Kono Monogatari wo Kimi ni Sasagu Bab 2 Bagian 3 Bahasa Indonesia

 

Penerjemah: Maomao

Bab 2Teater

Bagian 3

 

"Kamu lagi ngapain sih..."

"Tolong jangan bicara denganku sekarang. Aku sedang membaca."

Di ruang kesehatan yang ber-AC, seorang siswi duduk di tempat tidur sambil terus memandang tumpukan kertas A4 di tangannya. Itu adalah Natsume Kotoha, yang seharusnya beristirahat di rumah karena flu, dan itu adalah perintah dari Yuuto juga. Sepertinya Kotoha mengirim pesan kepada Shoko, wakil ketua klub, dia memintanya untuk diam-diam membawa naskah itu setelah Shoko selesai membacanya dan keluar dari ruang klub. Sebagai informasi, Shoko, yang juga wakil ketua, hadir bersama Kotoha ketika dia diminta oleh ketua klub, Watanabe, untuk menonton drama itu, dan sejak itu, sepertinya mereka selalu berkomunikasi melalui pesan di ponsel.

"Tidak ada gunanya. Aku sudah mencoba beberapa kali memanggil Natsume-san, tapi dia tidak berhenti sama sekali. Sebaiknya kamu tunggu saja."

Seorang guru kesehatan yang berdiri tidak jauh dengan wajah penuh keputusasaan memberikan nasihat yang tidak berguna itu.

"Begitu, ya?"

Yuuto duduk di kursi di samping tempat tidur menunggu Kotoha selesai membaca naskah. Setelah sekitar sepuluh menit, akhirnya Kotoha mengangkat wajahnya.

"Eh? Senpai, kenapa kamu ada di sini...?"

"Kan aku sudah mencoba berbicara denganmu tadi."

"Eh, serius? Bohong, kan?"

Haa, Yuuto menghela napas dalam-dalam.

"Apa yang kamu lakukan. Aku sudah bilang untuk beristirahat, kan?"

"Tapi, kan aku sedang beristirahat sambil membaca di ruang kesehatan ini."

"Matamu menghindar."

Kotoha menggerutu dengan nada penuh dendam, "Shoko-chan, kamu pengkhianat..."

"Shoko-san tidak ada hubungannya. Jangan menyusahkan dia."

"Tapi... aku benar-benar ingin membacanya..."

Mendengar pembelaan Kotoha yang tidak bisa dianggap sebagai alasan, dan melihat ekspresinya yang murung, hati Yuuto merasa sakit.

"Aku mengerti perasaanmu."

"Eh?"

"Membawa naskah langsung ke pembaca tanpa melalui editor, pasti tidak menyenangkan, kan?"

Pikiran kalau karya yang aku kerjakan dibaca oleh seseorang tanpa melaluiku terasa tidak mungkin.

Meskipun tidak dapat dihindari karena jadwal, fakta kalau aku sudah membuat Kotoha merasa seperti itu adalah nyata.

Namun, Kotoha memberikan jawaban dari sudut pandang yang sedikit berbeda terhadap kata-kata Yuuto.

"Aku… seorang editor?"

"Hah? Ah, iya, begitulah."

"Aku editor yang bertanggung jawab untuk karya senpai?"

"Itulah yang aku katakan tadi."

Yuuto menjawab dengan bingung, dan Kotoha tersenyum lebar. Itu adalah senyum tanpa kekhawatiran yang membuat orang yang melihatnya merasa malu.

Yuuto berbisik, "Aku tidak tahu apa yang membuatnya begitu senang," sambil mengalihkan pandangannya.

"Ehehe."

"Apa flu-mu sudah lebih mendingan?"

"Iya, aku baik-baik saja."

"Terus, bagaimana dengan naskahnya?"

Saat Yuuto bertanya, ekspresi Kotoha berubah menjadi lebih tenang. Jika senyum lebarnya sebelumnya seperti matahari musim panas yang bersinar terang, maka ini adalah angin sejuk yang bertiup di bawah bayangan pohon di hari yang panas.

"Itu menarik," ucap Kotoha dengan suara yang hampir sepihak seperti daun yang bergoyang, lalu dia melanjutkan kata-katanya.

"Penderitaan Ren, perjuangan Hiyori, dan cinta di antara mereka berdua. Semuanya terasa menyayat hati. Terutama saat Hiyori menghembuskan napas terakhir, aku sampai menangis."

"Kamu tidak menangis, kan?"

Yuuto berkata. Dia telah melihat Kotoha membaca naskah tepat di depan matanya dan dia tidak tampak meneteskan air mata. Namun, Yuuto tahu kalau Kotoha bukanlah jenis orang yang akan bersikap hati-hati dalam situasi seperti ini, jadi kata-katanya terasa aneh.

"Ini adalah kedua kalinya aku membacanya."

"Kedua kalinya...?"

"Yang pertama sebagai pembaca biasa. Yang kedua sebagai editor. Aku membacanya dengan menahan perasaan untuk menganalisis. Tapi, bahkan itupun cukup sulit untukku."

"Benarkah?"

Seharusnya tidak ada cukup waktu untuk membaca naskah dalam satu jam. Membacanya dua kali dalam waktu itu...

"Anggota klub teater pasti juga kagum, kan?"

"Ah iya, kurang lebih begitu."

"Kurang lebih?"

Kotoha tersenyum lebar.

"Ah, kamu berpura-pura tenang, padahal sebenarnya kamu senang, kan?"

"Siapa yang tahu? Toh, masih ada yang perlu diperbaiki."

"Kamu tuh susah banget buat jujur."

Sambil duduk di tempat tidur, Kotoha tersenyum lebar dan menepuk bahu Yuuto dengan jarinya.

"Kalau kalian mau bermesraan, bisa tidak di tempat lain saja?"

Itu adalah kata-kata yang diucapkan dengan nada kesal oleh guru kesehatan.


☆☆☆☆

 

Setelah itu, membawa Kotoha yang sudah pulih kesehatannya, mereka melakukan wawancara lagi dengan anggota klub teater. Berdasarkan hasil wawancara tersebut, Yuuto dan Kotoha menghabiskan waktu di restoran keluarga dekat rumah hingga pukul sembilan malam untuk menyusun rencana revisi. Setelah itu, Yuuto kembali ke kamarnya dan langsung mulai memperbaiki naskah. Revisi tersebut selesai keesokan paginya. Segera setelah mengirim data revisi kepada Kotoha, Yuuto yang kelelahan tertidur.

Yang membangunkan Yuuto adalah nada dering ponselnya. Jarum jam di samping bantal menunjukkan hampir tengah hari. Ruangan terasa panas karena lupa menyalakan AC, dan bajunya basah oleh keringat.

"Dia sudah membacanya belum, ya?"

Yuuto menyalakan panggilan tanpa memeriksa nama penelepon, mengira itu pasti Kotoha.

"Bagaimana naskahnya?"

Begitu dia bertanya, terdengar seseorang menahan napas di seberang telepon. Di latar belakang, terdengar suara orang berbicara dan nada dering telepon—suara khas kantor. Yuuto segera sadar bahwa itu bukan panggilan dari Kotoha, dan kesadarannya tiba-tiba menjadi jernih seperti disiram air dingin. Saat melihat nama penelepon di layar ponsel, Yuuto menahan napas.

"Eh... Inamura-san..."

"Hiragi-kun!? Naskah!? Kamu bilang naskah, iya kan?"

Suara yang jelas tetap terdengar dari speaker meskipun dia menjauhkan ponsel dari telinganya untuk melihat layar. Tidak diragukan lagi itu suara Inamura, editor yang bertanggung jawab atas Yuuto.

"Inamura-san, yang tadi itu..."

"Kamu sedang menulis naskah?"

Mungkin karena dia ingat sedang berada di kantor, kegembiraan yang baru saja dia rasakan mulai mereda, tetapi suara Inamura tetap bergetar seperti nyala api kecil.

"Iya, aku sedang menulisnya."

Sejenak, aku berpikir untuk berbohong. Namun, selama tiga tahun ini, saat orang lain meninggalkanku, Inamura tidak pernah menyerah dan terus menunggu dengan penuh kepercayaan, meskipun aku berhenti menulis. Itu akan sangat tidak sopan untuknya.

Kesunyian yang panjang berlangsung. Kebisingan kantor di kota besar menggelitik satu telinga, sementara di telinga yang lain, suara jangkrik yang seperti badai, yang tidak peduli dengan situasi kita, terdengar.

"Itu bagus."

Itulah kata-kata singkat yang diucapkan Inamura dengan suara yang seperti diperas. Itu sedikit berbeda dari reaksi yang Yuuto bayangkan, namun tidak ada keraguan bahwa kata-kata tersebut benar-benar keluar dari hati Inamura.

 

Yuuto merasa sedikit sedih karena berpikir kata-kata selanjutnya mungkin akan membuat Inamura kecewa.

"Tapi, ini bukan novel."

"Eh? Bukan novel, kamu bilang...?"

"Itu adalah naskah. Aku sedang membantu klub teater di sekolah menengah."

"Naskah..."

Inamura bergumam dengan nada yang agak bingung.

"Maaf, membuatmu kecewa. Tapi, novel itu, sebenarnya─"

"Ah, tidak, tidak! Itu tidak masalah! Kalau Hiiragi-kun sedang menulis sebuah cerita lagi, itu sudah cukup bagiku. Tentu saja, sebagai seorang editor, aku berharap suatu hari nanti kamu akan menulis novel lagi... Tapi, sekarang, sebagai seorang penggemar saja, aku senang kamu membuat karya lagi."

Mendengar kata-kata Inamura yang pelan-pelan berubah menjadi hidung meler, Yuuto juga merasakan mata belakangnya mulai terasa panas, dan dia berkedip beberapa kali dengan kuat.

"…Inamura-san, kamu agak berlebihan, ya?"

"Hiiragi-kun, bukannya kamu itu kejam?"

"Hanya bercanda. Maaf."

Yuuto tertawa, seolah-olah malu.

"Suasananya sepertinya sedikit berubah, ya?"

"Benarkah?"

"Iya. aku tidak bisa menjelaskannya dengan baik, tapi sepertinya menjadi sedikit lebih terbuka... Ngomong-ngomong, kamu tadi salah mengira aku siapa?"

Saat Yuuto tiba-tiba terdiam, Inamura tertawa, "Fufufu. Biasanya, orang akan langsung berpikir itu salah satu anggota klub teater, kan?" Jangan meremehkan perempuan."

"...Sungguh, aku minta maaf."

"Lalu, siapa itu? Dari cara kamu berbicara, sepertinya bukan anggota klub teater."

"Dia adik kelasku. Orang yang ingin menjadi editor."

Kemudian, Yuuto menjelaskan secara singkat bagaimana dia akhirnya menulis naskah itu.

Inamura memberikan reaksi yang agak ambigu, seperti setuju tapi juga tidak.

"Apa itu?"

"Aku hanya berpikir, 'Oh, jadi kamu mau menulis kalau dimintain sama gadis yang lebih muda, meskipun aku sudah meminta berkali-kali tapi kamu menolaknya.'"

"Aku memang bilang dia itu adik kelasku, tapi aku tidak bilang jenis kelaminnya, kan?"

"Aku bisa tahu. Sekali lagi, jangan pernah meremehkan perempuan ."

Sungguh, dia cukup gigih.

"Jadi, ceritanya tentang apa?"

"Itu masih sedikit..."

Inamura tertawa ringan atas jawaban itu dan bilang, "Oke."

"Kamu percaya padanya, ya?"

"Kenapa kamu berpikir seperti itu?"

"Aku pikir, kalau Hiiragi-kun sedikit pun merasa tidak yakin tentang arahan naskahnya, kamu akan mencoba membicarakannya denganku yang profesional di sini sekarang. Kalau kamu tidak melakukannya, mungkin itu berarti kamu dan dia cocok satu sama lain."

"Mungkin saja. Aku pikir dia memang mempunyai bakat."

Yuuto menjawab dengan jujur, merasa sedikit malu.

"Seorang murid SMA yang bercita-cita menjadi editor dan diakui oleh Hiiragi-kun, sepertinya dia bukan orang sembarangan, ya?"

"Iya, dalam artian lain..."

Yuuto bergumam, mengingat betapa dia sudah banyak diganggu olehnya sebelumnya.

"Aku pikir dia mungkin akan benar-benar menjadi seorang editor di masa depan."

Mungkin karena sekolah yang dia hadiri adalah sekolah persiapan masuk universitas, banyak teman sekelasnya hanya fokus pada ujian masuk universitas dan tidak pernah bertemu dengan siswa yang memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan mereka setelah masuk ke masyarakat dan bertindak untuk itu seperti Kotoha. Yuuto secara alami berpikir bahwa orang seperti itu pasti akan mewujudkan mimpinya.

Setelah sedikit keheningan yang terasa cukup lama, Inamura berkata pelan, "Begitu ya?"

"Mungkin suatu hari nanti, aku juga akan berkesempatan bekerja bareng anak itu."

Kemudian, Inamura menghela napas kecil.

"Kalau begitu, cukup sampai di sini untuk hari ini. Maaf sudah mengganggumu di saat kamu sibuk begini."

"Itu tidak masalah, tapi apa tujuanmu sebenarnya?"

"Hmm, mungkin ini namanya firasat. Tiba-tiba aku jadi penasaran. Dan benar saja, saat aku mau meneleponmu, Hiiragi-kun sudah mulai menulis lagi."

"Benar-benar wanita yang serius ya..."

Meskipun Yuuto merasa dia bukan tipe orang yang percaya pada firasat dan bertindak berdasarkan itu, dia berpikir lagi dan merasa itu tidak masalah. Mungkin sebentar lagi dia akan mendapat kabar dari Kotoha yang selesai membaca naskah.

Akhirnya, Yuuto bertukar beberapa kata dengan Inamura dan memutus sambungan telepon.

Tepat setelah itu, deringan telepon berbunyi tanpa jeda.

Kali ini, dia memeriksa nama pemanggil dan mengetuk tombol panggilan.

"Bagaimana dengan naskah itu?"

Yuuto langsung bertanya begitu panggilan terhubung. Suasana tidak puas terasa dari seberang telepon.

"Baru saja terhubung dan itu pertanyaan pertama senpai? Aku ini apa bagimu, senpai? Wanita yang nyaman untukmu?"

"Bukan, kamu kan editor yang bertanggung jawab."

Jawaban Yuuto membuat Kotoha terdiam sejenak, lalu dia tertawa lepas, "Ehehe."

"...Kamu hanya ingin aku mengatakan itu, kan?"

Apa yang membuatnya senang, Yuuto menghela napas.

"Bukan itu! Lebih dari itu, siapa sebenarnya yang kamu telepon tadi? Aku ingin berbicara tentang naskah."

"Temanku dari SMP."

"Hmm, perempuan ya?"

Suara Kotoha terdengar seperti suhunya menurun, tapi sebenarnya aku tidak berbohong.

"Apa yang akan kamu lakuin setelah tahu itu?"

"Itu, aku... tidak akan melakukan apa-apa..."

Kotoha tampak tidak biasanya terguncang dan berbicara dengan tidak jelas.

"Lebih baik kita bicara tentang naskah sekarang. Kita tidak punya banyak waktu."

"Benar juga."

Meski terlihat sedikit tidak puas, Kotoha sepertinya ingat bahwa ini bukan saatnya untuk membicarakan hal seperti itu.

"Poin-poin yang muncul dalam pertemuan kemarin, sudah sempurna diatasi di draf kedua ini. Aku pikir cerita dan karakternya jauh lebih baik dibandingkan draf pertama. Hanya saja..."

"Hanya?"

Kotoha menggumam sambil memilih kata-kata.

"Aku masih belum yakin sepenuhnya, tapi aku pikir mungkin kita perlu lebih banyak koordinasi dengan klub teater."

"Apa kamu berpikir berarti aktor dan karakter tidak cocok?"

Saat Yuuto bertanya, Kotoha terdiam seolah-olah sedang berpikir, yang membuat Yuuto merasa terkejut.

Karena selama pertemuan sebelumnya, Kotoha selalu dengan cepat dan jelas menyatakan pendapatnya. Itu terasa seperti keraguan pertama yang ditunjukkan oleh Kotoha.

"Mungkin itu masalahnya. Tapi, aku tidak yakin. Mungkin karena aku sudah membaca naskah berkali-kali, aku tidak bisa melihatnya secara objektif lagi."

Kotoha berkata dengan gumaman, "Maaf."

"Ah, tidak perlu minta maaf."

"Tapi..."

"Aku mengerti apa yang ingin kamu katakan. Lebih baik daripada diam saja. Kalau kamu tidak mengerti, kita bisa memikirkannya bersama. Itulah sikap seharusnya hubungan antara penulis dan editor."

Setelah mengatakan itu, Yuuto merasa seolah-olah sudah membuat kesalahan. Berbicara seolah-olah dia tahu segalanya tentang hubungan antara penulis dan editor adalah seperti menggali lubang untuk dirinya sendiri, terlebih lagi karena Kotoha tidak tahu bahwa Yuuto pernah aktif sebagai penulis profesional.

Namun, yang terdengar dari ujung telepon adalah tawa.

"…Apa?"

"Aku pikir mungkin akan hujan karena senpai begitu bersikap perhatian."

Yuuto merasa lega di dalam hati dan dengan sengaja menghela nafas.

"Kembali ke topik, aku setuju dengan ide untuk berkoordinasi dengan klub drama. Aku juga ingin membiarkan naskah itu beristirahat dan mengeditnya dengan pikiran yang kosong, tapi kita tidak punya waktu untuk itu. Karena anggota klub drama hanya membaca draf pertama, mereka mungkin bisa melihat naskahnya secara lebih objektif daripada kita yang sudah membaca draf kedua."

Setelah itu, semuanya berjalan cepat.

Kotoha menjelaskan situasi secara singkat kepada ketua klub teater, Watanabe, melalui pesan, dan mulai keesokan harinya, Yuuto dan Kotoha akan menghadiri bacaan skrip, rapat sutradara, dan latihan klub teater.

Sebelum berpartisipasi, Kotoha memberitahu sesuatu.

"Tolong jangan membuat perubahan berdasarkan pendapat anggota. Senpai, tolong fokus saja pada apa yang senpai lihat dan rasakan dari anggota klub drama."

Kotoha mengatakan kalau dia berencana untuk terlebih dahulu mengatur pendapat yang diajukan oleh anggota, dan hanya memilih yang benar-benar diperlukan.

Yuuto terkejut sedikit. Karena dia berbicara tentang koordinasi, ia mengira mereka akan memerlukan pendapat dari anggota.

"Kenapa? Apa itu kebanggaanmu sebagai editor?"

"Bukan," Kotoha langsung menjawab pertanyaan Yuuto. "Kalau kita mendengarkan semua yang dikatakan orang, karya itu mungkin akan menjadi ‘aman’. Mungkin tidak meyakinkan karena aku baru saja mengatakan aku tidak yakin... Tapi, aku ingin melihat karya yang ditulis dengan kepribadian senpai. Bahkan jika naskah yang dibuat dengan mengumpulkan pendapat dari anggota klub teater ternyata menarik, itu bukanlah cerita yang aku ingin baca. Bukan hanya karena cerita itu sudah cukup menarik."

"Terkesan cukup egois untuk seorang editor."

Yuuto merasa sangat malu ketika dia mendengar bahwa dia ingin melihat karyanya. Untungnya, ini adalah percakapan melalui telepon.

"Tapi, memang, awalnya itu adalah sesuatu yang sangat egois, Natsume. Aku lupa."

"Bukannya itu kejam? Kapan aku menjadi egois?"

"Yah, kamu datang ke kelas dan langsung bilang untuk menulis novel, kamu datang ke rumah tanpa diundang, kamu jatuh ke sawah karena kecelakaan, dan kamu tanpa takut melompat dari jembatan ke sungai."

"Eh…?"

"Eh... jadi, kamu tidak sadar kalau kamu bersikap egois!?"

Hening sejenak di telepon, lalu Kotoha dengan sengaja berdehem.

"Yah, lupakan itu. Kamu tidak perlu memikirkan perasaan orang lain, Senpai. Kamu tidak perlu mendengarkan pendapat orang lain."

"…Termasuk pendapatmu juga tidak perlu didengar?"

"Kalau kamu tidak bisa mempercayainya, abaikan saja. Kalau tanpa aku, kamu bisa menciptakan karya yang lebih baik, itu lebih baik."

"Itu—"

Yuuto hampir berkata bahwa itu sedikit tidak bertanggung jawab, tapi dia menutup mulutnya.

Dari seberang telepon, dia bisa mendengar suara napas Kotoha yang gemetar.

Kotoha seharusnya mencari penulis untuk mendapatkan pengalaman menuju tujuannya menjadi editor profesional. Demi mendapatkan pengalaman, dia seharusnya tidak menyerah di sini. Namun, Kotoha berkata bahwa dia tidak keberatan jika diabaikan. Kotoha yang begitu bersemangat dalam berkarya.

"Aku mengerti. Tapi, aku percaya pada Natsume sebagai editor."

Ketika Yuuto mengatakan itu,

"Iya!"

Suara Kotoha terdengar sangat bahagia di telinganya.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama