[LN] Reset Seishun Jilid 2 Bab 1 Bahasa Indonesia

 Chapter 1 Emosi Membara Toudo Tsuyoshi

 

Gadis itu, yang tadinya menangis dan meringkuk, kemudian berdiri. Di bangku di dekat pusat perbelanjaan. Seorang gadis bernama Tanaka menyeka air matanya dengan lengan bajunya.

Maaf Toudo, aku pulang duluan.

Tanaka pulang lebih dulu. Itu akan menjadi solusi terbaik saat ini karena situasinya sedang tidak stabil. Sejujurnya, aku juga berada pada batasku. Tubuhku terasa sakit sampai-sampai hampir hancur dan hatiku terasa seperti akan dihancurkan.

Entah kenapa, Tanaka pulang sambil menangis. Aku tidak tahu alasan dia menangis. Namun, melihatnya menangis membuatku merasa aneh. Dadaku terasa sakit padahal seharusnya aku sudah meresetnya.

Walau seharusnya aku tidak terlalu memedulikannya, tapi aku tidak ingin membiarkannya pulang sendirian.

Kenapa bisa begini? Apa tindakan resetnya tidak lengkap?

Berpikir cepat tidak ada gunanya. Itu karena rasanya seperti membakar otak Anda. Bahkan jika aku berpikir lambat, aku tidak bisa menyatukannya dengan baik.

Aku duduk sendirian di bangku dalam keadaan linglung ketika seseorang mendekatiku. Setiap pori-pori di tubuhku langsung merinding. Tubuhku yang tadinya tidak mampu bergerak, kini masuk ke dalam keadaan waspada.

Seorang wanita dewasa dan ...... seekor anjing. Aku mengenali mereka.

“Ara, aku belum pernah melihatmu dalam keadaan seperti ini sejak upacara kelulusanmu. Kamu memang anak yang bermasalah. ... Apa kamu sudah melakukan reset dengan benar?

...Eri, kenapa kamu bisa ada di sini?

“Aku selalu mengawasimu. Tanaka-san, dia adalah gadis yang baik. Dia sangat berbakat sampai-sampai aku ingin merekrutnya.

Rasa dingin menyelimuti tubuhku. Ketakutan dan kesetiaan sudah tertanam dalam tubuh dan pikiranku. Aku sudah mencoba untuk melawannya berkali-kali. Wanita yang ada di depanku sekarang adalah Eri, orang dewasa dari sekolah SD itu. Aku tidak tahu nama aslinya. Tapi semua orang memanggilnya dengan panggilan Eri.

Aku pastinya tidak bisa memberontak melawan Eri. Itu adalah aturan umum di dunia kamo, dan merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Pengetahuan yang tertanam tidak akan berubah meskipun memori di-reset atau dihapus.

Aku tidak sendirian. Seharusnya aku memiliki hubungan dengan beberapa siswa lain. Aku tidak ingat dengan jelas karena memoriku tidak lengkap, tapi aku yakin hal itu benar.

Tempat di mana anak-anak yang memiliki kekuatan serupa denganku berkumpul.

Nama 'Toudo' memiliki arti khusus di sekolah SD itu.

Dan, hanya aku satu-satunya manusia yang secara bawaan bisa menggunakan 'reset'.

Bagi semua siswa di sana, menentang Eri berarti menyerah pada hidup.

Ketika berhadapan dengan Eri, aku menyadari bahwa aku bukan manusia biasa.

Kepalaku yang sering di-reset terasa ada yang hilang. Pertanyaan-pertanyaan muncul dan kemudian dengan cepat menghilang. Aku tidak bisa menahan keraguanku sebagai keraguan.

 

Apa ini yang disebut kutukan? Aku bisa merasakan dengan jelas keberadaan rantai yang mengikat hatiku. Seperti kutukan ilmiah yang terukir di dalam jiwaku.

Tapi——aku telah berjanji pada Tanaka. 'Masa muda yang dimulai dari reset'. Meskipun aku bahkan melupakan kenangan, menghapus memori, atau bahkan kehilangan simpati— perasaan yang terukir di dalam jiwa tidak akan pernah hilang.

Aku akan menjalani masa muda yang normal. Oleh karena itu—

“Hentikan, jangan sentuh temanku.

Hatiku berdebar kencang. Bagiku, Tanaka adalah gadis yang tidak aku kenal saat ini. Tapi, aku takkan memaafkan siapapun yang menyakiti gadis itu. Bahkan jika itu 'Eri'—

Perlawanan pertama yang ditujukan pada Eri. Pada saat itu, aku merasakan rasa sakit seperti jantungku diremas dengan erat. Tidak ada ruang untuk menahan sensasi itu. Atau, aku tidak perlu menahannya. Rasa sakit adalah bukti bahwa aku masih hidup. Aku bisa menahannya. Tapi, ini... rasa sakitnya begitu menyakitkan sampa-sampai bisa menyebabkan kematian.

Oh, luar biasa. Kamu memberontak padaku sebentar. Apa itu menyakitimu? Kamu telah menghapus ingatanmu tentang gadis itu. Haha, kamu bisa melupakan hal-hal yang sia-sia. Jika itu adalah cara otakmu tumbuh dari eksperimen ini.

Anjing yang berada di sebelah Eri menatapku. Aku masih samar-samar mengingatnya. Temanku yang pertama di sekolah dasar. Anjing yang agak mirip dengan Michiba. Kenangan bersama yang pernah kami lalui. Aku masih mengingatnya. Tapi, aku tidak merasakan adanya kasih sayang.

Aku bangkit dari tempat dudukku.

Oh, kamu bisa berdiri?

Jika kamu menganggapku tidak berguna, menghilanglah. Aku tidak ingin melihat wajahmu sekarang, Eri.

Kasar sekali... Kalau kamu meminum obat ini, mungkin kamu akan merasa sedikit lebih baik. Ayo minum.

Eri mengeluarkan sebotol obat dari sakunya. Aku mengenal obat itu. Itu adalah obat yang sering aku minum setelah melakukan reset. Meskipun disebut sebagai obat penenang jiwa, sebenarnya itu tidak begitu. Instingku memberitahuku. Itu bukanlah sesuatu yang seharusnya diminum.

Tidak perlu.

Tidak boleh, cepat duduk di bangku dengan manis dan minumlah.

Sensasi kuat muncul dari belakang. Seseorang mencoba menahanku dari belakang. Tubuhku langsung bereaksi tanpa sadar. Aku tidak bisa mengendalikan tubuhku. Aku melancarkan pukulan belakang ke arah ruang kosong.

Pukulanku meleset.

“...Tadi itu berbahaya sekali, Toudo. Jika bukan aku, orang lain mungkin sudah mati.

Seorang pria berambut panjang berdiri di sana. Darah menetes dari pipinya, mungkin karena pukulanku menyerempet pipinya.

Aku pernah melihat pria ini. Di bingkai foto di apartemenku. Di bawah fotoku bersama Hanazono, ada satu foto yang disembunyikan.

Foto tersebut menunjukkan diriku di sekolah SD dan... orang asing lainnya. Aku merasa aneh ketika melihat foto itu, jadi aku menyembunyikannya. Aku pernah berpikir untuk membuangnya, tapi aku selalu menahan diri.

Aku tahu bahwa selain diriku, ada anak-anak lain di sekolah dasar itu. Aku hanya tidak berusaha 'mengenali' mereka saja.

Pria berambut panjang di depan mataku benar-benar ada dalam foto tersebut. Ia adalah orang nyata. Hawa kehadirannya jelas-jelas berbeda dari orang biasa. Jika aku menunjukkan kelemahan, aku akan kalah.

Tolong jangan berkelahi. Shimafuji hanya mengawalku.”

Pria yang dipanggil Shimafuji itu hanya diam. Tatapan matanya memperhatikan setiap gerakanku. Aku tidak akan bisa mengalahkannya kecuali aku serius. Aku bisa menghitung kemampuannya dari gerakan yang menghindari pukulanku sebelumnya. Ia juga mungkin menyembunyikan senjata di dalam pakaiannya. Jadi, aku harus mengendalikannya terlebih dahulu—

Woof! Haa haa!!

Anjing itu bermain-main di sekitar kakiku. Aku bingung dan tidak tahu bagaimana harus bereaksi.

Aku ragu-ragu menaruh tangan di atas kepala anjing. Anjing itu terlihat senang seraya mengibaskan-ngibaskan ekornya.

...Pikiranku menjadi lebih tenang. Dunia ini bukanlah yang aku inginkan. Kekerasan bukanlah solusi. Aku sudah mempelajari hal itu di masa sekolah SMP.

Eri, maaf. Aku benar-benar tidak memerlukan obat itu. ...Aku hanya ingin tetap seperti ini.”

Eri tidak berkata apa-apa. Dia hanya menatapku dengan senyum tipis di wajahnya.

“Ya tidak masalah. Jika itu akan membuatmu tumbuh, itu sudah cukup. Ayo kita pergi, Shimafuji.”

Baik, dimengerti. ...Toudo, sampai jumpa lagi.”

Eri, si anjing, dan Shimafuji pergi meninggalkanku.

 

Aku menghela nafas dan duduk kembali di bangku.

...Apa aku benar-benar bisa menjalani masa muda yang normal? Seorang pria tolol yang kehilangan ingatannya dan emosinya saat di-reset. Aku bahkan tidak mengerti perasaan orang lain. Apa aku benar-benar manusia yang utuh?

Aku merenungkan kembali semua kenangan yang ada dalam ingatanku. Sejauh ini hidupku penuh dengan kegagalan. Aku tidak suka mencela diriku sendiri. Tapi, sejak masa SMP, aku merasa berbeda. Satu-satunya temanku adalah Hanazono. Aku dijauhi oleh teman-teman sekelasku.

Mungkin semuanya akan lebih mudah jika semuanya di-reset.”

Aku merasakan kehadiran seseorang. Aku tahu bau ini.

Dasar bodoh, tentu saja itu tidak akan mudah.”

“Hime?

Mengapa Hime ada di sini? Aku merasa pernah bertemu dengannya di pusat perbelanjaan. ...Aku tidak bisa mengingat detailnya. Aku tidak bisa mengingat dengan jelas. Ini adalah efek samping dari menghapus ingatan gadis bernama Tanaka.

...Aku mengetahuinya dengan baik, kok. Toudo, kamu sudah berkembang jauh lebih baik dari sebelumnya. Jadi jangan terlalu sedih.

Mengapa Hime bisa tahu sesuatu yang tidak kumengerti?”

Karena aku melihatnya sendiri. Aku sudah mengenal Toudo sejak masa SMP.

Aku dari masa SMP, ya... Itu adalah masa yang mengerikan. Tapi meski sudah di SMA, aku sama sekali tidak berubah.

Tidak, itu tidak benar.

Aku bisa merasakan ada semacam emosi di balik kata-kata penolakan itu. Namun, aku tidak bisa memahaminya. Hime dan aku hanyalah teman sekolah biasa. Bahkan baru-baru ini aku tidak bisa 'mengenali'-nya. Aku selalu menganggapnya sebagai orang asing.

Kamu berbeda dengan Hanazono. Kita tidak selalu bersama. Tapi mengapa kamu bisa tahu?

Acha, jadi nama Hanazono benar-benar diungkit ya. Haha, aku beneran kalah ya. ...Meskipun kamu melupakannya, tapi aku masih ingat semuanya. Bukannya itu saja sudah cukup?

Hime?

“Duhh, tolong jangan panggil aku 'Hime' lagi. Aku adalah Hiratsuka Sumire. Panggil aku Sumire.

“Ba-Baiklah, Hiratsuka. Apa yang kamu ketahui tentang aku?

Kenapa tiba-tiba menggunakan nama belakang?

“Ti-Tidak, bukannya langsung memanggil nama depan tuh... memalukan, bukan?

Ada sedikit keheningan sejenak. Hime... Hiratsuka tertawa terbahak-bahak.

“Ahaha, Toudo, kamu benar-benar pria yang menarik. Tapi serius, sekolahku cukup dekat dengan sekolahmu. Hei, bagaimana kalau kapan-kapan kita pergi ke Shinjuku nanti?

“Ti-Tidak. Aku tidak bisa pergi jalan-jalan dengan gadis yang tidak kukenal...

Hah? Bukankah kita sudah saling mengenal! Bu-Bukannya aku sedang mengajakmu kencan oke!

Aku merasa kalau Hiratsuka membenciku ketika waktu di sekolah SMP.

Ah, itu... maaf. Uh, aku harus pulang sekarang. Apa kamu sudah bisa bergerak?

Aku memeriksa kondisiku. Rasa sakitnya sudah agak mereda. Aku mungkin sudah cukup pulih untuk bisa bergerak. Rasa sakit di dalam tubuh dan perdarahan hampir seperti halusinasi, sebenarnya tidak ada kerusakan fisik. Itu hanya persepsi otak. Tapi rasa sakit itu nyata. Rasa sakit yang mungkin bisa membuat orang biasa mati.

Dampak dari mencoba melawan Eri jauh lebih buruk daripada melampaui batas dari reset.

Hiratsuka yang hendak pergi tiba-tiba mengatakan sesuatu padaku, seolah-olah dia baru saja mengingatnya.

...Terkadang, kamu bisa begitu jatuh cinta pada seseorang, meski hanya sehari atau bahkan dalam beberapa jam, tau?

Apa yang sedang kamu bicarakan?

Hehe, aku yakin kalau kamu pasti akan baik-baik saja, Toudo! Karena kamu mempunyai teman-teman yang penting! Seperti Hanazono dan Tanaka-san!

Hiratsuka tersenyum dan pergi begitu saja.

Aku benar-benar bingung dengan apa yang dia katakan. Bagaimanapun juga, aku dan Hiratsuka hanyalah teman sekolah biasa di masa SMP, dan baru saja bertemu lagi setelah sekian lama.

Rupanya, Hiratsuka pernah jatuh cinta pada seseorang.

...Aku bahkan tidak mengerti perbedaan antara cinta dan suka. Jatuh cinta pada seseorang. Merasa suka pada seseorang. Jika semuanya bisa dihapus, apa artinya semua itu?

Namun, hanya ada satu hal yang aku pahami, bahwa Hiratsuka adalah orang baik.

Hiratsuka, aku tidak begitu mengerti tapi terima kasih.

Aku berteriak ke arah punggung Hiratsuka. Hiratsuka tidak menoleh dan pergi begitu saja. Mungkin dia tidak mendengarnya. Punggungnya terlihat sedikit gemetar, tapi mungkin itu hanya imajinasiku saja.

Rasanya seperti hatiku yang hampir terlepas dari kekacauan sehari-hari telah kembali normal.

Aku bangkit dari bangku, menyeret kaki yang mati rasa, menuju stasiun kereta bawah tanah.

 

Ponselku bergetar.

Balas pesanku, dasar bodoh!!

Aad pesan dari Hanazono. Meskipun kata-katanya kasar, aku merasa lega.

—— Ada banyak masalah yang menumpuk. Pertama-tama, aku harus melengkapi kembali ingatanku tentang gadis yang bernama Tanaka.

Gadis itu adalah gadis yang terlalu baik.

Jangan membuatnya bersedih, hanya itulah yang diingat tubuhku.

Aku tidak ingin ada yang mengetahui kalau aku kehilangan ingatanku. Merasa kesepian karena dilupakan orang lain adalah hal yang sangat menyedihkan. Dadaku terasa sakit sekali. Apa yang sebenarnya terjadi?

Aku juga tidak bisa berkonsultasi tentang hal ini dengan Hanazono. ... Pasti Hanazono juga akan merasa sedih.

Aku memiliki buku catatan di rumah yang menuliskan tentang tindakanku. Aku harus melihatnya dan mencari informasi untuk memahami hubunganku dengan Tanaka.

Itu adalah tanggung jawabku sendiri. Tapi, bagaimana aku harus menanggapi Hanazono?

Aku menatap ponselku sambil berjalan. Waktu terus berlalu. Aku merasa gelisah karena tidak bisa menemukan kata-kata yang tepat.

Aku tidak bisa memikirkannya ketika aku naik kereta. Bahkan setelah sampai di stasiun, bahkan setelah sampai di depan apartemen... Ah—

Kamu terlambat! Dan kenapa kamu tidak membalas pesanku, dasar bodoh!

Meskipun aku tidak bisa membalas pesannya meskipun aku berpikir sebanyak apapun, kata-kata tersebut keluar begitu saja.

—Hanazono, aku pulang... Aku sangat ingin bertemu denganmu, Hanazono.

Hah? Hei, a-apa yang terjadi denganmu!? ...Eh, apa kamu sedang menangis?

Aku meraih bahu Hanazono. Aku tidak menangis sama sekali. Ini hanya karena aku lelah sehingga keringatku keluar.

Aku ingin mengatakan itu, tapi kata-kataku tidak mau keluar.

...Menjadi biasa tuh memang sulit, ya.

Hanazono menepuk-nepuk punggungku dengan pelan tanpa berkata apapun.

Pada saat itu, aku merasa penyesalan yang sangat mendalam. Aku telah mereset hubungan yang telah aku bangun dengan Hanazono. Sebuah tindakan yang tidak bisa aku perbaiki.

Sekarang aku benar-benar memahami keanehanku sendiri di sini.

Entah mengapa, aku merasa keringatku bercucuran semakin deras.

—Dan kemudian, aku teringat tentang reuniku dengan Hanazono setelah lulus dari sekolah SD.

 

◇◇◇◇

 

Satu-satunya barang yang tersisa di apartemen kosong itu hanyalah bingkai foto.

Setelah lulus dari sekolah dasar, aku membereskan barang bawaanku dan memikirkan masa depanku.

Ingatanku tentang waktu sebelum dan sesudah kelulusan masih kabur. Tapi aku merasa ada sesuatu yang besar telah terjadi.

Aku masih merasakan sensasi yang membekas karena sudah menggunakan reset terbesar yang pernah ada.

Perasaan kehilangan yang begitu mendalam dan menyakitkan masih terasa di dalam dadaku. Aku merasa kehilangan sesuatu yang penting. Meskipun seharusnya kehilangan ingatan, tapi aku masih mengingat momen yang tidak pernah hilang. Aku mendapati diriku sedang menggendong 'seseorang gadis' yang berlumuran darah dan tidak bergerak.

Aku berteriak sekencang-kencangnya. Aku tidak tahu mengapa aku berteriak. Meskipun aku mereset berulang kali, tapi rasa sakit di dadaku tidak pernah hilang. Aku memilih untuk menghancurkan diri sendiri dengan mereset berulang kali. Itulah sebabnya aku menjadi manusia yang hancur.

Mengapa cuma adegan itu yang tidak pernah hilang dari ingatanku meskipun aku sudah mereset berulang kali? Itu tidak penting. Tidak masalah jika aku tidak 'mengenali' itu. Yang terpenting sekarang adalah memahami situasi saat ini. Pertama-tama—

Mengikuti instruksi dari Eri, aku kembali ke rumah.

Tempat di mana rumahku dulu berada, sekarang berubah menjadi sebuah apartemen. Orang tuaku yang menjualku tidak pernah ditemukan di mana pun. Menurut cerita yang kudengar dari Eri, mereka bangkrut, melarikan diri pada malam hari, dan pergi ke tempat yang jauh. Aku sudah tidak tertarik dengan mereka.

Bagaimanapun juga, Eri memintaku untuk tinggal di sana. Apa yang dikatakan Eri adalah mutlak. Dengan hanya mendengarkan apa yang dia katakan, aku bisa hidup dengan damai. Mulai sekarang, aku harus pergi ke sekolah SMP biasa dan menjalani kehidupan yang normal.

Aku tidak mengerti apa arti dari 'normal'. Karena pengetahuanku hanya sebatas di sekolah SD itu.

Sebuah ruangan kosong di apartemen. Aku perlu membeli barang-barang sehari-hari untuk hidup sendiri. ... Aku tidak ingat pernah diajarkan hal seperti itu. Namun, ini pasti merupakan salah satu bentuk bertahan hidup. Jadi, yang kulakukan hanya perlu membeli buku petunjuk dan hidup sesuai dengan buku tersebut.

Pada hari itu, kehidupan sehari-hariku dimulai.

Aku tidak memahami apa itu kebebasan. Tidak ada yang memberi perintah kepadaku. Jika ada sesuatu yang tidak kusukai, aku bisa melakukan reset.

Kehidupan sehari-hari adalah pengalaman yang belum pernah aku alami, dan itu sangat menyakitkan.

Aku tidak tahu bagaimana cara menggunakan uang dan membuat pegawai toko terkejut. Aku tidak pernah menyadari betapa sulitnya berbicara dengan orang lain. Aku selalu merasa cemas karena bisa diserang oleh seseorang kapan saja.

 

Dalam perjalanan pulang dari berbelanja, aku didekati oleh seorang gadis yang tidak kukenal. Aku tidak tahu siapa diirinya, tapi dia gadis yang sangat cantik dan aku merasa nostalgia ketika melihatnya. Itu perasaan yang sangat langka bagiku. Tapi dia tampak marah.

Wajahnya merah padan dan dia terlihat seakan-akan hendak memukulku.

Mengapa kamu tiba-tiba menghilang...? Kamu benar-benar menjengkelkan.”

Maaf, kamu siapa?

“H-Hah? Aku ini teman masa kecilmu, Hanazono Hana! Apa kamu sedang mengejekku?”

Nama [Hanazono] muncul di benakku. Aku mengenali nama tersebut.

...Ah, Hanazono, ya. Maaf, aku hanya mengingat namamu saja....”

Apa kamu marah padaku? Mengapa kamu memasang wajah seperti itu? Apa kamu tidak senang bertemu denganku lagi?

Tidak terlalu……

“Kamu benar-benar tidak mengingat apa-apa... Bahkan janji kita juga... Padahal aku baru saja berhasil mengingatnya... Dasar bodoh, bodoh, bodoh, bodoh!”

Mengapa gadis ini terlihat sedih? Aku tidak bisa memahaminya.

Aku yakin pasti ada sesuatu yang terjadi dengan gadis ini ketika aku masih di TK sehinggat aku mereset ingatanku. Sekarang aku hanya bisa menganggapnya sebagai orang asing. Namun, aku masih mengingat namanya. Itu adalah kasus yang jarang terjadi bagiku.

Kamu mau masuk ke SMP mana?”

“Aku? Aku akan masuk ke SMP Bancho.”

“Begitu ya, berarti sama denganku. Kalau begitu, aku akan menjemputmu besok, jadi harap tunggu saja!”

Ti-Tidak, kenapa...

Hanazono mengatakan hal tersebut dan berjalan pergi. ...... Aku dibuat bingung. Tapi bukankah kami bertetangga? Jika kami bertetangga, kami harus akur.

 

Keesokan paginya, aku meninggalkan apartemenku untuk menghadiri upacara masuk.

Hanazono sudah berdiri menunggu di depan rumahku.

Hah? Kenapa kamu malah memakai pakaian biasa?! Cepat ganti seragammu!”

Selamat pagi, Hanazono. ...Apa itu seragam?”

Jangan memberi salam dengan enteng begitu! Lah, kamu juga tidak membawa apa-apa... Apa yang terjadi dengan tas sekolahmu?”

Hmm, aku hanya disuruh untuk pergi ke sekolah SMP saja. Apa aku memerlukan seragam dan tas juga? Aku dalam masalah. Aku belum menerima barang seperti itu.”

Awawawa...apa yang harus kita lakukan?

Tidak masalah. Aku juga memakai pakaian biasa di sekolah SD.”

Tunggu dulu, Toudo!!

Aku pergi menghadiri upacara masuk sekolah dengan pakaian kasual, dan semua orang di sekitarku menatapku dengan tatapan tercengang. Para guru memarahiku, tetapi kepala sekolah memarahi mereka dan membiarkanku lolos begitu saja. Rupanya, hanya kepala sekolah saja yang mengetahui situasiku.

Aku meminjam seragam cadangan dari ruang staf dan menuju ke ruang kelasku. Ujung celananya kurang panjang. Celananya juga terlalu ketat.

Entah kenapa aku merasa gugup. Mungkin karena aku belum pernah berada di tempat di mana ada begitu banyak orang yang sebaya denganku.

—— Aku penasaran, kira-kir apa aku bisa mendapatkan teman?

Aku selalu sendirian. Jadi aku punya harapan kalau aku bisa mendapat teman.

Ketika aku membuka pintu kelas, aku terpana melihat banyaknya jumlah siswa.

Aku mendengar suara bisik-bisik.

“Jadi dia berandalan yang datang dengan pakaian biasa.

Maksudku , wajahnya kelihatan menakutkan .

Orangnya kelihatan suram dan terlihat seperti berandalan, jadi lebih baik jangan terlibat dengannya.”

Hanazono sedang duduk di kursi dekat jendela. Aku merasa lega karena kami berada di kelas yang sama.

Entah kenapa, Hanazono memalingkan mukanya dariku dan wajahnya memerah. Aku tidak mengerti apa maksudnya.

Toudo-kun, untuk sementara, silakan duduk di sini sekarang. Sensei akan menjelaskan tentang sekolah sekarang.

Aku hendak menuju ke tempat duduk Hanazono, tapi aku tidak punya pilihan selain duduk di sisi dekat lorong.

Di sebelahku ada seorang anak laki-laki dengan kepala plontos. ... Haruskah aku menyapanya? Ya, semuanya adalah pengalaman. Mari kita menyapanya.

Namaku Toudo. Senang berkenalan denganmu.

...”

Tidak ada respon yang jelas dari siswa laki-laki. Kata-kataku pasti sudah tersampaikan dengan jelas. Ada suasana kesal dan kejengkelan darinya.

Pada waktu itu aku tidak begitu mengerti alasannya.

Belakangan aku mengetahui bahwa ...... dia menganggapku sebagai gangguan dan mengabaikanku.

Itu adalah pengalaman pertamaku diabaikan, dan aku merasa sangat sedih. Kesedihan dan kesepian yang belum pernah kurasakan sebelumnya.

Meskipun ada banyak siswa, aku sekali lagi— sendirian.

 

◇◇◇◇

 

Sudah berapa lama waktu berlalu? Rasanya hanya berlalu sejenak. Rasanya tidak lebih dari beberapa detik telah berlalu. Kesadaranku telah kembali ke dunia nyata setelah mengenang masa SMP.

... Aku tidak boleh bermanja pada Hanazono.

Maafkan aku, Hanazono. Bukan hanya kamu, tapi aku bahkan mereset Tanaka juga.

“Sudah kuduga...apa ada sesuatu yang terjadi? Lagi pula, kamu memang menyukai Haru-chan, kan?”

Aku menyembunyikan fakta bahwa aku telah kehilangan ingatanku. Hal itu demi tidak menciptakan siklus kesedihan. Rasa bersalah mencengkeram hatiku.

Aku melakukannya agar aku tidak membuat Tanaka sedih... Tapi apa ini benar-benar hal yang baik untuk dilakukan?

“Je-Jelas-jelas itu tidak bagus! ... Itu sangat menyedihkan. Baik Haru-chan maupun kamu.

Tangan Hanazono berhenti menepuk-nepuk punggungku. Kemudian dia menyentuh punggungku dengan lembut.

Seolah-olah dia memelukku. Meski aku tidak punya ingatan tentang ibuku, aku merasa seperti sedang dipeluk oleh ibuku.

“Aku masih belum tumbuh dewasa sejak dulu. Sudah kuduga, menjalani kehidupan yang normal merupakan hal yang sulit.”

Itu tidak benar!!

Perkataan Hanazono terdengar tegas dan penuh kekuatan.

“Kamu tidak seperti dulu lagi. Sudah sangat berbeda. Jadi setidaknya...kamu harus melampaui resetmu. Karena aku juga bisa melakukannya! Aku akan mendukungmu .... Lain kali, tolong bicarakan dulu baik-baik denganku, oke?”

Aku menanggapinya dengan anggukan kecil. Itu karena aku tidak bisa membuat suaraku berfungsi dengan baik.

Dia bahkan bisa melampaui reset? Hal itu tampaknya meragukan. Begitu ya, apa karena reset membuat orang lain menderita? Aku tidak ingin menyakiti diriku sendiri, jadi aku menyakiti orang lain untuk melindungi diriku sendiri.

Ketika aku menyadari kenyataan itu, air matakku mengalir tanpa henti dari mataku. Dadaku terasa sakit. Rasanya begitu menyakitkan, aku merasa seperti hampir hancur oleh rasa bersalah.

Jika aku mereset, semuanya akan menjadi lebih mudah. Tapi, aku tidak akan pernah mereset lagi. Ini adalah penderitaan yang diperlukan sebagai manusia.

“Berbeda denganku, Haru-chan adalah gadis yang baik, jadi kamu harus mendapatkannya kembali!

“....Tapi Hanazono juga gadis yang sangat baik.

Bo-Bodoh!? Kita sedang membicarakan tentang Haru-chan sekarang.... Bodoh, kamu itu benar-benar bodoh...

Sambil meneteskan air mata, Hanazono sekali lagi memukul dadaku. Meskipun tidak terasa sakit, tapi entah mengapa rasanya sangat menyakitkan.

Setiap kali Hanazono memukul dadaku, rasanya seperti ada sesuatu yang hancur di dalam diriku. Meskipun aku seharusnya telah meresetnya, aku tidak ingin melihat Hanazono menangis.

 

——Hancurkan reset itu.

 

Saat aku mendengar suara itu, tiba-tiba aku mendengar bunyi yang mirip seperti kaca pecah. Bunyi itu berasal dari dalam tubuhku. Sesuatu di dalam hatiku terasa terkoyak bersama dengan rasa sakit yang luar biasa.

Pada saat yang sama, saklar di dalam diriku menyala. Kesadaranku mendadak berubah.

Di dalam catatan pikiranku, ada kenangan masa kecilku dan Hanazono semasa TK. Itu adalah kenanganku bersama Hanazono yangtidak kukenal. Emosi yang terukir di dalam jiwaku. Emosi tersebut menggerogoti dan mengoyak hatiku.

Aku menyeka “air mata”ku sendiri, mengeluarkan sapu tangan untuk menyeka air mata Hanazono. Sesuatu di dalam diriku telah berubah. Ini bukanlah teori. Naluriku sendiri yang memberitahuku.

“...Hana-chan, maafkan aku karena sudah mereset.

Eh... Tsuyoshi?

Naluriku mulai berbicara dengan sendirinya. Pikiranku menjadi kacau balau. Namun...

Aku dengan lembut menyentuh punggung Hanazono. Aku ingin memeluknya dengan erat. Aku sendiri terkejut dengan keinginan untuk merangkulnya. Kupikir aku bebas dari hasrat fisiologis.

Bo-Bodoh! Jangan mendadak memanggilku Hana-chan. Rasanya begitu memalukan tau! Ji-Jika kamu sudah merasa lebih baik, aku akan pulang!

Hanazono pergi dengan wajah memerah...

Apa rasanya memalukan bagi pria dan wanita yang sudah dekat untuk saling bersentuhan?

...Hmm, itu tentu saja memalukan. Itu adalah perasaan paling memalukan yang pernah aku rasakan.

Aku memasuki apartemen sambil berterima kasih pada Hanazono.

 

Aku mengambil bingkai foto di apartemen.

Saat aku mengeluarkan foto yang menampilkan diriku dan Hanazono, sebuah foto tersembunyi muncul di belakangnya.

Foto tersebut menampilkan diriku, dua gadis, dan dua anak laki-laki.

Aku tidak mengingat siapa mereka. Namun, aku mengenali mereka. Inderaku bisa merasakannya. Mereka adalah keberadaan yang menghabiskan waktu bersama denganku di sekolah SD yang seperti neraka.

Aku tidak mengingatnya karena pemikiranku yang masih belum dewasa.

... Apa aku berteman dengan mereka?

Pria berambut panjang di foto itu disebut bernama Shimafuji. Ia jelas-jelas mempunyai kemampuan di luar batas manusia biasa.

Itulah ciri-ciri dari seseorang yang terus menerima pelatihan khusus.

Ia memanggilku dengan nama Toudo. Aku merasa ia mengenalku. Aku bisa merasakan sesuatu di dalam suara kerasnya. Rasa sayang, keheranan, kerinduan...

Kami pasti akan bertemu lagi suatu hari. Jika ada kesempatan, aku akan bertanya pada saat itu.

Namun, saat ini, aku tidak memerlukan hal-hal yang tidak biasa. Aku belum mendapat permintaan dari Eri sejak aku kelas satu SMA. Melindungi kehidupan sehari-hari lebih penting daripada itu. Prioritas utamaku adalah melengkapi kenanganku dengan Tanaka.

Aku menuju ke dapur dan menyeduh kopi. Awalnya, rasanya pahit dan tidak enak sama sekali, tapi sekarang aku menyukai pahitnya kopi.

Aku menuangkan kopi ke dalam cangkir yang kuterima dari Hanazono, duduk di samping Pomekichi, dan mulai memikirkan tentang gadis yang bernama Tanaka sambil melihat buku catatanku.

 

“Aku harus terus melangkah maju. Demi orang-orang yang berharga bagiku. Aku harus melangkah maju, demi mendapatkan kembali. Aku harus melangkah maju, supaya aku bisa berubah—”

Meskipun itu hanyalah kata-kata gumamanku sendiri, kalimat tersebut menusuk ke dalam relung hatiku....

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama