Kono Monogatari wo Kimi ni Sasagu Bab 3 Bagian 3 Bahasa Indonesia

 Penerjemah: Maomao

Bab 3 — Demi Siapa Kamu Melakukannya

Bagian 3

 

Beberapa hari kemudian, Kotoha dipindahkan ke Tokyo.

Ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik, ketik—

Suara ketikan keyboard yang monoton terus terdengar di kamar berukuran delapan tatami. Seperti suara hujan musim gugur yang turun dengan lembut tanpa henti.

Di dalam kamar yang tertutup tirai meskipun siang hari, Yuuto menatap layar laptop yang bersinar biru putih tanpa berkedip.

Sudah sebulan sejak Kotoha dipindahkan, dan Oktober hampir berakhir.

Selama waktu itu, Yuuto terus menulis novel tanpa henti.

Siang dan malam, tanpa cukup tidur, dia terus mengetik. Kecuali untuk keluar membeli makanan ringan dan bahan makanan di supermarket terdekat, dia terus mengurung diri di kamar.

Dia tidak pergi ke sekolah. Dia memberi tahu sekolah bahwa dia akan istirahat karena kesehatannya memburuk.

Awalnya itu hanya alasan untuk istirahat, tetapi sekarang kondisi kesehatannya benar-benar memburuk.

Kurang tidur dan nutrisi, punggung dan pinggangnya kaku, matanya kering dan sakit.

Namun, anehnya pikirannya tetap tajam.

Sebelum sempat berpikir, kata-kata muncul di benaknya, karakter-karakter dalam pikirannya bergerak, dan cerita terus maju. Rasanya mirip dengan masa-masa kejayaannya sebagai Fuyutsuki Haruhiko. Bahkan, mungkin melebihi itu.

Sebulan yang lalu, saat dia mulai menulis lagi, rasa canggung itu sudah hilang sepenuhnya.

Pada hari Kotoha menjauhkannya, Yuuto sudah memutuskan tekadnya.

Keraguan dan kecemasan yang menghalangi penulisannya sudah ia singkirkan dari pikirannya.

Dia hanya bisa mencurahkan seluruh energinya untuk terus menulis.

Menulis dengan sepenuh hati — itulah tekad Yuuto.

Namun, cara itu jelas seperti pedang bermata dua.

Dia hampir menulis dengan mengorbankan nyawanya.

"Air..."

Suara serak seperti orang lain keluar dari tenggorokannya dan membuatnya terkejut.

Kapan terakhir kali dia minum air? Makan? Tidur?

Begitu dia menyadari kelelahannya itu, tubuhnya langsung terasa berat.

Jari-jarinya yang mengetik juga tidak bisa bergerak dengan baik, dan mulai bergetar tanpa arah.

Dengan kondisi seperti ini, menulis pun jadi sulit.

Dia merangkak ke kulkas, membuka pintunya, dan dia terkaget.

Kosong.

"Sial."

Aku berusaha bangkit untuk pergi berbelanja, tapi kakiku tidak punya tenaga, dan aku malah jatuh tergeletak di lantai.

Dingin lantai terasa menembus pipiku yang menempel.

Aku tidak bisa bangkit.

"Belum... cerita itu masih bisa lebih baik... Aku ingin menulis lebih banyak... Aku tidak bisa tumbang di sini..."

Penglihatanku mulai kabur, saat itulah bel pintu berbunyi.

Namun, tubuhku tidak bisa bergerak untuk merespon belnya.

Bel pintu berbunyi lagi.

Saat aku hanya bisa terbaring di lantai, terdengar suara ketukan keras di pintu. Diikuti suara seorang pria.

"Hei, Hiiragi! Kamu di sana, kan? Ini aku, Watanabe! Buka pintunya!"

Watanabe—ketua klub teater. Kunjungan yang tak terduga membuatku bingung, tapi aku berhasil mengeluarkan suara serak dari tenggorokanku yang kering, meski hanya terdengar samar di luar.

"Kunci... tidak terkunci..."

Segera setelah itu, pintu terbuka dan udara segar masuk. Watanabe yang terkejut segera berlari mendekat dengan cemas.

"Hei, kau baik-baik saja!?"

Aku mulai merasa lebih baik sekitar tiga puluh menit setelah Watanabe datang.

"Aku benar-benar tidak perlu memanggil ambulans, kan?"

Aku mengangguk sambil minum minuman jeli sebagai jawaban atas pertanyaan Watanabe.

"Iya, aku baik-baik saja. Aku hanya sedikit kelelahan."

"Orang yang hanya sedikit kelelahan tidak akan sampai tergeletak di lantai dan tidak bisa bergerak..."

Yang berkata dengan nada campuran antara jengkel dan khawatir adalah Shouko Higawa, wakil ketua klub, yang datang bersama Watanabe.

Aku duduk berhadapan dengan mereka berdua, dipisahkan oleh meja persegi panjang. Di atas meja, ada minuman penyegar, minuman energi, makanan ringan, roti, dan onigiri—semua dibawa oleh Watanabe.

 

Mereka datang menjenguk karena khawatir setelah aku tidak muncul untuk mengantar Kotoha saat pindah rumah sakit, dan juga karena aku sudah hampir sebulan tidak masuk sekolah karena sakit dan tidak ada kabar.

"Terima kasih, kalian sudah banyak membantuku."

Meskipun aku mengatakan bahwa aku baik-baik saja, tubuhku masih terasa lemas dan kepalaku sangat sakit. Aku perlu istirahat lebih lama untuk pulih sepenuhnya. Kelelahan yang terkumpul selama sebulan terakhir sekarang muncul sebagai dampaknya. Jika mereka tidak datang, mungkin aku dalam bahaya.

"Tapi, ini sedikit mengejutkan... Higawa-san bisa dimengerti, tapi aku tidak menyangka Ketua Klub repot-repot datang menjengukku."

Sejujurnya, aku pikir aku tidak begitu disukai olehnya.

"Kami berhutang budi padamu. Berkatmu, kami tampil baik di kompetisi regional dan bisa melanjutkan ke tingkat nasional."

"Begitu ya... selamat."

Aku yang terlalu fokus menulis hampir melupakan bahwa kompetisi regional berlangsung pada akhir September, dan sekarang mereka berlatih untuk kompetisi nasional. Itu berita yang menggembirakan.

"Hei, Hiiragi-kun, apakah terjadi sesuatu antara kamu dan Kotoha-chan? Kamu tidak datang mengantarnya saat dia pindah rumah sakit dan tiba-tiba tidak masuk sekolah. Saat aku bertanya pada Kotoha-chan lewat telepon, dia menghindar dan tidak mengatakan apa-apa..."

Aku bingung bagaimana harus menjawabnya.

Mudah untuk mengelak dan mengatakan tidak ada apa-apa, tapi itu akan sangat tidak sopan terhadap dua orang yang khawatir dan sudah menyelamatkanku dari situasi berbahaya. Namun, menjelaskan situasi sebenarnya berarti mengungkap terlalu banyak tentang urusan pribadi aku dan terutama Kotoha.

Urusanku sendiri tidak masalah. Setelah bisa mengatasi masa lalu, aku tidak perlu menyembunyikannya lagi. Tapi bagaimana dengan penyakit Kotoha? Apakah dia sudah memberi tahu dua orang ini tentang penyakitnya dan alasan dia dipindahkan?

Namun, aku tidak akan tahu jika hanya memikirkannya.

"Seberapa banyak yang sudah kalian dengar dari Natsume? Ada hal-hal yang tidak bisa aku katakan soalnya."

Watanabe dan Shouko saling bertukar pandang dengan wajah muram.

"Kami dengar dia punya penyakit otak dan kondisinya tidak terlalu baik... begitu yang kami dengar."

Suara Shouko yang sedih menggantung di udara.

Shouko adalah teman Kotoha, jadi ketika dia diberitahu tentang penyakit itu, pasti sangat mengejutkan bagi Shouko, pikir Yuuto.

"Hanya aku dan Higawa yang tahu. Kami datang ke sini berdua karena alasan itu juga."

Watanabe berbicara dengan nada datar, tapi tidak bisa menyembunyikan kesedihannya.

Jika begitu, mungkin aku bisa berbicara, pikir Yuuto.

Aku banyak tertolong melalui pembuatan naskah untuk klub teater.

Selain itu, mereka juga sudah mengizinkanku untuk mengadaptasi naskah itu menjadi novel.

Jika Kotoha mempercayai mereka berdua dan berbagi masalah pribadinya, mungkin aku harus menjelaskan situasinya.

"Aku dan dia..."

Yuuto mulai menjelaskan situasinya kepada Watanabe dan Shouko.

Bahwa Kotoha terus mendorongnya untuk menulis novel. Bahwa dia pernah menjadi penulis dengan nama pena Fuyutsuki Haruhiko, tetapi berhenti menulis karena masalah yang dia hadapi di internet. Dan karena alasan itu, dia terus menolak permintaan Kotoha.

Saat sampai pada penjelasan itu, Watanabe tiba-tiba menghentikan Yuuto dengan terkejut.

"Tunggu, tunggu sebentar. Kamu bilang Fuyutsuki Haruhiko? Fuyutsuki Haruhiko yang itu?"

Di sampingnya, Shouko juga melihat Yuuto dengan mata penuh kejutan dan kebingungan, sambil mengangguk-angguk.

"Iya, mungkin Fuyutsuki Haruhiko yang itu."

"Serius..."

Watanabe mengeluh dan memandang ke langit-langit.

"Ternyata kamu benar-benar seorang penulis..."

Shouko juga tampak terkejut dan wajahnya terlihat tegang.

"Tapi masuk akal. Naskah itu jelas bukan sesuatu yang ditulis oleh seorang siswa SMA biasa..."

"Maaf karena tidak memberi tahu kalian."

Terhadap permintaan maaf Yuuto, Watanabe menggelengkan kepalanya.

"Tidak perlu meminta maaf. Setiap orang punya hal yang tidak ingin dibicarakan, apalagi dengan situasi seperti yang baru saja kau ceritakan. Selain itu, kami mempercayai naskah yang kau tulis dan sikapmu terhadap naskah itu untuk dipentaskan. Apakah kau seorang penulis profesional atau bukan, itu sebenarnya tidak terlalu penting bagi kami. Meski begitu, kami tetap terkejut."

Shouko juga mengangguk setuju dan berkata, "Benar."

"Terima kasih. Mendengar itu membuatku merasa sedikit lebih lega."

Mengetahui bahwa dia lebih dipercaya oleh dua orang ini daripada yang dia kira, hati Yuuto dipenuhi dengan rasa syukur dan lega.

"Maaf, aku mengganggu ceritamu. Lalu bagaimana?"

"Ah, iya..."

Yuuto melanjutkan penjelasannya tentang kejadian yang tersisa.

Setelah pertunjukan di festival budaya, berkat Kotoha, dia bisa bangkit kembali dan merasa termotivasi untuk menulis novel. Namun, karena jeda panjang, dia kesulitan menulis dan berkonsultasi dengan Kotoha. Kotoha menyarankannya untuk menulis sendiri dan mereka berjanji untuk tidak bertemu sampai bukunya selesai.

"Kalian membuat janji seperti itu..."

"Kalian berdua punya semangat luar biasa untuk menciptakan cerita... Itu agak menakutkan..."

Shouko lalu memandang ke sudut ruangan.

"Hei, Hiiragi-kun. Dari tadi aku penasaran, apa itu tumpukan kertas?"

Di tempat yang ditunjuk Shouko, terdapat tumpukan kertas tebal setinggi beberapa sentimeter.

"Itu naskah novel. Aku banyak merevisi naskah itu dalam sebulan terakhir..."

"Merevisi... berapa banyak yang harus kamu tulis sampai-sampai jadi tumpukan sebesar itu...?"

"Saat ini aku sedang menulis draf keempat puluh."

"Empat... puluh..."

Shouko tertegun.

"Aku pikir, dengan menulis dari awal sampai akhir berkali-kali, aku akan mendapatkan kembali perasaanku."

Itulah pilihan yang dibuat oleh Yuuto yang sudah melupakan segalanya.

Berbeda dari saat dia mengalami hambatan menulis, di mana dia terus bolak-balik memperbaiki kalimat, kali ini dia memutuskan untuk menulis dari awal hingga akhir tanpa henti.

Biasanya, setelah menulis naskah, seseorang akan memperbaiki bagian-bagian tertentu untuk menghasilkan naskah akhir.

Namun, Yuuto tidak melakukannya.

Dia membaca naskah yang telah selesai, kemudian membuangnya.

Lalu, dia menulis lagi dari awal hingga akhir.

Dia mengulanginya berkali-kali.

Setiap kali membacanya, ceritanya mengalami perubahan besar, dan perasaan Yuuto semakin tajam.

"Aku minta maaf karena ceritanya akan berbeda dari naskah teater klub, tapi karakter Hiyori dalam novel ini akan sangat berubah."

"Hiyori?"

Awalnya, karakter Hiyori ditulis sesuai dengan kepribadian Shouko Higawa yang ada di depannya.

"Setelah menulis ulang beberapa kali, aku menyadari bahwa Hiyori yang menderita penyakit mematikan itu tanpa ragu adalah tentang Natsume. Tidak ada model yang lebih cocok. Saat menulis naskah, aku tidak pernah membayangkan dia menderita penyakit..."

Faktanya, menggambarkan Hiyori dengan model Kotoha membuat ceritanya semakin bersinar dan kualitasnya meningkat pesat. Namun,

"Apakah itu benar? Menggunakan Natsume-san seperti itu... menggunakan penderitaan seseorang sebagai alat atau bahan cerita..."

Watanabe berbicara dengan nada pahit. Suaranya mencerminkan kebingungan dan kemarahannya terhadap Yuuto.

"Iya. Sebagai manusia, aku juga merasa ini salah."

Yuuto sendiri merasakan hal yang sama seperti yang dikatakan Watanabe. Saat menulis, dia sering merasa seolah-olah sedang mencabik-cabik Kotoha dan menyusunnya kembali. Namun,

"Ketua, itu hanyalah sudut pandang kita," kata Shouko dengan nada yang mencampurkan keputusasaan dan kekaguman.

"Sudut pandang kita...?"

Watanabe mengerutkan kening dengan bingung.

"Iya. Mungkin bisa juga disebut sebagai norma. Hiiragi-kun dan Kotoha-chan, mungkin mereka sudah keluar dari norma itu. Mereka berencana menggunakan segalanya demi menciptakan cerita."

"Segalanya..."

"Segalanya benar-benar segalanya. Waktu, nyawa, hidup mereka, semua. Jika tidak, mereka tidak akan menulis sampai tidak bisa bergerak. Aku juga merasa enggan melihat Kotoha-chan diperlakukan seperti bahan cerita, tapi aku juga tidak bisa menyalahkan atau mengkritik mereka. Karena bagi Hiiragi-kun dan Kotoha-chan, ini adalah kebenaran yang tak terbantahkan."

Kata-kata Shouko sedikit meleset.

Yuuto tidak berpikir apa yang dia lakukan adalah benar. Hanya saja, meskipun itu mungkin tindakan yang kejam, dia merasa harus melakukannya karena itu adalah cara terbaik yang bisa dia lakukan saat ini untuk membuat cerita menjadi lebih baik.

Watanabe mengeluh dengan nada putus asa.

"Haa... baiklah. Aku tidak bisa mengatakan apa-apa lagi. Intinya, kau menulis novel tanpa peduli apa pun demi memenuhi harapan Natsume, kan?"

Watanabe berbicara seolah-olah dia akhirnya memahami, meskipun tidak sepenuhnya menerima, alasan mengapa Yuuto tidak datang untuk melihat Kotoha pergi, dan mengapa dia mengabaikan sekolah dan menulis naskah sebanyak itu. Namun,

"Tidak, aku tidak bermaksud memenuhi harapannya."

Yuuto berkata dengan tegas, membalikkan pemahaman Watanabe.

"Apa?""Eh?"

Watanabe dan Shouko menatap Yuuto dengan bingung.

"Aku sama sekali tidak berniat menulis novel sesuai harapannya. Jika itu yang dia inginkan, aku sudah selesai pada draf kelima."

Jika hanya pada level Fuyutsuki Haruhiko yang lama, Yuuto sudah lama menyelesaikannya.

"Eh, jadi, tiga puluh lima draf berikutnya itu apa? Hiiragi-kun, sebenarnya kamu menulis apa...?"

Bahkan Shouko, yang sebelumnya memahami pelanggaran norma oleh Yuuto, sekarang benar-benar ketakutan. Seolah-olah dia sedang menghadapi monster.

"Aku sudah bilang, kan? Aku akan mengubah cara berpikirnya. Aku ingin membuatnya ingin hidup. Untuk itu, novel sesuai harapannya tidak cukup. Aku harus melampaui itu. Ini adalah proses penghancuran dan pembuatan ulang untuk menyentuh hatinya."

 

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama