Tatoe mou Aenakutemo Bab 10 Bahasa Indonesia

Penerjemah: Maomao

BAB 10 — Masa Kini, di Bulan Juli: Waktu Itu

 

 

“Sakit.”

Saat aku sadar, yang kurasakan pertama kali adalah nyeri tajam di bawah lutut kanan.

Aku mencoba bergerak untuk melepaskan diri dari rasa sakit itu, tapi sepertinya aku terjepit oleh sesuatu yang berat, aku tidak bisa bergerak sama sekali.

Aroma tanah yang lembap dan semerbak harum daun muda menyapu hidungku.

Terbaring telentang, yang bisa kulihat hanyalah pepohonan yang daunnya lebat dan langit biru yang terlihat dari celah-celahnya.

Aku masih berusaha mengingat kejadian sebelumnya dengan kesadaran yang masih kabur.

Aku merasa seakan-akan kereta Shinkansen bergoyang, lalu dengan kecepatan seperti roller coaster, kami jatuh ke bawah dari jembatan layang.

Aku yang duduk di sisi jendela, rasanya seperti terlempar keluar dari kereta saat kami jatuh.

Saat aku membawa lengan yang bisa bergerak bebas ke depan mata, kulihat banyak luka gores kecil.

“Dimana ayah dan ibu pergi? Aku harus mencari mereka. Mereka pasti di suatu tempat.”

Namun, aku tidak bisa mencari mereka karena kakiku yang terjepit tidak bisa bergerak.

Aku mencoba sedikit mengangkat badan bagian atas dan melihat ke kaki, ada semacam puing logam yang menutupi bagian bawah tubuhku.

―Itu terlihat seperti bagian dari badan kereta Shinkansen.

Perlahan-lahan, rasa sakit di kakiku mulai hilang.

―Tidak ada sensasi sama sekali.

Aku ingat, dulu pernah mendengar tentang ini. Anggota tubuh yang terjepit lama bisa sampai harus diamputasi.

Saat aku menyadari itu, aku merasa pucat.

Jika ini terus berlanjut, aku bisa kehilangan kakiku.

Jika itu hilang, aku tak akan bisa berjalan, berjalan-jalan dengan ayah dan ibu――atau berenang gaya kupu-kupu lagi.

“――Tolong. Tolong. Seseorang......”

Tanpa sadar aku berteriak. Namun, yang kudengar hanyalah suara gemericik pohon yang bergoyang ditiup angin dan sesekali suara burung berkicau.

Tidak ada siapa-siapa...? Ayah... Ibu...

Lalu, dengan suara keras, “Gedebuk!” tiba-tiba aku merasakan sensasi bebas di bagian bawah tubuhku.

Eh...?

Aku bingung dengan situasi dan mencoba untuk bangun.

“Kamu baik-baik saja?”

Seseorang memegang tanganku dan menariknya, membantuku untuk bangun. Meski terkejut dengan kejadian tiba-tiba itu, aku mencoba melihat wajah orang itu.

Anak laki-laki itu. Sepertinya seumuran denganku. Wajahnya tampan dan terlihat ramah, dengan kesan polos yang khas.

――Eh. Kamu... Aku... Aku mengenalimu...

Aku mengenalinya.

 

☆☆☆

 

Di sanalah aku terbangun, dan dengan cepat aku bangkit dari tidur. Meskipun seharusnya aku sedang tidur, aku terbangun dalam keadaan bersemangat dan nafas terengah-engah. Aku juga berkeringat.

Saat aku melihat sekeliling, di ranjang sebelah, Miyu terlihat tidur nyenyak dengan napas yang tenang.

―Oh iya, kami sedang dalam perjalanan wisata sekolah.

Aku baru saja bermimpi tentang apa yang terjadi langsung setelah kecelakaan yang terjadi enam tahun yang lalu.

Mimpi itu adalah ingatan yang sudah kulupakan. Sejak kereta Shinkansen tergelincir sampai aku terbangun di ranjang rumah sakit, aku kehilangan ingatan tentang apa yang terjadi.

Ingatan yang hilang itu, sekarang aku mengingatnya dengan jelas.

――Ya, setelah aku terlempar dari kereta Shinkansen, aku diselamatkan oleh anak laki-laki itu. ――Anak laki-laki itu.

Tidak mungkin aku salah. Meski itu enam tahun yang lalu dan dia lebih muda, anak laki-laki itu... pasti dia. Orang yang sekarang aku sukai――Mizuno Souta-kun.

Kehangatan yang selama ini tidak jelas asalnya――adalah sensasi dari telapak tangan saat itu.

Tapi, mengapa dia ada di sana? Sulit untuk berpikir ada orang yang lewat tepat di bawah jembatan layang yang tinggi itu.

Yang bisa kupikirkan adalah dia juga berada di kereta Shinkansen yang sama denganku.

Dia juga sepertiku, terlempar dari kereta saat kecelakaan dan berada di tempat itu. Secara situasi, itu hampir tidak mungkin salah.

―Tapi. Hanya ada satu orang yang selamat dari kecelakaan itu. Hanya aku saja yang selamat.

Dengan tangan gemetar, aku mengambil smartphone yang terletak di samping bantal, dan dengan hati-hati mulai mencari di web. Untuk memastikan dugaan yang menyedihkan.

[Shinkansen kecelakaan tergelincir daftar korban]

Hasil pencarian segera muncul, dan aku mengetuk layar smartphone untuk mulai melihat daftar tersebut. Daftar nama-nama yang panjang, sekitar tujuh ratus orang. Aku mengikuti daftarnya satu per satu.

“――Tolong, semoga saja aku salah.”

Namun, aku menemukannya.

Mizuno Naoki (37)

Mizuno Kyoko (36)

Mizuno Souta (11)

Nama-nama itu tertera jelas dalam daftar korban kecelakaan kereta Shinkansen enam tahun lalu.

“Mizuno Suota (11).”

Aku tidak bisa lagi duduk dengan tenang, aku pun berdiri dengan terburu-buru.

Kemudian, aku mengambil tas amulet yang berisi gelang yang tadi terjatuh dari tas Mizuno-kun, dan bergegas keluar dari kamar.

Tujuan pertamaku adalah depan kamar tempat para laki-laki menginap.

Sungguh hal yang tidak terpikirkan untuk seorang gadis pergi ke kamar laki-laki pada waktu seperti ini ketika semuanya seharusnya sudah tidur, tapi aku ingin segera bertemu Mizuno-kun.

“Aku ingin memastikan keberadaannya.”

Di depan pintu kamar, ada selembar kertas yang tertempel dengan nama-nama yang telah ditentukan berdasarkan pembagian kamar.

Namun, di pintu kamar tempat Mizuno-kun seharusnya berada, namanya tidak tertera.

Untuk memastikan, aku pun memeriksa pintu kamar semua teman laki-laki di kelas.

Tapi tetap saja, namanya tidak ada. Padahal dia seharusnya ada di sini, dalam perjalanan ini. Aku seharusnya naik Shinkansen bersamanya.

“Mizuno-kun. Di mana kamu? Di mana kamu sekarang?”

Aku merasa seakan dia telah menghilang.

Hari ini, aku naik Shinkansen bersamanya, dia memegang tanganku dan memberiku semangat, tapi sekarang seolah-olah dia sudah tidak ada lagi.

Ini tidak benar, kan?

Hanya kebetulan, bukan? Hanya ada orang dengan nama yang sama dalam daftar korban, kan? Hanya kesalahan pencetakan sehingga namanya tidak ada di kertas pintu itu, kan?

Karena secara logis, tidak mungkin terjadi. Korban dari kecelakaan enam tahun lalu tidak mungkin berada di sini sekarang.

“Tapi, jika itu benar...”

Dalam berbagai hal misterius yang berkaitan dengan dia, ada beberapa yang bisa dijelaskan.

Bagaimanapun, aku berlari di koridor hotel di tengah malam.

“Aku harus mencarinya.”

 

☆☆☆

 

Aku berlari ke sana kemari dalam hotel, kehabisan napas.

Sesekali, staf hotel dan tamu lain melihatku dengan wajah terkejut, tapi aku tidak punya waktu untuk memikirkan hal itu.

Lalu, tiba-tiba aku terpikir sesuatu.

Entah kenapa, aku merasa bahwa dia mungkin berada di dalam kolam renang indoor hotel ini.

Kolam renang itu juga merupakan tempat di mana aku mulai akrab dengan Mizuno-kun... dan juga secara tidak langsung berhubungan dengan kecelakaan enam tahun yang lalu.

Dengan segenap kekuatan, aku berlari menuju pintu masuk kolam renang indoor. Aku mencoba membuka pintu tapi sudah pasti terkunci karena jam operasional telah berakhir.

Namun, dari balik pintu terdengar suara seperti kunci yang dibuka, jadi aku mencoba mendorong pintu itu sekali lagi.

Dan pintu itu terbuka dengan mudah. Aku masuk perlahan dan hati-hati.

Dan―

Mizuno-kun, yang mengenakan seragam sekolah, duduk di tepi kolam dengan kakinya yang telanjang terendam dalam air.

Seluruh tubuhnya tampak sedikit pucat――seakan-akan terlihat transparan.

Saat aku melihat keadaannya, aku langsung tahu.

Ah, benar saja. Benar saja dia...

Dia sudah bukan orang dari dunia ini lagi. Mungkin sejak enam tahun yang lalu.

“Pertama kali aku bertemu denganmu adalah di kolam renang ini. Mungkin kamu tidak tahu.”

Mizuno-kun mengatakannya sambil tersenyum saat dia melihatku. Senyumnya lembut――dan ada semacam kesedihan di dalamnya.

Aku mendekat ke arahnya perlahan dan berdiri di sampingnya.

Dari dekat, aku bisa melihat betapa transparannya dia. Tubuhnya yang tembus pandang bahkan membiarkan pemandangan di belakangnya terlihat.

“Enam tahun lalu, aku juga menginap di sini bersama keluarga. Kami datang ke kolam renang ini untuk berenang. Di situ aku melihatmu... berenang dengan bebas di dalam kolam dengan gaya kupu-kupu, tampak begitu gembira dan lincah. Gerakanmu begitu anggun dan cantik――seperti putri duyung.”

Mizuno-kun menatap wajahku dan senyumannya semakin lebar.

“Aku jatuh cinta padamu untuk pertama kalinya dalam hidupku. ―Tapi itu juga cinta terakhir dalam hidupku.”

Cinta yang pertama――dan terakhir dalam hidupnya.

Aku tidak bisa mengatakan apa-apa, hanya memandanginya kembali. Bibirku tertutup rapat.

“Meskipun aku bilang jatuh cinta, anak laki-laki sekolah dasar tidak tahu harus berbuat apa. Aku tidak bisa mengatakan apapun padamu, hanya bisa menatapmu dengan deg-degan setiap kali aku melihatmu di hotel. Sampai hari aku meninggalkan Osaka, aku tidak bisa melakukan apa-apa.”

Aku sama sekali tidak ingat tentang keberadaannya enam tahun yang lalu. Aku juga tidak tahu sama sekali bahwa dia telah menatapku seperti itu.

“Di jalan pulang, kebetulan aku berada di dekatmu. Saat aku melihatmu di stasiun Shin-Osaka, aku melihatmu menjatuhkan sesuatu. ―Gelang yang kamu pegang sekarang ini.”

Aku mengeluarkan gelang dari tas amulet yang kubawa. Saat aku memperhatikan dengan seksama, gelang itu ternyata kotor... dan di ujung talinya terlihat noda yang tampak seperti bekas darah.

“Aku ingin mengembalikannya padamu dan mencoba untuk menyapa, tapi aku tidak bisa. Namun, di Shinkansen, kebetulan aku duduk di belakangmu. ‘Baiklah, aku akan menyapa dan mengembalikannya selama di Shinkansen.’ ――Dan aku akan mengumpulkan keberanian untuk memintamu berteman denganku. Tapi, aku masih tidak bisa. Dan sementara aku berusaha...”

“Kecelakaan itu terjadi?”

Mizuno-kun perlahan mengangguk.

“Seperti kamu, aku secara kebetulan dilempar ke atas tumpukan rumput yang lembut dan aku masih hidup langsung setelah kecelakaan. Aku mencoba menyelamatkanmu yang terjepit di bawah puing-puing kereta Shinkansen.――api, aku terluka parah di pergelangan tangan. Karena kita berada jauh dari kereta Shinkansen yang jatuh dari jembatan layang, bantuan datang terlambat. ...Aku tidak berhasil.”

Mizuno-kun dengan jelas menyampaikan ini padaku.

“Aku meninggal karena kehilangan darah yang banyak pada saat itu, enam tahun yang lalu.”

――Kehilangan darah yang banyak.

Apakah noda di gelang ini adalah darahnya saat itu?

Nama orang tua Mizuno-kun juga tercantum dalam daftar korban.

“Jadi, rumor bahwa Mizuno-kun kehilangan keluarganya itu...”

“Bukan hanya keluarga, aku juga sudah mati. Saat Hiroki bertanya tentang keluargaku, aku menjawab ‘Aku tinggal sendiri’ secara sembarangan, dan seseorang pasti mendengarnya. Dari situ, mungkin orang-orang mulai menafsirkannya seperti itu.”

Aku pikir aku dan Mizuno-kun sama.

―Tapi ternyata sangat berbeda.

“Saat aku akan mati, aku berdoa pada gelang yang terikat di tanganku. Semoga gadis ini selamat. Semoga dia bisa terus hidup dengan tawa. Gelang yang hampir terputus karena dampak kecelakaan itu, sepertinya terputus tepat sebelum aku meninggal... aku rasa begitu. Aku tidak terlalu ingat. Tapi, ya, aku ingat gelang itu terputus.”

“―Iya.”

“Jiwaku selalu ada di lokasi kecelakaan itu. Setiap tahun, di hari itu, aku selalu melihatmu datang. Kamu selalu terlihat tenang. Aku mengerti kalau kamu tidak bersemangat karena kamu datang untuk berduka atas orang tuamu... tapi kamu terlihat sangat berbeda dari sebelum kecelakaan, dan itu membuatku khawatir. Matamu selalu terlihat tidak bercahaya.”

“............”

“Padahal, katanya kalau gelang itu terputus, permohonanmu akan terkabul. Tapi setiap tahun aku melihatmu dan berpikir, ‘Kenapa permohonanku sama sekali tidak terkabulkan?’”

Aku memandangi gelang yang aku pegang. ――Jadi dia telah berdoa untuk itu.

“Dan di hari peringatan tahun ini. Aku tidak melihatmu di lokasi kecelakaan. Aku panik. Aku bertanya-tanya, apa ada sesuatu yang membuatmu tidak bisa datang... ――Aku ingin melihat lagi wajah ceria gadis itu. Semoga gadis itu bisa ceria lagi. Aku kembali berdoa pada gelang itu. Gelang yang terputus itu, sepertinya dianggap sebagai barang pribadiku dan dikuburkan di batu nisan ku. ―Kemudian, sebuah keajaiban terjadi.”

Mizuno-kun menatap atap kaca kolam renang indoor. Aku juga ikut melihatnya. Sepertinya malam ini cerah, dan aku bisa melihat bintang-bintang berkelipan.

“Tiba-tiba aku menyadari bahwa aku telah tumbuh menjadi usia tujuh belas tahun dan menjadi salah satu teman sekelasmu. Di sakuku juga ada sedikit uang, dan di lokerku ada buku teks dan buku catatan yang cukup agar aku tidak kesusahan di sekolah. ――Sepertinya semua teman di kelas dan guru-guru juga memiliki kenangan tentangku yang seolah-olah ditanamkan di dalam ingatan mereka. ―Tapi sepertinya kamu tidak memiliki kenangan seperti itu.”

“Iya.”

Hari setelah aku tidak bisa pergi ke peringatan tujuh tahun karena flu, aku pertama kali mengetahui tentang keberadaan Mizuno-kun di sekolah.

Karena aku tidak terlalu tertarik dengan teman-teman sekelas, aku pikir mungkin itu sebabnya aku tidak mengingat tentang Mizuno-kun, jadi saat itu aku tidak terlalu memikirkannya.

―Namun, sangat tidak wajar bagiku untuk tidak menyadari keberadaan Mizuno-kun yang begitu menarik dan tampak seperti pusat perhatian di kelas.

Tapi karena dia memang tidak ada di kelas sampai saat itu, wajar saja kalau aku tidak mengetahuinya.

Hari setelah peringatan tujuh tahun itu, aku bertemu dengannya untuk pertama kalinya.

―Tidak, lebih tepatnya ini adalah pertemuan kembali setelah enam tahun.

Dan kenangan tentang “bagaimana jika Mizuno-kun berumur tujuh belas tahun dan sudah berada di kelas ini sejak dulu...” telah ditanamkan ke dalam ingatan semua orang kecuali aku dengan kekuatan gelang itu.

Agar Mizuno-kun dapat dengan mudah melebur ke dalam kelas.

―Untuk menciptakan lingkungan yang memudahkan terkabulnya permintaannya.

“Aku menyadari bahwa gelang ini mencoba untuk memenuhi permintaan yang telah aku buat selama enam tahun. Itulah sebabnya aku mendaftar sebagai relawan untuk tugas renang yang kamu terima karena undian, agar aku bisa mendekatimu. ―Kamu saat itu memang berbeda dari dulu, terlihat tidak bersemangat. Tapi...”

“Sekarang tidak lagi seperti itu. Ini semua berkat Mizuno-kun.”

Aku mengatakannya dengan tegas. Aku merasa Mizuno-kun tampak sedikit senang.

“――Mendengar kamu berkata begitu, membuatku merasa bahwa kedatanganku ke sini tidaklah sia-sia. Melalui tugas di pertandingan renang, dan karena kamu tiba-tiba harus berenang di hari itu... matamu mulai bersinar lagi.”

“Iya...”

Aku mengangguk sambil menahan air mata yang hampir menetes.

Alasan Mizuno-kun ada di sini. Itu adalah untuk membuatku, yang sudah tertutup karena kecelakaan dan hanya bisa melihat ke belakang, untuk mulai melihat ke depan lagi.

Tapi sekarang, aku sudah mulai melangkah maju dengan wajah menghadap ke depan. Keinginannya telah terkabul.

“Mizuno-kun... apakah kamu akan menghilang?”

Dengan suara gemetar yang hampir menangis, aku bertanya. Lalu, dia yang sedang menatap ke langit-langit memalingkan wajahnya kepadaku dan tersenyum dengan sedih.

“Kamu tahu? Sebelum aku mati enam tahun lalu, aku meminta satu lagi hal pada gelang itu. Yang pertama adalah aku ingin kamu menjadi ceria lagi, tapi yang satu lagi adalah...”

“Iya...”

“Jika suatu keajaiban terjadi dan aku bisa bertahan hidup. Jika aku bisa hidup dan bertemu denganmu lagi. Semoga kita bisa menjadi dekat. ――Semoga kita bisa saling mencintai...”

Aku tidak bisa menahan lagi dan air mataku mulai menetes.

Karena keinginan itu telah terkabul.

Dia mungkin mulai menyadari itu. Bahwa semua keinginannya sedang terkabul. Mungkin, saat kita bergandengan tangan di Shinkansen.

―Dia ada di sini untuk memenuhi keinginannya. Jika semua permintaannya telah terkabul...

“Saat aku kelas lima SD, aku jatuh cinta pada dirimu yang juga kelas lima SD. Dan ketika kita kelas dua SMA, aku segera merasakan perasaan yang sama padamu. ――Pandangan anak kecilku itu benar. Sepertinya aku memang ditakdirkan untuk jatuh cinta padamu.”

Aku teringat kata-kata Mizuno-kun saat latihan untuk kompetisi renang.

―”Ternyata... ini memang sudah menjadi takdirku.”

Saat itu aku tidak mengerti dan tidak terlalu memperhatikannya, aku hanya menganggapnya sebagai omongan biasa.

Dan sekarang, di saat seperti ini, aku baru mengerti makna yang dalam dari kata-katanya.

“Yoshizaki-san. Aku menyukaimu. Sejak saat itu enam tahun lalu, selalu.”

Suara lembutnya. Aku menangis tersedu-sedu, mengusap air mata yang terus mengalir tanpa henti.

―Aku juga. Aku juga menyukaimu.

Kamu yang selalu tersenyum dengan polos.

Kamu yang mengorbankan hidupmu untuk menyelamatkanku.

Kamu yang selalu mengawasiku dari tempat yang tidak kuketahui.

“Tapi...”

“Aku, tidak bisa mengatakannya... Karena... Kalau aku mengungkapkan perasaanku...”

―Kamu pasti akan menghilang pada saat itu juga. Karena semua keinginanmu sudah terkabul.

Aku berbicara dengan terbata-bata sambil menangis. Namun, Mizuno-kun menggelengkan kepalanya.

“Aku sebenarnya tidak seharusnya ada di sini. Aku hanya kembali hidup untuk sementara waktu karena keisengan dewa gelang itu. ―Aku memang ditakdirkan untuk menghilang pada akhirnya. Bukan suatu hari nanti, tapi mungkin sebentar lagi. Tubuhku sudah menjadi transparan seperti ini.”

“Tidak... boleh...”

“Karena itu, izinkan aku mendengarnya untuk terakhir kalinya. ―Bagaimana perasaanmu.”

Mizuno-kun yang terlihat melalui mataku yang kabur oleh air mata itu, tersenyum dengan lembut dan polos seperti biasa.

―Meskipun ada kilauan kesedihan di matanya.

Mizuno-kun akan menghilang. Aku sudah kehilangan ayah dan ibu karena kecelakaan itu. Mizuno-kun juga meninggal karena kecelakaan itu.

Jika aku tahu akan berakhir dengan perasaan seperti ini, seharusnya aku tidak pernah bertemu dengannya

Tidak―

Aku tidak akan pernah berpikir seperti itu. Mizuno-kun sudah mengajarkanku.

Karena ada orang tua yang mencintaiku, aku bisa ada di sini sekarang. Kenangan berharga yang telah kulewati tidak akan pernah hilang.

―Benar. Apa yang telah diberikan Mizuno-kun kepadaku tidak akan pernah hilang. Dan dia akan terus hidup. Di dalam hatiku.

Mizuno-kun meninggal di usia sebelas tahun. Seharusnya, pertemuan ini pun tidak pernah terjadi.

Tanpa pertemuan ini, aku pasti masih akan hidup dalam ketakutan akan kehilangan, dan hanya menjalani hari-hari tanpa semangat.

Aku mengerti, namun air mataku masih tidak berhenti. Tapi aku telah memutuskan. Aku akan menyampaikan perasaanku kepada Mizuno-kun.

Tidak mengatakannya sama saja dengan menghina perasaannya.

“Mizuno-kun...”

“Iya?”

“Aku suka... Aku suka kamu. Aku menyukaimu, Mizuno Souta-kun... sangat, sangat menyukaimu!”

Aku berkata sambil menatapnya, dan di akhir kalimatku seperti berteriak. Lalu Mizuno-kun tersenyum lebih lebar. Dia menyentuh pipiku dengan lembut.

Dan kami perlahan menyatukan bibir kami. Aku menutup mataku.

Bibir Mizuno-kun terasa hangat, lembut―dan penuh kelembutan.

Aku semakin jatuh cinta padanya.

―Pada saat berikutnya, angin menampar pipiku dengan keras. Pada saat yang sama, sensasi yang kucintai di bibirku itu menghilang.

Saat aku membuka mataku, sosoknya sudah tidak ada lagi. Hanya cahaya bulan yang menerangi kolam renang indoor yang gelap, dan hanya aku yang ada di sana.

Aku menggenggam gelang itu, berjongkok, dan menangis dengan suara keras.

Mungkin aku telah menangis sepanjang malam, seolah-olah aku telah menumpahkan air mata untuk seumur hidup, aku menangis sendirian.

 

 

Sebelumnya   |   Daftar isi   |   Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama