku tidak bisa membiarkan mereka meremehkan usaha keras semua orang.

Tapi, sebelum aku sempat berkata apa-apa.

“Kelas dengan waktu tercepatlah yang akan menang. Itu saja.”

Mikami-san, yang sebelumnya hanya mengamati situasi, akhirnya berbicara perlahan tapi dengan tegas.

“Daripada membuang-buang waktu bicara hal yang tidak penting, lebih baik latihan agar punya kesempatan menang yang lebih besar. Kita akan berusaha lagi besok.”

Meskipun Mikami-san berbicara tanpa ekspresi, matanya dingin seperti es, menatap tajam ke arah senior itu.

“Apa... apa maksudmu!”

“Benar-benar kurang ajar!”

Senior-senior itu tampak tergagap dan tidak bisa membantah argumen yang logis dari Mikami-san, hanya bisa berkata-kata kasar.

Namun, ketika teman-teman kelas mereka yang tampaknya laki-laki mendekat, mereka segera mengubah ekspresi menjadi manis dan berbicara dengan suara manja seolah tidak terjadi apa-apa, lalu berjalan ke sisi kolam yang berlawanan dari kami.

―Ah. Tipe Katou-san sepertinya ada di setiap kelas.

“Mikami-san hebat! Bolehkah aku panggil kamu Mai-chan!?”

“Ha...? Yah, silakan...”

“Mai-chan! Itu keren banget! Aku bisa jatuh cinta!”

Miyu mulai bercanda dengan Mikami-san. Mikami-san tampak bingung, tapi dia tersenyum di sudut bibirnya, jadi dia sepertinya tidak terlalu keberatan.

“Aku jujur lega.”

“Tidak ada hubungannya apakah itu kelas dua atau tiga. Tim yang lebih cepat yang akan menang.”

Mizuno-kun dan Nitta-kun juga tampak lega dengan apa yang Mikami-san katakan, tersenyum lega.

―Sepertinya semua orang merasa seperti satu tim.

Aku mulai sedikit merasa kecewa bahwa lomba renang yang awalnya terasa merepotkan ini akan segera berakhir.

“Kalau begitu, mari kita bubar sekarang.”

“Benar, selamat beristirahat.”

“Ah, itu!”

Miyu mengangguk pada kata-kata Mizuno-kun dan aku teringat akan kue yang Nat-chan berikan tadi pagi.

Ruangan ganti tentu saja terpisah untuk laki-laki dan perempuan, jadi biasanya setelah berpisah di kolam renang, semua orang langsung pulang sendiri-sendiri.

Biasanya para pria pulang lebih dulu karena para wanita memakan waktu lebih lama untuk bersiap setelah berenang. Jika aku ingin memberikan kue-kue itu kepada semua orang, sekarang adalah waktu yang tepat.

“Tunggu sebentar!”

Aku memberitahu mereka dan bergegas ke ruang ganti untuk mengambil tas kue-kue, lalu kembali ke sisi kolam.

“Ini dari Nat-chan... bibiku yang punya toko roti. Makanlah kalau kalian suka.”

“Wow! Roti dari toko Ai itu enak banget lho! Yeay!”

Miyu bersinar mata dan senang, jadi aku tersenyum dan memberikannya satu tas berisi aneka kue panggang.

“Aku hanya pernah makan roti kari dari toko keluarga Yoshizaki, tapi memang enak kok. Terima kasih, aku lagi lapar sekarang.”

Mizuno-kun juga tersenyum bahagia.

“Yah, bagus deh.”

Senyum tulus Mizuno-kun entah mengapa mengguncang hatiku. Aku pun tanpa sadar tersenyum.

Orang lain juga mengatakan, “Benarkah? Aku harus coba ke toko rotinya,” “Hei, di mana tokonya?” “Kue panggangnya sangat lucu.” dan mereka tampak senang menerima kue-kue itu.

Lalu aku berpaling ke arah Mikami-san. Dia tampak terkejut.

Meskipun mungkin aku tidak disukai olehnya, tetapi Mikami-san dihormati dan diandalkan oleh semua orang, dia memiliki sifat yang kuat seperti kakak perempuan.

Dia kadang-kadang harus keluar lebih awal karena latihan voli, tetapi dia juga berusaha keras dalam latihan lomba renang.

“Ini untuk kamu juga, Mikami-san.”

Aku menawarkan tas kue kepadanya dengan sikap yang sama seperti yang lain.

Kemudian,

“Ah, terima kasih...”

Dia terlihat bingung tapi dengan mudah menerimanya.

Tentu saja, aku khawatir dia mungkin menolaknya dengan alasan tertentu.

Dan mungkin, alasan dia menerima itu hanya karena orang lain ada di sekitar... tapi tidak tahu kenapa, meskipun Mikami-san mungkin tidak menyukaiku, aku tidak punya alasan untuk tidak menyukainya.

Tentang Masalah Mikami-san yang membenciku, itu menggangguku sampai beberapa waktu lalu. Tapi, selama aku bergaul dengan Mizuno-kun, aku mulai merasa positif tentang hal ini juga. Aneh ya, padahal ini tidak ada hubungannya langsung dengan Mizuno-kun.

“Aku mau pergi ke latihan klub voli, jadi aku pergi dulu.”

Mikami-san berjalan cepat ke arah ruang ganti. Semoga dia akan menyukai kue yang aku bawa.

Dan yang lainnya...

“Ah... ini benar-benar enak. Sungguh yang terbaik untuk tubuh yang lelah setelah berenang.”

Naito-kun mengatakannya sambil membuka tas dan mulai memakan kue panggang dengan lahap.

“Ei, ei, kalau kamu makan di sisi kolam dan ketahuan, itu akan jadi masalah lho!”

“Tapi, bagaimana aku bisa tidak makan kalau ada sesuatu yang enak di depan mataku?”

Naito-kun memasukkan kue lain ke mulutnya tanpa memperdulikan kata-kata panik dari Nitta-kun.

“Lihat! Senior yang tadi itu melihat ke sini! Kita bisa kena omel!”

“Ayo cepat pulang!”

“Eh~... Terima kasih banyak, Yoshizaki-san. Itu sangat enak. Sampai jumpa lagi.”

Nitta-kun yang panik dan Mizuno-kun yang seperti menyeret Naito-kun pergi ke ruang ganti, sementara Naito-kun masih mengunyah dengan mulutnya.

“Ahaha! Benar-benar lucu ya, ketiga orang itu!”

“Iya~ Terutama Naito-kun, dia selalu membuatku tertawa.”

Miyu dan Sakashita-san tertawa bersama sambil memandang pintu ruang ganti pria. Aku belum pernah berbicara banyak dengan Sakashita-san karena tidak banyak kesamaan, tapi dia tenang dan mudah diajak bicara, dan aku pikir aku telah menjadi cukup dekat dengan dia melalui kesempatan ini. Tentu saja, dengan ketiga pria itu juga. Mungkin hari ini aku bisa sedikit terlibat dengan Mikami-san.

“Ah, aku juga ingin menunjukkan wajahku di klub musik, jadi aku pergi dulu ya.”

“Yup, bye-bye!”

“Sampai jumpa.”

Aku melambaikan tangan bersama dengan Miyu saat Sakashita-san hendak masuk ke ruang ganti. Setelah Sakashita-san pergi, Miyu mendekat dengan senyum menggoda.

“Apa itu, Miyu...? Kamu terlihat aneh.”

“Akhir-akhir ini, Ai... Kamu terlihat senang saat bersama Mizuno-kun, kan?”

“Eh...?”

Aku mengerutkan kening, tidak menduga akan mendengar hal seperti itu.

“Baru saja, saat Mizuno-kun menerima kue... Kamu terlihat senang, kan?”

“Aku tidak tersenyum!”

“Tidak, siapapun yang melihat pasti akan bilang kamu tersenyum. Kamu terlihat seperti gadis yang sedang jatuh cinta.”

Kata-kata Miyu yang terkesan pasti membuatku panik dalam hati. Apakah aku benar-benar membuat wajah yang aneh? Gadis yang sedang jatuh cinta... itu tidak baik.

“Pokoknya tidak begitu!”

Aku buru-buru menyangkal.

Aku memang berpikir bahwa cara berpikir seperti Mizuno-kun itu bagus, dan aku juga berpikir untuk mencoba keras di pertandingan renang.

Tapi untuk aku yang telah menutup hati selama enam tahun, itu masih terlalu berkilau.

“Benarkah?”

“Benar! Kamu ini menyebalkan, sudahlah.”

Aku menyangkal dengan keras, tapi Miyu terlihat masih tidak puas.

Dan selama aku berganti pakaian di ruang ganti, bahkan di jalan pulang, Miyu tampak seperti ingin mengatakan sesuatu, tapi aku pura-pura tidak menyadarinya dan berpisah dengan dia untuk pulang ke rumah.

 

☆☆☆

 

Dengan berbagai kejadian, aku berhasil menjalani kehidupan sekolah dengan positif. Namun, aku kembali terkena flu dan harus absen dari sekolah. Padahal, pertandingan renang sudah di depan mata.

Belum genap sebulan sejak terakhir kali aku terkena flu. Padahal aku bukan orang yang sering sakit, tapi kenapa dalam waktu singkat ini aku harus terbaring sakit dua kali?

Sambil terbaring di tempat tidur, aku mulai berpikir dan menemukan satu dugaan. Mungkin karena sampai beberapa waktu lalu aku merasa apatis, berpikir tidak masalah jika aku mati kapan saja, dan kemudian mencoba meniru Mizuno-kun yang selalu bersemangat, berusaha keras dalam pekerjaan kelompok, dan merasa senang melihat waktu teman-temanku menjadi lebih cepat.

Di dasar hatiku, masih tersisa perasaan “bagaimanapun aku berusaha, semuanya bisa hilang dengan satu kejadian” atau “bahkan jika ada kebahagiaan, itu bisa hancur dalam sekejap”.

Mungkin karena aku melakukan sesuatu yang tidak cocok dengan tubuhku, aku jadi terkena flu.

Sambil menatap langit-langit yang sudah sangat familiar, aku terpukul oleh kenyataan yang suram itu.

Sejak kemarin pagi aku demam, dan suhu tubuhku tidak turun sampai pagi ini. Tapi, setelah tidur siang dan terbangun, tubuhku terasa lebih segar dan suhu tubuhku kembali normal.

Sepertinya aku bisa pergi ke sekolah besok. Lusa adalah hari pertandingan, jadi aku harus bisa ikut latihan terakhir.

Tapi, bagaimana caranya agar aku yang apatis ini bisa hilang?

Ketidaknyamanan yang tidak diinginkan ini, karena pengaruh Mizuno-kun yang membuatku hampir menjadi positif, telah menjatuhkan hatiku ke titik terendah.

—Saat aku menghela nafas, aku mendengar suara ketukan di pintu kamarku. Aku menjawab dengan suara ceria sambil masih terbaring, “Hai.”

“Mi-chan datang untuk menjengukmu. Apa dia boleh masuk?”

“Iya.”

Aku menjawab suara Nat-chan yang terdengar dari balik pintu, dan kemudian Miyu membuka pintu dan masuk.

Nat-chan ada di belakang Miyu tapi dia tidak masuk ke kamarku, mungkin dia akan kembali ke toko.

“Ai! Kamu baik-baik saja? Obaa-san bilang demammu sudah turun!”

“Iya, aku rasa besok sudah bisa pergi ke sekolah.”

“Syukurlah! Kamu absen dua hari jadi aku khawatir banget loh~”

Miyu tersenyum lega di samping tempat tidurku.

—Miyu selalu peduli padaku. Sebelum dan sesudah kecelakaan itu, dia selalu ada untukku.

Tapi, kalau dipikir-pikir, Miyu waktu masih di sekolah dasar itu kecil dan lebih lemah lembut daripada sekarang, sering diganggu oleh anak laki-laki.

Sebaliknya, aku yang dulu aktif berenang dan cukup kuat, sering melindungi Miyu dan bahkan terlibat dalam perkelahian fisik dengan anak-anak laki-laki itu.

Itu adalah diriku di masa lalu yang sekarang terasa mustahil.

Pasti Miyu menyadari perubahan yang terjadi padaku setelah kecelakaan itu.

Aku berniat untuk menyembunyikannya, tapi kalau Mizuno-kun dan Nat-chan bisa menyadarinya, tentu saja Miyu yang cerdas ini tidak mungkin tidak memperhatikannya.

—Aku heran, mengapa dia tetap mau bersamaku meski aku sudah berubah?

Miyu yang tidak tahu tentang pikiran gelapku itu, tiba-tiba tersenyum nakal seperti anak kecil yang punya ide jahil.

“Ah, ngomong-ngomong, ada satu lagi orang yang datang menjengukmu hari ini~”

“Eh, siapa? Sakashita-san?”

“Bu-bu, salah~ Ayo, silakan masuk!”

“Hai.”

Orang yang sedikit malu-malu saat masuk ke kamarku itu adalah... Mizuno-kun dengan seragam sekolahnya yang tampak asal terlempar di bahunya.

“Mizuno-kun!”

Saat aku terkejut, rasa senang tiba-tiba memenuhi hatiku dan wajahku secara alami tersenyum.

“Eh? Kenapa kamu terlihat lebih senang daripada saat aku masuk ke kamarmu, Ai?”

“Hah...!? Bukan begitu.”

Aku buru-buru menyangkal saat Miyu dengan nakal dan geli menyindirku.

Dan aku sadar akan kondisi diriku yang berantakan. Aku sudah tidur seharian jadi rambutku acak-acakan, tidak memakai makeup, dan bahkan masih mengenakan piyama.

“Harusnya kamu bilang kalau kamu mau datang...”

Untuk menyembunyikan penampilanku yang berantakan sebisa mungkin, aku menutupi wajahku dengan selimut hingga hidung dan berbicara dengan suara yang hampir tidak terdengar.

“Eh, maaf. Aku khawatir soalnya.”

“Iya, yang lain juga khawatir loh. Nitta-kun, Naito-kun, Koharu-chan, Mai-chan juga.”

Mai-chan... Mikami-san juga? Apakah Mikami-san yang katanya membenciku itu akan khawatir tentangku?

Tapi jika Miyu yang sudah cukup dekat dengan Mikami-san mengatakannya, mungkin saja itu benar.

“Ah! Aku ingat aku ada urusan!”

Miyu dengan suara yang terdengar dipaksakan mengatakan itu.

“Eh, Miyu?”

“Aku harus pergi sekarang. Mizuno-kun, sisanya tolong ya!”

“Tunggu, tunggu!”

Aku mencoba untuk menahannya tetapi Miyu dengan lincah mengabaikan dan pergi dari kamarku sambil tersenyum nakal.

—Apa yang terjadi dengan Miyu-san? Dia pasti salah paham.

Baik Nat-chan maupun Miyu, kenapa semua orang ingin aku menyukai Mizuno-kun? Apakah aku terlihat seperti itu?

Tinggal berdua dengan Mizuno-kun, kamar menjadi sepi untuk sesaat.

Tapi, dia sudah repot-repot datang karena khawatir. Aku tidak bisa terus diam saja. Aku sedikit mengangkat selimut untuk menunjukkan wajahku.

“Ah, ehmm. Aku pikir kamu sudah dengar, tapi aku sudah cukup baik-baik saja. Kamu tidak perlu khawatir.”

“Ah begitu? Syukurlah.”

Mizuno-kun yang duduk di samping tempat tidur tersenyum dengan lembut.

Saat aku melihat senyuman itu, rasanya detak jantungku berdetak lebih cepat.

“Kita semua ingin berpartisipasi di pertandingan renang bersama-sama.”

“Aku hanya panitia, bukan atlet, jadi sebenarnya tidak masalah kalau aku tidak ada di hari H, kan?”

“Eh, tidak bisa begitu. Kita semua sudah berusaha keras sampai sekarang. Lagipula, belakangan ini Yoshizaki-san terlihat lebih cerah dan tampak menikmati dirinya sendiri. Sepertinya kamu bekerja keras. Kalau kamu tidak ada, pasti akan terasa berbeda.”

“............”

Aku terlihat cerah dan menikmati diri sendiri.

Jika itu benar, itu semua berkat Mizuno-kun. Aku terinspirasi oleh caranya yang tampak bersemangat dan ceria.

Tapi, pikiran-pikiran dasar yang aku miliki tidak hilang.

—Bahwa semua usaha dan kebahagiaan bisa hilang dalam sekejap. Apakah semuanya sia-sia?

Saat aku mulai berpikir seperti itu, air mata tiba-tiba mengalir.

“Apa yang terjadi?”

Mizuno-kun, yang menyadari perubahan dalam diriku, menatapku dengan khawatir.

Tapi, aku tidak bisa mengungkapkan perasaanku dengan baik. Aku benci memiliki pemikiran negatif yang tidak bisa hilang, dan aku tidak ingin orang lain tahu tentangku.

Dengan mata berkaca-kaca, aku hanya bisa membalas tatapannya.

Tiba-tiba—

Aku mendengar suara sesuatu yang jatuh dari arah rak buku. Aku memalingkan kepalaku ke arah sumber suara itu.

Dan aku tertegun melihat benda yang jatuh dari rak buku itu.

“Eh? Album foto ini jatuh.”

Ya, yang jatuh adalah sebuah album.

Album yang berisi foto-foto orang tuaku yang sudah meninggal, aku yang terlihat bahagia dikelilingi oleh mereka, dan foto-foto perjalanan terakhir kami ke Osaka — simbol kebahagiaan masa lalu yang telah aku coba buang berkali-kali.

Mungkin karena sebelumnya aku terburu-buru saat membereskannya, aku tidak menyimpannya dengan baik ke dalam rak buku.

Mizuno-kun terlihat akan mendekati rak buku itu, tapi aku segera bangkit dan mengambil album itu lebih dulu.

“Yoshizaki-san...?”

Mizuno-kun terdengar bingung melihat gerakan tiba-tiba ku ini.

“Te-tenang saja! Aku yang akan menyimpannya.”

“O-oh...?”

Aku entah kenapa, tidak ingin itu dilihat. Foto dimana aku tersenyum tanpa beban bersama keluargaku yang kini tidak ada lagi. Bahkan oleh Mizuno-kun, yang seperti aku, juga telah kehilangan keluarganya.

Sekarang aku tidak memiliki ayah dan ibu yang dulu mencintaiku.

Aku yang sudah mengenal keputusasaan, tidak bisa lagi tersenyum bebas dari beban seperti dulu.

Dibandingkan dengan masa yang diabadikan dalam foto-foto album itu, aku saat ini terasa sangat berbeda.

Padahal aku sudah berusaha cepat-cepat mengambil album itu, namun beberapa foto terlepas dan berjatuhan, dua di antaranya terjatuh di dekat kaki Mizuno-kun dengan bagian depan terlihat.

Sebelum aku sempat berkata apa-apa, Mizuno-kun sudah mengambil fotonya.

“Foto ini—”

Ekspresi Mizuno-kun menjadi tegang.

Aku tidak ingin menatap langsung, aku hanya meliriknya dari samping. Salah satu foto menunjukkan orang tuaku dan aku yang berumur sepuluh tahun.

Dan foto lainnya adalah gelang misanga berwarna biru yang aku buat saat perjalanan ke Osaka dan kehilangannya tepat sebelum kembali.

“Itu aku dari waktu yang lama.”

Aku tersenyum pahit seolah-olah hanya aku sendiri yang ada di foto itu.

—Seolah-olah aku tidak pernah memiliki orang tua yang baik. Aku masih berusaha meyakinkan diri dengan pemikiran itu.

—Tapi....

“Ibumu, sangat mirip denganmu, Yoshizaki-san. Ayahmu kelihatan keren dan baik hati.”

Mizuno-kun mengatakannya dengan tanpa ampun. Tentu saja, dia tidak bermaksud jahat.

Namun dengan kata-kata itu, aku dihadapkan pada kenyataan bahwa aku dulu memiliki ibu yang mirip denganku dan ayah yang keren.

“Iya.”

Aku menundukkan kepala.

—Aku merasa ingin menangis. Aku sudah berusaha tidak melihat. Aku ingin seolah-olah mereka tidak pernah ada.

“Apa yang terjadi...?”

Mizuno-kun bertanya dengan khawatir saat aku menunduk.

“Aku tidak ingin melihatnya. Karena aku mencintai mereka, ayah dan ibuku itu.”

“Eh...?”

“Itulah kenapa aku tidak ingin berpikir bahwa mereka telah pergi dari sisiku. Kalau aku melihat foto itu, aku akan teringat semuanya, dan itu yang aku tidak suka.”

Setelah diam sejenak, aku melanjutkan.

“Padahal aku sangat mencintai mereka. Tapi, tiba-tiba mereka pergi tanpa sempat berpisah. Padahal aku ingin selalu bersama mereka. ...Aku takut. Aku takut orang-orang di sekitarku akan pergi lagi.”

Nat-chan, Miyu, Mizuno-kun... suatu hari tiba-tiba mereka mungkin tidak ada lagi.

Itu sebabnya aku ingin percaya bahwa orang tuaku yang telah pergi itu tidak pernah ada dari awal. Hari-hari yang aku habiskan bersama keluarga hanyalah mimpi yang aku ciptakan sendiri.

Jika begitu, mungkin aku bisa bertahan jika suatu hari seseorang pergi lagi.

Tiba-tiba—

“Bahkan jika mereka telah pergi, waktu yang sudah dihabiskan bersama tidak akan pernah hilang.”

Mizuno-kun berkata dengan nada suara yang seperti telah membulatkan tekad. Kata-kata yang tidak terduga itu mengejutkanku.

Jika itu dikatakan oleh orang lain, mungkin aku tidak akan peduli.

Tapi, karena itu dari Mizuno-kun yang sepertinya juga telah kehilangan keluarganya, aku bisa mencoba mempertimbangkan maknanya.

“Waktu yang sudah dihabiskan bersama...?”

“Waktu bahagia yang Yoshizaki-san habiskan bersama orang tua, itu memang ada. Mungkin tidak akan bertambah lagi. Tapi, itu tidak akan berkurang atau hilang. Kenangan menyenangkan sampai terjadinya kecelakaan dengan orang tua, itu bisa selalu diingat. Pasti ada banyak hal yang sudah diberikan oleh mereka sampai saat itu. Kalau kamu membuat semuanya seolah tidak pernah terjadi, itu juga akan hilang. Itu seharusnya ada dalam pikiran Yoshizaki-san.”

“Dalam pikiran...”

Ketika dikatakan seperti itu, kenangan bersama orang tuaku mulai terlintas dengan sendirinya.

Upacara masuk sekolah dasar. Saat aku pertama kali menang di kompetisi renang dan mereka terlihat begitu gembira. Ketika mereka merayakan ulang tahunku.

—Kenangan dengan ayah dan ibu yang tidak terhitung jumlahnya.

Namun, aku yang tidak melihat foto mereka bertahun-tahun, sudah mulai lupa wajah keduanya.

Tiba-tiba aku ingin melihat wajah mereka berdua.

“Mizuno-kun! Tunjukkan fotonya!”

“Eh...!? O, oke.”

Meski terkejut dengan permintaanku yang tiba-tiba dan penuh semangat, Mizuno-kun memberikan kedua foto tersebut padaku.

Foto pertama yang terlipat adalah foto gelang misanga dengan tompo kuda yang diterobos.

Aku membuatnya bersama ibuku.

Tompok kuda itu berwarna biru tua dan biru muda yang tercampur, “Warnanya pas dengan namamu, Ai.” kata ibuku waktu itu.

—Sayang sekali aku kehilangannya di Stasiun Shin-Osaka.

Lalu, aku melihat foto yang satu lagi.

Itu adalah foto yang diambil tepat sebelum kecelakaan, di taman hiburan di Osaka.

Kamera juga terlibat dalam kecelakaan, tapi untungnya tidak rusak, jadi Nat-chan yang mencetaknya untukku.

Di tengah foto, aku yang meniru karakter taman hiburan dengan wajah konyol. Ayah yang memperhatikan dan ibu yang terlihat tertawa.

—Ah. Mereka berdua memang seperti ini.

Saat aku menyadari itu, air mata besar mulai menetes dari mataku. Aku merasa kehilangan kekuatan di seluruh tubuhku dan duduk di tempat.

“Kamu baik-baik saja?”

Mizuno-kun berjongkok di sampingku dan bertanya dengan nada khawatir.

“Ayah dan ibu selalu bilang kalau aku adalah harta paling berharga bagi mereka.”

Aku tanpa sadar mengatakan itu pada Mizuno-kun.

Aku menyesal sedikit setelah mengatakannya, bertanya-tanya apakah itu akan membuatnya bingung? Tapi, Mizuno-kun mengangguk perlahan, dan itu membuatku merasa lega.

“Aku juga sangat mencintai mereka... Kenapa ya, aku mencoba melupakan sesuatu yang sangat kucintai?”

Wajah ayah dan ibu di berbagai situasi terus muncul di pikiranku. Wajah saat mereka tertawa, marah, dan khawatir.

Semua itu adalah wajah yang ditujukan padaku karena mereka mencintaiku.

—Aku memang dicintai oleh orang tuaku.

Mereka sudah tidak ada sekarang, tapi aku ada di sini karena mereka berdua. Karena mereka berdua telah merawatku dengan penuh kasih sampai aku berusia sepuluh tahun.

Itulah yang membuatku ada sekarang.

“Aku... akan selalu... ingat...”

Air mataku semakin deras dan suaraku terbata-bata. Lalu aku merasakan kehangatan lembut di bahu dan punggungku.

Mizuno-kun dengan lembut memelukku.

Aku sedikit terkejut, tetapi tidak ada perasaan tidak suka sama sekali.

Bahkan, aku merasa sangat nyaman di dalam pelukannya. Aku bahkan berpikir ingin terus berada di sini seperti ini.

Dan, entah mengapa, detak jantungku semakin kencang. Tubuhku terasa memanas.

—Apa ini? Aku sangat gugup.

Apakah karena aku dipeluk oleh seorang anak laki-laki? Tapi, sepertinya bukan hanya itu.

Mungkin karena itu Mizuno-kun—

Lalu di dalam pelukan Mizuno-kun, dengan suara yang bergetar karena tangis, aku mengatakan sesuatu dengan terbata-bata.

“Tentang ayah dan ibu... Aku tidak akan lupa. Mereka akan selalu... bersamaku...”

Di dalam hatiku, mereka masih hidup. Selama aku tidak melupakannya, kenangan itu tidak akan hilang. Hari-hari bahagia yang kami habiskan bersama akan selalu abadi.

“Ya...”

Mizuno-kun memelukku lebih erat. Aku tidak bisa menahan diri lagi, dan menangis dengan suara keras.

Untuk beberapa saat, aku terus menangis seolah tidak ada habisnya di dalam pelukan Mizuno-kun.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama