Gimai Seikatsu Volume 11 Chapter 2 Bahasa Indonesia

Chapter 2 — 15 September (Rabu) Ayase Saki

 

Lonceng yang menandakan waktu istirahat siang berbunyi, dan aku berdiri dari tempat duduk dengan membawa kotak bekal makan siang.

Aku memanggil ketua kelas yang duduk di sebelahku.

“Maaf, hari ini aku punya janji lain.”

Sambil berkata begitu, aku menggoyangkan kotak makan siang di tanganku dan mencoba menunjukkan dengan satu tangan. Itu sebagai tanda bahwa aku tidak bisa makan bersamanya.

“Oh? Ah, 'ruang istirahat'?”

Aku mengangguk.

“Maaf ya.”

“Tidak apa-apa. Lagipula, kita tidak benar-benar punya janji, ‘kan? Hei, Ryo-chin. Kamu mau makan siang di mana hari ini?”

“Hari ini aku mau ke kantin.”

“Oh, jadi bukan hari bawa bekal ya?”

“Ibuku sedang flu. Jadi, aku akan pulang lebih awal setelah sekolah. Harus masak makan malam.”

“Walah, aduh, pasti itu sulit. Kalau begitu, aku akan ikut. Jadi, kita akan pergi ke kantin, Saki-san.”

“Ah, ya. Baiklah.”

Saki-san…… kemarin dia memanggilku 'Saki-ppé' dan sebelumnya 'Saki-chi'.

Ketua kelas sepertinya tidak memiliki cara tetap untuk memanggilku. Mungkin bukan karena sengaja, tapi lebih karena dia tidak terlalu memikirkannya. Rasanya tergantung pada suasana hatinya saat itu.

Setelah meminta maaf kepada Ryo-chin, Satou Ryouko-san, aku keluar dari kelas dan menuju ke arah perpustakaan. Tujuanku bukan untuk meminjam buku, tetapi menuju ke koridor yang menghubungkan ke gedung khusus.

Ruang berbentuk persegi yang terletak di depan perpustakaan itu dilengkapi dengan meja dan kursi yang disediakan untuk siswa belajar, membaca, atau makan. Selama ada tempat kosong, siswa diperbolehkan menggunakannya secara bebas. Nama resminya tidak diketahui. Tapi siswa-siswa lain menyebutnya 'ruang istirahat'.

Di 'ruang istirahat' itulah aku akan bertemu dengan Maaya.

Sambil berjalan di koridor, aku tiba-tiba teringat. Jika dipikir-pikir, hingga satu setengah tahun yang lalu, aku tidak pernah makan bersama teman sekelas. Jadi, aku tidak pernah mengucapkan kata-kata seperti “Maaf tidak bisa makan bersama.”

Ada banyak yang berubah. Sekarang, aku merasa sangat tidak enak jika tidak mengucapkan satu kata pun saat makan siang bersama mereka.

Sambil menuju ke 'ruang istirahat', aku memikirkan hal-hal itu.

“Maaf, apakah kamu menunggu?”

“Aku baru saja datang!”

Meskipun dia selalu mengatakan begitu meskipun sudah menunggu, aku meletakkan kotak makan siang di sebelah Maaya.

Aku juga merasa ingin minum, jadi aku membeli botol teh dari mesin penjual otomatis yang ada di dekat sini. Dengan membawa itu di tangan, aku duduk di sebelahnya. Tempat duduknya terang di dekat jendela.

Sudah lama sejak terakhir kali aku makan siang bersama Maaya.

Setelah duduk, aku melihat ke arah tangan Maaya dan merasa aneh.

Sepertinya dia membeli makanan dari minimarket atau kantin sekolah, itu adalah kotak makan siang siap saji.

“Jadi, kamu membawa bekal?”

“Benar sekali.”

“Benar sekali apanya… Hmm, bukannya saat kelas dua lalu kamu biasanya makan roti?”

“Hebat, Saki memang beda. Meskipun kamu tidak peduli dengan orang lain, kamu sangat memperhatikannya, ya.”

“Apa itu pujian atau sindiran?”

“Tentu saja pujian lah. Aku pikir kamu sangat memperhatikan hal-hal seperti itu meskipun tidak makan bersama. Seperti barang-barang aksesoris yang dibawa atau pakaian orang.”

“Apa iya?”

Karena ini tentang diriku, aku tidak begitu yakin, tetapi jika Maaya mengatakan begitu, mungkin memang benar.

Memang…… aku tidak terlalu menaruh perhatian terhadap orang lain, tapi bukannya berarti aku tidak peduli. Ada pepatah yang mengatakan, ‘Kenali dirimu dan kenali musuhmu, maka kamu tidak akan kalah dalam seratus pertempuran.’ (TN:Kata-kata bijak terkenal yang dikutip dari buku art of war Sun Tzu)

Selain itu, aku sadar bahwa aku secara tidak sadar memperhatikan fashion orang lain.

Setelah mendengar itu, Maaya mengangguk.

“Saki memiliki kemampuan observasi yang baik~. Memeriksa item dan kemampuan khusus yang dimiliki orang lain sudah menjadi kebiasaanmu. Itulah dasar dari petualangan. Untuk racun, ada penawar, dan untuk status abnormal, ada obat pemulihan dari kondisi abnormal.”

Maaya berkata sambil merobek plastik yang menutupi kotak makan siangnya.

Meskipun rasanya agak berbeda, atau lebih tepatnya, apa itu kondisi abnormal? Apa ini pembicaraan tentang permainan lagi?

Sambil sedikit bingung, aku memperhatikan Maaya merobek kemasan makan siangnya. Tertulis [Miso Katsu Bento]. Bahkan tertulis (porsi besar). Itu cukup banyak, tetapi di mana tubuh kecilnya bisa menampung semua itu?

“Kamu bisa menghabiskannya?”

“Tentu saja! Nah, mengenai jawaban untuk pertanyaanmu tentang roti tadi. Saat pelajaran kedua, kita ada pelajaran olahraga, kan?”

Aku mengangguk. Karena kelasnya bersebelahan, jadi kami biasanya bersama saat pelajaran olahraga. Saat itulah dia mengajakku untuk makan siang bersama.

“Aku merasa sangat kelaparan~. Aku sudah membeli roti sebelum berangkat sekolah.”

“Jangan bilang…”

“Tepat sekali! Aku sudah makan roti lebih awal!"

Dia menunjukkan jarinya ke langit dengan tegas, tetapi tunggu dulu. Jadi, dia berencana untuk makan roti seperti biasa, tetapi karena lapar dia memakannya, jadi dia membeli kotak makan siang baru?

“…Maaya, kamu itu cewek, ‘kan?”

Kadang-kadang aku pernah melihat anak cowok yang makan lebih awal.

“Sungguh keterlaluan! Aku ini gadis yang malu-malu, lho~”

“Tidak bisa dipercaya.”

“Kalau ada pelajaran olahraga di pagi hari, aku tidak ragu untuk makan lebih awal! Karena hari ini kita ada lari maraton, ‘kan?”

“Ya… memang aku harus berlari cukup jauh.”

“Kalau merasa lapar, jangan ragu untuk makan! Ini adalah pengetahuan umum bagi siswi SMA yang ingin menang dalam ujian!”

 …Begitu ya?

Sambil meragukan pengetahuan Maaya, aku membuka kotak makan siangku. Ini hanyalah kotak makan siang biasa yang aku isi dengan sisa makanan pagi. Potongan salmon panggang dengan nasi, sisa telur dadar, dan sedikit rumput laut. Aku sudah berusaha untuk menjaga kalori tetap rendah.

Setelah mengucapkan “Selamat makan”, kami mulai makan siang.

“Ngomong-ngomong, Saki tuh terasa jauh, ya.”

“Masa?”

Sejak menjadi siswa kelas tiga, aku lebih sering menghabiskan waktu dengan Satou-san dan ketua kelas, jadi memang sudah lama sekali aku bisa berbicara santai seperti ini. Namun, kami masih bertemu di pelajaran olahraga beberapa kali dalam seminggu, dan juga sering bertemu di kelas pilihan. Bagiku, aku tidak merasakan perubahan jarak yang signifikan.

“Undangan ke festival musim panas juga ditolak, ya~ aku jadi sedih, tau.”

Aku terkejut. Ah, soal itu, ya. Meskipun aku tahu dia tidak benar-benar menangis, aku merasa agak bersalah tentang acara kembang api.

“Itu, yah, sedikit… ya. Maaf.”

Saat aku mengucapkan kata-kata itu, tiba-tiba Maaya mengangkat wajahnya dengan ceria. Kenapa dia malah tersenyum?

“Oh! Jangan-jangan kamu pergi dengan orang lain, ya?”

“Eh, ah, enggak.”

“Pasti dengan Asamura-kun, iya ‘kan!”

“Wah, suaramu terlalu keras…”

Aku menempelkan jariku di bibirku dan berkata, “Ssshh!” Dia terlalu peka. Dan kenapa dia menatapku dengan mata seperti anak anjing? Apa dia begitu penasaran? Sepertinya iya. Dulu aku bisa mengelak, tetapi Maaya sudah mengetahuinya.

“Yah, ya, begitulah.”

“Uhyooooooo!”

“Ssshh!”

 Apa-apaan dengan teriakan anehnya itu…?

Karena aku sudah menolak ajakan jalan-jalan di festival musim panas, aku tidak ingin berbohong kepada Maaya… dan aku merasa pemikiranku sudah berbeda dari dulu. Aku juga sudah berbicara dengan Asamura-kun bahwa kami tidak perlu menyembunyikan hubungan kami lagi.

Dengan menghilangkan ekspresi di wajahku, aku memberi tahu Maaya, “Aku tidak akan berbicara lebih lanjut tentang ini.” Maaya sedikit mengerucutkan bibirnya seolah-olah dia sedang ngambek, tetapi sepertinya dia menyerah.

Sambil menyeruput susu stroberi dengan sedotan, Maaya berkata.

“Tapi untuk saat ini kita mengesampingkan itu dulu.”

“Kita bisa mengesampingkan itu selamanya.”

“Baiklah, untuk saat ini kita simpan. Bagaimana dengan persiapan festival budayamu?”

Aku merasa lega karena topik percakapan sudah berganti menjadi lebih aman.

“Yah, lumayan. …Kelasmu akan melakukan apa, Maaya?”

Kalau dipikir-pikir, aku memang belum menanyakannya.

“Permainan melarikan diri.”

“Melarikan…?”

Apa itu?

“Permainan melarikan diri, masa kamu tidak tahu? Ini semacam permainan teka-teki. Setiap pemain harus memecahkan teka-teki untuk bisa keluar dari tempat yang tertutup.”

“Kenapa harus tertutup? Kenapa harus memecahkan teka-teki untuk bisa keluar?”

“Nah, ada berbagai pengaturan untuk itu. Intinya, ini adalah permainan yang mengharuskan para peserta bekerja sama dan bersenang-senang. Maksimal enam orang dibagi menjadi kelompok, lalu ruang kelas dibagi-bagi, dan mereka bergerak secara bergiliran. Jika teka-teki terpecahkan, mereka bisa maju. Jika waktu habis, maka mereka gagal dan dikeluarkan dari permainan.”

“Hmm, hmm?”

“Maru-kun sangat tahu tentang permainan seperti ini. Ia sudah membuat teka-teki dan cerita yang cukup baik. Sekarang, kelompok anak laki-laki sedang membuat properti besar, sementara kelompok perempuan membuat properti kecil. Seperti kepala sapi.”

“Kepala sapi!?”

“Sesuatu yang dijadikan korban. Tentu saja itu palsu. Begini, ada lilin yang diletakkan di kepala. Ada sup dengan bola mata, sayap kelelawar, dan ekor kadal.”

“Wah, panci penyihir… cerita macam apa sih yang dijadikan latar belakangnya?”

“Itu akan jadi kejutan saat kamu masuk! Pada hari acara nanti, datanglah bermain bersama Asamura-kun, ya!”

“Ak-Aku akan memikirkannya…”

Entah kenapa, selera makanku mulai menurun. Meskipun begitu, karena masih ada sedikit tersisa, aku berusaha untuk menghabiskannya.

“Kalau kelasmu akan melakukan apa, Saki?”

“Kafe maid dan butler kasino.”

Rasanya tidak adil jika hanya aku yang tidak memberitahunya.

Singkatnya, ini adalah kafe, yang merupakan hal umum di festival budaya. Hanya saja, pelayan perempuan mengenakan kostum maid, dan pelayan laki-laki mengenakan kostum butler. Hal itu itu masih biasa, tetapi kami akan mendekorasi interior dengan suasana kasino dan membuatnya menjadi tempat untuk bermain permainan kasino (tentu saja, tidak ada perjudian yang sebenarnya). Minumannya juga akan disajikan dengan gaya yang menarik untuk media sosial.

“Wah, kalian benar-benar berkompetisi, ya!”

“Sepertinya ketua kelas menyukainya…”

“Oh, jadi itu ide anak itu ya~. Dia kelihatan suka banget begituan sih ya~.”

Meskipun tidak akrab, sepertinya dia mengenalnya. Ketua kelas memang mencolok.

“Apa Saki juga akan mengenakan kostum maid?”

Hal begini pasti akan ditanyakan. Itulah sebabnya aku tidak ingin mengatakannya.

“Yah… Ini adalah keputusan kelas, jadi, ya. Tidak baik jika cuma aku satu-satunya yang menolak.”

“Aku pasti akan datang!”

“Uh… ya. Silakan.”

Setelah aku menjawab demikian, Maaya tersenyum.

“Saki, kamu sudah berubah, ya.”

“Apanya yang berubah?"

“Kamu menjadi bodoh dalam artian yang baik!”

“Jangan berpikir bahwa menambahkan 'dalam arti yang baik' membuat semuanya bisa diterima.”

“Hahaha. Saki terlihat mengintimidasi!”

Aku mengerutkan bibir dan menatap Maaya, tetapi dia tampak tidak peduli. Bahkan, dia malah tertawa terbahak-bahak.

“Hmmph.”

“Hahaha. Jarang sekali Saki mengeluarkan suara seperti itu.”

“Aku hanya menirumu saja, Maaya.”

“Ya, kamu memang bodoh. Bodoh yang hebat.”

Maaya terus tertawa, dan aku hanya bisa mengembungkan pipiku dengan perasaan cemberut.

Itu malah membuatnya semakin terhibur.

“Bagus! Bagus sekali! Dulu Saki terlihat dingin dan tidak mudah didekati, bisa dibilang cantik dan kering, tetapi...”

“Tapi?”

“Sekarang kamu terlihat manis dan imut!”

“Eh…”

Imut? Siapa yang dia maksud? Aku tidak pernah berpikir tentang diriku seperti itu.

“Oh? Ada apa?”

“Entah kenapa… aku merasa sudah menjadi tidak baik.”

“Hmm? Kenapa? Tidak ada yang salah. Aku sudah memujimu dengan baik.”

Apa dia sedang memujiku? Benarkah? Tapi, aku merasa hidup dengan kuat dan bermartabat adalah cara yang sesuai dengan diriku, dan itu adalah sosok ideal yang ingin aku capai. Aku merasa telah berusaha untuk mendekati itu. Namun…

Bodoh.

Imut.

Manis?

Sejak kapan aku menjadi diriku yang seperti ini?

“Apa aku sudah berubah?"

“Sudah, sudah. Mungkin kamu sudah berbeda dari Saki yang tahun lalu. Cinta memang bisa mengubah seorang wanita.”

“Itu tidak benar.”

Mana mungkin seseorang bisa berubah hanya karena itu.

Meskipun memang ada perasaan bahwa aku telah tumbuh dengan menerima pilihan untuk bergantung dan bersikap manja pada Asamura-kun. Itu tetaplah pertumbuhan, tetapi tidak ada perasaan bahwa… entahlah, seperti… cara keberadaanku telah berubah.

“Yah, yang mana saja tidak masalah sih.”

Maaya berkata dengan senang.

“Bukannya aku akan membencimu jika kamu tetap seperti yang dulu. Aku suka dirimu yang dulu juga.”

“…Kalimat memalukan, dilarang.”

“Bagian kamu yang malu-malu itu juga lucu.”

“Aku tidak peduli.”

Aku berusaha untuk kembali ke wajah datar dan melanjutkan makan bekal. Jika aku memberikan reaksi lebih, itu hanya akan membuat Maaya senang. Namun, saat aku menggerakkan sumpit, tiba-tiba tanganku terhenti. Aku mulai merenung. Oh ya, aku ingat. Belakangan ini, aku mungkin tidak bisa melihat diriku sendiri secara objektif dalam berbagai arti.

Tiba-tiba, aku melihat pemandangan di luar jendela. Mungkin karena masih pertengahan September, pemandangan yang terlihat tidak jauh berbeda dari musim panas. Daunnya masih hijau, dan rumputnya tetap berwarna cerah. Namun, sinar matahari yang masuk memang terasa lebih lembut daripada musim panas, dan langit tidak memiliki warna musim panas itu.

Musim perlahan-lahan berganti tanpa kita sadari.

Saat menjalani kehidupan hari-hari, sulit untuk mengetahui dengan jelas kapan dan di mana musim panas berubah menjadi musim gugur. Perubahan datang sedikit demi sedikit. Manusia tidak dapat merasakan perbedaan antara kemarin dan hari ini. Hanya, suatu hari tiba-tiba kita menyadari. Oh, ternyata sudah musim gugur, ya. Begitulah reaksi yang didapatkan.

Aku berpikir dalam hati sambil diam-diam melihat kembali ke arah Maaya yang sedang menatapku dengan senyum lebar di wajahnya. Sepertinya, di matanya, aku terlihat sangat bodoh saat ini. Namun, yang membuatku bingung adalah aku sama sekali tidak menyadari hal itu. Aku bahkan tidak tahu bagaimana penampilanku dari sudut pandang orang luar saat ini.

Dulu, semuanya itu berbeda. Aku selalu peduli dan memahami bagaimana orang lain melihatku—setidaknya secara penampilan. Aku merasa begitu.

Aku memfokuskan pandanganku dari pemandangan di luar jendela ke kaca jendela. Di sana, wajahku samar-samar terpantul. Wajahku yang sudah akrab. Rambut panjangku berwarna cerah. Rambutku sudah mulai tumbuh sepanjang yang sama seperti dulu, dan aku berpikir bahwa aku harus memotong ujungnya untuk merapikannya. Di telinga, ada anting kecil berbentuk bulat.

Aku ingin bisa hidup mandiri dan menjadi wanita yang menarik. Sama seperti ibuku.

Aku juga ingin belajar tentang fashion, sambil tetap tidak mengabaikan studiku.

Aku selalu melihat cermin untuk memeriksa penampilanku. Yah, aku rasa itu cukup normal bagi seorang gadis. Meskipun ada beberapa teman sekelas mengatakan bahwa aku adalah gadis yang suka merayu laki-laki dan bermain-main. Aku tidak memedulikannya. Itu adalah kata-kata orang asing yang tidak ada hubungannya denganku. Termasuk itu, aku merasa bisa menjaga citra “Ayase Saki” yang sempurna. Tidak ada perasaan bahwa ada perbedaan antara hasil analisis diriku dan bagaimana aku terlihat dari luar.

Namun, belakangan ini, hal itu terasa aneh.

Mungkin karena aku merasa aman karena hubunganku dengan Asamura-kun sudah agak tenang, atau mungkin karena alasan lain, tapi aku merasa tidak bisa mengendalikan cara orang lain melihatku sama sekali. Kenapa?

“Ketika Maaya bilang aku bodoh... rasanya cukup mengganggu, ya.”

“Sembarangan saja, Saki. Jangan panggil aku bodoh sendirian. Ayo jatuh ke jalan bodoh bersama-sama?”

“Enggak mau.”

“Eh? Merajuk.”

Kami berdua memakan bekal sambil mengobrol konyol. Tertawa bersama. Dalam situasi itu, aku merasa, ah, ini bagus, ini nyaman, dan aku kembali bingung dengan diriku sendiri.

Aku merasa kalau aku tidak bisa memahami “Ayase Saki” yang sekarang.

 

◇◇◇◇

 

Ketika aku pulang dari kerja paruh waktu bersama Asamura-kun dan saat kami makan malam bersama pada hari itu.

Kami berdua jarang sekali makan sambil menonton TV di ruang tamu, tetapi kali ini kami melakukannya karena penasaran dengan berita ekonomi yang dibahas oleh Yomiuri-senpai.

Ketika berita hari itu selesai, dan beralih ke segmen topik produk baru yang tampaknya populer, Asamura-kun tiba-tiba bertanya.

“Ayase-san, apa kamu pernah menulis buku harian?”

Aku tidak sengaja menelan potongan kentang dari nikujaga yang sedang aku kunyah. Aku merasa napasku terasa sesak sejenak, dan aku memaksakan diri untuk menelannya. Sakit. Potongan kentang itu jatuh dari kerongkongan ke lambung. Fyuh.

“Bu… buku harian? Maksudnya, catatan harian begitu?”

Aku berusaha bertanya dengan susah payah. Apa ia tahu bahwa aku sedang gelisah?

“Iya, catatan harian yang diari begitu.”

Asamura-kun berkata demikian tanpa menunjukkan tanda-tanda peduli. Apa itu “nikki” yang bukan diari? Ngomong-ngomong soal nikki... ah, ya, itu adalah nama dari rempah yang terbuat dari pohon Lauraceae, itu juga nikki, tapi, ya, bukan itu yang dimaksud, aku tahu.

“Ah, ya. Aku pernah menulisnya. Sekarang sih tidak lagi.”

“Oh, jadi itu cerita lama?”

“Ah, iya, benar dulu sekali. Cerita lama.”

Sebenarnya setahun yang lalu.

Aku teringat diari yang tersimpan di dalam laci mejaku. Diari yang tersegel itu mencatat dengan jelas bagaimana perasaanku terhadap Asamura-kun setelah aku menjadi bagian dari keluarganya.

Saat aku membaca ulang buku diari itu, perasaan yang ada di dalam hatiku seolah-olah muncul kembali, dan aku menyadari bahwa detak jantungku semakin cepat tanpa kusadari.

Tanpa menyadari kegelisahanku, Asamura-kun berkata bahwa diari memiliki efek untuk melihat diri sendiri secara objektif, dan ia mendengar hal itu dari Maru-kun.

“Benar juga... Mungkin kurasa aku memang bisa melihat isi kepalaku secara objektif.”

Aku hanya bisa mengatakannya dengan susah payah. Meskipun aku merasa itu sedikit berbeda.

Bukan hanya isi kepalaku saja. Tapi emosiku juga bisa ikut dirasakan kembali, pikirku.

“Kadang-kadang, terlalu objektif membuatku merasa malu, atau aku berpikir, apa sih yang aku pikirkan... sampai-sampai aku harus memegangi kepalaku.”

Wajah Asamura-kun terlihat terkejut.

Tapi, sebenarnya memang begitu.

Bukan hanya sekedar pemikiran saja. Kenangan tentang emosi saat aku berpikir juga bisa diingat dengan jelas, mungkin karena aku pernah menuangkannya ke dalam bentuk diari.

Kesadaran. Kesadaran, ya. Memang, aku menyadari perasaan cintaku melalui diari, bukan?

Demi mencegah Asamura-kun menyadari kegelisahanku, aku mengalihkan pembicaraan dengan santai.

Setelah menyelesaikan beres-beres setelah makan malam, aku pergi mandi lebih dulu.

Aku mulai memikirkan beberapa hal saat merendam diri di dalam bak mandi sendirian. Mungkin kemampuan objektifku menurun (kalau menurut penuturan Maaya, aku berubah menjadi bodoh) karena aku berhenti menulis diari...?

“Tapi, yah...”

Aku berpikir sambil mencipratkan air di permukaan.

Rasanya aneh juga kalau memulainya lagi sekarang.

Dan kemudian, aku kembali mengingat isi diari yang ada di dalam laci meja, mengingat perasaan campur aduk saat menulisnya, dan merasakan diriku yang berteriak malu, ‘Aaaahhhhh’ sambil berguling-guling di dalam ruang pikiranku.

“Aku merasa cemburu,” atau sejensinya, kenapa sih aku menuliskannya di dalam diari?

Jika dibaca, aku pasti akan berteriak keras dan berlari-lari tanpa mempedulikan orang lain. Aku yakin hal itu. Apa aku bisa memulai kembali tindakan berbahaya seperti itu? Aku ingin melihat diriku secara objektif. Aku ingin merenungkan diriku. Aku menginginkannya, tetapi──

“Buku harian, ya...”

Gumamanku tenggelam ke dalam belahan dadaku yang terbenam dalam bak mandi. Bersamaan dengan helaan napas.

 

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama