Mirai-san wa Mitame Dake Jiraikei Bab 3 Bahasa Indonesia

 Penerjemah: Maomao

Chapter 3 — Pekerjaan Paruh Waktu Kafe Sandora

 

 

"Itu sih jelas-jelas salah Kensei."

Dengan dagu bertumpu pada tangan di atas meja, dengan senyum tenang seperti patung Buddha, orang yang aku anggap sebagai penyelamatku menyimpulkan kejadian tadi malam dalam satu kalimat.

Ini adalah kafe klasik dengan interior yang tenang, mengingatkan pada era Taisho.

Orang yang mendengarkan cerita tentang kejadian tadi malam dariku adalah seorang pria berusia tiga puluhan yang tinggi dan ramping, memakai kemeja putih bergaya dengan rompi hitam.

Namanya adalah Satonaka Touru, tanpa diragukan lagi dia adalah penyelamatku. Meski dia sedikit aneh.

Setelah tahu kesulitanku, dia menawarkan diri menjadi wali, memberikan sebuah kamar di apartemennya, dan bahkan membiarkanku bekerja paruh waktu di kafe ini. Dia adalah penyelamat seumur hidupku. Meski dia sedikit aneh.

Sambil memandangi lampu, Satonaka-san, pemilik sekaligus master kafe ini, seperti biasa mengambil cangkir.

Gerakan persiapan membuat kopi juga selalu terlihat elegan. Meski dia sedikit aneh.

"Yah, seperti yang Anda bilang, ini sepenuhnya salahku."

Setidaknya, mengenai kejadian tadi malam, memang benar ucapanku terlalu gegabah.

Sepertinya, orang dengan tipe "jiraikei" benar-benar berbahaya.

"Jadi, apa kamu sudah minta maaf?"

"Iya. Aku sudah menarik ucapanku dan meminta maaf."

"Tapi keliatannya..."

Saat Satonaka-san melirik ke suatu arah, aku juga mengikuti pandangannya.

Putih dan hitam berkontras dengan lembut.

"Selamat datang~♪"

Lantai keramik bergaya kayu tersebar di seluruh kafe, di atasnya terlihat rok chic yang melayang ringan.

Senyuman lebar yang palsu, namun memiliki daya tarik yang mempesona siapa pun yang bertemu mata dengannya.

Apron yang dipakainya lebih seperti seorang putri yang berpura-pura menjadi maid daripada seorang maid asli.

"Silakan duduk di sini. Rekomendasi hari ini adalah Hawaii Kopi, secangkir kopi dengan aroma asam yang pas."

Miura-san, yang mulai bekerja paruh waktu di kafe Sandora ini bulan lalu, sudah menjadi pelayan andalan.

Dia menyukai seragamnya yang lucu.

"Ah... Uhh."

 Saat mata kami bertemu, dia langsung memalingkan wajah dengan keras.

"Kayaknya dia masih marah."

"Karena aku yang salah bicara, aku berniat terus meminta maaf sampai dia memaafkanku."

"Aku mengerti."

Satonaka-san tetap tersenyum anggun sambil mencium aroma biji kopi, lalu melihat ke arahku.

"Ngomong-ngomong, kenapa kamu menanyakan itu?"

Sebenarnya, aku menanyakannya karena terganggu dengan ekspresi sedih yang sering ditunjukkan Miura-san. Tapi sepertinya malah menyulut masalah lain. Padahal ini bukan tentang menjebak atau semacamnya.

"Apa yang Miura bilang?"

Aku mengingat kembali kata-kata Miura-san.

"Jangan asal memberi label begitu. Aku adalah aku!"

Saat aku menyampaikan hal itu kepada Satonaka-san, dia menyilangkan tangan dan tersenyum kecut.

"Hmm, terdengar seperti sesuatu yang akan dikatakan oleh tipe orang yang sensitif."

"Benarkah!?"

Tidak mungkin. Kenapa masalah ini semakin membesar?

Dan kemudian, terdengar suara sepatu.

Itu suara sepatu Mary Jane hitam kesukaan Miura-san. Aku baru-baru ini bisa mengenalinya.

"Hawai Kopi dua, siap"

"Baik."

Setelah menyampaikan pesanan ke Satonaka-san, Miura-san berbalik menghadapku.

Dengan putaran ringan, rok maidnya berayun lembut, sedikit terlambat mengikuti gerakannya.

Dengan ekspresi heran yang seolah mengejek, dia meletakkan jari telunjuk di bibirnya, menggunakan suara yang sedikit lebih tinggi dari biasanya, sambil berpura-pura sopan.

"Maizono-kun, kenapa kamu tidak bekerja dan malah melihat-lihat?"

"Maaf, aku tidak bisa menahan diri untuk tidak melihat Miura-san."

"!!"

Segera, dia menjauh dariku seperti kucing yang waspada. Ekspresi pura-pura sopannya hilang, digantikan dengan wajah Miura-san yang biasa, menatapku dengan marah.

"Ah, Kensei, kamu tuh..."

"Aku hanya berusaha untuk jujur dan meminta maaf sejak kemarin, tahu?"

Kalau Satonaka-san saja terlihat terkejut, itu berarti aku membuat kesalahan lagi.

Saat aku melihat Miura-san untuk meminta maaf lagi.

"Baka~"

Dengan wajah sok kuat yang dipaksakan, pipinya sedikit memerah.

Dia menjulurkan lidahnya yang merah sebentar, lalu membawa nampan ke pelanggan lainnya.

"Bagus, kan?"

"Apa yang bagus?"

Airnya mendidih.

Sambil menghangatkan cangkir Royal Copenhagen, Satonaka-san mengedipkan mata.

"Kayaknya Miura sudah kembali senang."

"Kenapa...?"

Aku tidak terlalu mengerti, tapi seperti biasa, di dalam kafe ini Miura-san selalu menjadi pusat perhatian. Dengan pesonanya yang dicintai semua orang, dia tetap menjadi pelayan yang sangat populer hari ini.

Memang, sepertinya dia sedang dalam suasana hati yang baik... Kurasa. Saat pandangan kami bertemu lagi, Miura-san bereaksi dengan rambutnya yang berdiri tegak, lalu menutupi matanya dengan nampan.

"Meminta maaf dan menunjukkan ketulusan itu penting, tapi hubungan antar manusia pada akhirnya adalah tentang bagaimana mengelola emosi."

"Mengelola emosi... Tapi, aku dengar menjadi emosional itu tidak baik."

"Kalau semua bisa diselesaikan dengan rasionalitas, masyarakat manusia tidak akan serumit ini. Apakah kamu akan mati kalau ada yang bilang kamu lebih baik mati demi efisiensi?"

Itu terlalu ekstrem...

"Misalnya, di tengah hujan deras, ada seseorang yang menawarkan cokelat panas untuk tubuhmu yang kedinginan."

"Apa?"

"Itu adalah rasionalitas yang meminta pembayaran sebagai pelayan. Kamu mentraktir gadis itu pada hari itu, bukan?"

"Bagaimana anda bisa tahu itu?"

"Emosional itu adalah seperti itu. Sebagai hasilnya, gadis itu sekarang ada di sini."

"Tidak, Miura-san bilang dia bekerja di sini karena dia suka seragamnya."

"Hah... Kamu percaya saja?"

Disapa oleh pelanggan tetap dan merespon dengan senyuman, Miura-san berhasil mengambil pesanan tambahan tanpa kusadari. Dia benar-benar luar biasa atau mungkin tak terduga.

Saat melihat sisi seperti itu, itu tidak seperti yang diucapkan oleh Agena, tapi... Aku juga bisa membayangkan kalau suatu saat nanti aku akan sepenuhnya dieksploitasi seperti boneka oleh Miura-san.

Setidaknya, aku tidak memiliki kepercayaan diri untuk menolak saat Miura-san meminta sesuatu.

"Pada akhirnya, apa yang benar?"

"Aku tidak berpikir permintaan maaf itu salah, dan itu bukan kesalahan sebagai bentuk ketulusan, tapi... Secara sederhana, karena perasaannya terluka, yang benar adalah menebusnya."

"Huh?"

"Intinya, buat dia senang."

Oh. Karena dia merasa tidak senang, maka bertanggung jawablah untuk membuatnya senang. Itu masuk akal.

Seperti yang diharapkan dari Satonaka-san. Pengalaman hidupnya berbeda denganku.

"Apakah itu juga dari pengalaman Satonaka-san?"

"Aku? Ah, ya, mungkin begitu. Aku sering membuat wanita membuatku senang, tapi aku sendiri tidak pernah membuat wanita senang."

"Dunia ini memang tidak adil, ya..."

"Benar. Aku selalu mengajarkan itu kepada Kensei, kan?"

Ketika pengalaman hidup terlalu berbeda, rasanya tidak bisa belajar apa-apa...

"Miura hampir bisa dibilang sudah kamu dapatkan, jadi ini seperti waktu bonus untuk Kensei."

"Aku tidak mengerti apa yang anda ucapkan."

"Mungkin saja kalau Kensei menekan dengan kuat, apa dia akan melakukan apa saja untukmu?"

"Apa yang anda pikirkan tentang orang lain?!"

Terkadang naluriku berteriak kalau aku tidak seharusnya menghormati guru yang seharusnya kuhormati...!

"Ba-bagaimanapun juga, kupikir mengambil hati adalah ide yang bagus, jadi akan kucoba. Terima kasih, Satonaka-san."

"Oh, kalau kamu ingin membuat Miura sangat bergantung padamu dan menuruti semua perintahmu, aku selalu siap memberi saran."

"Tidak mungkin aku melakukan hal seperti itu!! Dia adalah orang yang berjasa padaku!!"

Tapi, apakah itu mungkin?

Miura-san menjadi sangat bergantung padaku... dan menuruti semua perintahku...

'Tidak! Jangan tinggalkan aku, Maizono. Demi kamu, aku akan...'

Miura-san yang biasanya tegar, memeluk kakiku dengan memalukan, pakaiannya berantakan, nafasnya beraroma sensual, dan di telingaku.

'Aku akan melakukan apa saja...'

"Anak muda, apa yang sedang kau pikirkan sekarang?"

"Tidak ada apa-apa. Sungguh tidak apa-apa."

 


"Menjadi muda itu menyenangkan, ya?"

"Aku bilang aku tidak memikirkan apa-apa!"

Sebenarnya, apa sih ide menakutkan dari Satonaka-san ini?

"Selain itu, sepertinya Satonaka-san mengatakan seolah-olah bisa melakukannya, apakah anda benar-benar pernah─"

Saat aku bertanya, Satonaka-san yang selalu tersenyum dengan senyum arkaik tetap tersenyum di depanku.

Wah... aku benar-benar tidak ingin tahu...!

Berhenti, jangan melipat jarimu sekarang, berapa banyak yang sudah dilipat, tujuh, delapan...!?

"Ada juga anak yang mirip dengan Miura."

"Ucapan itu melewati batas!"

"Justru Miura itu anomali. Template tipe jiraikei, hanya perlu sedikit membuat mereka merasa senang dan mereka akan jatuh dengan cepat. Anak-anak itu, kalau kamu memuaskan harga diri mereka dan memutuskan jalan mundur mereka, kamu bakalan menang."

Menakutkan, Satonaka-san benar-benar menakutkan.

"Mau coba membuat mereka senang hati mengirimkan foto telanjang?"

"Siapa!? Jangan keluarkan ponselmu! Jangan buka LINE! Jangan mencoba mengubah hati orang dengan satu tombol! Menakutkan sekali!"

"Kensei juga bilang tadi, kan? Tipe jiraikei itu, emosi mereka tidak stabil dan harga diri mereka itu tinggi."

"Yah, memang aku bilang begitu tadi."

Untuk menjelaskan situasi tadi malam, aku juga bercerita kepada Satonaka-san tentang karakteristik gadis tipe jiraikei yang disebutkan oleh Agena.

Dan aku tidak ingin berpikir kalau Miura-san termasuk dalam kategori itu.

"Jadi, rangsang sedikit rasa cinta dirinya, buat dia senang, lalu seimbangkan dengan strategi tarik-ulur. Tapi aku tidak menyarankan metode ini untuk Miura."

"Aku bilang aku tidak akan melakukannya!"

Atau lebih tepatnya...

"Jadi, dari pandangan Satonaka-san, Miura-san sedikit berbeda, ya?"

"Benar. Kalau dia tipe yang bisa aku 'makan', aku tidak akan mempekerjakannya. Selain itu, akan jadi merepotkan setelahnya."

Jika Satonaka-san mengatakan begitu, mungkin memang begitu.

Entah bagaimana, aku merasa sedikit lega.

"Yah... terlepas dari semua pembicaraan tentang 'jiraikei'. Aku pikir, jika ada yang ingin kamu ketahui, tanyakan langsung pada orangnya. Dan jika membuatnya tidak senang, buatlah dia senang kembali. Itulah yang bisa kamu lakukan, Kensei."

"Itu, benar. Terima kasih."

Aku tidak ingin membuat Miura-san marah, tapi aku tidak yakin bisa selalu bisa melakukannya.

Jadi, sebagai langkah kedua terbaik, aku harus melakukan banyak hal untuk membuat Miura-san senang.

"Ngomong-ngomong... Satonaka-san, apa pendapat anda tentang Miura-san?"

"Tidak ada yang khusus. Dia anak yang baik. Lagipula, usianya dua kali lipat dari kita, kan?"

"Satonaka-san, anda terlihat muda, jadi..."

"Tidak, bahkan jika tidak, aku punya prinsip untuk tidak mengganggu anak yang baik. Apalagi kalau dia juga pekerja di tokoku, itu akan terlalu merepotkan untuk sekedar main-main."

"Mendengar itu, aku merasa lega."

Aku tidak ingin Miura-san, yah, entah bagaimana, terjadi sesuatu di luar pengetahuanku. Aku tidak terlalu memikirkan alasan di balik perasaanku saat itu.

 

† † †

 

Karena aku sudah membuatnya merasa tidak senang, sekarang aku harus membuatnya merasa senang kembali. Itu adalah hal yang wajar.

Bagiku, Miura-san adalah seorang yang sudah memberi banyak bantuan. Kami bertemu saat aku mengundangnya ke dalam kedai kopi Sandora tempatku bekerja paruh waktu, tapi, sejak itu, aku merasa seperti sudah memberikan balasan yang lebih dari yang dia minta.

Itulah sebabnya, aku ingin melakukan sesuatu untuk Miura-san.

Setelah mengganti pakaian dan keluar dari Sandora, aku berada di hadapan jalan yang modis. Ini adalah trotoar yang lebar dan mobil tidak bisa melintas di sini hingga larut malam, semacam jalur pejalan kaki yang luas.

Setiap kali aku melihat barisan kafe dan butik modis di sepanjang jalan ini, aku selalu berpikir.

Kalau bukan karena tempat kerja paruh waktu, aku tidak akan pernah mengunjungi tempat seperti ini...

"Maizono."

Suaranya lembut dan menenangkan, dia memanggilku seperti biasa. Aku suka suaranya yang manis seperti itu saat di tempat kerja paruh waktu, tapi yang ini terasa lebih seperti Miura-san yang asli.

Saat aku mengarahkan pandanganku sedikit, aku melihat dia berdiri di bawah atap butik.

Dia memakai gaun hitam dengan sentuhan warna pink mat, desain yang dipadatkan di pinggangnya menonjolkan kefemininan, terutama dengan rok mini berlipit.

Tas kecil yang lucu juga ada di sana, seperti personifikasi keceriaan?

"Terima kasih untuk hari ini, Miura-san."

"Kenapa harus terima kasih ke rekan kerja?"

"Sejak Miura-san datang, reputasi pengunjung sepertinya semakin baik."

"Tidak, tidak ada yang spesial seperti itu. Eh, apakah itu gambaran yang kamu miliki tentang Satonaka-san?"

"Tidak, suasana yang terlihat seperti musuh wanita sangat kuat. Atau lebih tepatnya..."

Sambil sedikit menundukkan kepala, Miura-san mengatakan....

"Saat aku mulai bekerja di sini. Yang pertama kali dia ucapkan lebih dari segalanya adalah 'Aku berharap Keisei akan baik-baik saja.' Jadi lebih dari segalanya, Kensei adalah orang yang dicintai."

"Oh, begitu ya. Apa artinya itu..."

Dia ingin memastikan aku baik-baik saja ... Jadi, apakah dia ingin membantuku karena dia masih melihatku sebagai orang yang belum matang?

Saat aku memikirkan itu, Miura-san tertawa kecil.

"Fuhh...."

"Miura-san?"

"Tidak apa-apa. Kalau tidak mengerti, ya sudah."

"Begitukah? Kalau begitu, bagus. Tapi, yang sedikit aku khawatirkan adalah..."

"Kamu tidak sedang memaksakan diri setelah disuruh memperhatikan aku, kan, Miura-san?"

"Mana mungkin lah. Kalau aku tidak puas, aku sudah lama berhenti."

"Kalau begitu, baguslah."

Dengan jawaban singkat itu dan senyum alami yang ditunjukkan Miura-san, aku merasa lega.

"…Dengar, tadi kamu kan berbicara banyak dengan owner, kan? Aku sempat mendengar sedikit tentang bagaimana suasana hatiku. Jadi, aku pikir kamu sedang mendapat saran bagaimana membuatku senang."

Sial. Itu benar.

"Itu tidak ada hubungannya."

Aku mencoba mengelak, tapi Miura-san melihat ke arahku dari samping.

Dengan setengah mata terbuka, bulu matanya yang panjang menusukku.

"Jadi, kamu memang menerima saran itu..."

"T-tapi!"

Ya, tapi.

"Aku ingin kamu percaya kalau perasaanku menganggap Miura-san cantik adalah perasaanku sendiri!"

Dengan tekad yang kuat, aku mengucapkan itu kepada Miura-san. Untuk menghilangkan kesalahpahaman.

"Jadi..."

Jadi?

"Jangan katakan hal seperti itu di jalan besar seperti ini!"

Setelah dipikir-pikir, banyak orang yang melihat ke arah kami. Memang terasa tidak nyaman. Mungkin karena daerah ini, sebagian besar yang melihat kami adalah pasangan.

"Maaf"

"Ah, sudah, ikut sini!"

Miura-san menarik tanganku dan mulai berbelok ke jalan kecil.

"Ah, kamu ini benar-benar..."

"Maaf."

"Kamu tidak seharusnya mengatakan hal seperti itu kepada orang seperti aku."

"Maaf."

"Kamu adalah orang yang baik."

"Maaf."

Sambil terus berjalan, dia memarahiku.

Aku hanya bisa mengikuti dan mengangguk, mencoba menenangkannya.

Tapi... ada yang aneh. 'Orang seperti aku', maksudnya?

"Miura-san, aku minta maaf karena tidak mempertimbangkan situasinya."

"Itu benar!"

"Tapi, perasaanku yang ingin memuji Miura-san tetap tidak akan berubah!"

"Uuh."

"Atau mungkin aku menggunakan kata-kata yang tidak tepat untuk memuji orang?"

Saat aku tanpa sengaja mendengar kata "jebakan", seperti saat itu─

Di situ, Miura-san berhenti sejenak.

"Itu sebenarnya bukan karena itu..."

Miura-san berbalik dengan cepat dan dia sedikit sedih.

"......"

Namun, Miura-san masih menatapku dengan tidak puas.

Mungkin karena aku tidak memahami situasi dan tempat.

Saat aku hampir meminta maaf lagi, aku menyadari sesuatu. Meski aku sudah sering meminta maaf, suasana hati Miura-san tetap buruk. Bukannya Satonaka-san pernah bilang,

"Kalau kamu membuat seseorang tidak nyaman, buatlah mereka nyaman kembali."

Namun, Miura-san tidak terlalu senang meski dipuji.

"Miura-san."

"Apa?"

"Ada hal yang ingin kamu aku lakukan?"

Yang bisa aku lakukan hanyalah bertanya secara langsung...

"......"

Miura-san terlihat terkejut dan berkedip beberapa kali, lalu menunjukkan ekspresi berpikir sejenak.

Kemudian, dengan ekspresi bingung...

"Asalkan kamu sehat secara fisik dan mental, itu sudah cukup."

Itulah dia. Pada akhirnya, aku tidak suka wajah Miura-san yang penuh bayangan ini.

Wajahnya yang terlihat seolah menyerah akan sesuatu, terasa begitu sepi.

Namun, aku tidak memiliki kemampuan lain selain terus terang mengejar.

"Itu tidak akan membuatku senang. Apakah ada sesuatu yang kamu sukai atau yang kamu minati? Kalau ada sesuatu yang bisa aku lakukan, izinkan aku melakukannya."

"Meskipun kamu bilang begitu..."

"Tolong, anggap saja kamu sedang membantuku."

"Baiklah, baiklah!"

Setelah bilang begitu, Miura-san berpikir sejenak. Kemudian, dia melirik ke atas, ke arahku.

Di lorong sempit yang gelap dan tak terlihat oleh siapa pun, pipi Miura-san sedikit memerah.

"Miura-san?"

"Kalau begitu..."

"Ya?"

"Sedikit saja..."

Setelah bilang begitu, dia melangkah mendekat. Dengan lembut melingkarkan kedua tangannya di punggungku, Miura-san memelukku dengan erat. Ada sensasi lembut di perutku, lalu dahinya menekan dadaku. Sebelum aku menyadari apa yang sedang terjadi, kehangatan itu menjauh.

"Ini kayaknya cukup."

"Eh?"

"Ayo pulang!"

Setelah itu, dia berjalan pergi dengan cepat.

Baru saja... dia memelukku, kan?

"Tunggu, Miura-san!"

"♪"

Saat aku buru-buru mengejar dan menyusulnya di sampingnya,

Entah kenapa Miura-san sudah terlihat sangat puas.

 

 

 

Sebelumnya  |   Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama