Gimai Seikatsu Vol.6 Chapter 09 Bahasa Indonesia

Chapter 9 — 24 Desember (Kamis) Asamura Yuuta

 

“Sekarang kita tinggal memiliki setengah dari kehidupan sekolah SMA kita, ya?”

Aku tidak bermaksud membuat siapa pun untuk mendengar celotehanku yang kugumam pada diriku sendiri, tetapi teman baikku yang duduk di kursi di depan secara tak terduga membalikkan tubuh bagian atasnya yang besar — sebenarnya, bukannya kami masih dalam jam wali kelas kita yang singkat?

“Asamura. Mulai tahun depan, kita harus menempatkan fokus yang lebih besar pada ujian masuk kita.” Maru berkomentar dengan suara yang tenang.

Guru wali kelas kami yang ada di depan kelas memperingati kami untuk berhati -hati selama liburan musim dingin. Sembari mendengarkan suara beliau, aku tidak bisa menahan diri untuk tidak merenungi pernyataan Maru. Ujian masuk, ya? Maru melanjutkan dengan nada lesu.

“Lagipula, kita akan menjadi orang dewasa dalam waktu singkat."

“Tapi aku tidak keberatan dengan gagasan tumbuh dewasa.”

Yang ada justru aku tidak suka terus tinggal jadi anak-anak melulu. Aku tidak ingin terlindungi selama sisa hidupku. Yah, faktanya adalah bahwa tumbuh menjadi orang dewasa memang tampak seperti proses yang melelahkan. Aku hanya mengingat wajah ayahku ... sebenarnya, mungkin tidak terlalu banyak? Karena aku tidak dapat mengingat ekspresinya yang kelelahan setelah pernikahannya kembali, kurasa keadaannya terasa jauh lebih baik sekarang karena ibu lamaku telah pergi.

“Jadi kamu tipe orang yang ingin cepat-cepat menjadi dewasa, ya?”

"Dan kamu bukan begitu, Maru?”

“Pertanyaan bagus. Karena tumbuh dewasa berarti perlu mempelajari lebih banyak dan lebih banyak lagi, aku akan menyukai semacam ruang waktu untuk menjalani hidupku dengan nyaman.”

“Ohhh.”

Jadi Ia takkan punya waktu sebanyak yang Ia suka jika mengikuti jalur karir pemain bisbol profesional.

“Aku nantinya tidak bisa menonton semua anime musiman.”

“Jadi itu masalahmu?!”

“Aku cuma bercanda, doang.”

Aku tidak bisa mempercayai telingaku dan mencondongkan tubuh ke depan ketika berseru padanya. Apa Ia cuma menggodaku atau memang serius? Aku masih tidak bisa mengatakannya. Sinar matahari menyengat tengkukku, membuatku berbalik ke arah jendela. Cahayanya bersinar terang di luar. Bahkan selama pertengahan sore, matahari rendah, berseri-seri langsung pada Maru dan aku: orang-orang yang duduk di sebelah jendela. Jadi, rasa kantuk langsung menyerangku. Ucapan dari guru wali kelas kami mulai menyerupai lagu pengantar tidur, tapi karena beberapa menit lagi akan diperlukan untuk mengakhiri kelas, aku jadi berusaha menahannya.

Akhirnya, bel pun berbunyi dan ceramah guru wali kelas kami berakhir. Semua teman sekelas kita menghela nafas serempak dan kemudian bersorak. Guru wali kelas kami menggelengkan kepala sekali dan kemudian meninggalkan ruang kelas, memperingatkan kami untuk terakhir kalinya supaya tidak terlalu berlebihan selama liburan musim dingin.

“Kami masih di kelas 2. Mengapa mereka harus menyeramahi kita hanya karena sebentar lagi ada perayaan Natal?”

“Hah?” Aku memiringkan kepalaku dalam kebingungan ketika Maru mengatakan itu.

“Hubungan tak senonoh dan sejenisnya. Mana mungkin aku membiarkan beberapa bajingan remaja menghancurkan masa liburanku yang berharga, kan?”

“Setuju. Aku merasakan hal yang sama.”

“Jadi Onii-san yang tersayang tidak merasa khawatir sama sekali?”

Maru menggunakan nada menggoda dengan kosakata itu menyebabkan mataku terbuka lebar.

“Apa?”

“Mengetahui Ayase, dia mungkin punya rencana malam ini, bukan?”

“Malam ini?”

“Misalnya sajasSeperti kencan Natal. Bukannya menurutmu begitu?”

Butuh waktu yang sangat lama sebelum makna di balik kata-katanya mencapai otakku. Apa Ia ingin menyiratkan kalau Ayase-san mungkin memiliki rencana kencan hari ini? Yah, pengamat mana pun tidak bisa mengetahui hubungan macam apa yang kumiliki dengannya. Mungkin ada orang yang akan mencoba mengajak Ayase-san pada kencan Natal. Dan pada saat yang sama, mungkin tampak aneh jika dia menolak setiap ajakan. Mungkin dia bahkan menyetujui satu ajakan ... Tidak, itu mustahil.

Tiba-tiba, aku merasakan getaran di dekat dadaku dan dengan panik duduk tegak. Setelah mengeluarkan smartphoneku dari saku, aku melihat kalau ada pesan LINE yang baru masuk. Di layar kunci, dikatakan “Aku akan pulang setelah berbelanja," dan pengirimnya adalah Ayase-san. Jadi dia pulang setelah menjalankan beberapa tugas ... tuh, ‘kan? Aku tahu itu.

“Apa ada yang salah? Apa Ayase-san mengatakan kalau dia membenci kakak laki-lakinya sekarang atau apa?”

“Mana mungkin dia berbicara seperti adik perempuan dari anime aneh.”

“Jadi itu dari Ayase-san, ya?”

“Ugh.”

“Kamu gampang sekali dibaca.”

“Kupikir kamu terlalu peka dalam hal-hal semacam ini.”

“Dan? Apa kamu tidak mau membalasnya, Onii-san?”

“Tidak, tiak perlu.” Aku menaruh kembali smartphone-ku ke saku dan meregangkan tubuh.

Sementara itu, Maru meraih tasnya dan berdiri.

“Ngomong-ngomong, sampai jumpa lagi nanti, Asamura.”

“Ya. Kita mungkin takkan bertemu lagi sampai Tahun Baru, jadi ... Selamat Tahun Baru?”

“Benar, aku ragu kalau kita akan bertemu satu sama lain selama liburan musim dingin, jadi pastikan untuk memiliki awal yang baik untuk tahun baru” Maru berbalik sembari melambaikan satu tangannya ke udara, lalu berjalan keluar dari kelas.

Aku menyaksikannya berjalan ke kejauhan dan kemudian melihat sekeliling kelas sekali lagi. Setengah dari teman sekelas kami sudah meninggalkan ruang kelas, mungkin karena klub mereka atau sekedar ingin cepat pulang. Sementara itu, aku merenungkan apakah aku harus mampir ke toko buku . Sungguh kekhawatiran yang tidak terlalu penting ... oh iya, hari ini akan menjadi pesta Natal di rumah, aku malah melupakannya.

 

◇◇◇◇

 

Dinding dapur tampak berkilau-kilau. Secara alami, ini bukan berkat upayaku. Akiko-san lah yang tiba-tiba berkata, “Aku akan membersihkan tempat ini dengan kinclong.” Dan tentu saja, dia menunjuk area dapur ketika mengatakan itu. Ayase-san dan aku sudah menawarkan untuk membantu. Karena aku dan ayahku jarang memasak, jadi area dapurnya masih cukup bersih, dan kami selesai membuat semuanya berkilau setelah membersihkannya selama 2 jam. Sekarang sudah memasuki waktu sekitar jam 3 sore, jadi setelah istirahat dan mengemil beberapa makanan ringan—

“Yang tersisa tinggal menyiapkan makan malam saja, jadi kamu bisa bersantai sekarang, Yuuta-kun,” kata Akiko-san dan mendepakku keluar dari area dapur, mungkin karena dia sangat menantikan sesi memasak yang menyeluruh dengan putrinya. Jadi, aku tidak punya pilihan lain selain kembali ke kamarku dan membuka tasku. Aku mengambil buku yang baru saja kubeli dan membalikkan halaman pertama, dengan santai menikmati waktu membacaku. Saat aku mengangkat kepala, aku menyadari kalau bagian dalam kamarku mulai menjadi gelap. Matahari sudah lama terbenam. Aku membaca baris terakhir dari buku ini dan kemudian menghela nafas.

—Buku ini sangat menyenangkan. Aku membaca semuanya sekaligus. Aku tidak pernah menyangka aku bisa membaca volume pertama dari kisah fiksi ilmiah hardcover yang berat hanya dalam dua jam, belum lagi yang versi diterjemahkan. Aku mulai merasa seperti aku sendiri memiliki tugas besar di pundakku yang memaksaku untuk melakukan perjalanan melalui ruang dan waktu. Sekarang aku bisa memahami kenapa buku ini menerima adaptasi Hollywood. Aku menutup buku ketika mendengar Akiko-san dan Ayase-san memanjakan diri dalam percakapan yang menyenangkan. Setelah menjulurkan kepalaku keluar dari ruangan, Akiko-san melihatku.

“Yuuta-kun, bisakah kamu menyalakan TV?”

“TV?”

“Aku cuma ingin ada sedikit suara saja. Mau itu film atau semacamnya tidak masalah.”

“Ah, begitu. Baiklah.”

Aku mencari remote dan menyalakan layanan streaming terbaik berikutnya yang bisa aku temukan. Jika dia menginginkan kebisingan sebagai latar belakang, maka saluran khusus untuk film bisa melakukan trik itu.

“Mau yang film Jepang? Atau mungkin yang barat? ”

“Yang barat. Pakai subtitle juga tidak masalah.”

“... Kamu benar -benar menggunakan ini sebagai BGM, ya?”

Kemudian lagi, bahkan kalimatnya dapat memberikan banyak kegembiraan sendiri, walaupun kamu tidak bisa memahaminya. Aku menyalakan layanan khusus untuk itu dan memilih film acak yang sesuai dengan musim Natal. Tampaknya itu menjadi film komedi untuk anak -anak. Aku sudah pernah melihatnya berkali -kali sebelumnya. Film tentang anak-anak yang ditinggalkan oleh orang tuanya sendirian di rumah dan melakukan ini dan itu. Tampaknya film itu sangat laku, karena mereka menciptakan sekuel demi sekuel. Kemudian lagi, ada pendekatan Hollywood-esque yang sangat tidak jelas apakah ada hubungan antara seri. Mungkin orang tuanya bercerai dalam sekuelnya? Aku tidak bisa mengecewakan penjagaanku bahkan dengan film keluarga seperti ini.

“Terima kasih, Yuuta-kun!”

“Um… apa ada yang bisa kubantu?”

“Buatlah dirimu merasa lapar!”

“…Hah?”

Jadi, apa aku perlu melakukan sedikit latihan ringan? Aku melirik Ayase-san, yang sedang bersenandung pada dirinya sendiri sambil berayun di sekitar wajan. Kurasa aku tidak boleh mematahkan konsentrasinya.

“Baiklah, silakan panggil aku jika kamu membutuhkan bantuan.”

“Okeeeee!”

Setelah membersihkan bak mandi dan memeriksa permukaan air, aku kembali ke ruang tamu. Aku duduk di sofa dan kembali untuk menonton film yang sedang ditayangkan. Tak lama setelah itu, Ayase-san bergabung denganku di sofa, yang mungkin berarti kalau mereka sudah selesai memasak. Meskipun ada jarak yang terpisah di antara kami, aku teringat malam kami menonton film bersama. Aku memandang Ayase-san, bertanya-tanya apakah dia sedang menonton film, tapi ternyata dia sedang melihat-lihat koleksi kosa kata bahasa inggrisnya. Dan karena Akiko-san bersama kami, aku bahkan tidak yakin bagaimana berinteraksi dengan Ayase-san.

Kemudian lagi, menonton TV sebagai keluarga pasti terlihat  ... normal, bukan? Aku terlalu memikirkannya. Ketika aku menatap Ayase-san lagi, dia telah meletakkan earphone ke telinganya dan mendengarkan sesuatu saat dia bekerja melalui kosakata. Dia tidak menunjukkan niat berbicara kepadaku. Dia juga tidak menonton film. Seolah-olah situasi kami kembali sebagaimana seperti setahun yang lalu.

“Aku pulang.” Ayahku tiba di rumah sambil membawa kotak plastik di satu tangan.

Kemarin malam Ia bilang akan pulang sekitar jam 7 malam, tapi sudah setengah jam melewati itu. Ia berjalan melewati kami dan langsung menuju dapur.

“Aku sudah membeli yang kamu pesan, tapi karena tempatnya sangat ramai, jadi butuh waktu lama untuk membelinya. Maaf.”

“Itu sama sekali tidak masalah!”

Ia membawa kembali satu kue utuh yang berdiameter dua belas ... mungkin berdiameter lima belas sentimeter? Mengapa aku bisa tahu? Itu karena aku memutuskan untuk tidak makan kue ketika Ayase-san dan aku keluar untuk makan malam. Kemudian lagi, kami tidak memiliki kepercayaan diri untuk menyelesaikan kue 12cm sepenuhnya setelah makan malam. Namun, kue yang berukuran  15cm mungkin sulit, bahkan untuk empat orang ... tapi kurasa kami bisa menyimpan sisa makanan untuk besok.

“Mari kita tinggalkan ini setelah makan malam,” kata Akiko-san dan memasukkan kue ke dalam kulkas dengan senyuman.

Karena kami sudah bersiap untuk akhir tahun, isi kulkas dan freezer kami cukup penuh.

“Yuuta-kun, bisakah kamu membawa ini dan ini untukku?”

“Tentu.”

Akiko-san lalu menyerahkanku beberapa bir dan sampanye non-alkohol, yang aku bawa ke meja makan. Kurasa kami akan membutuhkan beberapa gelas dan pembuka botol juga. Setelah membuat ruang yang cukup di dalam kulkas, Akiko-san mendorong kotak dengan kue di dalamnya. Sementara itu, Ayase-san mulai menghangatkan makanan, dan aku membawa pemanas ke meja. Pada saat ayahku kembali setelah berganti pakaian yang lebih nyaman, meja makan sudah diatur.

“Wow, semuanya terlihat menggiurkan.”

Fokus utama makan malam Natal hari ini adalah kalkun panggang rasa herbal. Meski begitu, itu bukan sembarang daging ayam biasa, itu sebenarnya daging kalkun asli yang cenderung dinikmati pada acara-acara khusus seperti ini. Wakaupun aku berpikir kalau hidangan semacam ini biasanya dimakan di negara lain sekitar Thanksgiving. Dagingnya memiliki lebih sedikit lemak daripada daging ayam biasa, itulah sebabnya hidangan semacam ini sering ditemukan pada menu untuk orang yang sedang diet. Tidak hanya kalkun, tapi jumlah daging yang menunggu di atas piring untuk dimakan cukup besar bagiku untuk meragukan apakah kita bisa menyelesaikannya. Ayahku tampaknya telah memesannya secara online, memilih opsi yang sudah di panggang.

“Mungkin sesuatu dengan masakan pasta akan memberikan nuansa mirip Natal?” Akiko-san berkomentar ketika melihat meja yang penuh hidangan.

Maksudku, kami punya kalkun panggang sebagai hidangan utamanya tapi masih ada cukup nasi untuk membuat kami merasa kenyang, dan kami juga punya sup miso yang biasa. Dalam hal warna Natal, ini pasti ada di sisi yang lebih lemah. Ayase-san berbicara, berusaha memberikan tindak lanjut.

“Erm, kupikir ini seharusnya baik -baik saja. Kami juga membuat salad biasa. Aku pikir ini bisa dianggap sebagai makan malam Natal barat. Lihat saja semua penampilannya juga. Mana yang kamu sukai, yah?”

“Aku lebih memilih Jepang klasik.”

Seriusan, asal macam apa yang dimiliki Natal pada saat ini? Aku tidak punya masalah dengan makan malam Natal, tapi pikiran itu membuatku bingung.

“Kami juga menyiapkan beberapa acar sayuran. Di sini, ada beberapa acar kubis dan mentimun. Kamu menyukai itu ‘kan, Taichi-san?”

“Iya, tentu saja. Terima kasih.”

“Bu… acarnya sudah cu—”

Cukup—  dia mungkin ingin mengatakan itu tapi menelan kembali kata-katanya. Dia mungkin menyadari bahwa ini tidak cukup untuk mengomentari. Ayase-san dan aku sama-sama tersenyum masam dan duduk. Bagaimanapun, Natal seharusnya tentang cinta dan kedamaian.

“Pokoknya… Selamat Natal! Dan Yuuta, selamat ulang tahun! ”

“Ayah, kamu harus mengatakan itu pada hari yang sebenarnya ...”

“Kurasa itu masuk akal. Maaf. Selamat ulang tahun, Saki-chan. Dan Selamat Natal! ”

“Terima kasih banyak.”

“Kalian berdua, selamat ulang tahun. Sekarang kalian berdua sudah menginjak umur 17,” kata Akiko-san ketika dia melihat kedua wajah kami.

Orang tua kami membuka bir mereka, sedangkan Ayase-San dan aku memegang sampanye non-alkohol kami, karena kami menyatukan gelas untuk bersulang. Seperti yang diharapkan, sup miso buatan Akiko-san benar-benar lezat. Seperti yang dikatakan Ayahku, berdebat tentang gaya Jepang atau barat adalah masalah yang sepele. Dan hari ini, sup misonya berbasis tahu. Tahu putih yang diiris dengan indah dikombinasikan dengan bawang hijau. Supnya sendiri terbuat dari miso merah. Saat mencicipinya sebentar, aku menyadari sesuatu.

… Apa dia sengaja membuat ini dengan warna Natal? Yah, setidaknya itu akan baik -baik saja untuk hari ini.

“Sausnya juga terasa lezat.”

“Dan dagingnya sangat menyenangkan untuk dikunyah. Kurasa aku mendapat pesanan yang bagus dengan ini.”

Akiko-san dan Ayahku saling berbagi kesan tentang makanan, memberitahuku kalau penilaianku tidak terlalu jauh. Setelah makan malam kami berakhir (di mana aku menahan sedikit untuk meninggalkan ruang untuk kue), kami menikmati kopi setelah makan malam dan mulai memotong kue. Bagian atas kue berukuran 15cm dibaca “Merry Christmas” yang ditulis dengan cokelat dan biskuit berbentuk Santa Claus di sebelahnya. Rasanya hampir memalukan untuk memotong kue yang dihiasi dengan krim putih yang indah ini. Di dalam irisan sepon kue, aku melihat daging merah beberapa stroberi. Itu memang khas untuk Natal, baiklah.

“Lebih baik tetap yang klasik daripada bereksperimen dan merusak hari, ‘kan?” Kata Ayahku.

Yah, tidak salah sih. Aku menyodok garpuku ke potongan kue yang diberikan kepadaku oleh Akiko-san, dan kami melanjutkan untuk merayakan ulang tahun pertama dan Natal sebagai sebuah keluarga. Ayahku sangat senang bahwa nilaiku naik dibandingkan dengan musim panas lalu, dan bertanya apakah Ayase-san juga tertarik untuk menghadiri sekolah bimbel juga.

“Jika kamu mengkhawatirkan tentang masalah biaya, maka ...”

“Tidak, bukan begitu masalahnya. Jika aku memulai sesuatu yang baru sekarang, aku mungkin hanya akan terganggu.”

Sungguh tanggapan yang penuh dengan pengekangan seperti yang diharapkan darinya, tetapi Ayahku masih memakluminya. Bila dipikir-pikir kembali, sebelum mereka pindah bersama kami, Ayase-san dan Akiko-san telah hidup sendiri bersama. Tiba -tiba hidup dengan dua pria pasti sangat sulit. Belum lagi ayahku dan aku telah tinggal di sini sebelumnya, dan mereka pindah bersama kami. Perubahan lingkungan saja sudah pasti membuatnya tertekan ... astaga, padahal sudah setengah tahun sejak pertama kali aku bertemu Ayase-san.

“Jika kamu berubah pikiran, kamu tinggal beritahu aku kapan saja, oke?”

“Terima kasih banyak ... Ayah.”

Menambahkan bagian terakhir dari kalimat itu menyebabkan Ayahku mulai tersenyum bahagia. Bagus, Ia tumbuh menjadi orang tua helikopter yang luar biasa.

“Secara pribadi, aku jauh lebih khawatir tentang Yuuta-kun. Apa kamu bahkan menemukan waktu untuk bersantai dan menikmati diri sendiri? ”

“... bukan sebaliknya? Aku pikir kamu akan khawatir jika ak kurang cukup belajar.”

“Aku tidak pernah pernah khawatir tentang itu,” balas Ayahku.

Ya, aku tidak ingat kalau Ayahku menyuruhku untuk “pergi belajar.” Walau begitu, Ia sangat aneh dan selalu panggilan dari sekolah mengenai keadaanku. Aku tidak ingat berapa lama dirinya seperti itu, tapi mungkin sejak setelah ibuku pergi. Ia akan memintaku untuk menunjukkan kepadanya kartu laporanku, serta semua lembar pertanyaan sejak skolah SMP. Ditambah lagi, Ia bahkan tidak akan mengatakan apa-apa saat membaca mereka. Ia hanya mengangguk pada dirinya sendiri, menanyakan apa ada yang tidak kupahami. Rasanya dia melihat foto-foto X-ray aku. Dan kemudian, beberapa hari kemudian, buku teks dan buku referensi untuk pelajaran yang tidak kupahami tiba-tiba muncul di mejaku. Itu sendiri menciptakan banyak tekanan. Meskipun begitu pendidikan wajib selesai dan aku masuk sekolah SMA, Ia hanya meminta kartu laporan dan tidak ada yang lain.

“Yuuta selalu suka membaca buku sejak masih kecil. Kehidupanmu sebagai pelajar sangatlah singkat, jadi kamu harus bersenang -senang dari waktu ke waktu.”

“Meski dibilang begitu, tapi aku menikmati diriku sendiri, kok?”

“Benarkah? Yah, sebagai orang tuamu, aku senang mendengarnya. Tapi mengesampingkan itu ...” Ayahku berhenti dan mengedipkan mata pada Akiko-san.

Dia berdiri dan membuka pintu ke kamar tidur mereka. Dari sana, dia kembali dengan kantong plastik yang tersembunyi di belakang pintu.

“Ini adalah hadiah ulang tahun kami untuk kalian.”

“Hm? Ini…”

“Apa ini buku?” Ayase-san bertanya dengan bingung.

Benda-benda yang dibungkus dalam paket Natal cukup tebal, dan alasan utama Ayase-san dan aku bisa menebak kalau itu adalah buku adalah karena kami terbiasa membungkus buku. Kami sudah sering melihat pemandangan yang akrab ini berkali-kali.

“Boleh aku membukanya?”

“Tentu saja.”

Aku memberi tatapan yang meragukan pada Ayahku, yang terus menyeringai pada dirinya sendiri dan melepas kertas pembungkus. Seperti yang kuduga, itu adalah sebuah buku. Terlebih lagi…

“Buku Soal Latihan Ujian Masuk Universitas?!”

“Aku pikir ini akan berguna karena kamu akan segera membutuhkannya. Kamu belum memilikinya, kan?”

“Yah, memang belum sih, tapi ...”

Ayase-san sama bingungnya denganku, dan aku tidak menyalahkannya. Bagaimanapun juga, hadiah yang kami terima dari orang tua kami pada hari Natal sepanjang hari adalah “Koleksi Soal Ujian Masuk Universitas dan Fakultas.” Karena sampul depannya berwarna merah, beberapa orang menyebutnya sebagai akahon, atau “buku merah”. Biasanya, kamu akan mulai membeli ini setelah melihat-lihat kampus impianmu, tapi ini untuk semua masalah bersama. Belum lagi buku itu memiliki lima salinan untuk semua mata pelajaran yang membuatku sedikit kesulitan. Tak perlu dikatakan, aku sangat berterima kasih untuk ini. Lagi pula, mereka dapat dengan mudah melampaui harga tiga buku hardcover. Mengizinkanku untuk memilikinya kapan pun aku mau pasti akan berguna. Namun…

“Tapi ini benar-benar tidak terasa seperti hadiah.”

“Setelah kamu menjadi dewasa, kamu bebas untuk menjalani hidupmu seperti yang kamu inginkan, tapi sekarang, ini adalah waktu ujian masuk.”

“Lakukan yang terbaik, kalian berdua,” ujar Akiko-san sambil tersenyum.

“Terima kasih banyak. Aku akan melakukan yang terbaik.” Ayase-san berterima kasih kepada mereka berdua dan menundukkan kepalanya.

Pada saat itu, Ayase-san dan aku merasakan rasa aneh dari hadiah Natal yang aneh, masih tidak tahu mengapa Ayahku dan Akiko-san terus mengedipkan mata satu sama lain. Dari TV, kami mendengar suara anak yang melindungi rumahnya dari pencuri.

 

◇◇◇◇

 

Malam harinya, tepat ketika aku hendak mendapatkan tidur yang nyenyak, aku mendengar suara-suara samar. Aku membuka mataku di tengah kegelapan. Aku melihat sekeliling, tidak menemukan sesuatu yang aneh di kamarku. Atau lebih tepatnya, aku tidak bisa melihat apa-apa sama sekali. Aku meraih smartphoneku dan menyalakan layar, memeriksa waktu saat aku melakukannya. Saat itu sudah hampir mendekati dini hari. Aku baru saja tertidur beberapa saat yang lalu. Namun, karena sekarang aku memiliki liburan musim dingin mulai besok, jadi tidur sebentar tidak ada salahnya.

Aku kemudian mencari tombol senter di smartphoneku untuk menerangi area di sekitar pintu. Aku melihat sebuah kotak kecil di sebelah pintu yang sebelumnya tidak ada. Apa ini? Demi mendapatkannya, aku benar-benar harus bangun dari tempat tidur... Tapi anehnya aku penasaran. Aku membuka selimutku, yang menyebabkan tubuhku menggigil karena udara dingin. Aku merasakan dorongan untuk memeluk diri sendiri untuk menghangatkan diri sedikit. Aku mematikan AC karena tak berpikir kalau aku akan benar-benar bangun dari tempat tidur lagi. Setelah berjalan mendekati kotak, aku mengambilnya dan kembali ke tempat tidurku, menyalakan lampu di sebelah bantalku.

Karena kotak itu dibungkus dengan pita di atasnya, aku langsung tahu kalau ini seharusnya hadiah Natal. Dan itu dari Santa Claus. Nama itu langsung muncul di pikiranku, tapi aku segera menggelengkan kepalaku. Aku bukan anak kecil lagi. Tapi sudah berapa lama sejak aku berharap seperti itu? Jadi ini hadiah utamanya, ya? Maksudku, aku sudah cukup senang mendapatkan akahon untuk Natal dan ulang tahunku, tapi kurasa itu cuma pengalih perhatian, ya? Apakah Ayahku tipe orang yang melakukan hal-hal seperti ini? Kurasa tidak, tapi itu mungkin karena pengaruh Akiko-san.

Ada kemungkinan besar Ayase-san telah menerima hal yang sama. Aku membuka bungkusnya dan memeriksa isinya. Segera setelah itu, sesuatu jatuh ke tanah.

“…surat?”

Hadiah dengan kartu? Setelah memeriksa kartu, aku menemukan bahwa teksnya cukup panjang. Dan itu dimulai dengan 'Untuk Yuuta, yang akan menjadi dewasa tahun depan'—Jadi pada dasarnya, karena segalanya akan berantakan dan stres pada tahun depan, mereka memutuskan untuk merayakan kita menjadi dewasa sedikit lebih awal.

“Oh ya, kita harus fokus pada ujian masuk mulai tahun depan…”

Menjadi anak kelas 3 SMA itu berarti kamu akan mengalami sakit perut yang konstan karena stres. Mungkin akan sulit untuk memberi kami sesuatu ketika kami terus-menerus berada di bawah tekanan sebanyak itu. Aku memeriksa di dalam kotak.

“Ternyata ini jam tangan… Belum lagi…”

Ternyata itu adalah jam tangan dari produsen yang bahkan pernah aku dengar. Sebagai siswa SMA, harganya membuatnya menjadi sesuatu yang benar-benar tidak terjangkau. Bahkan yang bekas bisa dijual dengan harga yang lumayan. Ini akan menjadi hadiah yang sempurna untuk merayakan pekerjaan seseorang.

—Untuk Yuuta, yang akan menjadi dewasa tahun depan.

Aku merasakan tekanan besar dari pesan yang tertulis di kartu itu. Tahun depan, aku akan berusia 18 tahun. Aku bahkan bisa menikah pada usia itu. Dan kemudian aku akan menjadi mandiri. Walaupun aku tidak pernah benar-benar memikirkannya sampai sekarang. Ide bekerja terasa sangat sulit dipercaya. Jadwal regulernya adalah kuliah, lulus setelah lima hingga enam tahun, dan kemudian mulai bekerja—Sebenarnya, mencari pekerjaan tidak semudah yang kudengar*. Kamu membutuhkan banyak keberuntungan untuk menemukan pekerjaan yang baik. Tapi aku membutuhkannya untuk makan dan mandiri… dan menikah… (TN: Bener banget, mencari pekerjaan itu susahnya minta ampun, jadi buat para pembaca budiman, banyak-banyak belajar dan mengembangkan soft skill serta kemampuan lainnya. Carilah relasi sebanyak mungkin supaya memudahkan kalian bisa mendapat pekerjaan)

Aku menggelengkan kepalaku. Bagian terakhir itu tidak penting sekarang. Aku mengambil jam tangan dari kotak dan meletakkannya di pergelangan tanganku. Sabuk perak berkilau dengan warna terang di bawah lampu LED kamarku. Itu tidak seberat yang kuduga, dan memakainya terasa cukup nyaman. Tapi untuk saat ini, aku memasukkannya kembali ke dalam kotak, yang aku letakkan di samping tempat tidurku.

…Aku ingin memperoleh uang yang cukup sehingga aku dapat membeli jam tangan seperti ini dengan jerih payahku sendiri. Dan demi mewujudkan itu, aku harus bekerja keras. Aku meringkuk di balik selimutku, dan bahkan setelah mematikan lampu di samping tempat tidurku, kilau perak jam tangan tetap terlihat di balik kelopak mataku.

 

 

Sebelumnya || Daftar isi || Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama