Mirai-san wa Mitame Dake Jiraikei Bab 4 Bahasa Indonesia

Penerjemah: Maomao

Chapter 4 — Misi Rahasia

 

Di suatu pagi hari.

Aku bekerja paruh waktu di beberapa tempat, dan pagi harinya aku biasanya mengantarkan koran sebelum pulang ke rumah untuk sarapan dan pergi ke sekolah.

Waktu sarapan pagi itu adalah waktu yang pasti bisa kuhabiskan untuk berbicara dengan adikku, Arisa.

Di malam hari, ketika aku pulang dari pekerjaan paruh waktuku, Arisa seringkali sudah tidur.

Setiap kali aku pulang ke rumah yang gelap dan mendengar suara napasnya yang teratur... aku merasa bersalah.

Tingkat rasa bersalahku terhadap Arisa yang harus tidur sendiri, dan kepada Miura-san yang selalu membuatkan sarapan pagi seperti ini, bahkan lebih tinggi lagi.

Hari ini, sarapan kami terdiri dari tamagoyaki, sosis, tomat ceri sebagai pelengkap, nasi, dan sup miso.

Rasanya sangat seperti sarapan Jepang.

Entah bagaimana, makanan yang dibuat Miura-san selalu terasa menenangkan dan membuatku merasa nyaman.

Akhir-akhir ini, entah mengapa Arisa yang sedang terobsesi dengan gaya putri bangsawan yang anggun, memotong sosisnya dengan pisau dan garpu.

Tiba-tiba, dia mengeluarkan selembar kertas dari tas ranselnya.

"Benar! Nii-san, aku punya pengumuman penting."

"Belajar kata-kata sulit lagi?"

"♪"

Dengan ekspresi serius, dia menatapku, membuatku penasaran.

Arisa yang menggenggam erat lembaran kertas itu sepertinya membawa misi rahasia yang penting. Atau, dalam hal ini, mungkin dia menyiapkan misi untukku?

"Misi rahasia...?"

Miura-san terlihat tidak terlalu mengerti.

"Maizono, apa itu misi rahasia?"

Dia berbisik pelan di sebelahku. Mungkin malu karena tidak tahu, suaranya sedikit bergetar.

"Perintah rahasia."

"Oh, ah."

Miura-san segera menutup telinganya dengan gugup.

"Nee-san, kenapa?"

"Mungkin karena ini perintah rahasia dari Arisa untukku, jadi dia tidak mau mendengarnya."

Orang yang manis.

"!"

Arisa tiba-tiba menarik lengan Miura-san dengan ekspresi terkejut.

"Nee-san juga punya misi rahasia."

"Eh, aku boleh mendengarnya?"

"Misi rahasia."

Arisa mengangguk dengan serius. Pemandangan ini membuatku merasa ingin terus melihat mereka berdua selamanya.

Mari kita dengarkan lagi misi rahasia Arisa.

"Ini."

Kertas yang digenggamnya dengan erat diletakkan perlahan di atas meja.

"Kunjungan kelas."

Miura-san sedikit membuka matanya.

"Ah, begitu."

Aku mengangguk dengan pengertian. Ini memang misi yang penting.

Tanggalnya minggu depan... itu adalah hari di mana aku bekerja paruh waktu, tapi aku akan meminta izin untuk menggantinya.

Aku akan pulang lebih awal dari sekolah.

Kredit pelajaran tidak akan menjadi masalah.

"Um."

Saat aku menyadarinya, Arisa sedang menatapku dengan ragu-ragu.

"Bisa datang?"

"Iya, pasti."

"Yeay!"

"Ini misi rahasia, kan?"

"Iya, misi rahasia."

Melihat Arisa mengangguk-angguk dengan semangat, aku tidak bisa menahan senyumku.

Kemudian, aku merasakan tatapan dan sekilas melihat Miura-san.

 Dia menopang dagunya dan tersenyum.

"Ah, kalian bisa lakuin itu selamanya. Aku akan menonton dari sini."

Mungkin dia melihatku seperti yang kulihat pada Miura-san dan Arisa tadi...

 

† † †

 

"Apa kamu yakin?"

"Maksudmu?"

Setelah Arisa yang berlari dengan semangat menuju sekolah dengan ransel di punggungnya, aku juga keluar.

Cuacanya bagus. Ada beberapa awan, tapi mereka kecil.

"Maksudku, tentang kelas... misi rahasia."

"Kamu tidak perlu mengubah kata-katanya, tahu?"

Mungkin dia menyesuaikan diri dengan Arisa... atau mungkin dia sedikit menyukainya.

Bagaimanapun juga.

"Aku akan meminta izin untuk mengubah jadwal kerja di Sandora."

"Sekolah bagaimana?"

"Aku akan pulang lebih awal."

"Yah, aku sih enggak punya hak buat melarangmu."

Sambil memikirkan sesuatu, Miura-san menuruni tangga berkarat apartemen dengan jari di bibirnya.

Ada apa ya?

"Berapa banyak pekerjaan paruh waktu yang kamu lakukan sekarang?"

"Biasanya tiga."

Sandora, pengantar koran, dan perbaikan jalan. Karena aku terdaftar di situs pekerjaan harian, pada hari libur aku melakukan pekerjaan seperti penyiapan acara.

"...."

Miura-san menyilangkan tangan dan menatapku dengan wajah serius.

Meski memakai seragam, gaya Miura-san yang imut dengan hiasan kecil itu terlihat agak tidak cocok dengan ekspresi seriusnya. Tapi justru itu membuatnya menarik.

Aku tidak tahu alasan dari wajah berpikir Miura-san, jadi aku malah memikirkan hal itu.

"Sebenarnya, kenapa kamu tetap bersekolah di SMA?"

"Itu karena Satonaka-san yang menyarankannya. Aku juga berpikir lebih baik punya ijazah SMA, dan biaya sekolah juga dibantu."

"Hmm..."

"Miura-san?"

"Rasanya sedikit aneh."

"Aneh?"

Apa yang aneh?

"Dari dulu aku merasa ganjil, tapi owner itu kan walimu. Bukannya seharusnya dia lebih memperhatikanmu? Sepertinya dia punya cukup uang juga."

"Itu terlalu berlebihan, kan?"

"Apa yang berlebihan? Kalau mau mengurus, ya uruslah dengan benar."

Tapi itu tidak semudah itu.

"Sebenarnya, aku yang meminta agar dia tidak membantuku terlalu banyak."

"Apa?"

Dia menatapku seolah melihat sesuatu yang tidak bisa dimengerti.

"Kalau begini terus, aku tidak akan bisa membalas budi kepada Satonaka-san seumur hidup."

Dia menjadi wali bagiku dan Arisa, yang tidak punya hubungan apa-apa dengannya. Dia memberikan tempat tinggal dan tempat belajar. Dia memastikan aku dan Arisa tidak terpisah.

"Sudah lebih dari cukup aku bergantung padanya, tapi dia bahkan mempekerjakanku di Sandora."

"Maksudmu, mempekerjakan..."

"Bisa bekerja di toko miliknya membuatku merasa bisa sedikit membalas budi. Aku yakin dia mempekerjakanku juga dengan mempertimbangkan perasaanku."

"...."

Miura-san kesal dan menendang-nendang tanah dengan ujung sepatunya, jadi aku memutuskan untuk menyelesaikan perkataanku.

"Jadi, aku sebisa mungkin tidak mau merepotkan Satonaka-san."

"Haa─────"

 Dia menghela napas panjang.

"Tidak bisa dipercaya. Bodoh sekali."

"Sampai segitunya?"

"Tentu saja aku akan bilang begitu. Aku pasti akan bilang begitu."

"Kenapa lagi?"

"Kamu baru enam belas tahun!"

 Memang enam belas tahun, tapi...

"Kenapa kamu terlihat bingung? Tidak bisa dipercaya. Sungguh bodoh."

 Itu cukup kasar.

"Miura-san, apa aku melakukan sesuatu yang salah?"

"Hidup itu bukan soal benar atau salah, sungguh. Sudahlah... tidak, ini untuk lain kali saja."

"Miura-san...?"

Dia bergumam sesuatu.

Yah, sudahlah.

"Jadi... sebenarnya apa yang aneh? Ini semua dimulai dari pembicaraan tentang kunjungan kelas."

"Maizono, kamu berusaha keras, kan?"

 Apa maksudnya?

Miura-san menggumamkan itu sambil menatap jauh ke depan.

"Aku tidak suka melihat orang yang berusaha keras malah menderita."

"...."

"Aku tahu ini hanya di kepala saja. Tubuh manusia cuma satu. Tapi aku hanya berpikir, kenapa seseorang yang seumuranku yang berusaha sekeras ini, harus kesulitan hanya untuk memenuhi permintaan adiknya karena sekolah dan pekerjaan paruh waktu."

"Bukan berarti aku sampai merasa kesulitan, kok."

"Aku bilang ini di kepala saja, kan?"

"Oh, ya, maaf."

"Grr... kenapa kamu minta maaf, bukan itu maksudku... lebih seperti, aduh...!"

Kenapa dia marah sekali...?

Dia memutar tangannya seperti sales yang datang ke Sandora.

Ah, dia mengepalkan tangan dengan erat.

"Kenapa kamu terlihat seolah hidup seperti itu adalah hal yang biasa?"

"Kenapa?"

"Kamu bisa lebih serakah, kan? Kamu bisa lebih banyak mengeluh. Kamu sekolah, kerja paruh waktu, mengurus adikmu, selalu berusaha keras, tapi tidak bisa menjadi kakak yang baik dengan mudah!"

"Yah, mungkin... begitu, yah?"

"Benar! Jangan berpikir kalau kamu bisa pulang cepat dan semuanya akan baik-baik saja! Aku akan memukulmu!"

"Pukul..."

Miura-san benar-benar marah.

"Untuk apa kamu bekerja paruh waktu?"

"Itu karena..."

Biaya sewa, biaya hidup, dan berbagai biaya lainnya.

Untuk bertahan hidup... mungkin. Tapi, sebenarnya Satonaka-san yang menjamin itu.

Jadi, alasan aku tetap bekerja paruh waktu dan menghasilkan uang adalah...

"Kalau harus dijelaskan, untuk melindungi keluarga dengan usahaku sendiri, mungkin?"

"Keluarga..."

"Aku juga menabung. Untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu yang terjadi."

"...."

Jika memungkinkan, aku ingin bisa melindungi seseorang tanpa harus bergantung pada Satonaka-san.

"Grr..."

Miura-san masih terlihat marah.

 Tapi, setidaknya aku tahu bahwa kemarahannya itu karena dia peduli padaku.

Meskipun begitu, aku tidak tahu apa yang bisa kulakukan...

Hmm...

"Jadi, kalau bisa, maukah kamu pergi bersamaku?"

"Eh... aku?"

"Iya, Miura-san juga punya misi rahasia."

Arisa pasti akan senang. Dia sangat dekat dengan Miura-san.

Ketika aku menyarankan hal itu, suasana marahnya langsung berubah.

"Itu..."

Dia menunduk dan menggenggam jarinya erat.

Aku tiba-tiba sadar Miura-san jadi lebih pendiam.

Aku sudah meminta sesuatu yang sangat egois.

"Tidak, maaf. Aku meminta hal yang tidak masuk akal."

"Eh, ah, iya..."

Meskipun Arisa sangat dekat dengannya, aku tidak mempertimbangkan perasaan Miura-san.

"Dan lagi, kamu juga punya sekolah, kan, Miura-san."

"Itu bukan masalah besar, tapi... aku bukan siswa teladan seperti kamu... bukan itu maksudku, ehm..."

"Tidak, maaf. Aku mengatakan sesuatu yang membingungkan. Jangan pikirkan itu."

"......"

Setelah mengatakan sesuatu yang ceroboh, aku kebingungan harus berkata apa.

Jika aku membuatnya tidak nyaman, aku harus membuatnya nyaman lagi.

"Oh iya, hari ini kamu juga di Sandora, kan, Miura-san? Sebenarnya, Satonaka-san..."

Aku mencoba mengubah topik pembicaraan dan berusaha ceria.

Entah itu berhasil atau tidak, Miura-san tersenyum samar dan mengangguk.

"Eh... maaf."

Aku tidak tahu apa yang dia minta maafkan.

Tapi aku merasa dia merujuk pada percakapan kita tadi.

Jadi aku memutuskan untuk tidak membahasnya lebih lanjut.

Pasti Miura-san juga merasa tidak enak setelah aku membawa-bawa Arisa dalam percakapan tadi.

 

 

Sebelumnya  |   Daftar isi  |  Selanjutnya 

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama