Mary-san Comes on Foot Chapter 02 Bahasa Indonesia




Hari ke-2 :  Percakapan dengan Mary-san

“... Nagasaki?” 
“Ya ... jaraknya sekitar dua ribu kilometer dari Aomori”' 
“Dan kau akan melakukan perjalanan dari jarak sejauh itu?” 
“Ya. Dengan Berjalan kaki.”
Keesokan harinya. Mary menelepon lagi pada waktu yang sama, dan aku menggerutu padanya.
"Tidak. Tidak Tidak. Tidak.  Tidak. Tidak. Itu bukanlah sesuatu yang dilakukan oleh Mary-san, bukan? Bukannya dia itu tipe yang menguasai gaya pembunuh?  Di dalam game MMO, dia mendapatkan job yang mengkhususkan diri dalam keterampilan pencarian dan gerakan, bukan?” 
“Tidak, um, aku juga memiliki pendapat yang sama, tapi ...”
“Dan sekarang apa? Berjalan kaki? Kau sedang berjalan? Walkman? Apa kau tidak keberatan dengan itu, Mary-san?” 
“Walkman adalah sesuatu yang lain ... urgh, um. Aku tahu ini adalah keadaan yang mengerikan untuk Mary-san.”
Sekarang, aku menjaga kata-kataku, dan aku memiliki percakapan telepon lain dengan peserta pelatihan Mary-san, Mary-chan yang ini, tapi Mary-chan ini mengatakan beberapa hal yang jauh diluar nalar.
“Tidak, aku tidak terlalu menyalahkanmu untuk itu, tapi berjalan dua ribu kilometer, itu terlalu…..... lagian, kenapa kau berjalan? Kau seharusnya menjadi legenda urban Mary-san, bukan? Apa kau tidak memiliki kemampuan alami? Seperti kemampuan untuk melakukan warp dari ponsel ke ponsel atau semacamnya?” 
“Ah, aku terkejut kau mengetahuinya. Mary-san yang asli memang memiliki kemampuan seperti itu. Itu kekuatan yang disebut Hide and Seek : Hati-hati pada sisi lain.”
"Wow!"
ESP! Sumber dari hasrat dan mimpi abadi! 
Semangatku mulai naik sedikit. Untuk beberapa alasan, judul dan isinya tidak sinkron sama sekali, dan aku memiliki sedikit dorongan untuk membalas bahwa apa yang dia sebut clairvoyance polosnya hanyalah clairvoyance tua, tapi ini ya ini dan itu ya itu. Laki-laki adalah makhluk yang merindukan ESP tidak peduli berapapun usianya. 
Namun itu tidak menghilangkan rasa penasaranku. Sebuah Alasan yang membuat Mary terjatuh ke dalam keadaan yang mengerikan, sehingga membuatnya berjalan melintasi Kepulauan Jepang.
“Itu karena aku masih trainee (latihan). Aku tidak bisa belajar kemampuan. Dan  Aku tidak mempunyai skill poin lagi, jadi aku ...”
“Jadi itu memakai sistem poin !?”
... Eh? 
Semangatku yang sudah meninggi karena mendengar kata ESP mulai turun drastis... semacam ini, bukan sesuatu seperti, 'teknik terlarang ini telah diwariskan melalui klanku dari generasi ke generasi...!' Aku mengharapkan sesuatu semacam itu. Kau mengerti perkataanku, ‘kan? ... Kau tidak mengerti? Begitu ya.
“M-Mau bagaimana lagi! Maksudku, jika aku tidak memiliki clairvoyance, aku bahkan tidak bisa melakukan tugas Mary-san ... Aku menggunakan semua poin keterampilanku  pada clairvoyance.”

“Yeah, aku tidak berpikir kau bisa melakukan apapun jika kau hanya memiliki kemampuan gerakan yang baik.”
Maksudku, tanpa clairvoyance, Dia harus menelepon dan meminta lokasi target mereka saat ini. Dia hanya akan berubah menjadi seorang penelepon usil. 
Dibandingkan dengan itu, mungkin pemilihan clairvoyance benar-benar lebih tepat. Selama dia tahu posisi target nya, untuk saat ini, kurasa dia mampu melakukan beberapa hal Mary-san-ish.
“... Tapi apa itu harus berarti ... berjalan?” 
“M-Maksudku ... Aku tidak mempunyai uang. Dan juga aku tidak memiliki kendaraan.' 
“Hmm ... lalu setidaknya kau bisa menumpang, bukan?”
Aku hanya asal bicara saja, tapi aku merasa ide tersebut tidak terlalu buruk juga.
Jika si Mary memiliki tubuh yang berotot dengan aura menakutkan, mungkin ide tersebut akan mustahil, tapi untungnya, penampilan Mary adalah seorang gadis kecil yang ceria. Aku ragu jika tidak ada orang yang tidak mau memberinya tumpangan.
Maksudku, mungkin akan sulit baginya untuk menemukan rute langsung untuk mencapai tujuan, tapi meskipun begitu, hal tersebut seharusnya jauh lebih baik bila dibandingkan berjalan.
... Bukan, ah, tapi begitu ya. Apa itu sebabnya mengapa gagasan sederhana seperti itu, begitu tak masuk akal? Dunia ini memang seperti itu. Justru karena dia adalah seorang gadis cantik, mungkin ada beberapa pemikirannya yang melantur kemana  tidak seharusnya. Dalam hal ini, mungkin ini kesalahanku untuk mengeluarkan pendapat seperti tadi. 
Aku sedang memikirkan hal-hal seperti itu, tapi jawaban Mary mengkhianati ekspetasiku.
“Mustahil, Akira. Sebagai Mary-san dalam pelatihan, aku tidak bisa menumpang.”
“Hmm? Dengan nada yang seperti itu, kedengarannya seperti kau sudah memikirkan hal ini.” 
“Ya. Meskipun dari sudut pandangmu, ini mungkin sedikit penting ... Akira, apa kau menyadari legenda urban seperti aku terbentuk dari apa?' 
“Oy, oy, apa kau mengejekku? Aku ini seorang mahasiswa tahu,  setidaknya aku mengetahui banyak hal dibandingkan dengan orang lain.” 
“Hhhmmm! Seperti yang kuduga dari Akira.  Sejujurnya, legenda urban adalah ... tunggu dulu, apa !? Kau mengetahuinya!? Apa perguruan tinggi jaman sekarang mengajarakan hal semacam itu di kelas!?”
Saat suara Mary terdengar terkejut, aku hanya mengangkat bahuku.
“Hmph, ini hanya belajar otodidak. Dengar baik-baik, tubuh manusia itu terdiri dari 35L air, 4L amonium, 1,5 kg kapur, fosfor 800g, garam 250g, dan-” 
“Tidak, itu sudah cukup. Dari awal, kau yang salah. Kau bahkan mengatakan itu sendiri tadi, yang kau katakan itu bukan legenda urban, itu cuman tubuh manusia.”
“Jangan bercanda denganku, gadis kecil! Aku sudah melampaui batasku hanya untuk menghafalnya! Dalam rangka untuk mengatakan itu dengan lancar apabila ada adegan yang setengah lumayan datang bersamaan, aku telah melakukan yang terbaik untuk mengingatnya! Setidaknya biarkan aku mengatakannya hingga akhir!” 
“E-eh !? M-maaf ...?”
Kejam sekali, sih, bagi dirinya untuk mengabaikan usaha seseorang melalui tempat terkotor. Sejak aku menghafal itu, aku mendapat  sebuah ide, setelah aku mengetahui  semua bahan dari tubuh manusia, aku akan membuat wajah nihilistik dan berkata, “Manusia benar-benar murah sekali”. Aku bahkan berlatih membuat ekspresi nihilistik. Namun pada akhirnya, situasi seperti itu tidak pernah muncul, jadi informasi yang kudapatkan selalu saja tidak berguna. 
Omong-omong, ketika mengenai hal-hal sepele semacam itu, aku juga hafal nama lengkap Picasso. Meski informasi tersebut tidak pernah berguna. 
Aku menghabiskan beberapa saat untuk menjelaskan rincian  bahan dari tubuh manusia sebelum bertanya pada Mary.
"Jadi? Memangnya legenda urban itu terbuat dari apa?” 
“O-Orang ini ...! ... Hah, terserahlah.”
Mary mendesah sedikit dan mulai berbicara.
“Mulai dari atas, legenda urban ... atau lebih tepatnya, anomali secara keseluruhan; beberapa eksistensi semacam itu diklasifikasikan sebagai okultisme yang lahir dari kekuatan imajinasi manusia.” 
“Hmm ... jadi begitu cara kerjanya?” 
“Memang begitu cara kerjanya.”
Jujur saja, bahkan jika kau bilang seperti itu, yang kubisa hanyalah bergumam “ hmm”. Maksudku, aku tidak bisa membayangkannya sama sekali. 
Tapi, untuk sekarang, ayo kita setujui saja pernyataannya.
“Aku pernah mendengar, “klaim yang luar biasa membutuhkan keanggunan yang luar biasa,' [1] . Sekarang  kau menyebutkan itu, mungkin saja itu benar.” 

“Kau membawa tingkat fantastis ke dalam area!? Tanpa bukti !? ... T-Tinggalkan itu dulu….... eksistensi citra mereka harus sesuai dengan apa yang dipikiran manusia mengenai bagaimana mereka 'seharusnya'.”

“Nah, aku kira sebuah legenda urban tidak dapat diatur. Jika Kuchisake-Onna 
[2] memegang gergaji dan bukan gunting, maka dia bukan menjadi Kuchisake-Onna lagi, malahan dia akan berubah menjadi Jason ... ah, jadi itu yang kau bicarakan tadi?”
Aku mengeprok tanganku dengan pencerahan yang kudapatkan. 
Jadi begitu ya, jika memang seperti itu, kupikir aku mengerti mengapa Mary-san tidak bisa menumpang. Seorang Mary-san yang menumpang bukanlah Mary-san. Itu sebabnya dia tidak bisa melakukannya. 
Tapi jawabannya Mary sedikit berbeda.
“Setengah benar, setengah salah.”
“Hanya setengah?” 
“Ya ... um, Kau tahu, ini bukan berarti hal menumpang itu sendiri mendiskualifikasikan diriku dari menjadi Mary-san. Tentu ini akan menjadi hal yang buruk bila banyak orang mengetahui tentang hal ini, namun itu akan baik-baik saja selama itu tidak diketahui. Dan aku sendiri tidak bermaksud untuk menyebarkannya.”
“Kedengarannya seperti sisi gelap dari industri hiburan...” 
“Maksudku, jika kau mengatakannya seperti itu, maka aku yang sedang berjalan sekarang juga ...” 
“Mn, ah ... jadi itu begitu.”
Apa yang akan dia katakan memang benar. Maksudku, bukan berarti sarana transportasi Mary-san adalah titik utama dari legenda urban dirinya, lagipula berjalan dan menumpang cukup mirip.
“Jadi mengapa kau tidak bisa?” 
“Karena itu bukan area-ku.” 
"Apa?"
Aku tidak bisa tidak kebingungan mendengar perkataan darinya.
“Apa kau seekor kucing atau semacamnya?” 
“Area, maksudku implikasi, Kau tahu? .....Sejujurnya, rincian larangan  pada legenda urban diputuskan oleh Asosiasi Legenda Urban.” 
“... Dari kemarin aku ingin bertanya padamu, tapi sebenarnya apa maksudnya sih dengan Asosiasi Legenda Urban?” 
“Ini adalah sebuah organisasi yang membantu legenda urban. Kau tahu, sejak penyebaran internet, komputerisasi sudah berkembang pesat, dan perubahan tren berubah dengan cepat, jadi setiap urban legend yang setengah matang akan hilang tanpa kau sadari. Untuk memastikan cahaya dari legenda urban kecil yang baru lahir tidak menghilang, legenda urban mulai berkoordinasi satu sama lain dan dengan usaha berkelanjutan mereka untuk terus hidup berdampingan, Asosiasi Legenda Urban akhirnya terbentuk.” 
“Umm bagaimana bilangnya ya, kehidupan legenda urban ternyata cukup keras juga ...”
Untuk bertahan hidup, manusia harus melakukan banyak hal yang menyakitkan, mereka harus melakukan hal yang  tidak ingin mereka lakukan, namun mungkin legenda urban juga merasakan hal yang sama. Tidak, mereka mungkin lebih keras. Maksudku, jika mereka dilupakan, mereka akan menghilang. Kalau dipikir-pikir, mereka seperti idol yang harus terus berlomba-lomba untuk popularitas.
“Kami takkan mampu bertahan jika tidak ... lagian, sudah ada peraturan tertentu dan itu telah diputuskan bahwa 'melanggar area legenda urban lain sangat dilarang'. Dalam kasus menumpang, maka itu akan menjadi bidang dari Nure Onna [3] . Aku akan mendapatkan teguran dari departemen itu, jadi aku tidak bisa bertindak dengan ceroboh.” 
“Terlalu rumit! ... Eh, lalu apa? Apa itu berarti berlari juga dilarang? Dengan Turbo Baba [4] dan semacamnya” 
“Tidak, turbo baba berlari lebih cepat dari kendaraan bermotor, jadi setidaknya, aku tidak bisa masuk tanpa izin ke wilayahnya ... tapi dalam legenda lokal, kau mungkin sudah banyak mendengar cerita seperti , 'anak-anak kecil berkeliaran di jalanan pada tengah malam,’ jadi aku harus menghindari daerah-daerah dengan legenda seperti itu saat aku merencanakan rutenya ..”
“Kau sudah bekerja keras ...”
Mempertimbangkan banyak hal, dan dia masih akan berjalan dua ribu kilometer. 
Pada tahap ini, aku bahkan tidak bisa membayangkannya, tapi ada dunia di luar sana dimana manusia biasa yang menghabiskan waktunya seperti diriku tidak akan bisa mencapainya.
“Ini semua tidak hanya sinar matahari dan bunga aster, tapi ... aku ingin menjadi Mary-san. Jadi aku akan melakukan yang terbaik!' 
“Begitu ya ... maka, baiklah, berjuanglah dengan keras. Jika kau butuh teman untuk membunuh rasa bosan selama perjalananmu, aku tidak keberatan untuk menemanimu.” 
“Yay! Terima kasih!"
Ehehe, Mary tertawa kecil dengan suara cerianya. 
Suara itu yang masuk ke telingaku, mengapa itu bisa. Aku menurunkan volume panggilanku hanya sedikit.
Suara tertawa malu-malu itu, rasanya sedikit terlalu ceria bagiku.




 catatan kaki
[1] Kalimat aslinya kayak gini “ Jika kau mencari identitas hantu, yang kau dapatkan hanyalah rumput layu yang melambai.” Si Akira, salah sangka dengan kalimat ini dan malah memplesetkannya
[2] Kuchisake-Onna, [Setan Wanita bermulut lebar] salah satu mitos Jepang juga 
[3] Nure Onna, Salah satu mitos Jepang.
[4] Turbo Baba, Salah satu mitos Jepang.

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama