Kono Monogatari wo Kimi ni Sasagu Bab 1 Bagian 6 Bahasa Indonesia

 

Penerjemah: Maomao

Bagian 6

 

"Kamu memintaku, editor, untuk datang ke pertunjukan drama ini karena kamu sendiri merasa tidak yakin, kan?"

"Iya, itu benar..." kata Watanabe dengan ragu-ragu. Lalu, dia mulai berbicara dengan suara yang tidak yakin.

"Setiap tahun, semua anggota klub berdiskusi dan membuat naskah. Dan klub ini sudah beberapa kali mengikuti kompetisi tingkat nasional. Tapi..."

"Sejak klub ini didirikan delapan tahun yang lalu, mereka sudah beberapa kali mengikuti kompetisi tingkat nasional, tapi belum pernah memenangkan satu pun penghargaan."

Ketika Kotoha melanjutkan kata-katanya, Watanabe tampak sedikit terkejut.

"Kenapa kamu bisa tahu?"

"Sebagai editor, tentu saja aku akan melakukan riset sebanyak itu untuk orang yang akan aku ajak bekerja sama."

"Oh, begitu... Itu... Terima kasih."

Watanabe tampak terkesan dengan ketepatan riset Kotoha, tetapi Yuuto tahu bahwa obsesi Kotoha terhadap "pengeditan" tidak hanya sebatas itu.

Dia membaca kumpulan esai tentang buku, menerobos masuk ke kamar orang lain, dan tidak pernah menyerah, bahkan ketika dia jatuh ke sawah atau sungai. Dan katanya dia akan mempertaruhkan nyawanya demi novel. Jadi jangan kagum hanya karena dia melakukan riset yang bisa dilakukan dengan mencari di internet. Yuuto merasa tidak yakin dengan perasaannya sendiri.

"Baiklah, aku akan bertanya secara langsung. Bagaimana cara memperbaiki naskah ini?"

Suara Watanabe yang mendesak terdengar.

Kotoha mengerutkan keningnya dengan ekspresi bingung, lalu melirik Yuuto. Mungkin dia ingin Yuuto yang berbicara.

Yuuto menghela napas panjang.

Yuuto khawatir dia akan dihajar lagi, jadi dia membuka mulutnya dengan hati-hati.

"Menurutku, sulit untuk memperbaikinya. Lebih baik menulis yang baru saja."

"Aku tidak meminta pendapatmu!"

"Iya, memang benar..."

Yuuto melirik Kotoha, dan Watanabe juga melihat ke arahnya dengan ekspresi takut-takut. Kotoha tidak tampak terkejut, dia hanya mengangguk pelan.

"Aku setuju. Bahkan jika kita memperbaikinya, kita masih harus mengubah banyak hal dalam pengaturan dan cerita. Aku tidak yakin apakah itu akan menjadi lebih menarik."

"Begitu, ya?" Watanabe tampak hancur.

Perbedaan sikapnya dengan sikapnya terhadapku sangat besar, sampai-sampai aku merasa lega──Yuuto melihat Watanabe dengan setengah tertegun. Tapi, dia juga merasa lega karena dia tidak perlu melakukan apa-apa lagi.

Anggota lain di sekitarnya ada yang terlihat sedih seperti Watanabe, dan ada juga yang menatap Kotoha dengan tidak senang. Jumlah mereka hampir sama.

"Ketua, kenapa kamu mempercayai orang seperti itu? Klub dia baru saja didirikan dan hanya memiliki satu anggota."

Anggota wanita dengan ekspresi tidak puas mengeluh dengan suara yang lebih tidak senang dari ekspresinya.

Sepertinya mereka setuju, dan anggota lainnya berbisik-bisik, "Siapa anak itu?" "Apa ada klub begitu di sekolah ? Kenapa kamu memintanya?" "Tidak mungkin kan untuk memperbaikinya sekarang."

Dalam situasi seperti itu, ketika Watanabe berkata "Maaf" dengan suara yang jelas, anggotanya dengan alami menutup mulut mereka dan memperhatikannya. Tampaknya dia sangat dipercaya sebagai ketua.

"Maaf semua orang harus tutup mulut. Aku memintanya untuk melihat drama karena matanya dalam melihat naskah milik Natsume sangat bagus."

"Mata dalam melihat naskah? Apa maksudmu?"

Salah satu anggota wanita bertanya kepada Watanabe dengan ekspresi bingung.

"Apa kamu ingat ketika kita menunjukkan drama kepada siswa baru pada bulan April?"

"Tentu saja aku ingat."

"Natsume menulis di survei saat itu. Apa yang dikatakan juri di kompetisi nasional tahun lalu - itu hampir sama dengan yang dikatakan oleh penulis naskah profesional. Bagian yang baik dan bagian yang buruk, semuanya tepat."

Anggota yang mengeluh itu menelan ludahnya.

"Tapi itu bisa dicari di internet..."

"Komentar untuk sekolah yang tidak memenangkan kontesnya tidak dipublikasikan."

Kata-kata itu menyebabkan kegaduhan.

Para anggota melihat Kotoha dengan mata yang tertarik.

──Apakah dia memiliki mata yang sama dengan profesional, meskipun dia hanya seorang siswa SMA seperti mereka?

Melihat tatapan dari sekelilingnya, Kotoha merasa tidak nyaman.

"Apa kamu benar-benar melakukan hal itu?"

Ketika Yuuto berbisik, Kotoha mengangguk pelan.

"Mereka memintaku mengisi survei, jadi aku menulis apa yang kupikirkan. Lalu mereka menghubungiku."

"Lalu, mereka memintamu untuk melihat karya baru mereka?"

Dan entah mengapa, dia ikut terseret ke dalam masalah ini.

"Tapi, ketua, tidak ada waktu untuk menulis ulang."

"Iya, itu benar..."

Watanabe menunjukkan ekspresi yang muram.

"Jika kita mulai menulisnya sekarang, paling cepat naskah pertama akan selesai akhir bulan Agustus. Dari sana, sampai mengikuti turnamen daerah di akhir bulan September, itu akan sulit. Kita tidak bisa menggunakan waktu liburan musim panas untuk latihan."

"Lalu, ada juga festival budaya di pertengahan bulan September. Biasanya kami menggunakannya untuk latihan turnamen daerah..."

Sepertinya semua anggota klub berpikir bahwa mereka harus menggunakan naskah yang sudah ada.

Yuuto juga berpikir bahwa itu adalah pemikiran yang realistis.

Namun,

"Bagaimana kalau kita bisa selesaikan dalam waktu 10 hari?"

Yuuto mengerutkan kening, tidak mengerti apa yang dia katakan.

Watanabe menatap Kotoha dengan sedikit terkejut, lalu mengangguk. "Ah, benar juga."

"Kalau begitu, mungkin masih sempat. Tapi, tidak mungkin juga menulis dengan kecepatan seperti itu."

Yuuto juga setuju dengan kata-kata itu dalam hatinya. Jika hanya memperbaiki, tidak masalah. Tapi, menulis dari awal akan sangat sulit. Selain itu, tidak ada anggota klub yang khusus menulis naskah. Tapi...

"Itu masalah gampang."

Kotoha dengan tegas mengatakannya. Dengan penuh percaya diri.

Para anggota klub menjadi ribut melihatnya.

"Maksudmu... Natsume-san yang akan menulisnya sendiri?"

Watanabe yang berhasil membuka mulut bertanya, tapi Kotoha menggelengkan kepalanya.

"Tidak. Aku hanya editor. Yang akan menulisnya adalah penulis."

Yuuto terkejut mendengar bahwa dia punya penulis tetap. Tapi, jika dia terbiasa menulis, itu mungkin bisa dilakukan, meski jadwalnya cukup ketat.

Atau, jika dia punya penulis, dia seharusnya mengajak penulis itu, bukan aku... Eh?

"Natsume-san, aku memintamu karena aku percaya pada kemampuanmu. Aku tidak tahu penulis yang kamu maksud itu seperti apa, tapi aku tidak yakin bisa menyerahkannya kepada orang yang tidak kukenal, dan aku juga khawatir tentang kualitasnya, meski dia bisa menulisnya."

"Tenang saja. Dia adalah penulis yang hebat. Selain itu, dia juga kenal dengan Watanabe-senpai."

Yuuto merasa sangat tidak enak, dan dia mencoba untuk meninggalkan tempat itu tanpa menarik perhatian siapa pun.

Tapi, kakinya mengenai kursi penonton dan mengeluarkan suara berderak.

Kotoha langsung menoleh.

"Bisa 'kan, senpai?"

Kotoha tersenyum lebar.

Tapi, senyum itu terlihat dibuat-buat, dan ada kekuatan aneh yang membuat orang merasa terintimidasi.

"Hei, ini bukan yang kemarin kita bicarakan!"

Yuuto protes sambil menahan rasa terintimidasi.

"Aku datang ke sini untuk memberi komentar, tapi..."

"Aku tidak pernah mengatakan itu, senpai."

Kotoha tetap tersenyum, tapi matanya tidak tersenyum.

"Itu..."

Memang, dia tidak mengatakan apa-apa.

Kotoha hanya meminta Yuuto untuk menemaninya, dan Yuuto sendiri yang mengira bahwa peran hari ini adalah memberikan komentar tentang teraternya.

"Tapi, apa yang kita janjikan? Kamu tidak akan memintaku menulis novel, kan?"

Ya, dia mengatakannya di tepi sungai. Dia tidak akan memintaku menulis novel.

Tapi, Kotoha dengan santai membantahnya.

"Benar kok bukan novel. Yang aku minta senpai tulis adalah naskah."

"Ha...?"

Yuuto membuka mulutnya dengan lebar.

Ketika seseorang mengatakan sesuatu yang tidak terduga, orang tersebut benar-benar kehilangan kata-kata, dan pikirannya melayang ke hal-hal yang tidak penting.

"Itu hanya alasan saja!"

"Aku tidak berpikir begitu. Novel dan naskah, sama-sama cerita, tapi ada banyak perbedaan. Dan lagi..."

"Apa?"

Kotoha menghapus senyumnya dan menatap Yuuto dengan tajam.

"Senpai sudah memberikan komentar yang sangat pedas, tapi masih merasa diri senpai aman?"

Kata-kata itu membuat Yuuto membeku.

Dia teringat kata-kata yang dia ucapkan kepada Watanabe sebelumnya.

Ya. Meskipun itu hanya dugaan, dia merasa bahwa komentar adalah tugasnya, jadi dia memberikan pendapat yang keras kepada Watanabe.

Kritik adalah duri.

Itu menyakitkan ketika dikatakan, dan rasa tidak aman akan terus berlanjut.

Jika dia mengatakan hal seperti itu, bahkan jika naskahnya diperbaiki, anggota klub teater tidak akan bisa menghadapi turnamen dengan percaya diri.

Hanya orang yang bertanggung jawab atas karya tersebut yang bisa memberikan kritik negatif secara langsung. Itu tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Kotoha benar-benar menjebaknya.

Tapi, meskipun dia tahu, dialah yang mengucapkan kata-kata yang tidak bertanggung jawab. Tidak peduli apakah itu didorong oleh seseorang.

Ini sama saja dengan mereka.

Ingatan buruk tiga tahun lalu──bayangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang tidak dikenal──muncul di benaknya.

"Senpai!"

Kotoha menatap Yuuto dengan lurus.

"Senpai tidak percaya pada kemampuanmu sendiri, kan?"

"Iya, itu benar. Jadi,"

Tidak bisa menulis──Kotoha memegang tangan Yuuto yang ingin melanjutkan.

"Kalau begitu, aku yang akan percaya. Sebagai ganti senpai."

"Eh...?"

"Jadi, senpai percayalah saja padaku. Itu sama saja, kan?"

Itu adalah alasan yang tidak masuk akal. Tapi, Kotoha sangat serius, dan itulah yang membuat Yuuto kehilangan kata-kata.

"Atau, senpai tidak percaya padaku?"

"Tidak, bukan itu..."

"Memang, kali ini aku menggunakan cara yang curang seperti menipu senpai. Tapi, aku tidak akan pernah berbohong tentang karyaku."

Itu mungkin benar. Selama seminggu ini, dia terus diikuti Kotoha, dan dia merasakan semangat yang tulus darinya dalam membuat karya. Bahkan, dia siap mempertaruhkan nyawanya.

"Aku akan melakukan apa saja kalau senpai mau menulis. Kalau senpai tidak percaya pada diri sendiri, aku akan percaya dan mendukung senpai."

Kotoha sangat bersemangat, sampai-sampai aku merasa jiwanya terbakar.

"Aku hanya bisa memikirkan senpai. Aku memikirkannya sejak membaca tulisan senpai."

Kata-katanya yang berapi-api memanaskan perasaan yang membeku di lubuk hati.

"Jadi, tolong tulislah."

Kotoha membungkuk dalam-dalam.

Dia memohon dengan tulus tanpa ada kepura-puraan. Dia juga tidak peduli dengan tatapan klub teater di sekitarnya. Itulah sebabnya, kata-kata itu mengguncang hati Yuuto dan membuatnya ragu untuk pertama kalinya.

Apakah dia bisa menulis, apakah dia boleh menulis──dia ragu.

"Apa yang dibicarakan oleh Natsume-san itu benar?"

Watanabe bertanya dengan nada rendah.

"Eh...?"

"Apakah kemampuanmu seperti yang dikatakan oleh Natsume-san? Apakah kamu bisa menulis naskah yang lebih baik dari yang sekarang dalam waktu sepuluh hari?"

Watanabe menatap Yuuto dengan tatapan seperti menilai kualitas barang.

"Itu..."

Yuuto ragu-ragu.

Tidak ada kepercayaan diri. Itu wajar karena dia sudah berhenti menulis karena merasa batas kemampuannya.

Namun, dia tidak bisa mengatakannya dengan jujur. Karena,

"Percayalah padaku."

Karena Kotoha yang dengan bodohnya percaya pada Yuuto ada di sampingnya.

Kata-katanya ditujukan kepada Yuuto, tetapi juga ditujukan kepada Watanabe.

Watanabe membuka matanya lebar-lebar, merenung sejenak, lalu menghela napas panjang.

"Iya, aku meminta bantuan Natsume-san karena percaya pada kemampuannya. Jika Natsume percaya padamu, aku harus percaya padanya."

Yuuto terkejut dan melihat Watanabe.

"Kamu yakin mempercayakan ini padaku?"

"Aku sudah bilang, kan? Itu pendapat Natsume-san, dan aku tidak suka padamu, tapi itu berbeda dengan karyamu."

Mata Watanabe serius.

Dan anggota klub di sekitar juga menatap Yuuto dengan serius.

Ada yang menatap dengan serius seperti Watanabe, ada yang tampak cemas, dan ada yang memandangnya dengan curiga. Tapi, mereka punya satu kesamaan.

Mereka hanya memikirkan teater mereka.

Yuuto menggigit bibirnya keras ketika menyadari hal itu.

"Aku..."

Aku bersumpah tidak akan pernah menulis lagi.

Itu karena aku tahu batas kemampuanku menulis tiga tahun lalu.

Dan aku juga memikul dosa yang harus ditebus.

Tapi──

"Senpai!"

Suara Kotoha yang jernih menghantam telinga Yuuto.

"Tolong tulislah. Cerita senpai. Aku akan melakukan apa saja untuk itu."

Sejak bertemu, dia melewati batas yang dibuat Yuuto tanpa ragu. Dia tanpa ragu menarik tangan Yuuto yang bersembunyi di tempat yang tenang dan gelap. Dengan paksa dan sangat lurus.

Aku tidak bisa melawannya.

Semangat dan tekadnya.

Dan sedikit saja───aku ingin membalasnya.

(Maaf!)

Aku berbisik seperti doa untuk orang yang terluka saat itu.

(Sekali ini saja, izinkan aku menulis!)

Yuuto menghadap Watanabe. Dia menarik napas pendek dan membuka mulutnya.

"Aku akan melakukannya. Biarkan aku melakukannya."

"Baiklah, aku mohon."

Watanabe menjawab dengan singkat dan mengangguk.

Hanya itu interaksi mereka.

Tapi itu merupakan keputusan besar bagi Yuuto.

Kemudian dia melihat ke arah Kotoha, dia melihat Yuuto dengan ekspresi tertegun.

"Natsume, apa-apaan wajah yang kamu buat itu?"

"Eh... ehm, itu, itu, maksudku, apa senpai benar-benar akan menulisnya?"

Yuuto tersenyum pahit.

Dia datang dengan percaya diri untuk membujuknya, tapi siapa yang bisa membayangkan dia akan menjadi gugup seperti ini saat Yuuto menerimanya.

"Iya, aku sudah bilang begitu tadi. Tetaplah semangat, editor yang bertanggung jawab."

Kata-kata Yuuto membuat pipi Kotoha memerah seketika dan terlihat bersinar.

"I-iya! Terima kasih untuk kepercayaannya!"

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama