Mirai-san wa Mitame Dake Jiraikei Bab 1 Bahasa Indonesia

 Penerjemah: Maomao

Chapter 1 — Apa itu Jiraikei?

 

Di kelasku, ada seseorang yang penampilannya sangat mencuri perhatian.

Meskipun seragam yang dipakainya sama dengan siswi lainnya, ada hiasan-hiasan kecil yang membuatnya begitu berbeda dengan yang lain.

Misalnya, di kakinya. Kaos kakinya yang sepanjang mata kaki dihiasi dengan bordiran bunga kecil yang lembut.

Misalnya juga, di tangannya. Kuku palsunya yang berbeda setiap hari selalu indah dan mencolok.

Misalnya lagi, di lehernya. Choker yang dipakainya memiliki ruffle tipis namun mencolok.

Yang paling menonjol adalah rambutnya. Rambutnya yang berkilau diterpa sinar matahari diikat tinggi dengan dua ekor kuda. Pita besar dan mencolok yang mengikat rambutnya terlihat harmonis, bergoyang lembut tertiup angin.

Entah bagaimana, setidaknya bagiku, mejanya terasa seperti dunia yang berbeda.

Alasannya bukan hanya karena penampilannya, tetapi juga karena sekitarnya yang seolah-olah menjauhinya. Aku juga tidak pernah melihatnya berbicara akrab dengan siapa pun.

Walau aku tahu itu tidak sopan, mataku tetap tertarik untuk memandangnya, duduk di dekat jendela sambil menopang pipi, sampai terdengar suara yang membawaku kembali ke dunia nyata.

"Kensei, ada apa?"

"...Oh, Agena."

Yang memanggil namaku dengan suara manis dan santai itu adalah teman sekelasku, Agena.

Dengan mata sayu yang mengesankan, dia memasang senyum lesu yang tampak malas, dan kepalanya yang miring ke arahku menunjukkan niat menggodanya.

“Enggak ada hal penting, kok.”

“Kamu tadi melihat Miura-san, kan?”

“Kalau pun iya, itu tidak penting.”

Tidak ada hal penting. Seharusnya tidak ada.

“Ahaha, Kensei tetap saja keras kepala.”

Dengan suara tawa seperti permen yang berputar-putar, kepalanya berputar cepat melihat ke arah Miura-san, yaitu, gadis yang tadi aku perhatikan.

Mata Agena yang menyipit tiba-tiba, tampak setengah terbuka seperti menggambarkan kebosanan.

“Aku rasa, dia tidak cocok buat Kensei. Dia itu tipe jiraikei dan sepertinya juga menhera.”

“Apa maksudmu?”

“Anak baik dan serius seperti Kensei tidak boleh terjerat sama gadis yang seperti itu.”

“Makanya, apa maksudmu?”

Dengan tangan bersilang di depan dada, Agena membuat tanda silang besar. Karena cardigannya kebesaran, tanda silang itu terlihat berantakan.

Meskipun begitu, Agena tampak seperti tahu banyak tentang diriku. Memang, kami pernah satu sekolah di SD dan SMP. Tapi baru belakangan ini kami mulai sering berbicara.

Terlepas dari penilaian Agena tentangku, topik pembicaraan kita ada di tempat lain.

"Yah, maksudku, jangan sampai kamu jatuh cinta pada tipe seperti itu."

"Bukan itu, maksudku, apa yang dimaksud dengan istilah 'menhera' atau 'jiraikei'?"

"Hah?"

Agena menutupi mulutnya dengan tangan, yang tersembunyi oleh lengan cardigan kebesaran itu. Gadis ini benar-benar seperti pribadi yang dibentuk oleh suasana santai.

"Maksudmu, kamu tidak tahu apa itu 'jiraikei' dan 'menhera'? Itu parah banget. Lucu."

"Jadi, Agena tahu apa itu, kan?"

"Tentu saja. Jadi begini. Ada beberapa ciri yang jika digabungkan, jadilah perempuan tipe jiraikei menhera!"

"Seperti resep di Cookpad saja."

"Kensei tahu Cookpad, lucu."

Kamu pasti tertawa apapun yang aku lakukan.

Sekilas aku melihat ke arah Miura-san, dia masih melihat ke luar jendela. Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menghabiskan waktu istirahat, tapi tanpa melihat ke ponsel, apa yang dipikirkan Miura-san saat memandangi pemandangan luar yang tidak berubah dari lantai satu kelas ini?

"Hmm."

Perut Agena tiba-tiba berada di antara aku dan Miura-san. Kalau kamu pakai cardigan, kenapa tidak dikancing saja?

"Kensei-kun, biar aku kasih tahu ciri-ciri tipe jiraikei."

"Ah, baiklah."

Dari cardigan kebesaran itu muncul lima jari. Lima ciri rupanya.

"Pertama, sangat emosional."

Agena melipat jari kelingkingnya saat mengatakan itu.

Seharusnya mulai dari ibu jari, kan?

"Kalau cirinya adalah naik turun emosi, banyak orang yang cocok dengan itu."

"Bukan, bukan sekadar itu. Kalau tidak diperlakukan sebagai yang paling penting, mereka biasanya akan marah."

"Wah."

Menakutkan.

"Yang kedua, merasa dihargai adalah identitasnya."

"Identitas... bukti keberadaan?"

"Jangan pakai kata-kata sulit begitu."

"Hanya terjemahan langsung..."

"Pokoknya, mereka ingin dianggap imut oleh semua orang."

"Agena tidak begitu?"

"Aku sih, tidak peduli apa kata orang... jangan bahas aku! Tipe jiraikei akan melakukan apa saja agar dianggap imut oleh semua orang."

Sepanjang yang aku ingat dari masa SD dan SMP, sikap santai Agena ini tidak alami.

Berarti keimutannya dibuat-buat. Dia juga memperhatikan gaya rambutnya, dan aku pernah mendengar ada yang ingin menjadikan Agena pacar.

Namun, bukankah itu termasuk dalam "ingin dianggap imut"? Sulit juga.

"Yang ketiga, sangat bergantung pada orang lain dan suka mengontrol. Memantau ponsel pasangan itu biasa—kalau setengah hari tidak dihabiskan untuknya, dia bisa marah."

"Menakutkan."

"Ah, aku tidak seperti itu sama sekali, oke?"

"Memang anehnya, kamu tidak pernah mengontrolku dengan cara menakutkan..."

Tali pengikatmu mungkin terbuat dari gula-gula kapas.

"Lalu yang terakhir."

"Masih ada dua jari lagi, tuh."

Mendengarnya, Agena melihat jarinya sendiri, menggerak-gerakkannya, lalu melipat ibu jarinya seolah tidak ada apa-apa.

"Yang terakhir adalah..."

"Semuanya serba longgar..."

Dia pasti tidak berpikir apa-apa saat mengulurkan jari-jarinya tadi.

"Untuk memenuhi keinginan mereka, mereka bisa terjun ke tempat-tempat yang... ya, seperti itulah."

"Tempat-tempat yang...?"

"Eh, maksudku, tempat-tempat seperti itu!"

Kenapa dia jadi malu?

Tempat-tempat untuk memenuhi keinginan... oh, mungkin tempat seperti itu juga ada untuk wanita. Itu... aku tidak peka.

"Maaf. Karena ketidaktahuanku, aku membuatmu malu."

"Eh, tidak apa-apa, benar-benar tidak masalah."

"Agena, kamu tahu banyak tentang itu."

"Apa-apaan kamu, hah???"

Sial, itu juga kesalahan.

"Meskipun tahu banyak, bukan berarti Agena sudah pergi ke tempat seperti itu. Aku pikir kamu hanya tahu dari cerita saja, jadi tenang saja."

"Kamu ini!"

Tidak berhasil juga.

Dengan wajah sedikit memerah, Agena mengangkat kedua lengannya, tapi karena tangannya tidak terlihat dari lengan cardigan yang kebesaran, itu sama sekali tidak menakutkan. Meski begitu, aku merasa bersalah karena sudah membuatnya marah.

Saat aku merasa bersalah karena kekurangan kemampuanku berbicara, bel tanda akhir waktu istirahat berbunyi.

Agena yang tiba-tiba berhenti, menurunkan tangannya perlahan dan menghela napas.

"Yah sudahlah. Pokoknya, hati-hati dengan tipe jiraikei menhera seperti itu. Orang seperti Kensei gampang sekali ditipu."

Memang, aku tidak merasa diriku pintar. Jika terkena penipuan, aku mungkin akan langsung tertipu. Untuk email spam pun, aku lebih baik tidak menyentuhnya sama sekali.

"Tapi, Agena..."

"Hm?"

"Jadi, tipe jiraikei menhera itu, apa benar-benar mengerikan?"

"Akhirnya kamu sadar."

Dengan santai, Agena menyilangkan tangan di depan dada. Apa itu benar-benar disebut menyilangkan tangan? Itu hanya menaruh tangan di lengan, kan?

"Ya, ya, asal kamu paham."

"Iya, tapi..."

Saat Agena ingin kembali ke mejanya, aku melirik ke arah Miura-san.

Seperti biasa, kombinasi hiasan yang imut dan aura yang menjauhkan orang membentuk dunia yang aneh di sekelilingnya.

Jika Miura-san termasuk tipe jiraikei menhera yang berbahaya itu...

Tepat saat itu, karakter santai ini memotong pikiranku lagi.

Wajahnya muncul di hadapanku, menghalangi pandanganku.

"Hmm. Kensei, kalau kamu sampai terjebak dengan perempuan seperti itu, rekomendasimu dan semuanya akan hancur berantakan. Aku bisa melihat kamu memberikan segalanya dan kemudian ditinggalkan. Pokoknya benar-benar jauhi mereka, oke?"

"Memangnya kamu pikir aku ini cowok apaan?"

Agena yang menatapku lagi, hanya mengucapkan itu lalu kembali ke tempat duduknya.

Apa maksudnya?

Bagaimanapun juga. Contoh pria yang kehilangan arah karena terpikat oleh wanita memang banyak ditemukan dalam sejarah dan literatur.

Tapi, kalau Miura-san adalah tipe yang mengerikan itu, maka aku...

 

 

 

Sebelumnya  |   Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama