Kono Monogatari wo Kimi ni Sasagu Bab 1 Bagian 4 Bahasa Indonesia

 Penerjemah: Maomao

Bagian 4

 

"Maaf untuk yang sebelumnya."

"Hei."

Itu terjadi beberapa jam setelah pagi ketika Kotoha jatuh ke sawah, saat istirahat siang.

Saat Yuuto sedang makan roti dari kantin di kelas, tiba-tiba dia muncul dan duduk di depannya. Kemudian, dengan cepat, dia mulai membuka bungkusan kotak makan siangnya di atas meja Yuuto.

"Tidak apa-apa kan makan siang bareng aku?"

"Aku sih suka makan sendirian. Lagipula, tidak biasa siswa kelas satu datang ke kelas tiga."

"Pokoknya, jangan terlalu memperhatikan detailnya."

Suara Kotoha sedikit meninggi.

"Karena apa yang senpai lakukan dengan paksa pagi ini, aku jadi basah kuyup seperti ini. Apa senpai tidak merasa sedikit bersalah? Akhirnya, aku harus mengganti sampai pakaian dalamku—"

"Aku minta maaf."

Pandangan sekitar menjadi cukup menyakitkan. Pasti dia melakukannya dengan sengaja.

Kotoha tersenyum puas, lalu mulai membuka lagi kotak makan siangnya.

Pagi itu, setelah Kotoha jatuh ke sawah, Yuuto menariknya keluar dari sawah yang penuh dengan lumpur. Beruntung dia tidak terluka karena jatuh ke tanah yang lunak. Setelah itu, dia membawanya ke ruang kesehatan sekolah dengan duduk di bagasi sepedanya. Kemungkinan besar, seragam yang dia pakai itu adalah pinjaman dari ruang kesehatan. Untungnya, tas sekolahnya ditinggalkan di jalan sehingga aman. Jika tidak, buku pelajaran dan kotak makan siang yang dia makan sekarang mungkin sudah berbagi nasib dengannya.

"Jadi, apa urusanmu denganku?"

"Aku datang untuk berbicara sambil makan siang. Aku pikir tadi pagi mungkin sedikit kelewatan."

"Kamu sekarang juga cukup memaksa, tahu?"

"Hmm. Apakah itu baik-baik saja kamu bilang begitu, senpai?"

Kotoha melirik sekelilingnya.

Dengan hanya gerakan itu saja, Yuuto merasa napasnya tertahan.

"Jangan bilang kamu sengaja jatuh? Memang, cara kamu terhuyung-huyung tadi juga mencurigakan—"

Kotoha tetap diam, menatap Yuuto dengan tatapan yang intens.

Kalah dengan kekuatan aneh itu, Yuuto terdiam.

Tidak bisa menang—Apa ini penghinaan, berhadapan dengan gadis yang lebih muda.

"Nih, aku kasih ke senpai."

Kotoha menggunakan tutup kotak makan siang sebagai piring dan menawarkan beberapa lauk.

"Apa?"

Kenapa begitu tiba-tiba.

Yuuto sama sekali tidak mengerti apa yang dipikirkan gadis yang ada di depannya.

"Ini sebagai ucapan terima kasih. Senpai sudah menyelamatkanku pas aku jatuh ke sawah. Aku sedikit terkesan. Senpai ternyata cukup jantan."

"Kalau kamu sampai tenggelam, bangun tidurku pasti akan buruk."

"Tolong jangan asal membuatku jadi pupuk sawah. Tapi kalau itu terjadi, aku pasti bakal muncul sebagai hantu."

Meskipun kata-katanya terdengar aneh, Kotoha tersenyum manis.

"Nah, makanlah ini. Makan roti dari kantin saja tidak baik untuk tubuh. Mengelola kesehatan penulis juga bagian dari pekerjaan editor."

"Editor seperti itu..."

Belum pernah aku lihat—

Sebelum Yuuto bisa menyelesaikan kalimatnya, dia berhenti berbicara.

Bahaya, bahaya. Sepertinya aku selalu lengah di depan Kotoha.

"Terima kasih, aku akan memakannya dengan senang hati."

"Silakan, silakan."

Rolade telur, sosis bentuk gurita, spinach ohitashi, dan ubi yang dipanggang.

"Enak..."

Bagi Yuuto, yang biasanya melewatkan sarapan, makan siang hanya dengan roti dari kantin, dan makan malam dengan bento dari toko serba ada, ini adalah rasa dari masakan rumahan yang sudah lama tidak dia rasakan.

"Kan?"

Sambil mengamati Yuuto, Kotoha menampilkan ekspresi bangga yang ceria.

"Aku yang membuatnya."

Tanpa sadar, Yuuto terpesona oleh senyum tanpa beban itu.

Ini berbahaya, pikir Yuuto.

Bukan masalah masakannya.

Tapi situasi ini, di mana dia mulai terbiasa diberi makan.

"Biar aku bilang ya, hanya karena ini enak, bukan berarti aku akan menulis novel, lho?"

"Tentu saja aku tidak berpikir untuk memancing senpai dengan makanan. Apa yang aku bilang tadi itu serius. Mengelola kesehatan mungkin terdengar berlebihan, tapi aku tidak tahan melihat makanan sehari-hari senpai. Mulai besok, aku akan membuatkan bekal untuk senpai setiap hari. Kalau senpai tidak keberatan, mungkin aku juga bisa membuatkan sarapan dan makan malam, loh?"

"Lebih baik tidak usah..."

"Eh? Bagi seorang siswa SMA laki-laki, situasi di mana seorang kouhai datang ke rumah senpainya untuk memasak terdengar seperti mimpi, kan?"

"Kalau lawannya bukan seseorang seperti kamu yang berbahaya..."

"Memanggilku orang berbahaya, itu kasar, lho? Tapi, baiklah, mungkin sarapan dan makan malam terlalu berlebihan, tapi makan siang masih oke, kan?"

"Eh, tunggu, tunggu sebentar."

Yuuto mengingat kembali pertanyaan Kotoha dari sebelumnya, lalu memikirkan kembali jawabannya sendiri.

"Eh, jadi begitu, ya? Bukannya itu curang?"

"Jangan sungkan. Mulai besok aku akan membuatkan bekal untuk senpai, jadi jangan beli roti melulu, oke?"

Kotoha tersenyum manis. Yuuto kehilangan kata-kata sambil menarik sudut mulutnya. Ia memiliki banyak kata protes yang muncul di pikirannya, tapi sepertinya semua itu tidak cukup kuat untuk menahan kekuatan aksi Kotoha yang luar biasa. Bukannya karena dia ingin makan masakan Kotoha lagi.

Sungguh, apa sebenarnya dia ini?

Yuuto dan Kotoha mengobrol tentang hal-hal sepele terkait kehidupan sekolah sambil makan siang.

Mulai dari keluh kesah tentang betapa sulitnya belajar setelah masuk SMA, hingga keluhan tentang betapa curamnya bukit di depan sekolah—pada dasarnya Kotoha yang banyak bicara, dan Yuuto memberikan komentar atau menimpali dari waktu ke waktu.

Ada satu hal yang sedikit meninggalkan kesan pada Yuuto.

Kotoha pandai menemukan sisi baik dari segala sesuatu.

"Setelah masuk SMA, belajar memang menjadi lebih sulit, tapi berkat itu aku mendapat kesempatan untuk mengetahui hal-hal baru, kan? Seperti buku teks fisika, yang biasanya tidak akan aku baca dalam kegiatan membaca sehari-hari."

"Tanah di depan sekolah itu curam, ya? Di musim ini juga panas, jadi membuat kita berkeringat. Tapi, karena itu, saat kita berbalik dan melihat pemandangan yang luas dari atas bukit, tidakkah itu membuat senpai merasa bahagia? Saat angin sejuk berhembus, perasaan menjadi segar dan itu enak banget, kan?"

Mendengar kata-kata itu, menjadi hal yang menarik bagaimana kelas yang diikuti karena kewajiban dan pemandangan yang biasa dan tidak ada yang spesial itu, bisa terasa sedikit lebih istimewa.

Yuuto menyadari bahwa orang seperti dia jarang ditemui di sekitarnya selama ini.

Atau mungkin dia berpikir—

Jika dunia ini diisi oleh orang-orang seperti dia, mungkin keadaannya saat ini bisa jadi sedikit berbeda.

 

Sudah satu minggu sejak bertemu dengan gadis yang bernama Natsume Kotoha.

"Tidak, apa sebenarnya yang ingin Natsume lakukan sih..."

Di jalan pulang dari sekolah, Yuuto melihat wajah Kotoha yang disinari matahari senja saat berjalan di sampingnya di atas jembatan.

Di bawah jembatan, sekitar lima meter ke bawah, ada sungai yang airnya mengalir dengan tenang. Suara air sungai yang mengalir itu entah kenapa sangat cocok dengan dirinya.

Kotoha menoleh ke Yuuto dengan kepala sedikit miring.

"Apa maksudnya? Kan sudah aku bilang dari awal?"

Itu artinya, dia ingin Yuuto menulis novel, dan dirinya ingin berlatih menjadi editor.

"Tapi Natsume, kamu hanya membuatkan bekal dan menemaniku berangkat serta pulang sekolah doang, lho?"

Selama seminggu ini, sesuai dengan yang dia katakan, Kotoha selalu membuatkan bekal untuk Yuuto setiap hari. Bahkan, di pagi hari dia sudah menunggu di depan apartemen tempat Yuuto tinggal, dan saat pulang, dia datang menjemput ke kelas Yuuto dengan sangat detail.

Namun, dia hanya berbicara tentang hal-hal sepele seperti apa yang terjadi di sekolah atau impresi buku yang baru dibaca, dan tidak pernah sekali pun mendesak Yuuto untuk menulis novel.

"Punya pacar yang sangat perhatian, bukannya itu baik?"

"Tidak, itu menyeramkan."

"Berarti misterius dong."

"Kamu kelewatan batas."

Kotoha mulai berjalan cepat ke depan, lalu berputar untuk menghadap Yuuto. Kedua mereka berhenti berjalan.

 

"Karena aku ingin tahu lebih banyak tentang senpai."

 

Tanpa disadari, Yuuto terkejut dan kehilangan kata-kata. Melihat ekspresi Yuuto, Kotoha tersenyum licik.

"Dan, aku juga berharap kalau kamu bisa terpesona sama aku."

"Itu pasti yang sebenarnya lagi kamu pikirkan, kan?"

"Ehehe."

Yuuto tidak bisa tertawa. Melihat situasi saat ini, sepertinya semuanya berjalan sesuai dengan rencana Kotoha. Tanpa memaksanya secara langsung, hanya dengan membuat bekal dan menemani dia berangkat dan pulang sekolah sambil mengobrol dengan menyenangkan, Yuuto tidak bisa menolaknya dan akhirnya sudah seminggu berlalu. Belakangan ini, dia sudah terbiasa dan bahkan mulai menantikan bekal hari itu sebelum siang. Dia juga tidak lagi merasa ada yang tidak beres dengan keberadaan Kotoha di sisinya saat berangkat dan pulang sekolah.

Ini tidak baik.

Yuuto memutuskan.

"Bisakah kamu berhenti melakukan ini?"

"Senpai?"

"Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, apa pun yang kamu lakukan, aku tidak akan menulis novel."

Kotoha tetap diam, menatap Yuuto tanpa kata. Yuuto terkejut karena dia mengira Kotoha akan segera mencoba meyakinkannya dengan tergesa-gesa, jadi reaksinya sangat tidak terduga.

"Natsume bilang aku punya bakat, tapi itu tidak benar."

"Ada kok. Yang bilang aja calon editor. Pasti tidak salah. Tolong percayalah."

"Kamu percaya diri sekali ya?"

Yuuto tersenyum pahit.

"Tapi itu salah. Aku yang paling mengerti tentang diriku sendiri."

Di atas jembatan yang diterpa angin.

Angin sore musim panas yang sedikit hangat itu menerbangkan rambut Kotoha secara acak.

"Sebenarnya, editor itu apa sih?"

"Apa, katamu..."

"Apa yang bisa dilakukan oleh siswa SMA yang bahkan tidak tergabung dengan penerbit itu? Paling-paling hanya membaca naskah yang masuk dan memberikan komentar sesukanya. Bagaimana dengan perencanaan? Koordinasi dengan percetakan dan proofreading? Manajemen proses penerbitan sampai terbit? Promosi?"

Aku sadar aku sudah mengatakan sesuatu yang sangat kasar.

Tapi aku pikir itu perlu untuk membuat Kotoha menyerah.

"Intinya, itu hanya permainan, kan? Aku tidak punya waktu untuk itu. Aku ini sedang dalam masa persiapan ujian."

Aku merasa sudah mengatakannya sangat keras. Namun, Kotoha tidak marah atau menangis. Dia hanya menatap Yuuto dengan tatapan yang sama. Akhirnya, Kotoha perlahan-lahan membuka mulutnya.

"Tulisan senpai yang aku baca, terlihat seperti sedang berteriak."

"Berteriak...?"

"Aku merasa seolah-olah itu sedang mau bilang kalau senpai sebenarnya ingin menulis cerita."

Kepalaku menjadi panas sekali.

Itu tidak mungkin.

Aku sudah menyadari kalau aku tidak punya bakat, dan itulah mengapa aku berhenti menulis. Aku tidak punya penyesalan sama sekali.

"...Jangan mengalihkan pembicaraan."

Yuuto berusaha keras untuk tetap tenang dalam menjawab, dan Kotoha mengangguk kecil.

"...Seperti yang senpai katakan. Aku tidak tergabung dengan penerbit atau agen editor apa pun, aku hanya seorang siswa SMA biasa, dan apa yang bisa aku lakukan cukup terbatas."

"Kalau begitu..."

"Tapi!"

Kotoha berteriak.

"Aku ingin menjadi dukungan bagi penulis. Aku ingin menemani dan bersama-sama menciptakan cerita. Aku bisa membantu dengan ide-ide atau memperbaiki plot. Jika ada naskah yang dikirim, aku akan membacanya semalaman, mengumpulkan pendapat dan saran untuk penyempurnaan dengan keras. Kalau penulis merasa terjebak, aku akan berusaha mencari solusi. Aku juga bisa mengadakan rapat berjam-jam. Kalau penulis membutuhkannya, bahkan aku juga bisa mengumpulkan data, melakukan wawancara, promosi atau apapun itu."

Kesungguhan yang menyakitkan sampai terasa. Namun, Yuuto tidak bisa menyerah di sini.

"Kata-katamu bisa diucapkan dengan mudah. Lalu bagaimana kalau penulis memintamu untuk melompat dari jembatan ini karena ingin menulis adegan melompat dari jembatan, apa yang akan kamu lakukan?"

Yuuto menyadari dirinya mengatakanmya terlalu jauh dan menundukkan pandangannya ke tanah. Tidak heran jika dia hanya akan dianggap bercanda. Dia butuh waktu untuk berpikir sejenak.

Namun, pada saat berikutnya, tas Kotoha jatuh ke trotoar, menghentikan alur pikirannya.

Dan ketika dia mengangkat wajahnya, Yuuto terdiam.

Dia melihat sosok Kotoha berdiri di tepi pagar jembatan.

Diterangi oleh matahari senja yang indah, dia perlahan berbalik menghadap ke arahnya, berdiri di atas pagar jembatan yang tidak lebih lebar dari lebar kaki. Dengan mata yang lurus dan tegas, dia mengatakan,

 

"Tentu saja aku akan melompat."

 

Itu adalah pemandangan yang begitu gila dan dramatis, sampai-sampai Yuuto kehilangan kata-kata.

Tubuhnya tidak bisa bergerak. Mulutnya kering.

"Apa yang kamu lakukan..." Yuuto bertanya, merasakan jantungnya berdebar kencang kepada Kotoha yang sedang berdiri di pagar.

"Apa? Ini adalah jawabanku." balas Kotoha atas pertanyaan Yuuto tentang apa yang akan dia lakukan jika diminta untuk melompat.

"Bodoh, cepat turun! Ada karang di bawah, dan kalau kamu sampai jatuh dengan cara yang salah—"

"Tenang saja."

Kotoha tersenyum dengan matahari senja di belakangnya.

 

"Kalau kamu benar-benar akan menulis novel itu untukku, aku bahkan bersedia mempertaruhkan hidupku."

 

Dan dia tersenyum, kemudian jatuh ke belakang.

Kejadian yang tidak sampai satu detik itu terasa seperti berlangsung selama beberapa detik, bahkan beberapa puluh detik.

Yuuto tidak bisa bergerak karena kakinya terasa kaku.

Setelah sosok Kotoha menghilang, suara percikan air yang keras terdengar.

Yuuto sadar kembali dan bergegas ke arah pagar pembatas untuk melihat ke dalam sungai.

Tidak ada tanda-tanda Kotoha di permukaan air yang bergelombang.

Yuuto berlari secepat mungkin menuju ujung jembatan, kemudian berlari menuruni tanggul.

Dia melihat ke arah tempat Kotoha melompat tetapi tidak menemukannya.

Ketika dia mulai membayangkan skenario terburuk, dia mendengar suara air dari dekat tepi sungai di bawah jembatan.

Ternyata Kotoha sedang mencoba naik ke tepi sungai.

"Hei, Natsume! Kamu baik-baik saja?"

Dengan perasaan lega, Yuuto berlari mendekati Kotoha.

Dia memberikan tangannya dan menariknya ke atas.

"Terima kasih."

"Kamu baik-baik saja, kan? Apa ada luka?"

"Aku baik-baik saja. Lebih dari itu, apa adegan tadi itu bisa menjadi bahan untuk tulisanmu?"

Pertanyaan Kotoha membuat Yuuto terdiam.

Dia tidak segera mengerti apa yang dia katakan.

Menjadi bahan tulisan—apa maksudnya?

Yuuto merasa sudah meremehkannya.

Mungkin dia terluka, atau bahkan, mungkin keadaannya lebih buruk dari itu, tapi dia sama sekali tidak memperdulikannya.

Dia hanya sepenuhnya fokus dan bertindak demi novelnya saja.

Yuuto merasa seolah-olah dia telah disuguhkan dengan keberanian Kotoha.

Dia harus mengakui.

Setidaknya dalam hal semangat, Natsume Kotoha tidak kalah dengan editor profesional mana pun yang pernah bekerja dengannya.

Yuuto dengan susah payah mencari kata-kata.

"Aku minta maaf karena sudah meremehkan keberanianmu."

"Berarti!"

Kotoha dengan cepat mengubah ekspresinya menjadi cerah dan mendekati Yuuto.

"Berarti senpai mau menuliskannya untukku?"

Dengan Kotoha yang mendekat begitu dekat, Yuuto tanpa sadar mengalihkan pandangannya.


 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama