Tanin wo Yosetsukenai Chapter 103 Bahasa Indonesia

Chapter 103 — Perubahan Kecil pada Ibu Enami

 

Tanpa kusadari, aku mulai mengingat kenangan dari masa lalu.

Mungkin karena aku sedang makan siang. Kotak makan siang dua tingkatku sendiri dipenuhi dengan lauk berwarna-warni. Karena aku memasak untuk Sayaka dan ayahku, aku tidak menggunakan terlalu banyak makanan beku, dan kebanyakan dibuat oleh tanganku sendiri. Sekitar setengah dari lauk yang kubawa merupakan sisa dari makan malam, tetapi setengahnya lagi dibuat di pagi hari.

Kalau boleh pamer sih, keterampilanku menjadi jauh lebih baik dalam memasak. Tidak ada satu hari pun yang aku lewatkan untuk tidak memasak. Keterampilanku yang sekarang benar-benar berbeda dibandingkan dengan empat tahun lalu.

Misalnya saja, tamagoyaki yang ada di kotak makan siangku. Pertama kali aku mencoba untuk membuatnya, bentuknya hilang saat aku coba menggulungnya dan menyerupai telur dadar. Bumbu dan bentuknya telah berkembang hingga bisa dijual.

Burdock rebus di sebelahnya. Aku dulu tidak bisa menggunakan pisau dengan baik, jadi semua potongannya memiliki ukuran yang berbeda, tapi sekarang ukurannya sama.

Aku suka makan siangku. Aku percaya diri dengan masakanku dan aku menyesuaikan bumbu sesuai dengan seleraku, jadi rasanya sangat enak untuk dimakan. Ketika aku mencoba hidangan baru, aku bersemangat untuk melihat apa rasanya masih enak ketika sudah dingin.

“……”

Suasananya begitu hening. Aku dan dua orang yang ada di depanku diam-diam menyantap makan siang kami.

Aku tidak sedang memakan siang bersama duo Saito dan Shindo yang biasa, akan tetapi dengan Enami-san dan Nishikawa untuk beberapa alasan. Suasana di antara kami menjadi canggung. Aku bertanya-tanya mengapa aku berada dalam situasi ini sejak awal.

Aku mencoba mengingat masa lalu untuk melarikan diri dari kenyataan, tapi tetap saja, aku tidak bisa menghilangkan fakta yang terjadi di hadapanku. Kami sedang makan di sudut kantin. Secara alami, aku menarik banyak perhatian. Keberadaan Nishikawa dan Enami-san saja sudah sangat menonjol, tapi ada orang ketiga misterius yang duduk di sana. Sudah ada gosip yang beredar kalau aku berpacaran dari salah satu dari mereka, jadi sekarang pasti ada lebih banyak gosip dengan cerita yang lebih panjang di baliknya.

Nishikawa, yang tampaknya sudah tidak tahan lagi dengan suasana keheningan ini, membuka mulutnya.

“Pelajaran sastra modern tadi benar-benar bikin ngantuk, iya ‘kan? Aku mencoba mendengarkan dengan serius, tapi kelopak mataku menutup dengan sendirinya. Sensei bahkan tidak terlalu memperhatikan kita. ”

“Betul sekali.”

“Saat aku terlelap sebentar, bulu mata palsuku lepas lho. Bahkan orang-orang di sekitarku, yang bisa aku dengar hanyalah suara orang lain yang sedang tidur.”

“Aku juga sempat tertidur sebentar.”

Itu hanyalah percakapan yang sepele. Faktanya, mata Nishikawa terlihat sedikit merah.

“Tetapi kemudian aku menyadari kalau sekarang sudah hampir bulan Desember. …Dan kemudian ujian akhir semester! Ahh, waktu terasa berlalu begitu cepat. ”

“Lebih buruk lagi, ujian masuk akan berjalan lancar dalam setahun.”

“Aku tidak ingin memikirkannya!”

Saat kami berbicara, Enami-san tidak mengikuti pembicaraan kami. Dia diam-diam memakan roti yang dia beli. Dia sepertinya tidak makan banyak, hanya roti lapis dan roti salad.

Dia sepertinya tidak dalam suasana hati yang buruk. Dia hanya tidak ingin berbicara saja.

“Nishikawa, apa kamu sudah memutuskan perguruan tinggi mana yang ingin kamu masuki?”

Aku tidak tahu apa yang dia rencanakan, tapi sampai Enami-san siap untuk berbicara, aku memutuskan untuk mengobrol dengan Nishikawa.

“Masih belum sama sekali~. Aku cuma berpikir untuk menikmati masa-masa sekarang! Kalau Naocchi?”

“Aku akan pergi ke Universitas Tohashi…”

“Oh itu benar. Kamu harus bekerja keras kalau begitu.”

Untuk sementara, percakapan berlanjut antara Nishikawa dan aku. Akhirnya, Enami-san menghabiskan rotinya dan berbicara denganku.

“Hei.”

Nishikawa dan aku menoleh ke arah Enami-san yang menyela pembicaraan.

“Aku ingin menanyakan sesuatu padamu.”

…Awalnya, situasi ini terjadi atas permintaan Enami-san.

Segera setelah waktu makan siang tiba, Nishikawa datang mendekatiku untuk berbicara denganku. Enami-san ingin menanyakan sesuatu padaku. Itu sebabnya kami bertiga pindah ke area kantin dan makan bersama.

Dia terdiam cukup lama, mungkin karena sedang berpikir dan menyusun kata-kata yang tepat.

“Apa?”

“...Apa kamu membicarakan sesuatu dengan Ibu?”

Jadi itulah yang ingin dia tanyakan. Aku penasaran apakah membicarakannya saat Nishikawa dan Enami-san pergi telah menyebabkan perubahan pada Ibu Enami. Aku tidak berpikir kalau dia akan mengetahuinya.

“Kenapa kamu bertanya begitu?”

“Ibuku berbicara padaku tentangmu. Dia bilang kamu anak yang baik.”

“Cuma itu saja?”

“Ya, cuma itu saja.”

“Eh?”

“Itulah hal paling aneh yang pernah kudengar selama bertahun-tahun. Aku tidak tahu sudah berapa lama sejak kami berbicara tentang orang lain. ”

Hal-hal yang ibu Enami tidak pedulikan. Kurasa hal tersebut telah diterapkan ke semua orang lain sampai sekarang.

“Jadi pada akhirnya, apa yang kamu lakukan?”

Aku tidak yakin bagaimana harus menjawabnya. Kalau bisa, aku tidak ingin Enami-san mengetahuinya. Karena aku tahu kalau dia tidak suka kalau aku menyelidiki situasinya seperti ini.

Tapi itu bukan sesuatu yang bisa aku sembunyikan terus. Jadi, aku memutuskan untuk menyerah.

Aku menceritakan semuanya padanya. Bahwa aku pikir masalahnya takkan terpecahkan jika aku tidak berbicara. Aku lalu menceritakan kalau aku hanya bertanya mengapa dia tidur di sana.

Ekspresi Enami-san tidak banyak berubah.

“Hmm. Apa kamu mendengar sesuatu dari ibu?”

“Tidak juga …”

“Jadi begitu”

“Jika kamu penasaran, aku tidak mencoba untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi  ... Maaf karena aku tidak memberitahumu dulu, tapi itu bukan karena niat jahat atau apa ...”

“Aku tahu.”

Aku tidak tahu mengapa dia begitu mempercayaiku.

“Kecuali kamu menanyakan sesuatu padanya secara mendalam, tidak apa-apa. Apa Ibu memberimu masalah?”

“Tidak, tidak ada yang seperti itu. Kami hanya melakukan percakapan yang normal dan tenang.”

Ada kalanya dia berhenti seakan-akan sakelar dalam batinnya menyala, tapi pada akhirnya, semuanya berjalan lancar.

Aku dapat memahami kalau Ibu Enami pasti memiliki beban yang dipikul di dalam hatinya.

 

 

Sebelumnya || Daftar isi || Selanjutnya


close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama