Tatoe mou Aenakutemo Bab 11 Bahasa Indonesia

Penerjemah: Maomao

BAB 11 — Masa Kini, di Bulan September: Bersemayam dalam Relung Hati yang Terdalam

 

 

Hari perimbangan musim gugur di Shizuoka terasa lembap dan panas. Aku berjalan sendirian di sepanjang jalan setapak di tepi sawah, sesekali duduk di pinggir jalan atau mengisi ulang cairan tubuhku.

Meskipun berjalan di sepanjang sawah, jalannya cukup terawat sehingga aku tidak tersesat dan berjalan pun tidak terlalu sulit.

Hari Ohigan di musim gugur. Aku menuju sendirian ke tempat yang seharusnya menjadi tanda makam Mizuno-kun.

Tempat kami berdua terlempar dari Shinkansen, tempat aku diselamatkan... dan tempat Mizuno-kun meninggal.

―Setelah Mizuno-kun menghilang di kolam renang hotel tempat wisata sekolah. Setelah aku menyatakan perasaanku dan dia menghilang.

Semua orang kecuali aku telah melupakan keberadaan Mizuno-kun.

Miyu, Nitta-kun, Naito-kun, Mai, Koharu, dan Nat-chan.

Tempat duduk Mizuno-kun, “Kenapa tidak ada orang di sini ya?” menjadi pertanyaan yang tidak lazim.

Keberadaan Mizuno-kun, bagi semua orang kecuali aku, dilupakan seolah-olah tidak pernah ada. Secara total, sempurna.

Tapi―

Miyu kadang-kadang mengatakan kepadaku, “Aku merasa Ai punya seseorang yang dia suka. Siapa ya orangnya?”

Nitta-kun dan Naito-kun berkata, “Kok aku merasa ada yang kurang ya? Sepertinya sampai baru-baru ini harusnya lebih ramai, kan?”

Mai dan Koharu juga berkata, “Rasanya ada satu orang lagi yang ikut bertugas di pertandingan renang, ya?” “Aku juga kadang-kadang merasa... sepertinya orang itu sangat ceria.” Menurut catatan, hanya aku yang bertugas sendiri, dan Nitta-kun berenang dua kali.

Nat-chan berkata baru-baru ini, “Belum lama ini aku merasa aku berteman dengan anak laki-laki yang suka roti kari dan dia keren, tapi siapa ya namanya...”

―Mizuno-kun. Keberadaanmu pasti masih ada di dalam hati mereka.

Sambil berpikir seperti itu, aku berjalan...

“...Ini dia.”

Di tempat yang sedikit terbuka, di mana bunga-bunga liar bermekaran, aku menemukannya.

水野蒼太享年十一歳 (Mizuno Sota, meninggal pada usia sebelas tahun) terukir di tanda makamnya.

Di sekitarnya, banyak mainan yang memudar warnanya diletakkan, seperti yang disukai oleh anak laki-laki sekolah dasar. Mungkin itu persembahan dari keluarganya.

“Aku datang untuk mengunjungimu, Mizuno-kun.”

Aku tersenyum sambil berbicara seolah-olah sedang mengajaknya bicara, lalu duduk di samping tanda makam itu.

Kemudian aku mengeluarkan roti kari yang kuminta Nat-chan untuk membuatkan dari dalam ranselku dan meletakkannya di depan tanda makam.

“Kamu suka roti kari buatan Nat-chan kan? Aku membawakannya nih untukmu. Jangan lupa makan ya.”

Aku juga menuangkan teh dari termos ke dalam cangkir dan meletakkannya di samping roti kari.

――Mizuno-kun, apa kabarmu? ...aneh ya kalau aku bertanya seperti itu. Ah, aku baik-baik saja kok.”

Aku yakin dia ada di sini. Karena hari ini adalah Ohigan, hari ketika orang-orang yang telah meninggal berada di dunia fana.

Aku tidak begitu mengerti tentang apa yang terjadi setelah seseorang meninggal, tapi aku ingin percaya bahwa dia ada di sini.

“Ah! Benar, benar! Naito-kun dan Koharu mulai berpacaran lho! Aku tahu Koharu suka Naito-kun, tapi ternyata Naito-kun juga tertarik pada Koharu. Mizuno-kun tahu tidak?”

Mereka mulai berpacaran segera setelah perjalanan sekolah berakhir.

Perbedaan kepribadian mereka tampaknya memberi kesegaran, dan sejauh ini mereka tampak bahagia bersama.

“Ahh, seharusnya aku juga... semua orang bilang aku dan Mizuno-kun tampak cocok jadi pasangan. ―Tapi ternyata kejadian yang tak terduga, bikin aku kecewa.”

Aku berbicara sambil menahan air mata yang hampir jatuh. Namun, aku menahan diri dan mencoba tersenyum.

Aku telah memutuskan untuk menunjukkan kepadanya bahwa aku baik-baik saja hari ini. Aku tidak boleh menangis.

Aku harus menunjukkan kepadanya bahwa aku bisa melangkah maju sendiri.

Lalu, tiba-tiba dari mana saja, seekor kupu-kupu yang besar melayang-layang, menyentuh ujung hidungku dengan sayapnya yang berkibar.

Dan kupu-kupu itu hinggap di atas roti kari yang kuletakkan di depan tanda makam.

Ah. Dia telah datang untukku. Begitulah yang kupikirkan.

“Kamu masih suka roti kari ya?”

Seolah-olah menjawab kata-kataku, kupu-kupu itu mengibaskan sayapnya sekali.

Aku menggenggam liontin yang tergantung di leherku.

Mizuno-kun mungkin telah menghilang, tapi gelang yang telah menghubungkan kami, gelang yang terputus itu, tidak menghilang dan tetap berada di tanganku.

Ini juga merupakan bukti bahwa Mizuno-kun berusia tujuh belas tahun pernah ada.

Bukti bahwa dia pernah berlatih renang bersama kami... menduduki tempat kedua di kompetisi, merayakan di restoran, menyalakan kembang api, pergi ke Osaka bersama, naik bianglala berdua... dan menciumku di kolam renang hotel.

Aku telah mengubah manik-manik biru yang terpasang di tali misanga itu menjadi liontin dan memakainya tanpa pernah lepas sejak hari itu.

Untuk tidak pernah melupakan dia.

Aku jatuh cinta pada Mizuno-kun. Bahkan sekarang setelah dia pergi, aku masih merindukannya. Ingin bertemu dengannya sangat kuat.

Sekarang aku tidak bisa memikirkan apa-apa selain tentang dia.

Tapi mungkin beberapa tahun lagi――aku tidak tahu kapan――saat aku sudah dewasa, aku mungkin akan jatuh cinta pada seseorang yang baru.

Mungkin aku akan bertemu dan berhubungan dengan seseorang... mungkin aku akan menikah.

Aku bisa membayangkan masa depanku seperti itu.

Karena aku ingin menjalani masa depanku dengan harapan. Aku tidak ingin terus bergantung pada masa lalu, aku ingin berjalan menuju masa depan.

Aku tidak ingin berpikir “Aku takut kehilangan sesuatu” atau “Pada akhirnya, seperti ayah dan ibu, dia mungkin akan hilang.”

Yah, aku yang masih tergila-gila pada Mizuno-kun ini, belum bisa membayangkan hari di mana aku bisa jatuh cinta pada orang lain.

――Tapi, ada satu hal yang pasti.

Mungkin aku tidak akan pernah bisa merasakan cinta seperti ini lagi. Sebuah cinta yang begitu mendalam, yang bisa mengubah seluruh diriku, yang melintasi enam tahun waktu.

Cinta sekali seumur hidup bagimu, juga merupakan cinta yang tak tergantikan bagiku.

Aku tidak akan pernah melupakanmu. Aku tidak akan pernah melupakanmu yang telah mencintaiku dengan cinta pertama dan terakhir dalam hidupmu.

Meskipun suatu hari nanti aku mungkin jatuh cinta pada orang lain. Di tempat terdalam di hatiku, pasti kamu akan selalu ada.

“Terima kasih, Mizuno-kun. ――Aku sangat menyukaimu.”

Kupu-kupu agung itu terbang dari roti kari dan berputar-putar di sekitarku untuk sementara waktu.

Aku tersenyum gembira, dan kemudian kupu-kupu itu menghilang ke dalam hutan.

Keajaiban biru yang kamu berikan padaku akan terus hidup di dalam diriku.

――Pasti, selamanya.

 

 

Sebelumnya   |   Daftar isi   |   Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama