Otonari no Tenshi-sama Jilid 8.5 Bab 11 Bahasa Indonesia

Bab 11 — Dirinya Yang Sangat Perhatian

 

Ini benar-benar yang terburuk.

Mahiru menggumamkan pemikiran ini dalam benaknya, berhati-hati untuk tidak mengatakannya dengan keras. Dia merasa tidak enak badan sejak dia bangun, dan saat dia tiba di sekolah, dia menyadari bahwa kondisinya ini cukup parah. Kepalanya terasa berat, seolah-olah terbebani oleh batu bata, dan pikirannya lebih lesu dari biasanya. Bergerak ke sana kemari hanya memperparah kepalanya yang berat, seolah-olah ditabrak benda tumpul, dan kadang-kadang, perut bagian bawahnya terasa nyeri seolah-olah ada puluhan jarum terus menerus ditusukkan ke dalamnya. Terlebih lagi, tubuhnya terasa sangat hangat, dan rasa lelah terus-menerus menyelimutinya.

Mahiru telah menerima fenomena ini sebagai bagian yang tak terhindarkan dari terlahir sebagai seorang wanita, namun gangguan pada keseimbangan hormonnya sangat menyebalkan. Meskipun dia merasa sedikit tidak stabil secara emosional, dia mampu menekannya, menenangkan emosinya yang bergejolak dengan alasan dan sesekali mengeluarkan helaan napas yang lembut.

Entah itu kabar baik atau buruk, kondisi Mahiru relatif ringan dibandingkan dengan cerita horor yang dia dengar dari wanita lain. Asalkan dia meminum obat, dia bisa beraktivitas tanpa masalah besar. Namun jika kondisinya semakin parah, dia mungkin harus mengunjungi rumah sakit. Meski begitu, hal ini tidak sepenuhnya tidak tertahankan untuk kehidupan sehari-hari dan tetap berada dalam wilayah ketidaknyamanan yang besar. Meski dia menyesali jenis kelaminnya di saat-saat seperti ini, Mahiru menyadari bahwa itu bukanlah sesuatu yang bisa dia pilih.

Sepulang sekolah, setelah minum obat dan berusaha menyembunyikan ketidaknyamanannya, dia langsung pulang ke rumah tanpa jalan memutar. Dia telah menghabiskan waktunya dengan tenang dan damai di rumah Amane, mencari hiburan mental...tapi setelah beberapa saat, ketika Amane kembali ke rumah dengan tas belanja di tangan, Ia menatapnya dengan saksama.

“Kamu pulang lebih awal hari ini,” katanya.

Ya. Aku minta maaf karena menyerahkan belanjaan hari ini kepadamu, Amane-kun.

“Jangan khawatir tentang itu,” Amane menenangkan. “Sepertinya kamu pulang lebih awal, dilihat dari keadaannya, jadi aku jadi sedikit penasaran.”

Amane benar—hari ini, dia bergegas pulang ke rumah. Meskipun merasa tidak sehat secara fisik, dia ingin menghabiskan waktunya dengan tenang, jauh dari orang-orang. Dia telah meminum satu dosis obat lagi sebelum Amane kembali untuk meringankan rasa sakitnya, tapi obat itu tidak sepenuhnya efektif atau bekerja dengan cepat. Rasa sakit yang tumpul dan kelelahan yang berkepanjangan melanda tubuhnya, terus menyiksa Mahiru dari dalam.

“Kupikir rasanya akan menyenangkan untuk bersantai di rumah hari ini,” jawab Mahiru. Sambil tersenyum sambil meletakkan tangannya di perutnya untuk menutupi sakit perutnya, dia menyadari Amane sedang menatapnya dengan penuh perhatian sekali lagi. Tatapannya sepertinya mencari, mencari sesuatu tentang dirinya.

Apa ada masalah?

“Tidak, bukan apa-apa,” jawabnya, tampak tenggelam dalam pikirannya, lalu menyibukkan diri dengan menyimpan bahan makanan di dalam kulkas.

Merasa lega dengan reaksi Amane, Mahiru dengan hampa mengamati Amane saat Ia dengan terampil menyimpan bahan-bahannya, dan merilekskan postur tubuhnya saat duduk di sofa. Setelah Amane selesai dan memanggil Mahiru dari balik meja, dia menegakkan posisinya.

Aku akan merebus air. Mau minum sesuatu?”

Hah? Oh ya, tolong.” Mahiru mengangguk tanpa banyak memikirkan usulan mendadak Amane. Amane, yang sepertinya tidak menyadari keadaannya yang sedang terganggu, menatapnya dengan tatapan yang lebih lembut dari biasanya.

“Apa kamu keberatan jika aku mencoba membuatkannya untukmu sendiri?” ia kemudian bertanya.

“Oh, apa kamu menawarkan untuk membuatkanku salah satu minuman buatanmu, Amane-kun?”

Iya. Aku akan menyiapkannya untukmu sekarang, oke?”

Bersyukur atas tawaran Amane untuk menyiapkan minuman hangat, Mahiru menyerahkan segalanya padanya tanpa khawatir. Dalam pandangannya, meskipun Amane hanya menyajikan air panas untuknya, itu saja sudah cukup. Mahiru cukup mendinginkannya dan menikmatinya perlahan. Karena tidak berminat untuk memaksakan diri, dia memutuskan untuk mempercayakan tugas itu sepenuhnya kepada Amane dan bersandar di sofa, tanpa sadar mendengarkan peluit ketel yang mendidih. Sebelum dia menyadarinya, Amane telah kembali ke ruang tamu.

Ia memegang satu cangkir di tangannya.

Hah? Begitu pikiran itu terlintas di benak Mahiru, Amane meletakkan cangkir di tangannya dan berkata, “Ini dia.” Cangkirnya, didesain dengan struktur dua lapis untuk mencegah kehilangan panas, tidak panas saat disentuh. Di dalamnya, berisi cairan berwarna kuning muda. Beberapa bahan berserat sepertinya juga tercampur di dalamnya, tapi karena dia tidak terlalu memperhatikan apa yang sedang dibuat Amane, dia tidak bisa mengidentifikasi isinya.

Saat Mahiru memiringkan cangkirnya sedikit, cairan, yang tampaknya berada di sisi yang kental, mengalir sedikit. Mungkin itu telah diaduk sebelumnya, karena serat-serat di dalamnya berputar-putar dan menari-nari seperti pakaian yang berjatuhan di mesin cuci, membentuk spiral dalam pusaran.

Ini apaan?

Minuman madu bercampur jahe. Bagus untuk tubuh dan akan membantumu tetap hangat,” kata Amane sambil dengan lembut meletakkan selimut yang disampirkan di kursi di atas bahu Mahiru. Dirinya kemudian meletakkan tas misterius di pangkuan Mahiru, membuatnya benar-benar bingung. Kehangatan lembut dari cangkir di tangannya terasa menenangkan, dan sekarang tambahan panas dan beban di pangkuannya membuatnya menatap Amane dengan bingung, yang tetap mempertahankan ekspresi tenang.

“Letakkan ini di perutmu,” usulnya.

Menyadari tas misterius itu sebenarnya adalah botol air panas, Mahiru hampir mengeluarkan suara. Berat dan suara yang dihasilkan ketika dia sedikit memiringkannya memastikan bahwa itu berisi air panas. Ketika Amane berkata, Aku akan merebus air,” ia pasti mengacu pada botol air panas, bukan membuat minuman untuk dirinya sendiri, karena Mahiru melihat tidak ada minuman yang disiapkan untuknya di dapur. Sepertinya Amane merebus air hanya untuk minuman dan botol air panasnya.

Setelah duduk agak jauh darinya, Amane tidak memasang ekspresi serius di wajahnya, melainkan ekspresi datar dengan sedikit kekhawatiran.

“Cobalah untuk membuat dirimu nyaman. Apa kamu lebih suka berbaring setelah selesai minum?”

“A-Aku baik-baik saja. Kondisiku tidak separah itu.”

“Kalau begitu, kurasa kamu akan baik-baik saja seperti ini untuk saat ini. Beri tahu aku jika itu terlalu sulit untuk ditanggung.”

Menyadari bahwa keadaan dirinya sudah benar-benar ketahuan, Mahiru memperhatikan Amane dengan santai mengungkapkan bahwa Ia menyadari kalau Mahiru merasa tidak enak badan, sambil memainkan remote AC untuk menyesuaikan suhu.

“Um, ba-bagaimana kamu bisa mengetahuinya, Amane-kun?” dia bertanya.

“…Kamu kelihatannya tidak enak badan, dan tanganmu berada di perutmu. Jika hal ini terjadi secara teratur, kamu mulai memperhatikan polanya, jika itu masuk akal.”

Amane tampak agak menyesal saat Ia menjelaskan dirinya dengan canggung. Mahiru-lah yang merasa kasihan karena membuatnya khawatir setelah Ia menyadari ada sesuatu yang salah, tapi Amane tampaknya merasa terganggu oleh hal lain.

“M-Maaf kalau aku sudah membuatmu jijik,” Amane mulai meminta maaf.

“Apa yang membuatmu mengatakan itu?” Mahiru balik bertanya.

“Yah, eh, kamu tahu, mungkin itu akan membuatmu merasa tidak nyaman jika seorang pria mengetahui atau mencoba menunjukkan pertimbangan untuk hal semacam itu.”

Mahiru memahami maksud dibalik perkataan Amane. Memang ada beberapa orang tidak menyukai pertimbangan yang tidak diinginkan atau hanya memilih masalah mereka tidak diperhatikan. Meskipun Mahiru cukup terkejut saat mengetahui bahwa Amane menyadarinya, dirinya tidak merasa jijik, dan malah bisa melihat bagaimana Amane menemukan jawabannya. Mereka berdua telah menghabiskan banyak waktu—terutama setelah dia jatuh cinta padanya—sehingga Mahiru sering tinggal di rumahnya sepulang sekolah. Rasanya tidak berlebihan jika dikatakan kalau Mahiru hampir selalu ada di rumah Amane, kecuali saat mandi atau tidur.

Mengingat banyaknya waktu yang mereka habiskan bersama, tidak aneh kalau Amane menyadari ketidaknyamanan yang biasa dia alami. Meskipun Mahiru bisa bersimpati dengan kekhawatiran Amane tentang kemungkinan sikapnya yang mengganggu, lebih dari itu, dia merasa tenang ketika mengetahui bahwa Amane begitu memperhatikannya.

“…Aku takkan suka jika ada orang asing yang mengetahuinya, tapi kita sudah menghabiskan banyak waktu bersama, Amane-kun. Aku tidak keberatan jika itu kamu. Selain itu, ini salahku karena tidak sengaja menunjukkannya di wajahku.”

“Oh, jadi kamu berusaha untuk tidak memperlihatkannya.”

“Rasa sakit ini adalah masalah bulanan—sungguh, ini sesuatu yang tidak bisa dihindari. Itu hanya akan menimbulkan kekhawatiran jika aku memperlihatkannya di wajahku.”

Mahiru telah menerima bahwa keadaan yang dideritanya tidak dapat dihindari dan tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Dia sudah terbiasa dengan rasa sakitnya, jadi dia berusaha untuk tidak membiarkannya terlihat dalam ekspresi atau gerak tubuhnya ketika ada orang lain di sekitarnya. Namun, sepertinya semua usahanya sia-sia karena Amane berhasil mengetahui keadaan asli dirinya.

Meskipun Mahiru tidak ingin membuatnya khawatir, perasaannya jadi campur aduk—juga senang karena dia peduli dan peduli padanya. Melihat Amane di sebelahnya, yang sedang menatapnya dengan ekspresi serius, Mahiru merasakan kontradiksi emosi ini.

“Merawat seseorang yang sakit adalah hal yang wajar untuk dilakukan,” jawab Amane. “Ibuku sendiri yang mengalami hal yang sangat buruk, jadi aku sudah mendengar banyak hal tentang hal itu… Jelas sekali bahwa aku akan melakukan apa pun yang aku bisa untuk membantumu.”

Sifat Amane yang penuh perhatian dan didikan luar biasa yang diberikan orangtuanya terlihat jelas di saat-saat seperti ini. Selama setengah tahun terakhir ini, hal tersebut menjadi semakin jelas bagi Mahiru. Meskipun kadang-kadang ia berbicara blak-blakan, Amane adalah orang yang jujur, mudah beradaptasi, dan sangat peka terhadap orang-orang di sekitarnya. Ia mempunyai kemampuan untuk menawarkan bantuan dengan cara yang tidak membuat orang lain tidak nyaman. Rasa hormatnya terhadap orang lain datang secara alami seperti bernapas, dan Ia selalu memperhatikan dan menghargai Mahiru dengan cara yang sama.

Kurangnya rasa percaya diri dan kurangnya perhatian terhadap kebutuhan diri sendiri merupakan kelemahannya, namun semua hal itu tampak sepadan dengan kelebihannya. Kelemahan ini telah membaik akhir-akhir ini, dan Mahiru merasa terdorong untuk mendukungnya ketika ia mengalami kekurangan. Baginya, Amane adalah orang yang luar biasa.

“Itu sangat menggambarkan dirimu, Amane-kun.”

“Itu adalah hal yang normal untuk dilakukan… Jika aku sakit, bukannya kamu juga akan memastikan aku beristirahat di tempat tidur?”

"Ya, mungkin…

“Tuh, ‘kan? ujar Amane sembari membusungkan dadanya dengan penuh percaya diri, membuat Mahiru tertawa. Namun, rasa sakit yang tiba-tiba di perutnya menyebabkan dia tegang sebentar. Amane menangkap perubahan kecil tersebut, dan matanya langsung mencerminkan campuran antara kekhawatiran dan kesedihan.

“Um, kalau kamu keadaanmu benar-benar separah itu, mungkin sebaiknya kamu pulang dan istirahat dengan tenang. Tapi, itu tergantung bagaimana perasaanmu… Ada orang yang menganggap orang lain mengganggu saat mereka sakit, dan ada pula yang merasa rentan. Itu sebabnya mungkin yang terbaik bagimu adalah memutuskan apa kamu ingin tinggal di sini atau kembali ke rumah,” Amane menjelaskan, kata-katanya keluar dengan nada bergumam dan bingung.

Mahiru menutup mulutnya dengan tangan, terkekeh ketika mendengar jawabannya. Dia mendapati dirinya bingung dengan Amane, yang selalu begitu bijaksana, dan dengan lembut menawarkan saran demi kepentingan terbaiknya.

“…Saat ini, aku ingin tetap bersama denganmu,” katanya, merasa bahwa sekarang, dia bisa dengan tulus mengandalkan kehadirannya.

Awalnya, Mahiru seharusnya segera pergi agar tidak merepotkan. Jika ini terjadi ketika mereka baru saja mulai berinteraksi, dia pasti akan menemukan alasan apapun untuk pulang. Namun, sekarang, Mahiru merasa cukup nyaman untuk bergantung pada Amane. Sekali lagi, Mahiru dengan tajam merasakan bagaimana Amane telah menyentuh bagian lembut dalam dirinya, membawa kehangatan yang menenangkan, anehnya, membuat jantungnya berdebar.

“…Meski rasanya tidak terlalu parah, tapi aku hanya merasa tidak nyaman saja saat aku bergerak sedikit.”

“Baiklah. Kalau begitu, aku akan mengurus makan malam hari ini.”

“…Kamu mau memasak makan malam, Amane-kun?”

“Serahkan saja padaku. Berkat memiliki guru yang luar biasa, aku mampu membuat beberapa hidangan sendiri.”

“Hehe, jangan lupa kalau guru ini punya murid yang luar biasa juga.”

“Itu semua berkat caramu mengajar, Mahiru. Kamu benar-benar pandai dalam hal itu,” puji Amane.

Meski sebenarnya hal itu sebagian besar disebabkan oleh pembelajarannya yang cepat. Pada awalnya, ia kesulitan memasak, sering kali membakar sayuran tumis atau memasak telur dadar terlalu lama. Namun begitu Mahiru menunjukkan kepadanya caranya dan menjelaskan teori di balik setiap langkah, Amane dengan cepat menyerap pelajarannya. Amane, yang pandai belajar, menyamakan memasak dengan kimia, dan pemahamannya tentang prosedur memasak meningkat pesat.

Meskipun keterampilannya masih agak kasar, dirinya sekarang dapat menyiapkan hidangan sendiri dan mengasah keterampilannya dengan membantu setiap hari. Oleh karena itu, Mahiru tidak terlalu khawatir jika dia memasak.

“Ada sesuatu yang ingin kamu makan?”

“…Aku tidak memiliki nafsu makan yang kuat, jadi sesuatu yang hangat dan ringan di perut akan menjadi pilihan yang bagus.”

“Oke. Aku akan mencoba membuat sesuatu dengan bahan yang ada di dalam kulkas.”

“Kamu telah menempuh perjalanan yang jauh,” kata Mahiru.

“Bahkan aku bisa mempelajari satu atau dua hal, lho.”

Hehe. Percakapan ringan saja sepertinya sudah meringankan kelelahan tubuhnya. Upaya Amane yang sengaja untuk terdengar sedikit lebih ceria tampaknya merupakan upaya untuk mengalihkan perhatiannya dari rasa sakitnya. Tampaknya, hal itu berhasil, karena terlibat dalam percakapan membuatnya merasa lebih nyaman.

“…Apa kamu sudah minum obat?”

“Ya, sudah.”

Baiklah. Apa ada hal lain yang kamu ingin aku lakukan?”

Karena Ia memintanya dengan sangat ramah, Mahiru merasa kalau dia bisa terus dimanja selamanya, yang membuatnya sedikit ragu. Tapi kemudian Amane berbisik padanya seperti iblis yang menggoda, “Kamu boleh bersandar padaku sebanyak yang kamu mau,” membuat Mahiru mengerang kecil dan kemudian melirik ke arahnya.

“Aku memang ingin tidur siang, ya. Tapi, aku…um, tidak ingin pulang.”

Menggunakan tempat tidur Amane bukanlah ide terbaik, jadi Mahiru ingin tidur siang sebentar di sofa. Amane berkedip, tampak terkejut. Dia mengira Amane akan keberatan dengan gagasan kalau Mahiru tidur di rumahnya—sebagai seorang pria dan seorang wanita—tapi, sejujurnya, dia sudah tertidur di tempat Amane beberapa kali sebelumnya. Selain itu, Mahiru percaya bahwa Amane takkan melakukan sesuatu yang tidak pantas kepada seseorang yang sedang tidak sehat.

Mahiru menatapnya dengan pandangan ragu-ragu.

Bagaimana jika ia menolaknya?

Sebaliknya, Amane menunjukkan senyuman gelisah namun geli, lebih karena malu daripada tidak setuju. Telapak tangannya yang besar kemudian dengan lembut digerakkan untuk bertumpu pada kepalanya.

“Tentu saja. Luangkan waktumu dan istirahatlah—aku akan selalu di sini.”

…Oke. Menutup matanya perlahan, Mahiru bersandar pada lengan Amane yang ada di sampingnya. Dia bisa merasakan tubuh Amane yang tersentak tiba-tiba, tapi dia tidak berniat menjauh.

Ia bilang kalau ia akan tetap di sisiku.

Dengan pemikiran itu, Mahiru mengira kedekatan sebanyak ini diperbolehkan. Kehangatan yang menyebar dengan lembut dari tempat mereka bersentuhan sungguh menenangkan. Ketika memalingkan wajahnya sedikit ke arah Amane, dia disambut oleh aroma familiar dan menyegarkan yang mengingatkan pada mint, bercampur dengan aroma lembut sabun dari pelembut kainnya. Aroma lembut dan menenangkan ini membuat pipinya rileks, dan Mahiru melepaskan kesadarannya saat dia menikmati kehangatan yang membahagiakan.

 

 

Ketika terbangun dari mimpi indahnya, Mahiru perlahan mengangkat kelopak matanya yang berat, hanya untuk mendapati pandangannya dipenuhi warna abu-abu. Pikirannya, lebih lambat dari biasanya, secara bertahap menelusuri kembali apa yang telah dia lakukan sebelumnya, dan terlambat menyadari bahwa dia telah tidur siang. Masih dalam kondisi lesu, dia mengangkat kepalanya.

Apa ini?

Kilatan obsidian muncul di pandangannya, dan bisikan lembut segera menyusul. Pagi.

Karena terkejut, Mahiru terdiam sejenak karena tidak mampu memahami situasinya. Lalu, pemilik suara itu, Amane, melanjutkan dengan nada tenang seolah membangunkannya, “Apa tidurmu nyenyak?”

“…Selamat…pagi,” Mahiru akhirnya berhasil menjawab, nada suaranya secara tidak sengaja meninggi saat dia mengingat detail penting bahwa dirinya tertidur sambil bersandar pada Amane.

Memang, rasanya masuk akal kalau dia merasa hangat dan nyaman luar biasa, tidur sambil merasakan panas tubuh Amane. Meskipun fisiknya sedikit kaku, secara mengejutkan dia merasa segar dan puas secara mental.

“Uhhh, izinkan aku mengatakan ini dulu. Kamu sendiri yang melakukan ini saat kamu sedang tidur, dan… rasanya bukan hal yang benar untuk dilakukan, jadi aku tidak melepaskanmu.”

'Ini'…? Mahiru bertanya, memiringkan kepalanya dengan bingung saat dia memeriksa apa yang dimaksud Amane, dan kemudian membenamkan wajahnya lagi ke pelukan Amane.

Ketika dia mengikuti garis pandang Amane, Mahiru melihat kalau dirinya dengan kuat menggenggam tangan Amane, menjalin jari-jari mereka seolah menolak untuk melepaskannya, menyelipkan tangannya di antara jari-jari kasar Amane. Dihadapkan pada kenyataan bahwa dia tidak hanya bersandar padanya tetapi juga memegang tangannya, Mahiru hampir mengerang, nyaris tidak bisa menahannya.

Amane pasti tidak bisa bergerak bebas. Selain bersandar, dia juga telah dengan sempurna merampas kebebasannya untuk menggerakkan salah satu tangannya. Amane pasti sangat terganggu dengan hal ini.

“Ak-Aku minta maaf. Aku pasti mengganggu.”

“Tidak, bukan itu masalahnya… Tetap saja, kamu pasti merasa sedikit tidak nyaman mencoba tidur seperti itu. Sudah terlambat untuk mengatakannya sekarang, tapi tidur sambil duduk pasti terasa tidak nyaman.”

“T-Tidak, aku malah tidur nyenyak!” Mahiru berseru, mencoba menjabat tangannya untuk menyangkal, hanya untuk menyadari bahwa tangannya masih saling terkait. Dia dengan cepat mengendurkan cengkeramannya, dan Amane, yang terhibur dengan reaksi paniknya, dengan lembut melepaskan jari-jari mereka dengan gerakan hati-hati, sambil terkekeh pelan.

Sambil menahan suara yang dipenuhi rasa kehilangan, Mahiru tahu dia tidak bisa bersandar padanya selamanya. Dia mengubah posisi dirinya untuk duduk dengan benar di sofa dan menatap Amane, yang juga telah menyesuaikan diri dengan cara yang sama. Amane sepertinya menyadari bahwa kondisinya telah membaik setelah tidur siang, dan menatap mata Mahiru dengan lega.

“Apa efek obatnya sudah mulai mempan?”

“Ya, sudah. Tubuhku terasa jauh lebih baik sekarang. Aku minta maaf atas masalah ini.”

Seperti yang dia katakan, Mahiru percaya bahwa dialah yang menanggung beban berat. Pertama, dia telah membuat Amane khawatir, dan kedua, tindakannya pada dasarnya telah membatasi pergerakan Amane, kemungkinan besar menyebabkan waktu yang agak membosankan baginya saat Ia terpaku di sofa. Selain itu, dengan bersandar padanya, dia telah menaruh sebagian besar bebannya padanya, sehingga membuatnya lelah.

Meski merasa sangat menyesal, Amane menunjukkan ekspresi yang sama seperti yang selalu Ia tunjukkan. Faktanya, Amane sepertinya tidak mengerti kenapa Mahiru meminta maaf, mengedipkan mata hitamnya beberapa kali karena bingung.

Mengapa? Kamu tidak membuatku kesulitan sama sekali. Faktanya, aku senang melihatmu bergantung padaku.”

“…Tolong jangan coba-coba memanjakanku seperti itu.”

Lihat siapa yang berbicara. Kamulah yang selalu berusaha memanjakanku,” balas Amane. “Biarkan aku membalas budi padamu,” tambahnya sambil dengan main-main mengelus pipi Mahiru, yang menyebabkan dia menyipitkan mata karena sensasi geli.

“Ini dan itu adalah masalah yang berbeda,” jawab Mahiru sambil bercanda.

Hah? Jadi kamu mau bermain tidak adil sekarang?”

Mahiru terkekeh sebagai jawabannya. “Bagaimanapun juga, aku adalah wanita yang licik.”

Merasa cemas kalau kekhawatirannya yang berlebihan akan membuatnya gelisah, Mahiru tetap pada pendiriannya, menunjukkan rasa terima kasihnya pada Amane yang baik hati dan sopan. Amane tampak tidak puas dengan hal ini, membuatnya terkikik sekali lagi. Mungkin berkat tidur siangnya yang ringan, tawa, atau efek obatnya, tubuhnya kini terasa jauh lebih ringan meski sebelumnya agak kaku.

Ketika melirik sekilas pada jam dinding, sepertinya dia baru tidur kurang dari satu jam. Pada saat ini, mereka biasanya sudah selesai menyiapkan makan malam, membuatnya sadar bahwa dia telah merepotkan Amane lagi. Saat Mahiru memikirkan hal ini, dia mencoba untuk berdiri dan berkata, “Aku perlu menyiapkan makan malam…” Namun, dia mendapati dirinya tidak mampu melakukannya. Bukan karena tubuhnya terasa berat, tapi Amane secara fisik menahannya.

Lebih tepatnya, Amane dengan lembut tapi kuat memegangi tangannya, cengkeramannya yang lembut namun mendesak dengan jelas menyampaikan niatnya untuk tidak membiarkannya berdiri.

Kamu mendingan duduk saja,” katanya.

Hah? Tapi aku merasa lebih baik sekarang…

“Tetap saja, kamu masih belum pulih sepenuhnya, bukan? Kamu masih terlihat sedikit lebih lesu karena kelelahan. Selain itu, aku sudah berjanji untuk memasak, ingat? Biarkan aku menepati janjiku.”

Meski Amane sudah mengatakan kalau dirinya akan mengurus semuanya, Mahiru ingin membantah bahwa keadaannya sudah cukup pulih untuk bisa bergerak dengan normal. Namun, satu tatapan mata Amane mengatakan padanya bahwa ia tidak mau mengalah. Ini adalah sesuatu yang Mahiru mulai pahami tentang Amane sejak mereka semakin dekat: meski Amane biasanya mudah menyerah, begitu Ia memutuskan sesuatu, tidak ada yang bisa meyakinkannya untuk tidak menindaklanjutinya. Kapan pun hal ini terjadi, mencoba melawan tidak ada artinya—Ia tidak akan menyerah sampai Mahiru menyerah. Dan karena sifat keras kepala Amane biasanya demi orang lain, Mahiru merasa sulit untuk menolak niatnya dengan tegas.

Sekarang giliran Mahiru yang terlihat tidak senang dan memberinya tatapan mencela. Namun Amane hanya terkekeh, matanya yang penuh tekad menunjukkan penolakannya untuk mundur.

“Jangan mulai cemberut begitu… Berhentilah selalu mencoba menyelesaikan masalah sendiri. Kamu harus sesekali mengandalkanku.

…Oke.

Bagus. Sekarang, duduk dan bersantai saja—bayangkan kamu berada di perahu menunggu makananmu,” canda Amane. “…Ini mungkin tidak cocok dengan perasaan kapal pesiar mewahmu, tapi tetap saja.”

“Ya ampun.” Mahiru mau tidak mau tertawa mendengar lelucon Amane yang mencela dirinya sendiri, yang jelas-jelas memang disengaja.

Amane balas tersenyum dan dengan penuh kasih sayang mengelus kepala Mahiru. Mengetahui isyarat ini dimaksudkan untuk meyakinkannya, Mahiru diam-diam menerimanya dengan gembira. dia meyakini kalau ini adalah sesuatu yang istimewa yang Amane lakukan hanya untuknya.

“… Mungkin butuh waktu cukup lama, jadi kamu bisa tidur lebih lama kalau kamu mau,” sarannya.

“Tidak, aku baik-baik saja jika seperti ini. Aku akan mengawasi upaya beranimu dari sini.

“Kamu terlalu khawatiran. Dengan senyum geli di wajahnya, Amane menuju dapur.

Mahiru memperhatikannya pergi, dipenuhi dengan perasaan bahagia dan tenteram. Dia tidak mengatakan itu karena khawatir. Dia benar-benar diliputi kegembiraan dan rasa syukur melihat Amane berupaya demi dirinya. Dia ingin menyaksikan setiap momen tindakan kepeduliannya, meskipun Amane sendiri mungkin tidak menyadarinya.

Melihat Amane mengenakan celemek sederhananya terasa sangat disayanginya. Mengamatinya seolah-olah Ia adalah keluarga, menuruti pemikirannya yang mementingkan diri sendiri dan mungkin khayalan, Mahiru dengan penuh perhatian memperhatikan saat Amane mulai meraba-raba bahan masakannya.

 

 

Sekitar satu jam kemudian, hidangan kukus dengan aroma harum berjejer di depan Mahiru. Meski jarak antara sofa dan meja makan cukup dekat, Amane menemaninya dengan sangat hati-hati. Mahiru sering berkedip karena kagum pada makanan yang telah disiapkannya.

Dia sudah menduga sesuatu seperti bubur berdasarkan permintaannya akan makanan hangat dan ringan, tapi dia justru dibuat terkejut melihat bahwa, meskipun nasi masih tetap digunakan, masakannya memiliki gaya kuliner yang berbeda.

Hidangan yang disajikan di piringnya adalah risotto berwarna krem, konsistensinya menunjukkan kekayaannya. Dari aroma dan penampilannya, kemungkinan besar itu adalah risotto krim. Bukan hanya nasi, tapi juga ditambahkan jamur dan bayam, memberikan aksen warna coklat kecokelatan dan hijau.

“Ini adalah risotto yang dibuat dengan susu kedelai. Ngomong-ngomong, aku mencoba membuatnya dengan nasi mentah. Aku juga menggunakan beberapa jamur dan bayam dari freezer, tapi apa kamu tidak keberatan dengan itu?” Amane menjelaskan, menunjukkan pertumbuhannya.

Terkejut dengan penjelasan Amane, Mahiru terdiam sejenak karena terkejut. Amane menyadari hal ini dan menambahkan, “Sudah kubilang aku akan membuatnya dengan benar, tau.” Mahiru tidak meragukannya dalam hal itu, tapi dia masih tidak menyangka kalau Amane akan menyajikan hidangan seperti ini, menyebabkan dia terkejut untuk sementara waktu.

“Ya, menggunakan bahan-bahan itu tidak masalah. Kelihatannya memang enak sekali,” jawab Mahiru.

“Syukurlah. Aku khawatir kamu tidak akan menyukainya.”

“Masa? Kamu sudah tahu kalau aku bukan orang yang pilih-pilih makanan, Amane-kun.”

“Yah, ya, aku tahu itu, tapi menurutku mungkin kamu sedang tidak mood untuk itu atau semacamnya.

“Aku tidak akan mengeluh setelah mengajukan permintaan yang tidak jelas dan menyerahkan segalanya padamu…”

Mahiru hanya tersentuh oleh perhatian dan semangat Amane, tapi Ia sebenarnya telah pergi dan menyiapkannya untuknya. Terlebih lagi, Mahiru telah menyaksikan perjalanannya dari hampir tidak bisa memasak hingga kini memamerkan hasil kerja kerasnya. Bagaimana mungkin dia bisa mengeluh?

“Tetap saja, aku terkejut kamu memutuskan untuk membuat risotto.”

“Itu karena kamu sepertinya tidak kekurangan nafsu makan. Aku mencari beberapa resep secara online, dan itulah yang kuputuskan. Daripada menggunakan consommé, aku menambahkan kecap putih, dan sedikit miso agar rasanya lebih enak. Aku sudah mencicipinya sendiri, dan kurasa hasilnya tidak terlalu buruk…

“Kamu bahkan telah memahami seni membuat penyesuaian sendiri…”

“Mendapat kesan seperti itu membuatku merasa sedikit canggung,” Amane mengakui. “Aku bisa melakukannya jika aku mencobanya, oke.”

Melihat reaksi Mahiru yang tertegun, Amane mendekat dengan sendok di tangannya, terlihat sedikit bingung. Mahiru tersenyum dan berterima kasih padanya saat dia menerima sendok itu, lalu mengalihkan perhatiannya kembali ke risotto yang baru dibuat.

“Bolehkah aku memakannya sekarang?”


Ya. Silakan,” jawab Amane sambil memperhatikannya dengan tatapan sedikit gugup. Sambil tersenyum meyakinkan padanya, Mahiru menggumamkan pelan, “Terima kasih untuk makanannya,” dan menyendok beberapa risotto dengan sendoknya. Mengetahui itu masih panas, dia meniupnya dengan lembut untuk mendinginkannya sebelum mencicipinya.

Risotto memiliki tekstur yang kaya, dengan nasi yang dimasak dengan kekencangan sempurna, menawarkan rasa unik di mulut. Rasanya lebih ringan dari kelihatannya, kemungkinan karena terbuat dari beras mentah, dengan kekentalan terkontrol yang memungkinkannya menyebar dengan nyaman di mulutnya. Aroma mentega dan kehalusan susu kedelai langsung terlihat, sedangkan kecap putihnya secara halus namun kuat memperkuat rasa, menciptakan rasa yang lembut dan ramah.

Miso yang disebutkan Amane pasti berkontribusi pada kekayaan hidangan yang halus namun mendalam. Kehadirannya tidak terlalu kuat, memberikan kedalaman rasa tanpa menguasainya—bahan rahasia sebenarnya. Jamur yang dicincang halus berpadu sempurna dengan risotto, meningkatkan rasa umami secara keseluruhan dan menciptakan rasa yang nyaman, gurih, dan menentramkan.

…Bagaimana menurutmu? Amane bertanya dengan sedikit ragu.

“Rasanya enak,” jawab Mahiru.

“Bukannya kamu cuma mencoba menyanjungku?”

“Jangan berasumsi begitu saja, ya ampun.”

Faktanya, dia tidak terdiam memikirkan tanggapan yang sopan tapi tidak tulus, melainkan karena dia benar-benar terkesan dengan kelezatan hidangannya.

Lagipula tidak perlu ada sanjungan di antara kita. Mahiru diam-diam menyampaikan pesan ini dengan tatapannya, yang ditanggapi Amane dengan ekspresi sedikit penyesalan.

Rasanya enak sekali,” desak Mahiru. “Aku tahu kalau kamu membuatnya dengan sangat hati-hati. Rasanya lembut yang menonjolkan rasa bahan-bahannya.”

Senang mendengarnya. Aku akan memakannya juga.” Tampaknya malu dengan pujian tulus dari Mahiru, Amane mulai memakan porsi risotto miliknya sendiri. Ia sudah mencicipinya saat memasak, jadi reaksinya tidak sedramatis Mahiru, tapi Ia tampak menikmatinya, matanya menyipit puas. “Ini memang enak, tapi perjalananku masih panjang dibandingkan denganmu, Mahiru.”

“Mengapa kamu harus membandingkannya dengan milikku? Aku bingung. Dari sudut pandangku, dibutuhkan bakat yang cukup besar untuk bisa mengejar sepuluh tahun pengalaman memasakku dengan begitu cepat.”

“Kalau begitu, hal itu selalu mustahil bagiku.”

Meskipun kemajuannya pesat, keterampilan, pengalaman, dan pengetahuan memasak Amane masih jauh dari level Mahiru. Meskipun dia pernah berpikir bahwa dia akan merasa gelisah jika Amane berhasil menyusulnya, dia kemudian menyadari bahwa memasak bersama akan tetap memberinya kegembiraan yang sama, membuatnya merasa sedikit malu atas keinginan egoisnya agar Amane tetap bergantung padanya.

“Kamu bilang begitu, tapi makananmu sebenarnya enak,” Mahiru mulai menjelaskan. “…Hidangan ini memiliki rasa yang sangat hangat—mungkin menenangkan? Bagiku, rasanya kebaikanmu adalah salah satu bahannya.”

“Menurutku kebaikan tidak bisa memengaruhi rasanya…” jawab Amane.

“Rasa suatu masakan bisa sangat dipengaruhi oleh pikiran seseorang. Mengetahui bahwa kamu menaruh hati dan jiwamu untuk membuatnya bisa meningkatkan rasanya.”

Memasak tidak hanya ditentukan oleh keterampilan. Meskipun cita rasa suatu hidangan jelas dipengaruhi oleh kemampuan si juru masak, pikiran dan emosi si juru masak juga berpotensi membentuk makanan yang mereka siapkan.

Mengetahui upaya dan perhatian yang diberikan koki pada hidangannya membuat masakannya semakin lezat bagi Mahiru.

“…Lagipula, kamu menjadi juru masak yang lebih baik, Amane-kun. Nasinya dimasak dengan sempurna, dan rasanya seimbang.”

Aku merasa terhormat menerima pujianmu.”

“…Kamu sedang menggodaku sekarang, bukan?”

“Tidak, saya tidak bermaksud seperti itu,” ia menjelaskan. “… Sejujurnya, aku berterima kasih padamu.”

“Akulah yang seharusnya bersyukur, ya ampun.”

Mahiru merasa sangat menghargai kesadaran Amane akan kesehatannya yang buruk, kepeduliannya, membiarkannya bergantung padanya, dan bahkan memasak untuknya. Karena kebaikan dan perhatiannya, Mahiru bisa membiarkan dirinya bergantung padanya. Dia merasa sangat diperhatikan sehingga dia tidak bisa meminta lebih, dipenuhi rasa syukur.

Amane sendiri mungkin tidak sepenuhnya menyadarinya, tapi kemampuannya untuk bersikap baik kepada orang lain—suatu sifat yang tampak alami tetapi sulit didapat—adalah salah satu kekuatan terbesarnya. Mahiru menatapnya, menyadari kalau Amane masih ragu dengan kata-katanya, dan bergumam, Itu sangat menggambarkan sifatmu, sebelum melanjutkan memakan risotto-nya.

 

 

Setelah mereka berdua selesai makan dan meluangkan waktu sejenak untuk bersantai, Mahiru menatap Amane, yang baru saja akan mulai beres-beres.

“Lain kali…aku akan pastikan untuk tidak menjadi beban seperti itu,” dia mengungkitnya.

Bantuan Amane-kun membuat segalanya lebih mudah kali ini, tapi menurutku tidak adil kalau dia bersusah payah memasak untuk kami berdua.

…Atau begitulah pikirnya, tapi respon bingung Amane membuatnya lengah. Mengapa? dia mendengarnya berkata, matanya membelalak mendengar ucapan itu.

Hah? Apa maksudmu, 'Mengapa'? Memangnya itu tidak merepotkanmu?

“Tidak, mengapa malah dianggap begitu?” Amane menjawab, terlihat polos dan bingung. Namun, kata-katanya selanjutnya sangat bisa diandalkan. “Jika ada, aku harap kamu bisa lebih mengandalkanku. Jika kamu merasa tidak enak badan dan masih memaksakan diri, kamu hanya akan memperburuk keadaan. Itu sebabnya aku akan jauh lebih bahagia jika kamu beristirahat saja.”

“T-Tapi tetap saja…”

“Lagipula, itu sama sekali bukan beban bagiku. Amane kemudian tampak sedikit tidak puas ketika Ia bertanya, “Memangnya aku tidak bisa diandalkan?”

Mendengar ini, Mahiru mengarahkan pandangannya ke bawah, tidak mampu menatap matanya. “…Jika kamu mengatakan hal seperti itu, aku mungkin akan mulai terlalu mengandalkanmu.”

“Kamu bisa mengandalkanku semaumu. Lihat, Kamu bahkan bisa memulainya sekarang juga. Duduk saja sementara aku membereskan piringnya, oke? Serahkan sisanya padaku.”

“…Oke,” Mahiru menjawab dengan lemah lembut.

Amane, yang tidak menganggap Mahiru sebagai pembuat masalah sama sekali, tersenyum dan berkata, “Bagus. Itulah yang ingin aku dengar.” ia dengan lembut menepuk kepalanya, mendorongnya untuk menatapnya dengan tatapan kosong.

Aku mencintainya.

Ia adalah pria yang baik hati, perhatian, dan pekerja keras. Ia adalah seseorang yang selalu bisa Mahiru andalkan. Cara Amane mendorong Mahiru untuk bergantung padanya, mengetahui kalau dia mungkin enggan melakukannya, adalah sebuah isyarat pengertian dan kepedulian yang mendalam. Jelas sekali bahwa Amane telah sepenuhnya memahami sifat kemandiriannya dan berbicara berdasarkan pemahaman itu.

Seseorang seperti Amane-kun mungkin adalah suami yang ideal, mau tak mau Mahiru jadi membayangkan itu, berpikir bahwa Ia akan menjadi suami yang ideal—baik hati, bijaksana, dan selalu berusaha. Tenggelam dalam pikirannya, Mahiru terus menatap senyum dewasa Amane dengan kagum sampai Ia mengangkat alisnya karena penasaran.

“…Apa kamu mungkin merasa tidak enak badan lagi? Apa kamu ingin pulang dan istirahat?” tanya Amane, prihatin dengan ekspresi bingung Mahiru. Ia sepertinya mendapat kesan bahwa kondisinya semakin memburuk.

Mahiru, menyadari bahwa dia secara tidak sengaja telah membuatnya khawatir, dengan cepat menggelengkan kepalanya. “T-Tidak, bukan itu! Hanya saja, um…maukah kamu berjanji untuk tidak tertawa?”

“Kenapa memangnya?

“…Aku berpikir kalau kamu akan menjadi suami yang baik, Amane-kun,” akunya, merasa malu dengan ucapannya yang tidak sesuai dengan karakternya. Namun Amane, tidak bereaksi negatif. Sebaliknya, ia tampak terkejut dan sedikit malu.

Ak-Aku tidak bermaksud apa-apa, oke!? Itu hanya terlintas di benakku karena kamu begitu peduli, mengambil inisiatif, dan menjagaku…” Mahiru buru-buru menjelaskan, menyadari perasaannya terlalu kentara.

Dia sangat sadar bahwa dia tidak mampu menekan perasaannya, berbicara secara impulsif tanpa sepenuhnya mempertimbangkan kata-katanya. Kesadaran bahwa emosinya tidak stabil seperti biasanya sungguh mengejutkan. Saat rona merah mulai muncul di pipinya, Mahiru mencoba menyembunyikan rasa panas yang mengalir ke wajahnya, tetapi tidak berpengaruh. Berada di bawah tatapan Amane sepertinya hanya menambah bahan bakar ke dalam api, membuat perasaan senang dan malunya semakin membara.

“Uuu…” Karena tidak dapat menahan kecanggungannya, dia mengeluarkan erangan menyedihkan—salah satu dari tiga suara paling menyedihkan yang pernah dia buat—dan menundukkan kepalanya. Sebaliknya, Amane pun tampak terlihat bingung.

“A-Aku senang kamu berpikir begitu…t-tapi aku hanya melakukan sesuatu yang akan dilakukan orang lain, oke? Ayo, kamu harus benar-benar pergi dan istirahat,” ucap Amane, kata-katanya keluar terlalu cepat, hampir tersandung, saat ia dengan cepat mengumpulkan piring ke atas nampan dan buru-buru mundur ke dapur.

Ditinggal sendirian, Mahiru tetap di sana, tubuhnya meringkuk, tidak mampu mengangkat kepalanya. Rasa sakit fisik yang dia rasakan telah hilang, digantikan oleh rasa hangat yang tak kunjung reda, dan butuh waktu lama baginya untuk mendapatkan kembali kendali atas panas yang membara di dalam dirinya.

 

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama