Roshidere Jilid 8 Bab 9 Bahasa Indonesia

Chapter 9 — Anugerah

 

“Baiklah~, kuenya sudah selesai~.”

Sudah sekitar satu setengah jam sejak pesta dimulai. Setelah makanan di meja sudah dibersihkan, Mikhail, yang dipimpin oleh Akemi, membawa kue dari dapur.

Ngomong-ngomong, Alisa tidak pernah kembali ke meja sejak saat itu. Masachika, bersama Maria, terus berbicara tanpa henti dengan Akemi dan Mikhail sepanjang waktu, dan sekarang mereka sudah cukup dekat sampai-sampai mereka bisa bercanda satu sama lain dengan normal.

“Tidak, bukannya itu kue yang hanya bisa dilihat di Amerika atau di prasmanan!”

Oleh karena itu, Masachika tak segan-segan mengolok-olok kue persegi yang dibawakan Mikhail, yang tampaknya berukuran sekitar 30 sentimeter di setiap sisinya. Para cowok di ruang tatami memandang Masachika dengan hormat.

(Kuze, ia benar-benar hebat sekali, ia sampai bisa akrab dengan ayah yang seperti itu ...)

(Masachika, keren banget~)

(Kamu benar-benar bisa bergaul dengan siapa pun...itu sungguh menakjubkan)

Sementara ketiga cowok itu berpikir begitu, Akemi tersenyum sambil menyalakan lilin.

“Lebih baik menyajikan lebih daripada kekurangan, bukan?”

“Yah, apa iya begitu?”

“Baiklah~ ayo Alya-chan, datanglah ke sini~”

Mikhail menyalakan enam belas lilin, dan Maria mematikan lampu di ruangan. Kemudian, semua orang, kecuali Alisa, berkumpul mengelilingi sekitar meja dan mulai bertepuk tangan sambil bernyanyi bersama Akemi yang memegangi ponselnya.

Happy birthday, Alya~ happy birthday, Alya~ happy birthday~, Alya~♪ happy birthday, Alya~.”

Begitu lagu selesai dinyanyikan, bersamaan dengan tepuk tangan yang meriah, suara ucapan selamat membanjiri. Sambil merasakan semuanya, Alisa menghembuskan napas pelan-pelan dan memadamkan lilin... Kuenya terlalu besar sehingga tidak bisa dipadamkan hanya dengan sekali tiup, jadi dengan dua tiup tambahan, semua lilin akhirnya padam. Ketika bunyi tepuk tangan semakin meriah, lampu kembali menyala, dan dalam kilatan cahaya yang tiba-tiba, Masachika mengedipkan mata beberapa kali sebelum menatap Alisa... Pemandangan Alisa yang berlinang air mata membuatnya terkejut.

“Arara~ Alya-chan, apa kamu merasa terharu?”

Sambil menahan air matanya dengan tisu yang ditawarkan Ibunya, Alisa berbicara dengan suara sesenggukan sembari berlinang air mata.

“Maaf... tapi, ketika aku memikirkan begitu banyak orang yang merayakan ulang tahunku... aku merasa begitu bahagia.”

Sambil mengatakan hal tersebut, Alisa menutupi wajahnya dengan kedua tangannya. Mendengar kata-kata itu, hati Masachika menegang saat ia mengingat suara Alisa yang didengarnya di luar kelas pada hari festival olahraga.

(Begitu ya... syukurlah untukmu, Alya)

Dari lubuk hatinya yang paling dalam, dirinya merasa begitu. Di tempat di mana Masachika menatapnya dengan lembut, Akemi dan Maria memeluk Alisa yang sedang menunduk dari kedua sisi.

Sementara para cowok merasa sedikit malu dengan adegan emosional yang tiba-tiba...untuk beberapa alasan, Chisaki mendadak ikut bergabung di sana.

“Oh, kalau begitu~ ayo kita ikut bergabung juga. Ayo, Ayano-chan dan Sayaka-chan juga.”

Sambil mengatakan itu, Chisaki memeluk Maria dan Alisa bersama-sama, dan Ayano dengan takut-takut juga mendekatinya, sambil malu-malu menepuk punggung Alisa. Selanjutnya, Sayaka dan Nonoa berjalan ke arah mereka, dan begitu Takeshi mengambil langkah maju sembari menoleh kesana-kemari dan bertanya-tanya, “Hah? Jika mengikuti aru, maka maksudnya seperti itu, ‘kan?”

“Yang anak cowok jangan ikutan!!”

“Maafkan aku!”

Ruang tamu dipenuhi dengan gelak tawa setelah mendengar ancaman Chisaki dan permintaan maaf Takeshi, yang langsung menimpali begitu saja.

Alisa yang tadinya sedang menunduk pun ikut tersenyum mendengar hal tersebut, dan dia mengangkat wajahnya dengan mata yang sedikit memerah. Akemi dan Maria yang tersenyum mencium kedua pipi Alisa dari kedua sisi, membuat Alisa menggembungkan pipinya malu-malu. Meskipun Masachika menatap pemandangan itu dengan perasaan yang hangat...

“Baiklah, kalau begitu, bagaimana kalau kita memberikan hadiahnya juga sambil kamu memotong kuenya~”

Suara yang diucapkan Maria membuat suasana mendadak jadi tegang.

Tidak hanya Masachika yang merasakannya, “Siapa yang duluan?” “Hadiah apa yang diberikan?” pertanyaan-pertanyaan semacam itu membuat pandangan gugup saling bertemu di sana-sini. Di tengah keramaian itu, Maria keluar sebentar dari ruang tamu dan membawa kotak berbentuk persegi yang dibungkus dengan kertas dan pita.

“Ini hadiah dariku~, selamat ulang tahun, Alya-chan~”

“Terima kasih...”

“Ayo buka, ayo buka~”

Alisa membuka bungkusnya sesuai dengan desakan Maria, dan dari dalam kotak tersebut terdapat syal berwarna pink.

“Bagaimana? Lucu banget, ‘kan~?”

“Iya, terima kasih.”

“Baiklah, aku akan memasangkannya untukmu~”

“Tidak, kita akan makan kue nanti—”

Tidak menghiraukan teguran tenang Alisa, Maria melilitkan syal di leher Alisa. Dan pada saat yang sama Maria dan Akemi bersorak kegirangan, dan Alisa dengan wajah sedikit aneh, namun akhirnya pasrah mengangkat bahunya.

“Kalau begitu, ini dari ayah dan ibu.”

Setelah berkata demikian, para tamu dengan cepat bertukar kontak mata ketika Alisa membuka hadiah yang diberikan oleh Akemi. Dan dengan begitu, tanpa disadari, urutan memberikan hadiah adalah Masachika, Ayano, ketua dan wakil ketua OSIS, serta anggota band telah ditentukan.

(Seriusan? Aku jadi yang pertama?)

Meskipun Masachika sudah agak menduga hal itu, tapi ternyata ia memang yang pertama kali memberikan hadiah. Sementara diperhatikan oleh anggota lain, Masachika menghampiri Alisa sambil membawa tasnya.

“Selamat ulang tahun, Alya.”

“Terima kasih, Masachika-kun.”

Alisa meletakkan dompet yang diberikan oleh orang tuanya dan menatap ke arah Masachika. Sambil merasa tegang oleh pandangan itu, Masachika memberikan kantong belanja kepada Alisa.

“Ini, hadiah dariku... kudapan buatan sendiri.”

“Eh, buatan sendiri?”

Seiring dengan Alisa yang terkejut dengan mata membelalak, terdengar suara kagum dari orang-orang di sekitarnya seperti “Oh~” dan “Eh, luar biasa”. Namun, Masachika merasa sedikit canggung dan tanpa sengaja mengambil tindakan pencegahan.

“Maaf ya, biasanya aku tidak membuat kudapan jadi kupikir rasanya tidak masalah tapi mungkin bentuknya agak jelek...”

“Tidak masalah sama sekali, tapi...”

Sambil mengatakan itu, Alisa membuka kantong kertas dan mengeluarkan sebuah bungkusan plastik dari dalamnya. Di situlah, Masachika dengan malu-malu menggaruk pipinya sambil berkata.

“Baumkuchen…. buatan sendiri.”

““““Bagaimana kamu bisa membuatnya??””””

“Aku hanya bekerja keras untuk membuatnya.”

“““Memangnya itu sesuatu yang bisa kamu lakukan dengan segenap usahamu saja?””””

Tanda tanya memenuhi kepala semua orang yang melihat kudapan kue buatan sendiri yang tidak dapat diprediksi oleh siapa pun. Ngomong-ngomong, sejujurnya Masachika membuatnya di wajan persegi yang digunakan untuk menggoreng telur. Anehnya, hal itu ternyata tidak terlalu sulit.

“Te-Terima kasih...aku akan menikmatinya nanti.”

Alisa sepertinya berpikir “Aku sudah tidak paham lagi” sebelum merasa senang, dan memasukkan Baumkuchen ke dalam kantong kertas dengan binary di matanya. Setelah menyaksikan hal itu, Masachika pergi dengan perasaan puas. Masachika merasa orang-orang di sekitarnya memandangnya dan berkata, ‘Kamu memberikan sesuatu yang sangat aneh bagi orang yang mendapat giliran pertama,’ tetapi Masachika tidak peduli, karena dirinya telah menyelesaikan tugasnya untuk saat ini.

(Sebenarnya, aku masih mempersiapkan hadiah lain...)

Sementara Masachika memikirkan hal itu sambil melirik tasnya sendiri, Ayano menuju ke samping Alisa.

“Baiklah...selanjutnya, ini hadiah dari saya dan ini hadiah yang saya terima dari Yuki-sama. Selamat ulang tahun, Alisa-san.”

“Terima kasih.”

Hadiah dari Yuki adalah sebuah pelindung untuk layar smartphone Alisa, seperti yang telah dia sampaikan kepada Masachika. Dan hadiah dari Ayano adalah....

“Buku?”

“Ya, itu buku favorit saya.”

“Terima kasih...jadi ini buku kumpulan cerita pendek, ya. Aku akan membacanya nanti.”

(Begitu rupanya, hadiah buku! Tak disangka ada cara yang seperti itu juga!)

Saat Masachika berlutut di dalam hati di depan hadiah Ayano, Touya angkat bicara.

“Oh, kebetulan sekali. Hadiahku juga buku.”

Setelah berkata demikian, Touya menghadiahkan Alisa sebuah buku yang  berjudul….[Dua Puluh Cara Menggerakkan Hati Orang Lain].

(Apa ia menggunakannya dalam pemilu, atau ia menggunakannya untuk merayu Sarashina-senpai...Entah mengapa, aku bisa membayangkan latar belakang di baliknya.)

Dan selanjutnya, Chisaki memberikan sesuatu kepada Alisa.

“...Jimat?”

Tas kain putih yang ditutup dengan tali emas. Bentuknya sendiri seperti jimat biasa, tapi Alisa memiringkan kepalanya karena... tidak ada apapun yang tertulis di permukaan tas tersebut.

“Ya, jimat ajaibku.”

“Terima kasih…banyak. Jimat macam apa ini?”

“Oh, jimat segala macam hal?”

“Segala macam hal…?”

“Ya, mungkin dia bisa menggantikan badanmu setidaknya sekali.”

“Apaan maksudnya??”

“Oh, jangan sekali-kali membuka isi jimatnya, ya? Nanti dia akan keluar.”

“Apanya yang keluar??”

Alisa tampak bingung bagaimana harus bereaksi di depan jimat yang membawa efek suara aneh yang tidak masuk akal. Namun, Chisaki segera mundur karena merasa sangat puas, sehingga dia tidak bisa ditanyai apa pun lagi. Dan ketika itu terjadi, empat orang yang mengikuti berada dalam masalah.

"Apa yang akan kita lakukan selanjutnya!?”

“Eh, aku sih enggak mau kalau setelah ini.”

“Begitu ya. Jadi, kalian tidak keberatan menjadi penutup, begitu?”

Dalam sekejap, penahanan melalui kontak mata dilakukan... tapi Nonoa melangkah maju dengan mengabaikan mereka sepenuhnya.

“Selamat ulang tahun~ ini dia hadiahnya.”

“Terima kasih.”

“Cermin rias kecil. Alissa biasanya tidak menggunakan makeup, tapi tidak ada salahnya untuk memilikinya, ‘kan?”

“Iya. aku biasanya merapikan rambut, jadi aku akan menggunakannya. Terima kasih.”

“Kalau begitu, sekarang giliranku.”

Saat Takeshi dan Hikaru membuat wajah terkejut, Sayaka kemudian menghampiri Alisa.

“Aku tadinya bingung mau memilih hadiah apa, tapi... topi ini adalah hadiah dariku.”

“Oh, lucunya.”

Dari dalam bungkusannya keluar topi beret hitam. Alisa segera memakainya sambil melihat dirinya di cermin yang diberikan oleh Nonoa.

“Itu sangat cocok untukmu.”

“Terima kasih, Sayaka-san.”

Alisa tersenyum, dan Sayaka juga ikutan tersenyum. Di tengah pemandangan yang begitu indah... ada dua pria yang tertinggal.

 (Ah, kasian sekali~.)

Setelah hadiah yang menarik dari kedua gadis itu, Masachika memberikan penghormatan di dalam hatinya kepada dua sahabatnya yang menjadi penutup. Kemudian, Takeshi dan Hikaru, secara berurutan, menyerahkan hadiah mereka. .... Hadiah dari Takeshi adalah sepaket ochazuke yang agak mahal. Sedangkan hadiah dari Hikaru adalah pulpen modis... Saat Masachika melihat pulpen yang diberikan oleh Hikaru, bagian atas bodi pulpen itu... ternyata adalah hiasan herbarium.

 (Wah, tadi itu hampir saja! Terima kasih, Yuki!)

Nyaris saja menjadi bahan tertawaan di tempat yang salah, Masachika memberikan rasa terima kasih kepada adiknya yang tidak hadir di sana.

 

◇◇◇◇

 

Setelah sesi memberi hadiah sudah selesai, semua orang memakan irisan kue ulang tahun dengan perasaan lega. Kemudian, secara tidak terduga, terdengar suara gemuruh kecil dari luar.

Hampir semua orang menoleh ke sumber arah suara, dan tiba-tiba terlihat kembang api meletup jauh di sana.

“Oh, ada kembang api~. Apa jangan-jangan mereka sedang merayakan ulang tahun Alya-chan kali, ya~?”

“Tidak mungkin lah.”

Alisa segera menanggapi ucapan Akemi yang tidak jelas apakah dia serius atau bercanda, dan menjelaskan kepada tamu-tamu di tempat tersebut.

“Di sekitar sana sepertinya ada tempat pernikahan, jadi kadang-kadang kita bisa melihat pertunjukkan kembang api.”

Penjelasan yang sangat realistis dari Alisa membuat semua orang memahaminya. Namun, tanpa peduli dengan kebenaran yang begitu biasa itu, Akemi menuangkan minuman ke semua gelas dan mengangkat gelasnya ke arah Alisa.

“Baiklah, sekarang sambil ditemani pertunjukkan kembang api di langit, aku akan mengucapkannya sekali lagi, Alya-chan! Selamat ulang tahun~~!”

“Kenapa sih.”

Alisa dengan malu-malu mengerucutkan bibirnya dengan cemberut, tapi Maria dan yang lainnya ikut mengikuti semangat Akemi. Melihat banyak gelas diangkat, Alisa juga mengangkat gelasnya sambil sedikit mengangkat bahunya.

“Selamat~!”

“Selamat ulang tahun!”

“Terima kasih...”

Alisa dengan malu-malu mengucapkan terima kasih sekali lagi atas ucapan selamat yang terus mengalir dari keluarga dan teman-temannya. Kemudian, Maria mengarahkan kamera ponselnya ke arah Alisa.

“Oke, Alya-chan, katakan 'cheese'!”

“Sudahlah, nggak usah...”

“Kenapa~? Foto untuk hari istimewa kan boleh sebanyak-banyaknya~”

“Tadi ‘kan sudah difoto.”

Sambil menutup wajahnya dengan kedua tangan, Alisa menolak dengan malu-malu. Tetapi Akemi terus ikut campur, dan Alisa berlari menuju balkon untuk menghindari ibu dan kakaknya yang terus-menerus mengarahkan kamera ke arahnya.

“Alya-chan, kamu mau kemana~?”

“Kembang api.”

Setelah memberitahu dengan singkat, Alisa membuka jendela, mengenakan sandalnya, dan keluar ke balkon. Maria dengan cepat melihat telinga Alisa yang memerah dan tersenyum lembut.

“Alya-chan, dia lucu sekali.”

“Fufu, dia pasti merasa malu karena belum pernah dirayakan oleh teman-teman sebanyak ini~"

Setelah mengatakan hal tersebut dengan sukacita yang tulus, Akemi tersenyum lembut kepada semua orang di sana.

"Sekali lagi, terima kasih kepada semuanya untuk hari ini. Meskipun dia agak keras kepala, tolong jaga baik-baik Alisa ke depannya, ya?”

“Terima… kasih banyak.”

Saat Akemi menundukkan kepalanya perlahan, Mikhail juga sedikit menundukkan kepalanya.

Mereka semua menanggapi ucapan terima kasih yang tidak terduga dari orang tua teman mereka dengan senyuman merendah. Di tengah-tengah semua ini, Masachika melihat ke luar jendela ke arah belakang kepala Alisa, yang sedang menonton kembang api, dan tiba-tiba berpikir sesuatu.

(Loh? bukannya ini bisa menjadi kesempatanku?)

Dengan berpikir demikian, Masachika memastikan bahwa tamu-tamu lain terpaku oleh Akemi dan Mikhail, lalu mengambil barang bawaannya dan diam-diam meninggalkan tempat duduknya. Ia kemudian bergerak dengan santai di sepanjang dinding sehingga tidak ada yang bisa melihat atau mencurigainya. Ya, jangan pernah membiarkan siapa pun tahu kemana dirinya pergi. Jadilah udara, jadilah udara. Benar sekali, itu sama seperti...

(Sama seperti Ayano!)

Entah bagaimana, Masachika melakukan yang terbaik untuk menghapus kehadirannya sambil memakai aura seorang pejuang yang menggunakan keterampilan temannya di pertempuran terakhir. Tetapi,

(Ah)

Ketika Masachika akhirnya sampai di jendela, pandangan matanya tak sengaja melakukan kontak mata dengan Nonoa. Kemudian, Nonoa mengangkat alisnya dan hendak mengatakan sesuatu―― tapi Ayano memanggilnya dan dia berbalik ke arahnya.

(Syukurlah, makasih banget, Ayano!)

Meskipun dia tidak sengaja melakukannya, tapi Masachika berterima kasih kepada teman masa kecilnya karena telah mengalihkan perhatian Nonoa pada saat yang tepat.

(Hmm? Hah, apa mereka berdua memiliki semacam hubungan...?)

Meskipun Masachika samar-samar meragukan hal tersebut, tapi dirinya tidak memikirkannya secara mendalam. Ia kemudian diam-diam membuka jendela dengan pelan agar tidak menimbulkan suara apa pun, dan segera keluar menuju balkon.

“...?”

Namun, tidak peduli seberapa keras dirinya mencoba untuk membungkam suara dan kehadiran, Alisa akan selalu tahu, karena saat jendela terbuka, suara di dalam ruangan bisa terdengar dengan keras.

“Y-Yo.”

Masachika mengangkat tangan kirinya sambil mengatakan itu, tidak tahu harus berkata apa kepada Alisa yang berbalik untuk melihat ke belakang. Alisa kemudian melirik ke arah tas di tangan kanan Masachika, lalu mengembalikan pandangannya ke luar balkon. Saat Masachika dengan ragu-ragu berdiri di sampingnya, Alisa bertanya sambil menghadap ke depan.

“……Ada apa?”

“Oh tidak...um, kurasa kembang apinya baru saja selesai, ya?”

Ketika situasi yang ideal mendadak terjadi, Masachika tidak tahu bagaimana harus memulainya dan akhirnya mengucapkan kata-kata yang tidak jelas. Entah apakah dia menyadari tipu daya Masachika atau tidak, Alisa menjawab tanpa ragu-ragu.

“Yah, ledakan yang besar terakhir muncul, jadi kurasa itu memang baru saja selesai.”

“Begitu ya.”

Dan kemudian, terjadi keheningan. Di tengah suara serangga dan suara mobil yang terdengar dari jauh, Masachika menggaruk kepalanya dan mengerutkan keningnya karena kegelisahannya sendiri. Ia tanpa sadar membawa topik yang tidak relevan karena dirinya sangat gugup, tapi ia tidak bisa membuang-buang waktunya di sini.

“......”

Saat Masachika melihat sekilas ke arah belakangnya, terlihat suasana ruangan yang sedang ramai. Untuk saat ini, sepertinya mereka belum sadar akan keberadaannya, namun dirinya tidak boleh lengah. Semakin banyak waktu berlalu, semakin besar kemungkinan orang menyadari keberadaan Masachika dan Alisa bersama. Apalagi, sepertinya Nonoa sudah menyadari hal itu sejak lama.

(Ah sudahlah! Karena sudah sampai di titik ini, aku harus memutuskannya!)

Dengan menghela nafas dalam-dalam untuk memberi semangat pada dirinya sendiri, Masachika dengan cepat membuat gerakan seperti mendorong dengan kedua tangannya sambil terus memperhatikan suasana di dalam ruangan.

“Maaf, aku harus ke sana sebentar...”

“Ada apaan sih?”

Masachika mengarahkan kedua tangannya ke arah Alisa yang sedang bingung, kemudian bergerak ke posisi yang tidak terlihat dari dalam ruangan karena terhalang oleh tirai. Setelah memastikan tidak ada yang melihatnya, Masachika kembali menghadap Alisa. Alisa pun membalikkan tubuhnya ke arah Masachika, seakan-akan merasakan sesuatu.

“Um...Sebenarnya, aku masih punya hadiah lain untukmu...”

“?”

Saat Masachika membuka mulutnya, Alisa mengedipkan matanya dengan terkejut dan melihat tas di tangan kanan Masachika.

“Ah, ya. Ini dia...”

Masachika mengeluarkan bungkusan kado dari dalam tasnya, berpikir kalau itu kelihatannya kurang tepat. Pada saat yang sama, kata-kata yang diucapkan Yuki terlintas kembali di pikirannya.

Sudah kubilang, kamu harus menyampaikan perasaanmu melalui kata-kata dan tindakan.

Jika kamu melakukan hal yang biasa kita lakukan setiap tahun... kamu bisa langsung membuka event dari peningkatan kesukaan Alya-san

Kata-kata yang muncul di dalam pikirannya membuat seluruh tubuh Masachika langsung panas, sensasi geli yang luar biasa melanda dari dalam dadanya dan menyebar ke seluruh tubuhnya. Meskipun Masachika merasa kalau itu sudah cukup memalukan jika dilakukan kepada Yuki, tapi ketika ia membayangkan melakukannya kepada Alisa, rasa malu yang begitu besar membuatnya ingin berguling-guling.

(Nuooooooooo, rasanya malu-maluin bangettttt! Tapi aku harus memutuskannya! Yuki juga bilang begitu! Sekali dalam setahun, setidaknya di hari ulang tahun, aku harus menyatakannya dengan tulus!!)

Masachika mengambil keputusan dalam sekejap, menutup rapat bibirnya dan mengatupkan gigi belakangnya. Kemudian, dengan mengangkat wajahnya, ia menyerahkan hadiah kepada Alisa yang sedikit terkejut.

“Ini, terimalah…”

“Te, rima kasih…”

Alisa terlihat bingung saat menerima hadiah tersebut, tapi Masachika masih tidak melepaskan tangannya dari hadiah tersebut. Kemudian, sambil menatap lurus ke arah Alisa, yang mendongak dengan tanda tanya di wajahnya, Masachika menyingkirkan rasa malunya dan berkata.

“Terima kasih sudah hadir di dunia ini, Alya.”

Mata Alisa membelalak saat mendengar kata-kata itu. Menyadari bahwa matanya yang biru menatap langsung padanya, Masachika terus melanjutkan….. sambil menahan keinginan untuk berteriak dan berguling-guling, menguatkan dirinya dengan penuh semangat.

“Selamat ulang tahun, Alya. Aku sangat bersyukur atas kehadiranmu di dunia ini dan sudah bertemu denganku.”

Setelah Masachika berhasil mengucapkan kata-kata tersebut dan menutup mulutnya, Yuki dalam wujud setan kecil, tiba-tiba muncul dalam pikirannya, dan berteriak dengan keras.

Sekarang! Cium dia di sana! Cium dia dengan tulus sekali! Dan kemudian masukkan lidahmu ke dalam—

(Mana mungkin aku melakukannya, dasar bego!)

Sambil mengusir setan kecil yang berisik itu, Masachika melepaskan tangannya dari kado. Alisa kemudian perlahan-lahan memegang kado itu di dadanya, terlihat tertegun, lalu tersenyum ringan setelah beberapa detik.

Aku juga sama

Dia mengucapkan itu dalam bahasa Rusia dan mengedipkan matanya beberapa kali, seolah-olah baru kembali tersadar dari keterkejutannya. Kemudian, setelah tersenyum kecil, dia mengatakannya lagi dalam bahasa Jepang..

"Aku juga... sangat senang bisa bertemu denganmu.”

Dia membuang rasa malunya dan mengucapkan kata-katanya dengan jujur.

Rasa malu yang menyelimuti sekujur tubuh Masachika lenyap dalam sekejap seiring dengan kata-kata yang disampaikan secara tulus dari hati. Sebaliknya, yang memenuhi seluruh tubuh Masachika adalah kegembiraan murni. Mereka saling memberkati atas keajaiban bertemu satu sama lain. Karena mereka bisa bertemu dengan seseorang seperti itu. Masachika menyadari dari lubuk hatinya yang terdalam bahwa inilah keajaiban yang sesungguhnya.

(Ah, ini gawat. Entah mengapa, aku sangat ingin memeluknya)

Emosi yang membuncah dari lubuk dadanya membuat Masachika merasakan suatu kekhawatiran. Tidak, jika orang yang ada di hadapannya adalah Yuki, Masachika akan memeluknya dengan sekuat tenaga dan bahkan mencium pipi atau dahinya, tetapi melakukannya pada Alisa tentu saja tidak pantas. Di dalam pikirannya, si setan kecil berteriak keras dengan megafon “Ayo lakukannnn~~~~~!! Ayo cepat lakukannnnnn~~~~~~!!” Namun, tindakan itu masih tidak pantas.

(Ini…gawat... tapi...)

Senyuman lembut Alisa. Mata biru yang menatap ke arahnya dengan penuh perhatian. Ketika melihat keduanya, suara akal sehat tersebut perlahan-lahan memudar... dan tanpa sadar, entah siapa dari mereka, mulai melangkah maju.

Jarak di antara mereka berdua semakin dekat dengan langkah-langkah perlahan... *DOR*

Suara yang menggetarkan inti tubuh diikuti dengan semburat cahaya yang menyilaukan di ujung pandangan Masachika. Setelah melihat sekilas ke arah suara itu, ia bisa melihat kembang api besar menghiasi langit malam, meledak dan memudar dengan gemerlapnya.

Setelah menyaksikan pemandangan itu dengan kaget, Masachika tiba-tiba tersadar dan menoleh ke arah Alisa. Alisa juga berkedip-kedip seolah dia terbangun dari mimpi dan menoleh ke arah Masachika. Kemudian, mereka berdua menyadari betapa dekatnya mereka satu sama lain, dan secara bersamaan mundur setengah langkah.

“Ah, jadi kembang apinya belum berakhir, ya.”

“Iya, sepertinya begitu. Apa yang itu yang terakhir? Oh, apa aku boleh membukanya?”

“Ah, tentu saja, silahkan, silahkan?”

“Um, di mana ujung perekatnya, ya…?”

“Ah, aku akan menyalakan cahayanya.”

Mereka berdua berbicara cepat sambil tersenyum palsu, seolah-olah mencoba menutupi sesuatu. Kemudian, di bawah cahaya smartphone Masachika, Alisa dengan hati-hati melepas selotip dan mengeluarkan isinya... dan yang keluar adalah sepasang sarung tangan putih.

"Mulai sekarang cuacanya akan semakin dingin. Jadi kupikir hadiah ini akan cocok.”

Saat Masachika mengatakan itu dengan senyum malu-malu di wajahnya, tatapan mata Alisa tertuju pada bordiran kepingan salju kecil berwarna biru yang disulam di sarung tangannya, tali merah dengan pompom putih di ujungnya, yang terpasang di bagian pergelangan tangan.

(Yah, tentu saja dia akan menyadarinya)

Masachika sadar akan hal tersebut. Tapi ia tidak bisa menahannya. Saat dirinya menemukan sarung tangan ini di toko, ia tahu kalau ia harus membelinya, jadi apa boleh buat. Jika ditanya mengapa ia tidak memberikannya di depan semua orang, jawabannya karena dirinya merasa malu dan canggung. Dan sekarang, ia masih merasa sangat malu...

(Mengapa dia diam saja?!)

Alisa tampaknya tidak bereaksi seperti yang diharapkan, dan Masachika mati-matian berusaha menahan sensasi gatal yang membuat frustasi itu. Di hadapannya.

Alisa juga berjuang keras menahan rasa nyeri di dalam dadanya.

(Kenapa... Kenapa kamu melakukan hal ini padaku?)

Kata-kata yang diucapkan Masachika, hadiah yang jelas-jelas ditujukan hanya untuk Alisa, membuat perasaan cintanya yang seharusnya tenggelam di dalam hati kembali bergejolak.

(Mengapa? Masachika-kun menyukai Yuki-san, dia begitu berharga baginya... Tapi jika kamu bersikap baik begini, aku pasti akan salah paham....?!)

Kebahagiaan dan kebencian berkecamuk di dalam dadanya. Mengapa ia melakukan hal-hal yang membuatnya salah paham seperti ini. Orang yang kejam. Pikiran negatif semacam itu melintas di pikirannya, dan tanpa sadar, Alisa menatap Masachika dengan pandangan tajam———saat mata mereka bertemu, ada sesuatu yang meledak di dalam dadanya.

(Ah, tidak... Aku tidak bisa menahannya...)

Rasa khawatir seketika itu tergantikan oleh gelombang emosi yang kuat. Dan kemudian, Alisa tanpa sadar melangkah maju. Sesaat kemudian,

“Alissa~”

Alisa berhenti sejenak saat mendengar suara tersebut bersamaan dengan suara jendela yang terbuka. Ketika melihat ke arah suara tersebut, dia melihat Nonoa yang hanya menunjukkan wajahnya dari jendela, sambil mengisyaratkan agar Alisa mendekat.

“Kurasa sebaiknya kamu harus kembali sekarang, loh~”

“Eh?? Kenapa...”

“Kenapa? Ah~”

Sambil kembali menoleh ke arah ruangan, Nonoa mengeluarkan suara ambigu, dia lalu menatap Alisa lagi dan berkata.

“Yeah, mungkin sudah terlambat.”

“Dibilangin, ada apaan sih?”

“Tidak, yah, itu...”

Pada akhirnya, tanpa memberikan jawaban yang jelas, Nonoa menarik wajahnya kembali. Alisa yang memiringkan kepalanya, menyadari bahwa dia tanpa sadar telah melangkah maju, dan buru-buru menarik kembali kakinya.

(Ha-Hampir saja... entah mengapa, aku merasa kalau tadi itu sangat berbahaya ...)

Alisa mengambil napas dalam-dalam, mencoba mengembalikan ketenangan pikirannya. Kemudian, dia melihat ke arah Masachika, yang sedang melihat ke area dimana Nonoa berada dengan ekspresi curiga di wajahnya. Pada saat itu, Alisa kembali merasakan rasa sakit di dadanya, tapi dia berhasil menahannya dan tersenyum pelan.

“Terima kasih atas sarung tangannya. Aku sangat menyukainya.”

“Oh, bagus kalau begitu.”

“Kalau begitu ayo kita kembali.”

Alisa memalingkan wajahnya agar tidak melakukan kontak mata dengan Masachika dan bergegas menyimpan sarung tangan yang diterimanya ke dalam tas, lalu menuju ke dalam ruangan dengan cepat. Jika mereka berdua tinggal di sini lebih lama lagi, dia khawatir akan mengungkapkan perasaan tak terduga terhadap Masachika.

(Dadaku... terasa sesak)

Bibir Alisa terkatup rapat sambil memegangi hadiah dari Masachika di dekat dadanya. Meskipun seharusnya dia merasa bahagia, tapi hatinya dipenuhi oleh berbagai perasaan yang menyakitkan.

(Duhhh, kenapa sih!)

Dengan langkah kasar seperti anak kecil yang marah, dia kembali ke dalam ruangan,

“Dan inilah foto Alya-chan waktu berumur empat tahun!”

““Imutnya~!””

“Wahh, rambutnya berwarna pirang.”

“Ada bidadari sungguhan...”

“Tunggu, darimana kamu mendapatkan album foto itu?!”

Dia belajar arti peringatan dari Nonoa dan menyadari bahwa dirinya tidak boleh meninggalkan tempat dengan sembrono saat ibu dan teman-temannya sedang berkumpul.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama