Kono Monogatari wo Kimi ni Sasagu Bab 3 Bagian 1 Bahasa Indonesia

 

Penerjemah: Maomao

Bab 3 — Demi Siapa Kamu Melakukannya

Bagian 1

 

Sebuah kamar di rumah sakit umum di kota.

Di atas seprai putih yang bersih, dia tidur.

Selimut di atas tubuhnya bergerak perlahan naik turun, dan Yuuto merasa lega melihat bulu matanya yang panjang sesekali bergetar.

Dari jendela kamar rumah sakit, terlihat pegunungan yang terbalut senja.

Sudah hampir sehari penuh sejak Kotoha dibawa dengan ambulans. Yuuto pergi ke rumah sakit bersama guru tadi malam, dan sempat pulang sekali di tengah malam. Setelah itu, dia kembali ke rumah sakit, namun Kotoha belum juga sadar.

‘Bagaimana dengan Natsume... Kotoha-san, apakah dia baik-baik saja?’

Yuuto teringat percakapannya dengan ibu Kotoha yang datang ke rumah sakit tadi malam.

‘Kamu Hiiragi-kun, ya?’

Ibu Kotoha khawatir tentang putrinya, tetapi ada ketenangan aneh di wajah dan suaranya.

Ketenangan itu bukanlah tanda rasa lega. Sebaliknya, itu adalah ketenangan yang seolah menerima sesuatu yang berada di luar kendalinya. Hal itu membuat hati Yuuto sangat gelisah.

Saat itu, terdengar suara rintihan kecil, dan Yuuto tersadar kembali.

Kotoha membuka matanya sedikit.

"Natsume! Kamu baik-baik saja?"

Yuuto menahan diri untuk tidak berteriak dan berusaha bertanya dengan tenang. Namun, tidak ada jawaban. Kotoha perlahan melihat sekeliling sebelum menatap Yuuto. Pandangannya perlahan menjadi lebih jelas.

"Senpai... aku..."

"Tunggu sebentar. Aku akan panggil perawat."

Yuuto mencoba meraih tombol panggilan perawat. Namun, Kotoha menyentuh tangannya dengan lembut, menghentikannya.

"Natsume, ada apa──"

Kotoha menatap Yuuto dengan intens, membuatnya secara refleks mengalihkan pandangan.

"...Aku pingsan di sekolah, ya?"

"Iya..."

"...Maaf. Aku sudah merepotkan senpai."

"Tidak, itu tidak masalah, tapi..."

"...Bagaimana dengan Haruka-chan?"

"Setelah kejadian itu, ayah kami menjemputnya dan membawanya kembali ke Nagoya. Dia khawatir tentangmu, tahu?"

"Begitu... Aku merasa bersalah. Padahal dia sudah datang jauh-jauh... Aku juga ingin lebih banyak bicara dengannya."

Percakapan terhenti, dan keheningan yang berat memenuhi ruangan rumah sakit.

Kotoha memandang keluar jendela ke arah pegunungan di awal musim gugur. Melihat bagaimana dia tampak begitu menyatu dengan lingkungan rumah sakit ini, hati Yuuto terasa sakit.

"Mengapa..."

Yuuto tersendat dalam kata-katanya, dan Kotoha melihatnya dengan rasa ingin tahu.

Dengan gigi terkatup rapat, Yuuto menarik napas dalam-dalam dan berusaha mengeluarkan kata-katanya.

"Mengapa... selama ini kamu diam saja?"

Kotoha terkejut dan matanya terbuka lebar, lalu ekspresinya perlahan menghilang.

"Senpai sudah dengar, ya?"

Suaranya lembut, namun tegas, menggema di ruang rumah sakit.

Yuuto mengangguk kecil.

"Iya, aku sudah dengar."

Mendengar jawaban itu, Kotoha menghela napas panjang dan memandang ke langit-langit. Terlepas dari tatapan Kotoha, Yuuto merasa sedikit lega.

"Dari ibu, kan?"

"Iya."

"Bagaimana dengan ibu sekarang?"

"Beliau pergi mengambil pakaian. Katanya mungkin kamu akan dirawat lama."

"Begitu... Jadi aku akan dirawat lama, ya..."

Kotoha bergumam. Nada suaranya mirip dengan ibunya, penuh dengan kesedihan dan rasa putus asa.

Melihat ke langit-langit, Kotoha tampak tenggelam dalam pikirannya.

Yuuto tidak bisa mengerti apa yang sedang dipikirkan Kotoha saat itu.

"Apakah itu... benar?"

"Itu benar. Sayangnya."

Yuuto menatap wajah Kotoha dari samping, mengingat apa yang dikatakan ibunya.

'Kotoha sakit.'

"Ada kelainan di bagian otaknya."

Pengakuan tenang Kotoha dan suara bergetar ibunya saling bersilangan dalam pikiran Yuuto.

'Ketika dia berusia sekitar sepuluh tahun, penyakit itu ditemukan. Kasus seperti ini sangat jarang di dunia, dan tanpa pengobatan yang efektif, kondisinya perlahan-lahan memburuk.'

"Tiba-tiba tubuhku kehilangan kekuatan, atau aku demam."

'Sekarang, dia masih bertahan.'

"Dokter mengatakan, meskipun aku masih bisa pergi ke sekolah, kapan saja bisa terjadi bahwa aku tidak bisa lagi sekolah."

Sejak pertama kali mendengar kenyataan ini sampai sekarang, Yuuto masih tidak bisa mempercayainya.

Meskipun otaknya bisa memahami, hatinya menolak untuk menerima.

Namun, setelah mendengarnya langsung dari mulut Kotoha, kenyataan itu tidak bisa diabaikan lagi.

"Mengapa, dalam kondisi seperti itu, kamu memaksakan diri...?"

Sejak pertemuan pertama hingga sekarang, Kotoha selalu penuh semangat dan energi.

Dia tiba-tiba masuk ke kelas siswa kelas tiga, meyakinkan Yuuto dengan jatuh ke sawah dan melompat dari jembatan, begadang untuk menyelesaikan naskah, dan sibuk mempersiapkan festival sekolah.

Namun, sekarang Yuuto menyadari.

Kebebasan dan semangat itu──diperoleh dengan membakar hidupnya.

"Aku ingin mewujudkan mimpiku."

"Mimpi..."

Yuuto teringat pertemuannya dengan mantan teman sekelas Kotoha di akuarium.

"Menjadi editor, kan...?"

Kotoha tersenyum samar.

"Aku sangat senang. Saat kita pergi ke akuarium dan bertemu teman sekelas SMP-ku, senpai mengatakan bahwa menjadi editor bukan lagi mimpi tapi rencana. Tapi..."

"Sekarang pun, aku masih berpikir begitu," ucap Yuuto memotong kata-kata Kotoha. Dia tidak ingin mendengar apa yang akan dikatakan setelah kata "tapi".

"Jadi, sekarang kamu tidak perlu memaksakan diri dan fokus pada pengobatan. Jika sekarang──"

"Jika aku menjalani operasi, aku akan sembuh."

Suara Kotoha menjadi lebih rendah. Di dalamnya terdengar kemarahan dan kepedihan yang tenang.

"Ibu mengatakan itu?"

"Iya," Yuuto mengangguk.

'Ibu mengatakan bahwa teknologi medis telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, dan sekarang ada kemungkinan untuk sembuh dengan operasi.'

Meskipun penyakitnya sangat langka, metode operasi yang efektif telah dikembangkan, kata ibu Kotoha. Dan jika tidak menjalani operasi, kondisi kesehatannya akan semakin memburuk. Saat itu, Yuuto merasa ada sesuatu yang tidak pasti dengan kata "kemungkinan".

Namun,

"Kesuksesan operasinya mencapai delapan puluh persen, kan? Memang, ada risiko dua puluh persen. Tapi, jika dibandingkan dengan ini..."

Lebih baik daripada mati, begitu dia ingin mengatakan, tapi tidak bisa mengatakannya. Itu terlalu tidak peka. Terlebih lagi, dia takut untuk mengucapkan kata "mati".

Yuuto memahami bahwa bagi Kotoha, risiko dua puluh persen adalah hal yang sangat berat. Namun, ketika dia mendengar bahwa tingkat keberhasilan operasinya mencapai delapan puluh persen, dia berpikir itu jauh lebih baik daripada yang dibayangkannya. Dia berpikir mungkin bisa berharap pada hal itu. Tentu saja, itu bukanlah sesuatu yang bisa diputuskan oleh orang luar seperti Yuuto.

Kotoha menghela napas kecil dan memandang ke arah jendela.

"Saat aku berusia sekitar sepuluh tahun, penyakit ini ditemukan, dan hal-hal yang dulu bisa aku lakukan, tidak bisa kulakukan lagi. Aku dilarang melakukan hal-hal yang memberi beban pada tubuhku. Bermain di luar, mengikuti pelajaran olahraga, semua itu tidak bisa lagi. Lama-kelamaan, teman-temanku juga menghilang. Mungkin karena kesempatan bermain berkurang, tapi mungkin juga karena aku menjadi orang yang berbeda karena penyakit ini. Anak-anak sangat peka terhadap hal-hal yang berbeda."

Kotoha menceritakan semuanya dengan tenang. Yuuto tahu bahwa ini adalah hasil dari menekan berbagai emosi. Jika tidak melakukannya, dia mungkin akan tenggelam dalam perasaannya sendiri.

"Saat itulah aku menemukan buku. Sebelumnya aku memang sudah suka membaca, tapi kemudian aku mulai membaca sesering mungkin. Hanya buku yang bisa menghibur kesepianku."

"Aku juga sama," pikir Yuuto.

Kotoha, seperti dirinya, diselamatkan oleh cerita dalam kesendirian mereka.

Namun, dalam kasus Kotoha, kondisinya lebih mendesak daripada dirinya.

"Hanya cerita yang memberi aku kekuatan untuk hidup."

Untuk bisa hidup, itu sangat diperlukan.

Oleh karena itu, dia bermimpi untuk menciptakan buku.

"Kalau begitu──"

Bukankah seharusnya dia memilih untuk hidup agar bisa terus membaca buku dan menciptakan cerita?

Saat Yuuto hendak mengatakannya, Kotoha menggelengkan kepalanya.

"Penyakitku ini ada di sekitar sini," kata Kotoha sambil menunjuk sisi kiri kepalanya.

"Katanya, otak punya fungsi yang berbeda di setiap bagiannya. Senpai tahu apa yang ada di sini?"

"Tidak, aku tidak tahu..."

Kotoha tersenyum sedih mendengar jawaban Yuuto.

"Ini pusat bahasa."

"Apa?"

Yuuto tahu bahwa itu adalah bagian otak yang mengatur bahasa, tetapi dia tidak bisa menghubungkannya dengan penyakit dan keadaan Kotoha saat ini.

"Tingkat keberhasilan operasi adalah delapan puluh persen. Itu memang menakutkan, tapi jika hanya itu, aku mungkin akan menjalani operasi. Tapi, ada kemungkinan sembilan puluh persen aku akan mengalami gangguan bahasa. Aku mungkin tidak bisa berbicara lagi, atau bahkan jika tidak sampai begitu parah, aku mungkin tidak bisa lagi memahami tulisan. Aku mungkin tidak akan bisa membaca buku lagi. Jika itu terjadi, maka mimpiku untuk menjadi editor tidak akan pernah terwujud."

"Itu... tidak mungkin..."

Yuuto bergumam dengan takjub.

Dulu diselamatkan oleh cerita, bermimpi tentang masa depan dengan cerita, tetapi untuk hidup, Kotoha harus melepaskan cerita.

Itu terlalu kejam.

"...Tapi, meskipun begitu..."

Yuuto mengeluarkan kata-kata dengan perasaan seperti ingin muntah darah.

"Kalau kamu mati, semuanya akan sia-sia. Jadi──"

"Tidak berarti aku akan mati sekarang," kata Kotoha memotong perkataan Yuuto.

"Ada orang dengan penyakit yang sama yang bisa hidup hingga akhir usia dua puluhan."

"Apa...?"

"Memang penyakit ini langka, dan kasusnya juga sangat jarang, tapi jika begitu, aku masih bisa menjadi editor. Aku akan lulus dari universitas, lulus ujian masuk penerbitan pada percobaan pertama, dan menjadi editor."

Bahkan jika itu hanya sampai akhir usia dua puluhan, tidak masalah.

Kata-kata Kotoha mencerminkan perasaan itu.

Itu adalah taruhan yang tidak sebanding dengan risiko dan hasilnya.

Namun, jelas bahwa Kotoha menganggap itu adalah pilihan terbaik.

"Senpai," kata Kotoha dengan tenang.

"Aku tidak akan menjalani operasi. Demi bisa hidup sebagai diriku sendiri."

Matanya terlihat seperti akan menangis kapan saja, namun tetap penuh dengan tekad.


 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama