Tatoe mou Aenakutemo Bab 4 Bahasa Indonesia


Penerjemah: Maomao

BAB 4 — Masa Kini, di Bulan Juni: Sama Sepertiku

 

 

Ketika aku bangun di pagi hari, aku menyadari kelopak mataku bengkak karena aku menangis tersedu-sedu kemarin.

Karena itu, mataku terlihat lebih galak dari biasanya, dan wajah yang tidak terlalu menarik ini menjadi semakin tidak berbunga.

Mizuno-kun memang mengatakan aku cantik, tapi aku sendiri tidak bisa merasa seperti itu.

Aku mencoba menyamarkan dengan eyeshadow dan maskara sebelum berangkat ke sekolah, tapi sepertinya tidak berhasil dengan baik.

Seharusnya aku bertanya lebih banyak pada Miyu tentang cara membuat mata terlihat lebih besar.

“Souta, masih ada waktu sebelum homeroom, ayo main sepakbola sebentar.”

Ketika aku masuk ke kelas, Nitta-kun mengajak Mizuno-kun yang duduk di tempat duduk dekat jendela.

—Setelah kejadian kemarin, aku merasa canggung untuk bertemu dengan Mizuno-kun. Padahal nanti setelah sekolah kami masih harus latihan untuk festival renang...

Sambil memikirkan hal itu, aku berjalan melewati mereka dan duduk di tempat duduk ku. Tempat duduk ku berada di bagian tengah, paling belakang, jadi agak jauh dari mereka.

Aku tidak perlu berinteraksi dengan Mizuno-kun secara paksa, jadi setidaknya untuk saat ini aku merasa lega.

Miyu yang selalu sibuk dengan makeup dan penataan rambut hingga hampir terlambat, tentu saja belum ada di kelas. Aku membuka tas dan mulai bersiap untuk pelajaran sendirian.

“Eh... Tidak mau, pagi-pagi begini.”

Mizuno-kun menjawab dengan suara yang terdengar mengantuk. Ini adalah jawaban yang jarang sekali keluar dari Mizuno-kun, biasanya dia lebih bersemangat. Mungkin dia kurang tidur hari ini.

Mungkin juga dia tidak bisa tidur karena memikirkanku kemarin. Tapi, mungkin itu hanya pikiranku yang terlalu percaya diri.

“Aku kan sedang istirahat dari klub karena persiapan lomba renang.”

“――Ah. Iya iya, aku mengerti.”

Mizuno-kun, yang terlihat dipojokkan oleh candaan Nitta-kun yang sedikit jahil, menyetujuinya sambil tersenyum pahit.

“Baiklah, ayo Ryota juga ikut.”

Mizuno-kun memanggil Naito-kun yang duduk di bangku belakang. Naito-kun, seperti biasa, masih terkulai di meja tidur. Dia tidak akan bangun hanya dengan suara Mizuno-kun.

Mizuno-kun menggoda kepala Naito-kun sambil berbisik di telinganya, “Ayo, kita main sepak bola.” Naito-kun akhirnya perlahan mengangkat wajahnya.

“Hah...? Kenapa aku harus ikut...”

“Kalau tidak, aku akan bilang ke guru kalau kamu mendengarkan musik dengan earphone saat pelajaran...”

“Baiklah, ayo kita pergi.”

Ketika Mizuno-kun mengancam Naito-kun dengan ancaman standarnya, Naito-kun bangkit dengan semangat.

“Kita cuman punya waktu lima belas menit lagi.”

“Kumpulan kecil dari hari ke hari itu penting, itu yang membuat sepak bola bagus.”

“…Ah, aku masih mengantuk...”

Mereka bertiga mengobrol sambil keluar dari kelas.

―Namun, bagaimanapun juga.

Mengapa Mizuno-kun bisa menyadari apa yang aku sembunyikan di dalam hati?

Kami mulai sering berbicara sejak menjadi panitia lomba renang, tapi itu belum sampai seminggu.

Dan sebelum itu, kami hampir tidak memiliki interaksi. Aku bahkan hampir tidak menyadari keberadaannya.

Namun, mengapa dia bisa…?

Saat aku tengah memikirkan hal itu...

“Mereka bertiga itu benar-benar keren banget ya!”

“Ikemen sepakbola yang klasik, Nitta-kun, Mizuno-kun yang polos dan menyegarkan, Naito-kun yang berjiwa bebas dan imut... sungguh sempurna ya~”

Seorang gadis yang duduk di sebelah Katou-san, yang memiliki tipe yang sama seperti dirinya, mengatakan dengan tampak terpesona.

—Memang, ketiga orang itu sangat keren. Ditambah lagi, mereka ikut serta dengan giat dalam latihan lomba renang dan memiliki kepribadian yang baik.

Sementara aku memikirkan itu seolah-olah itu bukan urusanku,

“Ah, tapi apa kamu tahu tentang Mizuno-kun?”

Katou-san berkata dengan nada yang mengandung makna, jadi sambil meletakkan buku pelajaran kimia untuk kelas pertama di atas meja, aku mendekatkan telingaku.

Kursi Katou-san memang ada di depanku secara diagonal dan suaranya cukup keras, jadi aku bisa mendengar pembicaraannya tanpa perlu berusaha keras.

“Eh, apa? Apa itu?”

“Katanya, semua anggota keluarga Mizuno-kun sudah meninggal.”

—Saat mendengar itu, seluruh tubuhku bergetar.

Apa yang baru saja...?

“Eh!? Serius!? Kenapa!?”

“Entahlah, aku tidak tahu detailnya, mungkin kecelakaan atau sesuatu. Aku dengar orang-orang membicarakannya sebelumnya.”

“Wow! Mizuno-kun selalu terlihat ceria, jadi kamu tidak akan mengira itu.”

—Seluruh keluarganya, meninggal.

Sejenak, aku berpikir apakah keluarganya juga menjadi korban dari kecelakaan kereta yang tergelincir itu, tapi itu sepertinya tidak benar.

Aku sering bertemu dengan keluarga korban lainnya dalam pertemuan negosiasi kompensasi dengan perusahaan kereta api atau di acara penghormatan bagi yang telah meninggal.

Aku tidak pernah melihat Mizuno-kun di pertemuan-pertemuan itu.

—Namun, Mizuno-kun juga tidak memiliki keluarga.

Aku tidak tahu apakah apa yang Katou-san dan teman-temannya bicarakan itu benar.

Jika itu benar, bukankah itu berarti dia berada dalam situasi yang sama denganku?

“Dia terlihat ceria, tapi mungkin dia tipe orang yang meluapkan kekhawatirannya kepada teman dekat atau pacar, ya.”

“Kalau begitu aku akan menghiburnya~! Ah, seandainya aku jadi panitia lomba renang. Kalau begitu, aku bisa jadi akrab tidak hanya dengan Mizuno-kun tapi juga Nitta-kun dan Naito-kun.”

Katou-san melirik ke arahku. Tatapannya tajam dan sepertinya ada emosi negatif yang nyaris terlihat seperti dendam. Apakah dia masih memendam masalah menjadi panitia itu?

Aku sedikit merasa muak, tapi apa yang dipikirkan Katou-san tidak penting bagiku. Aku pura-pura tidak menyadari pandangannya dan mulai berpikir tentang Mizuno-kun lagi.

—Karena dia berada dalam situasi yang sama denganku.

Mungkin itulah mengapa dia bisa melihat kekosongan di dalam diriku.

Mungkin saat dia memperhatikanku yang mengalami hal serupa dengannya, dia bisa melihat melalui emosi permukaanku yang hanya sekedar topeng.

Itulah satu-satunya penjelasan yang bisa kupikirkan.

—Tapi jika itu benar, mengapa?

Mengapa dia bisa tersenyum dari hati dan sungguh-sungguh berusaha dalam segala hal, meskipun dia kehilangan keluarganya sepertiku?

Aku yang penakut ini, tidak bisa membayangkan bisa melakukan hal seperti itu— Mizuno-kun.

 

☆☆☆

 

Setelah latihan lomba renang pada hari aku mengetahui tentang situasi keluarga Mizuno-kun, kami berdua sedang membereskan peralatan yang digunakan selama latihan, seperti stopwatch dan tali pembatas jalur, di gudang dekat kolam renang.

Orang-orang lain seharusnya sedang berganti pakaian di ruang ganti. Aku tidak tahu harus membuat wajah seperti apa atau bicara apa dengan Mizuno-kun, setelah menangis tiba-tiba di depannya kemarin dan mengetahui tentang situasi keluarga dia. Saat latihan, karena ada orang lain, kami bisa menghindari berbicara terlalu banyak, tapi sekarang hanya berdua, kami tidak bisa hanya diam.

Namun—

“Kamu sudah membereskan stopwatchnya? Terima kasih.”

Mizuno-kun yang masih mengenakan pakaian renangnya tampak seperti biasa. Dia berkata itu sambil tersenyum polos.

“Iya. Terima kasih juga sudah membantu membereskan tali pembatas jalur, pasti berat kan?”

“Ah, itu tidak masalah. Aku kan laki-laki.”

—Aku merasa bersalah karena tiba-tiba menyuruhnya pulang kemarin, tapi sepertinya dia tidak mempermasalahkannya.

“Ah, Yoshizaki-san. Bisa lihat buku catatan rekamannya?”

“Oke.”

Aku memberikan buku catatan yang berisi waktu semua orang kepada Mizuno-kun. Dia segera membukanya dan mulai mempertimbangkan isi dengan serius.

“Semua orang melihat perbaikan waktunya. Yah, Hiroki dan Sakashita-san memang sudah cepat dari awal.”

“Iya.”

“Tapi, siswa kelas tiga pasti lebih cepat. Kalau lihat aura mereka saat latihan, benar-benar beda soalnya.”

Karena latihan lomba renang dilakukan dalam waktu yang sama untuk semua kelas, kadang-kadang kami melihat siswa kelas tiga berenang di jalur sebelah saat kami berlatih.

Seperti yang dikatakan Mizuno-kun, berbeda dengan siswa kelas satu dan dua yang melakukan latihan dengan santai dan tanpa tujuan yang jelas, dari sisi dimana siswa kelas tiga berlatih, kami sering mendengar suara yang mengkritik “formnya buruk” atau “timing estafetnya lambat” yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar serius menghadapi kompetisi.

Yah, walaupun kami di kelas 2-2 juga sudah serius berlatih sejak hari pertama berkat dorongan Mizuno-kun, tetapi suasana di kelas kami tetap santai karena semua peserta adalah anak-anak yang baik hati dan tidak ada suasana yang tegang.

“Iya... mungkin memang sulit untuk mengalahkan kelas tiga.”

Aku berkata sambil mengingat bagaimana latihan kelas tiga yang aku lihat belakangan ini.

Lalu—

“Benarkah? Aku rasa kita cukup punya kesempatan lho? Semua orang juga sudah berusaha keras.”

“Kita punya kesempatan... benarkah?”

“Mungkin. Miyu-chan juga jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya... sekarang yang penting adalah bagaimana membuat estafet menjadi lebih cepat... mungkin?”

Sambil melihat buku catatan, Mizuno-kun tampak tenggelam dalam pikiran. Ekspresinya sangat serius.

Aku merasa tidak nyaman.

―Mengapa, orang ini bisa...

“Hei, bagaimana kamu bisa begitu bersemangat...?”

Aku bertanya dengan pandangan tertunduk, tanpa menatap Mizuno-kun. Aku mendengar suara Mizuno-kun yang terkejut, “Eh?”

“Bagaimana kamu bisa terlihat begitu menikmati semuanya? Baik saat latihan lomba renang, saat berbicara dengan Nitta-kun atau Naito-kun, bahkan saat kamu akan membeli roti kari di kantin...”

Lalu, aku perlahan mengangkat wajahku dan menatapnya.

“Kamu juga tidak punya keluarga, kan? Sama sepertiku?”

Mizuno-kun melihatku dengan tatapan kosong untuk beberapa saat tanpa mengatakan apa-apa. Karena dia tidak menyangkalnya, mungkin apa yang Katou-san dan yang lainnya katakan memang benar.

“Sejak kecelakaan itu... aku tidak bisa tersenyum dengan baik. Aku tidak bisa serius dalam apapun.”

Bahkan renang, yang dulu aku tekuni dengan semangat, tidak pernah aku lakukan lagi sejak saat itu.

“Padahal Mizuno-kun sama sepertiku. Bagaimana kamu bisa hidup seperti itu...?”

Aku berkata dengan suara bergetar dan mata berkaca-kaca.

Bagaimana mungkin Mizuno-kun bisa tetap ceria meski telah kehilangan orang yang dicintainya?

Bagaimana dia bisa memiliki semangat yang membuat orang di sekitarnya terinspirasi?

Aku tidak bisa melakukan itu. Tidak mungkin aku bisa.

Lalu—

“Orang tuaku... keduanya adalah dokter.” Mizuno-kun mengatakannya dengan senyuman ringan dan nada bicara yang biasa ringan. Suaranya terdengar lembut, seolah-olah ingin menenangkanku.

“Dokter...?”

“Ya, ayahku adalah dokter bedah di rumah sakit darurat, dan ibu aku adalah psikiater. Makanya...”

“Iya?”

“Ayah dan ibuku, lebih sering berhadapan dengan kematian jika dibandingkan dengan orang biasa.”

Aku teringat tentang pamanku yang terluka parah dalam kecelakaan lalu lintas dan diselamatkan di rumah sakit, dan sebuah dokumenter tentang psikiatri yang aku tonton di televisi.

―Memang benar apa yang Mizuno-kun katakan. Pamanku yang terluka parah itu mungkin saja bisa kehilangan nyawanya di rumah sakit.

Dan aku ingat televisi mengatakan bahwa tingkat bunuh diri di antara mereka yang berkunjung ke psikiater itu tinggi.

“Mungkin, karena itulah aku memiliki kesadaran seperti itu.”

“Kesadaran seperti apa...?”

“Kesadaran bahwa orang tidak tahu kapan mereka akan mati.”

Dia menjawab dengan jelas dan perlahan, seolah ingin memastikan aku mendengarnya.

“Orang tuaku tidak pernah berbicara tentang apa yang mereka alami di rumah sakit padaku. Namun, kadang-kadang mereka akan berkata Hiduplah sehingga kamu tidak menyesal’ atau Pastikan kamu bisa hidup sendiri.”

Mizuno-kun berkata dengan senyum sedikit kesepian. Mungkin dia sedang mengingat hari-hari yang dia habiskan bersama orang tuanya saat mengucapkan kata-kata mereka.

“Jadi... mungkin itulah mengapa aku menjadi seperti ini. Aku pikir aku hanya bersikap normal, tapi ternyata orang melihatku selalu tampak senang, ya? ――Eh, itu terdengar agak bodoh ya aku ini?”

Karena dia dengan ringan merendahkan diri sendiri, aku hampir lupa perasaan sedih yang aku rasakan dan tertawa sebentar.

“Tapi, Yoshizaki-san, atau lebih tepatnya, kebanyakan orang, aku rasa tidak bisa menerima kenyataan ketika keluarga mereka tiba-tiba tidak ada lagi.”

“―Iya.”

“Mungkin saja aku sendiri yang aneh. Seperti Yoshizaki-san, mungkin lebih alami untuk membunuh perasaanmu untuk melindungi diri sendiri.”

“Eh...?”

Melindungi diri sendiri?

“Kalau kamu terlihat sangat menderita, mungkin karena kamu menekan perasaan kesedihanmu atas kehilangan keluargamu.”

―Kesedihan karena kehilangan keluarga.

Aku biasanya mencoba untuk tidak memikirkan ayah atau ibuku sebisa mungkin. Aku juga berusaha untuk tidak melihat foto mereka.

Orang-orang seperti itu, bagiku, sejak awal tidak ada. Bahkan saat aku mencoba mengingat mereka, aku memaksakan diri untuk berpikir seperti itu.

Karena aku tidak ingin mengakui kenyataan kejam bahwa aku tidak akan pernah bisa bertemu lagi dengan ayah dan ibu yang sangat aku cintai.

Jadi, itu berarti aku mencoba melindungi diri sendiri. Untuk mencegah kesedihan yang meluap.

“――Maaf. Aku tidak seharusnya bertanya kenapa kamu membunuh perasaanmu? dengan sembarangan. Aku melihat kadang-kadang matamu terlihat sedih, jadi aku bertanya tanpa berpikir. Tapi, meskipun kamu terlihat sedih, kamu masih berusaha keras menahan hal yang lebih menyakitkan. Aku minta maaf karena tidak menyadari itu.”

Setelah berkata demikian, Mizuno-kun tiba-tiba melihat ke arah pintu gudang.

“Sebaiknya kita pergi. Kalau kita berdua terkunci di sini, Hiroki atau Ryota mungkin akan membayangkan hal-hal aneh.”

Dia tersenyum pahit dan mulai berjalan menuju pintu gudang.

Sebenarnya, aku tidak keberatan jika ada rumor aneh tentangku.

―Asalkan itu tentang Mizuno-kun.

Dan entah mengapa, aku berpikir seperti itu.

Tapi meski aku merasa seperti itu, mungkin Mizuno-kun tidak menyukainya.

―Tidak, atau lebih tepatnya, itu tidak penting.

“Mizuno-kun.”

Aku memanggilnya saat dia memegang kenop pintu gudang. Dia berbalik tanpa membuka pintu.

“Mizuno-kun itu keren, ya. Aku benar-benar berpikir seperti itu.”

Aku mengatakannya dengan pelan. Karena aku benar-benar merasakannya, aku ingin mengatakannya dengan benar.

Dia sedikit kaget dan menatapku dengan tenang.

―Aku pikir setelah apa yang aku alami, aku tidak akan pernah bisa menikmati apa pun, bersemangat, atau berusaha keras dalam hidupku lagi.

Aku telah meyakini bahwa itu pasti tidak mungkin.

Namun, Mizuno-kun bisa melakukannya. Meskipun dia mengalami hal yang sama sepertiku.

―Aku merasa bahwa aku tidak bisa terus seperti ini.

“Aku pikir aku ingin mencoba yang terbaik untuk menjadi panitia lomba renang. Agar waktu semua orang bisa sedikit lebih cepat. Aku ingin berusaha keras seperti Mizuno-kun.”

―Sudah enam tahun aku takut untuk maju. Mungkin aku tidak akan bisa menjadi seperti dia dengan cepat. Mungkin, aku bahkan tidak akan pernah bisa.

Tapi tetap saja, aku pikir cara berpikir seperti Mizuno-kun itu bagus. Jadi, untuk permulaan, aku ingin mencoba menirunya meskipun hanya bentuknya saja.

Lalu, setelah Mizuno-kun menatapku untuk beberapa waktu, dia tiba-tiba memalingkan wajahnya yang memerah.

“Eh, kamu tahu...”

“Iya?”

“Berbicara dengan serius dan bilang kamu keren, itu curang, tahu?”

Aku tidak mengerti apa yang dia maksud, jadi aku hanya bisa memiringkan kepala. Curang...? Apakah aku sudah melakukan sesuatu yang licik?

“Ah, tidak, tidak apa-apa.”

“Ya?”

“Tapi, kalau Yoshizaki-san mulai semangat, itu bagus. Yep, mari kita berusaha bersama.”

Wajahnya masih sedikit merah, tapi Mizuno-kun tersenyum dengan ramah, jadi aku tersenyum balik.

―Benar. Untuk saat ini, aku akan mencoba apa yang bisa aku lakukan.

Masih sulit bagi aku untuk memikirkan tentang kecelakaan itu, untuk mengingat tentang ayah dan ibuku.

“Sepertinya... ini memang sudah menjadi takdirku.”

Mizuno-kun berbisik pelan. Itu terdengar seperti gumaman sendiri, tapi aku tidak mengerti maksudnya dan mengerutkan kening.

Namun, Mizuno-kun keluar dengan cepat dari ruangan persiapan, jadi aku memutuskan untuk tidak menanyakan lebih lanjut.

Yah, tidak apa-apa.

Dan saat aku kembali ke sisi kolam dan berbicara dengan semua atlet, aku melupakan gumaman kecil Mizuno-kun itu.

 

 

Sebelumnya  |  Daftar isi  |  Selanjutnya

close

Posting Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama