Gimai Seikatsu Jilid 8 Bab 10 Bahasa Indonesia

Bab 10 — 1 Juni (Selasa) Ayase Saki

 

Aku mendongak ke atas langit yang terlihat melalui celah di antara gedung-gedung ketika berjalan pulang dari sekolah. Selama jam pelajaran berlangsung, langit tersebut hanyalah berwarna biru, tapi sekarang awan putih telah merayap masuk. Matahari tersembunyi dan ketika angin menyentuh kulitku membuatku menggigil. Aku mengusap lengan yang mencuat dari baju lengan pendekku. Cuacanya menjadi semakin dingin, dan aku penasaran apakah sebentar lagi akan turun hujan.

Ketika aku menurunkan pandanganku, aku melihat celah di trotoar. Untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, celah itu membuatku kesal, jadi aku menendangnya dengan sepatuku.

... Aduh.

Itu benar-benar menyakitkan. Yah, tentu saja lah.

“Apa sih yang sedang kulakukan?” Aku bergumam pada diriku sendiri, tapi kata-kata itu tersapu angin sebelum ada yang bisa mendengarnya.

Aku berjalan pulang dengan susah payah melalui jalanan yang sibuk di dekat Stasiun Shibuya, merasa kalah.

Hari ini kami mendapatkan hasil ujian UTS-ku, dan aku sedikit senang karenanya.

Bersamaan dengan lembar jawaban bernilai untuk setiap mata pelajaran, kami diberi rapor dengan nilai rata-rata untuk seluruh kelas, nilai standar sekolah, dan peringkat pribadi kami.

Nilaiku benar-benar anjlok. Baik itu dalam peringkat maupun nilai rata-rataku.

Aku akhirnya melakukannya lebih buruk daripada saat kelas 2, dan keputusasaan yang gelap memenuhi penglihatanku. Aku terlalu takut untuk melihat Asamura-kun, jadi aku praktis lari dari ruang kelas.

“Mengapa bisa begini...?” gumamku. Kurasa aku tidak perlu bertanya, karena aku sudah tahu alasannya.

Meski aku tidak mau mengakuinya, tapi sekarang setelah semuanya menjadi seperti ini, aku tidak bisa terus berpaling darinya.

Asamura-kun. Keberadaan homosapien yang bernama Asamura Yuuta. Khususnya, kelemahanku karena benar-benar terjerat dengan keberadaannya. Dan keberadaannya sangat mempengaruhi konsentrasiku saat belajar. Yap, aman untuk mengatakan hari-hariku sebagai adik tiri Asamura Yuuta adalah akar dari penyebab semua masalah… Oke, Saki, dibawa santai saja.

Oke, tetap tenang. Jangan panik.

Aku tidak bisa merusak kehidupan yang sedang dibangun oleh Ibuku dan pasangannya sekarang. Mana mungkin ada orang tua dengan putrinya yang masih remaja menghadapi ujian masuk tahun berikutnya akan tinggal bersama tanpa mempertimbangkan masa depan remaja tersebut. Ibuku bahkan memberitahuku bahwa jika tampaknya terlalu sulit, kami dapat hidup terpisah sampai aku lulus, dan dia bahkan akan menunggu sampai saat itu untuk menikah.

Aku berbalik dan dengan keras kepala bersikeras aku akan menunggu dan mulai hidup sendiri setelah lulus. Itu akan menurunkan rintangan bagi ibu dan ayah tiriku untuk menikah.

Aku menginginkan Ibuku bahagia. Aku tidak ingin dia menunda pernikahannya atau menyerah demi diriku. Aku pergi ke rumah keluarga Asamura dengan kesadaran penuh akan risikonya.

Itu sebabnya aku memberitahu Asamura-kun dengan tegas bahwa aku tidak mengharapkan apa pun darinya, dan aku tidak ingin dirinya mengharapkan apa pun dariku. Aku ingin menjaga jarak darinya.

Akan tetapi…

Mengapa aku tidak bisa mengendalikan perasaanku sendiri dan membuatnya berharap melakukan apa yang aku inginkan?

“Apa yang harus aku lakukan?”

Aku tidak ingin pulang dengan perasaan ini, jadi aku memasuki restoran cepat saji pertama yang menarik perhatianku.

Peristiwa ini mungkin pertama kalinya aku pergi ke tempat seperti ini sendirian dengan seragam sekolahku. Aku pun segera duduk, memegang satu cangkir kopi panas yang kupesan. Sambil meletakkan sikuku di atas meja, aku meneguk sedikit cairan cokelat itu sambil tenggelam dalam pikiranku.

Saatnya mengatur dan mempertimbangkan situasi seperti saat ini. Bagian pertama mudah, nilaiku menurun meskipun hanya tidak sebanding dengan ujian masuk.

Sebuah peradilan dimulai dalam pikiranku.

[Penggugat]—Diriku.

[Tergugat]—Aku.

[Penonton publik]—Diriku.

[Hakim]—Juga aku.

[Objek tuduhan]—Penurunan prestasi akademik.

Pertama-tama, pernyataan argumen penuntut untuk penggugat.

——“Penyebabnya adalah Asamura Yuuta! Keberadaannya harus segera dilenyapkan!”

——“Keberatan!” Teriak pengacara di sisi terdakwa.

Hakim menggedor-gedor palunya untuk membungkam ruang sidang, dan menyuruh jaksa untuk menjelaskan lebih lanjut.

Seluruh ruangan, termasuk para penonton, terdiam. Ekspresi semua orang serius. Yang dimaksud semua orang adalah diriku semua.

Jaksa kembali berbicara lagi.

—— “Sudah sangat jelas bahwa konsentrasi Ayase Saki pada studinya telah menurun.”

Tidak ada yang keberatan. Karena itu memang fakta yang tak terbantahkan.

—— “Penyebabnya adalah Asamura Yuuta. Kehadirannya selalu melintas di benakku, menyebabkan kata-kata di hadapanku menari di buku teks, penaku jadi berhenti, dan hippocampusku terlibat dalam sabotase!” Aku mengoceh sekaligus.

Diriku yang masih berusia 7 tahun di antara hadirin, yang penasaran dengan apa yang dimaksud dengan 'hippocampus', memiringkan kepalanya. Aku yang berusia 13 tahun, yang matanya dipenuhi dengan kesedihan karena perlakuan kasar ayah kandungku terhadap ibuku, mengangkat bahunya, dan diriku yang berusia 17 tahun menjelaskan, “Hippocampus adalah bagian dari otak yang memutuskan apakah akan mengingat apa yang telah sudah lama kamu pelajari atau tidak.”

Singkatnya, jaksa hanya menggunakan kata-kata rumit untuk mengatakan terdakwa bermalas-malasan dalam studi mereka. Orang-orang penting cenderung menggunakan kata-kata yang rumit.

Sebagai info tambahan, tidak ada yang merasa keberatan saat itu juga. Rupanya, Ayase Saki dari berbagai versi merasa setuju dengan semuanya sampai saat ini.

—— “Dengan demikian, terdakwa kurang konsentrasi dalam belajar, dan alasannya jelas. Terdakwa lebih mementingkan keberadaan Asamura Yuuta daripada studi mereka.”

Jaksa penuntut memelototi pembela setelah mengatakan itu, dan pengacara terdakwa langsung melotot.

Hakim mengalihkan perhatiannya ke arah pembela.

—— “Apa kamu menerima pernyataan jaksa?”

—— “Ya,” jawab pengacara pembela.

Apa!? Aku berteriak dalam hati. Mereka menerimanya!? Yah, ya, kurasa itu memang menggangguku. Karena ini tentang orang yang aku... sukai.

—— “Tapi, Yang Mulia!” Pengacara terdakwa memulai bantahan mereka. Baik untuk mereka.

—— “Terdakwa menyadari perasaan romantisnya terhadap Asamura Yuuta ketika…”

Pe-Pe-Perasaan romantisku?! Aku berteriak lagi dalam hati. Sungguh cara yang memalukan untuk mengatakannya.

Di ruang sidang yang ada di dalam kepalaku, diriku yang versi SMA di bangku penonton dengan panik melambaikan tangannya di depan wajahnya karena malu.

Hakim mengetuk palu lagi. “Diam, Ayase Saki!” teriaknya.

Mengapa aku menegur diriku sendiri ...?

—— “Aku akan melanjutkan. Terdakwa, Ayase Saki, menyadari perasaan cintanya, atau lebih tepatnya, kasih sayang, jauh sebelum menjadi siswa kelas 3 SMA. Jika mengarahkan perasaan ini kepada siswa laki-laki adalah penyebabnya, penurunan nilai akan terjadi jauh di masa lalu!”

Argumen pengacara terdakwa terdengar logis. Pengacara pembela ini pintar! Yah, karena dia juga diriku sendiri.

Di sana, di ruang sidang pikiranku, aku pun tersadar.

Penurunan nilaiku dimulai ketika aku sudah menjadi anak kelas tiga... Kenapa bisa begitu?

—— “Keberatan!” Jaksa penuntut berteriak.

—— “Aku belum mengatakan alasan perasaan romantisku!”

Aku terkesiap.

Meskipun hanya khayalan, aku menunggu kata-kata jaksa berikutnya dengan napas tertahan.

—— “Penyebab situasi ini jelas. Keadaan diperparah ketika terdakwa menjadi siswa kelas tiga SMA, yang berarti ada perubahan lingkungan terdakwa.”

Ah iya. Itu benar.

—— “Terdakwa, Ayase Saki, mengkonfirmasi perasaannya dengan Asamura Yuuta di semester akhir kelas duanya, dan kesepakatan romantis dianggap telah dibuat pada saat itu.”

Pe-Pe-Perasaan romantisku–. Sebelum aku bisa menyelesaikan kata-kata itu, sanga hakim mengetuk palunya.

Baiklah, aku akan diam.

—— “Lebih jauh lagi, mereka berpelukan di jembatan gantung di Pantai Palawan, saling berciuman, dan bahkan tertidur bersama di tempat tidur. Jadi, aku ingin bertanya kepada terdakwa…”

Sebuah peluru nyasar terbang ke arahku.

—— “Bagaimana perasaanmu setelah kamu tertidur bersama dengannya?”

Aku menggali ingatanku. Sehari setelah aku tertidur dengan Asamura-kun... Ya, untuk pertama kalinya dalam hidupku, aku tertidur di kelas. Aku ceroboh. Prestasi akademikku benar-benar anjlok…

—“Tidak, tidak, aku tidak membicarakan tentang studimu. Bagaimana perasaanmu?”

Hah? Oh, benar. Aku ingat kalau aku merasa murung sepanjang hari. Aku membuat kesalahan bahkan di tempat kerja. Ketika sampai di rumah, aku tertidur dengan headphone kamu. Aku tidak bisa menahannya, aku sangat mengantuk sehingga aku langsung tertidur.

—— “Terdakwa, Ayase Saki, tampaknya secara sadar mencoba untuk melupakan, tetapi menderita kurang tidur yang signifikan pada saat itu.”

Aku terkesiap.

—— “Itu karena, sejak menjadi anak kelas tiga, dia tidak dapat berkonsentrasi, studi ujiannya tidak berkembang, dan dia terus menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar. Dia begadang di malam hari untuk belajar di mejanya, tapi masih belum bisa menyelesaikannya.”

Ah…

—— “Tidak mengherankan jika dia tertidur di kelas sebelum itu. Namun, dia tidak melakukannya sampai hari itu. Jadi apa ada yang spesial dari hari itu?”

Ah gawat, ini buruk. Aku mulai sampai pada kesimpulan yang tidak ingin aku terima, dan aku tidak ingin mendengarnya. Jangan katakan, jangan katakan, jangan katakan, jangan katakan, jangan katakan, jangan katakan.

—— “Terdakwa menemukan ketenangan pikiran setelah merangkul Asamura Yuuta pada malam sebelumnya!”

Ah.

Ahhhhhhhhh!

—— “Yah, sederhananya, kamu merasa lega dan aman, lalu kewaspadaanmu menurun!”

Dengan cemberut, jaksa menunjukku di kursi terdakwa.

Jangan menunjuk orang. Aku ingin menggigit jari yang terulur itu. Terpojok, aku memelototi jaksa dengan pikiran itu di kepalaku. Tunggu… aku juga berperan sebagai jaksa.

Pengacara pembela mengangkat bahu.

——“Ah iya. Aku juga setuju.”

Berani-beraninya mereka setuju di saat seperti ini.

— “Kamu lengah, kan? Kamu lega, dan kemudian semua kelelahan yang kamu tahan langsung keluar sekaligus. Itu sebabnya kamu merasa murung.”

Tunggu sebentar. Mengapa diriku dipojokkan oleh jaksa penuntut dan pengacara pembela?

Hakim lalu menyesuaikan kacamatanya.

—— “Hmm? Jadi, kesimpulan apa yang bisa kita putuskan?”

Jaksa dan pengacara mulai berbicara pada saat bersamaan. Di ruang sidang pikiranku, aku mendengar kata-kata yang persis sama dari kedua sisi.

—— ““Kesimpulannya sudah jelas.””

—— “Bagi terdakwa, Asamura Yuuta mirip seperti selimut Linus! Hanya dengan dibungkus selimut dia bisa tidur nyenyak, dan tanpa kehadirannya, dia menjadi cemas dan tidak bisa tidur. Terdakwa berada di kelas yang sama dengan Asamura Yuuta sejak menjadi siswa kelas tiga, dan bisa dibilang jarak mereka semakin dekat. Meski demikian, interaksi di antara mereka mengalami penurunan dibandingkan dengan saat kelas 2. Dalam keadaan kekurangan selimut keamanannya, Asamura Yuuta, kurang tidurnya menyebabkan kekurangan yang tidak normal konsentrasi dalam studinya. Terdakwa menderita kasus serius kekurangan Asamura Yuuta!” (TN: Selimut Linus adalah istilah untuk menggambarkan benda, kebiasaan, atau perilaku apa pun yang memberikan kenyamanan dan keamanan, dinamai sesuai karakter dalam kartun Peanuts yang melekat pada selimut birunya)

Ke-Kekurangan Asamura Yuuta!?

Saat jaksa penuntut dan pembela menyelesaikan pernyataan mereka, Saki yang berusia 7 tahun, Saki yang berusia 13 tahun, dan Saki yang berusia 17 tahun sebelum-bertemu-dengannya, masing-masing memiliki reaksi mereka sendiri. Saki yang berusia 7 tahun berseru, 'Wow!' Ayase Saki yang berusia 13 tahun terkejut sembari berkata, 'Aku sama sekali tidak menyangkanya.' Dan Saki yang berusia 17 tahun sebelum bertemu dengannya mengangguk dalam-dalam, berkomentar, 'Begitu ya.'

Tidak ada yang mengajukan keberatan. Ekspresi semua orang menunjukkan bahwa mereka diyakinkan.

Apa kalian seriusan?

...Tapi, jika itu memang benar, apa yang akan kulakukan?

Apakah kurangnya konsentrasiku benar-benar karena kurangnya Asamura Yuuta? Dengan cara yang lebih blak-blakan, apa itu berarti aku membutuhkan lebih banyak pelukan, ciuman, dan malam yang dihabiskan untuk tidur bersama? Jika aku mendapatkan cukup dari itu, apa itu berarti aku bisa kembali ke keadaan primaku seperi saat kelas dua dulu?

Tapi, kata-kata selanjutnya yang diucapkan jaksa mengejutkan.

—— “Aku merekomendasikan untuk mengambil 'selimut keamanan Linus' dari Ayase Saki.”

—— “Dan putus dengan Asamura Yuuta!”

Bagaimana keputusan itu bisa terjadi?!

Ahhh!

Aku secara naluriah menutup mulutku dengan kedua tangan. Hah? Aku tidak benar-benar berteriak dalam kehidupan nyata sekarang, iya ‘kan?

Ketika aku membuka mataku, aku dengan hati-hati melihat sekeliling restoran. Kelegaan menyelimutiku. Tidak ada yang menatapku. Sepertinya aku hanya berteriak dalam pikiranku. Jantungku berdegup kencang, aku meminum sisa kopi yang kupegang.

Aku takut dengan kesimpulan menakutkan yang muncul di benakku.

Apa aku benar-benar mempertimbangkan apa yang akan terjadi jika Asamura-kun pergi...?

Tringting!

Aku dikejutkan oleh notifikasi pesan. Ketika memeriksa ponselku, aku mendapat pesan LINE dari Maaya.

Hiya Saki~♪ gimana kabarmu?? BTW aku selalu di sini kalau perlu ngobrol lho~♪ Guk guk♪

... Oh Maaya.

Pesan itu disertai dengan stiker anak anjing yang tertawa. Aku merasakan kenyamanan sesaat. Bagaimana dirinya bisa tahu? Waktunya terlalu sempurna.

Aku merasakan dorongan yang kuat untuk meminta nasihatnya. Maaya adalah satu-satunya teman yang bisa kuajak bicara dengan nyaman.

Tapi dia juga bersiap-siap untuk ujian masuk, jadi aku tidak ingin mengganggunya.

Apa yang harus aku lakukan?

Jika aku tidak segera menyelesaikan masalahku tentang Asamura-kun, mana mungkin aku bisa mengikuti ujian masuk Universitas Wanita Tsukinomiya.

Kira-kira apa ada seseorang yang dapat mendengarkan kekhawatiranku dan memberiku nasihat tanpa perlu membuatku sakit secara emosional?

… Orang yang mudah membantu seperti itu tidak ada. Berbeda dengan cerita dongeng, tidak ada ibu peri yang muncul di hadapanku, melambaikan tongkat sihirnya saat kamu sangat membutuhkannya.

Tiba-tiba, wajah seseorang muncul di kepalaku.

Aku mengaduk-aduk tasku, bertanya-tanya apakah aku masih memilikinya. Di bagian bawah, aku menemukan selembar kertas terlipat dengan alamat email sederhana tertulis di atasnya. Ya, aku masih memilikinya.

Aku ingat pernah diberikan kartu namanya pada hari pembukaan Universitas Wanita Tsukinomiya. Profesor Kudou lalu memberitahuku, “Jika kamu memiliki masalah, kamu bisa menghubungiku.”

Aku mengumpulkan keberanianku dan mengirim email. Kemudian, ketika aku bangun dari kursi kamu untuk pulang, ponselku berbunyi bip.

Itu adalah suara notifikasi email.

Ketika aku memeriksanya, ternyata itu email dari Profesor Kudou. Aku hampir tidak bisa mempercayai penglihatanku.

“Ini bahkan belum lima menit…”

Aku duduk kembali dan membuka email.

Aku akan menunggu di ruangan tempat kita bertemu terakhir kali.

...Hah?

Tunggu apa? Apakah dia menyuruhku datang? Maksudnya, sekarang?

Saat aku memegang kepalaku di tanganku, ponselku berbunyi bip lagi.

Jika kamu mau, kamu bisa membawa bocah Asamura-kun itu bersamamu. Aku sama sekali tidak keberatan

“Mustahil…”

Aku segera memeriksa email yang baru saja aku kirim. Tapi tidak peduli berapa kali aku membacanya, tidak ada satu pun nama Asamura-kun yang disebutkan selain fakta bahwa aku ingin membicarakan sesuatu.

Bagaimana dia bisa tahu !?

Aku lalu meletakkan cangkir kopi kosong di atas nampan dan akhirnya berdiri dari tempat dudukku.

 

◇◇◇◇

 

Aku pun turun dari kereta dan melewati gerbang tiket. Angin lembab menempel di tubuhku. Masih terlalu dini untuk musim hujan, tetapi awan tebal yang menindas mengancam akan melepaskan tetesan airnya kapan saja. Aku hanya bisa berharap tidak hujan sebelum aku sampai di sana.

Saat melihat ke atas ke langit kelabu, pandangan mataku ditarik ke bawah, seolah-olah menyerah pada berat awan yang menjulang.

Satu-satunya hal yang dapat aku andalkan untuk stabilitas adalah aspal padat di bawah kakiku. Aku terus menunduk dan buru-buru menggerakkan kakiku.

Aku akhirnya tiba di pintu masuk universitas, di mana aku hanya pernah mengunjungi sekali sebelumnya.

Tapi hari ini adalah hari kerja biasa.

Berbeda dengan acara kampus terbuka, suasananya bukan dalam “Mode selamat datang” untuk orang luar. Tidak ada tanda-tanda apapun, dan tidak ada orang lain yang memakai seragam SMA sepertiku. Dari gerbang bata merah, paving taktil membentang ke arah belakang kampus. Seorang satpam berdiri tidak jauh dari sana, mengamati semua orang yang memasuki kampus.

Apa tidak apa-apa bagiku untuk masuk?

Ponselku kembali berdengung di kantong. Aku segera mengeluarkannya — email lain dari Profesor Kudou. Katanya tunjukin email ke satpam kalau kamu diinterogasi.

Aku secara naluriah melihat ke kiri dan ke kanan dengan gugup. Apa aku sedang diawasi? Tidak ada alasan untuk berpikir demikian, tetapi Profesor Kudou membaca setiap gerakanku dengan sangat baik sampai-sampai membuatku merinding.

Aku mengumpulkan keberanianku dan hendak melangkah maju—dan berhenti. Sekelompok mahasiswa berjalan melewati gerbang. Aku cepat-cepat bergerak ke samping untuk menghindari bertabrakan dengan mereka. Kelompok itu mengucapkan selamat tinggal dan berpencar ke berbagai arah. Aku menarik napas lega.

“Hei kamu. Apa kamu mempunyai beberapa urusan di sini?”

Aku sangat terkejut sampai-sampai aku berpikir jantungku akan melompat keluar dari mulutku.

Aku berbalik untuk melihat dua wajah yang baru saja aku lihat… sepasang wanita dari kelompok yang aku lihat sebelumnya. Yang satu sangat tinggi, sementara wanita lainnya bertubuh mungil dan terlihat seperti binatang kecil. Mereka berdua menatap lurus ke arahku.

“Eh, yah…”

“Seragam itu. Aku merasa seperti pernah melihatnya sebelumnya, ”kata wanita jangkung itu dengan suara yang agak serak.

“Itu seragam SMA Suisei,” tunjuk wanita mungil di sebelahnya.

“Hah? Kita tidak berbicara tentang pena.”

“Tidak, tidak. Jangan konyol, Shizu-chan. Kami tidak berbicara tentang pena berbahan dasar minyak dan air. Lihat, itu dari SMA Suisei. Itu adalah sekolah di sisi lain Tokyo tempat anak-anak yang sangat pintar bersekolah.”

Sambil mengatakan “di sana,” dia menunjuk ke arah stasiun, tapi SMA Suisei sebenarnya berada di arah yang berlawanan.

Mereka sepasang kombinasi yang aneh. Wanita mungil itu memberikan nuansa halus dan rapuh dan wanita lain, mungkin setinggi sekitar 170cm, menjulang di atasnya.

Wanita jangkung itu mengangguk mengerti pada kata-kata wanita mungil itu.

“Jadi, apa kamu punya urusan di kampus kami? Kurasa kami belum memiliki kampus terbuka tahun ini.”

“Um, tidak, bukan itu. Yah, um, aku dipanggil ke sini oleh Profesor Kudou.”

Saat kalimat ragu-ragu keluar dari mulutku, kedua ekspresi mereka langsung berubah seketika.

“Ah—”

“Kasihan sekali.”

Eh? Hah? Hah?

“Baiklah aku mengerti. Oke, kami akan menunjukkan jalannya.”

“Hah? Tidak perlu. Um... aku sudah tahu di mana letaknya.”

“Sangat disayangkan sekali. Kamu sudah terjerat.”

“Shizu-chan, jangan berkata seperti itu!”

Mereka berdua bertukar percakapan semacam itu saat mereka menjepitku dari kedua sisi. Apa? Tunggu sebentar.

“Pokoknya, jangan khawatir tentang itu. Akan lebih mudah jika kita pergi bersama.”

“Ya, ya. Jangan khawatir, tidak apa-apa, tidak apa-apa.”

“Kita harus memandu kelinci percobaa—, maksudku, tamu kita dengan benar ke hadapan Profesor Kudou, kan?”

“Yup, yup, betul.”

Tunggu, apa mereka baru saja memanggilku kelinci percobaan!?

“H-Hei, tolong jangan menarik tanganku terlalu keras.”

Mereka mencengkeram lenganku dengan kuat dari kedua sisi dan membawaku ke dalam kampus.

Ruangan Profesor Kudou sama dengan tempat yang aku kunjungi terakhir kali. Duo kombi wanita aneh itu membawaku ke pintu, mengucapkan selamat tinggal, dan pergi.

Saat mereka menyeretku, mereka memberitahuku bahwa mereka berdua adalah murid Profesor Kudou. Terlepas dari semua keributan itu, aku bisa sampai sejauh ini tanpa dihentikan dan ditanyai berkat mereka. Jadi, aku berterima kasih. Belum lagi mereka berdua sedang dalam perjalanan keluar gerbang ketika mereka berhenti untuk membantuku.

Tetap saja, mereka mengatakan banyak hal yang membuatku cemas. Hal-hal seperti, “Jika sesuatu terjadi, cepat-cepat kabur” atau “Pastikan untuk mengamankan rute pelarian dan jangan biarkan Profesor Kudou berdiri menghalangi pintu.”

Apa Profesor Kudou diam-diam adalah seorang pembunuh atau semacamnya?

Berdiri di depan pintu, aku menarik napas dalam-dalam beberapa kali. Aku sudah sampai sejauh ini. aku tidak bisa mundur sekarang.

Tok, tok, tok.

Tidak ada jawaban.

Hmm?

Aku mencoba memutar kenop pintu dengan lembut.

Pintunya malah terbuka.

... Mungkin dia sedang keluar sebentar? Aku mengintip kepalaku sedikit untuk melihatnya.

“Um ... apa ada orang di sini?”

Masih belum ada tanggapan, dan aku tidak bisa melihat siapa pun melalui celah yang kuintip. Tunggu, tunggu. Apa itu kaki seseorang yang bisa aku lihat di sisi lain sofa, di antara kaki meja dan kursi? Mereka bertelanjang kaki. Mereka tergeletak di lantai dekat jendela, dan aku bisa melihat ujung jas putih. Apa ada seseorang yang pingsan?

Aku buru-buru membuka pintu dan masuk ke dalam. Aku berlari ke meja dan menatap wajahnya—Profesor Kudou.

“Apa anda baik-baik saja!?”

“Mmm...?”

Dia berbaring miring saat tidur.

Dia membuka matanya dan menguap lebar—tunggu, menguap?

“Um, baiklah…”

“Saki-kun. Kamu ketinggalan satu kereta, bukan?”

“Eh?”

Profesor Kudou perlahan duduk dan mengeluarkan tangan kanannya dari sakunya. Dia sedang memegang smartphone. Dia meletakkan telepon di atas meja, dengan santai membersihkan jas labnya, dan merentangkan tangannya ke arah langit-langit.

“Mmm.”

“Apa anda habis tertidur?”

"Mau aku ngucapin 'selamat pagi'? Oke, selamat pagi.”

Jadi dia benar-benar tidur.

Orang ini ternyata sangat nakal.

“... ya, selamat pagi.”

“Mm. Nah, duduklah.”

Dia menyuruhku duduk di sofa. Aku ingat duduk di sofa itu ketika datang selama acara kampus terbuka.

“Ayo buat kopi. Itu akan membangunkanku.”

"Aku baik-baik saja, terima kasih, aku baru saja makan.”

“Lalu, bagaimana dengan teh yang sama seperti tempo hari? Tidak, sebenarnya, aku memiliki sesuatu yang lebih baik. Gyokuro.” (TN: Gyokuro adalah teh hijau Jepang mahal yang memiliki rasa manis dan lembut, warna hijau cerah, dan manfaat kesehatan. Itu ditanam di bawah naungan dan diseduh pada suhu yang lebih rendah, dan sangat dihargai karena rasanya yang unik)

Saat dia mengatakan itu, dia membuka sebuah lemari tinggi yang terlihat seperti untuk menyimpan perlengkapan kebersihan. Hal itu dikemas dengan dokumen, tetapi satu rak berisi peralatan teh dan daun teh sebagai gantinya.

...Sungguh periangnya.

“Gyokuro itu mahal, bukan?”

“Ada yang versi kantong teh.”

“...jadi  harganya murah?”

“Bisa dibilang harganya mahal kalau cuma versi kantong teh. Apa kamu pernah mencoba gyokuro?”

“Sudah, tapi sepertinya sia-sia memasukkan daun teh berkualitas tinggi ke dalam kantong teh ...”

“Jika kamu melihatnya dari perspektif mendapatkan pengalaman penuh minum teh mewah, kurasa kamu bisa menyebutnya sia-sia. Tapi bahannya tidak berbeda, dan lebih praktis, jadi aku menggunakannya.”

Saat dia berbicara, Profesor Kudou sibuk bergerak di sekitar ruangan. Dia merebus air dalam ketel listrik, menyiapkan cangkir teh, dan menyeduh gyokuro menggunakan kantong teh.

Dia membariskan kedua cangkir di atas meja kaca di antara sofa yang saling berhadapan dan mengobrak-abrik lemari lagi untuk mengambil sesuatu yang lain. Kelihatannya seperti sekantong makanan ringan. Dia merobeknya dan menyebarkan isinya di atas meja. Ternyata itu cemilan keripik kentang asin.

“Untuk menemani teh.”

“...Ah iya. Terima kasih banyak.”

Tiba-tiba, aku melihat sesuatu dan menatap kaki Profesor Kudou saat dia duduk bersila di depan kamu.

“Mengapa anda bertelanjang kaki?”

“Karena aku kepanasan,” Dia memberiku pandangan seolah itu adalah hal yang paling jelas di dunia.

“Jadi, apa anda tiduran di sana karena kepanasan?”

“Tidak, kalau itu karena alasan lain. Aku hanya melakukannya karena penasaran.”

“Penasaran?”

“Ya, kamu tahu, ketika pasangan tidur bersama, mereka biasanya saling berhadapan, kan?”

“Benarkah?”

“Kalau tidak, kamu tidak bisa berciuman, kan?”

Be-Berciuman? Kenapa dia tiba-tiba membahas tentang itu?

“Itu berarti satu orang memiliki sisi kiri, dan yang lainnya berbaring ke sisi kanan. Aku tiba-tiba menjadi ingin tahu apakah itu mungkin terkait dengan umur dan kecenderungan kesehatan pria dan wanita.”

“U-uh…”

Aku penasaran dengan apa maksudnya. Merasakan ekspresi bingungku, Profesor Kudou mulai menjelaskan dengan nada enggan.

Menurut penjelasannya, posisi tidur bisa berdampak signifikan pada kesehatan. Tidur dengan posisi miring ke kiri, di mana posisi jantung berada, secara alami dapat menekan jantungmu dan membebaninya. Di sisi lain, tidur miring ke kanan dapat menekan perut dan menyebabkan masalah pencernaan.

Apa itu benar? Atau dia cuma mengelabuiku saja?

“Tapi orang bilang kalau manusia tidur bolak-balik di malam hari, bukan?”

“Itu benar. Jika kamu tidur sendirian di ranjang besar atau futon, memang begitulah adanya. Tapi bagaimana jika pasanganmu tidur di ranjang yang sama?”

“Yah ... mereka akan bertabrakan satu sama lain.”

“Benar, ‘kan?”

“Kurasa begitu.”

Begitu ya, jadi kemungkinan untuk membalikkan badan hanya terbatas dalam kasus seperti itu.

“Sekarang kamu mulai memahaminya, ‘kan? Mungkin ada perbedaan dampak pada tubuh antara tidur di lingkungan terbatas dan bisa dengan bebas membalikkan tubuh saat kamu tidur sendirian.”

“Aku mengerti apa yang ingin anda katakan, tapi ..."

Misalnya saja pasangan suami istri yang tidur di futon atau ranjang yang sama.

“Misalnya, jika kita mengambil sampel besar pasangan yang tidur di ranjang atau futon yang sama, kita mungkin bisa menemukan bahwa ada kecenderungan satu orang untuk tidur di sisi tertentu daripada secara acak.”

“Memangnya ada statistik yang menunjukkan pria lebih cenderung tidur di satu sisi tempat tidur daripada sisi lainnya?”

Mempertimbangkan kemungkinannya 50/50, mungkin ada perbedaan dalam kemampuan untuk membalikkan badan dengan bebas di tempat tidur, tapi kupikir itu tidak ada kaitannya dengan gender.

“Aku merasa pria sering tidur miring ke kiri di tempat tidur.”

“Apa dasar anda untuk mengatakan itu?”

“Saat saling berhadapan, tidur seperti itu berarti tangan kanan dominan mereka bisa bebas! Bukannya menurutmu itu sangat penting bagi pria?”

Aku penasaran apa memang benar begitu.

Setelah memikirkannya sebentar, aku kembali teringat ketika aku tertidur bersama Asamura-kun, aku masih dalam pelukannya ketika aku bangun. Itu berarti tidak satu pun dari kami yang bisa membalikkan badan pada saat itu.

—Di sisi mana aku tidur?

—Tidak, apa sih yang kupikirkan?

Tidak masalah di sisi mana aku berada.

Tidak menyadari kekacauan batinku, Profesor Kudou dengan gembira melanjutkan penjelasannya.

“Aku tidak tahu apakah itu kecenderungan yang nyata atau tidak, tapi jika memang demikian, hal itu dapat mengarah pada penemuan bahwa penyebab perbedaan kesehatan yang sebelumnya diyakini karena perbedaan jenis kelamin sebenarnya disebabkan oleh ketidakseimbangan dalam kehidupan pernikahan.”

... Apa dia selalu memikirkan hal-hal seperti ini secara normal?

“Aku mengerti logikanya, tapi... tidak banyak bukti yang bisa didapat...”

“Yah, itu hanya sesuatu yang hanya kupikirkan sekarang. Aku berencana untuk memancing melalui beberapa makalah penelitian nanti.”

“Jadi anda akan memancing melalui makalah penelitian, ya.”

Aku tidak yakin apakah dia bersemangat dalam penelitiannya atau hanya memiliki terlalu banyak waktu luang.

“Aku mengerti proses berpikir anda, tapi apa anda benar-benar harus tidur di lantai?”

“Aku hanya ingin berbaring dan berpikir, dan lantainya terasa sejuk dan nyaman.”

“Dan aku ketiduran.”

"Ya. Kemudian aku sempat kehilangan kesadaran setelah sekitar 5 menit.”

Alasannya agak lemah.

“Selain itu, ini salahmu karena terlambat. Kamu ketinggalan kereta dan butuh waktu lebih dari lima menit untuk pergi dari gerbang sekolah ke sini.”

“Bagaimana anda bisa tahu kalau aku ketinggalan kereta?”

“Yah, jika aku memperhitungkan rute perjalananmu dari SMA Suisei dan waktuku mengirimi email, aku bist menebak di mana Kamu berada setelah sekolah. Dan, karena kamu tidak datang seperti yang aku perkirakan, jadi aku berasumsi kamu ketinggalan kereta atau dihentikan oleh satpam di gerbang.”

“Dan kemudian anda mengirimiku email lain.”

“Benar.”

Dan dalam lima menit atau lebih yang aku perlukan untuk sampai ke sana, dia malah tertidur.

“Yah... tidak apa-apa. Jadi, tentang email yang kamu kirimkan kepadaku…”

Profesor Kudou menyeringai lebar dengan wajah yang menyiratkan. “Baiklah, ceritakan,”. Dia membusungkan dadanya dengan angkuh dan mengganti kaki yang dia silangkan.

“Baiklah, berikan padaku. Ceritakan semua tentang masalah Ayase Saki.”

 

◇◇◇◇

 

Aku kemudian menceritakan semuanya.

Tentang hubunganku dengan Asamura-kun, dan akibat kurangnya konsentrasi dan penurunan nilaiku. Aku tahu kalau idealnya, kami harus menyelesaikan masalah bersama, tetapi kami tidak bisa, jadi tekanan dari semua frustrasi tersembunyi kami terus menumpuk dan memengaruhi nilaiku.

Sembari mendengar itu, Profesor Kudou memintaku untuk berbagi lebih banyak tentang kecemasanku.

Sebenarnya, aku benar-benar tidak ingin membicarakannya, tapi aku mulai memberitahunya sedikit demi sedikit tentang hubungan ayah kandungku dan ibuku, dan bagaimana hal itu memengaruhi cara berpikirku. Aku mencoba memotong beberapa bagian yang menurutku tidak berhubungan, tapi menjelaskan semua itu masih membutuhkan waktu cukup lama. Aku hanya belum terbiasa saja terbuka seperti ini.

Setelah mendengarkan sampai akhir, Profesor Kudou menutup matanya, menggenggam tangannya di pangkuannya, dan duduk diam saat dia memproses semuanya dalam keheningan.

Dia tampak seperti patung, jadi untuk sesaat aku khawatir dia telah berubah menjadi batu—kalau bukan karena kelopak matanya yang sesekali bergerak untuk memastikan bahwa dia sebenarnya masih hidup.

“Hmm…”

“U-um…”

Dia perlahan membuka matanya dan menatap langit-langit, menggumamkan sesuatu pada dirinya sendiri. Aku tidak bisa memahaminya.

“Jadi itu yang sedang kamu cemaskan ya, Ayase Saki.”

“Ya.”

Aku duduk tegak di sofa. Profesor Kudou menatapku dengan saksama, membuatku merasa seperti dia memiliki penglihatan sinar-X atau semacamnya. Aku merasa benar-benar terbuka jelas di matanya.

“Saki-kun.”

“Ya?”

“Impian masa depanku adalah menjadi tetua desa dalam RPG.”

“Hah?”

Apa sih yang sedang dibicarakan orang ini?

“Kamu tahu, mirip seperti pensiunan kakek tua di sebuah blok flat yang biasa kamu lihat di rakugo. Saat karakter seperti Hattsan, Kuma-san, atau Yotarou datang untuk meminta nasihat, terkadang dia mengatakan hal-hal yang membantu, terkadang hanya berpura-pura tahu, dan terkadang mengatakan hal-hal omong kosong.”

“Jadi dia tidak selalu memberikan saran yang berguna…”

Lantas mengapa mereka meminta nasihat darinya…?

“Tentu saja tidak! Para tetua dan pensiunan hanyalah orang-orang yang berumur panjang dan tahu sedikit tentang hal-hal lama. Itulah satu-satunya kualitas penebusan mereka.”

“Apa itu beneran baik-baik saja?”

“Jika seseorang ingin mengetahui nama-nama tradisional untuk anak-anaknya untuk berharap mereka panjang umur dan pergi ke ahli bahasa atau sejarah kuno, itu pasti cuma merepotkan ahlinya, bukan? Ini tidak seperti ada pendeta kuil di dekat mereka seperti di masa lalu. Saat itulah peran sesepuh masuk, untuk mengajarimu hal-hal seperti 'jugemu jugemu'*. Dan jika kamu benar-benar perlu mengetahui sesuatu yang khusus, sebaiknya tanyakan kepada ahlinya. Para tetua memiliki kebijaksanaan seperti mampu mengiris tipis lobak daikon agar terlihat seperti kamaboko atau membuat acar daikon terlihat seperti tamagoyaki. Itulah jenis kebijaksanaan yang didapatkan seiring bertambahnya usia.” (TN: Jugemu Jugemu adalah salah satu cerita rakyat Jepang terkenal yang sering digunakan sebagai nyanyian atau lagu yang tidak masuk akal. Ceritanya melibatkan seorang anak laki-laki dengan nama yang sangat panjang dan usahanya untuk membuat orang mengingatnya. Nama ini sering digunakan dalam budaya populer Jepang sebagai cara mengungkapkan kemustahilan atau kebingungan)

Apa yang sedang dia bicarakan?

“Hmm. Yah, lobak daikon diiris tipis-tipis, apa bentuknya seperti kamaboko? Ya, mungkin. Padahal teksturnya sangat berbeda. Lobak daikon sebagai tamagoyaki? Itu sedikit berlebihan. Satu-satunya kesamaan yang mereka miliki adalah warna kuning. Tamagoyaki memiliki tekstur lembut yang tidak dimiliki lobak daikon sama sekali.”

“Begitu, jadi Saki-kun, kurasa kamu tidak pandai bahasa Jepang?”

“Eh, baiklah…”

“Kamu harus mendengarkan cerita rakugo ‘Nagaya no Hanami.’ Aku suka cerita itu. Yah pokoknya, itu tidak penting. Apa yang ingin kukatakan ialah bahwa aku suka mendengarkan keprihatinan kaum muda, tetapi aku tidak dapat menjamin bahwa aku dapat memberikan nasihat yang bermanfaat.” (TN: Nagaya no Hanami adalah istilah yang mengacu pada pesta melihat bunga sakura yang diadakan di area perumahan sebuah kompleks apartemen di Jepang. Ini adalah cara populer bagi penduduk kota untuk menikmati bunga sakura)

“Boleh aku pulang sekarang?”

“Tunggu sebentar. Jangan pergi dulu. Bukannya aku tadi sudah bilang? Jika kamu ingin mengetahui sesuatu yang khusus, tanyakan pada ahlinya. Dalam hal ini, pakar untuk masalahmu adalah seorang psikolog klinis.”

“Seorang psikolog klinis...jadi aku harus pergi ke klinik psikiatri?”

“Aku tidak bisa mengatakan dengan pasti, jadi jika kamu berpikir kalau kamu tidak dapat menyelesaikannya sendiri, sejujurnya aku akan merekomendasikanmu untuk bertanya kepada seorang ahli. Meski begitu, aku masih bisa memberiku beberapa pendapatku sendiri tentang itu.”

Dengan nada serius, Profesor Kudou berkata, “Ada kondisi yang disebut kodependensi.”

“K...Kodependensi?”

Kodependensi─

Dalam kisah-kisah romantis, kodependensi sering kali diromantisasi atau digambarkan dengan cara yang tampak indah atau didambakan. Tapi pada kenyataannya, itu hanya kondisi bermasalah yang tidak jauh berbeda dengan kecanduan lain seperti narkoba atau judi.

“Kodependensi adalah keadaan di mana seseorang menjadi terlalu bergantung pada hubungan tertentu.”

“Terlalu bergantung pada suatu hubungan?”

Aku masih belum mengerti. Apa artinya bergantung pada suatu hubungan?

“Awalnya, istilah itu ditemukan dalam hubungan antara pecandu alkohol dan keluarganya. Katakanlah ada anggota keluarga yang berdedikasi untuk mendukung orang yang minum alkohol. Dalam hal ini, jika tujuannya adalah untuk mendukung orang yang tidak bisa berhenti minum, bukankah tujuan utamanya adalah membuat mereka berhenti minum?”

“Ya, kurasa begitu.”

“Tapi apa yang terjadi jika mereka mendukungnya dengan ‘menyediakan uang untuk minum alkohol’?”

Aku mencoba membayangkan skenario itu di dalam pikiranku.

Jika tidak ada uang, mereka tidak bisa membeli alkohol. Tetapi jika seseorang memberi mereka uang untuk membeli alkohol, mereka dapat membelinya. Dan kemudian mereka takkan bisa berhenti minum.

“Aku pikir sulit untuk menyebutnya sebagai dukungan. Dan... itu tidak masuk akal. Mengapa mereka bertindak dengan cara yang memungkinkan ketergantungan orang tersebut?”

“Mari kita perhatikan lebih rinci lagi. Jelas sekali kalau pecandu alkohol bergantung pada alkohol, bukan?”

“Yah begitulah.”

“Yang sulit dipahami adalah apa yang akan terjadi selanjutnya. Katakanlah pecandu alkohol terlalu bergantung pada anggota keluarganya untuk membeli alkohol. Ambil contoh seorang suami yang pecandu alkohol dan istrinya yang mendukungnya, atau sebaliknya — tidak masalah pihak mana yang kecanduan.”

“...Oke.”

“Bahkan jika kehidupan pendukung dihancurkan sampai ke titik kemiskinan untuk menyediakan uang untuk alkohol, pecandu alkohol akan terus bergantung pada dukungan mereka untuk terus minum. Ini bisa terjadi karena selama pendukung terus menyediakan, pecandu alkohol akan terus bergantung pada mereka.”

“Karena mereka akan terus mengandalkannya, ya...?”

“Ya. Bisa dibilang hal tersebut lah yang membuat mereka merasa dibutuhkan.”

“Ah, kalau kamu mengatakannya seperti itu, kurasa aku agak mengerti.”

Aku bisa memahami mengapa merasa senang dibutuhkan oleh orang lain.

Aku bukan seseorang yang umumnya suka diandalkan, tapi rasanya cukup menyenangkan bisa tampil dengan pakaian yang serasi untuk Asamura-kun, dan aku benar-benar merasa seperti seseorang yang ia butuhkan.

“Selama dukungannya sesuai, tidak masalah. Adik laki-laki yang mengandalkan kakak laki-lakinya, seorang junior mengandalkan senior, atau apa pun, biasanya bukan hal yang buruk untuk menjaga mereka yang mengandalkan mu. Senang rasanya dibutuhkan, bukan?

“Apa itu juga berlaku bagi anda yang mendengarkan masalahku juga?”

“Astaga, ya ampun. Hmm. Katakanlah jika aku bisa mendapatkan rasa hormat dengan menunjukkan pengetahuanku yang luas, maka tidak ada kesenangan yang lebih besar.”

Dia sengaja menggunakan ungkapan yang terdengar agak tidak jujur, bukan?

“Mari kita kembali ke topik. Ketika dukungan melewati ambang tertentu, itu bisa menjadi masalah. Bahkan jika seseorang hidup dalam kemiskinan, terus-menerus menyediakan uang untuk alkohol, hanya untuk mengalami kepuasan karena dibutuhkan, mengandalkan kegemaran dalam melanggengkan hubungan ketergantungan itu.”

“Apa itu memang beneran bisa terjadi?”

“Sepertinya begitu. Aku pernah membaca di buku-buku yang mengatakan demikian. Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, bidang keahlianku adalah etika, dan aku hanya menjelaskan apa yang kamu pahami dari situ.”

“Jadi begitu. Tanyakan pada ahlinya untuk detail lebih lanjut, bukan?”

“Benar sekali. Aku tidak dapat menentukan apakah seseorang dalam keadaan tergantung atau tidak. Namun, kupikir aku bisa mengerti ide dasarnya. Untuk terus diandalkan — untuk menjaga diri dalam keadaan itu, seseorang tidak dapat berhenti bahkan jika itu menghancurkan hidup mereka. Pada dasarnya tidak ada bedanya dengan kecanduan alkohol, bukan begitu? Bisa dibilang mereka bergantung pada mempertahankan hubungan itu.”

“Ketergantungan dalam mempertahankan hubungan… Meskipun objek ketergantungan mungkin berbeda, kedua belah pihak saling mengandalkan, dan mereka tidak dapat melepaskan diri dari keadaan itu. Apa itu yang dimaksud dengan kodependensi?”

“Benar. Hal tersebut membuat lebih nyaman bagi kedua belah pihak. Semakin banyak mereka meminta uang untuk alkohol, semakin banyak pihak lain menyediakannya, sehingga mereka takkan pernah berhenti menuntutnya. Di sisi lain, semakin banyak pendukungnya memberikan uang, semakin banyak penerima menjadi tidak dapat berhenti minum, meningkatkan ketergantungan mereka kepada pendukung. Akibatnya, hubungan antara keduanya terus berlanjut dan menjadi lebih kuat.”

Sambil mendengarkan, aku menemukan diriku tanpa sadar memeluk tubuhku dengan tanganku. Itu adalah kisah yang mengerikan. Seolah-olah kami berdua terjebak dalam jaring laba-laba satu sama lain, tidak bisa lepas dari keterikatan.

“Namun, masalahnya terletak pada ketergantungan yang berlebihan untuk mempertahankan hubungan. Hal ini tentang mengandalkan satu sama lain pada tingkat yang tidak pantas. Seorang suami mengandalkan istrinya, seorang istri mengandalkan suaminya — hal itu sendiri tidak ada yang salah.”

Aku mengingat Ibuku pernah mengatakan bahwa dia bisa beristirahat ketika dia sedang tidak enak badan sekarang karena Ayah tiriku ada di sana. Mereka berdua mengandalkan satu sama lain, tapi aku tidak pernah menganggap hubungan mereka buruk.

“Ada pepatah yang mengatakan 'Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.' Masalahnya terletak pada hal yang berlebihan. Sama seperti alkohol, yang terbaik adalah meminumnya dalam jumlah sedang.”

“Aku mengerti apa yang ingin anda katakan.”

“Dengan kata 'kodependensi' yang semakin dikenal luas, hal itu sering terlihat dalam cerita romantis akhir-akhir ini. Yah, kebanyakan dari mereka hanyalah 'ketergantungan palsu'.”

“Palsu ... apa maksudnya itu?”

“Yah, beberapa sampul mereka menarik perhatianku, jadi aku membacanya—”

“Jadi anda membacanya, ya.”

Sekali lagi, aku semakin tidak yakin apa dia hanya terlalu bersemangat dalam penelitian atau hanya memiliki terlalu banyak waktu luang. Pilihan ketiga adalah dia secara mengejutkan menyukai cerita romantis.

“—Jadi aku mencoba membacanya. Cerita yang aku baca entah situasinya diselesaikan dengan menerima saran dari orang lain atau hubungan mereka menjadi berantakan begitu saja.”

“Anda tidak menyukainya?”

“Setidaknya mereka cukup menarik. Khususnya ada satu cerita dengan karakter wanita yang sangat aku sukai. Dia memiliki kepribadian yang sangat rusak — yah, bukan itu intinya. Intinya mereka tidak mencari bantuan dari psikiater, dan mereka menyelesaikan masalah mereka dengan satu nasihat atau menyaksikan diri mereka jatuh ke dalam kehancuran tanpa mencari bantuan. Itulah yang membuatku ingin menggaruk-garuk rambutku.”

“Jika itu sudah ditahap kodenpendensi, segeralah mencari bantuan professional, itulah yang ingin anda katakan?”

“Benar. Seperti yang sudah kubilang sebelumnya, itu bukan pekerjaan untuk tetua desa. Jika bisa diselesaikan dengan satu nasihat, masalah semacam itu takkan menjadi masalah sosial. Tapi dalam cerita roman dewasa muda, masalah itu hanya digunakan sebagai bumbu penyedap cerita.”

“Jadi begitu...”

“Menurutku, jika pada tahap 'hanya untuk bersenang-senang', mencari saran boleh saja. Tetapi jika lebih dari itu, saatnya bagi seorang profesional untuk turun tangan. Sekarang, dalam kasusmu—”

Aku tiba-tiba teringat, Benar, kami membicarakan tentang diriku dan Asamura-kun.

“Bukannya menurutmu ini merupakan cerita umum bagi seseorang yang tidak diberkati dengan orang tua yang penuh kasih dan haus kasih sayang untuk secara berlebihan mencari kasih sayang pasangannya ketika mereka memasuki hubungan romantis?”

Aku dengan hati-hati menelaah ucapan Profesor Kudou.

Mencari kasih sayang secara berlebihan…

“Berlebihan” berarti lebih dari biasanya.

“Sampai batas mana kata 'normal' berakhir dan 'berlebihan' dimulai?”

“Bagaimana seorang amatir tahu itu? Semua orang mempunyai batas masing-masing. Bahkan jumlah alkohol yang tepat tergantung pada orangnya.”

“Itu... memang benar sih, tapi...”

Aku memegangi kepalaku dengan tanganku.

Profesor Kudou pernah berkata bahwa karena aku tidak mendapatkan kasih sayang yang cukup dari ayah kandungku, aku mungkin akan mencari laki-laki yang kebetulan berada di dekatku untuk menutupi kekurangan tersebut. Jika aku merasa tidak mendapatkan cukup kasih sayang jauh di dalam hatiku, itu mungkin bisa saja terjadi.

Kekurangan Asamura Yuuta yang serius — kesimpulan dari pengadilan pikiran Ayase Saki.

Jadi begitu. Aku benar-benar perlu mempertimbangkan apakah aku sudah mencukupinya atau tidak.

Seharusnya itu sudah cukup, tapi rasa laparku akan hal itu mungkin begitu kuat sehingga terasa kurang. Selalu ada kemungkinan itu.

“Apa menurutmu gadis yang bernama Ayase Saki terlalu mencari kasih sayang fisik dari Asamura Yuuta?”

“... Anda serius bertanya padaku sebagai gadis SMA?”

“Tentu saja tidak. Lupakan tentang konsep 'gadis SMA' untuk saat ini. Itu hanya pedoman statistik. Jika ada perbedaan fisik, bahkan dosis obat yang tepat pun akan berubah. Kamu tahu bagaimana botol obat mengatakan berapa banyak pil yang harus diminum untuk anak-anak, dan berapa banyak untuk orang di atas 15 tahun? Tetapi bagaimana jika kamu berusia di atas 15 tahun dan tubuhmu tidak banyak berubah sejak kecil? Faktor yang mempengaruhi reaksi kimia dalam tubuh adalah hukum fisika dan kimia, bukan usia manusia.”

“Jadi, ada dosis yang tepat untukku?”

“Ya, begitulah intinya. Hal yang sama juga berlaku untuk kesehatan mental. Bahkan jika perkembangan psikologis sebagian besar orang mengikuti jalan yang sama, itu tidak berlaku untuk individu. Bahkan saat membuat aturan sosial, kita harus memperhitungkan kesalahan statistik. Jika seseorang tetap terbelakang dalam aspek tertentu dari pikirannya bahkan sebagai orang dewasa, kita harus memperlakukan bagian itu seperti anak kecil.”

Aku mengerti apa yang coba dikatakan Profesor Kudou. Ketika kamu berpikir tentang bagaimana hati seorang anak tidak dapat menangani jumlah alkohol yang sama dengan hati orang dewasa, kurasa itu masuk akal.

Jadi, apakah jumlah kasih sayang fisik yang kumiliki dengan Asamura Yuuta terlalu berlebihan untukku?

Karena aku telah mencari lebih dari dosis yang dianjurkan, aku menjadi tergantung pada Asamura Yuuta. Dan ketika aku tidak bisa mendapatkan “dosis” tersebut, suasana hatiku menjadi tidak nyaman dan cemas, sehingga aku tidak bisa tidur dan konsentrasi kamu terganggu… Apa begitu maksudnya?

Tunggu, tidak—

Kebalikannya juga bisa benar, bukan?

Fenomena tersebut dimulai pada saat menginjak kelas 3 SMA. Dan seperti yang ditunjukkan selama persidangan batinku, mungkin penyebabnya adalah kurangnya kasih sayang fisik sejak awal tahun ketiga, bukan konsumsi yang berlebihan, tetapi hanya kekurangannya.

“Aku tidak tahu lagi…”

Aku sangat kebingungan.

“Itulah sebabnya aku bilang, jika kamu benar-benar dalam masalah, kamu bisa mengandalkan seorang profesional. Tetapi pertama-tama, diperlukan pemahaman yang tepat tentang situasi saat ini. Dan jika itu kodependensi, tidak ada gunanya untuk berusaha sendirian.”

Aku tersadar—Oh, begitu rupanya. Asamura-kun juga merasakan hal yang sama.

“Apa ada kemungkinan Asamura-kun juga dalam keadaan kodependensi? Tapi, sepertinya ia tidak terlalu… menginginkannya sebanyak aku… Maksudku, ia adalah orang yang pandai menahan diri, ”kataku sambil menatap wanita di depanku dengan mata menengadah.

Profesor Kudou dengan elegan memiringkan cangkir yang dipegangnya dan menyesap tehnya. Kakinya yang panjang dan ramping menyilang, dia mengenakan jas labnya seperti jubah, dan duduk santai di sofa bergaya, terlihat seperti bangsawan atau semacamnya.

Wajahnya proporsional dihiasi dengan bulu mata yang panjang. Jika aku mengabaikan rambutnya yang acak-acakan karena dirinya tertidur di lantai, aku akhirnya menyadari bahwa Profesor ini sebenarnya adalah wanita yang sangat cantik.

Dia minum teh gyokuro mahal dari cangkir teh biasa, dan lalu meletakkan cangkir kosong di piring dengan dentingan.

“Bagian itulah yang mencurigakan.”

“Hah?”

“Coba pikirkan baik-baik lagi mengenai itu. Mengapa anak cowok SMA, ketika ada seorang gadis cantik sepertimu yang berusaha mendekatimu, bersikeras pada perilaku yang terkendali seperti itu?”

Aku tertangkap basah oleh pertanyaannya. A-Aku, cantik?

“Rata-rata anak cowok SMA tidak ada bedanya dengan monyet terangsang saat memasuki pubertas. Sungguh, mereka cuma seekor monyet.”

Mo-Monyet?

“Apa maksudnya itu?”

“Itu berarti ia bisa menghindari kemajuan karena kamu duluan yang membuatnya. Menurut pendapatku, Asamura Yuuta bukanlah tipe orang yang secara aktif terlibat dengan orang asing sendirian.”

Aku mencoba memikirkan apa yang membuat Asamura-kun—Asamura-kun.

“Tapi ia pandai dalam layanan pelanggan.”

“Itu bukan argumen tandingan. Lagi pula, bahkan jika orang tidak menyukainya, mereka tetaplah pelanggan.”

Sekali lagi, aku tak bisa membantahnya.

“Ada dua jenis orang yang unggul dalam layanan pelanggan. Tipe pertama senang berinteraksi dengan orang lain, termasuk kegagalan dan kesalahan, sebagai bagian dari pengalaman diri. Tipe kedua mampu membuat gerakan dan pernyataan berani karena tidak ada hal buruk yang terjadi jika upaya membangun hubungan gagal.”

“Maksudmu Asamura-kun adalah tipe kedua?”

“Dari semua yang aku dengar selama ini, sepertinya begitu. Ketika sampai pada itu, ia mungkin tidak punya banyak teman.”

“Eh...”

I-Itu mungkin benar. Selain Maru-kun, yang sering dibicarakannya, sepertinya Asamura-kun tidak punya teman dekat. Dan ia tampaknya tidak secara aktif berusaha mencarinya. Aku juga sama, jadi aku belum terlalu memikirkannya.

Kalau dipikir-pikir kembali, ia sepertinya tidak pernah mendekati Yomiuri-senpai cantiknya secara proaktif. Itu sebagian besar karena Yomiuri-senpai lah yang menggodanya. Aku tidak pernah benar-benar memikirkannya sampai saat itu karena memang begitulah kepribadiannya.

“Saat kamu mengembangkan perasaan terhadap seseorang, wajar saja jika kamu ingin mendekatinya. Namun, mendekati seseorang secara langsung mungkin membuat dia stres.”

“Melakukan pendekatan bisa membuatnya stres…”

“Asamura Yuuta memiliki kecenderungan untuk menahan diri dari bersikap asertif dengan seseorang yang sangat ia sayangi dan tidak ingin disakiti. Itu sebabnya ia tidak ingin mengubah dinamikamu yang membuat kemajuan padanya. Bahkan jika itu berarti kamu menjadi tergantung padanya karena paparan yang berlebihan padanya. Jika ia mengambil inisiatif, dia menjadi bertanggung jawab. Ia akan merasa perlu untuk mengendalikan situasi. Ia bisa mengikuti arus karena ia menyerahkannya padamu. Tapi untuk kalian berdua sekarang, itu lebih nyaman. Bukankah ini contoh kodependensi yang bagus?”

Hmm.

Aku tidak pernah berpikir seperti itu. Itu benar-benar mengejutkanku.

Tetap saja, aku tidak pernah menyangka kalau diriku, sebagai seseorang yang mencari kekuatan untuk hidup mandiri, akan jatuh ke dalam kodependensi. Aku tidak berpikir kalau mencari cinta itu salah, dan aku yakin bahwa ikatan yang aku  bagi dengan Asamura-kun adalah ikatan yang bahagia. Tapi untuk berpikir bahwa masih ada jebakan bahkan ketika keinginanku terpenuhi... Mengapa hubungan manusia tidak bisa berjalan lancar?

“Apa yang harus kamu lakukan?”

“Kamu sudah mengatakannya berkali-kali, tetapi jika Kamu benar-benar dalam masalah, tanyakan pada ahlinya. Tapi sebelum itu…”

Profesor Kudou berdiri dari sofa.

Dia mengitari meja dan—seperti seorang pembunuh—muncul di belakangku, meletakkan tangannya di sandaran sofa. Aku merasakan kehadirannya di belakangku. Dia mengambil sesuatu dari sakunya dan memegangnya di depan wajahku. Dia sedang memegang sesuatu—cermin tangan.

Dia tidak hanya mengenakan jas lab, yang tidak diperlukan untuk seorang profesor etika, tetapi juga membawa smartphone dan cermin tangan di sakunya.

Dia benar-benar orang yang aneh.

Hanya mataku yang terpantul di cermin tangan kecil.

“Coba perhatikan baik-baik.”

Pantulan Ayase Saki di cermin balas menatapku.

“Kamu memiliki mata panda yang mengerikan.”

Ugh...

Dia benar. Ada kantung mata di bawah mataku yang tidak bisa disembunyikan dengan riasan tipisku.

Melihatnya seperti itu membuatnya jelas. Aku memilikinya karena aku begadang setiap malam untuk belajar untuk ujian tengah semester…

“Tidur. Pertama-tama, tidurlah dengan nyenyak dan pulas. Segala sesuatu yang lain bisa menunggu.”

“Ya…”

Pembunuh Kudou mengitari meja lagi dan kembali menjadi Profesor Kudou. Dia melihat cangkir kosong, membuat wajah sedih, dan kemudian mengambil keripik kentang.

“Uhhh. Ini jelas lebih basah daripada saat pertama kali dibuka.”

Setelah mengatakan sesuatu yang sangat sepele, dia melanjutkan berbicara dengan nada seolah-olah dia masih berbicara tentang kesannya pada keripik kentang.

“Kemudian, setelah bangun tidur, bicaralah dengan Asamura Yuuta. Evaluasi kembali jarak yang tepat dalam hubunganmu. Jika perlu, libatkan juga orang tuamu. Dan jika sepertinya kamu tidak bisa menyelesaikannya—”

“Tanyakan kepada ahlinya, iya ‘kan?”

"Itu benar. Yah, semuanya dimulai dengan tidur, dan kemudian bangun.”

Dan dengan begitu, percakapan tiba-tiba berakhir. Sudah menjadi ciri khas Profesor Kudou untuk tidak menambahkan “Semoga beruntung” di akhir obrolan.

Aku berdiri dari sofa. Melihat ke luar jendela, aku melihat hari sudah mulai gelap.

“Kira-kira apa akan turun hujan…”

“Untuk jaga-jaga, aku akan meminjamkanmu payung.”

“Terima kasih, tapi kurasa itu tidak perlu. Kurasa aku bisa pulang sebelum hujan, dan selain itu, akan sulit bagiku untuk mengembalikannya.”

“Kamu bisa menitipkannya pada Yomiuri-kun. Kalian berdua bekerja di tempat yang sama, bukan? Apa kamu ingin masuk angin di sini dan memperburuk situasimu?”

“Uh ... baiklah, kalau begitu aku akan meminjamnya.”

Ketika aku meninggalkan lingkungan universitas, aku menerima pesan LINE dari ibuku.

Rupanya, ayah tiriku mempunyai pertemuan pertemuan mendesak dan dia ingin aku menggantikannya memasak makan malam.

Aku membalas “Dipahami” dan menambahkan supermarket ke rute pulangku.

Syukurlah, tidak hujan.

Pada saat aku tiba di gedung apartemen, hari sudah mulai gelap. Aku pergi ke kamarku dan menjatuhkan diri ke tempat tidurku, masih dalam seragamku.

Ketika aku menatap langit-langit dan memikirkan semua yang terjadi hari ini, aku tertidur tanpa menyadarinya.

Saat aku bangun, sudah waktunya Asamura-kun pulang kerja.

Dengan panik, aku bergegas munju ke dapur.

Mungkin karena aku tidur seperti bayi, tapi kabut di kepalaku sedikit berkurang dan aku merasa jauh lebih baik.

 

◇◇◇◇

 

“Sekarang sudah hampir ... setahun, bukan?”

Saat kami berdua menikmati makan malam, aku memulai percakapan seperti itu.

Asamura-kun segera mengerti maksudku karena merujuk pada waktu sejak aku dan ibuku pindah. Kami berdua mengenang saat pertama kali kami bertemu.

Lalu, dirinya mulai terbuka padaku. Tentang bagaimana ia kesulitan berkonsentrasi sejak mulai kelas 3. Tentang nilainya yang menurun. Tentang bagaimana ia menyesal karena tidak membicarakannya denganku.

“Itu sama bagiku. Sejujurnya aku pun mengalami kesulitan yang sama.” kataku, setelah mendengarkannya.

Kami berdua takut menyesuaikan diri satu sama lain.

Aku juga terbuka padanya. Aku mengatakan kepadanya kalau aku mengumpulkan keberanian untuk pergi ke Universitas Wanita Tsukinomiya sepulang sekolah untuk mendapatkan nasihat Profesor Kudou tentang masalahku baru-baru ini.

“Aku ingin kamu mendengarkan apa yang telah aku pelajari, Asamura-kun. Kemudian, aku ingin kita mengerjakannya bersama-sama. Bisakah kita melakukan itu?”

Aku kemudian memberitahunya tentang percakapanku dengan Profesor Kudou.

Ceritanya panjang lebar, tapi Asamura-kun mendengarkan dengan sabar dan tidak menyela.

Setelah cerita selesai, kami berdua terdiam.

Setelah merenungkannya sebentar, Asamura-kun adalah orang pertama yang angkat bicara.

“Itu pil pahit yang sulit untuk ditelan …”

“Hah?”

“Bagaimana dia mendeskripsikanku lagi? 'Asamura Yuuta memiliki kecenderungan untuk menahan diri dari bersikap asertif dengan seseorang yang benar-benar ia sayangi dan tidak ingin disakiti'.”

“Ah, a-aku minta maaf.”

Aku telah mengulangi apa yang dikatakan Profesor Kudou kepadaku kata demi kata, tetapi jika dipikir-pikir, itu mungkin terlihat sangat tidak sopan.

“Tidak, kamu tidak perlu meminta maaf. Karena itu memang benar.”

“Benarkah?”

“Aku tidak bisa merasa yakin kalau seseorang akan terus menyukaiku,” kata Asamura-kun sambil menunduk.

“Apa itu ... karena ibumu?”

“Mungkin. Aku samar-samar mengingat bahwa dia dulu rukun dengan ayahku ketika aku masih kecil. Tetapi pada suatu saat, dia mulai mengeluh tentang setiap hal yang Ayahku lakukan.”

Jadi itulah yang terjadi…

“Tapi, sejujurnya, aku tidak terlalu memperhatikan ayahku mengubah sikapnya di tengah jalan. Jadi, apa yang harus ayahku lakukan? Ketika aku memikirkannya, aku tidak tahu bagaimana mendekati seseorang yang tidak ingin aku sakiti. Kalau begitu, mungkin lebih mudah untuk tidak terlalu terlibat dalam hubungan yang mendalam sama sekali.”

“Itu... tapi itu sangat sia-sia, bukan? Maksudku, aku sangat akrab dengan Maru-kun, kan? Atau apa kamu berpikir bahwa kamu akan berpisah suatu hari nanti juga?”

“Itu mungkin.”

Mendengar suaranya yang tegang, hatiku merasa tersayat.

“Itu sama sekali tidak benar…”

“Kupikir aku takut. Karena tidak disukai. Aku tidak membutuhkan teman atau kekasih jika itu berarti berpisah pada suatu saat. Kupikir itu adalah perasaanku yang sebenarnya. Itu sebabnya aku ingin menjaga jarak dari orang lain dan tidak tegas. Tetapi jika itu membuat situasimu semakin buruk… Apa yang harus aku lakukan?”

“Tenanglah dulu, Asamura-kun.”

Aku mengulurkan tangan ke seberang meja dan meletakkan tanganku di atas tangannya, membelainya dengan lembut.

“Bukan kamu yang seharusnya minta maaf, seharusnya itu aku.”

“Ayase-san?”

“Aku merasakan hal yang sama sepertimu. Aku hanya bertindak sebaliknya. Karena aku tidak percaya diri dalam hubunganku dengan orang lain, aku akhirnya bergantung padamu.”

“Begitu.”

“Aku mendorong terlalu keras, kamu menjauh. Tapi meskipun kita bereaksi berbeda, bukankah kita berdua mengabaikan untuk menyesuaikan diri satu sama lain?”

“Mencari jarak yang tepat, huh... Entah kenapa rasanya tidak jauh berbeda dengan saat kita pergi ke Singapura.”

Aku menggelengkan kepala.

Tidak mirip seperti itu. Aku ingin memercaya itu tidak mirip seperti itu.

“Menilik ke belakang sekarang, aku merasa hubungan kita relatif stabil selama kelas 2. Ditambah lagi, aku tidak menyesali kenyataan bahwa kami saling menyatakan perasaan kita satu sama lain.”

“Aku juga.”

Apa yang baru saja dia katakan membuatku merasa sangat bahagia. Hatiku terasa lebih ringan.

“Kamu masih mengingat apa yang kita putuskan dalam perjalanan kita ke Singapura pada akhir Februari, ‘kan? Untuk bersikap lebih normal satu sama lain.”

Asamura-kun mengangguk.

“Ngomong-ngomong, ketika kami menginjak menjadi kelas 3, kami berakhir di kelas yang sama. Aku merasa sangat senang tentang itu, tetapi pada hari upacara pembukaan, aku mengatakan bahwa kami seharusnya hanya bertindak seperti teman sekelas biasa di sekolah, ingat?”

Kalau tidak salah, semuanya bermula dari situ, pikirku.

“Akulah yang mengatakan itu.”

Aku diam-diam menggelengkan kepalaku.

“Tidak, aku juga sama-sama salah. Aku dengan santai mengatakan ‘Oke’ tanpa merenungi lebih dalam lagi. Juga, bukankah kita seharusnya lebih dari sekedar teman sekelas? Bukankah agak aneh bagi kita untuk bertindak seperti itu sekarang?”

“Yeah kurasa itu benar. Mungkin rasanya sedikit aneh sekarang setelah kamu menyebutkannya.”

Tapi kemudian, apa yang harus kita lakukan? Itulah bagian yang sulit.

Jika kami mundur selangkah dan melihat gambaran yang lebih besar, semuanya akan masuk akal.

Pertama-tama, Asamura-kun dan aku tidak pernah mendiskusikan seperti apa seharusnya “Hubungan normal antara teman sekelas”. Jadi kami akhirnya bertingkah sangat aneh satu sama lain di sekolah.

Tidak melakukan kontak mata.

Tidak berbicara.

Bukannya itu perilaku siswa yang saling membenci?

Itu sama sekali tidak normal.

“Misalnya saja seperti, kita bahkan belum saling mengucapkan 'selamat pagi' atau 'sampai jumpa' selama dua bulan terakhir.”

“Ahhh, jangan ingatkan aku. Aku baru menyadari betapa anehnya itu juga.”

“Juga, di rumah, meski mengetahui ada Ibu dan Ayah tiri, kami berciuman, berpelukan, dan tidur bersama... Apa itu normal?”

Asamura-kun akhirnya merosot di atas meja. Aku memahami bagaimana perasaannya. Pada saat itu aku ingin membenamkan wajahku di bantal dan memukul-mukul keras.

Asamura-kun tiba-tiba mengangkat kepalanya.

Aku tersentak dan tanpa sadar tegang.

Tapi ia tidak bermaksud mengagetkanku.

“Aku menyerah…” gumamnya dengan suara pelan

“Kita benar-benar bertingkah sangat aneh, iya ‘kan?”

“Kurasa memang begitu. Aku tidak menyadarinya sampai sekarang.”

“Benar. Aku juga tidak menyadarinya. Tapi lalu bagaimana kita memperbaiki hubungan kita?”

“Aku punya ide.”

Ketika kami berdua berbicara tentang enam bulan terakhir, ada pemikiran yang terlintas dibenakku.

“Kamu masih ingat ketika aku pertama kali memanggilmu 'Nii-san'?”

Saat kata-kata itu keluar dari mulutku, Asamura-kun sedikit menurunkan matanya. Aku merasakan sedikit rasa sakit di hatiku melihat dirinya bereaksi seperti itu.

“Ah, pada musim panas... tahun lalu, ‘kan?” Katanya dengan ekspresi kesakitan.

"Ya... itu setelah kita pergi ke kolam renang, jadi pasti musim panas.”

Aku sengaja memanggilnya seperti itu untuk membuatnya lebih terlihat seperti sepasang saudara dan untuk menekan perasaanku padanya.

Tapi hasilnya justru—

“Pada akhirnya, itu malah mengakibatkan efek sebaliknya. Aku akhirnya menjadi lebih sadar mengenai dirimu.”

“Menarik. Jadi keberadaanku mirip seperti smartphone bagimu.”

“Hah?”

Melihat reaksiku yang kebingungan, Asamura-kun menceritakan tentang kisah percobaan menggunakan smartphone.

Rupanya, semakin dekat sebuah smartphone dalam jangkauan, semakin banyak perhatian kita tertuju padanya. Otak manusia menggunakan banyak kekuatan untuk tidak memikirkan sesuatu di depan kita.

Apa itu berarti upayaku untuk dengan sengaja menjauhkan orang yang kusukai benar-benar membuatku lebih sadar akan mereka?

“Kurasa memang benar begitu.”

“Tapi jika itu benar, berarti cara kita menyapa satu sama lain berdampak besar pada seberapa sadar kita satu sama lain, bukan?”

Asamura-kun segera mengangguk setuju.

“Baiklah, jadi, jika kita ingin memiliki jarak yang tepat, kita harus memilih untuk memanggil satu sama lain.”

“Ya. Ketika kamu memanggilku 'Nii-san', otakku sepertinya menerjemahkannya sebagai 'seseorang yang seharusnya tidak boleh aku sukai.' Tapi saat itu aku sudah menyukaimu. Jadi itu terasa menyakitkan.”

“Mm. Seharusnya aku tidak memanggilmu seperti itu.”

Aku mengangguk.

“Kupikir ada dua masalah utama yang kita hadapi saat ini. Jarak abnormal antara kita saat kita di sekolah, dan kedekatan intens kami saat berada di rumah.”

"Keduanya memang bermasalah.”

“Kupikir tidak ada salahnya untuk mencoba dan menetapkan jarak yang tepat di antara kita terlebih dahulu, sehingga kita dapat bekerja sama jika kita berada dalam hubungan kodependensi atau tidak.”

Asamura-kun mengangguk.

“Hei, para pasangan biasa memanggil apa satu sama lain?”

“Itu… tergantung pada individunya, mungkin. Yah, kupikir menggunakan nama depan sudah lumayan umum.”

Rasanya mirip seperti dirinya untuk segera memberikan alasan. Dan ketika ia mulai menjelaskan logikanya, ekspresi ragu-ragu yang ia miliki sebelumnya menghilang.

“Kupikir memanggil seseorang dengan nama depan mereka menunjukkan bahwa kamu mengenali mereka sebagai individu yang mandiri dengan perasaan diri mereka sendiri. Nama keluarga mengacu pada grup keluarga tempatmu berada, tetapi nama digunakan untuk mengidentifikasi individu. Cinta bukan tentang keluarga tempatmu berada, ini tentang orang yang bersamamu.”

“Ya, aku setuju.”

Setidaknya begitulah yang terjadi di Jepang modern. Itu tidak seperti kamu menikah dengan keluarga. Padahal idealnya harus seperti itu.

Dan aku setuju dengan pendapat Asamura-kun. Hal itulah yang aku rasakan ketika mengunjungi rumah keluarga Asamura saat tahun baru. Ah, semua orang di sini adalah 'Asamura'. Jadi jika kamu memanggil “Asamura-kun,” mereka semua berbalik sekaligus.

Ada terlalu banyak Asamura.

Tapi Asamura yang ingin aku jalin hubungan baik dengannya adalah Asamura Yuuta.

“Jadi, untuk menjadi lebih seperti pasangan normal, itu harus seperti ‘Yu…’ um, ‘Yuuta-kun,’ bukan ‘Asamura-kun.’

“Jadi kalau gitu aku akan memanggilmu 'Saki-san'.”

Ia pernah memanggilku seperti itu beberapa kali sebelumnya, tapi hatiku terasa lebih ringan dan hangat saat panggilan “Saki” keluar dari bibirnya. Hanya dirinya yang menyebut namaku membuatku merasa begitu—

Suasana hatiku sebelumnya menghilang entah ke mana, dan pipiku mengendur.

Sambil berdehem, aku berkata, “Kita harus memperpendek jarak di sekolah, jadi kupikir kita harus mengincar itu. Bagaimana menurutmu?”

“Ya aku setuju. Maksudku... ada cowok di sekolah yang memanggil cewek dengan nama depannya, kan?”

“Apa, sungguh? Ada orang yang melakukan itu?”

“Ada ... Tapi kurasa kamu tidak menyadarinya?”

Perkataan Asamura-kun sekali lagi membuatku menyadari betapa sedikitnya perhatian yang kuberikan pada kata-kata dan tindakan orang lain. Ada kalanya aku percaya bahwa selama aku bisa mengendalikan diri, aku tidak perlu peduli dengan apa yang terjadi di sekitarku.

“Aku tidak pernah tahu... Baiklah, kita harus mencari kesempatan untuk menggunakan nama depan satu sama lain. Jika kita tiba-tiba mengubah apa yang kita sebut satu sama lain besok, itu akan menjadi aneh.”

“Aku punya ide untuk itu.”

Sekarang giliran Asamura-kun.

“Kamu mempunyai caranya...?”

“Merenungi situasi ini, aku menyadari bahwa aku mencoba menyelesaikan semuanya sendiri bahkan ketika aku tidak bisa. Aku harus lebih mengandalkan orang lain seperti yang kamu lakukan dengan Profesor universitas, ”kata Asamura-kun dengan senyum mencela diri sendiri.

“Kupikir aku juga sama. Jika catatan itu tidak ada di tasku, aku tidak yakin apa aku akan pergi menemuinya.

“Jika itu aku, aku mungkin tidak akan repot-repot mencari catatan itu. Tapi aku sadar tidak baik menjadi seperti itu. Ada seseorang yang aku kenal yang dapat kuandalkan di saat-saat seperti ini. Aku hanya akan bertanya kepadanya bagaimana menggunakan nama depan seorang gadis dengan cara yang normal.”

“Mengerti. Aku akan menyerahkan itu padamu kalau begitu. Sekarang, masalah yang tersisa adalah bagaimana kita bersikap di rumah ini… Kita perlu membuat jarak yang lebih jauh, bukan? Kalau tidak, aku ingin menyentuhmu lebih dan lebih bahkan di rumah. Jadi—”

Aku menarik napas dalam-dalam.

“Nii-san. Aku ingin memanggilmu seperti itu lagi.”

“Benarkah…? Mengapa?”

“Panggilan ‘Nii-san’ dan ‘Imouto’ adalah gelar yang mencerminkan posisi kita, kan? Kupikir itu berguna untuk mendefinisikan peran kita secara objektif. Tapi, kamu lihat…”

Sekarang kita masuk ke inti permasalahan.

“Jika hanya sebatas itu saja, rasanya seperti kita menyangkal semua kenangan yang kita lalui bersama sepanjang tahun. Memikirkannya saja membuatku stres.”

“Aku merasakan hal yang sama. Ketika aku mengingat bagaimana perasaanku saat itu, itu membuat stres dengan caranya sendiri. Baiklah kalau begitu, apa yang harus kita lakukan?”

“Oke, jadi, aku menemukan cara bagi kita untuk memanggil satu sama lain yang lebih akrab daripada menggunakan nama kita, tapi tidak seintim 'kakak baeradik’.”

Aku sangat berharap Asamura-kun akan menerima usulanku.

“Bagaimana dengan 'Yuuta-niisan'?”

Setelah mempertimbangkan saranku sebentar, Asamura-kun perlahan mengangguk.

“Jika kamu mau. Tapi apa yang harus aku lakukan? Bukankah Profesor Kudou mengatakan bahwa masalahku adalah aku tidak cukup asertif dengan seseorang yang aku sayangi dan tidak ingin disakiti? Jadi pada dasarnya aku harus lebih tegas dalam hubungan kami… Bukannya aku tidak mau, sih.”

“Aku mengerti apa yang ingin kamu katakan. Tapi jika aku menjauhkan diri, Asamura... eh, maksudku, Yuuta-niisan, kupikir kamu akan bisa menilai jarak yang tepat dan mendekat sendiri. Jadi, tidak apa-apa.”

“Aku tidak percaya diri…”

“Latihan membuatmu sempurna, ‘kan, Yuuta-niisan?”

Asamura-kun menghela nafas dan mengangkat kepalanya. Ia mengangkat bahu seolah berkata, “Yah, baiklah.”

"Mengerti. Aya—Saki.”

“Agh…”

“Hm?”

“Bu-Bukan apa-apa.”

Cara panggilannya mengejutkanku karena kupikir dia akan memanggilku “Saki-san,” tetapi ia tiba-tiba menghilangkan tambahan panggilan ‘–san’ itu secara bersamaan.

Aku tidak bisa mengatakan itu padanya, jadi aku memberinya senyum canggung dan berusaha menutupinya.

Jantungku berdebar kencang.

Setelah itu, kami melanjutkan makan.

Kami berbicara tentang apa yang kami inginkan di masa depan.

Kami tidak dapat membayangkan pekerjaan seperti apa yang kami inginkan di masa depan, tetapi kami menyimpulkan bahwa kami akan bekerja keras untuk masuk universitas terlebih dahulu.

Demi mewujudkan itu, kami memutuskan untuk membidik hubungan ideal yang semula kami pikirkan, alih-alih hubungan yang terlalu nyaman dan terlalu sensitif yang kami miliki.

Suasana hatiku terasa lebih ringan, dan kabut yang tersisa di kepalaku menjadi tampak jelas.

Mulai besok, kami berdua akan menjadi sepasang kekasih di sekolah dan kakak beradik di rumah.

Kehidupan baruku sebagai adik tiri akan segera dimulai.

Mohon bantuannya mulai sekarang, Yuuta-niisan.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama