Tanin wo Yosetsukenai Chapter 115 Bahasa Indonesia

Chapter 115 — Kesepian

 

Aku teringat kembali saat pertama kali memasak hidangan dan meminta seseorang mencobanya.

Suara sendok memukul mangkuk. Ketegangan saat bergerak ke dalam mulut. Masa-masa yang dipenuhi ketegangan dan kegugupan.

Mulai sekarang, Enami-san akan mengalami perasaan yang sama.

Kaki panjang Enami-san bergerak maju sedikit demi sedikit.

Mungkin karena sirkulasi udara yang buruk, semakin dekat dirinya dengan ibunya, badannya jadi semkin gemetar. Aku yakin ada banyak hal yang terlintas di kepalanya, tetapi langkahnya tidak melambat sama sekali.

Ibu Enami membuka matanya dengan bingung.

“Ibu, ini…”

Di atas nampan ada semangkuk bubur yang telah dibuat Enami-san. Uap yang mengepul keluar berbaur di udara.

“…Eh?”

Pada saat itu, apa yang muncul di wajah Ibu Enami adalah ekspresi bingung tanpa ruang kosong. Matanya terbuka lebar, sangat lebar sehingga bagian putih matanya menonjol.

“Apa kamu … serius?”

“Sudah kubilang aku akan memasak untuk ibu, ‘kan. Kenapa kamu tampak terkejut begitu?”

Punggung Ibu Enami membentur lemari. Dia mengerutkan kening dengan “Aduh”.

Kemudian dia menyentuh bibirnya dengan tangan kirinya.

“Apa jangan-jangan dari tadi ibu ketiduran?”

“…Betul sekali.”

Saat kami berdiri di dapur, kami tidak mendengar suara apapun dari sisi Ibu Enami.

“Kamu ingin memberikan ini padaku…?”

“Itulah yang kukatakan dari tadi. Bukan aku yang memakannya.”

Dia meletakkan nampan di atas meja.

Selendang yang disampirkan di bahu Ibu Enami terpeleset. Dia menarik selimut dari tubuh bagian atasnya dan mengintip bubur dengan gentar.

Itu hanyalah bubur yang sangat biasa. bubur telur. Ada bawang hijau cincang di atasnya.

“Ibu harus sembuh dari demam ini sesegera mungkin. …Ibu belum bisa makan banyak nasi, jadi Ibu perlu memakannya… Jadi kupikir…”

“Tidak kusangka Risa akan memasak…”

Karena dia memasak di bawah pengawasanku, jadi seharusnya tidak ada yang salah dengan itu. Aku juga telah mengkonfirmasi bahwa rasanya enak.

“Duduklah, Bu.”

“…”

Ibu Enami masih tercengang.

Aku mulai merasa sedikit tidak nyaman. Aku ingin tahu apa yang sedang Ibu Enami pikirkan saat ini. Apada dia merasa tidak nyaman? Bisa jadi apa yang kita lakukan memiliki efek sebaliknya…

Akhirnya, Ibu Enami duduk di kursi yang mungkin sudah bertahun-tahun tidak digunakan. Bagian belakang kursi itu goyah, dengan kakinya bertumpu di atas futon, tetapi dia tampaknya tidak terlalu keberatan. Matanya tetap tertuju pada makanan di depannya.

Tangannya bergerak perlahan.

Sendok menyendok bubur. Perlahan-lahan mendekati mulut Ibu Enami.

“….”

Dia memasukkannya ke dalam mulutnya. Dia mengunyah dengan bibir membuka dan menutup dengan gerakan kecil.

Lalu dia menelan.

“Bagaimana, bu?”

Enami-san bertanya dengan cemas, tapi Ibunya masih tidak menjawab pertanyaan itu.

Saat dia memakannya, ekspresinya tidak banyak berubah, dan aku tidak tahu apa yang dia pikirkan. Namun, dia tidak terlihat marah atau dalam suasana hati yang buruk. Jelas sekali kalau situasinya bukan yang terburuk.

Tangannya mulai bergerak lagi untuk suapan berikutnya.

Suapan demi suapan memasuki mulut Ibu Enami. Setiap suapan yang diambil sangat kecil, jadi kecepatan makannya lambat, tapi mangkuknya pasti habis.

Tidak ada yang mengatakan sepatah kata pun untuk waktu yang lama.

Yang bisa aku lakukan hanyalah menonton mereka.

Aku sudah melakukan semua yang bisa aku lakukan. Sebagai orang luar, aku hanya bisa mengawasinya.

“… Anehnya, kamu melakukannya dengan baik.”

Ketika dia sudah makan sekitar setengahnya, ibu Enami mulai memberikan tanggapan.

“Itu jelas. Aku mendapat bantuan dari pria yang selalu memasak …. ”

“Ini semua berkat Naoya-kun, ya.”

Kemudian Ibu Enami menoleh ke Enami-san.

“Apa kamu membawa air?”

“Ah, aku lupa. Aku akan segera membawanya…”

Enami-san mengambil botol plastik dua liter dari kulkas. Itu bukan teh, tapi air mineral. Aku pikir air dingin buruk untuk kesehatannya saat ini, tetapi aku kira itu tidak dapat dipanaskan karena dia belum membeli panci baru.

Ibu Enami meminum air dari gelas.

“Terima kasih.”

Saat dia memasukkan bubur ke dalam mulutnya, dia terbatuk, memegang mulutnya seolah-olah dia tersedak.

“Ah, astaga…”

Enami-san mengusap punggungnya.

Menanggapi hal itu, tidak ada tanda-tanda penolakan dari Ibu Enami. Ketika dia sudah lumayan tenang, dia meminum air lagi dan tersenyum, mengatakan bahwa dia baik-baik saja sekarang.

Sepertinya dia berniat untuk memakan semuanya.

…Mungkin, mungkin saja.

Aku mempercayai kalau ini pertanda bagus.

Karena, tubuh Enami-san gemetaran. Baik kaki, lengan, dan bibirnya bergetar sedikit demi sedikit.

Ini bukan wajah putus asa sebelum memasak. Tubuhnya tidak mampu mengendalikan berbagai emosi yang disebabkan oleh pemandangan di depannya.

Ibu Enami dan Enami-san tidak mengungkapkan hal seperti itu dengan kata-kata.

Mereka bahkan tidak menunjukkannya dalam ekspresi mereka.

Tapi kukira inu merupakan perubahan yang luar biasa.

–-tring~ Sebuah suara terdengar.

Sendok tersebut terlepas dari tangan Ibu Enami. Mangkuk itu kosong. Dia menghela napas keras, matanya menatap langit-langit.

“…”

Pada saat itu, ada sebuah emosi akhirnya muncul di wajah Ibu Enami.

Aku tidak bisa mengerti emosi macam apa itu saat ini. Dia tampak tersenyum, tapi juga sebenarnya tidak. Dia tidak mengerutkan kening.

Itu adalah ekspresi yang aneh.

Kegembiraan, kesedihan, rasa sakit, kemarahan, antisipasi, kelegaan, kecemasan... Aku mencoba menerapkan berbagai kata pada ekspresinya, tapi aku tidak menemukan satu pun kata yang cocok.

Akhirnya, aku menyadari emosi apa yang dia rasakan, dan itu sangat pas dengan ada yang di pikiranku.

Aku tidak tahu mengapa aku merasa seperti itu. Butuh waktu lama bagiku untuk menemukan kata tersebut karena aku tidak memahaminya.

…Kupikir wajah itu pasti mewakili “kesepian”.

 

 

Sebelumnya || Daftar isi || Selanjutnya

 

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama