Otonari no Tenshi-sama Jilid 8.5 Bab 12 Bahasa Indonesia

Bab 12 — Masa Depan Yang Akan Kita Jalani

 

Pertama kalinya Mahiru disambut dengan rasa permusuhan yang jelas adalah ketika usianya baru memasuki dua digit.

“Kamu sangat tidak adil, Shiina-san.”

Ada teman sekelasnya yang tiba-tiba berkata demikian dalam perjalanan pulang dari sekolah, ketika mereka mendapati diri mereka berdua saja. Biasanya, Mahiru berjalan pulang bersama beberapa temannya yang lain, tetapi hari ini, karena mereka punya rencana lain, dia akhirnya berjalan bersama teman sekelasnya yang lain, seorang gadis yang jarang berinteraksi dengannya. Mereka kebetulan sedang menuju ke arah yang sama.

Mahiru berinteraksi dengan semua orang di sekitarnya, dan karena itu, dia tidak merasa kesulitan untuk berbicara dengan gadis itu. Mereka sedang terlibat dalam percakapan yang tidak berbahaya dalam perjalanan pulang ketika dia menyuarakan komentar yang tidak terduga ini. Wajar jika Mahiru merasa bingung.

Aku 'tidak adil'? Apanya?

Karena tidak merinci apanya yang tidak adil, Mahiru bingung dengan apa yang dimaksud gadis itu. Saat dia menunggu penjelasan teman sekelasnya, gadis itu sepertinya salah mengira ketenangannya sebagai kesombongan dan memelototinya. Permusuhan yang tiba-tiba dari seorang gadis yang biasanya tenang dan pendiam membuat Mahiru terkejut, membuatnya tidak yakin bagaimana harus menanggapinya.

Mahiru selalu berperilaku baik di sekolah. Dia tidak pernah mengucilkan siapa pun dan selalu berusaha bersikap ramah dan tetap tersenyum saat berbicara dengan orang lain. Selain itu, dia tidak memperlakukan teman sekelasnya dengan cara yang berbeda dibandingkan orang lain—dia bahkan mencoba secara halus untuk menyertakan gadis itu jika diperlukan untuk memastikan dia tidak merasa tersisih.

Jika gadis tersebut kesal karena hal itu, Mahiru mungkin bisa memahami perasaannya. Namun, kata yang gadis itu gunakan adalah ‘tidak adil’, yang sejauh Mahiru tahu, sepertinya tidak menunjukkan perasaan negatif apa pun tentang cara dia berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya.

Sama sekali tidak mengerti, ketidaktahuan Mahiru terlihat jelas. Frustrasi dengan hal ini, alis gadis itu melengkung menunjukkan kejengkelannya, bibirnya bergetar saat dia mencoba memutarbalikkan kata-katanya.

“Seperti, Suzuki-kun sedang mengejarmu,” dia menjelaskan, nada suaranya terlalu tajam untuk membuatnya merajuk. Menyadari hal itu, Mahiru sekarang memahami akar ketidakpuasannya. Tapi dia masih tidak mengerti kenapa gadis itu menganggapnya ‘tidak adil’. ‘Suzuki’ yang disebutkan gadis itu pastilah teman sekelas laki-lakinya. Bocah ini adalah satu-satunya ‘Suzuki’ yang berinteraksi dengan Mahiru akhir-akhir ini.

Memang benar, Suzuki sudah beberapa kali berbicara dengan Mahiru dan bahkan menggodanya beberapa kali, tapi di matanya, itu tidak lebih dari itu. Namun, gadis itu tampak semakin marah dengan sikap Mahiru yang terlihat acuh tak acuh.

“Dia selalu mengobrol denganmu, selalu berusaha menghabiskan waktu bersamamu, dan selalu tertawa saat bersamamu!”

Dia benar bahwa Suzuki, yang merupakan pembuat suasana hati di antara anak laki-laki, dan Mahiru, yang menonjol di antara anak perempuan, memiliki kesempatan untuk berbicara. Tapi itulah satu-satunya alasan. Meskipun Suzuki memang memberinya cukup banyak perhatian, Mahiru, yang menanggapi semua orang dengan setara, merasa tidak adil diserang karena sesuatu yang sepele.

“Suzuki-kun jatuh cinta padaku duluan! Bisakah kamu tidak mengambilnya begitu saja dariku!?”

“Aku bahkan tidak berusaha melakukannya,” jawab Mahiru. Dia ingin menambahkan bahwa Suzuki bahkan bukan 'miliknya' sejak awal, tapi dia merasa gadis itu sedang tidak berminat untuk mendengarkan, jadi Mahiru menjawab dengan singkat.

“Kalau begitu, mengapa kamu terus berbicara dengannya?” gadis itu bertanya. “Jika kamu sebenarnya tidak menyukainya, mending hentikan saja.”

“Aku hanya pernah berbicara dengannya sebagai teman sekelas,” jawab Mahiru, menyatakan hal itu sebagai fakta sederhana.

“Kamu bohong!”

Tidak ada kebohongan di balik kata-kata Mahiru. Dia hanya mengatakan kebenaran yang dia lihat, tapi bagi gadis itu, ceritanya pasti terlihat berbeda. Tidak peduli bagaimana Mahiru menjelaskan sudut pandangnya, sepertinya gadis itu takkan mempercayainya, sehingga membuat Mahiru berada dalam situasi yang menyusahkan. Baginya, Suzuki hanyalah teman sekelas, dan dia sama sekali tidak memiliki ketertarikan romantis padanya. Faktanya, dia sebenarnya adalah tipe orang yang sulit dia hadapi.

Mahiru, meski berperilaku baik dan ramah, sebenarnya adalah orang yang pendiam dan bergerak sesuai temponya sendiri, dan dia memilih untuk tidak mengganggu kecepatannya. Mahiru tidak bisa memaksakan dirinya untuk menyukai seseorang yang, meskipun tidak dekat, mendekatinya seolah-olah mereka selalu menjadi teman baik, terutama ketika mereka tidak memahami ketidaktertarikannya dan terus berusaha maju.

Tapi aku mengerti kenapa dia berpikir seperti itu. Mahiru merenung bahwa mungkin bukan hal yang tidak masuk akal jika gadis itu salah paham, mengingat bagaimana si Suzuki selalu terlalu ramah dan memaksa dengan semua orang, dan bahwa Mahiru selalu berinteraksi dengannya dengan cara yang tidak konfrontatif.

Tapi aku masih tidak ingat bertingkah seolah aku tertarik padanya, pikir Mahiru kemudian. Dia merasa sedikit jengkel dengan situasi ini, dan hal ini tidak dapat dihindari mengingat keadaannya.

“Masa bodo. Yang penting, menjauhlah dari Suzuki-kun, mengerti?” desak gadis itu.

Mahiru menghela nafas sebagai jawabannya. “Jika itu yang kamu inginkan, Inoue-san.”

Meskipun dia merasa agak diperintah, Mahiru tidak punya keinginan khusus untuk berbicara dengan Suzuki selain menjadi teman sekelas, jadi dia menerimanya dengan mudah. Dia sangat puas menjaga jarak tertentu darinya. Gadis itu mendengus mendengarnya, tampak puas dengan jawabannya, dan melewati Mahiru, berlari seolah-olah dia tidak lagi berguna baginya.

Dibiarkan berdiri di sana, Mahiru memperhatikan gadis itu berlari pergi, tas sekolahnya bergoyang-goyang. Wow, gumamnya. Meskipun Mahiru tidak mengenalnya dengan baik, gadis itu, yang menurut Mahiru adalah pendiam dan menyendiri, ternyata menyembunyikan sifat marahnya. Mengevaluasi kembali kesannya terhadap gadis itu, Mahiru melanjutkan perjalanan pulang seperti biasanya.

 

 

“Ojou-sama, biasanya orang menjadi defensif ketika mereka merasa seseorang yang mereka sayangi akan direnggut,” Koyuki menjelaskan dengan lembut. “Hal ini sering terjadi terutama pada anak-anak”

Karena dirinya tidak pernah jatuh cinta, Mahiru tidak bisa memahami perasaan gadis itu. Ketika dia mengatakan pada Koyuki, yang datang untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, tentang apa yang terjadi dalam perjalanan pulang dari sekolah, Koyuki dengan lembut menjawab dengan senyum pahit. Cara Koyuki menjawab bukan untuk memarahinya, melainkan dengan cara yang lembut dan persuasif, yang membuat Mahiru semakin bingung.

Menjadi agresif ketika sedang jatuh cinta adalah sesuatu yang dia tidak mengerti sama sekali.

Mengapa melampiaskannya pada orang lain? Dia terus bertanya-tanya.

“‘Direnggut’?” Mahiru menirukan. “Tapi aku bahkan tidak menginginkannya.”

Perkataanmu lumayan pedas, Ojou-sama.”

Tapi itu benar. Aku bahkan tidak menginginkannya, pikir Mahiru dalam hati sambil menatap Koyuki, yang masih memiliki senyum masam di wajahnya.

“Soalnya, ketika seseorang jatuh cinta, mereka sering kali merasa takut kehilangan orang yang disukainya karena orang lain. Mereka menjadi cemas, takut akan kemungkinan sesuatu yang mereka idam-idamkan direnggut begitu saja di depan mata mereka. Jadi, untuk mencegah hal ini, mereka berusaha untuk menangkal lawan potensial yang bisa menjadi ancaman bagi mereka.”

“Jadi dia berusaha menjauhkanku?” Mahiru lalu bertanya.

“Tepat sekali,” Koyuki menegaskan.

Penjelasan ini membantu Mahiru lebih memahami alasan di balik perilaku gadis itu, tapi juga membuatnya semakin bingung tentang aspek lainnya.

“Tapi Suzuki-san bahkan bukan miliknya, kan? Jadi aku tidak mengerti kenapa dia menyuruhku untuk tidak ‘merenggutnya darinya. Sejak kapan dia mendapat hak untuk mengatakan hal seperti itu?” Mahiru bertanya-tanya, bingung dengan asumsi gadis itu bahwa Suzuki sudah menjadi miliknya.

Di atas kepalanya, Mahiru tidak pernah menyadari adanya hubungan khusus antara dirinya dan gadis itu...tapi bahkan ketika dia mencari ingatannya, dia masih tidak dapat mengingat kapan gadis itu melakukan tindakan apa pun terhadap Suzuki. Dia telah melihatnya mendekati si Suzuki dengan takut-takut, tapi hanya itu yang dia sadari.

“Tidak semua orang mampu memisahkan emosi dari fakta sepertimu, Ojou-sama. Mungkin kamu akan memahami perasaan ini suatu hari nanti, jadi berhati-hatilah untuk tidak mengatakannya terlalu kasar. Dan ingat, mengatakan bahwa kamu 'bahkan tidak menginginkan' seseorang dapat menimbulkan perselisihan, jadi sebaiknya simpanlah pemikiran tersebut untuk dirimu sendiri.”

“Mengapa hal itu bisa terjadi?”

“Hal ini dapat membuat mereka berpikir, 'Apa, jadi kamu tidak peduli dengan sesuatu yang aku inginkan?' Mereka mungkin merasa seolah-olah kamu meremehkan mereka dan keinginan mereka, atau menyiratkan bahwa apa yang mereka inginkan sebenarnya tidak layak untuk dicari.”

“Tapi itu reaksi yang aneh, bukan?” ucap Mahiru. “Memberitahu seseorang untuk tidak mengambil sesuatu, dan kemudian menjadi marah ketika mereka mengatakan bahwa mereka bahkan tidak menginginkannya.”

“Bagaimanapun juga, perasaan orang-orang itu rumit,” jawab Koyuki, pengalaman hidupnya yang luas membuat Mahiru yakin akan sudut pandangnya.

Kalau Koyuki-san bilang begitu, itu pasti benar, pikir Mahiru. Namun demikian, dia masih tidak bisa membayangkan dirinya terlibat dengan seseorang yang sangat terpengaruh oleh emosinya.

“Takut kehilangan seseorang dan benar-benar memproyeksikan perasaan itu kepada orang lain adalah dua hal yang berbeda. Kamu sendiri juga memahaminya, bukan, Ojou-sama?”

"Ya, memang.

“Bagus sekali,” Koyuki menyetujui, “…Aku percaya bahwa suatu hari, ketika kamu menemukan seseorang yang spesial, kamu akan memahami perasaan itu—kecemasan melihat orang yang kamu cintai memandangi gadis lain.”

“Seseorang yang spesial bagiku…” Meskipun Koyuki mengatakan itu, Mahiru tidak bisa memahami konsepnya.

Dari semua hubungan yang Mahiru bangun, hubungan yang menjadi favoritnya adalah ikatannya dengan Koyuki. Namun, kesukaannya pada Koyuki, tentu saja, tidak berakar pada cinta romantis, dan Mahiru juga tidak percaya bahwa dia akan mengembangkan perasaan terhadap laki-laki yang lebih kuat daripada kesukaannya pada Koyuki. Dia pernah menemukan sebuah buku yang menyatakan bahwa anak perempuan menjadi dewasa lebih cepat secara mental, sebuah gagasan yang tampaknya benar baginya. Di matanya, anak laki-laki di kelasnya terlihat agak kekanak-kanakan. Dia tidak pernah meremehkan mereka, tetapi kecenderungan mereka untuk bertindak berdasarkan dorongan hati atau emosi sering kali membuatnya merasa lelah.

Mahiru juga sangat menyadari bahwa dia sudah dewasa untuk anak seusianya, membuatnya semakin merasa tersisihkan dari teman-temannya. Mungkin ini hanya masalah tidak menemukan titik temu dalam percakapan mereka. Apa pun masalahnya, kesadaran diri ini membuatnya sulit membayangkan jatuh cinta pada seseorang. Namun, dia menyimpan harapan bahwa perasaan seperti itu mungkin terjadi seiring bertambahnya usia, dan berniat untuk mengindahkan nasihat Koyuki, tetap berpikiran terbuka tentang masa depan.

“Jika aku jatuh cinta, aku ingin berhati-hati agar tidak melampiaskannya kepada orang lain.”

“Itu keputusan bijaksana. Jika orang yang Ojou-sama sukai menyadari bahwa kamu kesal terhadap orang lain di sekitarnya, berhubungan dengan mereka bisa menjadi tugas yang sulit.”

Sulit…"

Memang. Sekarang, Ojou-sama, bayangkan ada seseorang yang mengaku kalau ia menyukaimu. Orang ini kemudian mulai bersikap bermusuhan terhadap orang yang berinteraksi denganmu, bertindak semata-mata karena keegoisan mereka sendiri. Bagaimana perasaan Ojou-sama mengenai hal itu?”

“Itu akan membuatku ingin menjaga jarak.”

Jauh lebih baik jika kita tidak bergaul dengan orang-orang seperti itu, Mahiru menyadari. Bahkan baginya, hal tersebut sudah sangat jelas.

Tepat sekali. Kalau tidak, itu bisa jadi menakutkan,” Koyuki menegaskan.

Ya.

Mahiru tidak bisa membayangkan bahwa seseorang yang gagal menghargai apa yang dia anggap penting bisa menghargainya dengan baik. Karena dia merasa orang seperti itu akan memaksakan gagasan egoisnya tentang “kepedulian” dan akhirnya justru menyebabkan kesedihan, Mahiru tidak punya keinginan untuk dekat dengan orang seperti itu. Sembari merenungkan hal ini, apa Suzuki benar-benar menyukai Mahiru atau tidak, kini tidak penting lagi. Fakta bahwa gadis itu telah bertindak agresif terhadap seseorang yang Ia sayangi menandakan bahwa gadis itu berpotensi membahayakan di mata Mahiru.

Mahiru memahami bahwa perilaku agresif gadis itu dipicu oleh perasaan cemburu, yang juga dianggapnya tidak adil. Meskipun Mahiru tidak marah dengan hal ini, mau tak mau dia bertanya-tanya mengapa gadis itu tidak bisa menyalurkan perasaan cemburu itu ke sesuatu yang lebih membantu seperti mengembangkan dirinya sendiri.

“Itu adalah sebuah misteri bagiku,” Mahiru memulai. “Mengapa dia hanya mengatakan bahwa itu tidak adil, alih-alih berusaha agar diperhatikan oleh orang yang dia sukai? Apa dia berpikir bahwa, dengan menyebut situasi ini tidak adil, pria yang dia sukai akan balik menyukainya?”

Jika gadis itu menganggap Mahiru tidak adil, mungkin gadis itu bisa berusaha menjadi seperti dirinya. Bukannya itu pilihan yang lebih tepat untuk berusaha menarik perhatian pria itu? Meskipun Mahiru tidak mau menegaskan bahwa dia tidak berusaha sama sekali, dari apa yang dia lihat, gadis itu hampir tidak berusaha untuk menarik perhatiannya. Dia tidak secara aktif memulai percakapan dan juga tidak berusaha memahami hal-hal yang disukainya.

Berharap untuk dicintai kembali tanpa melakukan upaya seperti itu tampaknya hal yang sulit dipahami bahkan bagi Mahiru, yang memang memiliki pemahaman terbatas tentang perasaan romantis.

“Hmm… Ojou-sama, kamu tidak boleh menceritakan hal itu kepada orang lain, oke?”

Aku tahu. Aku hanya mengatakannya karena aku sedang berbicara denganmu, Koyuki-san.

Meskipun usianya masih muda, Mahiru telah mengetahui batasan interaksi sosial, memahami apa yang dapat menyebabkan pengucilan. Dia selalu berusaha untuk tidak membuat orang lain merasa jengkel, menjalani kehidupannya sebagai gadis yang berperilaku baik seperti biasanya. Mahiru tahu kalau pertanyaan sebelumnya bukanlah pertanyaan yang harus dia tanyakan pada gadis yang dimaksud. Namun, dia masih tidak dapat memahami pertanyaan ‘mengapa’ itu sendiri. Karena itu, dia memilih untuk curhat hanya pada Koyuki, yang bukan hanya orang dewasa tapi juga seseorang yang sangat dia percayai.

Bagi Mahiru, bekerja keras adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Meski prosesnya mungkin dipenuhi banyak rintangan, namun tindakan memberikan usaha itu sendiri tidak menjadi beban baginya. Dia percaya bahwa selama kondisinya tidak terlalu sulit, ketekunan bisa membuat dirinya mencapai tujuannya. Tapi justru itulah sebabnya Mahiru menganggap semuanya begitu membingungkan.

Tentu saja, tidak ada yang pasti dalam hubungan antar manusia, tapi orang lain tidak akan pernah berpaling darimu kecuali kita sendiri sudah melakukan upaya. Jadi, mengapa ada orang yang memilih untuk mengabaikan hal itu? Apa mereka berpikir bahwa mengharapkan sesuatu saja sudah cukup untuk mendapatkannya? Mahiru bertanya pada dirinya sendiri. Dan kemudian, ada hal lain—sebuah pemikiran kecil namun penting. Bagi Mahiru, yang telah mendambakannya namun belum pernah menerima kasih sayang/cinta tertentu meskipun dia sudah berusaha sungguh-sungguh, ada satu lagi bagian penting yang tidak dapat dia pahami. Dia telah diberikan cinta yang kuinginkan tapi tidak pernah kudapatkan, jadi mengapa dia menginginkan lebih dari itu? Dan semuanya tanpa memberikan upaya apa pun untuk mencapainya? Pikiran seperti itu berputar-putar di benaknya.

Entah Koyuki bisa merasakan emosi kompleks batin Mahiru atau tidak, dia diam-diam tersenyum dan dengan lembut membungkuk agar bisa sejajar dengan mata Mahiru.

“Ojou-sama, secara alami dirimu sudah memberikan segala upaya terbaikmu, jadi mungkin akan sedikit sulit bagimu untuk memahaminya.” Mahiru bisa mendeteksi sedikit rasa kasihan, bercampur dengan nada getir dalam suaranya. “Cuma ada sedikit orang dari yang Ojou-sama bayangkan yang dapat terus melakukan upaya terbaik mereka, menahan rasa sakit demi sebuah keinginan yang mungkin takkan pernah terpenuhi. Kemampuan untuk bertahan seperti itu dapat dianggap sebagai bakat tersendiri.”

“Sebuah bakat…”

Pada umumnya, kebanyakan orang cenderung berharap mendapat keberuntungan tanpa melakukan usaha apa pun… Mereka cenderung menunggu solusi yang paling mudah.”

“Apa nasib baik seperti itu benar-benar ada?” Mahiru bertanya dengan rasa ingin tahu.

“Hmm, coba kita lihat… Memang benar bahwa kadang-kadang, seseorang mungkin mendapatkan keberuntungan semata-mata secara kebetulan. Namun, inti masalahnya terletak pada bagaimana seseorang menggunakan keberuntungan tersebut,” jelas Koyuki. “Orang-orang secara keliru percaya bahwa keberuntungan yang tiba-tiba akan terus memberkati mereka berkali-kali. 'Oh, itu pernah terjadi sekali sebelumnya, jadi pasti akan terjadi lagi,' atau begitulah asumsi mereka...dan begitu mereka mengalami nasib baik itu sekali saja, mereka kemudian mencoba mengulangi kesuksesan yang hanya terjadi satu kali itu untuk kedua kalinya, dan pada gilirannya, sering kali mengabaikan upaya sebenarnya yang diperlukan untuk mencapainya. Akibatnya, mereka berakhir dengan tangan kosong, membuang-buang waktu dan mungkin satu-satunya kesempatan mereka untuk mendapatkan apa yang benar-benar mereka inginkan.”

Nasihat Koyuki mengingatkan Mahiru pada lagu anak-anak yang pernah dia dengar sebelumnya, yang mana itu juga terdengar seolah-olah itu berasal dari pengalaman kehidupan nyata. Dia mendengarkan dengan tenang kata-katanya yang lembut, tapi tetap membawa ketegasan sebuah pelajaran tentang kehidupan.

Melihat hal ini, Koyuki memberinya senyuman hangat. “Pembicaraan kita sedikit menyimpang, tapi kamu adalah seseorang yang bisa bertahan tanpa kenal lelah, Ojou-sama. Itu adalah sifat yang luar biasa untuk dimiliki, dan sesuatu yang harus dibanggakan.” Koyuki meraih tangan Mahiru. “Namun, Ojou-sama tetap tidak boleh mengharapkan upaya yang sama dari orang lain, oke?”

Dirinya mungkin sudah tumbuh besar, tapi tangan Mahiru masih lebih kecil dibandingkan tangan Koyuki, dan tangan itu tertutup seluruhnya, memberikan Mahiru perasaan yang tidak bisa dia tolak. Faktanya, dia menganggap sikap itu menyenangkan. Sebenarnya, Mahiru belum pernah merasakan ada orang yang begitu peduli padanya, dan Koyuki, yang memahami emosi aslinya, adalah satu-satunya orang yang sentuhannya menurut Mahiru benar-benar menenangkan.

“Ojou-sama, jika saatnya tiba ketika kamu menemukan seseorang yang kamu sukai, Ojou-sama harus mengingat dengan baik untuk memberikan upaya terbaikmu untuk menarik perhatian mereka,” saran Koyuki dengan lembut. “…Tidak ada keraguan dalam pikiranku bahwa orang yang memenuhi standarmu akan sungguh luar biasa. Namun perlu diingat, orang-orang mengagumkan seperti itu sering kali menjadi incaran banyak orang. Jika Ojou-sama gagal memanfaatkan kesempatan untuk menjadikannya milikmu, hal itu mungkin akan lolos begitu saja dari tanganmu. Ojou-sama pastinya tidak ingin hal itu terjadi bukan?”

Iya, aku tidak mau…” Mahiru menggelengkan kepalanya setuju, namun dia tidak bisa sepenuhnya membayangkannya. Gagasan memiliki seseorang yang dia cintai di sisinya adalah sesuatu yang sulit dia bayangkan. Sebenarnya, Mahiru tidak terbiasa dengan konsep seseorang yang dekat dengannya, karena itu merupakan pengalaman yang belum pernah dia alami. “Tapi itu hanya jika aku menemukan seseorang yang kusuka, kan? Aku tidak pernah berpikir kalau itu akan terjadi.”

“Ojou-sama, bagaimana Ojou-sama menggambarkan pasangan idealmu?” Koyuki bertanya.

“…Seseorang yang bisa menjadi keluarga bersamaku,” ungkap Mahiru. Begitu kata-kata itu keluar dari mulutnya, wajah Koyuki menjadi muram, membuat Mahiru langsung menyesal mengatakannya. Meskipun hal yang sama berlaku untuknya, Koyuki juga sangat sensitif terhadap kata ‘keluarga’. Dia mengkhawatirkan situasi orang tua Mahiru pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada orang lain.

Bagaimanapun juga, Mahiru hampir putus asa. Tidak peduli seberapa besar dia berharap atau menangis sampai air matanya mengering, atau berpegang teguh pada harapan itu, orang tuanya tidak akan pernah memberinya kasih sayang. Jadi, jika dia bisa menemukan dirinya mampu mencintai orang lain, dia merindukan seseorang yang akan berdiri di sisinya dan menghabiskan hidupnya bersamanya sebagai sebuah keluarga.

“Jika Ojou-sama berhasil menemukan dan membina hubungan dengan orang yang tepat, aku yakin seiring berjalannya waktu, Ojou0-sama dapat menciptakan sebuah keluarga bersama. Namun sebelum mencapai tahap itu, apa ada hal spesifik yang ingin Ojou-sama cari dari pasangan saat berpacaran?”

“…Seseorang yang mau mendengarkanku, tetap bersamaku, dan membuatku merasa nyaman saat kita bersama adalah hal yang baik. Seseorang yang memikirkan segala sesuatunya bersamaku ketika aku sedang kesulitan, dan akan tetap berada di sisiku dan menungguku ketika masa-masa sulit. Pria macam itulah yang aku inginkan,” jawab Mahiru sambil berpikir.

Meskipun Mahiru merasa sulit membayangkan dirinya jatuh cinta, dia tahu bahwa jika momen itu menjadi kenyataan, maka momen itu akan terjadi pada seseorang dengan kualitas seperti itu. Seseorang yang dengan tulus mendengarkan kata-katanya, terus berada di sisinya, hanya memandangnya, dan menyayanginya secara keseluruhan. Orang seperti itulah yang dia impikan.

…Tapi apa orang seperti itu akan benar-benar mencintaiku kembali?

Mahiru percaya bahwa pada intinya, dia tidak memiliki pesona. Dia bisa memahami mengapa seseorang mungkin menyukainya karena tindakan yang dia pertahankan, tapi gagal membayangkan ada orang yang mencintainya apa adanya, tanpa mengenakan kedok ‘gadis baik’nya.

Terlebih lagi, Mahiru belum merasakan bagaimana rasanya mengembangkan perasaan romantis terhadap orang lain, jadi wajar saja jika dia tidak bisa benar-benar memahami konsep tersebut.

Alangkah baiknya jika orang seperti itu ada di suatu tempat. Dia berpegang pada harapan tipis ini saat menatap Koyuki, menyadari cengkeraman halus di tangannya.

“Ojou-sama, jika saatnya tiba, kamu sendiri pasti akan bertemu dengan orang yang luar biasa.”

…Oke.

“Meski begitu, kamu tetap tidak boleh jatuh cinta pada pria busuk mana pun, oke? Hindari orang-orang yang melihatmu hanya sebagai objek, tidak memperlakukanmu setara, atau mencoba mendefinisikan siapa kamu seharusnya. Carilah seseorang yang tulus dan baik hati, seseorang yang selalu menghargai usahamu dan menerimamu apa adanya,” desak Koyuki. Suaranya semakin serak, dia kemudian menambahkan, “…Ojou-sama, aku tidak bisa berada di sisimu selamanya. Itu sebabnya, yang bisa kulakukan hanyalah berharap suatu hari nanti kamu akan menemukan seseorang yang membuatmu bahagia.”

Mahiru akhirnya mengerti kenapa Koyuki begitu ngotot dalam memberikan nasihatnya. Dia tidak akan selalu ada untuknya.

Koyuki bukanlah ibu Mahiru. Dia adalah seorang asisten rumah tangga yang disewa—orang asing. Hubungan mereka rapuh, bergantung pada keinginan orang tua Mahiru. Jika mereka memilih untuk memecat Koyuki, hubungan mereka akan langsung hancur.

Meskipun dia mengisi peran yang mirip dengan seorang ibu, Koyuki tidak pernah bertindak sebagai ibu. Dia selalu memanggil Mahiru sebagai 'Ojou-sama', menjaga sikap profesionalnya agar tidak memberikan Mahiru harapan yang salah. Koyuki sadar bahwa dia tidak akan pernah bisa benar-benar menggantikan posisi ibu Mahiru.

Menyadari kebenaran ini, dikomunikasikan kepadanya dengan cara yang begitu jauh namun begitu lugas, Mahiru menggigit bibirnya. Menyadari kesusahannya, Koyuki sekali lagi menyelimuti tangan Mahiru dengan tangannya, memberikan kehangatan yang menenangkan. Rasa panas lembut ini meresap dari tangan mereka yang tergenggam hingga ke mata Mahiru, wajahnya hampir menangis.

Kamu tidak boleh mengabaikan upaya yang diperlukan untuk dipilih oleh orang yang akan memberimu kebahagiaan, oke, Ojou-sama? Kamu mungkin didekati oleh banyak sekali orang. Beberapa orang mungkin mencoba memanfaatkanmu, sementara yang lain mungkin mencoba meremehkanmu. Namun, jangan pernah lupa bahwa nilai yang telah ditanamkan dalam Ojou-sama sendiri tidak akan pernah berubah… Bukan hanya penampilan atau bakat saja. Seseorang yang akan mencintaimu apa adanya suatu hari nanti akan muncul di hadapanmu.”

Meskipun bukan ibunya, Koyuki adalah seseorang yang mengkhawatirkannya lebih dari siapa pun, mengkhawatirkan masa depannya, dan dengan lembut membimbingnya menuju jalan yang lebih cerah. Saat Koyuki mengucapkan kata-kata penuh perhatian itu, Mahiru merasakan sesak di dadanya. Meski begitu, Mahiru mengangguk pelan sebagai jawaban, sambil menundukkan kepalanya.

 

 

“Yah, bisa dibilang, itulah caraku untuk tidak jatuh cinta pada pria busuk mana pun.” Mahiru, yang matanya mengamati halaman-halaman yang tampak agak menguning dan memudar, menutup buku harian yang sedang dibacanya, membiarkan kesannya tumpah.

Pada akhirnya, semua yang diajarkan Koyuki-san kepadaku ternyata benar, dan kualitas idealku sebagai seorang pasangan juga tidak salah, pikir Mahiru. Dengan sebuah tepukan, suara udara yang didorong keluar dan halaman-halaman yang bertepuk tangan bergema, tapi Mahiru tidak terpengaruh saat dia menutup buku hariannya. Dia berdiri dan meletakkannya di atas meja di depannya sebelum duduk kembali.

Tanpa ragu-ragu, dia bersandar di kursinya dan menengadah seolah melihat ke belakang. Tatapannya bertemu dengan pandangan Amane, yang selama ini menjadi sofa daruratnya. Karena sudah terbiasa duduk di antara kedua kakinya, Mahiru, meski masih merasa sedikit malu, memilih posisi ini daripada duduk di sebelahnya, diam-diam senang karena posisi itu membuat mereka bisa semakin dekat. Namun, alis Amane sedikit berkerut.

Karena mereka duduk berdekatan beberapa saat yang lalu, Mahiru tidak percaya Amane punya masalah dengan posisi mereka saat ini, tapi ia tetap bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang salah. Saat dia menatap mata Amane, Amane bergumam, “Kenapa aku merasa seperti sedang diolok-olok di sini?” ekspresi sedih menutupi wajahnya.

Sekarang menyadari bahwa Ia telah salah memahami gumaman Mahiru sebelumnya, Mahiru buru-buru menggelengkan kepalanya dan menarik lengan Amane, yang tampak ragu-ragu untuk memeluknya lagi, lebih dekat ke tubuhnya sendiri. “Tidak, itu hanya kesalahpahaman. Saat aku membaca buku harianku, tiba-tiba aku teringat apa yang diajarkan Koyuki-san padaku tentang jangan pernah jatuh cinta dengan pria busuk.”

Sampai beberapa saat yang lalu, Mahiru membaca ulang buku hariannya sambil duduk di antara kedua kaki Amane. Amane, yang bisa dengan mudah membaca isinya dari sudut pandangnya, memilih untuk tidak mengintip demi menghormati privasinya. Namun, Mahiru masih membagikan cuplikan dari buku hariannya, mengenang berbagai kejadian sambil berkata, “Oh, hal seperti ini pernah terjadi, bukan?”

Saat mereka mengenang, tertawa bahagia bersama atas kenangan yang terekam, Mahiru dan Amane merenungkan kejadian masa lalu. Namun, Mahiru berpikir kalau Amane mungkin kesulitan bagaimana harus bereaksi terhadap cerita masa kecilnya, jadi dia membaca bagian-bagian buku hariannya dengan tenang untuk dirinya sendiri. Tampaknya hal ini menyebabkan Mahiru secara tidak sengaja bergumam pada dirinya sendiri, yang mana Amane secara keliru menganggapnya sebagai pukulan halus kepadanya.

“Oh, hanya itu saja?” kata Amane. “Sepertinya kamu tiba-tiba ingin mengatakan sesuatu, jadi…”

Aku minta maaf atas kesalahpahaman ini. Aku akhirnya mengatakannya dengan lantang saat aku mengenangnya…” jawab Mahiru.

Oh. Tidak apa-apa, jangan khawatir. Akulah yang sembarangan mengambil kesimpulan dan mendapat ide yang salah.”

“…Untuk lebih jelasnya, kamu jelas-jelas bukan pria busuk, Amane-kun.”

“Tetapi aku adalah tipe orang yang manja dan busuk,” candanya.

“Ya ampun.” Mahiru dengan ringan memarahinya sebagai tanggapan atas leluconnya yang menggoda. “Sejujurnya, akhir-akhir ini kamu terus membicarakan dirimu sendiri dengan lelucon yang mencela diri sendiri, Amane-kun.

“Masa? Amane menjawab dengan bingung.

"Memang. Bagaimana bisa ada orang yang melihatmu dan mengklaim kalau kamu punya sifat buruk, Amane-kun? Kamu itu orang cerdas, pria yang cakap, tulus, tulus, dan lembut. Kamu tidak hanya menemukan orang seperti itu setiap hari, tahu?”

“Apa kamu yakin tidak menyaring pandanganmu dengan warna bunga mawar? Apa kamu baik-baik saja?

Ya aku baik-baik saja. Aku tidak memakai hal seperti itu.

“Kalau begitu, kamu pasti melihatku melalui semacam filter.”

“Seperti yang sudah kubilang, tidak ada hal seperti itu. Ya ampun.”

Amane sepertinya tidak bisa menerima pujian yang jujur dan terus terang, yang membuat Mahiru sedikit bingung. Dia memahami perasaannya, jadi dia memutuskan untuk tidak memberikan pujian yang berlebihan. Amane sendiri mungkin percaya kalau perjalanannya masih panjang, tapi di mata Mahiru, sosok Amane yang sekarang sudah lebih dari cukup, bahkan sempurna dalam kemampuannya. Paling tidak, ia sekarang sangat terampil dalam berbagai tugas rumah tangga, cukup untuk membuat malu anak laki-laki lain seusianya.

Meskipun Mahiru sangat menghormatinya, tampaknya Amane sendiri masih belum sepenuhnya yakin akan nilai dirinya. Meskipun keinginannya untuk berkembang patut dipuji, Mahiru berharap dia juga bisa lebih memahami kekuatan dan kualitasnya sendiri. “Amane-kun, kamu sudah menjadi pria yang baik dan mandiri. Faktanya, kamu harus mengambil perubahan dengan santai dan membiarkan dirimu lebih dimanjakan, meskipun hanya untuk sehari. Itu akan memberiku kesempatan sempurna untuk lebih memanjakanmu.”

“Tolong jangan memanjakan orang yang mati-matian meminta untuk tidak dimanjakan. Aku malah ingin memanjakanmu, Mahiru.”

“Tetapi jika kamu melakukan itu, aku takkan berada dalam kondisi apa pun untuk menghadapi orang lain lagi…”

“Menurutku kita sudah melewati titik itu, kalau kamu bertanya padaku,” balas Amane sambil tersenyum, sambil melingkarkan tangannya di perut Mahiru, yang membuat Mahiru terdiam.

Mahiru saat ini sedang duduk di antara kedua kaki Amane, menggunakan tubuhnya sebagai sandaran, bersantai dengan nyaman. Itu adalah postur yang santai dan memanjakan, yang tidak terpikirkan untuk dilakukan di tempat umum karena keadaannya yang dimanjakan akan terlihat jelas. Bagi siapa pun yang melihatnya, sepertinya Mahiru sedang dimanjakan oleh Amane.

Amane, pada bagiannya, terlihat benar-benar senang dengan perilaku Mahiru yang penuh kasih sayang, rela membiarkan Mahiru melakukan apa yang diinginkannya dan bahkan mendorongnya untuk lebih memanjakan. Dia tampak menyambut baik situasi mereka saat ini, menikmati waktu bersama sepenuhnya.

“… Maksudku, jika kamu lebih memanjakanku,” Mahiru menambahkan dengan lemah lembut.

“Aku justru menyambutnya dengan tangan terbuka,” Amane mengakui. “Aku masih ingin menghormati dan memperlakukan satu sama lain secara setara, tapi di saat yang sama, aku juga hanya ingin terus memanjakan dan menyayangimu,” bisik Amane dengan sangat lembut, sambil mendekatkan bibirnya dan mencium bagian belakang kepala Mahiru.

Untuk sesaat, Mahiru bertanya-tanya, Siapa sih yang sudah mengubah Amane-kun menjadi seorang perayu terampil yang tanpa disadarinya? Tapi dia segera menepis pemikiran itu, menyadari bahwa mungkin dia, bersama dengan orang tuanya sendiri, adalah penyebab utama. Dia memutuskan untuk tidak memikirkannya lebih jauh.

Bahkan Mahiru sendiri, yang telah bersama Amane selama beberapa bulan, menyadari bahwa tindakannya telah membentuk sifat menyayanginya, jadi dia tidak bisa menyalahkan Amane sedikit pun. Terlebih lagi, dimanjakan dan dihujani cinta oleh Amane bukanlah hal yang tidak menyenangkan baginya. Jadi, meski mengerang malu, dia membiarkan Amane melakukan apa yang Ia inginkan.

Meski Amane menghujaninya dengan kasih sayang, sifat hati-hati dan pemalunya tetap tidak berubah. Perwujudan cintanya sangat lembut, sering kali hanya sebatas mencium rambut Mahiru dan memeluknya dengan lembut. Amane memegang prinsip untuk tidak pernah ingin melakukan apa pun yang mungkin membuat Mahiru tidak nyaman. Terlepas dari kata-katanya yang berani, dalam praktiknya, dirinya sering bertindak agak pendiam.

Namun, hari ini, Ia tampak berniat untuk melimpahi Mahiru dengan penuh kasih sayang. Ia memeluk Mahiru yang pendiam dan menolak melepaskannya.

“…Aku harus memberitahu Koyuki-san dalam waktu dekat,” renung Mahiru. Wajar jika dia ingin berbagi dengan orang yang paling mengkhawatirkannya tentang bagaimana dia menemukan seseorang yang dia cintai, bagaimana dia sekarang menjalin hubungan, dan betapa dia merasa dihargai dalam ikatan yang baru ditemukan ini.

“Tentang hubungan pacaran kita?” tanya Amane.

“Ya,” Mahiru menegaskan, “…bahwa aku telah menemukan pasangan idealku.”

“… 'Pasangan ideal'-mu? Aku?

“Meskipun pasangan idealku, tentu saja, adalah seseorang yang benar-benar mencintaiku… Aku selalu menginginkan seseorang yang juga bisa menghormati dan merawatku seperti gadis biasa—seseorang yang bersedia menerimaku apa adanya.”

Intinya, tipe ideal Mahiru adalah seseorang yang menghormati dan mencintainya apa adanya, dan Amane dengan sempurna mewujudkan harapannya tersebut. Mahiru bisa dengan yakin mengatakan bahwa tidak akan pernah ada orang lain yang menyayangi dan memahami dirinya, seseorang yang sangat mencintainya dan menghormati pilihannya seperti Amane. Baginya, keberadaannya adalah mercusuar pengertian dan terang dalam hidupnya.

“Yah, aku merasa terhormat telah memenuhi standarmu,” jawab Amane.

“Justru sebaliknya,” kata Mahiru. “Akulah yang terkejut karena bisa memenuhi standarmu, Amane-kun. Sejujurnya, aku pasti terlihat seperti segelintir orang sebelumnya.”

“Kamu tidak boleh merendahkan dirimu sendiri seperti itu, Mahiru.”

Tapi...”

Mahiru mengenali kekuatan dan bakatnya sendiri. Namun, dia masih yakin ada kekurangan signifikan dalam kepribadiannya. Di balik penampilan luarnya yang seperti gadis malaikat, dia memiliki pikiran yang tajam dan kritis, namun pada hakikatnya dia juga merasa kesepian dan gelisah. Dia merindukan kehadiran seseorang sekaligus menolak gagasan membiarkan siapa pun terlalu dekat. Itulah sifat sebenarnya dari Shiina Mahiru—sebuah mosaik kontradiksi.

Amane berhasil menembus pertahanan Mahiru, menjangkau anak yang ketakutan di dalam batinnya. Dia tidak merobohkan temboknya atau menyelinap melalui celah; sebaliknya, Ia langsung mengetuk pintu depan dan berbicara padanya dengan sungguh-sungguh dan terus terang, dengan sabar menunggu Mahiru mengulurkan tangannya padanya. Sifatnya yang tulus dan jujur adalah sesuatu yang berharga, meskipun Amane sendiri mungkin tidak sepenuhnya menyadari bahwa sifat yang dimilikinya itu sangat berharga.

Ia benar-benar tidak memahaminya, kan?

Beberapa orang mungkin menyebut Amane sebagai orang yang ragu-ragu atau kurang tegas, tergantung pada sudut pandang mereka. Namun, bagi Mahiru, sifat-sifat inilah yang membuat Amane luar biasa. Meski begitu, dia masih tidak bisa menyangkal bahwa ada kalanya kehati-hatian pria yang dicintainya terbukti sedikit merepotkan.

“Kurasa aku tidak akan pernah bertemu orang yang lebih hebat darimu, Mahiru,” kata Amane.

“Oh, apa kamu menerimaku?” Mahiru menggoda dengan ringan.

“Kamu tahu, bukan itu masalahnya,” Amane menjawab dengan sungguh-sungguh. “…Lagipula aku tidak sedang melihat orang lain selain kamu.”

Bahkan tanpa diberi tahu, Mahiru sadar betul kalau Amane hanya memperhatikannya, jadi dia tidak bisa menahan tawa. …Ya, aku tahu kok. Namun, Amane menganggap tawanya sebagai lelucon.

“Kenapa kamu malah tertawa? ia bertanya, membuat ekspresi sedikit cemberut.

“Oh, aku baru saja memikirkan betapa beruntungnya aku sebenarnya.” Pastinya, tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak merasa bahagia setelah merasakan cinta dari kekasihnya.

“…Mahiru, apa kamu…merasa bahagia sekarang?”

“Ya, aku sangat bahagia. Memangnya kamu tidak bisa mengetahuinya hanya dengan melihat wajahku?”

Mahiru tidak pernah menganggap dirinya sebagai malaikat. Jauh dari itu. Di matanya, dia hanyalah gadis yang mudah dimengerti—hanya gadis yang bernama Mahiru. Kegembiraannya, kemarahannya, dan kesedihannya semuanya peka terhadap kata-kata dan tindakannya, sama seperti gadis lainnya. Saat Mahiru menatap Amane dari dalam pelukannya, Ia melihat ekspresi santai di wajah Mahiru dan tersenyum lembut.

Ekspresi lega melembutkan wajahnya. …Benarkah? Syukurlah, kalau begitu,” bisiknya, suaranya dipenuhi dengan kegembiraan dan kepuasan yang tulus. Mendengar hal ini, pipi Mahiru memerah karena malu, dan dia secara naluriah menarik lengan Amane lebih dekat ke tubuhnya, memeluknya lebih erat lagi. Sebagai tanggapan, Amane menyesuaikan pelukannya, menjadikannya lebih lembut dan kencang secara bersamaan, membungkusnya dalam pelukan yang nyaman dan menentramkan.

Aku tidak akan pernah berhenti berusaha untuk membuatmu lebih bahagia dan bahagia. Jika kamu menyadari ada kekurangan atau kegagalan yang aku lakukan dengan benar, beri tahu aku.”

“Yah, menurutku caramu hanya memikirkanku dan bukan dirimu sendiri adalah sesuatu yang harus benar-benar mulai kamu perbaiki.”

Kelemahan Amane terletak pada kecenderungannya untuk mengabaikan dirinya sendiri demi Mahiru. Meskipun niatnya itu memang mulia, Mahiru tidak merasa bahagia jika diprioritaskan dibandingkan kesejahteraannya, dan Amane, karena keinginannya untuk menyenangkannya, terkadang mengabaikan fakta itu. Mahiru paham bahwa penting untuk menunjukkan dan menegur perilaku ini dengan lembut. Jika dibiarkan, hal ini bisa menimbulkan masalah yang merugikan keduanya dalam jangka panjang.

“A-Aku tidak bermaksud seperti itu… Bagiku, kebahagiaanmu adalah kebahagiaanku. Jika aku hanya melihat senyumanmu, maka itu sudah membuatku bahagia juga.”

“Kamu sungguh bodoh, Amane-kun.”

…Mengapa kamu malah mengatakan itu?

“Maksudku, kamu pasti sadar kalau aku juga merasakan hal yang sama, kan?” Mahiru menjelaskan, yakin kalau Amane yang tanggap akan mengerti. Bagaimanapun, mereka persis sama dalam hal itu.

Amane dengan cepat memahami maksud Mahiru dan, tampak kecewa, menurunkan alisnya dan meminta maaf dengan kalimat sederhana, “… Maaf, itu salahku.” Kejujurannya adalah aspek lain yang Mahiru hargai, dan dia tersenyum hangat padanya, merasakan kasih sayang yang mendalam pada sifat-sifat tulus ini.

“Selama kamu mengerti. Bukankah aku sudah memberitahumu ini sebelumnya, Amane-kun? Karena aku mencintaimu, melihatmu terlihat begitu bahagia membuatku merasakan kegembiraan yang sama… Jadi tolong, jangan hanya memprioritaskan aku. Kamu juga harus memprioritaskan dirimu sendiri, oke?”

Sama seperti kebahagiaan Amane yang dikaitkan dengan kebahagiaan Mahiru, kegembiraannya juga terhubung dengan kebahagiaan Amane. Melihat orang yang dicintainya menghabiskan hari-harinya tanpa penderitaan dan dengan senyuman selalu memberinya kebahagiaan terbesar, mengisi hatinya dengan kepuasan yang luar biasa. Karena mereka berdua mempunyai perasaan yang sama, Mahiru menganggap dirinya benar-benar beruntung. Dia yakin Amane merasakan hal yang sama.

“Dan tolong, izinkan aku membuatmu bahagia juga, Amane-kun. Kita seharusnya bahagia Bersama-sama, kan?”

Tidak cukup bagi Mahiru hanya merasa bahagia atau mencapai kebahagiaan sendirian. Hal terpenting adalah menemukan kebahagiaan bersama Amane.

Mereka takkan pernah benar-benar bahagia jika salah satu jenis kebahagiaan tersebut tidak ada. Itu hanya akan memicu awal dari kesengsaraan.

“…Ya,” jawab Amane, kata-katanya sedikit tercekat. Mahiru memperhatikan wajahnya yang perlahan berubah menjadi senyuman lembut dan sedikit kabur. Dari posisinya yang terletak di antara kedua kakinya, dia menggeser tubuhnya menghadap dia dan mengambil posisi tradisional, berlutut tegak. Dan begitu saja, seolah ingin menyegel kata-katanya dengan kata-katanya sendiri, Mahiru dengan lembut menempelkan bibirnya ke bibir Amane. Saat Mahiru melepaskan bibirnya dan menatap mata Amane dengan dekat namun penuh kasih sayang, Amane sempat menunjukkan ekspresi terkejut sebelum raut wajahnya berubah menjadi malu-malu, bibirnya mengerucut erat.

“…Apa itu membuatmu bahagia?” Mahiru bertanya, senyum jahat terlihat di wajahnya.

Tatapan mata Amane melembut seolah mengatakan bahwa Ia telah dikalahkan dengan senang hati, tatapannya tetap hangat dan dekat. “…Mungkin aku bisa melakukannya dengan sedikit lagi.”

Setelah itu, Amane juga memasang senyum nakal, melingkarkan lengannya di tubuh Mahiru dan menariknya mendekat, membenamkan wajahnya di lehernya. “Ihh dasar. Saat gerakan penuh kasih sayang ini menggelitik tubuh dan hatinya, Mahiru terkikik pelan dan berbicara dengan suara yang lebih penuh kasih sayang daripada memarahi, menerima ciuman Amane.

Aku harus menulis tentang betapa bahagianya aku sekarang, pikir Mahiru, sambil mempertimbangkan bagaimana menyimpulkan catatan hariannya untuk hari itu.

 

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama