Mirai-san wa Mitame Dake Jiraikei Bab 2 Bahasa Indonesia

Penerjemah: Maomao

Chapter 2 — Aku Sedang Dipikat

 

"Selamat datang."

Sebenarnya kamu sudah lama disini, kan?

"Iya, aku pulang."

Dapur apartemen murah ini sempit dan terhubung dengan lorong. Jadi, kalau ada seseorang yang berdiri di sana, saat aku pulang lewat pintu depan, dia akan berada tepat di depanku.

Yang pertama masuk dalam pandanganku adalah celemek yang dipakai di atas seragamnya.

Garis yang membentuknya semuanya terdiri dari bordir renda, dan pita yang diikat di punggungnya sangat besar hingga terlihat seperti lelucon.

Pita terbesar yang aku tahu di dunia ini ada di punggungnya.

Awalnya aku salah mengira itu adalah kunci putar atau sejenisnya.

"Ada apa?"

Suaranya sejuk dan tegas. Berbeda dengan suara manis dan lembut Agena, suaranya yang tenang dan kalem meskipun kecil, masih jelas terdengar di telingaku.

Tatapan tajam yang menyertainya adalah keluhan terhadap pandanganku yang kurang sopan.

"Maaf, pandanganku kurang sopan. Seperti biasa, celemekmu luar biasa."

"Apa ini cocok?"

"Iya."

"Kalau cocok, tidak masalah, kan?"

"Iya."

Seperti yang dia katakan. Karena cocok dengannya, tidak ada masalah. Aku hanya merasa malu karena melihatnya dengan rasa ingin tahu.

"Eh... jangan terlalu murung begitu. Masuklah, ini kan rumahmu sendiri."

Dia tersenyum lembut dan memaafkanku.

Ya, ini rumahku. Tapi kenapa dia yang...

"Hari ini ada permintaan khusus, jadi aku buat hamburger steak."

"Begitukah? Terima kasih untuk bantuanmu setiap hari."

"Tidak masalah, aku juga melakukannya dengan senang hati."

Kata-katanya terdengar datar, tidak banyak emosi. Namun, gerakannya yang terbiasa mencincang bawang bombay dengan cekatan sangat indah.

Kuku palsu yang kulihat di sekolah, sekarang tidak ada.

"Meski begitu, terima kasih, Miura-san."

"Iya."

Miura-san mendukung kehidupanku tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Apakah ini yang disebut gadis jiraikei yang bisa membuat seseorang kehilangan kendali?

Aku benar-benar tidak mengerti.

"Nii-san, selamat datang."

Dari kamar dalam, adikku muncul.

"Hari ini hamburger steak."

Dan dialah yang meminta hidangan malam ini.

Matanya bersinar penuh semangat. Boneka beruang yang dipeluknya terlihat terjepit dan kepalanya miring. Aku berpikir apakah dia akan membuat hamburger dari boneka itu.

"Baguslah, Arisa. Sudah berterima kasih ke Miura-san?"

"Sudah."

Arisa mengangguk mantap, padahal dia baru berusia tujuh tahun dan duduk di kelas satu SD.

Di usia yang seharusnya masih ingin bermanja, sekarang hanya ada aku sebagai keluarganya. Pulang dari sekolah, tidak ada siapa-siapa di rumah, dan dia adalah anak yang memegang kunci rumah. Aku merasa bersalah.

"Lihat ini."

"Apa?"

Arisa dengan bangga menunjukkan boneka beruang yang lemas ke hadapanku.

"Nee-san yang kasih."

"Oh... wah."

Aku yang lamban tidak menyadari kalau boneka beruang itu sudah dipakaikan gaun putih yang mengembang.

Namun...

"Arisa, bukannya boneka ini laki-laki?"

"Ehm..."

Seingatku, Arisa memberi nama boneka itu Ponta atau semacamnya.

Namun, setelah berpikir sebentar, Arisa berkata dengan percaya diri.

"Itu zaman sekarang."

"Kalau soal zaman, ya, aku tidak bisa berkata apa-apa..."

Memang, mendengar itu, aku yang tidak mengikuti perkembangan zaman hanya bisa diam.

"Hehe ♪"

Suara tawa kecil dan manis terdengar dari belakang.

"Arisa itu lucu parah."

Tentu saja, itu suara Miura-san, yang tampaknya menikmati cara bicara Arisa.

"Benar. Suara Miura-san barusan juga sangat imut."

"Anggap saja tidak mendengarnya."

"Nee-san imut."

"Anggap saja tidak mendengarnya."

Meskipun Miura-san tampil imut seperti putri, sepertinya dia malu dengan keimutan yang muncul dari ketidakmampuannya menyembunyikan rasa malunya.

"Terima kasih banyak. Arisa sangat senang."

"Arisa juga senang."

Arisa mengangguk semangat di sampingku. Miura-san menatapku dengan sedikit canggung, sementara di tangannya, adonan hamburger bergerak-gerak.

Arisa segera tertarik pada pemandangan itu.

"... Sebenarnya, tidak terlalu merepotkan, kok. Aku hanya membuatnya dari kain sisa, jadi jangan khawatir."

"Usahamu dan rasa terima kasihku itu tidak sebanding, Miura-san."

"... Kalau begitu, anggap saja kita impas."

Aku tidak mengerti apa maksudnya, dan Miura-san hanya tersenyum.

"Kalau tidak paham, tidak apa-apa."

Senyumnya yang lembut begitu indah sampai-sampai membuatku terdiam.

Alasan aku merasa Miura-san memiliki daya tarik yang memikat adalah ini. Ini alasannya.

Aku tidak sepenuhnya mengerti apa yang dimaksud Miura-san. Tapi, melihat Miura-san yang selalu mendukung hidupku terlihat bahagia, dan ekspresi yang selalu berubah-ubah terlihat sangat menawan, jauh berbeda dari kesan dinginnya di sekolah.

"Nii-san, sudah selesai belum?"

"Adonan hamburgernya perlu didiamkan sebentar sebelum dipanggang. Tunggu sebentar lagi, oke?"

"Oke."

Sudah dua bulan sejak Miura-san mulai datang ke rumah kami. Arisa sekarang memanggilnya 'Nee-san' dan sangat menyayanginya, serta selalu terlihat bahagia saat berbicara dengannya.

Rumah yang dulu sepi sekarang menjadi cerah. Hanya karena itu, Miura-san sudah menjadi sosok yang sangat berarti bagiku.

"Arisa juga mau rambut seperti Nee-san."

"Aku sudah membawa pita untuk itu."

"Hore!"

Ibu kami kabur dengan seorang pria, dan ayah kami menghilang. Di tengah kesulitan ini, aku bisa tetap menjalani hidup berkat seorang dermawan yang menjamin kehidupan aku dan Arisa. Bahkan dengan semua itu, kebaikan Miura-san membuatku merasa sangat bersyukur.

"Nii-san."

"Apa?"

Saat aku menoleh, ada Arisa dengan rambut yang dikepang rapi dan diikat dengan pita, persis seperti Miura-san.

"Lihat, aku mirip Nee-san."

"Benar. Aku mungkin tidak bisa memastikannya, tapi... aku rasa ini gaya rambut yang paling menawan di dunia."

"Arisa juga berpikir begitu."

Saat mereka berdua saling mengangguk, Miura-san terlihat sedikit cemberut.

"Rasanya itu terlalu berlebihan."

"Masa? Seperti yang aku bilang, aku tidak terlalu paham soal gaya rambut, dan aku juga tidak begitu tertarik. Tapi entah sejak kapan, aku mulai memperhatikan Miura-san. Jadi, mungkin bagiku, standar penampilan menarik adalah Miura-san."

"Sudah cukup! Sudah cukup!!"

"Maaf, aku memang tidak pandai memuji orang."

"Bohooong!!"

Itu suara terkeras hari ini. Aku terkejut.

"Ah, sudah... jangan buat aku berharap lebih dari ini..."

"Miura-san?"

"Bukan apa-apa! Ayo, aku mau mulai memanggang, jadi pergi saja ke sana!"

"Hamburger steak!"

Kami didorong masuk ke kamar dalam. Meski ruangan itu kecil, tidak layak disebut ruang makan, tapi itulah tempat bersantai kami.

Di bagian paling dalam ada pintu yang menuju kamar tidur yang aku dan Arisa gunakan bersama.

Nantinya, kamar itu akan kuserahkan pada Arisa. Tapi yang lebih penting, aku harus bekerja lebih keras dan pindah ke tempat yang lebih luas untuknya. Meski begitu, aku sangat bersyukur kami bisa tinggal di sini.

"... Maizono."

"Apa?"

Saat namaku dipanggil, aku berbalik. Miura-san menatapku dengan tatapan ingin mengatakan sesuatu, lalu menggelengkan kepalanya pelan. Wajah yang terlihat seperti telah menyerah pada sesuatu, yang kadang-kadang kulihat.

"... Aku akan menerima pujian itu, tapi aku bukan orang yang menarik."

Dari semua ekspresi Miura-san, ini yang paling tidak kusukai.

"Tidak peduli apa yang kamu pikirkan, bagi aku itu tidak berubah."

"... Kamu ini, benar-benar..."

"Begitu mengetahui situasi aku dan Arisa, kamu langsung membantu kami. Itu sudah lebih dari cukup bagiku."

Aku teringat saat pertama kali berbicara dengan Miura-san.

Karena aku tidak pandai berbicara, aku tidak bertanya apa pun tentang keadaannya.

Menurut Miura-san, alasan dia membantu kami adalah karena dia menyukai cokelat panas yang kubuat saat itu.

"Sebagai balasan untuk cokelat panas, ini terlalu banyak."

Saat aku mengatakan itu, Miura-san menghela napas dengan kesal.

Lalu, seperti biasanya, dia tersenyum lembut, senyum yang sangat kusukai.

"Tenaga dan rasa terima kasihmu tidak sebanding."

Apa ini yang disebut gadis jiraikei yang bisa membuat seseorang kehilangan kendali?

Aku benar-benar tidak mengerti.

Namun, aku merasa tidak masalah jika aku tertipu oleh Miura-san.

"Kalau memang ini yang disebut 'tertipu', mungkin aku tidak masalah."

Maafkan aku, Agena.

Ternyata pria memang makhluk yang sederhana. Hanya dengan senyuman dari seseorang yang kita anggap menarik, kita sudah merasa bahagia.

"Apa?"

Ah, sial, aku mengatakannya dengan suara keras.

"Eh, apa? Tertipu? Apa maksudmu?"

Ini aneh. Senyuman Miura-san biasanya membuatku bahagia, tapi mengapa sekarang aku merasa sedikit kedinginan?

"Tidak, bukan apa-apa."

"Bukan apa-apa bagaimana? Padahal yang kamu katakan tadi cukup aneh. Apa maksudnya tertipu?"

"Ah, maksudku... aku tahu kalau aku tidak layak untuk hal semacam itu."

"Walau kamu merasa seperti itu, nilai dirimu di mataku tidak akan berubah, jadi hentikan sikap merendahkan dirimu itu."

Dia marah. Meskipun masih tersenyum, aku bisa membayangkan urat nadinya menegang di dahinya yang kecil.

Langkah demi langkah dia mendekat, dan aku hanya bisa mundur perlahan, aku tidak ingin Arisa melihat Miura-san yang sedang marah.

"Siapa yang mengatakan itu padamu kalau kamu tertipu olehku?"

"Bukan siapa-siapa, kok."

Saat aku mencoba mengelak, Miura-san segera mengubah taktik.

Dia merapatkan bibirnya yang rapi, menggenggam tanganku, dan dengan mata yang berkaca-kaca, dia menatapku dari bawah.

"Kalau kamu bohong padaku, aku mungkin akan menangis."

"Itu teman sekelas."

Aku sadar, ketahanan diriku selevel dengan koefisien gesekan dalam pelajaran fisika SMP.

"Begitukah."

"Um... Miura-san?"

Perubahan cepatnya membuatku takut. Dia menatap dinding sambil menempelkan tangan ke mulutnya, terlihat sedang merenung.

"Meskipun begitu, aku tidak masalah. Terlepas dari niat Miura-san, aku pikir hasil akhirnya yang penting. Lagipula, kalau ada sesuatu yang menghalangi, itu adalah nilai diriku sendiri. Itu mungkin memalukan bagi Miura-san, jadi kamu bisa menolaknya, aku juga tidak akan keberatan."

"Maizono."

Miura-san memotong kata-kataku dengan tatapan tidak puas.

Dengan lembut dia menyentuh bibirnya yang lembut dan berwarna kemerahan dengan jari telunjuknya.

"Menurutmu, apakah berusaha menjadi menarik bagi seseorang yang ingin kamu kagumi bisa disebut sebagai tipu muslihat?"

"Entahlah. Bisa saja begitu, tapi rasanya kata-kata itu terlalu kasar..."

"Jadi, mungkin itu tidak sepenuhnya salah."

"Apa?"

Miura-san mengatakan itu dengan santai dan mengangkat salah satu alisnya dengan nakal.

"Itu maksudnya apa?"

"Jangan tanya artinya sekarang."

Miura-san mengedipkan mata dengan ringan.

"Lalu, kamu harus sekali lagi menilai dirimu sendiri. Memang kamu terlalu serius, dan situasi di rumah mungkin tidak stabil... tapi ada orang-orang yang mendukungmu untuk mengatasi itu semua. Kebaikan dan tanggung jawabmu, upaya keras untuk masa depan, perhatian pada hal-hal kecil—"

Miura-san tiba-tiba berhenti berbicara. Aku merasa sedikit malu karena dipuji, tapi kemudian dia menutup wajahnya dengan satu tangan, seolah ingin menghalangi pandanganku.

"Lupakan saja."

"Apa?"

"Anggap saja tadi tidak ada."

"Ah, begitu."

Aku merasa sedikit kecewa.

"Boleh aku tahu kenapa kamu menarik ucapanmu?"

"Jangan pasang wajah sedih begitu..."

"Tidak, aku tidak sedih."

"Tidak seimbang! Aku yang terlalu banyak memberikan—maksudku, yah! Aku tidak akan memaafkan siapa pun yang bilang kamu tertipu! Dia pasti menyukaimu! Haha, rasakan itu! Aku dipanggil 'Nee-san' oleh Arisa!"

"Mi-Miura-san...?"

Sepertinya dia rusak.

Aku ingin percaya kalau Agena memberiku nasihat itu dengan niat baik.

Soal suka atau tidak suka, kami sudah lama tidak punya hubungan yang dekat sejak masuk SMA.

Tapi... mengingat Agena...

'Dia sangat emosional.'

Saat ini, aku tidak bisa menyangkal itu tentang Miura-san...

"Boleh aku bertanya sesuatu? Aku hanya ingin meluruskan beberapa hal dan memastikan tidak ada kesalahpahaman."

"—Kita tidak punya banyak interaksi di sekolah agar tidak menimbulkan reputasi buruk untukmu, tapi perempuan yang kamu tidak suka sering berada di rumah pria yang kamu suka. Bagaimana perasaanmu jika mengetahui hal itu? Siapapun itu!"

"Miura-san?"

"Apa!?"

Miura-san berbalik dengan cepat, dan aku merasa perlu bertanya untuk memastikan.

"Miura-san, apa kamu benar-benar tipe jiraikei?"

Miura-san malah marah.

 

 

 

Sebelumnya  |   Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama