Gimai Seikatsu Jilid 8 Bab 8 Bahasa Indonesia

Bab 8 — 20 Mei (Kamis)  Ayase Saki

 

Begitu aba-aba dimulainya ujian diumumkan, aku membalik lembaran soal ujian.

Pertama, aku mengisi nama dan kelasku.

Kemudian, aku melihat lembar pertanyaan—

Sudah lama sejak terakhir kali aku merasakan sensasi semua yang telah aku bangun runtuh di sekitarku.

Mungkin bukan sejak SD, ketika aku belum menemukan metode belajar yang cocok untukku.

Aku bertanya-tanya apakah metode belajar yang paling cocok untukku akan berubah seiring bertambahnya usia, sama seperti seleraku.

...Tapi sekarang bukan waktunya untuk melarikan diri dari kenyataan, bukan?

Aku telah mengabdikan waktuku—tepatnya, lebih banyak waktuku—untuk belajar. Aku bahkan membiarkan waktu memasak, yang biasanya menjadi tanggung jawabku, ditukar dengan rotasi sehingga aku bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar. Tapi jika aku tidak dapat berkonsentrasi, aku tidak dapat memberikan hasil yang baik, dan jika aku tidak dapat memberikan hasil yang baik, aku takkan bisa memaafkan diriku sendiri.

Ini bukan metode belajar yang salah, tapi akulah yang bermasalah. Aku sudah menghabiskan banyak waktu untuk belajar. Namun, studi yang telah aku lakukan, materi pelajaran yang kukira sudah aku hafal, semuanya lenyap begitu saja layaknya istana pasir yang tersapu ombak.

Aku tidak dapat memahami pertanyaan bahkan setelah membacanya, seolah-olah aku sedang mengunyah pasir itu.

Kenapaaa?! Aku berteriak dalam hati.

Rasa frustrasiku berubah menjadi panik, dan ketika melihat ujung pensil mekanikku bergetar di genggamanku, aku menahan napas.

Aku memejamkan mata. Aku menarik nafas perlahan, lalu menghembuskannya.

Aku harus tetap tenang.

Tenanglah, diriku.

Aku harus melakukan yang terbaik.

Tetapi tidak peduli seberapa keras aku mencoba untuk memotivasi diriku sendiri, semuanya tetap sia-sia.

Dengan ruang kosong yang masih tersisa di lembar jawabanku, sebuah lonceng tanpa ampun menandakan akhir dari ujian.

 

◇◇◇◇

 

Pada malam itu—

Asamura-kun memang luar biasa, pikirku sambil memasukkan gigitan makarel miso yang dibuatnya ke dalam mulutku. Sedikit rasa manis dari miso terasa seperti sepotong kecil kebaikan Asamura-kun padaku.

Makarel kaya akan DHA yang baik untuk fungsi otak.

Meskipun kami telah berbicara tentang konsentrasi kami yang tidak baik sejak menjadi tahun ketiga, aku tidak memikirkan hubungannya dengan memasak.

Memilih makarel mungkin adalah caranya mencoba mengimbangi kurangnya konsentrasi kami.

Dan ketika aku melihat mackerel yang diasinkan dengan miso tersaji di atas meja, tanpa sadar aku mengeluarkan suara “Ah.”

Tapi, aku tidak bisa mengangkat topik itu karena aku merasa bersalah. Jika aku mulai membicarakannya, aku pikir pembicaraan pasti akan mengarah tentang bagaimana ujian hari ini berjalan. Ditumpuk di atasnya adalah rasa bersalah karena tidak cukup berusaha memasak untuknya di masa lalu. Seorang juru masak yang terampil akan terkejut.

Jadi, aku akhirnya bersikap dingin terhadap Asamura-kun.

Aku mencoba mencuri pandang ke seberang meja ke arahnya tanpa ia sadari. Aku tidak bisa membaca apa yang Asamura-kun pikirkan dari ekspresinya saat dia diam-diam makan.

Aku ingin tahu apa yang ia pikirkan tentang aku sekarang ...

Pemikiran tersebut membuatku takut. Kami sedang berduaan sekarang, dan kami tidak perlu peduli tentang apa yang orang lain pikirkan tentang kami, tetapi aku tidak tahu percakapan seperti apa yang harus dilakukan. Belum lama ini kami biasa berbagi bahkan detail paling sepele yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari kami.

Atau hanya aku saja yang merasa canggung?

Aku bahkan tidak bisa lagi mencicipi makarel yang lezat.

Kami menahan diri untuk tidak bertingkah seperti pasangan selama ujian. Aku sendiri yang memintanya, dan Asamura-kun telah setuju tanpa mengeluh.

Namun….

Karena Asamura-kun tidak berusaha menyentuhku lagi, aku bahkan kehilangan kepercayaan pada kenyataan bahwa ia menyukaiku. Aku ragu apakah orang di depanku masih memiliki perasaan kepadaku. Mungkin ia tidak ingin saling menyentuh sebanyak diriku…

Tapi jika ia menginginkannya sekuat diriku sekarang, saat ia sangat dekat denganku, ia pasti akan melakukan sesuatu—

Tunggu. Apa-apaan itu tadi…?

“Ayase-san?”

“Hah? Ah.”

“Kamu sedang tidak enak badan?”

“Tidak, aku baik-baik saja.”

Aku cepat-cepat menggelengkan kepala. Aku entah bagaimana berhasil mengambil makarel dengan sumpitku dan memasukkannya ke dalam mulutku.

Aku bahkan tidak bisa merasakannya lagi. Tapi aku mati-matian menggerakkan sumpit dan mulutku.

Asamura-kun mengkhawatirkanku, tapi aku berpura-pura baik-baik saja, karena tidak ingin membiarkannya mengetahui pikiran yang baru saja terlintas di benakku. Aku bergidik secara internal ketika aku menyadari jenis pemikiran yang aku alami.

Jika ia mengingkari janjinya dan memelukku dengan paksa…

Tidak, apa sih yang aku pikirkan?

Penglihatanku tampak menjadi gelap seolah-olah mataku telah ditutupi oleh kain tudung.

Aku merasa jijik dengan pikiranku sendiri. Itu membuatku merasa muak.

Aku menyadarinya sendiri.

Aku sangat menginginkan kehangatannya, dan sepertinya aku tidak mau mengakuinya.

Alasannya sangat mudah dibayangkan. Jika ia menyentuhku lebih dulu, aku tidak perlu mengingkari janji untuk tidak bertingkah seperti pasangan selama ujian. Jika ia melakukannya, aku tidak perlu menganggap diriku berkemauan lemah. Aku ingin menghapus perasaan putus asa karena menginginkannya. Aku menginginkan pikiran yang stabil. Tapi jika Asamura-kun memelukku, aku mungkin akan menemukan kenyamanan seperti malam saat kami tertidur bersama. Kemudian, aku akan dapat berkonsentrasi saat belajar.

Ketika aku berpikir sejauh itu, aku merasakan hawa dingin menjalar di punggungku.

Apa aku tidak bisa mengendalikan diriku sendiri tanpa mengandalkan Asamura-kun?

Jika itu benar, apa bedanya antara diriku dan ayah kandungku, yang tidak bisa mengendalikan diri dan melampiaskan kekesalannya pada ibuku?

Bukankah aku selalu mencoba menggunakan alasan rasional daripada menyerah pada dorongan hatiku?

Aku seharusnya tidak terlalu bergantung pada orang lain. Aku seharusnya tidak menjadi terlalu menuntut dan meragukan bahwa ia menyukaiku. Aku tidak ingin menjadi versi diriku yang aku benci.

Aku dengan paksa menelan pikiran memalukanku bersama dengan makanan di mulutku.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama