Kono Monogatari wo Kimi ni Sasagu Bab 3 Bagian 6 Bahasa Indonesia

Penerjemah: Maomao

Bab 3 — Demi Siapa Kamu Melakukannya

Bagian 6

 

Sudah lebih dari sepuluh jam sejak Yuuto membuka paket itu. 

Ia menghabiskan malam dengan membaca surat itu berulang kali, dan tanpa disadari, pagi telah berlalu dan menjadi siang. Kini, ia duduk tertegun di depan meja dengan sepuluh surat yang tergeletak di atasnya. 

Di dalam ruangan, keheningan yang dalam seperti salju mulai menyelimuti. 

Sepuluh surat itu mengandung bertahun-tahun perjalanan Kotoha. 

Sosok Kotoha yang mencintai cerita dan didorong oleh penyakit yang membawanya menuju kematian, berusaha menuju tujuan sebagai seorang editor. 

Semua itu sangat cocok dengan imajinasi Yuuto—kecuali satu perbedaan. 

"Kenapa...?" 

Bagi orang lain, itu mungkin hanya perbedaan kecil. 

Namun, bagi Yuuto, itu adalah perbedaan yang terlalu besar. 

Saat itu, getaran ponsel membelah keheningan. 

Ia terkejut sedikit. 

Ketika melihat layar pemberitahuan, nama seseorang yang tak terduga muncul. 

Setelah ragu sejenak untuk mengangkat telepon, ia akhirnya menekan tombol panggil. 

Ia merasakan firasat yang sangat tidak menyenangkan. 

"Ya?" 

"Ah, Hiiragi-kun!? Ini Hikawa!" 

Suara yang terdengar sangat tertekan membuat tubuhnya tegang. Dan, 

"Kotoha-chan...!"

Kata-kata yang diucapkan oleh Hikawa Shouko membuat Yuuto tertegun.

"Natsume... ada apa dengannya...?"

Suara itu bergetar.

Ia menyadari bahwa firasat buruknya akan menjadi kenyataan.

"Aku ada urusan di Tokyo, jadi aku datang untuk menjenguknya, tapi, habis itu, Kotoha-chan...!"

Hikawa, yang biasanya tenang, sekarang sangat panik. Ucapannya tidak jelas dan membuatnya frustrasi. Hanya rasa cemas dan takut yang mengalir ke dalam tubuhnya seperti air es yang dingin.

"Hiiragi?"

Tiba-tiba, suara yang terdengar di telepon berubah. Suara pria yang tenang dan dalam.

"Ketua...?"

"Benar."

Watanabe, ketua klub teater, mengonfirmasi dengan singkat dan melanjutkan kata-katanya. Meskipun ia tenang, ada suasana yang terasa seolah-olah setiap detik sangat berharga.

"Kami datang ke Tokyo untuk urusan. Kami bertemu di waktu luang dan datang untuk menjenguk Natsume-san di rumah sakit. Namun, sebelum bisa bertemu, kondisinya tiba-tiba memburuk dan ia pingsan. Setelah itu, sepertinya ia berhasil pulih, sayangnya dia masih belum sadar..."

Watanabe menjelaskan semuanya dalam satu napas dan berusaha menenangkan pernapasannya.

"...Kondisinya tampaknya cukup serius. Meskipun ia berhasil sadar, jika tidak segera menjalani operasi dalam beberapa hari ke depan, itu bisa berakibat fatal... Aku mendengar dari ibunya."

"Cepatlah kesini, Hiiragi-kun...!" 

Suara Watanabe tumpang tindih dengan suara tercekik dari Hikawa. Yuuto menggigit bibirnya. 

"Aku keluar sebentar!" 

Yuuto memutuskan panggilan, mengenakan coat di atas pakaian rumahnya, lalu hanya membawa dompet dan kunci sepeda sebelum bergegas keluar dari kamar. 

Tiba-tiba, ia diserang oleh hawa dingin yang menusuk seluruh tubuhnya. 

Di luar, salju yang turun sejak kemarin menyelimuti segala sesuatu dengan lembut, namun mengisi pandangan hingga tak terlihat apa-apa. 

Gunung-gunung di kejauhan sepenuhnya tertutup oleh kabut putih, sementara di atas aspal, salju telah menumpuk. 

Namun, ia tidak bisa memikirkan hal-hal semacam itu. 

Ia melompat ke atas sepeda dan mulai mengayuh menuju stasiun yang berjarak sekitar sepuluh menit. 

Rantai yang membeku mengeluarkan suara berderit seolah protes, tetapi ia mengabaikannya dan menginjak pedal sekuat tenaga. 

Salju yang menempel di wajah dan tangan terasa seperti serangan tajam, membawa rasa sakit yang mencabik. Bukan lagi salju, melainkan sudah seperti butiran es yang menghujani. 

Salju terus-menerus masuk ke dalam mata dan hidungnya dengan tanpa permisi. 

"Brengsek..." 

Ia mengabaikan rasa sakit itu, menundukkan wajahnya untuk menjaga pandangannya dan pernapasan, lalu terus melaju. 

Syukurnya, hampir tidak ada mobil yang melintas di jalan. 

"Brengsek...!" 

Dalam pikirannya, terulang kembali isi surat dari Kotoha yang telah ia baca berulang kali.

Suara dia bergema di benak Yuuto. 

"Salam kenal, saya Natsume Kotoha." 

Itulah surat pertama yang ia terima. 

"Saya menulis surat ini setelah membaca novel Anda, 'Taman Bunga di Bulan Biru'. Ini adalah pertama kalinya saya mengirim surat kepada seorang penulis, jadi maaf jika ada yang aneh. Saya ingin meminta maaf terlebih dahulu! Sebenarnya, novel Anda direkomendasikan oleh ibu saya beberapa waktu lalu, tetapi saya tidak membacanya sampai beberapa lama kemudian. Ketika saya mengetahui bahwa Anda menulis novel ini saat masih di SMP, jujur saja, saya berpikir itu tidak begitu istimewa. Saya meremehkannya." 

Dalam ungkapan yang tidak seimbang antara kepolosan dan kedewasaan, kejujuran khas Kotoha terungkap. Saat itu, dia mungkin masih di tahun kedua SMP. 

"Tapi, saya salah. Saya sangat menyesal tidak membacanya lebih awal. Karena, saya benar-benar tersentuh oleh novel Anda. Ini adalah pertama kalinya saya menangis dan tertawa sebanyak ini. Saya merasa frustasi karena tidak bisa mengekspresikan perasaan saya dengan baik." 

Kemudian, dia berbagi tentang adegan yang disukainya, karakter favoritnya, dan kalimat yang menyentuh hatinya—seolah-olah dia mengukir setiap kata dalam ingatannya dengan penuh semangat. 

Namun, ketika membayangkan apa yang mendasari semangat itu, hati Yuuto terasa tercekik. 

Rasa sakit yang menyengat dari angin badai yang menerpa jari dan telinga terasa jauh lebih ringan dibandingkan dengan rasa sakit yang tak tertahankan di dalam hati.

Saat itu, dia pasti sudah mengetahui tentang penyakitnya. 

"Sekarang saya telah membaca 'Jam Matahari Bunga Matahari' dan 'Jembatan Kata yang Kau Lewati', jadi saya menulis surat lagi. Kedua karya tersebut sangat luar biasa—" 

Surat-surat Kotoha terus berlanjut. Surat-surat tebal yang penuh dengan ulasan dan pujian ditulis dengan rapi di banyak lembar kertas, dan banyak yang dikirimkan kepadanya. Cap pos pada amplopnya muncul setiap satu atau dua bulan. 

Kemampuan pemahaman Kotoha yang didukung oleh banyaknya bacaan kadang-kadang membuat Yuuto terkejut. Dia bisa membaca nuansa cerita yang bahkan Yuuto sendiri tidak sadari, dan dengan cerdik mengungkapkannya dalam kata-kata. 

Namun, setelah satu tahun berlalu, suasana surat-surat Kotoha sedikit berubah. 

Alasannya sederhana.  

Natsume Kotoha telah menghabiskan seluruh karya Haruhiko Fuyutsuki dalam satu tahun. 

Oleh karena itu, isi surat-suratnya sekarang adalah ulasan tentang karya-karya yang telah dibacanya. Dia telah membaca ulang karya-karya yang sudah ia baca berkali-kali, dan menuliskan penemuan baru yang didapatnya dalam surat-surat tersebut. 

Yuuto menyadari bahwa setiap ulasan tersebut mencerminkan pemahaman yang lebih dalam terhadap cerita dibandingkan sebelumnya. 

Dia mendengarkan setiap kata dalam dialog para tokoh, memperhatikan setiap gerakan, dan memikirkan kedalaman pikiran mereka, seolah-olah Kotoha membaca dengan memproyeksikan dirinya ke dalam dunia cerita.

Seolah-olah dia sendiri telah berjalan dengan kakinya di dunia yang digambarkan Yuuto melalui tulisannya, dan mengalami cerita itu dengan tubuhnya—perasaan semacam itu tertuang dalam surat-surat penggemarnya. 

"Betapa bodohnya..." 

Yuuto tidak bisa menahan diri untuk berbisik seperti itu di antara napasnya yang tersengal. 

Butiran salju masuk tanpa ampun ke dalam mulutnya. 

Salju menempel di wajahnya, membuat air mata dan ingusnya membeku. 

Dengan menginjak pedal sepeda yang membeku, suara berderitnya terserap oleh salju yang menyelimuti dunia.

Awalnya, dia tidak bisa memahaminya. 

Waktu yang tersisa bagi Kotoha tidak banyak, dan dia pasti sudah mengetahuinya. 

"Saya sangat menantikan untuk membaca karya baru Anda, Fuyutsuki-sensei." 

Namun, dia terus membaca ulang karya-karya Haruhiko Fuyutsuki yang sudah dibacanya. 

Dan dia terus-menerus mengirimkan surat. 

Dia tidak berpikir itu sia-sia. 

Namun, dia merasa bingung tentang alasannya. 

"Betapa bodohnya...!" 

Ketika dia berteriak, bibirnya yang membeku karena badai salju dengan mudah pecah, dan rasa darah menyebar di mulutnya. 

Tetapi dia berteriak sekali lagi. Dia tidak bisa menahan diri untuk tidak melakukannya. 

[Kepada Fuyutsuki-sensei, 

Apa kabar? Hari ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda, jadi saya menulis surat ini. Karena itu, kali ini tidak ada ulasan. Maaf.]

Itu adalah surat terakhir yang dikirimkan oleh Kotoha. 

Sekitar satu tahun yang lalu. 

Surat penggemar yang kesepuluh. 

[Saya sangat berterima kasih kepada Anda, tetapi untuk menyampaikan hal itu dengan baik, saya merasa saya harus menulis tentang diri saya sendiri. Tolong jangan anggap saya sebagai wanita yang berat.]

[Saya menderita penyakit otak sejak beberapa tahun yang lalu.]

[Teman-teman saya menghilang satu per satu, dan ayah serta ibu saya juga berselisih dan bercerai.]

[Untuk melupakan kenyataan, saya hanya membaca buku-buku yang saya cintai.]

[Bagi saya, buku adalah alat untuk melarikan diri dari kenyataan yang sangat saya benci.] 

[Tapi, pelarian dari kenyataan itu mendekati batasnya,]

[Ketika saya mulai berpikir, 'Mungkin saya lebih baik mati saja.]

[Pertemuan saya dengan novel Fuyutsuki-sensei terjadi pada saat-saat yang tidak berdaya seperti itu.]

[Cerita Anda dengan lembut menemani saya yang terluka.]

[Anda menunjukkan kepada saya warna dunia yang terang di tengah kegelapan malam.]

[Anda memberikan kekuatan hidup kepada saya yang ingin mati.]

[Hanya cerita Anda yang memberi saya harapan untuk melihat ke depan sekali lagi, ketika saya sudah menyerah dan berpaling.]

Pasti saat itu, dia yang masih menjadi siswa SMP menggunakan semangat dan keberaniannya untuk mencari Inamura, dan kemungkinan besar, dengan bantuan Inamura yang mungkin telah mengetahui keberadaan Kotoha melalui surat-surat penggemar, dia berhasil menemukan tempat Yuuto. 

Dia pindah ke tempat yang tidak dikenal dan menemukan Yuuto. 

Dengan penuh usaha, dia berusaha mengembalikan Yuuto ke jalur penulis. 

Semua itu dilakukan dengan cara yang tidak mengenal kompromi. 

Namun, itu semua adalah hal yang wajar. 

Dia telah menawarkan hidupnya yang mungkin bisa berakhir kapan saja. 

Pasti, dia berpikir untuk melakukan segala sesuatu yang bisa dia lakukan. 

"Betapa bodohnya...!" 

Mengapa dia terlibat dengan seorang penulis yang sudah berhenti berkarya? 

Mengapa dia menghabiskan hidupnya yang berharga untuk sesuatu yang tidak pasti? 

Mengapa, mengapa— 

"Itu aku...!" 

Penyesalan mengalir deras. 

Kata "bodoh" kembali memantul seperti gema di dalam dirinya. 

Pasti ada banyak petunjuk. 

Seharusnya dia bisa menyadari niat sebenarnya dari Kotoha lebih awal. 

Seandainya begitu, mungkin kondisi penyakitnya tidak akan memburuk hingga sejauh ini. 

Ketika dia jatuh sakit saat membuat naskah, seharusnya dia bisa lebih menegaskan.

Seandainya dia segera membaca surat penggemar yang dikirimkan Inamura. 

Tidak, seandainya dia tidak berhenti menulis sejak awal, Kotoha tidak perlu mempertaruhkan hidupnya seperti ini. 

Dan mungkin, dia juga tidak akan pernah bertemu dengannya. 

Gambaran Kotoha yang tersenyum puas setelah membaca karya baru Haruhiko Fuyutsuki dan menuliskan surat muncul di benaknya—Kotoha yang tidak mengenal Yuuto, hanya ada dalam khayalan. 

Dengan suara keras, roda belakang sepeda terangkat. 

Dia menabrak blok trotoar yang tersembunyi di bawah salju. 

Yuuto terhempas ke depan dan jatuh di atas salju. 

Dia terjatuh dengan keras, punggungnya menghantam tanah, dan napasnya terhenti sejenak. 

Dia batuk, dan rasa sakit di punggungnya datang terlambat. 

Kedinginan salju merayap ke seluruh tubuhnya, seolah-olah menggerogoti. 

"Brengsek..." 

Dari langit yang kelabu, ribuan kristal salju jatuh. 

Dunia yang hening dan membeku. 

"Aku tidak bisa melakukan apa pun untuknya...?" 

Dia telah membuat naskah bersama, dan menulis novel berdasarkan itu. 

Namun, semua itu adalah hasil dari usaha Kotoha yang mati-matian mengangkatnya kembali. 

Yuuto hanya menerima semua itu secara sepihak. 

Seolah-olah dia kembali ke jalur penulis dengan mengorbankan nyawa Kotoha.

"Sekarang... aku harus pergi..." 

Jadi, setidaknya saat dia menderita, aku ingin berada di sisinya— 

Dengan pikiran itu, Yuuto berusaha bangkit meskipun tubuhnya terasa sakit.

Saat itu, seolah-olah angin panas musim panas bertiup kencang.

Tolong tulis. Novelmu.

Dia melihat kembali ke saat Kotoha tiba-tiba muncul di kelasnya dan mengatakan itu. 

"Aku mengerti. Aku sudah menulis sekuat tenaga." 

Aku telah menuangkan semua yang kamu berikan padaku, dan menyelesaikan karya terbaikku. 

"Itu akan segera diterbitkan. Hanya tinggal dua bulan lagi." 

Di tengah badai salju, Kotoha berdiri tersenyum seolah-olah di musim panas. 

"Tapi, kenapa—" 

Ketika Kotoha pindah rumah sakit, mereka berjanji untuk tidak bertemu sampai bukunya selesai. 

Dia berjanji akan memberikan novel terbaiknya, dan menyatakan bahwa dia akan mengubah hati Kotoha. 

Namun, novel itu akan dirilis dua bulan lagi, dan waktu yang tersisa untuk Kotoha hanya beberapa hari. 

Sama sekali tidak cukup. 

Seandainya aku memiliki lebih banyak bakat. 

Seandainya aku bisa menyelesaikan naskah lebih cepat. 

Namun, apa pun yang disesali sekarang sudah terlambat. Dan itu tidak berarti apa-apa. 

Saat ini, satu-satunya yang bisa kulakukan adalah percaya dan menunggu di sisinya, serta meyakinkannya untuk menjalani operasi. 

Itulah yang bisa kulakukan sekarang.

Namun, apakah kata-kata bujukan yang dia ucapkan benar-benar sampai ke Kotoha? 

Dia akan melanggar janji untuk mengantarkan buku itu. Bukan sekadar buku biasa. Ini adalah buku yang sangat dia nantikan, yang dia usahakan dengan segenap jiwa dan raganya. 

Namun, meskipun dia ingin menyerahkan buku itu, itu hanya harapan yang tidak berarti—sebuah keinginan yang tidak mungkin terwujud. 

"…Benarkah begitu?" 

Saat pikirannya mulai berputar, Yuuto tiba-tiba bertanya pada dirinya sendiri. 

Kotoha telah mengabdikan seluruh jiwa dan raganya tanpa memilih cara untuk mencapai tujuannya. 

Bagaimana dengan diriku? 

Apakah aku benar-benar telah melakukan segala yang bisa kulakukan? 

Apakah aku telah menggunakan semua cara yang ada? 

"Buku terbaik, naskahnya sudah selesai..." 

Dia menggumam. 

"Setelah ini, hanya perlu menjadi buku..." 

Dia merasa seolah-olah roda yang sebelumnya berputar tanpa arah kini telah saling mengait dengan sempurna. 

Ketika dia menyadari, bayangan Kotoha telah menghilang. 

Dia mengeluarkan ponselnya dari saku, dan tanpa ragu memilih nama orang itu dari riwayat panggilan. 

"Ya, ini Inamura." 

"Ini Fuyutsuki," Yuuto menyebutkan nama pena. "Bisa bicara sebentar?" 

"Iya, tidak masalah. Ada apa?" 

"Tadi, saya sudah membaca surat penggemar."

Sambil merasa kasihan pada Inamura yang panik, Yuuto melanjutkan. 

"Tanggal rilisnya tidak perlu dipercepat. Yang saya minta untuk dipercepat adalah jadwal pembuatan buku sampel." 

"Buku sampel...?" 

Buku sampel adalah buku yang dikirim kepada penulis dan pihak terkait sebelum beredar di toko buku. 

"Jika sulit mencetak banyak, satu eksemplar saja sudah cukup. Yang terpenting, saya sangat membutuhkan satu buku yang sudah selesai." 

"…Bolehkah aku tahu alasannya?" 

Mungkin merasakan ketegangan yang tidak biasa dari Yuuto, Inamura bertanya dengan nada yang penuh kehati-hatian. 

"Saya berjanji kepada Natsume. Kami tidak akan bertemu sampai novel yang selesai menjadi buku. Saya ingin mengubah pikirannya dengan novel saya, agar dia mau menjalani operasi." 

"Janji dengan Natsume… jadi, jangan-jangan, alasan kamu ingin contoh buku segera adalah…?" 

"Iya. Natsume telah jatuh sakit. Dia mungkin tidak akan bertahan beberapa hari lagi. Dia dalam situasi yang membutuhkan operasi segera, tetapi dia pasti tidak akan mau menjalani operasi jika buku ini belum selesai. Jika saya menemui dia dalam keadaan buku yang belum selesai, dia mungkin bahkan akan menolak untuk bertemu. Namun, penerbitan resmi tidak akan mungkin selesai tepat waktu, jadi saya tidak punya pilihan lain selain menggunakan buku sampel." 

Dengan suara keras, terdengar suara kursi atau sesuatu yang jatuh dari sisi telepon. 

"Kenapa tidak memberi tahu lebih awal? Fuyutsuki-sensei, kamu sekarang di mana?" 

"Saya sedang dalam perjalanan ke Tokyo. Saya kira saya akan tiba di sana dalam waktu sekitar tiga jam."

"Aku mengerti situasinya." 

Suara Inamura bergetar. 

"Tapi, meskipun hanya satu eksemplar, aku rasa membuat buku sebelum besok adalah hal yang sangat sulit secara realistis. Karena kita belum mengatur jadwal percetakan yang paling penting. Aku akan mencoba bertanya, tapi..." 

Di percetakan, mesin cetak selalu digunakan, dan sebenarnya, belum ada pelat yang dibuat untuk mencetak. 

"Biarkan saya bertemu dengan orang di percetakan." 

"Ha...?" 

"Saya akan memohon pada mereka. Saya akan melakukan apa pun, bahkan saya rela apabila harus bersujud." 

"Fuyutsuki-sensei..." 

"Tolong. Satu-satunya orang yang bisa saya andalkan adalah Anda, Inamura-san." 

Setelah hening yang panjang, akhirnya Inamura menghela napas perlahan. 

"…Baiklah. Mari kita pergi bersama. Aku tidak tahu apakah mereka akan mendengarkannya atau tidak, tapi kita akan berusaha untuk mendapatkan setidaknya satu buku." 

"Inamura-san!" 

"Tapi, akulah yang akan bersujud. Tidak mungkin aku membiarkan seorang penulis, apalagi seorang pelajar SMA, melakukan hal seperti itu. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa aku negosiasikan. Mengerti?" 

"Tapi…" 

"Aku ingin kamu menjelaskan kepada mereka mengapa kita perlu mempercepat penerbitan. Bisakah kamu melakukannya?"

Jadi, itu berarti Yuuto harus menceritakan secara terbuka situasi antara Yuuto dan Kotoha kepada orang yang sepenuhnya asing, meskipun mereka adalah orang yang terlibat dalam penerbitan. 

"Karena mereka juga manusia. Jika mereka mengetahui situasi dan perasaan kalian, mereka akan lebih mudah untuk diajak bekerja sama. Intinya, kita akan mengandalkan emosi. Tentu saja, jika kamu tidak bisa berbicara, aku akan berusaha sekuat tenaga untuk memohon…" 

Namun, itu mungkin tidak akan cukup meyakinkan. 

Yuuto berpikir tidak perlu ragu. 

"Tidak masalah." 

Jika itu bisa meningkatkan kemungkinan, dia akan melakukan apa pun yang diperlukan. 

"…Terima kasih. Aku mengerti tekadmu, Fuyutsuki-sensei. Mari kita berjuang bersama. Jadi, Fuyutsuki-sensei, aku akan menunggumu di Tokyo." 

"Baik, saya akan segera berangkat." 

Setelah menutup telepon, dia mengangkat sepeda yang terjatuh. 

Rodanya sedikit bengkok, tetapi dia tidak peduli dan mulai mengayuh. 

Dia melaju di jalan yang tertutup salju, menuju stasiun. 

Sendirian, untuk menyampaikan novel kepada orang yang sangat berarti baginya.


 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama