Tanin wo Yosetsukenai Chapter 116 Bahasa Indonesia

Chapter 116 — Perpisahan

 

Ada bagusnya jika dia memakan semuanya. Tapi aku tidak tahu apakah perubahan itu akan mengarah pada hal baik atau buruk. Yang bisa kuketahui sekarang adalah dia telah menerima perasaan Enami-san. Apa yang akan terjadi setelah itu terserah Ibu Enami mulai sekarang.

Dia meraih gelas lagi dan meminum air.

Enami-san hanya menunggu kata-katanya.

Aku juga tidak bisa berbuat apa-apa selain berdiri di sana, dan mengawasi situasi.

“Aku lelah.”

Itulah satu-satunya kata yang akhirnya keluar dari mulutnya. Enami-san tampak lega dan santai.

“Ah, kalau begitu, apa Ibu ingin istirahat lagi?”

“Ya… aku ingin istirahat.”

“Oke.”

Enami-san lalu mengambil mangkuk kotor dan menuju dapur untuk melarikan diri. Dia benar-benar takut. Menghindari kontak mata sebanyak mungkin, dia mulai mencuci piring.

“Aku merasa iri padamu.”

Suaranya hampir tenggelam oleh suara air, tapi masih terdengar di telingaku dan Enami-san.

“Aku sudah lelah…”

Tangan Enami-san berhenti bergerak. Spons yang sedang mencuci piring berhenti mencicit.

“Aku benar-benar lelah... Aku sangat lelah dan tak berdaya, aku hanya ingin tidur selamanya.”

“Ibu…”

“Bukankah itu hebat? Kamu tidak perlu mengkhawatirkanku lagi.”

Enami-san mematikan keran. Suara air menghilang.

“Rasanya pasti menyenangkan menjadi muda. Kamu selalu bisa mendapatkan sesuatu kembali. Apapun yang terjadi, energi yang datang dari masa muda akan menjaganya. Meskipun sudah terlambat, aku tahu hari ini akan datang.”

“…”

Wajah Enami-san tetap murung untuk beberapa saat.

“Aku tidak menyalahkanmu. Aku pikir ini sudah sewajarnya. Sudah lama. Aku bertanya-tanya apakah tidak aneh bahwa aku tetap tertutup sampai sekarang. Sama seperti apa yang kalian pikirkan.”

“Itu…”

Aku akan berdebat dengannya, tetapi kemudian aku menyadari bahwa aku tidak memiliki kata-kata yang tepat mengenai itu.

Memang benar bahwa aku selalu berpikir begitu. Aku ingin mencari solusi atas apa yang terjadi di rumah ini.

Tapi sekali lagi, beliau dan aku adalah tipe yang sama.

Kami terikat oleh peristiwa masa lalu. Tidak peduli seberapa keras aku mencoba melarikan diri, tak peduli seberapa banyak aku memahaminya kalau aku tidak boleh terjebak di masa lalu selamanya, tubuhku tetap tidak mau mendengarkanku. Seseorang tidak dapat membebaskan diri dari kenyataan bahwa masa lalu ada di sini dan masa kini ada di sana.

“Seseorang tidak bisa tetap marah selamanya merupakan kebohongan semata. Bahkan jika seseorang bisa melupakan, setiap kali seseorang mengingatnya, kebencian dan rasa sakit akan muncul. Aku ingin menyingkirkan perasaan itu, tapi ingatanku tidak mengizinkanku. Aku bosan dikendalikan oleh emosi negatif ini, dan aku mulai tidak peduli tentang apa pun lagi.”


Pandangan Ibu Enami mulai terpejam.

Tangan di pangkuannya terkepal erat dan lengannya sedikit gemetar.

“Kamu tidak boleh menjadi sepertiku, Risa.”

Dia membuka matanya lagi dan menatap Enami-san yang berdiri di dapur.

“Rasanya sedikit kesepian, tapi aku sangat bahagia untukmu. Itulah yang benar-benar kurasakan.”

Dan kemudian beliau kembali memasang ekspresi itu lagi.

Ekspresi kesepian yang sama ketika dia melihat ke langit-langit.

Akhirnya, aku merasa memahami sebagian dari perasaan Ibu Enami.

Dia sudah menyerah.

Dia menyerah mencoba melarikan diri dari masa lalunya sejak lama. Di masa lalu, Enami-san masih sama, dan mereka berdua melihat ke arah yang sama. Tapi sekarang Enami-san telah memutuskan untuk bergerak maju.

Ini adalah perpisahan, pasti itulah yang ada di pikiran Ibu Enami.

“Kalian memiliki pertemuan yang bagus. Jaga baik-baik hubungan kalian.”

Setelah itu, dia menutup mulutnya.

Suasana di ruangan itu kembali hening, tidak ada seorang pun yang berbicara.

Enami-san meletakkan piring di tangannya di depan wastafel, dan kalender desktop tahun lalu, yang seharusnya ditinggalkan di sana selama setahun, terjatuh.

Enami-san tercengang. Aku kira dia tidak pernah berpikir kalau dirinya akan mendengar sesuatu seperti ini.

Tujuan memasak kali ini adalah untuk menghibur Ibu Enami. Bukan untuk memberitahunya bahwa mereka berpisah. Alih-alih menyemangatinya, dia pasti merasa frustrasi ketika melihat punggung ibunya semakin meringkuk.

Enami-san berkata, “Tidak itu salah. Aku hanya mencoba memberi ibu sedikit makanan…..”

“Itu tidak masalah. Yang aku tahu adalah bahwa aku sudah mengetahuinya.”

“Kamu tidak mengerti apa-apa. Aku melakukannya untuk ibu, dan aku berpikir kalau aku membuatnya dengan niat supaya kita berdua bisa bekerja keras bersama mulai sekarang.”

“Maafkan aku, Risa. Aku tidak bisa menghilangkan kebencian yang aku miliki untuk orang itu.”

Ibu Enami melihat sekeliling seluruh ruang tamu.

Ketika aku tiba di sini, situasinya bahkan lebih buruk. Tirai, karpet, permukaan meja, perabotan yang rusak. Pada akhirnya, ruangan ini sudah dibersihkan, tetapi tidak diperbaiki secara mendasar.

Kata-kata dari sebelumnya dan pemandangan di depanku pasti sama.

“Itu sebabnya, kamu tahu. Kamu satu-satunya yang dapat melakukan sesuatu tentang hal itu. Hanya itu saja satu-satunya hal yang bisa kukatakan kepadamu. ”

Kemudian dia tersenyum kecil. Senyumnya jelas ekali terlihat tegang.

“… Begitu ya.”

Enami-san berkata pelan, bahunya merosot.

Dia melanjutkan mencuci piring. Suara air yang keluar dari keran bisa terdengar. Fakta bahwa dia menggosok tempat yang sama berulang kali menunjukkan bahwa dia masih kesal.

Aku merasa dilema. Aku tidak tahu apakah aku harus membiarkannya terus seperti ini. Aku hanyalah orang luar, tapi apa ada yang bisa kukatakan dari pengalamanku sendiri.

Seolah-olah ini adalah akhir dari percakapan, Ibu Enami menarik kursinya. Pada saat itu, aku tidak bisa mengendalikan diri lagi.

“Tolong tunggu sebentar.”

Dia berhenti di posisi setengah jalan, saat dia hendak berdiri.

Kemudian, Ibu Enami menatapku dengan ragu.

 

 

Sebelumnya || Daftar isi || Selanjutnya

 

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama