Otonari no Tenshi-sama Jilid 8.5 Bab 1 Bahasa Indonesia

Penerjemah: Maomao

Bab 1 — Perjalanan Yang Sudah Ditempuh Sejauh Ini

 

Ujung pena itu bergerak di atas kertas, menghasilkan suara gesekan yang sedikit terbata-bata saat mengisi halaman kosong. Amane berusaha untuk tidak melihat apa yang ditulis oleh Mahiru dan pena bolpoin tipisnya, ia melirik ke arahnya. Mahiru duduk di sebelah Amane dan Mahiru dengan diam mengisi bagian dari buku tebal dengan tinta.

Setelah makan malam dan setelah pekerjaan membersihkan selesai, Amane dan Mahiru akan bersantai bersama. Namun, itu tidak berarti mereka selalu dekat satu sama lain. Bahkan teman sekelas mereka dan lucunya, Itsuki juga salah paham tentang itu. Sepertinya orang-orang berpikir Amane dan Mahiru selalu saling menggoda sepanjang waktu.

Dalam kenyataannya, itu jauh dari kebenaran. Mereka masing-masing melakukan apa yang harus mereka lakukan sendiri-sendiri. Mereka tidak selalu bersama atau saling mengawasi. Meskipun mereka berbagi ruangan yang sama, mereka menghabiskan waktu mereka dengan melakukan aktivitas yang mereka sukai dan mengisi waktu mereka dengan damai. Hari ini juga tidak terkecuali. Meskipun Mahiru sudah mengamankan tempatnya di sebelah Amane, dia tetap fokus pada tugasnya sendiri yaitu dengan tenang menulis sesuatu.

Amane tidak mencoba mengintip apa yang sedang ia tulis. Bahkan bagi orang lain, akan tidak sopan untuk melakukannya. Namun, dia bisa tahu kalau dia sedang menulis sesuatu. Sebelumnya dia sudah menulis ringkasan dan evaluasi untuk resep-resep masakan, tetapi ini sepertinya bukanlah buku jenis seperti itu. Sekilas, ini terlihat seperti buku yang lebih mewah dengan sampul kulit.

"Apa yang sedang kamu tulis?"

Meskipun merasa buruk karena mungkin akan mengganggunya, Amane tidak bisa menahan rasa ingin tahunya karena melihatnya begitu fokus menulis. Mahiru langsung menoleh ke atas, menunjukkan ekspresi bingung.

Kemudian, dia menyadari pandangan Amane yang berkeliling di tangan-tangannya dan memahami pikirannya.

"Ah. Ini... mungkin bisa disebut sebagai buku harian? Aku rasa aku harus mencatat apa yang terjadi hari ini mumpung aku masih ingat."

"Ah, aku sudah menduganya kalau kamu orangnya rajin."

Amane bertanya-tanya apa yang sedang Mahiru tulis, dan ternyata itu adalah sebuah buku harian. Memang, setelah mendengar jawabannya, buku di depannya terlihat seperti buku harian. Buku itu tidak terlihat cantik atau lucu yang seperti disukai oleh Gadis SMA. Sebaliknya, itu adalah sesuatu yang kokoh dan berbobot, yang sangat mirip dengan Mahiru.

Buku itu terlihat terawat dengan baik dan juga memiliki sejarahnya sendiri. Jelas itu tidak terlihat seperti sesuatu yang baru saja Mahiru mulai gunakan.

"Apa kamu selalu menulis di buku harian itu setiap hari?"

"Tidak, aku tidak menulisnya sesering itu, kok. Aku hanya melakukannya ketika ada sesuatu yang terjadi. Aku rasa ini bisa disebut sebagai kebiasaanku sejak kecil?"

"Yah, bukankah itu bagus? Kalau kamu mencatat apa yang terjadi setiap hari, kamu pasti akan lebih mudah mengingatnya suatu saat nanti."

"Iya. Walaupun ada baik dan buruknya juga."

Amane tidak benar-benar memiliki buku harian, tetapi jika ada sesuatu yang layak dicatat, Amane akan segera mencatatnya di aplikasi penjadwalan di ponselnya. Sering kali itu berguna ketika sedang ingin mengingat kembali.

"Aku sih menganggapnya sebagai cara yang baik untuk mengurutkan emosi dan kenangan."

Mahiru mulai menjelaskan.

"Dengan mencatat pengalamanku di sini, aku bisa dengan cepat mengingat kembali kejadian-kejadian masa lalu. Aku bahkan menulis tentang saat kita pertama kali bertemu... yah, saat kita pertama kali berbicara."

"Aku bertaruh kamu menulis sesuatu seperti Ada yang salah dengan orang ini? , kan?"

Mereka mulai berbicara satu sama lain saat dimana suatu hari Amane memberikannya sebuah payung. Melihat ke belakang, dia sadar bahwa dia tidak meninggalkan kesan pertama yang baik. Sikapnya ragu-ragu dan cara bicaranya singkat. Mahiru kemungkinan memiliki pemikiran ini saat itu.

Meskipun Mahiru sendiri tidak banyak berbicara, dia sendirian di hari itu mungkin setelah interaksi yang kurang menyenangkan dengan ibunya. Sangat alami jika dia tidak dalam mood terbaik ketika orang asing yang sama sekali tidak dia kenal mendekatinya saat itu dengan cara berbicara yang langsung tanpa basa-basi.

Apa aku tidak bisa melakukan sesuatu untuk memperbaiki sikapku ini?

Semakin dia merenung tentang itu, semakin penyesalan mulai menghampirinya. Tapi Mahiru menoleh dan tertawa kecil melihat wajahnya.

"Hehe. Aku tidak akan menyangkal itu, tapi itu bukan perasaan negatif juga. Aku sudah melihat bagaimana kamu bersikap acuh di sekolah, jadi aku sudah tahu apa yang ingin kamu lakukan. Juga, sepertinya kamu tidak memiliki motif tersembunyi saat menawariku payung waktu itu."

"Jadi, berakhir dengan baik juga, kurasa?"

"Iya. Bahkan, aku merasa lebih aman karena kamu bersikap seperti itu... Pasti mengganggu ketika orang asing tiba-tiba bersikap baik padamu, kan? Menakutkan memiliki seseorang yang tidak kamu kenal mencoba masuk ke dalam hidupmu seperti itu."

"Iya, aku juga berpikir begitu, sih."

Untuk Mahiru pada titik itu dalam hidupnya, mempercayai orang lain pasti menjadi hal yang sulit. Karena dia mengerti nilai dan posisinya sendiri, dia sepertinya selalu menjaga orang lain pada jarak tertentu dan tidak pernah membiarkan mereka mendekat.

"Ujung-ujungnya, sikap yang kamu perlihatkan menjadi dasar bagiku untuk mempercayaimu dan itu sangat membantuku membangun kepercayaan kalau tidak apa-apa bagiku untuk terlibat denganmu. Jadi itu bukanlah hal yang buruk."

"Aku senang mendengarnya, tapi mungkin lebih baik kalau aku bisa mendekatimu dengan cara yang berbeda sih."

Amane mengakuinya, dia sadar akan betapa tidak ramahnya dia dulu.

Namun, Mahiru hanya tertawa kecil.

"Aku tidak akan menyangkal kalau wajah serius dan sikap acuhmu sangat terlihat jelas waktu itu, Amane-kun."

"Aku minta maaf."

"Aku tidak menyalahkanmu, kok."

Mahiru menutup mulutnya dengan lembut sambil melepaskan tawa kecil yang hampir terdengar seperti bisikan.

Amane tidak bisa tidak mengirimkan tatapan tajam ke arahnya, tapi senyum Mahiru hanya semakin dalam. Dia memalingkan kepalanya dalam kekalahan.

Mahiru masih tertawa walaupun dia sudah tidak mengejek Amane. Saat pertama kali bertemu dengannya, Mahiru memiliki bagian dari kesulitannya sendiri, jadi sedikit ejekan ringan tidak mengganggu untuk Amane. Meskipun begitu, itu tidak berarti dia menikmatinya. Dengan menghela nafas kecil, dia dengan ringan menggerakkan ujung jarinya ke bawah punggungnya sebagai balas dendam. Dia bisa merasakan tubuhnya sejenak bergetar sebagai respons.

Namun, Mahiru tampaknya tidak keberatan dan dengan lembut mengetuk paha Amane dengan tangannya seolah-olah untuk membalas. Kemudian dia kembali ke buku harian miliknya dan penanya kembali bergerak dengan mulus di halaman buku itu. Amane tidak bisa tidak bertanya apakah dia menulis tentang pertukaran kecil mereka barusan.

Dia merasa rumit, membayangkan Mahiru di masa depan mengejeknya tentang apa yang sudah dia tulis. Namun, dia tidak memiliki hak untuk menghentikannya dan mengamati dengan bibir terkatup saat dia dengan gembira melanjutkan menulis di buku harian-nya.

Mahiru tidak menulis setiap hari, juga tidak mengisi seluruh halaman setiap kali. Tapi sampul kulit yang sudah tua itu adalah bukti dari kebiasaannya yang sudah lama. Dilihat dari jumlah halaman yang sudah terisi, jelas kalau dia sudah menjaga buku harian itu selama bertahun-tahun. Koleksi halaman itu telah tumbuh bersama Mahiru dalam perjalanannya, baik dalam jumlah maupun kedewasaan.

"Kamu penasaran, Amane-kun?"

Mahiru bertanya sambil mencondongkan kepalanya, menyadari pandangan Amane saat dia mengamati penanya bergerak di atas halaman.

"Yah, bakalan bohong sih kalau aku mengatakan tidak penasaran dengan itu, tapi aku bisa bayangin itu semua adalah kenangan dan emosi pribadi yang sudah kamu pilih untuk dicatat. Baik hal yang baik maupun yang buruk. Kalau kamu tidak ingin orang lain melihatnya, aku tidak akan memaksa untuk masalah itu."

Amane menganggap dirinya sedikit posesif, tapi itu tidak berarti dia memiliki hak untuk mengikat seseorang hanya berdasarkan perasaannya. Dia tidak berniat menyakiti pacarnya demi mengutamakan emosinya, juga tidak percaya bahwa mengetahui segalanya adalah hal yang baik. Itu sepenuhnya adalah pilihan Mahiru untuk berbagi atau menyembunyikan bagian dirinya itu.

Amane tidak memiliki suara dalam hal itu.

"Aku yakin mungkin ada hal-hal yang kamu ingin rahasiakan, dan aku tidak benar-benar berpikir aku harus membaca itu. Hanya karena aku pacarmu, tidak berarti aku memiliki hak untuk melihat segalanya. Setiap orang memiliki satu atau dua hal yang mereka lebih suka simpan untuk diri mereka sendiri."

"Amane-kun, kamu itu orangnya pengertian sampai-sampai bikin orang lain repot, ya?"

...

Amane merasa seolah-olah dia tidak percaya padanya, dan dia bingung dengan reaksinya. Namun, mengerti bahwa keheranannya tidak dimaksudkan dengan cara yang merendahkan, dia memilih untuk tidak mengeluh lebih lanjut.

"Aku itu bukan kamu, Mahiru. Aku tidak mungkin mengetahui semua tentangmu, juga aku tidak berpikir aku harus tahu. Kamu juga pasti memiliki hidupmu dan rahasiamu sendiri, kan?"

"Hehe, Aku paham...tapi apa kamu tidak pernah menjadi penasaran hanya demi penasaran itu sendiri, Amane-kun?"

"Aku tidak merasa aku perlu untuk melihatnya. Selama kamu bisa memberitahuku hal-hal yang bisa kamu ceritakan padaku, aku sudah cukup."

Ketika Amane secara teguh menunjukkan rasa hormat karena keinginannya, Mahiru membuat suara "Hmm" dan mulai membalik-balik halaman buku harian miliknya.

"Saat kamu menyebutkan hal-hal yang 'ingin aku bagikan', itu sulit untuk dijawab."

Halaman kehidupan Mahiru, yang didokumentasikan dengan ujung jarinya yang halus, berbalik satu per satu dengan sekali geser, setiap halaman mengungkapkan lalu menyembunyikan huruf-huruf yang tampak sedikit lebih bulat dari sekarang, jelas ditulis oleh seorang anak.

"Seolah-olah aku menulis sesuatu yang menarik. Ini bahkan tidak seperti buku harian, tahu? Mungkin lebih seperti hanya catatan sederhana, seperti laporan semacam itu. Aku mengira halaman yang paling mirip buku harian adalah sesuatu yang aku tulis saat masih SMP. Secara emosional, aku belum dewasa, jadi kalau ada sesuatu yang buruk terjadi, aku menaruh semua yang aku rasa tidak puas ke dalam buku harianku daripada memikirkannya di dalam kepala."

"Kalau melakukan itu membuatmu terlihat belum dewasa, terus orang-orang yang melepaskan kemarahan secara sepihak harusnya seperti bayi atau sesuatu?"

"Yah, ada saatnya orang tidak dapat mengendalikan emosi mereka sendiri dan mengarahkan frustrasi mereka pada orang lain."

"Sulit untuk menyangkal kalau mereka bertingkah seperti anak kecil yang menginginkan orang lain untuk menghibur mereka."

"Aku yakin pasti itu benar."

"Kenapa kamu malah terlihat begitu murung setelah mendengar itu, Amane-kun?"

"Tidak, hanya saja aku merasa seolah-olah aku mungkin memiliki sisi itu, mungkin?"

Amane umumnya bukan tipe orang yang mudah marah, dan dia jarang menghabiskan waktu yang cukup dengan orang lain untuk memiliki kesempatan untuk melampiaskan kemarahan. Namun, sekarang dia mengambil waktu sejenak untuk mempertimbangkan kemungkinan bahwa dia mungkin melampiaskan frustrasinya pada orang lain tanpa dia sendiri menyadarinya.

Orang sering tidak sadar akan hal itu ketika mereka melakukannya, jadi dia merasa bahwa berhati-hati bisa berfungsi sebagai pengaman, baik untuk saat ini maupun untuk masa depan. Mahiru tampaknya merenungkan ini sejenak dan dia memikirkannya lebih dalam.

"Amane-kun yang melampiaskan emosinya... itu mungkin sangat menyenangkan."

"Harusnya kamu bilang tidak!"

"Aku hanya bercanda."

"Hanya bercanda, kan?"

"Yah, bayangin itu saja bisa aku merasa itu lucu."

"Tidak peduli bagaimana kamu melihatnya, bereaksi seperti itu hanya akan menjadi penyalahgunaan emosi, tahu? Aku ragu itu bisa disebut 'lucu'..."

Hanya membayangkan dirinya sendiri melampiaskan emosinya dan mengarahkannya pada Mahiru membuat Amane merasa mual. Mungkin dianggap lucu untuk seorang anak, tapi penampilan Amane, meskipun masih muda, dia sudah dekat dengan sosok dewasa yang terhormat, dan dia pasti sudah berusaha bertingkah sebanyak mungkin seperti orang dewasa.

Tidak ada seorang pun yang ingin melihat orang seperti itu berteriak dan berteriak hanya karena mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mahiru mungkin tidak benar-benar ingin melihat Amane mengekspresikan emosinya secara terbuka. Mahiru kemungkinan besar tidak akan menyetuji sifatku yang benar-benar tidak dewasa.

"Bagaimanapun juga, Amane-kun. Aku tidak berpikir kamu itu tipe orang yang meluapkan frustrasimu kepada orang lain. Lagipula, kamu bisa cukup merendahkan diri. Kamu bahkan sering meremehkan diri sendiri, dan merasa putus asa tanpa ada yang tahu, kan?"

"Ugh."

"Dan ketika sesuatu yang buruk terjadi, kamu pasti benar-benar merasa sedih dan bahkan cenderung menyalahkan diri sendiri karena itu. Bahkan jika orang lain benar-benar salah, kamu masih akan fokus pada kekuranganmu sendiri."

"...Jarang banget ada waktu dimana orang lain benar-benar merasa seratus persen salah."

Seperti yang Mahiru katakan, Amane cenderung menyusut, berpikir bahwa mungkin kesalahan ada pada dirinya, meskipun tidak sampai pada titik penarikan total.

"Bahkan jika itu bukan seratus persen, ada banyak kali ketika sembilan puluh sembilan koma sembilan persen kesalahan ada di orang lain, loh?"

"Yah, mungkin juga sih. Tapi..."

"Sementara aku percaya aku tipe yang sama denganmu, aku mencoba untuk lebih berpikir sempit tentang itu. Aku sebenarnya juga ingin merenungkan tindakanku, tapi aku tidak menemukan alasan untuk apa aku minta maaf. Aku tidak ingin menghabiskan seluruh waktuku terjebak dalam rasa bersalahku."

Itu mungkin pilihan terbaik karena Mahiru bisa membuat penilaian yang tegas seperti itu, dan Amane merasa itu mengagumkan.

"Yah, walaupun aku sempat bilang begitu, aku yang dulu tidak hampir sebaik itu dalam mengatur emosiku, dan aku kekurangan pesona. Aku bahkan tidak bisa mengeluarkannya dan ni benar-benar menunjukkan betapa mudanya aku."

"Kekurangan pesona, kah?"

"Kenapa kamu terus-terusan mempertanyakan bagian itu?"

"Mungkin ada sesuatu ingin diartikan oleh bidadari yang menggemaskan ini?"

Mahiru tampaknya tidak sadar akan itu tapi tindakan dan cara bicaranya begitu menarik sehingga Amane tidak bisa tidak bertanya-tanya apa yang sebenarnya Mahiru bicarakan.

Mahiru tampaknya berpikir itu alami bagi orang untuk menggambarkan perilakunya sebagai Bidadari karena sengaja. Tapi ketika semua itu diambil dan hanya dengan Mahiru, sendirian dengan Amane, perilakunya menjadi tidak jelas.

Kadang-kadang, dia akan bertindak dengan cara yang provokatif, mungkin didorong oleh seseorang tertentu, tapi selain itu, Mahiru adalah dirinya sendiri. Gaya dan pilihan kata yang menawan sepertinya akan terhitung jika dilakukan oleh orang lain. Meskipun menakutkan kalau dilihat secara langsung.

"Siapa ya dulu banget pernah bilang aku tidak lucu?"

Mahiru mengingat pertukaran di masa lalu.

"Dulu aku tidak tahu tentang itu."

Amane merasa menyesal untuk penilaian sebelumnya, dan rasa bersalah itu muncul kembali sekarang setelah Mahiru mengungkitnya.

"...Seperti yang pernah kamu bilang, Amane-kun, aku pikir aku memang kekurangan pesona waktu itu."

"Tidak. Kalau aku sekarang melihat kamu di masa lalu, aku pasti akan berpikir kamu itu sangat lucu, tahu?"

"Itu kalau kamu yang melihatku melalui kacamata, kan?"

"Aku pikir kamu tetap bakalan lucu meskipun tidak memakai kacamata."

Bagi Amane, yang sekarang mengenal Mahiru apa adanya, Mahiru yang menolak untuk membuka hatinya kepada siapa pun dan selalu memakai topeng Malaikatnya untuk menjauhkan orang yang tidak Mahiru kenal.

Persona Malaikat Mahiru adalah taktik bertahan hidup yang dia gunakan untuk melindungi dirinya secara emosional, dan meskipun Amane tidak berniat untuk mengomentari hal itu, melihat betapa lebih santai dan penuh kasihnya Mahiru saat ini membuatnya meragukan mereka bahkan orang yang sama.

Amane sama sekali tidak berniat mengejeknya. Dia hanya menemukan Mahiru sangat menarik dan dan tersenyum santai. Sebaliknya, Mahiru mengembungkan pipinya seperti balon sebagai tanggapan atas komentarnya.

Gestur agak kekanak-kanakan itu sangat menggemaskan, mendorong Amane untuk menambahkan, "Sekarang, kamu mirip seperti tupai." Sebuah tepukan ringan melayang ke sampingnya sebagai respons.

Cara Mahiru mengekspresikan ketidakpuasannya, seperti biasa, menarik.

Amane tahu perilaku ini hanya diperuntukkan bagi dia, yang membuatnya semakin spesial.

"...Dan sekarang, kamu bertingkah seperti anak kucing yang jujur dan ingin dimanja, tidak seperti saat kita pertama bertemu."

"Apa aku boleh mengulanginya?"

"Kamu tidak perlu lagi, kan?"

Mungkin tepat untuk mengatakan bahwa kebutuhan akan topengnya sudah hilang. Mahiru tidak perlu lagi berpura-pura di sekitar Amane. Dia membiarkan dirinya lebih sering mengekspresikan sisi lembutnya karena dia percaya bahwa orang-orang di sekitarnya akan menerima dirinya yang apa adanya.

Kepercayaan itu, kasih sayang yang diarahkan padanya, membuatnya lebih bahagia dari apapun.

"Aku tidak perlu memakai topeng saat aku sedang bersamamu, Amane-kun."

"Kamu memang tidak memakainya sejak awal kita bertemu."

"Yah, maaf."

"Maaf..."

"...Kamu boleh mengelus kepalaku sebagai permintaan maaf, tahu?"

Saat Mahiru menawarkan kepalanya dalam antisipasi elusan yang akan datang dan hampir membuat Amane tertawa, dia dengan patuh mengelus rambut sutranya yang halus. Rambutnya terawat baik, seperti biasa, menyerupai benang flaks, dan terasa sangat lembut. Tidak hanya itu, rambutnya juga wangi, meninggalkan aroma yang menyegarkan namun manis di udara.

Menggerakkan jarinya dengan hati-hati melalui rambutnya yang tergerai menutupi bahunya, ekspresi tidak senangnya perlahan-lahan melunak seolah-olah mengeluarkan lebih banyak kebahagiaan.

"Apakah ini sesuai dengan keinginanmu, nyonyaku?"

"Iya."

Sesuai dengan katanya, Mahiru menunjukkan ekspresi yang terang-terangan gembira, yang membuat Amane tidak bisa tidak membayangkannya dengan ekor dan mengibas-kibaskannya dengan bersemangat.

"Hmm, kucing? Atau mungkin anjing...?"

"Kamu bilang sesuatu?"

"Tidak."

Karena takut mengatakan terlalu banyak mungkin akan merusak moodnya, dia menelan pikirannya dan terus mengelus kepala Mahiru dengan lembut. Menerima sentuhannya, Mahiru tampaknya mengabaikan komentar sebelumnya dan dengan lembut bersandar padanya.

Buku harian itu tetap berada di tangannya, menegaskan keberadaannya.

"Kamu tidak mau menulisnya?"

Amane bertanya-tanya.

"...Setelah ini, aku berniat menulis tentang bagaimana Amane-kun sekali lagi memperlakukanku seperti binatang."

"Pasti di masa depan kamu bakalan berpikir aku orangnya buruk, kan?"

Mahiru tertawa kecil.

"Kalau kamu kebetulan tidak ingat, kamu mungkin akan bertanya-tanya apa yang sedang kamu lakukan."

Deskripsi tentang peristiwa sebelumnya sudah diputuskan saat Mahiru dengan lembut melacak jarinya di sepanjang buku harian untuk menemukan di mana dia berhenti.

"Aku ingin menciptakan berbagai macam kenangan. Seperti buku harian yang sudah aku simpan sejauh ini, aku ingin mengumpulkan dan menyatukannya semua."

Dengan itu, Mahiru menggulir halaman buku itu lagi, menatap huruf-huruf yang sedikit pudar, ditulis dengan tinta yang telah berubah warna karena usia, dan kembali ke masa lalu, menatap langsung melalui halaman pada kenangan-kenangan waktu itu dalam hidupnya.

"Saat aku tidak bersamamu, aku tidak benar-benar merasa terpenuhi. Aku baru menyadari itu sekarang, Amane-kun."

Mahiru mengungkapkan ini tidak dengan penyesalan atau ketidakpuasan, tidak dengan kepahitan atau kesedihan, tetapi hanya dengan nada yang penuh renungan dan nostalgia yang juga tercermin dalam tatapan matanya yang jernih dan bahagia. Dengan itu, dia dengan tenang menutup matanya, menggulir ke halaman lain yang pasti sudah dia tulis sejak lama.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama