Gimai Seikatsu Jilid 8 Bab 11 Bahasa Indonesia

Bab 11 — 7 Juni (Senin) Asamura Yuuta

 

Tanggal 7 Juni merupakan tanggal spesial bagi keluarga Asamura-Ayase yang baru bergabung.

Tanggal tersebut jauh lebih penting daripada hari libur nasional mana pun, tetapi tidak ada entri kalender yang menyisihkan hari itu sebagai hari yang istimewa.

Namun, itu adalah acara yang sangat besar bagi kami sehingga orang tua kami mengubah rutinitas harian mereka, terutama untuk tanggal tersebut.

Tanggal 7 Juni adalah peringatan satu tahun kami semua mulai hidup bersama.

Tepat satu tahun yang lalu, Akiko-san, Ibu tiriku, dan Ayase-san, adik tiriku, pindah ke rumah tempat di mana aku dan ayahku tinggal.

Tapi, hanya karena ini hari jadi, tidak ada yang berubah. Selain kami berempat yang bersama, itu hanyalah pagi yang biasa.

Wajah pertama yang aku lihat di meja sarapan adalah wajah Ayase-san, wajah itu sudah dicuci dan riasannya yang terlihat natural sudah diterapkan, sudah siap untuk berangkat sekolah.

Sarapan ala Jepang Akiko-san sama lezatnya dengan Senin lalu.

Aku duduk di meja dengan aroma ikan bakar di udara. Ayase-san duduk di sebelahku, Ayahku di depanku, dan Akiko-san di sebelahnya — tempat duduk tetap dari keluarga kami yang terdiri dari empat orang. Ya, kami hanya berada di habitat alami sebagai sebuah keluarga.

Saat ini bukanlah situasi yang membuatku merasa gugup atau cemas, hanya santai.

Aku terlalu salting dengan kehadiran Ayase-san akhir-akhir ini. Aku merasa keberadaanku sendiri seperti awan gas tak berbentuk yang secara otomatis berubah bentuk saat dirinya berada di dekatku. Aku telah tersiksa oleh perasaan melayang dan tidak berbobot seolah-olah aku sedang berenang di udara dan tidak mampu menjaga kakiku tetap di tanah.

Tapi sekarang, semuanya baik-baik saja.

Walaupun aku bisa merasakan kehadiran Ayase-san di sampingku, aku bisa tetap tenang. Pikiran dan penglihatanku mulai terasa jernih, dan aku bahkan dapat melihat makarel panggang di depanku dengan detail yang jelas.

“Bisakah kamu mengambilkan kecap untukku — Saki?”

“Tentu, ini dia — Yuuta-niisan.”

Ada sedikit keterlambatan, tetapi dibandingkan minggu lalu, kami dapat menggunakan nama depan satu sama lain dengan lebih lancar.

Saki sudah memanggilku “Nii-san” di hadapan orang tua kami untuk sementara waktu sekarang, dan aku memanggilnya “Saki”, yang mana awalnya agak canggung, tetapi setelah beberapa hari, akhirnya aku mulai terbiasa.

Ayahku tidak mendengus, dan senyum Akiko-san dengan jelas menunjukkan bahwa dia menganggapnya menawan.

“Kalian berdua tampak lebih akrab satu sama lain dibandingkan tahun lalu. Aku senang kalian berdua tampaknya bergaul dengan baik. ”

“Banyak yang bisa berubah dalam setahun,” kata Saki dengan santai saat Akiko-san menghela nafas lega.

Bukan hanya waktu yang bisa menyelesaikan segalanya, tetapi sebaliknya juga, kami telah melalui perubahan bertahap dan ketidakberaturan untuk mencapai posisi kami saat itu.

Menilik kembali k belakang, “Ada banyak yang bisa berubah dalam setahun”  merupakan ungkapan yang bisa menyimpulkannya dengan cukup baik. Setidaknya, rangkuman sederhana itu sudah cukup bagi orang tua kami—yang tidak tahu bahwa kami berjuang untuk menemukan jarak yang tepat di antara kami hingga saat ini.

“Tapi jika ada sesuatu yang tidak beres dengan pengaturan saat ini, beri tahu kami. Kami akan melakukan yang terbaik untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi kalian berdua.”

“... Apa Ayah berbicara tentang ujian UTS kami?”

“Ah, baiklah, itu... Kalian berdua sepertinya mengalami masa-masa sulit dengan hal itu,” kata Ayahku ragu-ragu.

Ia mungkin mencoba untuk mempertimbangkan tekanan yang kami alami sebagai pelajar.

“Jangan khawatir. Aku sudah tahu penyebabnya.”

“Benarkah?”

“Ya, kami tidak bisa sepenuhnya berkonsentrasi pada ujian UTS kami karena kami disibukkan dengan ujian masuk dan membiasakan diri dengan lingkungan sekolah baru. Tapi kami tidak akan menggunakan itu sebagai alasan untuk mengendur. Kami tahu alasannya, jadi kami bisa melakukan yang lebih baik lain kali.”

Aku tidak berbohong. Lebih tepatnya, kurangnya konsentrasi disebabkan oleh hubunganku yang hampir saling bergantung dengan Ayase-san. Tapi aku belum bisa mengatakan itu, dan aku juga tidak perlu melakukannya.

“Aku juga sudah membicarakannya dengan Saki.”

“Mm ... jangan khawatirkan kami.”

“Baiklah. Jika kalian berdua mengatakan kalau semuanya aman-aman saja, kami mempercayai kalian.”

“Hehe, lihat, ‘kan? Aku sudah memberitahumu, bukan?”

Akiko-san tersenyum bangga sambil menyentuh bahu orang tuaku yang merosot.

Apa yang sedang dia maksud?

Saat Ayase-san dan aku bertukar pandang dengan kebingungan, Akiko-san dengan nakal berbicara seperti anak SD yang mengadu pada seseorang.

“Taichi-san khawatir ia mungkin telah melakukan sesuatu yang aneh dan tanpa disadari menyebabkan semacam stres bagi kalian berdua."

“Ah, Akiko-san, memangnya kamu benar-benar perlu memberi tahu mereka tentang itu?”

“Tidak apa-apa, tidak perlu menyembunyikannya segala. Selain itu, masalah ini terkait dengan percakapan yang akan kita lakukan nanti.”

“Yah...iya, kamu benar. Itu benar.”

Percakapan apa yang akan kita lakukan nanti?

“Kalian berdua sepertinya sedang berusaha keras, dan kami khawatir itu mungkin karena kami akan menikah. Kami mengalami banyak hari ketika kami tidak berada di rumah karena pekerjaan, dan meski kami baru-baru ini melakukan lebih banyak pekerjaan rumah tangga, tapi memang benar kalau kamu masih harus menghabiskan waktu untuk pekerjaan rumah dan memasak. Kami pikir mungkin keluarga normal akan memberikan lingkungan yang lebih baik untuk belajar.”

““Sama sekali tidak.””

Penolakan kedua kakak beradik tiri itu saling tumpang tindih.

“Kamu sudah bersikap baik kepada kami. Kami tidak ingin terlalu menuntut dan meminta lebih.”

“Hehe, apa yang kubilang, Taichi-san? Mereka berdua sama-sama kuat dan dapat diandalkan. Semuanya akan baik-baik saja.”

“Hahaha. Ya kamu benar. Aku minta maaf karena tidak cukup mempercayai kalian berdua.”

Dengan dukungan Ayase-san dan Akiko yang menggodanya, ayahku menggaruk bagian belakang kepalanya, terlihat malu.

Meskipun ia tertawa malu, aku tahu bahwa itu adalah masalah serius baginya.

Bersama dengan ibu kandungku, dirinya mengira ia baik-baik saja, tetapi tanpa disadari, ikatan tersebut sudah putus. Ayahku hanya berusaha bekerja keras dan menafkahi keluarganya, ia justru disalahkan seolah-olah dirinya lah satu-satunya yang salah, dan hubungan itu berantakan. Itu mungkin kenangan yang masih membekas di dalam ingatannya.

Ingatan tersebut sedikit memudar sejak dirinya menikah lagi, tapi itu masih melekat sebagai residu keruh jauh di dalam hatinya.

Itu sebabnya dirinya lumayan peka terhadap ketidaknyamanan atau kegelisahan sekecil apa pun dari keluarga kami, termasuk Saki dan aku, dan mengkhawatirkannya.

Kupikir fakta bahwa ayahku bisa santai dan terlihat lega hanya dengan sedikit penyesuaian satu sama lain adalah bukti bahwa ia telah mengatasi traumanya dan hidup bahagia sekarang.

...Tunggu, kira-kira apa topik utamanya lagi?

Akiko-san tadi sempat mengatakannya, “Selain itu, ini terkait dengan percakapan yang akan kita lakukan nanti."

“Um, aku mengerti kamu khawatir, tapi ... tentang apa yang ingin Ayah bicarakan?”

“Oh, benar, benar. Tentang itu…"

Ayahku mencondongkan tubuh ke depan dan dengan penuh semangat menjelaskan, “Akhir pekan depan, aku berpikir untuk melakukan perjalanan pada hari Sabtu dan Minggu.”

“Hah? Kita berempat?”

“Tidak. Um, maaf, aku ingin melakukan perjalanan dengan kita berempat, tapi kali ini…”

“Hanya kalian berdua untuk merayakan ulang tahun pernikahanmu, ‘kan?”

Melihat ayahku sedang berjuang untuk mengeluarkan kata-kata, Ayase-san datang dengan bantuan.

Ah, sekarang aku mengerti.

Keluarga baru kami telah bersama selama setahun, tapi itu juga berarti itu adalah ulang tahun pernikahan pertama Akiko-san dan ayahku.

“Walaupun sekarang agak terlambat, tapi aku ingin merayakan hari pernikahan kami. Tapi Taichi-san khawatir tidak ada gunanya membicarakan perjalanan pada saat kalian berdua sedang berjuang dengan studi kalian.”

“Oh, jadi begitu ... aku tidak tahu kamu bisa begitu perhatian, Ayah.”

“Yuuta, apa kamu sedang mengolok-olok ayahmu?”

“Tidak, aku sebenarnya mengagumi sifat tidak tahu malu ayah.”

“Wow, cara yang bagus untuk mengatakannya. Kamu dengar itu, Akiko-san? Yuuta selalu seperti ini!”

“Hehehe.”

Godaan jenaka antara ayah dan putranya, dan keluhan berlebihan dari ayah membuat ibu tertawa terbahak-bahak dan adik perempuan menggelengkan kepalanya dengan senyum masam. Aku menyukai adegan kami sebagai sebuah keluarga. Pikiran itu datang dengan sangat alami di dalam kepalaku. Aku yakin Ayase-san merasakan hal yang sama seperti ketika aku meliriknya dan pandangan mata kami bertemu, dia tersenyum lembut.

Dan aku tahu tanggapan kami terhadap usulan orang tua kami sama: “Tidak apa-apa, silahkan pergi dan nikmati perjalanan kalian berdua sebagai pasangan.”

Kalau dipikir-pikir, tahun lalu yang menjadi salah satu kekhawatiran mereka ialah anak-anak mereka—yaitu, kami. Belum banyak kesempatan bagi mereka untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama sebagai pasangan suami istri. Sebagai pasangan yang sama-sama bekerja dan memiliki jadwal yang berbeda, aku ingin mereka menikmati hari perayaan pernikahan mereka tanpa gangguan. Itulah perasaan tulus yang aku dan Saki bagikan kepada orang tua kami.

“Terima kasih, kalau begitu aku pasti akan bersenang-senang,” kata Akiko-san sambil tersenyum.

Melihat wajah bahagia orang tua kami, Saki dan aku yakin bahwa kami telah memilih kata yang tepat untuk diucapkan.

Namun, itu hanya sebatas sampai kami mendengar ucapan Akiko-san selanjutnya.

“Kalian berdua akan sendirian selama akhir pekan, jadi berhati-hatilah saat mengunci. Kami akan meninggalkan sejumlah uang untuk digunakan sesuka kalian berdua. Kalian bisa makan di luar jika tidak punya waktu untuk memasak atau memasak di rumah. Kalian berdua bahkan dapat menggunakannya sebagai uang jajan.”

Aku tidak tahu pernyatan terkejut “Hah?" keluar dari mulutku atau mulut Ayase-san. Mungkin itu keluar dari kami berdua pada saat yang bersamaan. Akhir pekan tanpa orang tua kami. Kami pernah mengalami malam tanpa kehadiran mereka sebelumnya, tetapi hampir tidak ada hari ketika mereka tidak kembali sama sekali.

Aku menelan ludah dengan gugup.

Di sekolah, hubungan kami akan semakin lebih dekat, dan di rumah, kami akan menjaga jarak.

Bagi kami—yang telah mengambil langkah pertama dalam kehidupan baru kami sebagai sepasang saudara tiri dan kekasih—peristiwa ini mungkin merupakan tantangan nyata pertama kami.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

 

 

 

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama