Tatoe mou Aenakutemo Bab 8 Bahasa Indonesia

 

Penerjemah: Maomao

BAB 8 — Masa Kini, di Bulan Juli: Aku Baik-Baik Saja Karena Ada Dirimu

 

 

“Kalau pergi ke Osaka, aku pasti tidak bisa melewatkan belanja di Shinsaibashi!”

“Emangnya kalo ngomongin Osaka bukannya Dotonbori ya?”

“Aku sih selama bisa makan takoyaki, di mana pun oke-oke saja.”

Semua orang menyatakan tempat yang ingin mereka kunjungi dengan semangat, jadi sulit untuk memutuskan. Miyu, yang mencoba merangkum semua itu ke dalam sebuah buku catatan, mendesah panjang.

Setelah suasana hati yang tegang selama kompetisi renang mereda dan kami bisa berbicara dengan jujur, kami mulai memanggil satu sama lain dengan nama depan.

Dan begitu juga dengan Sakashita-san yang juga anggota tim, kami menjadi akrab dan memanggil satu sama lain dengan nama depan, “Ai,” “Koharu.”

“Kalian, coba deh diskusi dengan lebih tenang.”

“Maaf ya, Miyu-chan.”

Miyu, yang ditegur, tersenyum canggung dan menjulurkan lidahnya.

Untuk persiapan perjalanan studi ke Osaka yang tinggal seminggu lagi, waktu homeroom dan istirahat belakangan ini dihabiskan untuk merencanakan kegiatan bebas.

Kelompok dibentuk dengan campuran laki-laki dan perempuan dengan maksimal delapan orang, dan kami memutuskan untuk membuat grup dengan anggota yang terlibat dalam kompetisi renang.

Aku senang bisa berteman dengan semua orang melalui kompetisi, dan aku juga senang dengan kelompok ini.

―Lagipula Mizuno-kun juga ada di sini.

Sejak malam hari kompetisi renang, ketika kami bermain kembang api dan aku menyadari perasaanku pada Mizuno-kun, aku tidak bisa berhenti merasa berdebar hanya dengan memikirkannya.

Cinta pertamaku. Orang yang pertama kusukai.

Hanya dengan bertukar kata-kata singkat dengan Mizuno-kun, hatiku berdebar kencang, dan aku jadi memperhatikan setiap gerak-geriknya.

Dunia yang dulu terasa hambar dan tanpa warna kini seolah berubah bohong. Setiap hari terasa segar dan penuh warna, dan dunia di sekelilingku terasa begitu hidup.

Di kelas pun, aku tidak bisa tidak mengikuti Mizuno-kun dengan pandanganku.

Dan jika dia menoleh ke arahku, aku akan tergesa-gesa memalingkan mataku... Aku melakukan hal itu berkali-kali dalam sehari.

Sepertinya Mizuno-kun tidak menyadari perilaku anehku itu, dan dia memperlakukanku sama seperti sebelum kompetisi renang tanpa ada perubahan sikap.

―Mungkin perasaanku ini tidak terlihat... begitulah yang kupikirkan.

Dan sekarang, aku akan pergi ke Osaka bersama Mizuno-kun untuk perjalanan sekolah, dan itu pun dengan kereta shinkansen.

Sebelum kompetisi renang, aku merasa ragu-ragu, setengah ingin pergi dan setengah tidak, tapi sekarang aku hanya memiliki perasaan ingin pergi.

Sejak kecelakaan itu, aku belum pernah naik shinkansen lagi, dan aku juga belum pernah ke Osaka.

Selama perjalanan sekolah, mungkin saja aku akan tertimpa rasa takut akan kecelakaan itu kembali.

Namun, dibandingkan dengan rasa takut akan kemungkinan itu, kegembiraanku untuk berkeliling Osaka dengan teman-teman yang akrab denganku jauh lebih besar.

Dan di hari-hari menjelang perjalanan sekolah itu.

Akhirnya kami berhasil menentukan rencana untuk waktu bebas di jam istirahat sebelumnya, dan aku bisa menikmati waktu makan siang dengan santai setelah lama.

Aku membuka tas untuk mengeluarkan kotak makan siangku.

―Tapi...

“Eh...”

“Apa yang terjadi, Ai?”

Miyu, yang sedang bersiap untuk makan siang bersamaku dengan meja yang berhadapan, bertanya sambil miringkan kepalanya.

“Aku lupa membawa kotak makan siang dari rumah...”

“Eh, beneran?”

“Mungkin aku harus beli roti di kantin ya.”

“Iya, cepat pergi sebelum habis!”

“Oke.”

Aku berjalan cepat menuju kantin.

Di sepanjang jalan, aku seringkali berselisih dengan anak-anak laki-laki yang membawa penuh roti di tangan mereka, tampak puas kembali ke kelas.

―Ah, semoga ada sisa, apa pun itu boleh.

Namun, saat aku sampai di sana...

“Tidak mungkin.”

Yang tersisa hanyalah satu roti kacang hijau. Padahal baru lima menit lebih sedikit sejak istirahat makan siang dimulai.

Apakah mereka kehabisan terlalu cepat? Atau mungkin stoknya yang terlalu sedikit?

Meski ingin mengeluhkan hal itu pada kantin, aku membeli roti kacang hijau itu.

Ah, roti sekecil ini tidak cukup... Mungkin aku harus mampir ke minimarket saat pulang sekolah nanti.

Sambil merasa kecewa dan beranjak meninggalkan kantin―

“Eh, Yoshizaki-san. Hari ini beli roti ya?”

Mizuno-kun ada di depan mesin penjual otomatis dekat pintu keluar kantin.

Mizuno-kun tampaknya baru saja membeli minuman, dia memasukkan tangannya ke dalam lubang pengambilan mesin penjual otomatis dan mengeluarkan kaleng teh.

Tanpa persiapan, penampilan tiba-tiba Mizuno-kun membuat jantungku berdebar kencang dalam sekejap.

―Tenang. Harus bersikap seperti biasa.

Sambil berpikir demikian dan mengambil napas dalam-dalam, aku melihat ke arah tangannya dan aku terkejut.

Karena dia sedang menggenggam lima roti kari dengan hati-hati.

“Kamu akan makan sebanyak itu!?”

“Bukan, aku juga beli untuk makan sore nanti setelah pulang sekolah.”

“Begitukah?”

Nafsu makan seorang siswa SMA laki-laki memang menakjubkan.

“Kalau Yoshizaki-san? Eh, hanya satu roti?”

“Yang lain sudah habis, jadi aku hanya bisa beli itu. Ini semua gara-gara Mizuno-kun yang borong roti kari semua!”

“Ahaha. Maaf ya. Oh, kalau begitu aku kasih satu deh.”

Mizuno-kun menawarkan salah satu roti kari yang dia pegang kepadaku.

“Eh...? Boleh?”

“Iya. Aku juga merasa bertanggung jawab karena Yoshizaki-san hanya bisa beli satu roti.”

“Aku mengerti.”

Setelah dipikir-pikir, ada benarnya juga, jadi aku memutuskan untuk menerimanya dengan senang hati.

“Berapa ya harganya? Roti kari itu.”

“Sudah kubilang itu tidak apa-apa. Aku sudah memutuskan untuk memberikannya kepadamu.”

“Eh, tapi...”

“Sudahlah, tidak apa-apa kok.”

Mizuno-kun dengan gembira berkata begitu, jadi aku merasa tidak sopan jika terus mempermasalahkan uang.

Jadi aku dengan jujur mengucapkan “terima kasih” dan memutuskan untuk membiarkan dia mentraktirku.

Lalu kami berdua berjalan bersama kembali ke kelas.

“Yoshizaki-san.”

Di sebelah kami, sekelompok siswa laki-laki yang tampaknya baru selesai makan siang dan akan bermain sepak bola di lapangan berjalan sambil bercanda, Mizuno-kun berbisik di telingaku.

“Eh, apa?”

“Anu, kamu tidak apa-apa? Dengan Osaka dan shinkansen?”

Meskipun terdengar santai, suaranya terdengar penuh kekhawatiran. Aku langsung merasa senang.

――Aku merasa sangat senang karena orang yang sedang kujatuh cinta ini memperhatikanku. Tidak ada yang lebih membahagiakan daripada itu.

“Iya.”

Aku menoleh ke arah Mizuno-kun, tersenyum dan mengangguk.

―Pasti aku akan baik-baik saja. Karena kamu ada di sisiku.

“Kalau begitu baiklah. Tapi kalau ada yang mengkhawatirkanmu, ceritakan padaku. Mungkin aku tidak bisa melakukan banyak hal, tapi setidaknya aku bisa menemanimu.”

“Mizuno-kun...”

Dia akan ada di sisiku saat aku merasa tidak aman.

Betapa bahagianya mendengar kata-kata itu darinya. Mungkin Mizuno-kun baik kepada semua orang, tapi bagiku yang sedang jatuh cinta, itu adalah kata-kata yang sangat berarti.

“Terima kasih atas segalanya.”

Aku mencoba menyembunyikan perasaanku dengan nada bicara yang sebisa mungkin ringan.

Meski aku menyukai Mizuno-kun, aku belum bisa memikirkan tentang berpacaran atau menjadi sepasang kekasih. Aku yang memiliki sedikit pengalaman cinta, bahkan belum pernah benar-benar jatuh cinta sebelumnya, tidak punya keberanian untuk melangkah lebih jauh.

Perasaan deg-degan karena cinta satu sisi ini terlalu menyenangkan dan membuatku bahagia, sampai-sampai aku merasa tidak masalah jika hal ini berlanjut untuk sementara waktu.

“Ah, ngomong-ngomong, roti kari di kantin juga lumayan enak, tapi roti kari buatan rumah Yoshizaki-san itu benar-benar lezat lho. Tidak ada roti kari lain yang bisa menandinginya.”

“Kan! Roti buatan Nat-chan itu semuanya enak!”

Aku merasa bahagia sendiri karena roti yang dibuat oleh Nat-chan yang sangat ku cintai dipuji.

“Mungkin aku akan beli lagi. Ah, mungkin aku akan mampir setelah sekolah hari ini?”

“Benarkah!?”

Mizuno-kun akan datang lagi. Ke rumahku.

Meski aku tahu dia datang karena targetnya roti kari, aku tidak bisa menahan kegembiraan karena bisa bertemu dengannya di luar sekolah.

“Mau aku pesankan roti kari? Kalau aku menghubungi Nat-chan, dia pasti mau melakukannya.”

“Beneran!? Tolong dong!”

“Ya, berapa?”

“Dua... eh, nggak, tiga saja!”

“Kamu sudah beli empat di kantin, masih mau makan tiga lagi?”

Aku bertanya sambil tertawa melihat cinta Mizuno-kun yang meluap-luap pada roti kari.

“Soalnya, roti dari rumah Yoshizaki-san itu benar-benar beda! Kan aku sudah bilang tadi?”

Mizuno-kun berkata dengan gembira.

―Obrolan dengan dia selalu menyenangkan. Aku berharap waktu ini bisa terus berlangsung, tapi kami sudah sampai di kelas. Akung sekali.

Lalu aku kembali ke tempat Miyu, sementara Mizuno-kun menuju ke arah jendela tempat Nitta-kun dan Naito-kun.

Begitu duduk, aku langsung mengirim pesan ke Nat-chan.

“Nat-chan, pesanin tiga roti kari untuk hari ini ya!”

Segera saja aku mendapat balasan dari Nat-chan.

“Oke siap! Itu untuk Mizuno-kun kan? Senangnya!”

―Bagaimana dia bisa tahu itu untuk Mizuno-kun? Mungkin karena waktu itu Mizuno-kun datang dan membeli roti kari?

Tidak, mungkin itu juga salah satu alasan, tapi mungkin alasan utamanya adalah karena aku meminta untuk “menyisihkan” roti. Aku belum pernah meminta Nat-chan untuk melakukan sesuatu seperti itu sebelumnya.

Nat-chan mungkin sudah sadar kalau aku menyukai Mizuno-kun.

―Aku harus memastikan Nat-chan tidak bercanda di depan Mizuno-kun.

“Harus diingatkan nanti kalau sudah di rumah...”

“Eh? Kamu bilang apa?”

Miyu bertanya dengan wajah penasaran saat aku tanpa sadar bergumam sendiri.

“T-tidak ada apa-apa kok.”

Aku tersenyum, berusaha menutupi kepanikanku.

 

☆☆☆

 

“Nat-chan, jangan bilang hal aneh ya kalau Mizuno-kun datang.”

“Iya, iya, mengerti―”

Setelah pulang ke rumah, aku berdiri di balik konter sambil membantu toko roti.

Nat-chan sudah menyisihkan tiga roti kari seperti yang dijanjikan, tapi entah kenapa dia terus tersenyum lebar.

Bahkan saat dia sedang mengatur barang dagangan, dia sesekali menoleh ke arahku dan tersenyum dengan cara yang cukup mengganggu.

―Apa dia benar-benar mengerti apa yang aku minta tadi?

“Ai, kamu kelihatan gugup deh.”

“Ti, tidak kok. Aku tidak tahu apa yang Nat-chan bayangkan, tapi tidak ada apa-apa kok!”

Aku tidak keberatan jika teman-temanku seperti Miyu atau Mai tahu tentang perasaanku, tapi rasanya memalukan kalau keluargaku mengetahuinya.

Namun, Nat-chan tampaknya masih curiga padaku.

“Hmm...”

“Serius, aku bilang tidak ada apa-apa!”

Tepat setelah aku menyangkal dengan suara keras, pintu toko terbuka dengan deringan bel.

“Hallo―”

Senyuman ramah yang polos dan suara yang khas dari seorang pemuda.

――Dia datang. Mizuno-kun.

“Halo juga, Mizuno-kun. Roti karinya sudah aku sisihkan lho.”

“Terima kasih banyak!”

Nat-chan menyembunyikan senyum anehnya dan menampilkan senyuman hangat yang biasa dia tunjukkan kepada pelanggan.

Untuk sementara, sepertinya Nat-chan tidak akan mengejekku. Bagus aku sudah ingatkan terlebih dahulu. Aku merasa lega.

Dan Mizuno-kun mendekati meja kasir. Sudah lama sejak kami berdua bertemu di luar sekolah, dan aku merasa sedikit gugup.

“Oh, ini roti kari yang kamu pesan.”

Sambil mengambil roti kari dari balik meja kasir, aku berkata. Lalu, Mizuno-kun tersenyum dengan gembira.

“Wah, kelihatannya enak. Terima kasih, Yoshizaki-san!”

“Iya.”

―Meskipun senyumannya mungkin untuk roti kari itu.

Aku merasa bahagia karena bisa melihat senyum gembira dari orang yang sangat kusukai dari dekat.

“Berapa harganya?”

“Oh, sebenarnya 690 yen tapi... buatmu cukup 600 yen saja.”

Nanti aku akan menutupi selisih 90 yen dari uang sakuku.

“Eh!? Kenapa?”

“Tidak apa-apa, serius.”

Aku berkata bercanda, meniru cara Mizuno-kun saat dia mentraktirku roti kari saat istirahat siang hari itu.

Lalu, mungkin karena Mizuno-kun teringat kejadian siang harinya, dia tersenyum kecil.

“Kalau begitu, aku akan terima tawarannya. Terima kasih, Yoshizaki-san.”

“Sip.”

Kami bertukar uang, dan aku memasukkan roti kari ke dalam tas dan memberikannya kepada Mizuno-kun.

“Terima kasih sudah menyisihkannya. Aku harus pergi sekarang.”

“Iya.”

Dia akan pergi sekarang? Aku berharap dia bisa minum teh dan bersantai seperti terakhir kali... tapi aku tidak bisa mengucapkan kalimat undangan seperti itu.

Apalagi, setelah ini jam sibuk di toko akan dimulai.

Rasanya tidak enak pada Nat-chan jika aku bersantai dengan Mizuno-kun tanpa membantu. Meskipun Nat-chan mungkin akan bilang “Tidak apa-apa.”

“Oh, iya.”

Mizuno-kun yang hendak keluar dari toko berhenti dan berbalik.

Aku sudah berpikir dia akan pergi, jadi hanya dengan itu saja aku sudah merasa senang.

Dan Mizuno-kun, dengan senyum polosnya, berkata padaku,

“Kita punya waktu bebas saat hari kedua perjalanan sekolah kan?”

“Benar.”

“Apa kamu mau pergi berdua denganku ke suatu tempat?”

“Eh...?”

Kata-kata Mizuno-kun yang terucap begitu saja itu begitu menyenangkan sehingga aku hampir tidak percaya dengan apa yang kudengar.

“Seru juga kalau bersama anggota kelompok, tapi aku merasa paling nyaman saat bicara dengan Yoshizaki-san. Kita cocok, mungkin? Makanya, aku pengen punya waktu berdua dengan Yoshizaki-san di Osaka... eh, maaf. Kamu tidak mau?”

Mizuno-kun yang tampak ceria saat berbicara itu tampaknya menjadi tidak pasti ketika melihat ekspresiku yang terkesima. Dia bertanya dengan hati-hati.

Aku dengan cepat menggelengkan kepala. Aku terlalu cepat bereaksi sehingga kepala sedikit pusing.

“Bukan, aku tidak keberatan! Aku ingin pergi! Aku juga... bersama Mizuno-kun!”

Aku hampir berteriak tanpa sadar. Setelah berkata itu, aku merasa malu karena sadar seberapa banyak aku ingin pergi.

Tapi, Mizuno-kun tidak memperhatikan kegugupanku yang aneh itu, dan wajahnya kembali bersinar.

“Oh, benarkah? Syukurlah. Kita lihat saja nanti bagaimana, kita bisa pergi ke mana saja yang kita bisa.”

“Ya!”

Aku menjawab dengan suara yang bersemangat.

―Apa yang harus kulakukan? Aku begitu senang sampai hampir tidak bisa mengendalikan diri.

Bersama Mizuno-kun di Osaka, hanya berdua, pergi ke suatu tempat. Apakah benar-benar baik-baik saja untuk merasa bahagia seperti ini? Rasanya seperti mendapat hukuman karena merasa terlalu beruntung.

―Aku pasti akan pergi ke Osaka. Apapun yang terjadi.

Aku bertekad dengan tegas.

“Kalau begitu, sampai besok ya.”

Mizuno-kun berkata sambil melambaikan tangan kepadaku.

“Iya, sampai jumpa besok!”

Masih dengan kegembiraan yang belum reda, aku menjawab dengan semangat, dan Mizuno-kun memberi salam ringan sebelum meninggalkan toko.

Lalu, Nat-chan yang berada di area penjualan segera mendekatiku.

“Eh, dia sudah pulang? Padahal seharusnya dia bisa tinggal lebih lama.”

“Tidak apa-apa. Dia hanya datang untuk membeli roti kari.”

“Hmm... sayang sekali.”

Apa yang dia harapkan dari orang dewasa ini? Aku memandang Nat-chan dengan tatapan sinis.

“Tapi, aku lega.”

“Eh? Apa yang kamu maksud?”

“Aku khawatir tentang perjalanan sekolahmu. Karena itu ke Osaka dan naik shinkansen, aku bertanya-tanya apakah Ai bisa pergi. Aku tidak ingin kamu pergi jika itu membuatmu takut, tapi karena perjalanan sekolah SMA adalah pengalaman sekali seumur hidup, aku benar-benar ingin kamu pergi dan membuat kenangan indah.”

Nat-chan tersenyum lembut padaku sambil berkata...

“Tapi, kalau Mizuno-kun ada bersamamu, sepertinya kamu akan baik-baik saja.”

―Sama seperti yang Nat-chan katakan.

Karena Mizuno-kun ada. Aku benar-benar ingin pergi ke perjalanan sekolah, dan aku yakin aku akan bisa naik shinkansen tanpa masalah.

Karena Mizuno-kun telah mengubah dunia monokromku yang telah lama suram menjadi dunia yang penuh dengan warna dan harapan.

Namun.

“Bukan karena Mizuno-kun. Aku akan baik-baik saja.”

Masih tidak ingin Nat-chan tahu tentang perasaanku, aku menjawabnya dengan nada yang agak ketus.

“Ya, ya.”

Nat-chan berkata dengan nada seolah-olah dia menahan tawa, seakan dia mengerti.

Sepertinya semuanya sudah jelas bagi dia.

 

 

Sebelumnya   |   Daftar isi   |   Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama